Review of Chevrolet Trax LTZ

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Review of Chevrolet Trax LTZ

Post by egibaio »

Selamat pagi seraya motor, kali ini saya mencoba crossover SUV terbaru di Indonesia yaitu Chevrolet Trax LTZ. Beruntung ada event test drive yang sangat dekat dari rumah saya pagi ini.
Image
ANOTHER CROSSOVER SUV?

Tidak bisa dibantah inilah segmen pasar paling hot saat ini untuk car makers. Resep yang umumnya dipakai adalah platform hatchback yang kemudian ditinggikan kemudian diberikan body yang lebih eye catchy. The Trax is no exception, dia dibangun di atas GM Gamma Platform yang juga merupakan pondasi dari Aveo. So, the Trax is a rival of HRV, EcoSport, and Juke.

Crossover SUV umumnya memiliki desain menarik, GC sedikit lebih tinggi (untuk mengarungi parkiran Mall), lots of toys, dan driving dynamics yang biasa saja. Mobil jenis ini bukanlah santapan bagi car enthusiast. GC tinggi itu hanya cocok untuk jalan-jalan di mall atau melewati polisi tidur komplek, bukan untuk bertualang ke hutan. GC tinggi jugalah yang membuat driving dynamics mobil jenis ini tidak sebaik saudaranya yang lebih rendah (hatchbacks). Tapi toh, formula seperti ini terbukti berhasil menggaet banyak konsumen.

LOOKS
Image
Salah satu hal yang sangat penting untuk konsumen mobil di kelas ini adalah tampangnya. Desainer cenderung lebih “liar” saat mendesain mobil jenis Crossover SUV.
Image
How about the Trax then? Well it looks well proportioned. Chevy terlihat bermain aman di desain trax ini. Kalau anda disuruh membayangkan bagaimana bentuk mobil yang akan dibuat Chevy jika mereka diminta membuat SUV kecil, mobil ini pasti akan muncul di kepala anda. Everything about how this car looks is unmistakably very Chevy-ish. Tidak banyak elemen desain yang kontroversial disini. Velg 18 inch membuat stance mobil ini enak dilihat, fender terisi dengan baik.
Image
Saya pribadi mempunyai mixed feelings akan desain mobil ini. Di satu sisi ia simple, enak dilihat, easy on the eye. Tapi di sisi lain ia kekurangan sedikit flair dan sehingga nampak kurang “baru”. Tapi overall saya menyukai bentuk mobil ini meski sedikit membosankan. Oiya, saya menyukai kualitas cat yang ada di mobil ini. Looks deep and rich.

INTERIOR AND TOYS

Memasuki mobil ini saya disambut kursi yang menurut saya nyaman. Kualitasnya lebih bagus daripada HRV tipe E. Desain interior terasa seperti Chevy-Chevy kecil lainnya. Fit and finish lumayan baik meski saya menemukan tempat penyimpanan di atas air vent di tengah dashboard terlihat kurang rapat, doortrim juga agak tipis. Berada di dalam mobil ini cukup nyaman, posisi duduknya enak meski agak terlalu tinggi bagi saya yang senang mobil rendah. Kalau anda masih merasa kabin kurang airy, tersedia sunroof yang membuat interior lebih cerah.
Image
Saya menyukai bagaimana knob-knob dan tombol-tombol di mobil ini dipasang, terasa berkualitas dan kokoh. Stirnya juga dilapis dengan bahan yang enak dipegang dibanding “(Fake) Leather Wrapped Steering Wheel” yang ada di Honda masa kini. Memegang stirnya rasanya mirip stir VW, and it’s a compliment.
Image
So, seperti yang anda baca dari penjelasan saya dan bisa anda lihat di foto, lagi-lagi Chevy bermain aman untuk desain interiornya. Saya kurang suka desain interiornya, namun secara kualitas ia terasa sesuai dengan harganya (tidak istimewa namun tidak jelek). So average score for the interior then.
Image
What about the toys? Nah ini adalah dimana Trax menang daripada rival-rivalnya. Segala macam fitur keselamatan ada di mobil ini, airbagsnya ada 6, sunroof juga ada, tidak lupa Hill Descent Control yang entah kapan terpakainya, cruise control pun tersedia. Infotainment system menggunakan Chevy MyLink yang mudah dipakai dan cukup responsif. Kualitas suaranya biasa saja namun tampilan HU nya bagus dan mudah dimengerti, fiturnya pun segudang.
Image
Fitur satu ini butuh special mention, ada socket 230 V sehingga anda bisa mengisi baterai laptop anda. Very useful.

