Review: Toyota Harrier 3rd Generation (XU60)

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Review: Toyota Harrier 3rd Generation (XU60)

Post by haristk7 »

Halo semua ! kembali bersama saya dalam review serayamotor. :big_peace:

Kali ini saya akan mereview salah satu SUV premium dari Jepang yang menjadi favorit banyak orang dan sudah tidak asing lagi bagi kita semua, Toyota Harrier.

Image Image

1. Prolog

Toyota Harrier generasi 1 masuk ke Indonesia melalui Importir Umum sekitar tahun 1990an akhir - 2000an awal, generasi kedua masuk ke Indonesia juga melalui Importir Umum di sekitar tahun 2003, generasi 2 adalah salah satu generasi Harrier terpopuler di Indonesia dan tersebar di banyak tempat di Indonesia. Kemudian pada tahun 2012 All New Harrier meluncur di Jepang dan pada tahun 2013 mulai masuk dan tersebar di Jalanan Indonesia.

Awalnya Toyota Harrier sendiri adalah nama yang disematkan oleh Toyota untuk Lexus RX versi JDM (Japan Domestic Market). Namun di generasi ketiga, yaitu XU60, Harrier dipisahkan oleh Toyota dari si Lexus RX, menjadikannya kedua mobil yang benar-benar berbeda. Hingga generasi ketiga pun, Toyota Harrier hanya dijual resmi di Jepang. Toyota Harrier juga masuk ke Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, dan Hongkong, hanya saja sebagai mobil “grey-market” alias tidak secara resmi masuk ke suatu negara.

Sebagai informasi, ada beberapa varian Harrier 2.0 yang dijual di negeri bunga sakura, dari yang paling murah (konversi kasar 1 yen = 100 rupiah)
1. Toyota Harrier "Elegance", harga 2.880.000 Yen sebelum pajak
Image

2. Toyota Harrier "Grand", harga 2.992.114 Yen sebelum pajak
Image

3. Toyota Harrier "Premium", harga 3.331.543 Yen sebelum pajak
Image

4. Toyota Harrier "Premium Advanced Package", harga 3.891.927 Yen sebelum pajak
Image

Ooh ya, karena ini adalah review pertama saya untuk mobil yang tidak dijual resmi, maka saya mohon maaf sebelumnya jika data yang saya tampilkan bisa berbeda seperti yang anda tahu. Karena mobil ini tidak masuk secara resmi, Toyota Harrier di Indonesia memiliki banyak varian dan setiap varian bisa memiliki kelengkapan yang berbeda satu sama lain tergantung dari pihak dealer atau pihak kustomer.

Sekilas mengenai Toyota Harrier
- Engine: 3ZR-FAE Natural Aspirated (150hp at 6100rpm, 193Nm of torque at 3800rpm)
- Front Wheel Drive
- Transmission: CVT with 7 speed manual mode
- Tire Size (original): 235/55R18
- Berat kosong: 1580kg
- Fuel Tank Capacity: 60 liter
- Dimension (P x L x T, mm): 4.720 x 1.835 x 1.690 ; wheelbase: 2.660 (mm)
- Steering System: Electronic Power Steering
- Harga Jual OTR Jakarta: Bervariasi tergantung optional dan dealer
- turning radius: 5.6 meter

2. Eksterior

Pertama kali saya melihat foto mobil ini ketika diluncurkan tahun 2013, impresi saya adalah mungkin ini adalah salah satu SUV perkotaan yang memiliki desain eksterior yang cukup menarik dan tidak membosankan, dan ini adalah dari Toyota dimana menurut saya pribadi desain eksterior mobil mereka biasanya terkesan “biasa saja”, “cepat bosan”, “nyeleneh”, atau “tarikan garis eksteriornya gak jelas sama sekali”. So kudos to the design team !'

Image Image Image

Dari depan, samping, dan belakang, desainnya terlihat rapih dan cukup cantik. Ooh ya, Harrier generasi ketiga ini lahir dengan tubuh lebih kecil juga dari generasi sebelumnya, dan sekilas lebih kecil kalau kita lihat dari luar. Silahkan lihat tabel dibawah ini untuk perbandingan dengan generasi sebelumnya, XU30

Image

Generasi terbaru ini mempunyai badan lebih pendek, lebih kurus, dan wheelbase lebih pendek dari generasi sebelumnya.


Score: 8.75/10

3. Interior

Image

Untuk urusan interior, inilah salah satu keunggulan Harrier terbaru. Tata letak dan desain interiornya lumayan memukau dan boleh dibilang kemajuan besar dari generasi sebelumnya. Dan mungkin bagi yang jarang melihat interior Toyota Harrier tapi sering melihat interior Toyota Innova, mungkin tidak begitu terasa asing, Cuma tentu saja kedua mobil memiliki kualitas interior yang berbeda.

Image

Maklum saja, Toyota Harrier yang berakta lahir dari Jepang dan memang sebenarnya hanya khusus dijual di dalam Jepang dan memiliki standar build quality yang sangat bagus disertai pemilihan material yang bagus serta lumayan solid, dan gap antar panel interior sangat minim. Hasilnya adalah orang yang berada di dalam Toyota Harrier akan merasa betah berada di kabin mobil ini, baik untuk perjalanan dalam dan luar kota.

