Review : Suzuki Grand Vitara 2.0 Manual 2009/2010 (Facelift)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Review : Suzuki Grand Vitara 2.0 Manual 2009/2010 (Facelift)
Halo SMers, sebelomnya ane mau ucapin minal aidzin walfaidzin, selamat hari raya idul fitri 1436 hijriah
Kali ini mau nyumbang review sebuah SUV dari Suzuki, yang sayangnya udah discontinue ... Yuk lanjut
Semoga membantu meramaikan SM
=====
Grand Vitara ... Mobil ini termasuk generasi ke-tiga, penerus dari VES (Vitara Escudo Sidekick) & Escudo yg sebelomnya ramai beredar di Indonesia ...
Yang ane demen, hingga generasi terakhir ini, masih mempertahankan penggerak roda belakang yg tentunya DNA suv asli banget
Di Indonesia, mobil ini ditawarkan dalam pilihan mesin 2.0 dgn trim JX MT dan JLX MT/AT saat pertama diluncurkan, & baru belakangan dikasih mesin 2.4. Selama masa hidupnya ada kalo ga salah 2x facelift, yg unit ini facelift pertama, sedangkan facelift kedua jadi CBU jepang & mesin 2.4 aja ...
Unit yang ane test ini type JLX manual, versi facelift (dengan tambahan climate control air con, interior warnanya jd full black, dsb yg ane kurang ngerti juga)
=====
Kesan pertama, GAGAH !
Bener2 boxy, simple but tough, ga berlekuk2 dramatis, mencerminkan buat SUV perang banget deh.
Kalo sukanya model2 modis ala CRV gen3 gen4 or dsb, mungkin ga akan suka sama exterior nih mobil ... Tapi kalo suka SUV yg clean & gagah, pasti demen ama GV
Bodinya kompak, dengan proporsi yg proportional di segala sisi, ga ada sisi yg aneh lah, jatohnya sih plain tp malah long lasting...
Bannya tebel dgn ukuran velg ga gitu besar, menarik buat libas jalan jelek sepertinya
Masuk bagian belakang, masih kental banget aura SUV perang nya dgn pintu bukaan samping & 'konde' yg menghiasi bagasi, mungkin beberapa orang ga demen ada konde kondean gini, tp ane pribadi sih suka banget banget.
Ga banyak yg bisa dikomentarin soal desain, paling "agak agak" mirip sama range rover evoque aja siluet sampingnya, simple tp gagah lah pokoknya
====
Masuk ke interior, dihiasi warna hitam dengan aksen silver di tengah, menurut ane lebih baik daripada pre-FL yg warna terang...
Desainnya juga ga ada yg fancy, semua simple spartan kokoh & fungsional...
Yang pertama ane notice pas nyentuh dash, bahannya agak murahan, full hard plastic namun kurang solid, biarpun masih mending daripada pre-fl yg pas diliat aja langsung ketauan murahan nya ...
Paling yang lumayan nambah sisi mewahnya ada di doortrim yg bagian atasnya bahannya sudah soft touch, sedangkan sisanya plastic yg lagi2 biasa aja...
Oiya setir nya lumayan juga sudah kulit & ada tombol2, dipegangnya juga enak serta ukurannya pas
Desain instrumen cluster simple, tapi manis juga dgn backlight putih & tampilan MID nya juga rapih dgn layar dot matrix yg mudah dipandang ...
MID nya ada pilihan AVG FC, realtime FC, & Range ...
Bagian tengah diisi dgn head unit integrated & AC digital climate, yang cukup mudah dioperasikan. Keren sih udah integrated gini HU nya jadinya rapih, tapi pribadi kurang suka sama warna layar nya yg merah gitu, rasanya kurang adem & mewah hehe ...
AC nya sendiri cepet dinginnya, ampuh lah buat menghadapi panasnya Jakarta yg siang2 ini 38c ...
Audio, nah ini sayangnya menyedihkan Suaranya mendem, lack of detail, lack of macem2 lah ga enak bgt
Joknya udah pake kulit asli, tapi kualitasnya biasa banget, yah seengganya mending drpd fabric or sintetic doang
Kontur jok lumayan nyaman buat didudukin berlama2, buat ane yg 184cm/75kg ga kerasa kekecilan, pas deh ...
Bingkai chrome di sekitar manual shifternya agak kurang gimanaa gitu. Di samping kiri kanan nya ada 12v & lighter ...
Tuasnya sendiri nyaman dioperasikan & digenggam...
Di bagian atas ada 2 lampu kabin & tempat kacamata ...
