[Review] Chevrolet Captiva VCDi AllWheelDrive 2015

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 759
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: RE: Re: [Review] Chevrolet Captiva VCDi AllWheelDrive 2015

Post by silentIm2 »

billyd1773dz wrote:Halo semua.. sory baru di update hehehe :D

Saat oktober ini bearti sudah 10 bulan dari captiva ini ada di garasi saya. Dan sudah sampai service 30rb.

Damage report
0. Bebas jedug, turbo putu dan bebas gas nyangkut :mky_03:
1. Oil level warning light yang uda nyala dari km 1700….. kadang-kadang masi nyala …. Sebenernya no big deal, mbl jln normal dan karna wira wiri terus jd males2an klw harus checkup di beres. Terakhir sudah kontak ke GMI via email, sofar sudah di follow up, tinggal nunggu part (again), karna slow moving dan jarang yg kena jadi lama nunggunya. Yang penting oil pressure level dan flow aman, dan memang indikatorny yg error.
2. Compressor AC, penyakit smua chevy jebolan kroya… sempet kurang dingin kemudian sekalian service saya tanya ke SA, dan oleh SAnya langsung diganti baru sampai sekarang alhamdulilah dingin.
3. Fuel pump bunyi, penyakit captiva juga meski ada yang bilang setelah FL2 fuelpumpnya di ganti dan jarang keluar bunyi, nyatanya.... bunyi juga… haha.. meski hanya kedenger saat tengah malam sunyi dan diluar mbl. Dan klw saya tidak di kasih tau oleh komunitas mungkin tidak sadar, karna beberapa mbl saya yg lain ada yg bunyi seperti ini jg rotaxnya. Di dalam mbl tdk ada suara sama sekali. Oyah, fuelpump elektrik/rotak umumnya ada di mbl bensin, di diesel seperti toyota innova malah ga ada dan biasanya ditambah blkngan setelah upgrade perfroma. Dan… dia mulai bunyi setelah pke piggyback. Bisa jadi karna di push piggy untuk nyuplai fuel. Unit ready stock langsung di ganti baru.
Punyanya om Bil filter solarnya masih sama dengan FL1? enak dong sudah ada kw Sakuranya om.

Sent from my ASUS_Z00UD using Seraya Motor mobile app
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
User avatar
B064RT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: Fri Nov 06, 2015 1:53
Location: Bandung
Daily Vehicle: Escape

Re: [Review] Chevrolet Captiva VCDi AllWheelDrive 2015

Post by B064RT »

Ooom.... foto nya kuece.....

Sent from my GT-N5100 using Seraya Motor mobile app
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: RE: Re: [Review] Chevrolet Captiva VCDi AllWheelDrive 2015

Post by billyd1773dz »

silentIm2 wrote:
billyd1773dz wrote:Halo semua.. sory baru di update hehehe :D

Saat oktober ini bearti sudah 10 bulan dari captiva ini ada di garasi saya. Dan sudah sampai service 30rb.

Damage report
0. Bebas jedug, turbo putu dan bebas gas nyangkut :mky_03:
1. Oil level warning light yang uda nyala dari km 1700….. kadang-kadang masi nyala …. Sebenernya no big deal, mbl jln normal dan karna wira wiri terus jd males2an klw harus checkup di beres. Terakhir sudah kontak ke GMI via email, sofar sudah di follow up, tinggal nunggu part (again), karna slow moving dan jarang yg kena jadi lama nunggunya. Yang penting oil pressure level dan flow aman, dan memang indikatorny yg error.
2. Compressor AC, penyakit smua chevy jebolan kroya… sempet kurang dingin kemudian sekalian service saya tanya ke SA, dan oleh SAnya langsung diganti baru sampai sekarang alhamdulilah dingin.
3. Fuel pump bunyi, penyakit captiva juga meski ada yang bilang setelah FL2 fuelpumpnya di ganti dan jarang keluar bunyi, nyatanya.... bunyi juga… haha.. meski hanya kedenger saat tengah malam sunyi dan diluar mbl. Dan klw saya tidak di kasih tau oleh komunitas mungkin tidak sadar, karna beberapa mbl saya yg lain ada yg bunyi seperti ini jg rotaxnya. Di dalam mbl tdk ada suara sama sekali. Oyah, fuelpump elektrik/rotak umumnya ada di mbl bensin, di diesel seperti toyota innova malah ga ada dan biasanya ditambah blkngan setelah upgrade perfroma. Dan… dia mulai bunyi setelah pke piggyback. Bisa jadi karna di push piggy untuk nyuplai fuel. Unit ready stock langsung di ganti baru.
Punyanya om Bil filter solarnya masih sama dengan FL1? enak dong sudah ada kw Sakuranya om.