3.1 seating

Image

Sekarang mari kita coba duduk. Kursi pengemudinya lumayan nyaman dan posisi duduknya juga cukup ergonomis dan model yang saya coba juga dilengkapi dengan pengaturan elektrik 10 arah termasuk pengaturan lumbar support. Untuk kursi penumpang depan sayangnya di unit yang saya coba pengaturan kursinya masih manual. Dari posisi duduk saya di kursi pengemudi, visibility keluar lumayan bagus walaupun buat saya pribadi ada sedikit blind spot di area pilar A dan pilar C.

Image
masih lega loh ! kursi depan itu sudah saya stel posisi mengemudi saya, dengan tinggi 178cm

Sekarang bergeser ke baris kedua. Hmmmmmm....nyaman, nyaman sekali. Baris keduanya benar-benar memanjakan penumpang. Bagi yang suka disupiri, mobil ini cocok buat anda. Minta ke sang supir untuk mengantarkan anda ke tujuan anda, anda duduk manis di baris kedua, siapkan bantal yang empuk, dan eits ! kursi baris kedua bisa dibuat lebih sender lagi untuk menambahkan kenyamanan. Sangat nyaman sekali baris keduanya dan sepertinya susah untuk penumpang baris kedua untuk menemukan hal yang bisa bikin mereka komplain. Buat keluarga yang terdiri dari 4-5 orang anggota, mobil ini juga cocok karena baris keduanya lapang dan lega. Empunya saya mengatakan ke saya kalau dia duduk di baris kedua, akan mudah terlelap karena memang sangat nyaman.

Image
mirip banget ama Innova punya

Lucunya unit yang saya coba ini kursinya tidak full leather, tapi hanya ½ leather saja. Tapi selama saya coba dan empunya sendiri mengatakan bahan cloth di kursinya juga sudah lumayan nyaman. Ooh ya, stirnya lumayan nyaman untuk digenggam. dan mirip sekali dengan Innova punya, hanya saja material keduanya jauh berbeda, Harrier is in a whole different level

Score: 8/10

3.2 Features.

Image

Features mobil ini banyak, mulai dari dual zone climate control, panoramic roof yang sebenarnya opsional di Jepangnya sendiri, power back door, rear air conditioning, automatic rain sensing wiper, automatic dusk sensing headlamp, all auto window, auto start-stop, cruise control, nanoe air conditioning, MID yang sayangnya dalam Bahasa Jepang tapi displaynya sangat mirip dengan Harrier dan Fortuner, serta beberapa fitur yang saya lupa apalagi yang tertanam di mobil ini.

Image Image Image

Image


Score: 7/10

3.3 Entertainment

Image
audioless 6 speaker

Urusan hiburan, mobil ini termasuk tipe audioless (alias tidak diberi Head Unit dari pabrik, tambahkan sendiri) dengan 6 speaker sebagai standar. Salah satu keunikan mobil pasar JDM adalah audioless. Di Jepang sendiri, kalau kita beli mobil, urusan head unit, audio control button di stir, dan jumlah speaker adalah opsional. Jadi kita sendiri yang mengaturnya, mau head unit aftermarket looks macam Alpine atau Kenwood, atau headunit terintegrasi; mau speaker standar yang biasanya jumlahnya ada 6 atau premium speaker yang bisa lebih dari 10 speaker; atau stirnya mau dipasang tombol kontrol audio atau dibiarkan polos.

Image Image

Premium sound system, 11 speaker system

Di unit yang saya coba, headunitnya sendiri saya rasa model dan merknya buatan Tiongkok dengan fitur yang cukup lengkap dan bisa memainkan musik dari USB drive dan iPod/iPhone serta sudah dilengkapi kamera parkir mundur. Buat para pemilik Toyota Harrier, saya sarankan untuk tipe audioless anda bisa upgrade audionya dengan Alpine Fit Kit yang dilengkapi head unit X009E-HA ukuran 9 inchi. Bentuk dudukannya nanti jadi mirip dengan Harrier tipe premium sound system. Di Jepang sendiri saya lihat di instagram, Alpine Fit Kit ini lumayan populer di para pemilik Harrier tipe audioless.

Image
Alpine Harrier fitkit

Score: 7.5/10

3.4 Storage

Image

Untuk urusan storage, well....ini Toyota, dan harusnya untuk urusan beginian, terutama di family SUV/Crossover sudah dipikirkan matang oleh para engineer dan desainernya. Tapi apa betul begitu ? mari kita lihat. Bagasi belakang memiliki kapasitas sebesar 440 dan sayangnya tidak sebesar Honda CRV yang memiliki kapasitas 589 liter, Mazda CX-5 yang memiliki kapasitas 503 liter, dan Nissan Murano yang memiliki kapasitas 603 liter. Masih ada juga ruang penyimpanan di bawah dek kargo untuk beberapa barang berukuran kecil seperti sepatu. Memang cukup disayangkan saja kapasitas kargonya tidak sebanyak SUV/Crossover monokok lainnya.