System start nya udah keyless, jadi tinggal kantongin remote nya aja, trus geser knob starternya kyk mobil start pake kunci biasa, hanya saja tanpa kunci ... Nice
Ukuran spionnya gede, nyaman buat dipake mantau belakang ... & ada spion juga di moncong sebelah kiri, bantu bgt juga buat mantau bagian bawah
Visibilitas ke depan samping & belakang oke, ke depan bisa liat moncong dgn jelas, ke belakang juga bisa dipantau spion tengah dgn jelas...
Bagasi ukurannya biasa aja, tapi buat ngangkut barang2 harian or koper2 masih masih muat lah
Ruang belakang, juga biasa aja dibandingkan SUV lain, walau masih lebih lega dikit dari Xtrail T30 sih ... Jok belakang nyaman diduduki, bisa disetel lumayan rebah juga, ada armrest namun kecil ukurannya jd cuma muat buat 1 tangan ...
Ruang kaki belakang masih ada sisa lumayan pas didudukin ane yg tinggi 184, posisi jok depan normal ...
Overall, kabinnya cukup nyaman buat dihuni, biarpun lack of lux element, tapi fungsional abis, ga ada hal yg bikin susah di dalem ...
====
Sesi test drive dimulai ...
Nyalain mesin cukup puter knob aja, ga usah pake kunci2an (tapi belom start-stop button). Nyalanya cepet, suara start ga cempreng ala honda, & mesin cukup tenang tp suaranya agak berat ... Getaran masih oke ga kerasa2 banget
Koplingnya empuk, jarak mainnya juga pas, buat ngopling ga ribet deh. Parkir cukup pake kopling-rem-kopling-rem aja, ga perlu tambah gas selama jalannya datar.
Shifter lumayan alot tapi nyaman aja sih dipakenya mah, jarak antar giginya jg ga gitu berjauhan ala innova/panther, jd pindah2 gigi ga repot
Masuk gigi 1, mobil melaju dengan mulus, torsi terasa lumayan di bawah... pas dilepas gas ga ada acara sedut2 ala manual CC kecil ... Manteb deh smooth.
Dipake dalkotan, ga terasa jerky or apapun, enak deh manual mobil ini, dapet jempol dr ane
Pas di kickdown, yah karna ini varian 2.0 dgn mesin J20A (140hp @6000rpm) dan RWD lagi, ga kerasa apa2, tenaga sih keluar tapi dalam kategori cukup aja, ga ada ampe narik badan ...
Mobil cuma ane test di dalem kota aja di sekitaran tangsel, & tenaga yg dihasilkan cukup buat dalkotan mah, ga berlebih ga kurang juga. Cukup pake gigi 2-3 udh nyaman melaju
Suara mesinnya enak juga, ga berasa cempreng, cukup berat lah lumayan buat didenger pas rpm rada tinggi mah
Gasnya lembut, ga meledak2, begitu juga remnya yg dalem tp pakem, ane suka bgt nih karakter begini, mewah & nyaman
Stir... Nah ini dia bagian yang ane penasaran banget dari dulu, liat2 di SM katanya sih seberat ngangkat barbel. Mumpung lagi pegang GV di depan mata, sekalian test ah apa bener, dan rupanya...
...Ga ada berat2nya
Aduh ini mah 2x lebih ringan dari RAV4 '00 ane dulu & Lancer CK4, kira2 seringan camry 3.0V 2003 ane. Diputar pas parkir pake tangan sebiji aja masih kuat, & pas jalan cukup ringan nyaman deh pas beratnya buat dalkotan.
Jadinya bingung kok bisa dibilang begini seberat barbel
Feedbacknya sendiri cukup, masih jauh lebih berfeedback RAV4 ane dulu sih, tapi ini sudah cukup lah, toh SUV ini ngapain juga harus stering yg super alive ...
Sayangnya ada 1 poin yg buat ane down bgt, yaitu bantingannya yang ....
Gerobak bgt Buat pengemudi aja udah keras pas libas jalan jelek yg biasa2 aja, apalagi penumpang. Wah kalo punya keluarga ato sering bawa penumpang yg utama gitu ga rekomen deh mobil ini, kerasnya amit2
Meskipun bantingan super duper keras ini bikin jd lincah, ga berasa kapal ombang ambing kyk X-trail T30 ...
FC mobil ini buat dalkot ane dapet 1:9 (by MID) dengan bensin premium, unit berkondisi sehat & odo tembus 80.000an KM ...
Denger2 sih di matic jauh lebih boros lagi dari 1:9
====
Kesimpulannya, SUV suzuki ini oke banget deh kalo buat disetir sendiri mah, udah gagah bentuknya, dalemnya fungsional, terkenal ga rewel, cukup lincah, buat kotaan enak lah dan harusnya buat lukot dgn karakternya yg halus namun manteb gt juga enak ...