Sent from my ASUS_Z00UD using Seraya Motor mobile app
katanya sih berbeda....... yg saya mirip dgn milik colorado.
geena43 wrote:Ooom.... foto nya kuece.....

Sent from my GT-N5100 using Seraya Motor mobile app
thx yu om :D
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: [Review] Chevrolet Captiva VCDi AllWheelDrive 2015

Post by billyd1773dz »

ga kerasa sudah service 40.000 lagi hahaha :D dan sudah genap 1 tahun of owner ship

Image

update------------------------------------
service cost 680rb
Oli Q8 dexos2 5.5ltr + filter oli 950rb
---------------------------------------------

km 36rban sya ganti aki.. karna mau jalan jauh takut tiba2 ngedrop, karna di test sudah di level warning. harganya 1.8jt

dah itu aja...

problem oil level warning light uda sembuh... akhirnya.... setelah ngadu ke GMI. sebelumnya SA di sana kekeuh ini switch oil pressure. padahal gw uda bilang ini oil level yg masalah... di ganti ya gtu lagi... gw aduin GMI ga lama sa nya nelpon dan di ganti switch yg benar.. langsung hilang tu warning light.

car condition and ownership experince 40.000
- kaki-kaki dan steer masi sehat... sekalipun sering lewat jalan ancur, blm ada bunyi2an bocor dll..
- mesin ga ada perubahan... kenceng dan halus... tapi.. fc below my expectation.. saat perjalanan bandung sampai ujung selatan bali uluwatu, pp 3500km berkisar di 9kml-10kml sampai 11kml hanya saat di cipali dan pantura hingga semarang. yet.. saat itu oli sudah 9000km blm di ganti dan sampai bandung sudah 13000 dari terakhir ganti oli dan ada kemungkinan dari piggy yg bikin lebih boros. yang pasti no putu
- transmisi no jedug smoothh as ever.
- kabin.. mulai ada yg kreyet2.. terutama sekitar head unit yg memang framenya bawaan head unit china bukan yg asli.. terutama klw di tekan. tp ga sampai bunyi klw lewat jalan jelek. sumber bunyi biasanya dari barang bawaan........
- after sales service experience? dealer cepi di bandung tinggal 1. dan kondisinya overload.. untuk serpis berkala aja harus book seminggu sebelumnya. pelayanan yaa baik, so-so nothing to complain.... selain lama karna overload..
- MID sangat tidak akurat jauh simpanganya

car pros n cons after 1 year/40rbkm update compared to first review
Pros
+Quiet engine
still the same
+Spacious 1st and 2nd row cabin
yess after testing mux, anps n anf, its still is
+Solid and Quite Suspension forfiss
still is, yet still inferior compared to ranger and some ladderframe on super rough road
+Good Sound Insulation
still is
+Good Safety
still is
+Good Handling
meh after testing newer 7seat diesel ladder.. it still is by far
+PowerFull engine
low to mid sadis.. 3500-4500 biasa.. meski tidak ampas seperti lenjer dan GD
+Torqueeeee
ehmm 400nm
+Smoth shifting 6AT Gearbox
want to point out something..
so the girbok is.. sangaatt haluss... lemot ya..seakan hati-hati untuk nyalurin torque.. wkwkwk :D hati-hati ntah karna takut membangunkan nyonya yg terlelap di 2nd row atau.. strategi girbokny untuk handle torque lebih besar (baca:biar ga rusak). jika di kick down.. dia tidak langsung downshift, dia biarin torque converter release lockupclutch biar kan rev naik.. dan.. memang begini saja sudah terasa narik. jika di teken lebih dalam baru dia downshift dan mbl benar2 melesat. jika ada istilah rubber band.. maka girbok ini adalah contoh nyata rubberband nya sangat terasa. nope istilah rubber band bukan berawal dri cvt. tapi dari girbok at konvensional seperti ini. bukan hal buruk juga, karna saat dia slip.. torque meningkat pesat. dan saat lockup di rpm sudah tinggi.. seperti karet yang di lepas ia akan meluncur. yet seperti cvt ini memutuskan direct feeling antara putaran mesin ke roda. untungnya masih ada lockup clutch yg berperan menyambungkan mesin ke roda dan memberi direct feel.....well asal ga di kickdown di rpm terlalu rendah dia akan tetep lockup. dann ternyata masih ada 2 suv diesel 7seat modern yg girbokny lebih jarang/tdk lockup....

uniknya seperti yg sudah di tulis di review utama.. di mode eco, dia lockup jauh lebih lama hingga rpm lebih rendah.. dan gw malah suka karakter transmisi di mode eco.. sayang di mode ini juga throttle response dan output mesin rasanya di korting. untung dgn piggy kini tenaga tdk berasa kurang di mode eco hehe (except fc yg berkurang karna d eco jd tetap bisa kenchang)

so its pros or cost?
depend,
if u love smooth shifting, feel relax and yet (still) fast then its pros
if u love direct feel, quick shifting and feel sportier gearbox its a cons.

girbox ranger wildtrak itu exact opposite dri captiva.. dan itu definisi "fun" bagi saya yg missing di captiva. meski captiva still done better job on most task than the ranger except real offroad and real weightlifting.