Bergeser ke kabin bagian penumpang, di baris kedua cukup generous dengan pemberian door pocket di kedua sisi untuk menampung minuman/snack/gadget serta terdapat seatback pocket. Di armrest baris kedua juga ada tempat untuk menaruh minuman. Bergeser ke baris pertama, ada laci depan yang ukurannya cukup generous serta area penyimpanan di center console dan laci di center armrest cukup memadai. Tidak lupa kedua sisi pintu dilengkapi door pocket.

Score: 6.75/10

4. On the road

Baiklah, mari kita bawa jalan mobil ini. Injak rem dan pencet tombol start-stop button untuk menyalakan mobil, kemudian mesin 3ZR-FAE langsung hidup. Saya sendiri penasaran dengan mesinnya yang memiliki torsi puncak sebesar 193Nm di 3800rpm, sebagai perbandingan, lihat tabel berikut ini.

Image
semuanya 2000cc natural aspirated

Dari tabel diatas, CX5 terkesan lebih "lari" karena bobotnya paling ringan, kemudian Forester mungkin paling lambat disini karena dia memakai penggerak all wheel drive yang menambah beban dan kerja ekstra ke mesin.

Cukup penasaran juga bagaimana performa mobil ini di jalan raya, kemudian mobil yang dibalut oleh ban Bridgestone Potenza 235/55R18 ini saya arahkan ke jalanan. Sebelumnya saya bertanya kepada yang punya “mobil ini gimana kalo di jalan raya ? maksudnya kayak gas nya, lari nya” dan jawabannya “untuk dalam kota doang sih yang udah cukup lah tenaganya, tapi kalo di tol dan di luar kota agak sedikit lambat dan kedodoran, mungkin karena mesinnya Cuma 2000cc”.

Image

Pengetesan menggunakan 3 metode, pertama dengan mode ECO, kedua mode standar, dan ketiga mode POWER, sebagai pengingat, mobil ini memakai jenis transmisi CVT dengan 7 percepatan manual. Di mode ECO, respons gas menjadi lambat dan mobil terasa kedodoran, saran saya jangan gunakan mode ECO di kemacetan karena sepertinya malah akan jadi boros karena pedal gas harus ditekan lebih dalam berimbas ke pemakaian bahan bakar lebih banyak, mode ECO hanya cocok untuk cruising dengan kecepatan konstan dalam jangka waktu yang cukup lama. Di mode standar, respons gas terasa lebih enak dan lebih cocok untuk pemakaian dalam kota yang banyak stop-and-go nya. Ketika coba dibejek sih....ya lemot..tapi udah agak cukup untuk sekedar naik ke 80km/h atau 100km/h. Masuk ke POWER mode, hmm...yaahh si mesin nahan RPM agak lebih tinggi sih biar tenaga yang keluar lebih besar pas diinjek gas nya, tapi tetap saja masih kurang gigit tenaganya kalau mau kenceng, transmisi CVT nya juga gak banyak membantu. Kesimpulannya, mode normal sudah cukup untuk mobil ini menemani aktifitas anda sehari-hari di dalam kota.

Handlingnya...hmm, stirnya itu EPS, jadi ringan banget, kalo komunikatif apa gak sih menurut saya agak lebih baik dari Harrier sebelumnya walaupun feeling feedback stirnya masih agak kurang, tapi buat saya ini ada improvement dari model sebelumnya. Stir yang ringan lebih cocok untuk pemakaian di dalam kota atau sekedar berkendara santai. Bodyroll masih terasa tapi tidak terlalu limbung seperti generasi sebelumnya, suspensinya bekerja bagus untuk meredam getaran body ketika melewati speedbump dan jalan bergelombang, overall body control terkesan jauh lebih enak dari generasi sebelumnya. Untuk remnya sendiri lumayan gigit ya, ada improvement dari model sebelumnya juga, dan enaknya remnya halus dan tidak menyentak seperti kebanyakan mobil premium lainnya.

Untuk urusan fuel consumption, menurut data MID di mobil dan dari yang punya sih, untuk di Jakarta dengan bensin octane92 konsumsi bahan bakar rata-ratanya di kisaran 8-10km/l. Cukup wajar untuk mobil front wheel drive, 2000cc, dengan berat badan nyaris 1.6 ton. Road noisenya sendiri minim di mobil ini, apalagi kalau di jalanan yang mulus. Tapi kalo ketemu jalan beton atau konblok..ya berisik sih.

Dari sesi pengetesan ini, kesimpulan saya terhadap perilaku Toyota Harrier generasi 3 di jalan: ini mobil yang cocok untuk sekedar bersantai dan sama sekali tidak direkomendasikan bagi anda yang mencari mobil untuk spirited driving.