Very excellent score for toys then.

DRIVING IT

Trax ditenagai sebuah mesin 1.4 litre turbo. Tenaganya 140 hp dengan torsi 200 Nm yang bisa dicapai di putaran mesin rendah. Heck, it has same power and more torque than my 1.8 litre Honda Civic.
Image
Spec sheet memang tidak bohong, mobil ini terasa paling punchy dan powerful dibanding rival-rivalnya. Dibanding HRV 1.5, mobil ini jauh lebih sigap dan tidak perlu rpm terlalu tinggi untuk menambah kecepatan atau mengikuti traffic. Mobil ini dilengkapi transmisi 6AT yang rasionya menurut saya nicely spaced. Transmisi terasa sedikit menjinakkan hentakan dari mesin, shiftingnya lambat saat menyentuh redline namun minim slip. Untuk mendapatkan shifting yang cepat saya sarankan berpindah gigi di rpm 5000-5500. Saya suka tuning mesin turbonya yang konservatif, ia terasa minim lag, power deliverynya linear dan mudah diprediksi meski konsekuensinya mobil ini memang tidak cepat. Tetap saja, ia sedikit lebih cepat dari civic saya di beberapa situasi. Oiya, tadi ada 4 orang dewasa di dalam mobil yang saya coba dan mobil terasa tetap gutsy. Good job, Trax.

Mode tiptronicnya lumayan membantu dan saya rasa Chevy sudah sedikit belajar karena responnya tidak separah transmisi AT chevy yang terpasang di mobil mobilnya yang lain. Sayangnya perpindahan gigi menggunakan tombol kecil disamping shifter, awkward dan tidak enak digunakan. Kekurangan lain dari transmisi ini adalah tidak ada downshift untuk engine braking di mode D saat hard braking.

Ride mobil ini menurut saya nyaman dengan damping yang baik, memang kadang agak kaku. Namun dengan damping yang baik membuatnya terasa nyaman, kenyamanannya bisa saya bilang yang paling bagus di kelas ini. Handling cukup oke, bodyroll tidak berlebih, grip cukup, namun stir terasa kurang cepat dan tuning yang konservatif membuatnya agak rentan terhadap understeer. Bobot stirnya pas meskipun agak lifeless. Untuk handling, dia tidak istimewa dan rasanya mirip dengan rival-rivalnya (kecuali ecosport yang menurut saya tidak enak). It’s not fun to drive but it’s capable.

Hal yang saya suka adalah brakingnya yang baik. Bitenya cukup powerful dan pedalnya responnya pas, front-rear biasnya juga pas sehingga tidak terasa ada diving meskipun membawa 4 orang dewasa.

ACCOMODATION
Image
Bagasinya luas, legroom dan headroom belakang baik dan tempat penyimpanan di depan banyak. Mungkin satu keluhan adalah jok belakang sedikit terlalu tegak (apa mungkin bisa di recline?). Lumayan baik mengingat rival-rivalnya juga ga bagus bagus amat.
Image
CONCLUSION

Saya tidak menyangka saya akan menyukai Trax. Dengan harga 296 juta di Bandung, ia terasa lebih baik daripada pemimpin pasar saat ini yaitu HRV 1.5 E. Mobil ini bukan saingan dari HRV 1.5 yang berharga mirip. Ia cocok bersaing dengan HRV 1.8 yang berharga 60 juta lebih mahal. That’s what I call Value for Money.

Kalau saya membeli Crossover SUV, inilah mobil yang akan saya beli. At least for now, karena mesin HRV 1.5 terlalu lambat dan HRV 1.8 terlalu mahal
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Review of Chevrolet Trax LTZ

Post by kenop »

wihhh mantap review nya.. lebih enak baca review gini nih dibanding baca di majalah2 yg kadang isi nya banyakan titipan dari atpm :mky_03:

:big_deal:
piggypig77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 634
Joined: Tue Feb 11, 2014 13:33
Location: Jakarta

Re: Review of Chevrolet Trax LTZ

Post by piggypig77 »

Apa mobil ini bakal laku,soalnya scr desain mbl ini terlalu biasa. :big_think:
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Review of Chevrolet Trax LTZ

