Used Car Review 2001 Suzuki Baleno DX AT with Telling Story

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Used Car Review 2001 Suzuki Baleno DX AT with Telling Story

Post by marmut »

baru baca review-nya, acung jempol.....
imo, posisi duduk saat nyetir jauh lebih nyaman baleno ini ketimbang ertiga.
masalah PR sih wajar untuk mobil tahun segitu. lain cerita buat orang yang selalu pake mobil baru, bisa setruk mendadak.
lanjut sam...!
satrialiar69
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 322
Joined: Thu Jun 16, 2016 3:44

Re: Used Car Review 2001 Suzuki Baleno DX AT with Telling Story

Post by satrialiar69 »

Review yang sangat menarik om, bahasanya santai dan mudah dipahami, jadinya bisa mbayangin apa aja PR nya...
narota
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Wed Sep 06, 2017 6:31
Location: indonesia
Daily Vehicle: sedan

Re: Used Car Review 2001 Suzuki Baleno DX AT with Telling Story

Post by narota »

om mohon info bengkel di malang, yang sesepuh cobra motor sama ahli kaki2 itu juga om.
User avatar
memphisraines
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Tue Jan 05, 2016 9:33

Re: Used Car Review 2001 Suzuki Baleno DX AT with Telling Story

Post by memphisraines »

narota wrote:om mohon info bengkel di malang, yang sesepuh cobra motor sama ahli kaki2 itu juga om.
montir sesepuh cobra.. bengkel nya di Jalan Ikan Lodan om.. namanya pak sunaryo..

kalau ahli kaki yang ramai & best.. bayan di Batu.. tapi saya lebih suka di Jalan Kapiworo.. blue star..
whatever your flag..we share the same road..
User avatar
afatchur
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 128
Joined: Sat Sep 26, 2009 14:02

Re: Used Car Review 2001 Suzuki Baleno DX AT with Telling Story

Post by afatchur »

Mantabs juga membaca ini. Ane pernah punya Gen 2 taun 2001, elu tahun 2008 sampai jual lagi 2012. Kenapa beli ini? Suka sedan, enak buat nyetir, bantingan empuk, dan wajah sampai sekarang masih ok. Wajahnya classic yang tidak lekang dimakan waktu.

Selama punya, dua kali rusak AC. Pertama diperbaiki saja. Setahun kemudian ada yang diganti, saya lupa apa, habis 3 juta. Pernah mogok juga, karena oli ada yang terbakar, ring seher bocor.

Tapi di luar itu, menyenangkan. Tiap tahun dibawa pulang Jakarta - Semarang
12valves
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 200
Joined: Sat Feb 20, 2016 19:03

Re: Used Car Review 2001 Suzuki Baleno DX AT with Telling Story

Post by 12valves »

Kebetulan ane kondisi mirip sm TS 2.5tahun lalu harus cari mobil seken 65jutaan utk operasional jualan seprai.

Pilihan ane jatuh ke Avega M/T SG 2007 Km 123000. Manual book & kunci serep lengkap sangat memudahkan utk melanjutkan perawatannya. Sehingga tinggal melanjutkan saja. Antisipasi ane ganti semua cairan & Timing belt set nya. Part lain ane ganti sesuai umur pemakaiannya di manual book.

So far udah masuk 200,000km masih nyaman dipakai.
- Plastic IMM Auxillary.
- CNC machines.

Free Proffesional concultancy : 081293578630
User avatar
memphisraines
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Tue Jan 05, 2016 9:33

Re: Used Car Review 2001 Suzuki Baleno DX AT with Telling Story

Post by memphisraines »





marmut wrote:baru baca review-nya, acung jempol.....
imo, posisi duduk saat nyetir jauh lebih nyaman baleno ini ketimbang ertiga.
masalah PR sih wajar untuk mobil tahun segitu. lain cerita buat orang yang selalu pake mobil baru, bisa setruk mendadak.
lanjut sam...!
siap sam.. total biaya hingga saat ini.. 25 jt.. tinggal ganti shock depan & bongkar setengah masin.. 2,5jt..

satrialiar69 wrote:Review yang sangat menarik om, bahasanya santai dan mudah dipahami, jadinya bisa mbayangin apa aja PR nya...
thanks om Satria

afatchur wrote:Mantabs juga membaca ini. Ane pernah punya Gen 2 taun 2001, elu tahun 2008 sampai jual lagi 2012. Kenapa beli ini? Suka sedan, enak buat nyetir, bantingan empuk, dan wajah sampai sekarang masih ok. Wajahnya classic yang tidak lekang dimakan waktu.