Score: 7.5/10

5. Safety features

Image Image

Mobil ini dilengkapi dengan 7 airbags (dual front + dual side front + dual curtain + driver knee), ABS EBD, Vehicle Stability Control with Traction Control, wiplash front seat, Hill Launch Assist, Rear Camera, Reversing Sensor, ISOFIX, Lane Departure Warning System, dan beberapa fitur lainnya

Score: 8/10

6. Kesimpulan
Oke, setelah pengetesan, saya pribadi menyimpulkan: ini mobil enak, tapi hanya enak untuk sekedar dibawa jalan santai di dalam maupun luar kota, hanya sekedar cruiser santai, ibarat kata seperti kapal pesiar kecil yang peruntukannya hanya untuk bersantai. Fungsinya sebagai premium crossover/SUV keluarga sudah cukup jelas di Harrier. Mobil ini cocok anda bawa pergi berlibur ke pantai atau sekedar berburu kuliner ke kota sebelah. Mobil ini sama sekali tidak cocok bagi anda yang mencari kendaraan fun-to-drive.

Well, saya sendiri jujur saja menyukainya dan ada rasa ingin memilikinya, apalagi dengan warna putih atau merah maroon nya. Tentu saja saya tidak akan menggunakan jasa supir ketika menggunakan mobil ini, karena saya sendiri cukup enjoy mengemudikan mobil ini walaupun ini bukan driver car. Ketika saya tinggal di Tokyo, saya melihat Harrier itu bertebaran dimana-mana, mulai dari pusat kota hingga pinggiran kota dan prefektur lainnya seperti Nagano, Aichi, Tochigi, dan Kanagawa. Malah lebih sering menemukan Harrier daripada RAV4. Melihat Harrier di Jepang itu sama seperti melihat Pajero Sport di Jakarta dan sekitarnya.

Yes, i’m in love with this 3rd generation Harrier, probably one of the best looking premium SUV/Crossover in the market today and excellent car for leisurely cruising on the highway.

Sayang seribu sayang mobil ini tidak diekspor secara resmi keluar Jepang, saya membayangkan mobil ini punya spek ekspor dengan mesin 2.5 yang diambil dari Camry, kemudian CVT nya lebih lively, JBL audio system, large head unit screen with navigation system ala JDM model, memory seat, MID with english language...yaahh mungkin kalo masuk resmi harganya bisa bertengger di kisaran 700-900jt rupiah sepertinya hehhehe..tapi jika mobil ini bisa masuk resmi dengan equipment yang saya beberkan diatas kecuali mesin dan transmisi tetap memakai JDM 2.0 model, apakah harganya bisa di tekan di kisaran 600-800jt rupiah ? sebuah pertanyaan yang saya harap Toyota Astra Motor Indonesia bisa menjawabnya suatu hari nanti.

Image
saya pengennya interiornya seperti ini, premium package with premium sound system, dengan semua instrumen minimal berbahasa inggris

Yaa, saya yakin mungkin salah satu alasan tidak masuk secara resmi karena takut memakan pasar Lexus (NX dan RX), tapi buat saya, Harrier dan kedua line up Lexus itu memiliki penggemar dan market tersendiri, secara comfort levelnya Harrier dengan Lexus terutama dengan si RX agak berbeda. Jadi mungkin akan lumayan seru kalau Toyota Harrier bisa masuk secara resmi ke Indonesia.

lalu..kira-kira..mobil ini gimana ya ? coba kita lihat..dan seperti yang saya bilang sebelumnya..
- Mobil ini cocok bagi anda yang tidak senang ngebut, senang nyetir santai tanpa memblokir lajur cepat, serta senang berpergian pada saat weekend, ntah itu mengunjungi teman atau kerabat, berburu kuliner di kota sebelah, atau sekedar pergi ke pantai
- Mobil ini cocok bagi anda yang mempunyai keluarga dengan anggota 4-5 orang sebagai family car yang dapat memberikan kenyamanan pada saat berkendara
- Mobil ini cocok buat anda yang ingin merasakan mobil premium dan untuk pemakaian sehari-hari di dalam kota dan sekitarnya
- Mobil ini cocok sekali untuk kaum perempuan, terutama sebagai soccer mom car
- Anda senang ngebut tapi juga mencari kendaraan yang memang dipakai hanya untuk sekedar nyetir santai ? Harrier bisa memberikannya untuk anda


Dari saya untuk Toyota Harrier, “Excellent premium crossover SUV that fits for everyday activity around town”

Pros
- Desain interior yang bikin betah di dalamnya
- Kekedapan kabin bagus
- Handling mobil ada kemajuan dari model sebelumnya
- Suspensi nya nyaman
- Eksteriornya bagus
- Cukup irit
- Kabinnya lega
- Masih bisa servis di bengkel resmi Toyota

Cons
- Mesinnya kurang bertenaga, semoga ada opsi mesin 2.5 bensin
- Kapasitas bagasi yang kecil (440 liter)
- Tidak ada versi resmi yang dijual Toyota Indonesia
- MID dalam bahasa jepang
- Versi premium audio dengan JBL speaker, head unit nya full bahasa jepang, tidak bisa diganti ke bahasa inggris

Total Score: 7.8/10

Image Image

sorry kalo ada salah kata dan kekurangan sana sini, saya hanya seorang penikmat mobil yang masih harus banyak belajar :mky_01:

sekian dari saya, terima kasih :big_smile]
Last edited by haristk7 on Thu Jun 16, 2016 9:01, edited 1 time in total.
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5694
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Review: Toyota Harrier 3rd Generation (XU60)

Post by sintoni »

Pertamax di tritnya om Harist.

