Long term Review 10 years kijang innova gen 1

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2898
Joined: 17 Aug 2015, 13:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Long term Review 10 years kijang innova gen 1

Post by martinnn »

Ini adalah kijang innova kepunyaan bokapnya pacar ogut, beli baru dari 2005, sampai sekarang semua masih standar, full orisinil, cuma pasang kaca film 3m aja :mky_01:


Kilometer per desember 2015, masih rendah karena boros jadi males pake apalagi dalkot cuma dapet 1:8 max :mky_01:

Image


penampakannya

Image


interior full ori, HU aja masih tape :big_dunno:

Image


selama 10 tahun pemakaian bisa dibilang gak ada masalah sama sekali, tenagapun terasa masih enak untuk jalan2 di tol , cuma belakangan ini di ban kanan depan ada bunyi gruk gruk...mungkin shockbreaker mati sebelah :big_childish:

biarpun nonopa gen 1 ini sering dicibir, tapi saya akui mobil ini sangat spartan, cukup oli mesran dan bensin busuk dia masih running smooth sampai detik ini, cuma pernah ganti aki 3x , ganti busi setiap 3 tahun , oli per 7500km ,bohlam depan 1x :big_think:

Duduk di sisi driver kesannya lega , posisi bangku bisa naik turun , tilt steering ,tuas transmisi mudah dijangkau oleh tubuh dwarf ogut :big_smoking: , duduk di kursi belakang juga lega dan nyaman untuk perjalanan jauh , di kursi 3rd row pun masih acceptable untuk ukuran orang dengan tinggi under 175cm

katanya mau dijual ya sayang juga tawarannya pasti sadis sadis jadi mungkin dipake sampe diwarisin ke anak cucu kali , mau upgrade ke innova baru toh harganya kejauhan , gpp deh pake innova gen 1, toh nama dan gengsinya tetapnya innova :big_biglaugh:


:big_slap:
Morv.co.id ( Audio Visual Production )
Astha Jaya Indo ( Distributor LED Lamp and PJU Solar panel , interior and Lighting Designer )

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: 24 Apr 2015, 04:57

Re: Long term Review 10 years kijang innova gen 1

Post by dieselman228 »

Yg tipe G ini dulu coba punya temen gigi 1 bisa sampe 60 km/h dan di rev sampe 5000an presneling geter abis ger...ger..ger gitu, coba di tipe V ga bs gigi 1 sampe 60 km/h..

Anyway saya suka setirnya simpel dan berasa ringan ga kyknya sekarang lebih gambot...

Udah ada review 10 tahun, sy review 20 tahun deh yg d4d.
gnki diesel kopling jadi kuda harian :mky_07:
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2968
Joined: 30 Nov 2013, 22:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Long term Review 10 years kijang innova gen 1

Post by imingwahyudi »

Factory standard :big_love:


tinggal poleskan ke tukang detailing..cakep bgt om :D
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Long term Review 10 years kijang innova gen 1

Post by sintoni »

Persis kayak punya ane. G bensin manual.

Punya nubie malah dari November 2004.

Bener2 spartan, cuma ganti oli dll. Cuma prna ganti sokbreker.

Jalan juga sudah 130rb km.

Yang 1TR-FE ini kalo lg di rev, bunyi mesinnya mantep tambah garing gt. Haha. Tapi emang boros sih 1:7an aja.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Long term Review 10 years kijang innova gen 1

Post by Turboman »

wah jalannya jarang2 ya

ane punya D4 D - 06 udah jalan 180 rb Km (di odo belum 180 rb tapi riilnya underread 7%)

Naek Dastek Q tahun 2008.....naik iDrive bbrp tahun kemudian

sampe skg mesin tetap prima

water pump belum pernah ganti

Evap AC pernah ganti waktu tahun ke 7

Full biosolar + racun

Purging antara 25 - 30 rb Km sekali

Dari baru oli mesin gonta ganti, tapi minimal yg semi synth

Bbrp tahun terakhir selalu full synth dan ganti gak pernah di bawah 8500 Km

3X terakhir pakai Delvac1 - 5W40 ganti antara 13 - 15 rb km sekali (ga lebih dr 12 bulan) dgn filter oli ganti di 10 rb Km
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: 24 Apr 2015, 04:57