Selama punya, dua kali rusak AC. Pertama diperbaiki saja. Setahun kemudian ada yang diganti, saya lupa apa, habis 3 juta. Pernah mogok juga, karena oli ada yang terbakar, ring seher bocor.

Tapi di luar itu, menyenangkan. Tiap tahun dibawa pulang Jakarta - Semarang
3 juta.. perkiraan saya evaporator 1,5 jt.. itu yang kw super.. 1,5jt nya lagi apakah extra fan 1 set ya om? saya penasaran


12valves wrote:Kebetulan ane kondisi mirip sm TS 2.5tahun lalu harus cari mobil seken 65jutaan utk operasional jualan seprai.

Pilihan ane jatuh ke Avega M/T SG 2007 Km 123000. Manual book & kunci serep lengkap sangat memudahkan utk melanjutkan perawatannya. Sehingga tinggal melanjutkan saja. Antisipasi ane ganti semua cairan & Timing belt set nya. Part lain ane ganti sesuai umur pemakaiannya di manual book.

So far udah masuk 200,000km masih nyaman dipakai.
avega juga masuk bidikan saya om.. hanya saja masih tidak bisa "move on" dari merk S.. saat ini km masih 189.000.. semoga bisa saya genapi 200.000..
whatever your flag..we share the same road..
User avatar
imsan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Mon Mar 05, 2018 9:21
Location: Pati
Daily Vehicle: Suzuki

Re: Used Car Review 2001 Suzuki Baleno DX AT with Telling Story

Post by imsan »

Kulo nuwun

Numpang cerita curahan hati dan juga nanya (soal seal driveshaft) di lapak ini nggih. :big_blushing:
Kebetulan, piaraan di rumah mirip dengan punya mas Memphisraines, Baleno dx AT 2001.
Kebetulan ini mobil pertama, karena alasan ekonomis.
Saya tebus 55M Mei 2015, dari orang Depok (tangan ketiga). Kebetulan ngakunya buat deket2 rumah saja, jadi saat saya terima km kurang dari 130K.

Karena saya tidak tahu apa-apa soal mobil, saya minta bantuan temen yang pernah punya Baleno dan satu lagi yang punya Baleno 97. Dan, menurut mereka, mesin suaranya masih bagus. Cat bagus, kalo kata temen yang lain sih abis diguyur total. Jok sudah semua kulit, dan sudah ada head unit skeleton layar sentuh, plus 2 display tambahan di belakang kedua headrest depan. Menurut nyonyah sih, tampang lumayan dibandingkan mobil sejamannya.

Driving, enak saja menurut saya, karena tidak ada pengalaman punya mobil sebelumnya, entah limbung atau body roll malah saya ndak tau itu apa karena tidak ada yang bilang, ini lho limbung :) Tapi, ketika nikung , saya merasa badan serasa ditarik dikit ke samping (body roll kah?).
Untuk urusan injak pedal gas, saya akui memang harus sabar, dan saya pun tidak mau rev up ketinggian. 2000an maks selalu saya jaga, top speed 70-80 yang naik konstan dengan sendirinya. Tapi agak susah, karena kalo sudah turun gigi, harus ngulang lagi. Saya jarang overdrive. Pertamax 17 liter, 150rban, untuk luar kota dan dalam kota, mungkin dapat 120-130 km, alias
1:8 an. Boros, entahlah. Mungkin bisa baca berikut ini.