Post by kenop »

piggypig77 wrote:Apa mobil ini bakal laku,soalnya scr desain mbl ini terlalu biasa. :big_think:
kalo ane blg sih yg bikin berat buat jualan bukan desain nya, tapi merk nya.. :mky_01:
coba ini yg kuarin honda ato toyota bisa kek kacang goreng laku nya dgn fitur kek gt :mky_03:
piggypig77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 634
Joined: Tue Feb 11, 2014 13:33
Location: Jakarta

Re: Review of Chevrolet Trax LTZ

Post by piggypig77 »

kenop wrote:
piggypig77 wrote:Apa mobil ini bakal laku,soalnya scr desain mbl ini terlalu biasa. :big_think:
kalo ane blg sih yg bikin berat buat jualan bukan desain nya, tapi merk nya.. :mky_01:
coba ini yg kuarin honda ato toyota bisa kek kacang goreng laku nya dgn fitur kek gt :mky_03:
Bener om,contohnya lmpv si honda yg pertama kluar kayak bgtu aja laku bgt ya. Tp kalo saya liat trax ini ada kesamaan sama spin,makanya aga pesimis saya sama ini mbl.
kykyhalim
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Mon Sep 14, 2009 12:35

Re: Review of Chevrolet Trax LTZ

Post by kykyhalim »

Good review om !

Foto speedometernya ada ga om? Apa masih mirip sama motor kayak di hb nya?
ransyah1234
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sun Nov 23, 2014 5:25

Re: Review of Chevrolet Trax LTZ

Post by ransyah1234 »

egibaio wrote: Saya tidak menyangka saya akan menyukai Trax. Dengan harga 296 juta di Bandung, ia terasa lebih baik daripada pemimpin pasar saat ini yaitu HRV 1.5 E. Mobil ini bukan saingan dari HRV 1.5 yang berharga mirip. Ia cocok bersaing dengan HRV 1.8 yang berharga 60 juta lebih mahal. That’s what I call Value for Money.

Kalau saya membeli Crossover SUV, inilah mobil yang akan saya beli. At least for now, karena mesin HRV 1.5 terlalu lambat dan HRV 1.8 terlalu mahal
Nice review om.

Modelnya memang menarik sekali. Pernah tes duduk tapi tidak test drive. Surprisingly om bilang performa mesinnya cukup baik. Saya pikir hanya di atas kertas saja.

Tapi...dengan harga segitu (asumsi barang baru belum diskon)...ada opsi crossover lain OS GLS after diskon kena segituan juga...output atas kertas mirip..eh beda di rpm dapetnya

Yaa...tapi trax lebih baru...tapi harus ron95?...tapi modelnya lebih ganteng...tapi Chevrolet...hehe
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 714
Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: Review of Chevrolet Trax LTZ

Post by adityawei »

nice review om :mky_02:
blind spot ada gak om ? terus untuk konsumsi BBM gmn ? sama kenyamanan row 2 mgkn.. :mky_01:
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Review of Chevrolet Trax LTZ

Post by TUFF Stough »

Nice review. :big_exellent: Itu tombol di setir seabrek-abrek begitu gak ada tombol buat perpindahan gigi? :big_think: Tak kira ada, makanya ngidam pengen ganti setir Spin ane ama Trax. :mky_01:
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1964
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Review of Chevrolet Trax LTZ

Post by alvin23 »

Khas mobil2 Chevy sebenarnya....
Plain, Average in most aspect, tapi dengan beberapa sentuhan fitur yang membuat "Value For Money" dan tempting untuk dibeli....

dari dulu saya sebenarnya masih bingung, GM dan Chevy kok produknya gaada yang bener2 "Punch" ya, Gabisa setahan banting jepang, gabisa sefun Ford/Mazda/VW, gabisa sepraktikal Honda, gabisa sebagus Toyota ASS nya hahaha...Jadinya seperti tanpa "jiwa"

Yah tetap saja, nasibnya pasti medioker.... sepertinya tetap bakal kalah sama Ford Ecosport penjualannya :mky_01:
Rocky R ADS CVT 2021
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Review of Chevrolet Trax LTZ

Post by kunaskun »

Chevy itu IMHO kaya toyota-nya US Brand. di US sendiri kalau baca2 car and driver atau motor trend isinya si Chevy ga beda jauh dari indo, gitu2 aja. dipikir2 emang kaya toyota si :mky_03:
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1964
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Review of Chevrolet Trax LTZ

Post by alvin23 »

kunaskun wrote:Chevy itu IMHO kaya toyota-nya US Brand. di US sendiri kalau baca2 car and driver atau motor trend isinya si Chevy ga beda jauh dari indo, gitu2 aja. dipikir2 emang kaya toyota si :mky_03:
AH IYA! ini perumpamaan yg tepat...
Rocky R ADS CVT 2021
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5686
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Review of Chevrolet Trax LTZ

Post by sintoni »

Mantep reviewnya om.