Ini mobil mahal yang ane kurang suka modelnya, malah bagusan yang first gen, ga tau ya tapi kalo diliat dari depan kurang mevvah.

Malah bagusan CX5 atau CRV.

Btw, nais ripiu om.

:ngacir:
Last edited by sintoni on Thu Jun 16, 2016 10:30, edited 1 time in total.
User avatar
iTyre
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Mon Mar 07, 2016 3:26

Re: Review: Toyota Harrier 3rd Generation (XU60)

Post by iTyre »

nice review om :big_exellent: , beberapa waktu lalu sempet liat pas parkir. dari depan cakep dan ane g ngenalin mahluk apakah ini. dari belakang lampunya manis dan dari situlah ane tahu kalau mahluk ini harrier 3rd gen :big_love: . kira2 kurs ke IDR plus pajak jadi berapa y mahar buat minang ni mobil?? :mky_01:
Rasaki indak tatuka :mky_08:
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: Review: Toyota Harrier 3rd Generation (XU60)

Post by nyotnyet »

Nice review bro harist....as always

Harrier gen ketiga ini emang modelnya menarik...tp kalo kelamaan diliat juga kesannya jadi biasa aja lho (IMHO)
Kalo dibandingin ama mesin 2.4 yg gen sebelumnya gimana bro harist?

Soul Red zoom zoom
User avatar
fizrmen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1050
Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
Location: BSD (Bogor Sana Dikit)
Daily Vehicle: Civic FD2

Re: Review: Toyota Harrier 3rd Generation (XU60)

Post by fizrmen »

wihh, nice review broo, anyway katanya kalo HU premium yg jepang, gabisa setel radio sini ya beda frekuensi?
2009 Honda Civic FD2
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
blututh
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Sat Apr 02, 2016 3:02

Re: Review: Toyota Harrier 3rd Generation (XU60)

Post by blututh »

kalau di odyssey cbu temen, tetep bisa radionya tapi frekuensi maks di 90.00
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Review: Toyota Harrier 3rd Generation (XU60)

Post by billyd1773dz »

mantapp captt.. bentuknya gw suka... :D :D

gw pikir 2.0 Turbo kaya di NX.... ternya n.a .... :big_dunno:

so still old perkutut?.... mevvah n aristoket :mky_03: gud for relax cruise :mky_03:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
psiturism
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: Fri Sep 18, 2015 17:54
Location: Pagedangan
Daily Vehicle: 2016 Toyota AN140 2GD Q AT

Re: Review: Toyota Harrier 3rd Generation (XU60)

Post by psiturism »

Nice Review om :big_exellent:

Tetangga ada yg pake ini mobil, beli seken, dan supir yg bawa :big_childish: kalo diliatin keren juga ini mobil, walopun belum ada DRLnya :big_slap:

Tapi kayanya ttp kualitas dan kenyamanannya masih selangkah dibawah lexus RX ya?
2016 Toyota AN140 Q 2GD-FTV 6AT
Awakhan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 83
Joined: Thu Dec 11, 2014 12:39

Re: Review: Toyota Harrier 3rd Generation (XU60)

Post by Awakhan »

review yg berkelas as usual :off_good_job:

model nya timeless gak ngebosenin di liat. fyi head unit alpine untuk 3rd gen ini harga nya cukup nguras kantong (hampir 42 jt euy).
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: Review: Toyota Harrier 3rd Generation (XU60)

Post by egibaio »

Very nice review oom.

Harrier ini kalo saya lihat jadi sensible SUV untuk kaum the have yang mungkin merasa pake GLC/NX terlalu flashy tapi pake CRV pun kurang suka kualitasnya. Ukuran Harrier ini jg compact bgt jd ga bisa dibandingkan sama CX9.

Ini skrg harganya 800an ya om?
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Review: Toyota Harrier 3rd Generation (XU60)

Post by haristk7 »

Pertamax di tritnya om Harist.

Ini mobil mahal yang ane kurang suka modelnya, malah bagusan yang first gen, ga tau ya tapi kalo diliat dari depan kurang mevvah.

Malah bagusan CX5 atau CRV.

Btw, nais ripiu om.
kalo dilihat dari samping sekilas malah ada kemiripan dengan CX5, XTrail, atau Tucson om hahaha
nice review om :big_exellent: , beberapa waktu lalu sempet liat pas parkir. dari depan cakep dan ane g ngenalin mahluk apakah ini. dari belakang lampunya manis dan dari situlah ane tahu kalau mahluk ini harrier 3rd gen :big_love: . kira2 kurs ke IDR plus pajak jadi berapa y mahar buat minang ni mobil??
saya gak tau pastinya, di Jakarta di kisaran 700-900jt rupiah om
Nice review bro harist....as always