Soal mesin, standar oli sgo, dan termasuk ga mudeng sehingga menyerahkan ke beRes. Dan, sudah ada riwayat bongkar kotak transmisi matic, dan ternyata ada keluar rembes oli. Oleh beRes suzuki, diganti seal dan dikasih lem (lupa istilahnya).
Lalu, setelah diboyong ke Pati Jawa Tengah beberapa bulan setelahnya, suhu overheat dan indikator oli menyala. Saya minta ditowing oleh suzuki Kudus (beRes adanya di Kabupaten sebelah), eh malah dipaksa jalan oleh mekanik nya, macet di jalan, dibuka pula tutup air radiator nya, muncrat air katanya, ya iyalah wong mesin lagi panas. Pengobatan, agak lupa, thermostat ternyata tidak dipasang dr sebelumnya, piston harus dibubut karena panas (bukannya karena situ bawa 40 km dari rumah saya ke bengkel??), pernah bilang pompa oli bermasalah. Oiya, oli matic shell ATF MD3.

Pertanyaan: (akhirnya, panjang amat cerita saya)
1. Seal driveshaft di persneling harus ganti (oli rembes), seri sparepart nya berapa dan belinya dimana ya? Si beRes saja tidak tahu, karena tidak punya bukunya #tepokjidat
Sudah nanya Zosh** bengkel langganan bci Yogya, disarankan ke Sento** atrium senen yang katanya lebih lengkap.

2. Pernah tiba-tiba tidak mau distarter ga? Kunci di-on-kan, seperti ada suara dengung, indikator semua nyala sampai o/d hilang. Ketika kunci diputar, tidak ada suara power ignition seperti mobil susah nyala di film hantu. Cuman suara "jeg" dan diikuti dengung recharge awal dinyalakan. Kalo denger2 sih, karena oli transmisi matic nya berkurang. Sempat keringat dingin di cucian mobil, padahal baru parkir dan mau dipindah buat dicuci. Setelah tambah oli maticnya 100mlan dan tunggu beberapa lama, bisa. Kejadian Februari kemarin.

3. Head unit sempat mati, hidup, terus mati lagi sampai sekarang, karena sekring mati kah? Letaknya di bawah setir, ada kodenya/posisinya?

4. Kejadian mati head unit, juga berdekatan dengan pertanyaan nomor 2. Ada hubungannya tidak ya? Apakah karena kuncinya longgar? Tapi anehnya saat kasus 2 dan 3, lampu On kok, aki ga tekor, lampu depan bisa nyala.

5. Sebelum bubut mesin di atas tadi, aki tekor (nyonyah lupa matikan lampu kabin). :big_cry: ketika abis diisi, aki saya pasang sendiri dan kendor. Ada hubungannya dengan pompa oli dan berakhir overheat?

Maaf kalo kepanjangan atau kalo ada salah kata.
Mohon bantuannya kepada mas Memphisraines dan suhunya lainnya di SM ini.
Buat Momod, mohon maaf jika salah tempat post. Ataupun nanya dahulu ke sesepuh Baleno doq di sini, tapi "not authorized to preview this profiles".

Matur nuwun.
Tennoheika
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Mon Jul 03, 2017 10:48
Location: Tangerang
Daily Vehicle: B-6619-ges

Re: Used Car Review 2001 Suzuki Baleno DX AT with Telling Story

Post by Tennoheika »

CMIIW, case 2,3 dan 4 seperti gejala terminal aki yg kendor.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Used Car Review 2001 Suzuki Baleno DX AT with Telling Story

Post by marmut »

imsan wrote: Tue Mar 06, 2018 2:07

-

Soal mesin, standar oli sgo, dan termasuk ga mudeng sehingga menyerahkan ke beRes. Dan, sudah ada riwayat bongkar kotak transmisi matic, dan ternyata ada keluar rembes oli. Oleh beRes suzuki, diganti seal dan dikasih lem (lupa istilahnya).
Lalu, setelah diboyong ke Pati Jawa Tengah beberapa bulan setelahnya, suhu overheat dan indikator oli menyala. Saya minta ditowing oleh suzuki Kudus (beRes adanya di Kabupaten sebelah), eh malah dipaksa jalan oleh mekanik nya, macet di jalan, dibuka pula tutup air radiator nya, muncrat air katanya, ya iyalah wong mesin lagi panas. Pengobatan, agak lupa, thermostat ternyata tidak dipasang dr sebelumnya, piston harus dibubut karena panas (bukannya karena situ bawa 40 km dari rumah saya ke bengkel??), pernah bilang pompa oli bermasalah. Oiya, oli matic shell ATF MD3.