Nice car emang secara on paper, ternyata terbukti mantep jg di asli.

Parah sih sudut sandaran row 2 parah banget. Itu kayak disetrap aja.
User avatar
phakbola
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 193
Joined: Sat Dec 12, 2015 14:43

Re: Review of Chevrolet Trax LTZ

Post by phakbola »

Excellent review :big_exellent:

Tapi secara pribadi saya sudah trauma sama merek ini, cuma fiturnya emang banyak dibanding rivalnya.
User avatar
jar-jit-no
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: Thu Nov 29, 2012 5:58
Location: Malang city

Re: Review of Chevrolet Trax LTZ

Post by jar-jit-no »

Review yg mantap om :mky_02:

Melihat spec sheet emg trax ini sangat menggoda..tp kyknya ujung2nya kepentok brand, layanan ass, rv jeblok, dan kudu ron 95...jd ya, sepertinya ttp medioker :big_think:
phakbola wrote:Excellent review :big_exellent:

Tapi secara pribadi saya sudah trauma sama merek ini, cuma fiturnya emang banyak dibanding rivalnya.
Trauma gimana nih om phakbola? Mungkin bisa sedikit share disini :big_smile]
4A91 4at - Slow Driver
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: Review of Chevrolet Trax LTZ

Post by egibaio »

piggypig77 wrote:
kenop wrote:
piggypig77 wrote:Apa mobil ini bakal laku,soalnya scr desain mbl ini terlalu biasa. :big_think:
kalo ane blg sih yg bikin berat buat jualan bukan desain nya, tapi merk nya.. :mky_01:
coba ini yg kuarin honda ato toyota bisa kek kacang goreng laku nya dgn fitur kek gt :mky_03:
Bener om,contohnya lmpv si honda yg pertama kluar kayak bgtu aja laku bgt ya. Tp kalo saya liat trax ini ada kesamaan sama spin,makanya aga pesimis saya sama ini mbl.
Kalau soal desain mirip spin ya memang bahasa desain chevy ya seperti itu, mau gimana lg :mky_01: Tapi memang dia cenderung main aman desainnya untuk sebuah crossover.
kykyhalim wrote:Good review om !

Foto speedometernya ada ga om? Apa masih mirip sama motor kayak di hb nya?
Thanks om!
Ada tp lupa upload wkwk Image
ransyah1234 wrote:
egibaio wrote: Saya tidak menyangka saya akan menyukai Trax. Dengan harga 296 juta di Bandung, ia terasa lebih baik daripada pemimpin pasar saat ini yaitu HRV 1.5 E. Mobil ini bukan saingan dari HRV 1.5 yang berharga mirip. Ia cocok bersaing dengan HRV 1.8 yang berharga 60 juta lebih mahal. That’s what I call Value for Money.

Kalau saya membeli Crossover SUV, inilah mobil yang akan saya beli. At least for now, karena mesin HRV 1.5 terlalu lambat dan HRV 1.8 terlalu mahal
Nice review om.

Modelnya memang menarik sekali. Pernah tes duduk tapi tidak test drive. Surprisingly om bilang performa mesinnya cukup baik. Saya pikir hanya di atas kertas saja.

Tapi...dengan harga segitu (asumsi barang baru belum diskon)...ada opsi crossover lain OS GLS after diskon kena segituan juga...output atas kertas mirip..eh beda di rpm dapetnya

Yaa...tapi trax lebih baru...tapi harus ron95?...tapi modelnya lebih ganteng...tapi Chevrolet...hehe
Yup at least dibanding rival seperti HRV juke Ecosport mobil ini masih ada punchnya, torsinya kerasa. OS kalau menurut ane udah minta FL atau model change itu. Interiornya rasanya jadul bgt, tp powertrain masih lumayan sih meski kurang refined.
adityawei wrote:nice review om :mky_02:
blind spot ada gak om ? terus untuk konsumsi BBM gmn ? sama kenyamanan row 2 mgkn.. :mky_01:
thank you om

untuk bagian depan blindspot ga terlalu terasa ya, malah kap mesin keliatan bgt kalo lg manuver di tempat sempit. bagian belakang kaca blkg agak sempit untung ketolong parking cam dan sensor parkir
mobilkutu
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 409
Joined: Wed Dec 16, 2015 2:27