Cuma pesen ane, jangan beli ini kalo sering bawa penumpang misal istri hamil ato anak kecil, or orangtua. Dijamin ngeluh semua bakalan sama bantingannya yg haduh
Soalnya libas jalan jelek as driver aja pantat udah lumayan sakit ...
Kalo mau komparasi, ane cuma ada pengalaman sama Xtrail 2.5 2005, mungkin bisa dijadikan gambaran VS grand vitara ini :
-Xtrail lebih limbung & males gerak dari GV
-Xtrail jelas lebih boros dr GV 2.0 manual (dalkot premium 1:6 vs 1:9)
-Naikan jauh lebih nyaman xtrail kemana2, di xtrail ga ada cerita kebanting2, tp kenyamanan duduk di dalem sih sama aja...
-Audio std walaupun xtrail biasa aja tp jauh lebih baik daripada GV
-AC lebih dingin GV banget
-Visibilitas sama2 baik, tapi GV lebih gampang buat liat ke depan
-Stir berat & feelnya mirip2
-Rem & gas sama2 halus
-Reliability pastinya GV ninggalin xtrail kemana2...
====
Sekian review dari ane, semoga membantu barangkali ada yg butuh referensi tentang GV, thx sudah baca & maaf kalo ada kesalahan2 kata & informasi.... barangkali ada yg mau nambahin juga pengalamannya sama GV baik dr test drive/as owner
Kali ini mau nyumbang review sebuah SUV dari Suzuki, yang sayangnya udah discontinue ... Yuk lanjut
Semoga membantu meramaikan SM
=====
Grand Vitara ... Mobil ini termasuk generasi ke-tiga, penerus dari VES (Vitara Escudo Sidekick) & Escudo yg sebelomnya ramai beredar di Indonesia ...
Yang ane demen, hingga generasi terakhir ini, masih mempertahankan penggerak roda belakang yg tentunya DNA suv asli banget
Di Indonesia, mobil ini ditawarkan dalam pilihan mesin 2.0 dgn trim JX MT dan JLX MT/AT saat pertama diluncurkan, & baru belakangan dikasih mesin 2.4. Selama masa hidupnya ada kalo ga salah 2x facelift, yg unit ini facelift pertama, sedangkan facelift kedua jadi CBU jepang & mesin 2.4 aja ...
Unit yang ane test ini type JLX manual, versi facelift (dengan tambahan climate control air con, interior warnanya jd full black, dsb yg ane kurang ngerti juga)
=====
Kesan pertama, GAGAH !
Bener2 boxy, simple but tough, ga berlekuk2 dramatis, mencerminkan buat SUV perang banget deh.
Kalo sukanya model2 modis ala CRV gen3 gen4 or dsb, mungkin ga akan suka sama exterior nih mobil ... Tapi kalo suka SUV yg clean & gagah, pasti demen ama GV
Bodinya kompak, dengan proporsi yg proportional di segala sisi, ga ada sisi yg aneh lah, jatohnya sih plain tp malah long lasting...
Bannya tebel dgn ukuran velg ga gitu besar, menarik buat libas jalan jelek sepertinya
Masuk bagian belakang, masih kental banget aura SUV perang nya dgn pintu bukaan samping & 'konde' yg menghiasi bagasi, mungkin beberapa orang ga demen ada konde kondean gini, tp ane pribadi sih suka banget banget.
Ga banyak yg bisa dikomentarin soal desain, paling "agak agak" mirip sama range rover evoque aja siluet sampingnya, simple tp gagah lah pokoknya
====
Masuk ke interior, dihiasi warna hitam dengan aksen silver di tengah, menurut ane lebih baik daripada pre-FL yg warna terang...
Desainnya juga ga ada yg fancy, semua simple spartan kokoh & fungsional...
Yang pertama ane notice pas nyentuh dash, bahannya agak murahan, full hard plastic namun kurang solid, biarpun masih mending daripada pre-fl yg pas diliat aja langsung ketauan murahan nya ...
Paling yang lumayan nambah sisi mewahnya ada di doortrim yg bagian atasnya bahannya sudah soft touch, sedangkan sisanya plastic yg lagi2 biasa aja...
Oiya setir nya lumayan juga sudah kulit & ada tombol2, dipegangnya juga enak serta ukurannya pas
Desain instrumen cluster simple, tapi manis juga dgn backlight putih & tampilan MID nya juga rapih dgn layar dot matrix yg mudah dipandang ...
MID nya ada pilihan AVG FC, realtime FC, & Range ...