Re: Long term Review 10 years kijang innova gen 1

Post by dieselman228 »

Turboman wrote:wah jalannya jarang2 ya

ane punya D4 D - 06 udah jalan 180 rb Km (di odo belum 180 rb tapi riilnya underread 7%)

Naek Dastek Q tahun 2008.....naik iDrive bbrp tahun kemudian

sampe skg mesin tetap prima

water pump belum pernah ganti

Evap AC pernah ganti waktu tahun ke 7

Full biosolar + racun

Purging antara 25 - 30 rb Km sekali

Dari baru oli mesin gonta ganti, tapi minimal yg semi synth

Bbrp tahun terakhir selalu full synth dan ganti gak pernah di bawah 8500 Km

3X terakhir pakai Delvac1 - 5W40 ganti antara 13 - 15 rb km sekali (ga lebih dr 12 bulan) dgn filter oli ganti di 10 rb Km
Punya om turbo kalau di jual kyknya yg ngantri pasti banyak..perawatannya :big_exellent:
gnki diesel kopling jadi kuda harian :mky_07:
User avatar
Xous
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1239
Joined: 16 Nov 2009, 13:20
Location: Surabaya

Re: Long term Review 10 years kijang innova gen 1

Post by Xous »

253 on going. 05 D4d v at. Silver. Cm ganti olie 15w40 macam repsol petronas or eneos. Semi syn. Per 5 ribu.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Long term Review 10 years kijang innova gen 1

Post by DOHC »

irit bener odo nya... jarang2 tuh ipah bensin dgn odo sgitu dgn taon sgitu jg... kcuali wara wiri ke showroom...

ipah bensin ane, odo 150an rebu, malah ud 2 kali ganti kopling set, seal ulang timing cover dan jalur2 oli beserta coolant nya, ama ganti ban 2 kali... sisanya, fast moving standard.... suara mesin jg masi alus, pake oli 5-30 ga masalah... emang dasar mobil robust...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
sirahngelu
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 336
Joined: 27 Mar 2014, 03:34
Location: Surabaya

Re: Long term Review 10 years kijang innova gen 1

Post by sirahngelu »

martinnn wrote:Ini adalah kijang innova kepunyaan bokapnya pacar ogut, beli baru dari 2005, sampai sekarang semua masih standar, full orisinil, cuma pasang kaca film 3m aja :mky_01:


Kilometer per desember 2015, masih rendah karena boros jadi males pake apalagi dalkot cuma dapet 1:8 max :mky_01:

Image


penampakannya

Image

Kenapa ya saya suka banget dengan tampilan innova gen 1 ini, simple gitu garis design-nya.
begitu facelift tambah rumit tampilan depan dan belakangnya.

Code: Select all

opensource enthusiast.

Gigsganix
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 83
Joined: 13 Mar 2015, 03:33

Re: Long term Review 10 years kijang innova gen 1

Post by Gigsganix »

setubuh sama d atas
kagum bgt sm innova yg dlu

nenek sy pny innova (yg bawa supirnya) - 08 km, 100rban +/-
smua masi bagus, top dah
pgn d bawa shari2, sayangnya sayanya ga kuat injek kopling lama2

+lebi demen stir yg innova jaman dlu drpd yg GNKI (pencet klakso dket)
skian :big_deal:
User avatar
touchme
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: 11 Jun 2015, 20:50

Re: Long term Review 10 years kijang innova gen 1

Post by touchme »

Mobil yang sangat robust hingga saat ini 260rb++ km

tidak pernah ketemu kerusakan berarti sejak baru. tapi seiring pemakaian ya ada aja yang afkir walopun ndak major.. anehnya justru printilan yang jarang dipake n dipegang yang malah rusak.