Harrier gen ketiga ini emang modelnya menarik...tp kalo kelamaan diliat juga kesannya jadi biasa aja lho (IMHO)
Kalo dibandingin ama mesin 2.4 yg gen sebelumnya gimana bro harist?
dulu saya pernah nyetir yang gen 2 2.4, yang 2.4 dulu juga sama2 bolot om, apa mungkin karena yang dulu cuma 4AT ya jadi bolotnya rada-rada..yaa yang ini sih bolot cuma gak terlalu parah
wihh, nice review broo, anyway katanya kalo HU premium yg jepang, gabisa setel radio sini ya beda frekuensi?
biasanya mentok di 90.00, tapi suka ada converternya..ntah gmn caranya
mantapp captt.. bentuknya gw suka... :D :D

gw pikir 2.0 Turbo kaya di NX.... ternya n.a .... :big_dunno:

so still old perkutut?.... mevvah n aristoket :mky_03: gud for relax cruise
yeaps, mevvah n aristoket for relaxing :mky_03:

bungkus dong om bil :big_grin:
Nice Review om :big_exellent:

Tetangga ada yg pake ini mobil, beli seken, dan supir yg bawa :big_childish: kalo diliatin keren juga ini mobil, walopun belum ada DRLnya :big_slap:

Tapi kayanya ttp kualitas dan kenyamanannya masih selangkah dibawah lexus RX ya?
yeaps, masih selangkah dibawah Lexus RX, ada harga ada barang :big_biglaugh:
review yg berkelas as usual :off_good_job:

model nya timeless gak ngebosenin di liat. fyi head unit alpine untuk 3rd gen ini harga nya cukup nguras kantong (hampir 42 jt euy).
sumpah saya baru tau kalo head unit alpine nya semahal itu :big_chicken:

kayaknya yang mau bungkus HU nya harus niat banget yaa..
Very nice review oom.

Harrier ini kalo saya lihat jadi sensible SUV untuk kaum the have yang mungkin merasa pake GLC/NX terlalu flashy tapi pake CRV pun kurang suka kualitasnya. Ukuran Harrier ini jg compact bgt jd ga bisa dibandingkan sama CX9.

Ini skrg harganya 800an ya om?
hehehe iyaa om posisinya sepertinya diantara Honda CRV dan Mercedes Benz GLC/BMW X3..

mungkin yaa, Toyota Harrier ini bisa diposisikan melawan:
1. Subaru Outback
2. Hyundai Santa Fe AWD
3. Nissan Murano

yaahh...mungkin..

iyaa harganya kisaran 800an jt rupiah
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
HouseOfDetailing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sat May 11, 2013 12:01

Re: Review: Toyota Harrier 3rd Generation (XU60)

Post by HouseOfDetailing »

Premium Advance di Medan 1M an brand new,tapi sekennya mayan ancur banyak.Jatuh di 775-800jt.Yang wow dari Harrier cuma nappa leathernya doank
User avatar
armann
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1091
Joined: Mon Dec 28, 2015 18:55
Location: JakartaBarat

Re: Review: Toyota Harrier 3rd Generation (XU60)

Post by armann »

Jarang org yg tau cmn mid dan audio bawaan dari jepang bisa diganti ke bahasa inggris, cek aja channel mick lay motors japan, disitu ada banyak info cara setting head unit dan mid harrier ini biar bisa jadi bahasa inggris, walaupun radio frequensinya msh jepang (gk bisa dipake di indo dan gps msh pake bhs jepang, well enaknya it is the premium sound spec which is using jbl greenedge dan gk ada sunatan di audio dan safety features bawaan toyota jepang). Jadi mid dan audio bawaan asli dr jepang gk ada masalah ganti ke bhs inggris, pasti bisa cmn gps aja msh full bhs jepang :big_okay:
PM for any interest in JDM / ASEAN car parts & accs
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Review: Toyota Harrier 3rd Generation (XU60)

Post by haristk7 »

armann wrote:Jarang org yg tau cmn mid dan audio bawaan dari jepang bisa diganti ke bahasa inggris, cek aja channel mick lay motors japan, disitu ada banyak info cara setting head unit dan mid harrier ini biar bisa jadi bahasa inggris, walaupun radio frequensinya msh jepang (gk bisa dipake di indo dan gps msh pake bhs jepang, well enaknya it is the premium sound spec which is using jbl greenedge dan gk ada sunatan di audio dan safety features bawaan toyota jepang). Jadi mid dan audio bawaan asli dr jepang gk ada masalah ganti ke bhs inggris, pasti bisa cmn gps aja msh full bhs jepang :big_okay:
saya sempet tanya ke temen saya di jepang, itu katanya cuma merubah sistem GPS saja ke inggris..dia tidak merubah keseluruhan sistem ke english, hanya sebagian saja..audio dan MID juga gak termasuk sayangnya :big_biglaugh:

Well setidaknya Toyota Jepang sudah berusaha untuk memasukkan sistem berbahasa inggris ke head unit nya :big_biglaugh:
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
armann
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1091
Joined: Mon Dec 28, 2015 18:55
Location: JakartaBarat

Re: Review: Toyota Harrier 3rd Generation (XU60)

Post by armann »

haristk7 wrote:
armann wrote:Jarang org yg tau cmn mid dan audio bawaan dari jepang bisa diganti ke bahasa inggris, cek aja channel mick lay motors japan, disitu ada banyak info cara setting head unit dan mid harrier ini biar bisa jadi bahasa inggris, walaupun radio frequensinya msh jepang (gk bisa dipake di indo dan gps msh pake bhs jepang, well enaknya it is the premium sound spec which is using jbl greenedge dan gk ada sunatan di audio dan safety features bawaan toyota jepang). Jadi mid dan audio bawaan asli dr jepang gk ada masalah ganti ke bhs inggris, pasti bisa cmn gps aja msh full bhs jepang :big_okay:
saya sempet tanya ke temen saya di jepang, itu katanya cuma merubah sistem GPS saja ke inggris..dia tidak merubah keseluruhan sistem ke english, hanya sebagian saja..audio dan MID juga gak termasuk sayangnya :big_biglaugh:

Well setidaknya Toyota Jepang sudah berusaha untuk memasukkan sistem berbahasa inggris ke head unit nya :big_biglaugh:
Just info aja om
Justru yg gps gk bisa diganti dgn bhs inggris, cmn dalam bhs jepang. MID pasti bisa, soalnya sy prnh punya harrier baru ini walupun cmn bntaran wkwkwk. Ada yg tulisannya "language setting" di mid nya walaupun bhs jepang tulisannya tp abis itu dijamin mudeng soalnya mid bisa totally diganti dgn bhs inggris

Cek youtube channel mick lay motors japan, dia kasih tutorial cara ganti audio bawaan jepang dan mid harrier supaya bisa diganti dgn bhs inggris, tutorialnya pun pake bhs inggris jd ya bisa ngerti dah, yakin bisa kok, cmn radio dan gps emg tetep full bhs jepang dan gk bs dipake di indo :big_peace:
PM for any interest in JDM / ASEAN car parts & accs
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Review: Toyota Harrier 3rd Generation (XU60)

Post by haristk7 »

armann wrote:
Just info aja om
Justru yg gps gk bisa diganti dgn bhs inggris, cmn dalam bhs jepang. MID pasti bisa, soalnya sy prnh punya harrier baru ini walupun cmn bntaran wkwkwk. Ada yg tulisannya "language setting" di mid nya walaupun bhs jepang tulisannya tp abis itu dijamin mudeng soalnya mid bisa totally diganti dgn bhs inggris

Cek youtube channel mick lay motors japan, dia kasih tutorial cara ganti audio bawaan jepang dan mid harrier supaya bisa diganti dgn bhs inggris, tutorialnya pun pake bhs inggris jd ya bisa ngerti dah, yakin bisa kok, cmn radio dan gps emg tetep full bhs jepang dan gk bs dipake di indo :big_peace:


yang ini kan om ?

disitu sih MID nya diliatin sekilas tetep gak berubah..hmm nanti deh saya coba2 juga kalo ke tempat temen saya coba utak atik MID nya
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
stevenanthony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 548
Joined: Sat Feb 01, 2014 15:04

Re: Review: Toyota Harrier 3rd Generation (XU60)

Post by stevenanthony »

nice review om... lengkap dan jelas banget... foto2 nya juga komplit :mky_02:

ane sama bokap demen nih model harrier ini dibanding rav4... sayang yg harusnya sekelas crv cx5 xtrail sampe sini jadi belipat harganya :mky_04:
2015 Honda HR-V E CVT
User avatar
campoeran
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2782
Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
Location: surabaya rek

Re: Review: Toyota Harrier 3rd Generation (XU60)

Post by campoeran »

Minusnya satu aja IMO . Mesin yang bolot . masak harga segitu mesin 2000cc NA pulak.
Other than that , cakep abis !
User avatar
armann
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1091
Joined: Mon Dec 28, 2015 18:55
Location: JakartaBarat

Re: Review: Toyota Harrier 3rd Generation (XU60)

Post by armann »

haristk7 wrote:
armann wrote:
Just info aja om
Justru yg gps gk bisa diganti dgn bhs inggris, cmn dalam bhs jepang. MID pasti bisa, soalnya sy prnh punya harrier baru ini walupun cmn bntaran wkwkwk. Ada yg tulisannya "language setting" di mid nya walaupun bhs jepang tulisannya tp abis itu dijamin mudeng soalnya mid bisa totally diganti dgn bhs inggris

Cek youtube channel mick lay motors japan, dia kasih tutorial cara ganti audio bawaan jepang dan mid harrier supaya bisa diganti dgn bhs inggris, tutorialnya pun pake bhs inggris jd ya bisa ngerti dah, yakin bisa kok, cmn radio dan gps emg tetep full bhs jepang dan gk bs dipake di indo :big_peace:


yang ini kan om ?

disitu sih MID nya diliatin sekilas tetep gak berubah..hmm nanti deh saya coba2 juga kalo ke tempat temen saya coba utak atik MID nya
Mumpung pake alphard mid nya mirip2, ntr kalo bisa sy attach deh photo/video gmn cara ke language settingnya di mid, syg aja kalo mid gk kepake, pdhl fiturnya not bad, apalagi di harrier :big_peace:
PM for any interest in JDM / ASEAN car parts & accs
User avatar
278bubba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 344
Joined: Thu Jul 26, 2012 7:18
Location: Indonesia