Bagian tengah diisi dgn head unit integrated & AC digital climate, yang cukup mudah dioperasikan. Keren sih udah integrated gini HU nya jadinya rapih, tapi pribadi kurang suka sama warna layar nya yg merah gitu, rasanya kurang adem & mewah hehe ...
AC nya sendiri cepet dinginnya, ampuh lah buat menghadapi panasnya Jakarta yg siang2 ini 38c ...
Audio, nah ini sayangnya menyedihkan Suaranya mendem, lack of detail, lack of macem2 lah ga enak bgt
Joknya udah pake kulit asli, tapi kualitasnya biasa banget, yah seengganya mending drpd fabric or sintetic doang
Kontur jok lumayan nyaman buat didudukin berlama2, buat ane yg 184cm/75kg ga kerasa kekecilan, pas deh ...
Bingkai chrome di sekitar manual shifternya agak kurang gimanaa gitu. Di samping kiri kanan nya ada 12v & lighter ...
Tuasnya sendiri nyaman dioperasikan & digenggam...
Di bagian atas ada 2 lampu kabin & tempat kacamata ...
System start nya udah keyless, jadi tinggal kantongin remote nya aja, trus geser knob starternya kyk mobil start pake kunci biasa, hanya saja tanpa kunci ... Nice
Ukuran spionnya gede, nyaman buat dipake mantau belakang ... & ada spion juga di moncong sebelah kiri, bantu bgt juga buat mantau bagian bawah
Visibilitas ke depan samping & belakang oke, ke depan bisa liat moncong dgn jelas, ke belakang juga bisa dipantau spion tengah dgn jelas...
Bagasi ukurannya biasa aja, tapi buat ngangkut barang2 harian or koper2 masih masih muat lah
Ruang belakang, juga biasa aja dibandingkan SUV lain, walau masih lebih lega dikit dari Xtrail T30 sih ... Jok belakang nyaman diduduki, bisa disetel lumayan rebah juga, ada armrest namun kecil ukurannya jd cuma muat buat 1 tangan ...
Ruang kaki belakang masih ada sisa lumayan pas didudukin ane yg tinggi 184, posisi jok depan normal ...
Overall, kabinnya cukup nyaman buat dihuni, biarpun lack of lux element, tapi fungsional abis, ga ada hal yg bikin susah di dalem ...
====
Sesi test drive dimulai ...
Nyalain mesin cukup puter knob aja, ga usah pake kunci2an (tapi belom start-stop button). Nyalanya cepet, suara start ga cempreng ala honda, & mesin cukup tenang tp suaranya agak berat ... Getaran masih oke ga kerasa2 banget
Koplingnya empuk, jarak mainnya juga pas, buat ngopling ga ribet deh. Parkir cukup pake kopling-rem-kopling-rem aja, ga perlu tambah gas selama jalannya datar.
Shifter lumayan alot tapi nyaman aja sih dipakenya mah, jarak antar giginya jg ga gitu berjauhan ala innova/panther, jd pindah2 gigi ga repot
Masuk gigi 1, mobil melaju dengan mulus, torsi terasa lumayan di bawah... pas dilepas gas ga ada acara sedut2 ala manual CC kecil ... Manteb deh smooth.
Dipake dalkotan, ga terasa jerky or apapun, enak deh manual mobil ini, dapet jempol dr ane
Pas di kickdown, yah karna ini varian 2.0 dgn mesin J20A (140hp @6000rpm) dan RWD lagi, ga kerasa apa2, tenaga sih keluar tapi dalam kategori cukup aja, ga ada ampe narik badan ...
Mobil cuma ane test di dalem kota aja di sekitaran tangsel, & tenaga yg dihasilkan cukup buat dalkotan mah, ga berlebih ga kurang juga. Cukup pake gigi 2-3 udh nyaman melaju
Suara mesinnya enak juga, ga berasa cempreng, cukup berat lah lumayan buat didenger pas rpm rada tinggi mah
Gasnya lembut, ga meledak2, begitu juga remnya yg dalem tp pakem, ane suka bgt nih karakter begini, mewah & nyaman
Stir... Nah ini dia bagian yang ane penasaran banget dari dulu, liat2 di SM katanya sih seberat ngangkat barbel. Mumpung lagi pegang GV di depan mata, sekalian test ah apa bener, dan rupanya...
...Ga ada berat2nya
Aduh ini mah 2x lebih ringan dari RAV4 '00 ane dulu & Lancer CK4, kira2 seringan camry 3.0V 2003 ane. Diputar pas parkir pake tangan sebiji aja masih kuat, & pas jalan cukup ringan nyaman deh pas beratnya buat dalkotan.