Pertanyaan: (akhirnya, panjang amat cerita saya)
1. Seal driveshaft di persneling harus ganti (oli rembes), seri sparepart nya berapa dan belinya dimana ya? Si beRes saja tidak tahu, karena tidak punya bukunya #tepokjidat
Sudah nanya Zosh** bengkel langganan bci Yogya, disarankan ke Sento** atrium senen yang katanya lebih lengkap.

2. Pernah tiba-tiba tidak mau distarter ga? Kunci di-on-kan, seperti ada suara dengung, indikator semua nyala sampai o/d hilang. Ketika kunci diputar, tidak ada suara power ignition seperti mobil susah nyala di film hantu. Cuman suara "jeg" dan diikuti dengung recharge awal dinyalakan. Kalo denger2 sih, karena oli transmisi matic nya berkurang. Sempat keringat dingin di cucian mobil, padahal baru parkir dan mau dipindah buat dicuci. Setelah tambah oli maticnya 100mlan dan tunggu beberapa lama, bisa. Kejadian Februari kemarin.

3. Head unit sempat mati, hidup, terus mati lagi sampai sekarang, karena sekring mati kah? Letaknya di bawah setir, ada kodenya/posisinya?

4. Kejadian mati head unit, juga berdekatan dengan pertanyaan nomor 2. Ada hubungannya tidak ya? Apakah karena kuncinya longgar? Tapi anehnya saat kasus 2 dan 3, lampu On kok, aki ga tekor, lampu depan bisa nyala.

5. Sebelum bubut mesin di atas tadi, aki tekor (nyonyah lupa matikan lampu kabin). :big_cry: ketika abis diisi, aki saya pasang sendiri dan kendor. Ada hubungannya dengan pompa oli dan berakhir overheat?

Maaf kalo kepanjangan atau kalo ada salah kata.
Mohon bantuannya kepada mas Memphisraines dan suhunya lainnya di SM ini.
Buat Momod, mohon maaf jika salah tempat post. Ataupun nanya dahulu ke sesepuh Baleno doq di sini, tapi "not authorized to preview this profiles".

Matur nuwun.

kalau baca dari keterangan, ini ciri-ciri mobil penyakitan.
umumnya ditandai dengan penambahan audio system supaya calon pembeli merasa "wah..." saat pertama kali melihat dan segera lupa dengan bagian-bagian lain yang seharusnya jadi perhatian utama.
membuat suara mesin menjadi halus sangat mudah, cukup isi dengan oli yang SAE-nya lebih kental, semisal 20w50 atau campuran oli SAE 90 dengan SAE 20w50.

untuk pertanyaan nomor :

1. seal drive shaft itu termasuk part yang sangat umum dan tidak terlalu mahal. saya 100% yakin di tiap toko spare part pasti ada.
coba ke toko spare part suzuki dan tanya "sil as roda baleno metik yang di girbok".
pemasangannya pun tidak perlu tambahan apa-apa lagi termasuk lem silikon atau threebond.

2. suara dengung itu dari fuel pump. normal.
kalau mesin tidak mau nyala, bisa jadi dari sensor di girboks atau kabel-kabel yang ke dinamo starter kondisinya kurang baik, atau bisa juga kondisi switch starter sudah lemah.
sudah coba pindahkan tuas transmisi ke N lalu ke P lagi?

3. saya curiga sambungan kabel yang kendor. umumnya toko variasi selalu bekerja secepat mungkin, masalah sambungan kabel kendor dan mobil kebakaran itu bukan urusan mereka.

4. diperiksa lagi semua kabel yang di seputaran dashboard dan ruang mesin.
butuh waktu dan ketelitian. memang sudah jadi resiko mobil berumur om, apalagi kalau pemilik sebelumnya nggak ngurusin.