+Cleaver AWD for onroad handling
love it so much.. ga takut bad weather or mud spill or flood any unexpected incident.
+Sufficient offroad performance
well.. bwat lucu2an its sufficient.. hard stuff... close ur eyes and go to insurance afterward... :ngacir:

offroad? ermm jarang sebenernya. beberapkali kepantai, ke jalan super ancur bebantuan n loose surface, pantai lagi, bromo, tanah licin.. g ada yg terlalu berat. dan awdnya blm pernah bikin tdk bisa pulang. dia ondemand awd, tp repsonsenya tdk pernah telat sblm yg dpn spin, yg blkng sudah ngebantu.

pernah suatu waktu di daerah ijen ngikutin hiace ada belokan patan di beton yg sudah berlumut... dia ngosot2 gagal naik, bgtu captiva lewat malah di sengaja berhenti di spot itu tdk spin sama sekali.

HDC sangat berguna.. jika turunan licin ancur dan panjang, jika engine brake ga cukup pelan, dan pedal rem ga nyaman di teken terus. dia nahan di speed 10kmh.

kontrol traksi berkali2 di coba dia hanya power cut.. tdk ada brake LSD. so stay away from diagonal cross axle

- good long tourer,with relax driving style
errmm relax long tourer.. yet powerfull for effortless overtaking, climbing or speeding...

Cons
-No GPS, Head unit with Display
yep its suck, yet the my'16 has new mylink head unit
-Suspension is too stiff
after 40.000? its become softer.. kini terasa lebih pas ada ayunan kenyal sedikit,meski tetep stiff tidak seperti perahu, tidak melelahkan. terutama setelah rear swaybar di lepas di jalan ancur jd jauh lebih enak, body roll still aceptable. still front swaybar sya rasa terlalu tebal untuk yg sering di jalan ancur. namun untuk smooth road.. its perfect.
soal self leveling suspension. sya sudah pernah coba membawa 10 orng ermm 25-27thn so its count as adult. bandung jakarta pp.. iya yg d 3rd row tersiksa. :D
tp intinya self leveling does work.. mbl tidak nungging, karakter suspensi justru terasa jadi lebih stiff, lewat lubang atau poldur dia tdk banyak berubah, tidak mentok ke stoper, juga tidak bertambah ngayun. handling juga tdk berubah. impressive.

-Expensive Sparepart
YEP
-Gearbox relase lock up clutch too early..
yap sudah di bahas di atas
-No Paddleshift
oh god why..
-Relative Wide Turning Radius
setelah di pikir2 versi FL yg ini butuh 5.75m dan untuk kelas 7 seater, radius putarnya hanya kalah oleh anps. so not bad.. tp jika dibanding suv crossover lain yg lebih kecil ini jelas buruk
- big steering? am i havent mention this?
relative to ranger, captiva steering is bigger.. mirip2 dgn old pajero..
actually steer gede enak untuk nyupir santai tangan bisa lebih relax dan stir cendrung lebih ringan. tp ya in the name of sporty feel.. its a cons for me.. untung steering ratio da lock to locknya cukup baik

- fuel cons below expectation
uda di bahas di atas
- small fuel tank
ehmm 65ltr bwat long tourer is considered small ngarep tank 80ltr kya anf or eprest,
- poor approach angle
offroad aga berat dgn kontur lebih variatif, bagian moncong mbl mudah membentur tanah. memang desainya bukan untuk offroad (aga) berat, jadi ya begtulah... dan mengganti bemper dgn yg approach angle lebih baik juga bukan option. (ya kale pke bullbar). so just close ur eye and go to insurance afterward..
well soal offroad banyak cons yg bisa di tulis tp ya karna memang bukan trahnya lets keep it light.