Jadinya bingung kok bisa dibilang begini seberat barbel
Feedbacknya sendiri cukup, masih jauh lebih berfeedback RAV4 ane dulu sih, tapi ini sudah cukup lah, toh SUV ini ngapain juga harus stering yg super alive ...
Sayangnya ada 1 poin yg buat ane down bgt, yaitu bantingannya yang ....
Gerobak bgt Buat pengemudi aja udah keras pas libas jalan jelek yg biasa2 aja, apalagi penumpang. Wah kalo punya keluarga ato sering bawa penumpang yg utama gitu ga rekomen deh mobil ini, kerasnya amit2
Meskipun bantingan super duper keras ini bikin jd lincah, ga berasa kapal ombang ambing kyk X-trail T30 ...
FC mobil ini buat dalkot ane dapet 1:9 (by MID) dengan bensin premium, unit berkondisi sehat & odo tembus 80.000an KM ...
Denger2 sih di matic jauh lebih boros lagi dari 1:9
====
Kesimpulannya, SUV suzuki ini oke banget deh kalo buat disetir sendiri mah, udah gagah bentuknya, dalemnya fungsional, terkenal ga rewel, cukup lincah, buat kotaan enak lah dan harusnya buat lukot dgn karakternya yg halus namun manteb gt juga enak ...
Cuma pesen ane, jangan beli ini kalo sering bawa penumpang misal istri hamil ato anak kecil, or orangtua. Dijamin ngeluh semua bakalan sama bantingannya yg haduh
Soalnya libas jalan jelek as driver aja pantat udah lumayan sakit ...
Kalo mau komparasi, ane cuma ada pengalaman sama Xtrail 2.5 2005, mungkin bisa dijadikan gambaran VS grand vitara ini :
-Xtrail lebih limbung & males gerak dari GV
-Xtrail jelas lebih boros dr GV 2.0 manual (dalkot premium 1:6 vs 1:9)
-Naikan jauh lebih nyaman xtrail kemana2, di xtrail ga ada cerita kebanting2, tp kenyamanan duduk di dalem sih sama aja...
-Audio std walaupun xtrail biasa aja tp jauh lebih baik daripada GV
-AC lebih dingin GV banget
-Visibilitas sama2 baik, tapi GV lebih gampang buat liat ke depan
-Stir berat & feelnya mirip2
-Rem & gas sama2 halus
-Reliability pastinya GV ninggalin xtrail kemana2...
====
Sekian review dari ane, semoga membantu barangkali ada yg butuh referensi tentang GV, thx sudah baca & maaf kalo ada kesalahan2 kata & informasi.... barangkali ada yg mau nambahin juga pengalamannya sama GV baik dr test drive/as owner
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12275
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Review : Suzuki Grand Vitara 2.0 Manual 2009/2010 (Facelift)
Nice review om...
Mau nanya om, grand vitara ini klo dibanding innova beratan mana om? Secara nubie pernah nyobain CK4 om, menurut nubie sendiri sih masi tergolong oke lah, gak berat bgt...
Makasih om
Mau nanya om, grand vitara ini klo dibanding innova beratan mana om? Secara nubie pernah nyobain CK4 om, menurut nubie sendiri sih masi tergolong oke lah, gak berat bgt...
Makasih om
2021 Fortuner VRZ
-
- SM Specialist
- Posts: 15530
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review : Suzuki Grand Vitara 2.0 Manual 2009/2010 (Facelift)
Kalo soal bantingan dll gmw komen ah, paling utama soal setir sih... Saya pake 3 thn berasa berat... Saya jd curiga, 2.0 ini EPS apa HPS sih? Jgn2 kya CR-V RE... 2.0 EPS 2.4 HPS... Soalnya beneran deh, saya bw 2.4 jauh lebih berat dibanding CR-V 2.4 / Harrier sekalipun...
Dan itu unitnya kan velg nya 17inch mungkin berpengaruh jg... Saya 2.4 kan pakai 18inch... Secara velg OEM ini cukup berat loh... Saya pernah angkat sendiri velg aslinya CR-V 2.4 Prestige ya lumayan berat...
Sebenernya banyak point yang saya g setuju... tapi yo wes lah... Lg idul fitri... minal aidin ye
Saya si masih kepengen Grand Vitara 2.4 Facelift 2013 ... CBU Japan bok... Sekennya nyungsep, boleh buat suatu saat gantiin crossover boyo saya..
Dan itu unitnya kan velg nya 17inch mungkin berpengaruh jg... Saya 2.4 kan pakai 18inch... Secara velg OEM ini cukup berat loh... Saya pernah angkat sendiri velg aslinya CR-V 2.4 Prestige ya lumayan berat...
Sebenernya banyak point yang saya g setuju... tapi yo wes lah... Lg idul fitri... minal aidin ye
Saya si masih kepengen Grand Vitara 2.4 Facelift 2013 ... CBU Japan bok... Sekennya nyungsep, boleh buat suatu saat gantiin crossover boyo saya..
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12275
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Review : Suzuki Grand Vitara 2.0 Manual 2009/2010 (Facelift)
Hmm begitu ya.. Berarti utk ukuran stir hidrolis (cmiiw) cukup ringan ya..
2021 Fortuner VRZ
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Review : Suzuki Grand Vitara 2.0 Manual 2009/2010 (Facelift)
Wkwkwk yang jelas ga ada barbel barbelnya ini stir, manteb bgt buat dalkotan & buat parkir jg masih enakChZ wrote:Hehehe... Kalau patokan setir berat Innova, ya GV gak ada berat-beratnya sama sekali dong... Berat kan dulu saya bandinginnya sama CR-V 2.4 RE/Harrier yang sama-sama hidrolis... Terus waktu itu masih ada X-Trail T31 yang seringan kapas setirnya.
Dan itu unitnya kan velg nya 17inch mungkin berpengaruh jg... Saya 2.4 kan pakai 18inch... Secara velg OEM ini cukup berat loh... Saya pernah angkat sendiri velg aslinya CR-V 2.4 Prestige ya lumayan berat...
Klw oom gak percaya ya sudahlah... aku mah apa atuh... Tangan saya mungkin yang loyo habis fitnessan jadi pegang setir GV aja berat...
Kalo soal bantingan dll gmw komen ah tar rusuh, aslinya saya banyak point yg ga setuju jg, tapi yo wes lah... Lg idul fitri... minal aidin ye
Saya si masih kepengen Grand Vitara 2.4 Facelift 2013 ... CBU Japan bok... Sekennya nyungsep, boleh buat suatu saat gantiin crossover boyo saya..
kalo velg sih dulu di innova ganti dr 15 in ke 19 in, rav4 dari 19 in ke 16 in std nya, perubahan beratnya kasat aja kok, ga gitu drastis ampe bikin jd berasa ringan bgt abis ganti yg kecilan ...
GV CBU oke jg, pernah duduk2 kabinnya lebih bagus qualitynya drpd yg ini ...
Iyaaricz wrote:Hmm begitu ya.. Berarti utk ukuran stir hidrolis (cmiiw) cukup ringan ya..
Kalo dibanding innova, lebih berat dikit innova sih, tp pas jalan kerasa lebih ringan & agile GV lagi tp (jelas dong orang MPV ladder mah wajar setirnya kurang lincah & lebih berat) ...
-
- SM Specialist
- Posts: 15530
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review : Suzuki Grand Vitara 2.0 Manual 2009/2010 (Facelift)
Y itu gw curiga 2.0 masa pke EPS?
Dr deskripsi ente kya pake EPS... Soalnya diem-diem SX4 yang berat jg pake EPS... Setir SX4 sih jauh lebih ringan drpd GV 2.4....
2.4 si gw kerasa berat bgt ngga da ringan-ringannya... Pindah ke Ring 20 tambah sakit lagi muternya
Apalagi klw dibandingin sama X-Trail, nyetir X-Trail itu kya muter kapas... enteng bgt...
Dr deskripsi ente kya pake EPS... Soalnya diem-diem SX4 yang berat jg pake EPS... Setir SX4 sih jauh lebih ringan drpd GV 2.4....
2.4 si gw kerasa berat bgt ngga da ringan-ringannya... Pindah ke Ring 20 tambah sakit lagi muternya
Apalagi klw dibandingin sama X-Trail, nyetir X-Trail itu kya muter kapas... enteng bgt...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Review : Suzuki Grand Vitara 2.0 Manual 2009/2010 (Facelift)
Engga sih, mobil ini hydraulic kok jelas2ChZ wrote:Y itu gw curiga 2.0 masa pke EPS?
Dr deskripsi ente kya pake EPS... Soalnya diem-diem SX4 yang berat jg pake EPS...
2.4 si gw kerasa berat bgt ngga da ringan-ringannya... Pindah ke Ring 20 tambah sakit lagi muternya
Apalagi klw dibandingin sama X-Trail, nyetir X-Trail itu kya muter kapas... enteng bgt...
-
- SM Specialist
- Posts: 15530
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review : Suzuki Grand Vitara 2.0 Manual 2009/2010 (Facelift)
Ya entahlah... Gw si ngerasa GV 2.4 setirnya jauh lebih berat dari CR-V 2.4 yang sama-sama hidrolis, apalagi dibandingin X-Trail yang kyk kapas...
Didebatin g akan selesai, berat/ringan kan relatif... cm kalo dibandingin ama X-Trail y jauh lah... Believe it or not... Gw pakai dulu sehari-hari jd feelingnya hapal masih.
Nunggu second opinion dr user 2.0 jg dah...
Didebatin g akan selesai, berat/ringan kan relatif... cm kalo dibandingin ama X-Trail y jauh lah... Believe it or not... Gw pakai dulu sehari-hari jd feelingnya hapal masih.
Nunggu second opinion dr user 2.0 jg dah...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Review : Suzuki Grand Vitara 2.0 Manual 2009/2010 (Facelift)
Sempet direkam juga, maaf kalo hasilnya jelek, barangkali ada gambaran jdnyaChZ wrote:Ya entahlah... Gw si ngerasa GV 2.4 setirnya jauh lebih berat dari CR-V 2.4 yang sama-sama hidrolis, apalagi dibandingin X-Trail yang kyk kapas...
Didebatin g akan selesai, berat/ringan kan relatif... cm kalo dibandingin ama X-Trail y jauh lah...
Nunggu second opinion dr user 2.0 jg dah...
*kok jadi ribet gini setir doang lhoh padahal
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26907
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Review : Suzuki Grand Vitara 2.0 Manual 2009/2010 (Facelift)
sdikit oot dan nyambungin oot..
perihal setir berat enteng sebenernya bsa di stel koq, apalagi utk mobil2 HPS...
dl montir spooring perna ngasi tau ane, kl berat enteng setir nya itu bsa d stel... tinggal maen in toe in toe out nya aj...
slain itu, faktor2 lain jg berpengaruh, apalagi utk mobil yg nganut double wishbone, kl ball joint ud lemah, djamin setir jd tambah berat...
minyak PS jg kl ud jenuh ngaruh ke berat enteng setirnya...
ane perna cobain sendiri ipah ane dan tetangga ane, sama2 ipah gen 1 bensin (cuman beda manual ama matic)... setir nya ane punya lebi enteng muter nya.. bahkan ampe si empu mobil tetangga ane binggung sendiri knapa bsa beda..
perihal setir berat enteng sebenernya bsa di stel koq, apalagi utk mobil2 HPS...
dl montir spooring perna ngasi tau ane, kl berat enteng setir nya itu bsa d stel... tinggal maen in toe in toe out nya aj...
slain itu, faktor2 lain jg berpengaruh, apalagi utk mobil yg nganut double wishbone, kl ball joint ud lemah, djamin setir jd tambah berat...
minyak PS jg kl ud jenuh ngaruh ke berat enteng setirnya...
ane perna cobain sendiri ipah ane dan tetangga ane, sama2 ipah gen 1 bensin (cuman beda manual ama matic)... setir nya ane punya lebi enteng muter nya.. bahkan ampe si empu mobil tetangga ane binggung sendiri knapa bsa beda..
numpang lewat aja....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Review : Suzuki Grand Vitara 2.0 Manual 2009/2010 (Facelift)
Naah iya mods denger dari ricz jg innova bisa disetel stirnya bisa dibuat lebih ringan lebih berat gtu, baca2 di inet jg sama pakenya mainin toe in toe out hehe ...DOHC wrote:sdikit oot dan nyambungin oot..
perihal setir berat enteng sebenernya bsa di stel koq, apalagi utk mobil2 HPS...
dl montir spooring perna ngasi tau ane, kl berat enteng setir nya itu bsa d stel... tinggal maen in toe in toe out nya aj...
slain itu, faktor2 lain jg berpengaruh, apalagi utk mobil yg nganut double wishbone, kl ball joint ud lemah, djamin setir jd tambah berat...
minyak PS jg kl ud jenuh ngaruh ke berat enteng setirnya...
ane perna cobain sendiri ipah ane dan tetangga ane, sama2 ipah gen 1 bensin (cuman beda manual ama matic)... setir nya ane punya lebi enteng muter nya.. bahkan ampe si empu mobil tetangga ane binggung sendiri knapa bsa beda..
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26907
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Review : Suzuki Grand Vitara 2.0 Manual 2009/2010 (Facelift)
tp ad konsekuensi nya mods... terutama utk lari kenceng d tol...
setir enteng djamin nyetir ipah serasa nyetir panther... geol2 gt... dan tangan ga bsa diem gerak2 in setir mulu, yg ad malah jd cape...
justru resep ipah bsa dibawa flyin low macam si mods whiskas itu yahh krn setir berat nya...
nambahin jg... perihal berat velg... dulu hal ini perna ane diskusiin ama om gelas kupi merah (nescafe), om mario ama om jalu (dedengkot GV jg)... dan konklusi nya adalah, berat pelek sdikit banyak ngaruh ke berat setir..
setir enteng djamin nyetir ipah serasa nyetir panther... geol2 gt... dan tangan ga bsa diem gerak2 in setir mulu, yg ad malah jd cape...
justru resep ipah bsa dibawa flyin low macam si mods whiskas itu yahh krn setir berat nya...
nambahin jg... perihal berat velg... dulu hal ini perna ane diskusiin ama om gelas kupi merah (nescafe), om mario ama om jalu (dedengkot GV jg)... dan konklusi nya adalah, berat pelek sdikit banyak ngaruh ke berat setir..