5. aki kendor tidak ada hubungan dengan pompa oli.

semoga bisa membantu.
User avatar
imsan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Mon Mar 05, 2018 9:21
Location: Pati
Daily Vehicle: Suzuki

Re: Used Car Review 2001 Suzuki Baleno DX AT with Telling Story

Post by imsan »

marmut wrote: Sun Mar 11, 2018 2:37

kalau baca dari keterangan, ini ciri-ciri mobil penyakitan.
umumnya ditandai dengan penambahan audio system supaya calon pembeli merasa "wah..." saat pertama kali melihat dan segera lupa dengan bagian-bagian lain yang seharusnya jadi perhatian utama.
membuat suara mesin menjadi halus sangat mudah, cukup isi dengan oli yang SAE-nya lebih kental, semisal 20w50 atau campuran oli SAE 90 dengan SAE 20w50.
:big_childish: gitulah om...
marmut wrote: Sun Mar 11, 2018 2:37 untuk pertanyaan nomor :

1. seal drive shaft itu termasuk part yang sangat umum dan tidak terlalu mahal. saya 100% yakin di tiap toko spare part pasti ada.
coba ke toko spare part suzuki dan tanya "sil as roda baleno metik yang di girbok".
pemasangannya pun tidak perlu tambahan apa-apa lagi termasuk lem silikon atau threebond.
Saya ikhtiar ke Sentosa atrium sekarang Om, kalo menyisir toko sparepart, ga ada waktu dan belum tentu hasilnya. Maklum barang langka. Jika ada toko lain yang direkomendasikan, mohon infonya.
marmut wrote: Sun Mar 11, 2018 2:37
2. suara dengung itu dari fuel pump. normal.
kalau mesin tidak mau nyala, bisa jadi dari sensor di girboks atau kabel-kabel yang ke dinamo starter kondisinya kurang baik, atau bisa juga kondisi switch starter sudah lemah.
sudah coba pindahkan tuas transmisi ke N lalu ke P lagi?
So far, belum kejadian lagi setelah nambah oli transmisi. Memang kunci agak harus ditekan ke dalam, dan masih langsung greng.
Btw, ane punya kebiasaan (jelek mungkin ya), berhenti bukan di posisi P, tapi N plus handbrake.
Jelek kah untuk mobil matik?

marmut wrote: Sun Mar 11, 2018 2:37
3. saya curiga sambungan kabel yang kendor. umumnya toko variasi selalu bekerja secepat mungkin, masalah sambungan kabel kendor dan mobil kebakaran itu bukan urusan mereka.
Kemarin coba buka kotak fuse di bawah setir, bagian ACC, kelihatannya masih oke, dan cigarette lighter juga masih hot. Jadi, fuse tersebut, tidak ada masalah.
Lalu, nyoba bongkar head unit dashboard, buka panel depan, cabut fuse di head unit, kelihatannya oke, cabut fuse di kabel2, kelihatannya oke. Kembalikan seperti semula, lalu iseng, coba putar kunci ke posisi On, head unit On!!

Kendor om...
marmut wrote: Sun Mar 11, 2018 2:37
5. aki kendor tidak ada hubungan dengan pompa oli.

semoga bisa membantu.
Matur nuwun Om :big_exellent:
User avatar
imsan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Mon Mar 05, 2018 9:21
Location: Pati
Daily Vehicle: Suzuki

Re: Used Car Review 2001 Suzuki Baleno DX AT with Telling Story

Post by imsan »

Tennoheika wrote: Sat Mar 10, 2018 15:48 CMIIW, case 2,3 dan 4 seperti gejala terminal aki yg kendor.
Iya Om, waktu sudah dibantu dikencangkan.
Kalo yang sekarang sih, kendor di bagian lainnya mungkin.
Periksa-periksa lagi....
Spoonful
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Sun Dec 14, 2014 9:06

Re: Used Car Review 2001 Suzuki Baleno DX AT with Telling Story

Post by Spoonful »

numpang ninggalin jejak om, saya pemakai Baleno 2001 AT juga :D
cuma udah berbulan-bulan ngejogrok di garasi karena rusak.
User avatar
imsan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Mon Mar 05, 2018 9:21
Location: Pati
Daily Vehicle: Suzuki