- well overall.. ngarep ia lebih "sporty" tampa ngilangin the "relax feelny" ..
just a subjective view.. both side are good. :D

-brand n after sales service
-brand n after sales service
-brand n after sales service

new to notice
-head restnya sangat gw suka, selain bisa naik turun dia bisa maju mundur... very good bwat long tourer..
-driving position, posisi consol tengah untuk handrest kiri, pegangan pintu untuk handrest kanan yes semua di lapis leather empuk, lalu tombol cruise control ada di arah jam 5 lingkar kemudi.. cocookk bwat lazy driving satu tangan kanan sambil ngorong dgn tangan kiri..
- yah hmm forget sporty driving.. this car good for zen relax driving lol...
-deck pelindung kolong mesin hanya dari karet/kain sintetis, mudah lepas jika lightoprut dan offer zero protection from impact. beberap rivalnya yg 4x4 sudah pakai pelindung metal seperti duster dan semua ladderframe
- tidak ada tow hook di blkng
- baris 2 dan 3 di tilap.. bisa jadi tempat tidur.... untuk.. sendirian.. jika anda segede frd.. ber2 jika.. ingin kelonan mesra... oh ya mw disisi manapun kepala anda berbaring, ada lighter poweroutlet untuk ngecharge hp
- gigi 1 terasa low untuk nanjak berat di oprut blm pernah masalah sekalipun g punya lowgir.. tp gigi mundur..... rasanya dia lebih mirip gigi 2 maju... karna terasa berat untuk gerak mundur terutama klw miring.
- untuk mencapai 100kmh.. dia harus berada di gigi 4... ini sama dgn anps dgn 8speed transmisi. bedanya gigi 5 dan 6 berjauhan, sedangkan anps masih ada 4 gigi untuk nutupin.
- PCD velg bukan 5x114.3 yang umum.. tapi 5x115.. beda dikit.. dan masih bisa pke yg 114.3 yg umum meski seret
- heater dualzone ada di depan, dia bisa yg kanan ac panas yg kirin dingin... tapi untuk rear air vent di baris 3 hanya keluar udara dingin tidak bisa panas.
- di bawah jok 1st row ada ventilasi untuk 2nd row. pastikan jika masang karpet ini jgn sampai tertutup.
- Rem tangan elektrik, dapat di rilis tampa menarik tombol lagi.. cukup pindah girbok di D. kemudian tekan gas perlahan, handbrake akan rilis otomatis. tapi... akan kerasa kasar.. untuk itu perlu edukasi... mudah saja tekan rem dgn kaki kiri halus pastikan mbl tetap diam, sambil kaki kanan tekan gas.. nanti handbrake akan release sblm mbl gerak semua jd smooth.

ehhmm blm sempet sorting foto2.. jd.. video yg di bromo dulu aja



:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
JimnyLwb
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Fri Oct 28, 2016 12:54

Re: [Review] Chevrolet Captiva VCDi AllWheelDrive 2015

Post by JimnyLwb »

Review yg mantab ditambah foto foto yang bagus
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: [Review] Chevrolet Captiva VCDi AllWheelDrive 2015

Post by jivos »

Duh lengkap banget om ownership reportnya, dah spt critaiin tabiat anak sendiri, kenal betul. :frm_tumbright:
Enak d bc nya.

pingin tau ni om,.....stlh nyoba n kenal bbrp modern suv (both monokok n ladder)...di market yg ada skrg ....mana yah yg sptnya paling ok kemampuannya sbg real SUV car? (on road n offroad capability)
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: [Review] Chevrolet Captiva VCDi AllWheelDrive 2015

Post by billyd1773dz »

jivos wrote: Thu Jan 19, 2017 17:55 Duh lengkap banget om ownership reportnya, dah spt critaiin tabiat anak sendiri, kenal betul. :frm_tumbright:
Enak d bc nya.

pingin tau ni om,.....stlh nyoba n kenal bbrp modern suv (both monokok n ladder)...di market yg ada skrg ....mana yah yg sptnya paling ok kemampuannya sbg real SUV car? (on road n offroad capability)
hehe...... like a gifted spoiled child..... :mky_01: thx yu om......



waduh.. budgetny? :mky_01:



:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: [Review] Chevrolet Captiva VCDi AllWheelDrive 2015

Post by jivos »

Klo 650 gitu...ato di longgarin biar eprest d ksh Ksempatan ikut tarung ...he he he (kmahaln kyk na yg ini...klo shrg mber ngga usah deh om)
Nambahin...cari titik worthied nya om...klo ada SUV yg lbh murah tapi DNA bawaannya bs beat kelas diatasnya knp ngga. 5/7 seat no problem.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
Andhyka
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 375
Joined: Mon Nov 19, 2012 9:42

Re: [Review] Chevrolet Captiva VCDi AllWheelDrive 2015

Post by Andhyka »

Ini mobil Captiva memang top segi tenaga, kenyaman, dan handling. Terasa mumpuni dalam segala hal dan medan.