share penyakit 05 v bensin mt saya yang masih eksis sampe sekarang
* shift knob oblak. --->penyakit ipah mt gen ini
1 kulit pembungkus setir ngelotok
2 puteran seat height adjuster patah
3 kisi ac 2nd row sebelah kiri copot
4 lampu led asbak, tombol defogger, ring led lighter, dan ring led kunci kontak mati, dimmer lampu plafond depan juga tidak berfungsi..jadi lampu langsung nyala/mati dari yang sebelumnya bisa meredup secara perlahan.
5 baru-baru ini pw belakang kanan kiri entah kenapa mati bersamaan. dicek saklar dan kelistrikan ok,divonis motor pw yang tiwas.

mungkin om2 sekalian ada info bengkel yang recomend untuk memperbaiki no 4&5?
User avatar
gils
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 532
Joined: 04 Jun 2013, 01:49
Location: Jakarta-Bandung (via Tol)
Daily Vehicle: 2009 Toyota Vellfire

Re: Long term Review 10 years kijang innova gen 1

Post by gils »

tahun 2007 juga pernah punya Innova G a/t Bensin beli baru, dipakai 3-4 tahun buat harian ngider kota jkt n luar kota dgn odometer sebelum di jual 160ribuan, sama sekali gada masalah apa apa.. servis rutin aza n pernah ganti shock belakang 1 set, sisa nya aman sentosa...
For everything, there is a season, there is a reason...

2009 Toyota Vellfire
2010 Honda Jazz RS
quyquy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: 08 Dec 2015, 23:08

Re: Long term Review 10 years kijang innova gen 1

Post by quyquy »

Setelah lama menjadi silent rider, akhirnya ikutan nimbrung aaah..

Di rumah ada Innova Gen 1 tipe G tahun 2005. Jarang dipake. Kilometer masih 65.000.

Selama ini yg diganti cuma oli, busi, shok baru satu kali gnt (smua gnt pake kyb std aja n murmer dibawah satu 1,5 jt), kampas kopling set, ama kampas rem.

Alhamdulillah belum ada problem sama sekali.

Oiya just remainder, innova gen 1 ini masiv pake CO2 adjuster. Jd enak, mau setel boros atau irit bensin tinggal puter2 potensiometernya aja. Pernah coba setel paling irit, luar kota bisa 1:12 pake premium aja dng kondisi full penumpang n barang trs jalanan rame karena pas mudik lebaran.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long term Review 10 years kijang innova gen 1

Post by ChZ »

Wah masih full original, sama kayak punya temen saya.

Punya temen saya 2004 tipe V Manual juga original.

Ada temen barusan angkut 2005 tipe V Manual, headlamp sebelah ngembun, shift knob oblak, terakhir putaran kipasnya agak lemah. Tapi overall masih cukup kuat untuk ukuran mobil berusia 10 tahun.

Irit FCnya.... bisa 15.6 km/l :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3139
Joined: 30 Mar 2013, 07:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Long term Review 10 years kijang innova gen 1

Post by walid_007 »

Ac nya innova lama lama hembusan udaranya kecil.. sampe kipas di set di paling keras juga masih sepoi sepoi

Oh iya yg gen 1 ini posisi duduk nya lebih tinggi drpd yg fl fl.. tah perasaan sy salah atau gimana .tp bbrp pada bilang begitu d rumah
engine roaring!
quyquy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: 08 Dec 2015, 23:08

Re: Long term Review 10 years kijang innova gen 1

Post by quyquy »

walid_007 wrote:Ac nya innova lama lama hembusan udaranya kecil.. sampe kipas di set di paling keras juga masih sepoi sepoi

Oh iya yg gen 1 ini posisi duduk nya lebih tinggi drpd yg fl fl.. tah perasaan sy salah atau gimana .tp bbrp pada bilang begitu d rumah
Dulu saya dapat kabar kalo seri FL atau generasi 2 ke atas, deknya bawah lebih tinggi sehingga kaki kita nggak ngegantung di jok alias posisi duduknya lebih landai.