Re: Used Car Review 2001 Suzuki Baleno DX AT with Telling Story

Post by imsan »

Si Bahenol nya kenapa Om?
Kok gak dibawa ke dokter? Saya ga mungkin bisa bantu, wong bisanya make mobil saja, paling nambah rusuh [emoji16]

Posting saja, biar makin rame, dan siapa tahu ada yg berkenan bantu di sini. Alhamdulillah, saya ada satu yang solved di atas tuh.
Sopir Jarak Pendek.
Spoonful
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Sun Dec 14, 2014 9:06

Re: Used Car Review 2001 Suzuki Baleno DX AT with Telling Story

Post by Spoonful »

imsan wrote: Fri Mar 23, 2018 22:29 Si Bahenol nya kenapa Om?
Kok gak dibawa ke dokter? Saya ga mungkin bisa bantu, wong bisanya make mobil saja, paling nambah rusuh [emoji16]

Posting saja, biar makin rame, dan siapa tahu ada yg berkenan bantu di sini. Alhamdulillah, saya ada satu yang solved di atas tuh.
Belom ada duit Om buat beresin, hehe. Paling satu-satu.

Buat TS, izin numpang posting masalah boil ane ya, siapa tahu ada yang berkenan bantu. Terima kasih.

Masalah-masalah di Bahenol saya:
1. Ngebul. Asep putih pas pertama starter sama abis digeber. Kalo dicocokin sama diagnosa om marmut di atas, kayaknya seal klep kena (karena ga ada asap dari dipstik/lubang pengisian oli), tapi ane belom yakin juga.

2. Ban ngunci habis diparkir. Ini kenapa ya? Kalo yang kena rem parkirnya, itu di bagian apanya?

3. Udah masuk gigi D/R, digas responnya nggak langsung jalan, kayak mobil manual belom dilepas penuh koplingnya. Katanya koplingnya kena, tapi untuk matik apa namanya tetep kopling :e-think:

4. Oli matik rembes (ganti paking karter oli kayaknya selesai)

5. Aki ga mau ngecharge, tapi masih bisa distarter. Indikator aki di dasbor nyala.

6. Dulu pernah kecelakaan dan kap mesin + fender bagian pengemudi + tulang bemper diperbaiki, tapi jadinya ga presisi dan ada celah gede banget antara gril sama kap mesin. Kira-kira masih bisa diperbaiki nggak? Atau sebaiknya ganti aja? Kalau ganti, bengkel mana yang kira-kira punya copotan bekas Baleno? Ane nyari kampakan di daerah Bekasi belom nemu (ane domisili Bekasi)

7. Kompresor AC udah bunyi

8. Power window ga ada yang berfungsi, kaca jendela belakang sisi pengemudi ambles dikit ga bisa dinaikin. Alamat ga bisa dipake pas hujan :frm_bang_head:

9. Windshield retak gara2 kejatohan genteng.

Segitu masalah yang ane inget, atas kesempatannya/jawaban yang mungkin ane terima, ane mengucapkan terima kasih.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Used Car Review 2001 Suzuki Baleno DX AT with Telling Story

Post by marmut »

Spoonful wrote: Mon Mar 26, 2018 9:50
-

Buat TS, izin numpang posting masalah boil ane ya, siapa tahu ada yang berkenan bantu. Terima kasih.

-
1. mobil sudah berumur, umumnya seal klep menjadi keras/getas.
juga tidak nutup kemungkinan bos klep / valve guide sudah aus. saran saya sekalian ganti saja kalau nanti jadi angkat cylinder head. dan sekalian diperiksa kondisi liner / boring masih layak atau sudah ngantong.
kalau sampai ngantong, mau tidak mau harus oversize.

2. yang ngunci rem depan atau belakang atau semuanya?
umumnya belakang karena sering tarik handbrake dan per brake shoe jadi lemah. ganti saja per-nya kiri kanan, nggak seberapa mahal.

3. walopun metik, tetep ada plaat koplingnya.