Ada 2 mobil di garasi Innova Q dan Captiva. Dipegang 2 sopir nyetirnya gantian. Dua-duanya suka banget dan puji2 Captiva kalo bisa nyetir Captiva terus2-an. Suruh pakai Innova Q ngeluh gak enak, transmisi kasar, jedug, belok oleng, bodyroll besar.

*no offense yg punya Innova, saya juga punya kok
Current
13' FB20B | 13' VQ37VHR | 19' 3ZR-FAE

Past
97' D13B | 00' B20Z2 | 09' L15A | 11' R18A1 | 12' QR25DE
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: [Review] Chevrolet Captiva VCDi AllWheelDrive 2015

Post by billyd1773dz »

jivos wrote: Thu Jan 19, 2017 18:15 Klo 650 gitu...ato di longgarin biar eprest d ksh Ksempatan ikut tarung ...he he he (kmahaln kyk na yg ini...klo shrg mber ngga usah deh om)
Nambahin...cari titik worthied nya om...klo ada SUV yg lbh murah tapi DNA bawaannya bs beat kelas diatasnya knp ngga. 5/7 seat no problem.
hadoohh apa yah.. hahaha :D klw pertanyaan open seperti ini sya pasti jawab secara subjektif pribadi. dan gw juga pasti galau klw di suruh 1 karna ga ada yg bener2 perfect dan saya rasa apm jg ga berniat ngeluarin mbl yang perfect hehe semua relatif tergantung mw mentingin point apa dan ngorbanin apa
Andhyka wrote: Fri Jan 20, 2017 1:12 Ini mobil Captiva memang top segi tenaga, kenyaman, dan handling. Terasa mumpuni dalam segala hal dan medan.

Ada 2 mobil di garasi Innova Q dan Captiva. Dipegang 2 sopir nyetirnya gantian. Dua-duanya suka banget dan puji2 Captiva kalo bisa nyetir Captiva terus2-an. Suruh pakai Innova Q ngeluh gak enak, transmisi kasar, jedug, belok oleng, bodyroll besar.

*no offense yg punya Innova, saya juga punya kok
ya idem g salah sya bearti ya om.. :D
:mky_01: :mky_01: :mky_01: :mky_01:



hehehe seengaknya anki merk T dan 3rd rowny lebih lega yah.. :D dan jangka panjang tentuny

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [Review] Chevrolet Captiva VCDi AllWheelDrive 2015

Post by ChZ »

Karakter girboknya kok ane nangkepnya mirip 5AT nya Ahon... But with much more slippage (mungkin krn torque 400Nm vs ahon rata-rata 200Nm-an, beda 2x lipat).

Dari posisi gear 5 (overdrive) di kick 1/2 dia masih ngelepas TC Lockup (rev naik, speed konstan)... begitu injek dalem baru dia pindah...

Bener ga yah... CMIIW
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
gobale
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 599
Joined: Thu Sep 25, 2008 1:20

Re: [Review] Chevrolet Captiva VCDi AllWheelDrive 2015

Post by gobale »

7 seater roady dipake uprud......awas ntar udah 2 tahun kaki2 ndak di warranty lagih...beware of shock belakang.... :p
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: [Review] Chevrolet Captiva VCDi AllWheelDrive 2015

Post by billyd1773dz »

---------- update index update upto 40.000km page 1--------------------------


*enaknya jd momod bisa update page*

just finished another 1500km roadtrip............. :mky_01:

sofar very satisfied with this car,its got torquey engine, kabin luas, allwhelldrive traction, daya jelajah tinggi sekaligus nyaman di aspal dan highspeed, dengan stability and comfort of full independent monoque vehicle.. especial on rural *berkelok -kelok pegunungan* dan highspeed 160kmh anteng dan cepat mencapainya, g perlu modip sana sini.. ga perlu ganti shock per underbrace, sway bar* dll.. piggy jg sebenernya g perlu2 amet.. cuma.. there is not such thing as "enough powahh!!"