Berita ini saya dapat dari teknikal TAMnya waktu saya test drive Innova generasi 2 alias euro 2 pertama kali di launching. Lokasi Test drivenya di lapangan komplek AU dkt kalibata waktu itu *lupa namanya.

Kabar itu gak di sebar luaskan ke masyarakat.

Tujuannya dek lebih tinggi agar waktu melewati genangan air, airnya gak mudah masuk ke kabin.
User avatar
grandis_GT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1550
Joined: 26 Aug 2012, 19:36
Location: Riau
Contact:

Re: Long term Review 10 years kijang innova gen 1

Post by grandis_GT »

wahh , ipah gen 1 nya masih kinclong , saran jangan di jual om , harga tawarnya bikin shock :frm_bang_head:
btw,, nyari ipah 2.7 V lebih sulit daripada nyari BMW E39 yg masih sehat :mrgreen:
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1958
Joined: 01 Jan 2007, 09:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Long term Review 10 years kijang innova gen 1

Post by alvin23 »

wah itu odonya terlalu irit... kategori garage queen hehe...
punya ane persis sama, G MT warna pun sama Light Green Mica Metalic... ane bingung kok pada gasuka ampe discontinue warna itu, padahal menurut ane ama bokap ni warna unik. seperti "bunglon" hehe kadang silver kadang hijau

oli mesran ga terlalu kejam bro? ane sih dulu pakein prima xp, harganya ga jauh beda, dan lebih bagus...

konsumsi BBM? Cruising aja 1:9,5 km, gimana dalkot haha
Rocky R ADS CVT 2021
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Long term Review 10 years kijang innova gen 1

Post by DOHC »

wahh ternyata ane tralu manjain ipah ane... ampe bela2in kasi oli full syn sgala, 5-30 pula...

btw, kl lampu led asbak, ring lighter ama ring kunci pad mati, coba cek sekering di sebelah aki, ane lupa namanya, tp amp kecil 7.5 doank, itu kl putus bsa lgs mati jamaah tuh lampu2 plafon dimmer nya dan ring2 imut2 tsb...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: 31 Dec 2012, 12:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Long term Review 10 years kijang innova gen 1

Post by amfibi »

alvin23 wrote:wah itu odonya terlalu irit... kategori garage queen hehe...
punya ane persis sama, G MT warna pun sama Light Green Mica Metalic... ane bingung kok pada gasuka ampe discontinue warna itu, padahal menurut ane ama bokap ni warna unik. seperti "bunglon" hehe kadang silver kadang hijau

oli mesran ga terlalu kejam bro? ane sih dulu pakein prima xp, harganya ga jauh beda, dan lebih bagus...

konsumsi BBM? Cruising aja 1:9,5 km, gimana dalkot haha
Wuidii ane juga seneng sama light green ini, kalo liat di jalan kyk adem gitu wkwk... :mky_02:
Tp ya gimana masyarakat indonesia mah mayoritas demennya warna2 bosenin eh maksudnya pasaran (item putih abu abu silver) :upss:

=====

Ane juga ada sih innova, tp yg 2007 euro2 wkwkwk, melenceng dikit...
Odometer skrg 250 ribu gituan deh, mobilnya lg direntalin sejak 2012 tp januari '16 balik lg ...