4. rembes oli dari mana? ada seal di as roda, ada gasket oil pan / paking karter, ada ring tembaga / almunium di baut pembuangan. diperiksa dulu siapa tau cuma ring baut pembuangan saja penyebabnya.

5. positif alternator. umumnya carbon brush / kul sudah pendek / habis. tapi bisa juga 1 set IC-nya rusak.

6. maaf nggak bisa bantu.

7. kompresornya model rotari atau piston? kalau model piston masih bisa diperbaiki. bantalan (kuningan/tembaga?) bolanya bisa diganti.

8. power window bisa diperbaiki.
coba dibongkar 1 per 1 mulai dari sisi supir dulu. periksa dinamonya, lalu jalur kelistrikannya bagaimana. sekalian rel jendelanya dilumasi ulang.

9. boleh coba kontek toko kaca moroseneng di daerah bungur pasar senen. saya nggak inget nomernya, tapi tanya mbah gugel pasti tau.

semoga membantu.
User avatar
imsan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Mon Mar 05, 2018 9:21
Location: Pati
Daily Vehicle: Suzuki

Re: Used Car Review 2001 Suzuki Baleno DX AT with Telling Story

Post by imsan »

W o w, amazing Om PR nya, nyaingin PR Baleno punya TS.
[emoji16]
Alhamdulillah ada om marmut yang berkenan bantu2.

First thing first, yang mudah dan murah dulu dijabanin.

Pertama, nyari info dulu. Kayak TS, beliau gabung ke club baleno gen2 terlebih dahulu. bengkel referensi bisa didapatkan. Bekasi Facebook club nya sepi. Bogor malah agak rame. Kalo saya, silent reader fb bci Yogya, kejauhan soalnya. Btw, situs balenoclub sdh off, mailing list sdh lama stop, twin garage di Bekasi katanya sdh pindah Sumedang, Om doq sesepuh Baleno SM lama tak nongol. [emoji16] tetep semangat ya nyari info nya.

kedua, prioritas kan yang mudah dan krusial dulu.
1. Kalo menurut saya aki dulu, buat nyalain mobil matic, aki harus prima. Apalagi ini diparkir lama dan charging problem, bisa tekor. Copot konektor sementara?? Semoga alenator nya masih bisa diulik.
2. Nyawa matik ya transmisi nya. Benahi ini dulu, baru mesin yang ngebul. Ada kok topik soal posisi D gak jalan di SM. Searching dulu, ada hubungannya dengan selonoit atau bodi valve apa gitu. Maaf sok tahu.
3. AC tidak dinyalakan dulu drpd nambah parah mungkin ya, sementara. Saya dulu cek di daerah veteran bintaro, yg punya dulu kurang rawat, sehingga kata bengkel pas dikit lagi mau kena.
4. Rembes oli transmisi baleno saya, ada 2. Belah tengah, solved by perpak Dan sealer. Dan sekarang dr as roda, yang belum solved, oleh bengkel resmi sekalipun. Barangnya kemarin baru nyampe, belum sempet pasang.

Maaf saya sok tahu, tapi semoga dapat sedikit membantu.
Sopir Jarak Pendek.
Spoonful
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Sun Dec 14, 2014 9:06

Re: Used Car Review 2001 Suzuki Baleno DX AT with Telling Story

Post by Spoonful »

wah, terima kasih oom marmut & oom imsan buat balasannya. nanti saya cek satu per satu.

@oom imsan: aki udah dicabut, ac hampir ga pernah dinyalain. kalo alternator udah beres, ceklist pertama emang transmisinya dulu. dulu sempet nyari informasi di komunitas, tapi belom nemu. mungkin nanti saya coba lagi.
User avatar
imsan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Mon Mar 05, 2018 9:21
Location: Pati
Daily Vehicle: Suzuki

Re: Used Car Review 2001 Suzuki Baleno DX AT with Telling Story

Post by imsan »

Masang colokan aki jangan kendor, jangan sampe bisa diputer2 kayak saya dulu. Berabe.