*swaybar blkng malah ta lepas


dan.. yg menyebalkan... beres dibandung very-very overload... service berkala harus booking seminggu sebelumnya, klw engga siap2 nginap mblnya cuma mw serpis doank, gmn klw suatu saat tiba2 perlu repair/troubleshooting yang makan waktu :mky_06: konon di surapati mw buka lagi.. ntah lah...
di mblnya.. fc should be better lukot kombinasi tol/non tol mentok 11kml. dalkot 7.xkml jika trafik parah. 2000cc tp minumnya sama atw worse dri 2.5ltr 4x2. dihitung full to full.. mid sih klw d tol bisa nunjukin 15-16kml, tp selisihnya dri real bisa 1-2kml.. *note: ban AT oversize + piggy*.
rattling di kabin beberapakali datang dan pergi.
problem yg baru nongol, jika vent sudah di tutup kadang masih ada bau dri luar yang masuk :frm_bang_head:
suspension setup more for onroad... as expected...velg 18"+ ban 255/55r18 meski sudah di besarin ban ini masih lebih tipis dibanding ban std ladder suv, stroke terlalu pendek (dibanding ladder) terutama gerak compress, swaybar depan jg tebal for stability (meski yg blkng dah dilepas).. so not that comfort on gravel (zero tarmac)/rock (off) road... mending tanah atau lumpur sekalian. gantinya it feel at home on the road. well.. 80% its on the road anyway.... jalan ancur di aspal sih mostly bisa dilibas dgn minimal braking.



ChZ wrote: Fri Jan 20, 2017 9:31 Karakter girboknya kok ane nangkepnya mirip 5AT nya Ahon... But with much more slippage (mungkin krn torque 400Nm vs ahon rata-rata 200Nm-an, beda 2x lipat).

Dari posisi gear 5 (overdrive) di kick 1/2 dia masih ngelepas TC Lockup (rev naik, speed konstan)... begitu injek dalem baru dia pindah...

Bener ga yah... CMIIW
Yapp kyanya seperti itu cris..... di diesel, slip 1000-1500rpm aja rasanya jauh... wkwkwk :D biasanya dari 1500rpm ke 3000 slipnya... klw petrol karna revnya sampai 6500 lebih slip 1000-1500 g bgtu kerasa kli ya


eniwie... setelah td suv beken sblh...... girboknya malah jarang atau ga pernah lockup wkwkwkwkw...
gobale wrote: Fri Jan 20, 2017 13:07 7 seater roady dipake uprud......awas ntar udah 2 tahun kaki2 ndak di warranty lagih...beware of shock belakang.... :p
hahaha, justru wajeb di pke n dinikmatin n sblm 2thn klw dah ga beres langsung klaim ganti gretong..............................

:mky_03: :mky_03:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: [Review] Chevrolet Captiva VCDi AllWheelDrive 2015

Post by nescafe »

@Billy: oom bil, kenapa bannya diganti jadi lebih lebar? traksi dgn ban standar masih terasa kurang yah?
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2111
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: [Review] Chevrolet Captiva VCDi AllWheelDrive 2015

Post by Venturtle »

very nice review om :big_exellent: :big_exellent:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [Review] Chevrolet Captiva VCDi AllWheelDrive 2015

Post by ChZ »

billyd1773dz wrote: Sun Jan 29, 2017 19:59
Yapp kyanya seperti itu cris..... di diesel, slip 1000-1500rpm aja rasanya jauh... wkwkwk :D biasanya dari 1500rpm ke 3000 slipnya... klw petrol karna revnya sampai 6500 lebih slip 1000-1500 g bgtu kerasa kli ya


eniwie... setelah td suv beken sblh...... girboknya malah jarang atau ga pernah lockup wkwkwkwkw...
Hmmmm possible yah berarti transmisi ga pernah lockup... Soalnya kemarin bawa OS jalan ke Sltg juga rasanya transmisi ga pernah lockup... Bru lockup kalo di gaspol...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: [Review] Chevrolet Captiva VCDi AllWheelDrive 2015

Post by billyd1773dz »

nescafe wrote: Mon Jan 30, 2017 1:49 @Billy: oom bil, kenapa bannya diganti jadi lebih lebar? traksi dgn ban standar masih terasa kurang yah?
biar keren om .... hahaha :D engga, sya nyari yang AT atau MT... untuk velg 18" sangat terbatas, satu-satunya hanya toyo opencountry AT ini. kembanganya semi kasar khas all terrain, di lumpur batu licin masih dapat grip, di aspal juga masih sangat baik gripnya. suaranya jg tdk lebih berisik dari ban eco di hatchback.

sepertiny cukup awet sudah 40rb kembanganya masih tebal. expect allterrain tdk lebih tahan lama dibanding ban HT/HL atau yg khusus aspal.
Venturtle wrote: Mon Jan 30, 2017 1:59 very nice review om :big_exellent: :big_exellent:
thx you om... :mky_01:
ChZ wrote: Mon Jan 30, 2017 2:17
billyd1773dz wrote: Sun Jan 29, 2017 19:59
Yapp kyanya seperti itu cris..... di diesel, slip 1000-1500rpm aja rasanya jauh... wkwkwk :D biasanya dari 1500rpm ke 3000 slipnya... klw petrol karna revnya sampai 6500 lebih slip 1000-1500 g bgtu kerasa kli ya


eniwie... setelah td suv beken sblh...... girboknya malah jarang atau ga pernah lockup wkwkwkwkw...
Hmmmm possible yah berarti transmisi ga pernah lockup... Soalnya kemarin bawa OS jalan ke Sltg juga rasanya transmisi ga pernah lockup... Bru lockup kalo di gaspol...
lockup itu.. evolusi dari torqueconverter agar bisa irit dan ngurangin powerloss... jadi girbok tc yang jadul2 umumnya memang jarang atau malah tdk bisa lockup wkwk :D


:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
apoge
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 248
Joined: Fri Nov 27, 2015 1:35

Re: [Review] Chevrolet Captiva VCDi AllWheelDrive 2015

Post by apoge »

Salam om barusan saya indent diesel fwd vin 2015. Setelag membaca review om baru ngeh klo futurenya udah ada esp, hill assist, ac ionozer. Karna sebelumnya saya hanya liat spek brosur captiva 2014 . Future tsb belum ada.
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: [Review] Chevrolet Captiva VCDi AllWheelDrive 2015

Post by evolution21 »

Vin 2015 masi ada? Dapet mega diskon dong um?
apoge
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 248
Joined: Fri Nov 27, 2015 1:35

Re: [Review] Chevrolet Captiva VCDi AllWheelDrive 2015

Post by apoge »

Iya om evo diskonyya 100 jt dari price list 498 jt lokasi di kaltim om. Sebelumnya pake capt bensin 2012 mau nyoba mesin diesel nya inova tapi lagi bermasalah katanya loh ya ...pajero kemahalan dan kebesara plus mesti ambil yg dakar klo mau nyoba teknologi mitsu. Mau nunggu ertiga diesel kayanya kok lebih cocok emak2 yg make 😅.
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: [Review] Chevrolet Captiva VCDi AllWheelDrive 2015

Post by liep »

apoge wrote: Thu Feb 09, 2017 1:19 Iya om evo diskonyya 100 jt dari price list 498 jt lokasi di kaltim om. Sebelumnya pake capt bensin 2012 mau nyoba mesin diesel nya inova tapi lagi bermasalah katanya loh ya ...pajero kemahalan dan kebesara plus mesti ambil yg dakar klo mau nyoba teknologi mitsu. Mau nunggu ertiga diesel kayanya kok lebih cocok emak2 yg make 😅.
bln des kmrn ane jg habis test drive capt2016new (mewah dalemnya+gasnya nyuuut+kedap), trus dtawari 2015 diskon sgitu jg, msh takut ambil chevi hehe, padahal kpingin, liat di beresnya kok byk yg nginap--ga nanya penyebab nginapnya apa aj
apoge
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 248
Joined: Fri Nov 27, 2015 1:35

Re: [Review] Chevrolet Captiva VCDi AllWheelDrive 2015

Post by apoge »

Dulu juga ragu pake merek chevy om liep. Tapi merek jepang kok kayanya over prize dgn kualitas segitu2 aja. Akhirnya ambil chevy yah klo di jual lagi laku sukur gak laku juga gpp. Orientasi saya sudah bukan resale value.
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: [Review] Chevrolet Captiva VCDi AllWheelDrive 2015

Post by billyd1773dz »

apoge wrote: Wed Feb 08, 2017 23:25 Salam om barusan saya indent diesel fwd vin 2015. Setelag membaca review om baru ngeh klo futurenya udah ada esp, hill assist, ac ionozer. Karna sebelumnya saya hanya liat spek brosur captiva 2014 . Future tsb belum ada.
apoge wrote: Thu Feb 09, 2017 1:19 Iya om evo diskonyya 100 jt dari price list 498 jt lokasi di kaltim om. Sebelumnya pake capt bensin 2012 mau nyoba mesin diesel nya inova tapi lagi bermasalah katanya loh ya ...pajero kemahalan dan kebesara plus mesti ambil yg dakar klo mau nyoba teknologi mitsu. Mau nunggu ertiga diesel kayanya kok lebih cocok emak2 yg make 😅.
wow selamat mobil barunya om... :mky_02:

betul 2015 ada minorchange yang FWD dapat berbagai fitur AWD, minus elektrik jok,awd,curtain airbag dan keyless/peps.. wkwk mantapp sayang kurang di sosialisasikan