Sejauh ini ga pernah ada problem2 gitu, cuma baru bulan2 ini aja ganti set radiator krn bocor, sama bearing roda minta diganti krn udh dengung, udah sih itu aja kuat bgt nih mobil :mky_02:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long term Review 10 years kijang innova gen 1

Post by ChZ »

My friend's Innova 2.0 V M/T :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:

Image

Shift dibawah 2000 RPM, cruise on neutral... :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:

Siapa bilang Innova petrol boros? :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
new_shogun
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: 31 Aug 2007, 23:58

Re: Long term Review 10 years kijang innova gen 1

Post by new_shogun »

ngomongin innova gen1 jadi tergelitik ikut komen :big_smile]

kebetulan kantor ane fleet nya pake innova 2.0 E mt 2005 warna biru tua. beberapa saat lalu driver accident motor jadi ga bisa nyetir dan ane dipercaya bawa mobil ini buat operasional sama bos selama sebulan. kesannya antara lain :

+ robust. driver bawanya asal2an rpm gerung2 di 5k dan hajar2 lubang, mesin dan kaki2 masih awet
+ mesin alus baik suara maupun getarannya saat idle
+ interior masih utuh walaupun sudah 10th dan dipake byk orang. paling lecet2 di handle pintu
+ interior kerasa solid dan kedap. dibnding avanza G vvti 2011 pun keliatan beda kelas.
+ suspensi nyaman di jalan jelek, kondisi jalanan rusak mampu teredam dengan baik

- since seri e masih single blower, kalo siang kaya sauna. udah gitu unit control ac ane nampaknya sudah afkir, blower nyala tp kompresornya ga jadi keluar angin doang
- tranny masih kaya kijang 5k atau corolla DX. suaranya klik2 kalo dioper dan tuas serta operannya panjang, kurang akurat bwt sruntulan :big_bored:
- kopling berat bikin males kalo oper2 gigi apalagi macet2an :big_cry:
- limbung. limbung. limbung
- kalo di gas dalem (pas nyalip) suara khasnya gen1 muncul dari knalpot. ngooookkk.. gitu
- setir walaupun udah PS kerasa berat. nggak seringan avanza. masih ringan LGX 2003 perasaan
- bensin serasa bocor alus :big_slap:

bagaimanapun, mobil ini sangat reliabel hingga ane sempat kepincut buat beli satu tipe G 04/05. tapi mengingat konsumsi bensin, pajak, dan usia uzur, sementara diurungkan. kelak pengen beli GNKI pre dono 2.5 V matic. i've got a crush on this panzer :big_comfort:
quyquy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: 08 Dec 2015, 23:08

Re: Long term Review 10 years kijang innova gen 1

Post by quyquy »

ChZ wrote:My friend's Innova 2.0 V M/T :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:

Image

Shift dibawah 2000 RPM, cruise on neutral... :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:

Siapa bilang Innova petrol boros? :ngacir:
Jadi kuncinya gnt gear dibawah 2000 rpm lalu gas diurut alus ya Om?
User avatar
touchme
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: 11 Jun 2015, 20:50

Re: Long term Review 10 years kijang innova gen 1

Post by touchme »

DOHC wrote:wahh ternyata ane tralu manjain ipah ane... ampe bela2in kasi oli full syn sgala, 5-30 pula...

btw, kl lampu led asbak, ring lighter ama ring kunci pad mati, coba cek sekering di sebelah aki, ane lupa namanya, tp amp kecil 7.5 doank, itu kl putus bsa lgs mati jamaah tuh lampu2 plafon dimmer nya dan ring2 imut2 tsb...
Thx u um,ntar tak cb cek deh
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: 24 Apr 2015, 04:57

Re: Long term Review 10 years kijang innova gen 1

Post by dieselman228 »

walid_007 wrote:Ac nya innova lama lama hembusan udaranya kecil.. sampe kipas di set di paling keras juga masih sepoi sepoi

Oh iya yg gen 1 ini posisi duduk nya lebih tinggi drpd yg fl fl.. tah perasaan sy salah atau gimana .tp bbrp pada bilang begitu d rumah
Iya om bener lebih tinggi gen 1 ini..sy bandingin ipah 2005 sy sama yg 2014 enakan duduk di yg 2005 lbh tinggi..
gnki diesel kopling jadi kuda harian :mky_07:
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post