Re: Review of Chevrolet Trax LTZ

Post by mobilkutu »

Cbu korea pasti nya lebih oke ya. Dibanding ckd kasus nya kyk hrv bunyiiiiiii



:big_biglaugh:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Review of Chevrolet Trax LTZ

Post by billyd1773dz »

kayanya kita datang di acara yang sama hahahaha :D

sudah lengkap sekali bahasanya :D saya tambahin menurut opini pribadi saya ya :D
- saya suka driving positionnya, tinggi, terasa commanding jarak kursi ke lantai cukup jauh sehingga benar2 terasa sedang duduk di SUV, tidak seperti sedan atau pajero sport yg kursi nya rendah. sisi lain, kursi yang tinggi bearti jarak ke tanah lebih jauh sehingga engagement berkurang dan roll lebih terasa. driving position mirip captiva, dan berbeda dengan spin maupun aveo

- suspensi terasa firm. efek rim 18" dgn ban relatif tipis bermerk continental. suspensi terasa kaku untuk meminimkan bodyroll... Trax terasa lebih firm dibanding ecosport yang lebih ngayun dan lembut melewati poldur dan jalan jelek dan berbodyroll lebih besar. saat saya coba warning TPMS menyala. artinya ada ban yang kurang angin. perlu diketahui TPMSnya mostlikely adalah indirect menggunakan ESP, sehingga tekanan brp tepatnya tidak tampil. hanya diketahui ada yang kurang. saya curiga tekanan angin sudah dikurangin agar lebih nyaman... meski bgtu... tetep terasa keras... suara suspensi saat melewati poldur jg cukup terdengar. berbeda dgn kakaknya captiva yg lebih lembut dan senyap sekalipun bodyroll tidak beda jauh... karna suspensi seperti ini saya tidak berani melewati poldur terlalu cepat.

- Engine... menurut salesnya TRAX dia menggunakan ron 92... impresi saya ke mesin ini.... di rpm bawah terasa biasa meski tidak lemot, baru bgtu di bejek.. serentak suara mesin keluar dan masuk kekabin... suara mesin ngebass serak namun distinctive voice tiap cyld tidak terdengar melebur diaduk2 oleh turbo jadi seperti blender bersuara ngebass..... bgtu rpm naik ke 2800-3000 baru keluar punch tenaganya dan terus ngisi hingga redline di 6500...... transmisi typical konvensional AT shifting lebih responsif dari milik captiva diesel, meski masih terasa jeda saat shift. slip torque converter masih ada. shiftronic harus dipindah ke S dulu, + - tombol posisinya atas bawah bukan depan blkng seperti ford... lebih awkward lagi menggunakanya.

dibanding fiesta ecoboost. :D yang memang mobilnya lebih ringan dgn ban lebih kecil namun 400cc lebih kecil dan minus 1 cyld. di rpm rendah mulai dari 1500 torsinya sudah keluar dan terasa lebih kuat tapi kemudian flat hingga redline tidak bertambah banyak berbeda dengan Trax yang terasa makin kuat menjelang redline. GB DCTnya sekalipun tidak terlalu responsif, tapi bebas slip and feel much better.


overall... Trax adalah Compact suv paling value for money saat ini, dengan tenaga setara HRV 1.8 namun harga beda 60 jt seperti yang dibilang TS. plus bonus torsi puncak yang bisa didapat di rev lebih rendah. fuel tidak disarankan menggunakan Ron 88 namun bisa Ron 92 meski sama dgn kebanyakan mobil saat ini lebih baik jika pakai ron 95.

bagi saya point minus ada di suspensi yang terlalu firm, meski efeknya bodyroll jadi minim dan terasa stabil. Low rev yang di spec sheet mulai puncak di 1800rpm nyatanya baru terasa nendang 1000 rpm kemudian di 2800. dan tidak se responsif fiesta ecoboost. meski terbayar di highrevnya yang lebih baik. sangat mungkin performa membaik jika pakai ron95 atau setelah break-in



cmiiw
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
Mamang555
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1081
Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51

Re: Review of Chevrolet Trax LTZ

Post by Mamang555 »

Nice review om egibaio dan om billy

Kapan delivery nya jika order sekarang?
Untuk diskon sih mungkin belum ada ya, tapi jika keluar diskon (mungkin kisaran 10-15 jtan) bakal makin mantap lagi Wkwkwkw

Trax ini bakal jadi guilty pleasure nya orang2 yang pengen beli CUV
Hati kepingin Trax, tapi larinya ujung2nya ke HRV/Rushter

Semoga Nissan ngeluarin Qashqai dan Ecopot masupin engine Ecoboostnya
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: Review of Chevrolet Trax LTZ

Post by egibaio »

billyd1773dz wrote:kayanya kita datang di acara yang sama hahahaha :D

sudah lengkap sekali bahasanya :D saya tambahin menurut opini pribadi saya ya :D
- saya suka driving positionnya, tinggi, terasa commanding jarak kursi ke lantai cukup jauh sehingga benar2 terasa sedang duduk di SUV, tidak seperti sedan atau pajero sport yg kursi nya rendah. sisi lain, kursi yang tinggi bearti jarak ke tanah lebih jauh sehingga engagement berkurang dan roll lebih terasa. driving position mirip captiva, dan berbeda dengan spin maupun aveo

- suspensi terasa firm. efek rim 18" dgn ban relatif tipis bermerk continental. suspensi terasa kaku untuk meminimkan bodyroll... Trax terasa lebih firm dibanding ecosport yang lebih ngayun dan lembut melewati poldur dan jalan jelek dan berbodyroll lebih besar. saat saya coba warning TPMS menyala. artinya ada ban yang kurang angin. perlu diketahui TPMSnya mostlikely adalah indirect menggunakan ESP, sehingga tekanan brp tepatnya tidak tampil. hanya diketahui ada yang kurang. saya curiga tekanan angin sudah dikurangin agar lebih nyaman... meski bgtu... tetep terasa keras... suara suspensi saat melewati poldur jg cukup terdengar. berbeda dgn kakaknya captiva yg lebih lembut dan senyap sekalipun bodyroll tidak beda jauh... karna suspensi seperti ini saya tidak berani melewati poldur terlalu cepat.

- Engine... menurut salesnya TRAX dia menggunakan ron 92... impresi saya ke mesin ini.... di rpm bawah terasa biasa meski tidak lemot, baru bgtu di bejek.. serentak suara mesin keluar dan masuk kekabin... suara mesin ngebass serak namun distinctive voice tiap cyld tidak terdengar melebur diaduk2 oleh turbo jadi seperti blender bersuara ngebass..... bgtu rpm naik ke 2800-3000 baru keluar punch tenaganya dan terus ngisi hingga redline di 6500...... transmisi typical konvensional AT shifting lebih responsif dari milik captiva diesel, meski masih terasa jeda saat shift. slip torque converter masih ada. shiftronic harus dipindah ke S dulu, + - tombol posisinya atas bawah bukan depan blkng seperti ford... lebih awkward lagi menggunakanya.

dibanding fiesta ecoboost. :D yang memang mobilnya lebih ringan dgn ban lebih kecil namun 400cc lebih kecil dan minus 1 cyld. di rpm rendah mulai dari 1500 torsinya sudah keluar dan terasa lebih kuat tapi kemudian flat hingga redline tidak bertambah banyak berbeda dengan Trax yang terasa makin kuat menjelang redline. GB DCTnya sekalipun tidak terlalu responsif, tapi bebas slip and feel much better.


overall... Trax adalah Compact suv paling value for money saat ini, dengan tenaga setara HRV 1.8 namun harga beda 60 jt seperti yang dibilang TS. plus bonus torsi puncak yang bisa didapat di rev lebih rendah. fuel tidak disarankan menggunakan Ron 88 namun bisa Ron 92 meski sama dgn kebanyakan mobil saat ini lebih baik jika pakai ron 95.

bagi saya point minus ada di suspensi yang terlalu firm, meski efeknya bodyroll jadi minim dan terasa stabil. Low rev yang di spec sheet mulai puncak di 1800rpm nyatanya baru terasa nendang 1000 rpm kemudian di 2800. dan tidak se responsif fiesta ecoboost. meski terbayar di highrevnya yang lebih baik. sangat mungkin performa membaik jika pakai ron95 atau setelah break-in



cmiiw
:beer:
wahahah orang batununggal juga om? :big_biglaugh:

Ya betul mesin turbo mobil ini menurut ane tidak seperti turbo yg kita kenal di ecoboost atau golf TSI, dia cenderung mirip NA bertorsi besar responnya (seberapa besarnya mungkin setara 1.8 liter NA). Linear tanpa ada turbo kick. Konsekuensinya memang terasa jd rada lambat, tapi positifnya jd cepet terbiasa jg bawa mobil ini merayap2 di daerah padat (menurut ane loh ya ini). Power deliverynya ane rasa malah ada kemiripan sama mesin R18 di FD ane om hanya saja dia has more torque wkwk.

Suara mesin td ane sama adek ane juga sempet bahas karena agak aneh wkwkwk
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1801
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: Review of Chevrolet Trax LTZ

Post by FRD »

baru aja mau ngomong kalo mungkin aja om egibagio ketemu paus a.k.a billyd1773dz, eh ternyata pausnya muncul duluam :mky_03:

anw, nice review om, pembahasannya lengkap sekali, sampe bingung mau nanyain apa krn udah ada semua :mky_02:
:big_smoking:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Review of Chevrolet Trax LTZ

Post by billyd1773dz »

^^
wkwkwk datang jam brp td om? gw bru jam 12an hahahah...... engga om aga jauh rumahnya, kebetulan dpt undangan

betul... mirip kaya N.A tampa ada turbo kick, turbo lag setelah diangkat dan gas lagi juga minim, lebih banyak lag di gearboxnya.... untungnya mid torquenya uda kuat powerbandnya lebih luas dri mesin n.a biasa. dan ini cuma 1400cc wkwkwkw :D

oh ya....

weakness lainya Headunit Mylinknya blm memiliki GPS

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: Review of Chevrolet Trax LTZ

Post by egibaio »

FRD wrote:baru aja mau ngomong kalo mungkin aja om egibagio ketemu paus a.k.a billyd1773dz, eh ternyata pausnya muncul duluam :mky_03:

anw, nice review om, pembahasannya lengkap sekali, sampe bingung mau nanyain apa krn udah ada semua :mky_02:
Thank you om FRD :mky_02: Sebenernya ada yg kelupaan, ane lupa nyoba duduk di belakang pas jalan dan nyobain Siri eyes free :mky_01:
billyd1773dz wrote:^^
wkwkwk datang jam brp td om? gw bru jam 12an hahahah...... engga om aga jauh rumahnya, kebetulan dpt undangan

betul... mirip kaya N.A tampa ada turbo kick, turbo lag setelah diangkat dan gas lagi juga minim, lebih banyak lag di gearboxnya.... untungnya mid torquenya uda kuat powerbandnya lebih luas dri mesin n.a biasa. dan ini cuma 1400cc wkwkwkw :D

oh ya....

weakness lainya Headunit Mylinknya blm memiliki GPS

:beer:
Kalo ane jam 9.30 om wkwk urutan pertama tadi :big_biglaugh: Awkward bgt jd diantara sales sales lg di briefing bosnya, mana ada yg dimarahin pula gara2 ngobrol mulu wkwkwk
piggypig77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 634
Joined: Tue Feb 11, 2014 13:33
Location: Jakarta

Re: Review of Chevrolet Trax LTZ

Post by piggypig77 »

egibaio wrote:
piggypig77 wrote:
kenop wrote:
kalo ane blg sih yg bikin berat buat jualan bukan desain nya, tapi merk nya.. :mky_01:
coba ini yg kuarin honda ato toyota bisa kek kacang goreng laku nya dgn fitur kek gt :mky_03:
Bener om,contohnya lmpv si honda yg pertama kluar kayak bgtu aja laku bgt ya. Tp kalo saya liat trax ini ada kesamaan sama spin,makanya aga pesimis saya sama ini mbl.
Kalau soal desain mirip spin ya memang bahasa desain chevy ya seperti itu, mau gimana lg :mky_01: Tapi memang dia cenderung main aman desainnya untuk sebuah crossover.

Bukan desain om,tapi kekurangan dan kelebihannya banyak yg mirip hehehe
bisti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 202
Joined: Thu Mar 13, 2008 3:19

Re: Review of Chevrolet Trax LTZ

Post by bisti »

bagus nihh...tp nunggu jandanya alias sekennys aj kl merk chevy..