bah.. pricelistnya 498jt untuk fwd fl2 ?? mahal bener.... daerah mana om?
liep wrote: Thu Feb 09, 2017 3:17
apoge wrote: Thu Feb 09, 2017 1:19 Iya om evo diskonyya 100 jt dari price list 498 jt lokasi di kaltim om. Sebelumnya pake capt bensin 2012 mau nyoba mesin diesel nya inova tapi lagi bermasalah katanya loh ya ...pajero kemahalan dan kebesara plus mesti ambil yg dakar klo mau nyoba teknologi mitsu. Mau nunggu ertiga diesel kayanya kok lebih cocok emak2 yg make 😅.
bln des kmrn ane jg habis test drive capt2016new (mewah dalemnya+gasnya nyuuut+kedap), trus dtawari 2015 diskon sgitu jg, msh takut ambil chevi hehe, padahal kpingin, liat di beresnya kok byk yg nginap--ga nanya penyebab nginapnya apa aj
wkwkkw masalah terbesar di beres yang di bandung... semenjak yg di wastu tutup, skrng tinggal satu.. ngantri parah... bwat serpis aja mesti booking seminggu sebelumnya.. apalagi bwat troubleshooting.

konon mw buka lagi di surapati sebelh A2K....

lucunya gw denger di mazda tu tempat mw jd beres mazda..

haha kayanya kondisi tu gedung lg di perebutkan...
apoge wrote: Thu Feb 09, 2017 8:15 Dulu juga ragu pake merek chevy om liep. Tapi merek jepang kok kayanya over prize dgn kualitas segitu2 aja. Akhirnya ambil chevy yah klo di jual lagi laku sukur gak laku juga gpp. Orientasi saya sudah bukan resale value.
wkwkw punya gw jg ni baru setahun uda 42rb.. 3 tahun bisa 100rb lebih... gimana ntar deh jualny... haha jalan-jalan terus aja pke ni mbl mumpung masi enah.. wkwk :D

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
Iap
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Tue Jan 24, 2017 12:55

Re: [Review] Chevrolet Captiva VCDi AllWheelDrive 2015

Post by Iap »

Mantap reviewnya om Billy :off_good_job: , saya selalu menikmati review-reviewnya karena detail, lengkap ditambau foto-foto kerennya.
Sekarang chevy baru launching trailblazer dengan kisaran harga yang sangat dekat dengan captiva. Kira2 bakal marketnya captiva nggak ya.
Berdoa aja om billy tergoda beli trailblazer terus bikin reviewnya :ungg:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: [Review] Chevrolet Captiva VCDi AllWheelDrive 2015

Post by billyd1773dz »

Iap wrote: Sat Feb 25, 2017 12:12 Mantap reviewnya om Billy :off_good_job: , saya selalu menikmati review-reviewnya karena detail, lengkap ditambau foto-foto kerennya.
Sekarang chevy baru launching trailblazer dengan kisaran harga yang sangat dekat dengan captiva. Kira2 bakal marketnya captiva nggak ya.
Berdoa aja om billy tergoda beli trailblazer terus bikin reviewnya :ungg:
Thx youu om..

Nah..
Haaha...

Saya rasa 2-3th kedepa nGM akan ngurangin jatah marketing captiva dan fokus di TB, gimana pun life cyclenya sudah terlalu lama.

Sambil nunggu pengganti captiva, di OZ penggantiny sudah fix allnew equinox, di rebrand jd holden. Di indo asean dan korsel blm ada kejelasan. Dan apakah bulat2 equinox yg di jual atau digunalan platformnya saja seperti captiva saat ini

Image

Image

Di luar ada 3 mesin
1.5 petrol Turbo 170hp 6AT
2.0 petrol Turbo 252hp 9AT
1.6 Diesel Turbo 136hp 6AT

Bobot mobil berkurang 181kg dri gen sebelumnya


Soal TB dibanding captiva sendiri.... Gw uda TD singkat....
(+)
tampangnya yg gedhe n macho banget..
gc lebi tinggi, approach rambreak dan departure angle jauh lebih baik.
Suspensi TB jg berkat stroke lebih panjang dia jadi lebih empuk.
Bisa nyalain ac dan mesin dari luar
Support B20 biosolar
Transmisi lockup lebih responsif
Bahan2 dan quality cabin lebih baik dri captiva
Travel suspensi lebi panjang
Tangki bbm lebih besar

(-)
Tidak ada varian 4x4/AWD
pengendalian (jauh) Tidak sebaik captiva,
driving position juga enakan captiva berkat telescopic,
Mildy lebih limbung dri captiva
Mesin tidak senendang captiva di rpm tengah somehow
Mesin lebih kasar dan brisik
Pengaturan jok supir lebih banyak captiva
Kabin tidak lebih lega dibanding captiva
Tidak ada keyless start/peps
Tdk ada projie
Lebih kecil mudah naik turun, mudah u turn,mudah masuk jln sempit



Saya malah lebih tertarik coloradonya klw beneran mw di jual lg, semua topsek at yg masuk

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz