Another Review of Honda Civic Turbo
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 854
- Joined: Tue May 19, 2015 4:08
Another Review of Honda Civic Turbo
Halo SerayaMotor. Kali ini saya akan mereview sedan Honda terbaru yaitu Civic Turbo atau Civic generasi ke 10.
THE BEST CIVIC EVER?
Civic generasi 10 ini disiapkan menjadi Civic terbaik yang pernah Honda buat (at least kata press releasenya begitu). Setelah generasi sebelumnya yang akrab dipanggil FB kurang mendapat respon yang menggembirakan, Honda ingin membuat Civic menjadi relevan kembali. FB wasn’t a bad car hanya saja dia bukanlah lompatan yang besar dari generasi sebelumnya dan memang kebetulan secara tampang kurang “gereget”.
Jadi apakah yang Honda lakukan? Mereka mengganti mesin R-series dengan L-series 1500cc yang tentunya bukanlah mesin yang sama persis dengan mesin yang anda temukan di Mobilio anda karena ia dibantu sebuah benda mirip keong bernama turbocharger. Honda juga membuat mobil ini lebih besar dan dengan price tag yang sama besarnya, 480 juta rupiah (OTR Bandung). Price tag ini tentu tidak menutup kemungkinan mobil ini akan di cross-shop dengan seekor German bernama Golf Mk. VII which happened to be really, really good. So, is this the best Civic ever? Is it good enough to be in the same league with a Golf?
THE LOOK
Di gambar, cukup sulit mencerna tampilan mobil ini. Tapi setelah melihat aslinya saya ternyata lumayan suka meskipun bagian depannya terlalu didominasi chrome. LED headlights di bagian depan mobil ini cukup menarik perhatian dengan desain yang baru bagi saya. Cukup penasaran dengan performanya di malam hari. Dari samping profilnya tampak seperti fastback. Bonnetnya panjang dan dibentuk agar tampak muscular. Di bagian belakang kita akan menemukan lampu yang agak mirip dengan lampu jazz GK5 dengan ukuran yang besar dan bootlid yang tidak kalah gemuknya. Kita juga akan menemukan dual exhaust yang sayangnya tipnya tidak jelas nyambung kemana sebenarnya.
The car looks futuristic and busy, kebalikan dari Golf. Not the most beautiful thing ever but it certainly has some road presence because it’s different. Terbukti orang-orang di ruang tunggu bengkel Honda sampai menoleh dan bahkan ada yang keluar saat saya melintas. Overall saya suka bentuknya, meskipun saya yakin tidak semua orang akan suka bentuk sesibuk ini.
INSIDE AND TOYS
Multiplex meter yang 2 generasi menemani Civic kini hilang digantikan instrument cluster yang lebih konvensional. TFT screen yang bisa ditemukan di versi Thai dan US terkena sunat sayangnya. Posisi duduknya menyenangkan, nyaris seperti 3 series kalau saya bilang. Pengaturan joknya sangat fleksibel, telescopic steeringnya juga rangenya jauh.
Di bagian tengah dashboard kita akan menemukan HU Android based yang cukup cepat dengan respon touchscreen yang oke. Comparable dengan HU Toyota kekinian lah meskipun yang ini saya rasa lebih cepat mikirnya. Dibawahnya ada control AC dengan climate control yang untungnya masih dibekali physical button tidak seperti pada HRV. Untuk anda yang gemar mengetok-ngetok interior mobil akan cukup dimanjakan dengan keberadaan soft touch di beberapa tempat strategis. Stirnya walaupun agak terlalu besar dan kurus for my liking dibungkus dengan leatherette yang baik kualitasnya seperti yang ada pada produk VW. Shifternya juga dibungkus meskipun perpindahannya masih menghasilkan suara ala cheap Honda.
Di bagian center console kita akan menemukan shifter yang dikelilingi blank buttons, tombol ECON dan electric parking brake. Blank buttons ini agak merusak pemandangan menurut saya. Terdapat juga armrest yang posisinya agak terlalu rendah sebenarnya dan juga berfungsi sebagai penutup console box yang anehnya bukan berupa box. Lebih berupa cubby hole.
Jika duduk di depan merupakan pengalaman yang menyenangkan maka di belakang less so. Legroom agak sempit bila kursi driver diset di posisi duduk saya dan terdapat tunnel besar di tengah yang seingat saya tidak ada di FD maupun FB. Gantinya, anda mendapatkan rear AC vent kali ini. Headroom meskipun nampak tidak meyakinkan ternyata masih sangat cukup lho.
Bagasi cukup besar namun sayangnya aksesnya kurang besar. Bila kurang, kursi belakang masih bisa dilipat.
Untuk toys, mobil ini lumayan. Ada auto windshield wiper dan auto headlight. HUnya lengkap fiturnya dengan GPS yang lumayan bagus. Safety featuresnya bagus, 6 airbags dan traction control ada di sini. Ada juga remote start yang bisa menyalakan mobil dari jauh, mungkin untuk memberikan AC head start di siang bolong. Honda sensing dan lanewatch belum dapat ditemukan disini sayangnya. Saya juga berharap adanya auto dimming mirror seperti pada VW Golf dan beberapa ambient lighting ada di sini.
Overall untuk produk Honda interiornya bagus, namun Golf masih berkualitas lebih baik. FD juga masih terasa lebih lega daripada FC ini.
DRIVING THE CIVIC
Dibekali L-series berkode L15B7, ia kini bernafas melalui DOHC head, mendapatkan asupan makanan melalui direct injection, dan di dopping oleh turbo. Outputnya lumayan, 174ps dan torsi 220Nm. Ia kini dipasangkan dengan sebuah CVT, sadly.
Engine started dan suara ala L-series terdengar sayup-sayup. Entah peredaman dan mountingnya yang berbeda atau L15B7 ini lebih refined tapi yang jelas suaranya terdengar lebih tenang daripada di Jazz misalnya. Masuk ke D dan keluar parkir saya mulai merasakan memang mobil ini besar ukurannya, meskipun saya mengapresiasi tonjolan di kap mesin yang membuat bagian depan lebih mudah diintip. Masuk main road, merging with traffic segalanya terasa smooth dengan aliran torsi yang lumayan besar. Seperti yang om HouseofDetailing bilang, Civic ini terasa seperti bermesin kapasitas besar and I agree with him. Penggunaan CVT sukses mengeliminasi lag yang mungkin terjadi di mesin turbo seperti ini. Untuk daily driving this car is lovely to drive, smooth dan powerful sehingga sangat mudah untuk keeping up with traffic. Secara drivability mobil ini lebih mudah daripada Golf. Untuk kali ini saya menyukai sebuah CVT untuk daily driving.
Puas bersantai-santai saya coba bersenang-senang dengan mobil ini. Pindah ke S dan full throttle terasa CVT menyesuaikan sebentar lalu Civic berakselerasi dengan cepat, smoothly. Ia tidaklah eksplosive seperti TSI+DSG. Jambakannya halus namun kecepatan naik dengan cepat. Saya mencoba manual mode-nya dan saya kurang menyukainya. Setelah berpindah dari 1 ke 2 saya merasa mesin di tone down sedikit (mungkin agar CVT tidak hancur berantakan?). Meskipun begitu selepas 2 performanya bagus dan surprisingly minim slip. Sayangnya untuk engine braking mendekati tikungan mode manual ini kurang bisa diandalkan. Downshift ke 2 transmisi malah seakan membiarkan mesin berputar dekat idle, weird. Untuk berakselerasi kencang it’s best to leave it alone at S, dan dengarkan suara boosted L15 bekerja. Ia cukup coarse di putaran atas ditambah suara “whooshh” yang sayup-sayup terdengar. Dibandingkan R18 ini jelas merupakan engine yang jauh lebih baik.
Untuk menghadapi tikungan ia masih mirip Civic yang kita kenal. Minim bodyroll dan lots of grip. Untuk steering saya lebih suka FD namun masih lebih baik dari FB. Meskipun stir mobil ini ringan namun masih memberikan confidence meskipun feedbacknya agak muted. Memasuki tikungan saya rasa remnya juga sama bagusnya dengan Civic FD dan FB, biasnya pas dan minim diving. Saat turn in ia masih terasa eager seperti Civic sebelum-sebelumnya meskipun saya rasa FD sedikit lebih sharp saat turn in. Namun saya rasa ia less nose-heavy dibandingkan FD sehingga more manageable dan less understeer-prone in the corner. Dan keluar tikungan tentu saja FC menang dari FD dengan mesin turbonya dimana FD dengan 5AT kepanjangan+NA enginenya harus agak berusaha. Sayangnya, CVT agak mempersulit throttle control di tikungan. Butuh pembiasaan.
Soal kenyamanan, ia sedikit lebih nyaman dari FB yang menurut saya lebih nyaman dari FD. Peredaman biasa saja, tidak jelek namun tidak luar biasa. It’s more softly sprung than FD yet it’s still capable at cornering. It feels like a bigger car than FD FB, and maybe because it is. Tapi, saya berharap mobil ini memiliki rigidity yang lebih baik.
Overall untuk daily ini merupakan mobil yang sangat menyenangkan, namun untuk spirited driving Golf Mk VII masih lebih baik trannynya.
CONCLUSION
Is this the best Civic ever? Untuk Civic yang pernah dijual di Indonesia saya bisa bilang iya. The engine is a massive improvement over R-series. It’s smooth to drive, enak untuk dipakai di situasi harian. CVTnya sangat cocok untuk harian meskipun untuk perfomance driving agak menghalangi potensinya. Handling masih sangat baik ala Civic meski untuk harga semahal ini saya berharap rigiditynya bisa lebih baik agar bisa menyamai Golf soal soilidity.
In short, mobil ini merupakan improvement dari segala sisi dibandingkan generasi sebelumnya. Sesuatu yang dilakukan FD tahun 2006 lalu setelah ES. Dengan harga 480 juta tentu saja cukup sulit memilih antara mobil ini atau Golf yang sebenarnya terasa lebih solid dibanding Civic. Bila dibandingkan sebuah F30 mobil ini mungkin belum bisa bicara terlalu banyak (mainly karena tranny dan rigidity), namun jika dibanding CLA saya rasa secara performa ia bisa mengimbangi.
Is it worth the price? Hmmm, murahin 25 juta lagi deh biar ga bingung pilih golf atau ini.
THE BEST CIVIC EVER?
Civic generasi 10 ini disiapkan menjadi Civic terbaik yang pernah Honda buat (at least kata press releasenya begitu). Setelah generasi sebelumnya yang akrab dipanggil FB kurang mendapat respon yang menggembirakan, Honda ingin membuat Civic menjadi relevan kembali. FB wasn’t a bad car hanya saja dia bukanlah lompatan yang besar dari generasi sebelumnya dan memang kebetulan secara tampang kurang “gereget”.
Jadi apakah yang Honda lakukan? Mereka mengganti mesin R-series dengan L-series 1500cc yang tentunya bukanlah mesin yang sama persis dengan mesin yang anda temukan di Mobilio anda karena ia dibantu sebuah benda mirip keong bernama turbocharger. Honda juga membuat mobil ini lebih besar dan dengan price tag yang sama besarnya, 480 juta rupiah (OTR Bandung). Price tag ini tentu tidak menutup kemungkinan mobil ini akan di cross-shop dengan seekor German bernama Golf Mk. VII which happened to be really, really good. So, is this the best Civic ever? Is it good enough to be in the same league with a Golf?
THE LOOK
Di gambar, cukup sulit mencerna tampilan mobil ini. Tapi setelah melihat aslinya saya ternyata lumayan suka meskipun bagian depannya terlalu didominasi chrome. LED headlights di bagian depan mobil ini cukup menarik perhatian dengan desain yang baru bagi saya. Cukup penasaran dengan performanya di malam hari. Dari samping profilnya tampak seperti fastback. Bonnetnya panjang dan dibentuk agar tampak muscular. Di bagian belakang kita akan menemukan lampu yang agak mirip dengan lampu jazz GK5 dengan ukuran yang besar dan bootlid yang tidak kalah gemuknya. Kita juga akan menemukan dual exhaust yang sayangnya tipnya tidak jelas nyambung kemana sebenarnya.
The car looks futuristic and busy, kebalikan dari Golf. Not the most beautiful thing ever but it certainly has some road presence because it’s different. Terbukti orang-orang di ruang tunggu bengkel Honda sampai menoleh dan bahkan ada yang keluar saat saya melintas. Overall saya suka bentuknya, meskipun saya yakin tidak semua orang akan suka bentuk sesibuk ini.
INSIDE AND TOYS
Multiplex meter yang 2 generasi menemani Civic kini hilang digantikan instrument cluster yang lebih konvensional. TFT screen yang bisa ditemukan di versi Thai dan US terkena sunat sayangnya. Posisi duduknya menyenangkan, nyaris seperti 3 series kalau saya bilang. Pengaturan joknya sangat fleksibel, telescopic steeringnya juga rangenya jauh.
Di bagian tengah dashboard kita akan menemukan HU Android based yang cukup cepat dengan respon touchscreen yang oke. Comparable dengan HU Toyota kekinian lah meskipun yang ini saya rasa lebih cepat mikirnya. Dibawahnya ada control AC dengan climate control yang untungnya masih dibekali physical button tidak seperti pada HRV. Untuk anda yang gemar mengetok-ngetok interior mobil akan cukup dimanjakan dengan keberadaan soft touch di beberapa tempat strategis. Stirnya walaupun agak terlalu besar dan kurus for my liking dibungkus dengan leatherette yang baik kualitasnya seperti yang ada pada produk VW. Shifternya juga dibungkus meskipun perpindahannya masih menghasilkan suara ala cheap Honda.
Di bagian center console kita akan menemukan shifter yang dikelilingi blank buttons, tombol ECON dan electric parking brake. Blank buttons ini agak merusak pemandangan menurut saya. Terdapat juga armrest yang posisinya agak terlalu rendah sebenarnya dan juga berfungsi sebagai penutup console box yang anehnya bukan berupa box. Lebih berupa cubby hole.
Jika duduk di depan merupakan pengalaman yang menyenangkan maka di belakang less so. Legroom agak sempit bila kursi driver diset di posisi duduk saya dan terdapat tunnel besar di tengah yang seingat saya tidak ada di FD maupun FB. Gantinya, anda mendapatkan rear AC vent kali ini. Headroom meskipun nampak tidak meyakinkan ternyata masih sangat cukup lho.
Bagasi cukup besar namun sayangnya aksesnya kurang besar. Bila kurang, kursi belakang masih bisa dilipat.
Untuk toys, mobil ini lumayan. Ada auto windshield wiper dan auto headlight. HUnya lengkap fiturnya dengan GPS yang lumayan bagus. Safety featuresnya bagus, 6 airbags dan traction control ada di sini. Ada juga remote start yang bisa menyalakan mobil dari jauh, mungkin untuk memberikan AC head start di siang bolong. Honda sensing dan lanewatch belum dapat ditemukan disini sayangnya. Saya juga berharap adanya auto dimming mirror seperti pada VW Golf dan beberapa ambient lighting ada di sini.