Re: Review: Toyota Harrier 3rd Generation (XU60)

Post by 278bubba »

Modelnya menurut sy futuristik tp ga timeless n cpt bikin bosan setelah bbrp kali lihat. Interior modelnya plain jg, tp ga brani komen ttg build quality soalnya blm pernah naik jg. Begitu jg performa n pengendalian, blm pernah coba jd ga bs komen. Good review om.....
D23 YD25DDTi
F07 N55
E38 M62
W463 M103
irdna
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 290
Joined: Thu Aug 14, 2014 9:54

Re: Review: Toyota Harrier 3rd Generation (XU60)

Post by irdna »

keren ni salah satu mobil idaman apalagi kalau mesinnya pake 2.5 camry hahaha
sayang bgt mesinnya 2.0

kalau harrier atau mobil2 cbu toyota ini service di beres toyota itu denger2 ada biaya tambahan ya? apa bener gitu?
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Review: Toyota Harrier 3rd Generation (XU60)

Post by b8099ok »

Maap nubitol nyautin.
Setau ane, vehicle language hanya bisa dirubah via vehicle built menu di TechStream (ini khusus utk keluarga 3 elips dan L mabuk). Klo cm utak atik mid, ampe biji kotak jg gak bakalan bisa.

Sekali lagi maaf nubie nimbrung, maklum nubie ga pny mobil mewah,... :ngacir:
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
journeytohell
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 136
Joined: Mon Jan 05, 2009 13:43
Location: Jkt
Daily Vehicle: Anki Q_W221

Re: Review: Toyota Harrier 3rd Generation (XU60)

Post by journeytohell »

Ini yg spec basic ya? Soalnya setahu ane harrier di grillnya nonjol di luar grill std spec, bukan yg premium. Kalau yg logo harriernya di dalam mika grill yg premium spec (audioless dan non audioless)
User avatar
armann
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1091
Joined: Mon Dec 28, 2015 18:55
Location: JakartaBarat

Re: Review: Toyota Harrier 3rd Generation (XU60)

Post by armann »

journeytohell wrote:Ini yg spec basic ya? Soalnya setahu ane harrier di grillnya nonjol di luar grill std spec, bukan yg premium. Kalau yg logo harriernya di dalam mika grill yg premium spec (audioless dan non audioless)
Smua grill harrier baru sama kok, cmn kalo yg premium advanced ada camera bawaan dr jepang dibawah grillenya, semua logo harriernya di luar mika grille cmiiw, gatau tipe grand atau elegance gk prnh liat di indo, too expensive with the features its offering, miskin fitur
PM for any interest in JDM / ASEAN car parts & accs
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Review: Toyota Harrier 3rd Generation (XU60)

Post by haristk7 »

Premium Advance di Medan 1M an brand new,tapi sekennya mayan ancur banyak.Jatuh di 775-800jt.Yang wow dari Harrier cuma nappa leathernya doank
lebih enak ambil 2nd nya ya :mky_03:
Minusnya satu aja IMO . Mesin yang bolot . masak harga segitu mesin 2000cc NA pulak.
Other than that , cakep abis !
yes, itu doang kekurangannya...2000cc NA.

apa gara2 rata2 SUV/crossover di Jepang pada 2.0 NA ya ? market leadernya SUV/Crossover XTrail dan Forester juga mesinnya 2.0 NA
Modelnya menurut sy futuristik tp ga timeless n cpt bikin bosan setelah bbrp kali lihat. Interior modelnya plain jg, tp ga brani komen ttg build quality soalnya blm pernah naik jg. Begitu jg performa n pengendalian, blm pernah coba jd ga bs komen. Good review om.....
thank you om
keren ni salah satu mobil idaman apalagi kalau mesinnya pake 2.5 camry hahaha
sayang bgt mesinnya 2.0

kalau harrier atau mobil2 cbu toyota ini service di beres toyota itu denger2 ada biaya tambahan ya? apa bener gitu?
denger2 sih gitu om, pengalaman temen kuliah yang pake iST ada biaya tambahan di BeRes..

iyaa nih, coba kalo mesinnya 2.5 Camry punya, pasti lebih maknyus
Maap nubitol nyautin.
Setau ane, vehicle language hanya bisa dirubah via vehicle built menu di TechStream (ini khusus utk keluarga 3 elips dan L mabuk). Klo cm utak atik mid, ampe biji kotak jg gak bakalan bisa.

Sekali lagi maaf nubie nimbrung, maklum nubie ga pny mobil mewah,...
^^^master utak atik mobil muncul

iyaa om, temen ane yang punya showroom CBU di daerah Pluit juga bilang begitu. MID hanya bisa diganti bahasanya dengan penggunaan software khusus, tidak bisa dengan menu dari headunit (untuk versi HU terintegrasi). Kalau yang dari HU hanya merubah menu utamanya si HU saja yang jadi bahasa inggris.
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"