Soal transmisi, saya nemu ini. Mungkin sdh baca ya.
viewtopic.php?t=18120

Kalo saya sih aliran bengkel Resmi, mahal sih dibandingkan bengkel biasa, tapi karena saya buta bengkel referensi Baleno, gimana lagi, saya pasrahkan transmisi nya. Waktu dulu abis bongkar, ada yg netes lagi, segera komplen dan dibetulkan lg pas masih garansi.
Sopir Jarak Pendek.
akubocahnakal
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Tue Jun 12, 2018 9:33

Re: Used Car Review 2001 Suzuki Baleno DX AT with Telling Story

Post by akubocahnakal »

Newbie ikut posting dimari om... seneng banget baca postingan ini.. salam kenal saya juga baru dapat baleno tahun 2002.. saya dr Jombang Jatim.. km baleno 165 rb.. habis dapat trus dandan kira2 sdh habis 7 juta lbeih.he..he banyak sih di kaki2.. sama habis ganti kaca film.. kendala sekarang kadang knalpot keluar asap..tp gak terus menerus..klo pas habis berhenti lama.. smoga thread ini hidup terus..Aamiin...
skatequinn
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Wed Jan 30, 2019 0:48
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Kijang

Re: Used Car Review 2001 Suzuki Baleno DX AT with Telling Story

Post by skatequinn »

nantinya kalau sudah berkeluarga, bangun2 keluarg awal, mau ambil sedan bekas untuk dipakai 2-4 tahun, sampe anak pertama jadi balita, makasih om sudah memberikan penjelasan yang detail, sangat bermanfaat, mobil ini bias jadi refrensi saya dan keluarga nantinya
ayzee
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Sun Mar 29, 2020 6:22
Location: bandung
Daily Vehicle: baleno 2001 matic

Re: Used Car Review 2001 Suzuki Baleno DX AT with Telling Story

Post by ayzee »

Nice Review Om, Jujur tadinya saya mau angkut SX4 Matic 2007, tapi setelah baca-baca review, kok malah jadi tertarik Baleno 2001-2002. Akhirnya saya putuskan ambil Baleno Matic 2001. Alhamdulillah dapat yang masih cukup terawat, walaupun tetap masih ada PR wajar. Seperti bocor Kruk As Depan, Seal Power Steering dan Gearbox rada rembes.
Impresi saya 2 minggu pakai Baleno 2001, mobilnya sangat nyaman digunakan, bahkan jauh lebih nyaman dari Splash Matic 2013 mobil saya sebelumnya. Cuma konsumsi BBM sepertinya perlu sedikit di setting CO nya agar lebih irit. Kalau pengalaman Om setelah pakai Baleno 2001 matic , berapa konsumsi bensin teriritnya untuk dalkot dan lukot? Ada saran untuk setting Potensio CO nya diberapa Volt?
- Interior Cukup Elegan, double din bisa untuk HU Android terbaru
- Busa Jok nyaman banget
- Kabin cukup senyap
- Stir ringan
- Suspensi nyaman
- Eksterior gak jadoel

Saya dan keluarga cukup happy dengan mobil ini, mungkin kalau tidak rewel akan dipakai 5 tahunan lagi.,:)
bivanos88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 373
Joined: Mon Jul 14, 2008 10:02

Re: Used Car Review 2001 Suzuki Baleno DX AT with Telling Story

Post by bivanos88 »

wah kenangan bersama baleno 2000 itu terakhir tahun 2012.
waktu itu sempat dapat wejangan dari komunitas mengenai settingan mesin, yaitu:
Kalau masalah mau irit, cara pertama ya menyehatkan kondisi mesin dulu. Kuncinya sih di settingan celah klep, penyetelan voltase CO sama pemilihan bensin. Kasih stelan celah klep 20in-30ex. Kalau mau lebih irit lagi dbuat luar biasa linggar 25-35. Tapi ya tenaga bawah jadi ngos2an.

Voltase CO distel di 2,5volt saja. Lantas pakai bensin beroktan yang sesuai dengan spek teknis. Jangan alpa membersihkan filter2 juga om. Kalau mau lebh extrim, om bisa ganti header set. Percaya apa tidak, jika hitungannya tepat, konsums BBM malah bisa lebih irit.