Overall untuk produk Honda interiornya bagus, namun Golf masih berkualitas lebih baik. FD juga masih terasa lebih lega daripada FC ini.
DRIVING THE CIVIC
Dibekali L-series berkode L15B7, ia kini bernafas melalui DOHC head, mendapatkan asupan makanan melalui direct injection, dan di dopping oleh turbo. Outputnya lumayan, 174ps dan torsi 220Nm. Ia kini dipasangkan dengan sebuah CVT, sadly.
Engine started dan suara ala L-series terdengar sayup-sayup. Entah peredaman dan mountingnya yang berbeda atau L15B7 ini lebih refined tapi yang jelas suaranya terdengar lebih tenang daripada di Jazz misalnya. Masuk ke D dan keluar parkir saya mulai merasakan memang mobil ini besar ukurannya, meskipun saya mengapresiasi tonjolan di kap mesin yang membuat bagian depan lebih mudah diintip. Masuk main road, merging with traffic segalanya terasa smooth dengan aliran torsi yang lumayan besar. Seperti yang om HouseofDetailing bilang, Civic ini terasa seperti bermesin kapasitas besar and I agree with him. Penggunaan CVT sukses mengeliminasi lag yang mungkin terjadi di mesin turbo seperti ini. Untuk daily driving this car is lovely to drive, smooth dan powerful sehingga sangat mudah untuk keeping up with traffic. Secara drivability mobil ini lebih mudah daripada Golf. Untuk kali ini saya menyukai sebuah CVT untuk daily driving.
Puas bersantai-santai saya coba bersenang-senang dengan mobil ini. Pindah ke S dan full throttle terasa CVT menyesuaikan sebentar lalu Civic berakselerasi dengan cepat, smoothly. Ia tidaklah eksplosive seperti TSI+DSG. Jambakannya halus namun kecepatan naik dengan cepat. Saya mencoba manual mode-nya dan saya kurang menyukainya. Setelah berpindah dari 1 ke 2 saya merasa mesin di tone down sedikit (mungkin agar CVT tidak hancur berantakan?). Meskipun begitu selepas 2 performanya bagus dan surprisingly minim slip. Sayangnya untuk engine braking mendekati tikungan mode manual ini kurang bisa diandalkan. Downshift ke 2 transmisi malah seakan membiarkan mesin berputar dekat idle, weird. Untuk berakselerasi kencang it’s best to leave it alone at S, dan dengarkan suara boosted L15 bekerja. Ia cukup coarse di putaran atas ditambah suara “whooshh” yang sayup-sayup terdengar. Dibandingkan R18 ini jelas merupakan engine yang jauh lebih baik.
Untuk menghadapi tikungan ia masih mirip Civic yang kita kenal. Minim bodyroll dan lots of grip. Untuk steering saya lebih suka FD namun masih lebih baik dari FB. Meskipun stir mobil ini ringan namun masih memberikan confidence meskipun feedbacknya agak muted. Memasuki tikungan saya rasa remnya juga sama bagusnya dengan Civic FD dan FB, biasnya pas dan minim diving. Saat turn in ia masih terasa eager seperti Civic sebelum-sebelumnya meskipun saya rasa FD sedikit lebih sharp saat turn in. Namun saya rasa ia less nose-heavy dibandingkan FD sehingga more manageable dan less understeer-prone in the corner. Dan keluar tikungan tentu saja FC menang dari FD dengan mesin turbonya dimana FD dengan 5AT kepanjangan+NA enginenya harus agak berusaha. Sayangnya, CVT agak mempersulit throttle control di tikungan. Butuh pembiasaan.
Soal kenyamanan, ia sedikit lebih nyaman dari FB yang menurut saya lebih nyaman dari FD. Peredaman biasa saja, tidak jelek namun tidak luar biasa. It’s more softly sprung than FD yet it’s still capable at cornering. It feels like a bigger car than FD FB, and maybe because it is. Tapi, saya berharap mobil ini memiliki rigidity yang lebih baik.
Overall untuk daily ini merupakan mobil yang sangat menyenangkan, namun untuk spirited driving Golf Mk VII masih lebih baik trannynya.
CONCLUSION
Is this the best Civic ever? Untuk Civic yang pernah dijual di Indonesia saya bisa bilang iya. The engine is a massive improvement over R-series. It’s smooth to drive, enak untuk dipakai di situasi harian. CVTnya sangat cocok untuk harian meskipun untuk perfomance driving agak menghalangi potensinya. Handling masih sangat baik ala Civic meski untuk harga semahal ini saya berharap rigiditynya bisa lebih baik agar bisa menyamai Golf soal soilidity.
In short, mobil ini merupakan improvement dari segala sisi dibandingkan generasi sebelumnya. Sesuatu yang dilakukan FD tahun 2006 lalu setelah ES. Dengan harga 480 juta tentu saja cukup sulit memilih antara mobil ini atau Golf yang sebenarnya terasa lebih solid dibanding Civic. Bila dibandingkan sebuah F30 mobil ini mungkin belum bisa bicara terlalu banyak (mainly karena tranny dan rigidity), namun jika dibanding CLA saya rasa secara performa ia bisa mengimbangi.
Is it worth the price? Hmmm, murahin 25 juta lagi deh biar ga bingung pilih golf atau ini.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
- Location: surabaya
- Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red
Re: Another Review of Honda Civic Turbo
Perbandingannya brati sama golf tsi ya om? Gti sudah tembus 700jt kayanya...hehehe
Kalo saya sih...pilih golf, kalo emang ada uangnya..hehehe
Kebetulan saya ga suka ama desain civic ini...sudah lihat aslinya juga, interiornya juga kurang..ini pendapat pribadi ya...
Anyway, nice review om...
Kalo saya sih...pilih golf, kalo emang ada uangnya..hehehe
Kebetulan saya ga suka ama desain civic ini...sudah lihat aslinya juga, interiornya juga kurang..ini pendapat pribadi ya...
Anyway, nice review om...
Soul Red zoom zoom
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 548
- Joined: Sat Feb 01, 2014 15:04
Re: Another Review of Honda Civic Turbo
again, nice review om... dalem seminggu udah 2 review
untuk urusan interior dan fitur, ane suka... apalagi ada soft touchnya, jadi feel premium.
cuma ane agak menyayangkan cvtnya, kayak om bilang, naik speednya cepat tapi ga begitu menjambak, enak buat daily driving cuma untuk ane yang agak spirited driver mungkin sedikit kurang wah
btw ini mobil tesnya isi bbm apa om?
kalo golf tsi setau ane kan disaranin pake pertaplus... suka jambakannya cuma ada bayarannya
untuk urusan interior dan fitur, ane suka... apalagi ada soft touchnya, jadi feel premium.
cuma ane agak menyayangkan cvtnya, kayak om bilang, naik speednya cepat tapi ga begitu menjambak, enak buat daily driving cuma untuk ane yang agak spirited driver mungkin sedikit kurang wah
btw ini mobil tesnya isi bbm apa om?
kalo golf tsi setau ane kan disaranin pake pertaplus... suka jambakannya cuma ada bayarannya
2015 Honda HR-V E CVT
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 538
- Joined: Sun May 03, 2015 0:48
Re: Another Review of Honda Civic Turbo
Nice review om,
Sudah mulai diantar ya mobil ini sepertinya, semalam waktu sy makan gudeg tengah malam di jogja sudah ad yg pake warna hitam msh pake plat putih, cepet juga ya
Kalo lihat langsung sih entah kenapa kurang garang kalo warnanya hitam, silver atau putih menurut sy better
Sudah mulai diantar ya mobil ini sepertinya, semalam waktu sy makan gudeg tengah malam di jogja sudah ad yg pake warna hitam msh pake plat putih, cepet juga ya
Kalo lihat langsung sih entah kenapa kurang garang kalo warnanya hitam, silver atau putih menurut sy better
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 127
- Joined: Sat Apr 16, 2016 11:02
Re: Another Review of Honda Civic Turbo
Trims lagi utk waktunya bikin repiew mbl yg paling dinanti2 ini.
Prediksinya gmn tuh om buat para potential buyer yg ngincer pigur 174hp/220nm mesin turbonya? Bs bikin impressed mrk kah?
Di range ini ada golf tsi n focus 1.5 ecoboost,
Klo hati om lbh sreg kemana?
Anggap aja dl parts di focus ngga ada mslh & chance dpt big discount..
Prediksinya gmn tuh om buat para potential buyer yg ngincer pigur 174hp/220nm mesin turbonya? Bs bikin impressed mrk kah?
Di range ini ada golf tsi n focus 1.5 ecoboost,
Klo hati om lbh sreg kemana?
Anggap aja dl parts di focus ngga ada mslh & chance dpt big discount..
Driving purity.....
Is more engaging n entertaining to drive
Is more engaging n entertaining to drive
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 85
- Joined: Tue Jan 26, 2016 16:07
Re: Another Review of Honda Civic Turbo
480 jeti?.... Well-well
Jok belakangnya gimana om?... rebah apa tegak apa pas2 aja?...
Bukaan bagasinya rada ngeri, kalo bawa barang2 panjang gak hati2 bisa ke baret tuh kaca...
Jok belakangnya gimana om?... rebah apa tegak apa pas2 aja?...
Bukaan bagasinya rada ngeri, kalo bawa barang2 panjang gak hati2 bisa ke baret tuh kaca...
Boil berisik?.... Kencengin aja lagunya - My Honda Car's
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3412
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Another Review of Honda Civic Turbo
Barusan liat di showroom pas claim mbl ane ke bengkel. Liat sekilas si.....
Langsung pgn tuker tambah...
Sayang harganya rada sadis dan mbl ane baru 2 thn jg. nunggu jandanya aja lah 2 thn lg. Moga2 dpt yg terawat
Langsung pgn tuker tambah...
Sayang harganya rada sadis dan mbl ane baru 2 thn jg. nunggu jandanya aja lah 2 thn lg. Moga2 dpt yg terawat
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 854
- Joined: Tue May 19, 2015 4:08
Re: Another Review of Honda Civic Turbo
Iya sama TSI om kalau sama GTI mah ya no contest hahaha. Yes memang Civic mau dibilang kayak eropa pun tetep aja masih kerasa jepangannya. Tapi karena di Bandung banyak tempat nongkrong yang harus merayap2 macet di tanjakan saya jd masih agak ragu dengan DSG.nyotnyet wrote:Perbandingannya brati sama golf tsi ya om? Gti sudah tembus 700jt kayanya...hehehe
Kalo saya sih...pilih golf, kalo emang ada uangnya..hehehe
Kebetulan saya ga suka ama desain civic ini...sudah lihat aslinya juga, interiornya juga kurang..ini pendapat pribadi ya...
Anyway, nice review om...
Terima kasih om nyotnyet
Terima kasih om stevenstevenanthony wrote:again, nice review om... dalem seminggu udah 2 review
untuk urusan interior dan fitur, ane suka... apalagi ada soft touchnya, jadi feel premium.
cuma ane agak menyayangkan cvtnya, kayak om bilang, naik speednya cepat tapi ga begitu menjambak, enak buat daily driving cuma untuk ane yang agak spirited driver mungkin sedikit kurang wah
btw ini mobil tesnya isi bbm apa om?
kalo golf tsi setau ane kan disaranin pake pertaplus... suka jambakannya cuma ada bayarannya
Mungkin memang pointnya pakai CVT biar ga terlalu jambak nampaknya om. Segalanya jd kerasa lebih linear dan lebih mudah buat pemakaian di kota padat. Cuma ya konsekuensinya fun berkurang hehe.
Kata salesnya sih Pertamax om. Tapi, golf temen saya jg isi pertamax biasa aja hahaha.
Terima kasih om keong. Iya sudah mulai delivery om. Di bandung juga saya udah liat 2 kali. Kalau hitam saya belum lihat kebtulan karena kata salesnya emang jatah hitam sedikit.keong wrote:Nice review om,
Sudah mulai diantar ya mobil ini sepertinya, semalam waktu sy makan gudeg tengah malam di jogja sudah ad yg pake warna hitam msh pake plat putih, cepet juga ya
Kalo lihat langsung sih entah kenapa kurang garang kalo warnanya hitam, silver atau putih menurut sy better
Bikin impressed pengguna Civic lama seperti saya sih bisa banget om. Tapi bagi pengguna Golf belum tentu hahaha. Still, mobil ini kencang kok.shifter wrote:Trims lagi utk waktunya bikin repiew mbl yg paling dinanti2 ini.
Prediksinya gmn tuh om buat para potential buyer yg ngincer pigur 174hp/220nm mesin turbonya? Bs bikin impressed mrk kah?
Di range ini ada golf tsi n focus 1.5 ecoboost,
Klo hati om lbh sreg kemana?
Anggap aja dl parts di focus ngga ada mslh & chance dpt big discount..
Focus jujur saya belum bisa komen karena belum pernah coba. Hmm tough choice, tapi kalau misalnya Golf dapet diskon yang lumayan to the point harganya sama nampaknya Golf deh yg saya ambil.
Pas2 saja om. Mirip Civic FD saya dirumah posisi duduknya, dan kalau saya lumayan suka duduk di belakang FDprayuda4846 wrote:480 jeti?.... Well-well
Jok belakangnya gimana om?... rebah apa tegak apa pas2 aja?...
Bukaan bagasinya rada ngeri, kalo bawa barang2 panjang gak hati2 bisa ke baret tuh kaca...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5700
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Another Review of Honda Civic Turbo
Mantap ripiunya om. Hehe.
Jadi FD nya diganti ini?
Jelek banget sih exhaust tip nya, bener2 fake.
Baru sadar kalo dari samping siluetnya mirip 86 atau BRZ, velgnya mirip juga.
Jadi FD nya diganti ini?
Jelek banget sih exhaust tip nya, bener2 fake.
Baru sadar kalo dari samping siluetnya mirip 86 atau BRZ, velgnya mirip juga.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1344
- Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
- Location: Jakarta
Re: Another Review of Honda Civic Turbo
Tadi saya lihat satu warna hitam di depan BGM PIK, keren juga dilihat lansung...
Terutama bagian belakang nya.
Terutama bagian belakang nya.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 255
- Joined: Mon Nov 21, 2011 1:20
Re: Another Review of Honda Civic Turbo
nice review om. jadi penasaran pengen test drive ini mobil.
setuju exhaust tipnya aneh banget, terutama kalo liat samping bawah seperti di foto. padahal kalo dibikin nongol di bumper belakang, misalnya kyk cx5 jadi beneran cakep...
setuju exhaust tipnya aneh banget, terutama kalo liat samping bawah seperti di foto. padahal kalo dibikin nongol di bumper belakang, misalnya kyk cx5 jadi beneran cakep...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 548
- Joined: Sat Feb 01, 2014 15:04
Re: Another Review of Honda Civic Turbo
iya... tapi ane di jakarta juga banyak macetnyaegibaio wrote:Terima kasih om stevenstevenanthony wrote:again, nice review om... dalem seminggu udah 2 review
untuk urusan interior dan fitur, ane suka... apalagi ada soft touchnya, jadi feel premium.
cuma ane agak menyayangkan cvtnya, kayak om bilang, naik speednya cepat tapi ga begitu menjambak, enak buat daily driving cuma untuk ane yang agak spirited driver mungkin sedikit kurang wah
btw ini mobil tesnya isi bbm apa om?
kalo golf tsi setau ane kan disaranin pake pertaplus... suka jambakannya cuma ada bayarannya
Mungkin memang pointnya pakai CVT biar ga terlalu jambak nampaknya om. Segalanya jd kerasa lebih linear dan lebih mudah buat pemakaian di kota padat. Cuma ya konsekuensinya fun berkurang hehe.
Kata salesnya sih Pertamax om. Tapi, golf temen saya jg isi pertamax biasa aja hahaha.
oh kl bisa pertamax (civic and golf) ane jadi kepingin... #pelit
2015 Honda HR-V E CVT
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1050
- Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
- Location: BSD (Bogor Sana Dikit)
- Daily Vehicle: Civic FD2
Re: Another Review of Honda Civic Turbo
aih sial dah hpm di luar jakarta dah ada tp di tangerang blm satupun unit TD ada.... anyway nice review om
2009 Honda Civic FD2
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1091
- Joined: Mon Dec 28, 2015 18:55
- Location: JakartaBarat
Re: Another Review of Honda Civic Turbo
Lega kabin baris kedua kalo dibanding vw golf beda jauh gk ya?
PM for any interest in JDM / ASEAN car parts & accs
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1550
- Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
- Location: Riau
Re: Another Review of Honda Civic Turbo
Review kedua civic
Itu dual exhaustnya
Warna exterior untuk civic ini selain putih ama hitam ada
warna apa aja om ?
Itu dual exhaustnya
Warna exterior untuk civic ini selain putih ama hitam ada
warna apa aja om ?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1109
- Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30
Re: Another Review of Honda Civic Turbo
Very nice review.... good job
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 99
- Joined: Wed Dec 19, 2012 5:11
Re: Another Review of Honda Civic Turbo
nice review.... kalo dibandingin sama golf atau focus, bakal ngambil honda cuma karena reliability dan ASS-nya...
-
- SM Specialist
- Posts: 15567
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Another Review of Honda Civic Turbo
Golf MK.VII bukannya sudah tembus 500 juta?
Nice review om... Basically Civic Turbo ini gak punya rival sekarang... Size-wise lawan Corolla, tapi secara spek, teknologi, dan desain dibanding FC1 Corolla terlihat sangat jadul dan kayak mobil ketinggalan 2 generasi...
Engine-wise... Focus 1.5T dan Golf MK.VII 1.4 TSI... Tapi kedua merek ini juga kalah di merek... Ford yang ATPMnya labil luar biasa... VW yang bertahan hidup aja sulit...
CVT di mobil berturbo justru enak loh... karena gak pake ngoper-ngoper... bisa selalu stay di powerband... Jadi gak perlu terlalu nyentak-nyentak kayak matic biasa... juga gak bakal suffer di turbo lag waktu lagi cruise karena tinggal panteng gas gak akan naik turun gigi
So Civic bakal jadi pilihan yang paling sensibel...dari sisi teknologi, feature, dan tech gak kalah dari merek Eropa.... dari sisi merek juga sudah mendukung... Kapan lagi punya mobil canggih dibawah 500juta dengan merek yang "umum"?
Biasanya mobil bagus aftersales nya ampas... mobil jelek malah aftersalesnya bagus
Belom lagi modelnya mirip Audi A7 Sportback ... Jadi kayak punya A7 versi paket hemat
Wkwkwk saya mau coba FC1 ini gak dapat dapat...
Nice review om... Basically Civic Turbo ini gak punya rival sekarang... Size-wise lawan Corolla, tapi secara spek, teknologi, dan desain dibanding FC1 Corolla terlihat sangat jadul dan kayak mobil ketinggalan 2 generasi...
Engine-wise... Focus 1.5T dan Golf MK.VII 1.4 TSI... Tapi kedua merek ini juga kalah di merek... Ford yang ATPMnya labil luar biasa... VW yang bertahan hidup aja sulit...
CVT di mobil berturbo justru enak loh... karena gak pake ngoper-ngoper... bisa selalu stay di powerband... Jadi gak perlu terlalu nyentak-nyentak kayak matic biasa... juga gak bakal suffer di turbo lag waktu lagi cruise karena tinggal panteng gas gak akan naik turun gigi
So Civic bakal jadi pilihan yang paling sensibel...dari sisi teknologi, feature, dan tech gak kalah dari merek Eropa.... dari sisi merek juga sudah mendukung... Kapan lagi punya mobil canggih dibawah 500juta dengan merek yang "umum"?
Biasanya mobil bagus aftersales nya ampas... mobil jelek malah aftersalesnya bagus
Belom lagi modelnya mirip Audi A7 Sportback ... Jadi kayak punya A7 versi paket hemat
Wkwkwk saya mau coba FC1 ini gak dapat dapat...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 323
- Joined: Sat Mar 15, 2014 19:21
Re: Another Review of Honda Civic Turbo
Mantap mang egi review terus nih.... Itu di honda cicadas bukan yah wkwkw
Asli ini civic bakal long last kaya civic fd kalo menurut saya...
Huge improvement banget... Model keren, mesin keren... Ahh mantap lah...
Asli ini civic bakal long last kaya civic fd kalo menurut saya...
Huge improvement banget... Model keren, mesin keren... Ahh mantap lah...
2018 Mazda CX3 Touring 2.0
2014 KIA Sportage LX 2.0
2008 Honda Civic FD1 1.8
1961 Volkswagen Beetle
2014 KIA Sportage LX 2.0
2008 Honda Civic FD1 1.8
1961 Volkswagen Beetle
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 186
- Joined: Wed Dec 11, 2013 11:35
Re: Another Review of Honda Civic Turbo
Just wondering...SS A/T kalo dipasangin turbo gimana ya chriss...sama-sama cvt nya
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 135
- Joined: Thu Mar 14, 2013 3:56
- Location: Lereng Merapi, Sleman, Jogja
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 71
- Joined: Sun May 29, 2016 16:29
Re: Another Review of Honda Civic Turbo
Harganya masih oke lah.. secara innova aja uda 400jt.
Perkiraan saya ini hrganya bakalan merangkak naik trus smpe 550 keatas dlam waktu singkat.
Perkiraan saya ini hrganya bakalan merangkak naik trus smpe 550 keatas dlam waktu singkat.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1109
- Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30
Re: Another Review of Honda Civic Turbo
Utk all new civic fc kebutuhan bbm minimal ron berapa? Amankah minum premium / pertalite? Atau harus pertamax / bahkan pertamax plus?
Nice review btw, agree looks wise jauh beda sama fb yg terkesan spt facelift doank.
Nice review btw, agree looks wise jauh beda sama fb yg terkesan spt facelift doank.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 561
- Joined: Sat May 11, 2013 12:01
Re: Another Review of Honda Civic Turbo
Nice review om Egi,kalau di Medan sudah saya beliin Starbucks hehehe.
Fun factornya beda yah,dia bukanlah mobil yang harus di peras ke limit dan edgy.Buat saya ini mobil memberi rasa baru dalam hal fun factor pada sebuah daily car.Saat TD saya sempat melibas barisan traffic yang terdiri dari 1 truk kecil,1 elsapek box,dan 1 Innova.Ketiganya dapat saya cut hanya dengan rev up sesaat dari 2000rpm ke 4000rpm,dan cluster tetap stay green eco pada saat itu.Nah...berapa banyak mobil dengan displacement sekecil dia,dan dengan CVT pula...bisa memberikan hal seperti itu?
Rigidity saya rasa juga cukup untuk mobil dengan bobot seperti dia.Saat saya menghajar sambungan jembatan,horizontal movement pada body nya sangat minim.Terutama jika di bandingkan FD saya merasa FC1 sukses mengurangi horizontal body movement tersebut hingga 80%.
Nah vs harga pewee...kalau di daerah pewee pasti menang soal harga.Lah konsumen di sini saja bisa press dealer minta diskon 20-60jt
Fun factornya beda yah,dia bukanlah mobil yang harus di peras ke limit dan edgy.Buat saya ini mobil memberi rasa baru dalam hal fun factor pada sebuah daily car.Saat TD saya sempat melibas barisan traffic yang terdiri dari 1 truk kecil,1 elsapek box,dan 1 Innova.Ketiganya dapat saya cut hanya dengan rev up sesaat dari 2000rpm ke 4000rpm,dan cluster tetap stay green eco pada saat itu.Nah...berapa banyak mobil dengan displacement sekecil dia,dan dengan CVT pula...bisa memberikan hal seperti itu?
Rigidity saya rasa juga cukup untuk mobil dengan bobot seperti dia.Saat saya menghajar sambungan jembatan,horizontal movement pada body nya sangat minim.Terutama jika di bandingkan FD saya merasa FC1 sukses mengurangi horizontal body movement tersebut hingga 80%.
Nah vs harga pewee...kalau di daerah pewee pasti menang soal harga.Lah konsumen di sini saja bisa press dealer minta diskon 20-60jt
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 781
- Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47
Re: Another Review of Honda Civic Turbo
setuju... cvt berturbo weeenaaakkkkk....
smooth , powah deliverynya bagus.....
ane justru suka cvt drpd at konven.
buang jauh2 pandangan cvt buruk.
cvt plus turbo memberi rasa fun baru utk daily driving anr setuju...
karena rpmnya rendah, tidak menderu2 , lebih nyantai dan gak capek utk perjalanan panjang....
gas di sentil dikit aja , mobil udah melaju , dan makin lama makin cepat , walau eco indicator tetap green.
smooth , powah deliverynya bagus.....
ane justru suka cvt drpd at konven.
buang jauh2 pandangan cvt buruk.
cvt plus turbo memberi rasa fun baru utk daily driving anr setuju...
karena rpmnya rendah, tidak menderu2 , lebih nyantai dan gak capek utk perjalanan panjang....
gas di sentil dikit aja , mobil udah melaju , dan makin lama makin cepat , walau eco indicator tetap green.
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black