Last edited by DOHC on Fri Jul 17, 2015 13:09, edited 1 time in total.
numpang lewat aja....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Review : Suzuki Grand Vitara 2.0 Manual 2009/2010 (Facelift)
hahaha iya inget bgt panther gimana setirannya tergantung seringnya pemakaian dimana juga sih ya jdnya, kalo dipake dalkot2 aja setel ke ringan malah enakDOHC wrote:tp ad konsekuensi nya mods... terutama utk lari kenceng d tol...
setir enteng djamin nyetir ipah serasa nyetir panther... geol2 gt... dan tangan ga bsa diem gerak2 in setir mulu, yg ad malah jd cape...
justru resep ipah bsa dibawa flyin low macam si mods whiskas itu yahh krn setir berat nya...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 538
- Joined: Sun May 03, 2015 0:48
Re: Review : Suzuki Grand Vitara 2.0 Manual 2009/2010 (Facelift)
Toe in toe out ini pengaruh ke akurasi dr stir itu sendiri gak ya ? Apakah ini sama dgn yg dimaksud dibuat 'speleng' ?amfibi wrote:Naah iya mods denger dari ricz jg innova bisa disetel stirnya bisa dibuat lebih ringan lebih berat gtu, baca2 di inet jg sama pakenya mainin toe in toe out hehe ...DOHC wrote:sdikit oot dan nyambungin oot..
perihal setir berat enteng sebenernya bsa di stel koq, apalagi utk mobil2 HPS...
dl montir spooring perna ngasi tau ane, kl berat enteng setir nya itu bsa d stel... tinggal maen in toe in toe out nya aj...
slain itu, faktor2 lain jg berpengaruh, apalagi utk mobil yg nganut double wishbone, kl ball joint ud lemah, djamin setir jd tambah berat...
minyak PS jg kl ud jenuh ngaruh ke berat enteng setirnya...
ane perna cobain sendiri ipah ane dan tetangga ane, sama2 ipah gen 1 bensin (cuman beda manual ama matic)... setir nya ane punya lebi enteng muter nya.. bahkan ampe si empu mobil tetangga ane binggung sendiri knapa bsa beda..
Nice review mod btw, pasaran ni mobil yg ancur makin bikin asik juga buat huntingnya, andai bisa sedikit lebih manusiawi bantingannya, tp diharga second yg sama ada d4d menghantui juga.....
2.0 dapet 1:9an mah udah bagus banget ya, pake pertamina rasa jeruk pula
-
- SM Specialist
- Posts: 15530
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review : Suzuki Grand Vitara 2.0 Manual 2009/2010 (Facelift)
Yaaa barangkali toe-in toe-out nya beda ya oom klep... termasuk camber + - juga bisa bikin beda feel setirnya... Ane lupa ada faktor lain...DOHC wrote:sdikit oot dan nyambungin oot..
perihal setir berat enteng sebenernya bsa di stel koq, apalagi utk mobil2 HPS...
dl montir spooring perna ngasi tau ane, kl berat enteng setir nya itu bsa d stel... tinggal maen in toe in toe out nya aj...
slain itu, faktor2 lain jg berpengaruh, apalagi utk mobil yg nganut double wishbone, kl ball joint ud lemah, djamin setir jd tambah berat...
minyak PS jg kl ud jenuh ngaruh ke berat enteng setirnya...
ane perna cobain sendiri ipah ane dan tetangga ane, sama2 ipah gen 1 bensin (cuman beda manual ama matic)... setir nya ane punya lebi enteng muter nya.. bahkan ampe si empu mobil tetangga ane binggung sendiri knapa bsa beda..
Ya ntah punya mod fibi atau punya ane yang bener... soalnya yg bilang setirnya GV berat juga g cuma ane sih...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Review : Suzuki Grand Vitara 2.0 Manual 2009/2010 (Facelift)
Makasih om Iya ane sendiri jg ngiler, kalo ada duit mah pengen juga angkut GV manual gini. Asik2 aja dipakenya buat sendiri, yg manual FC nya manusiawi lagikeong wrote:Toe in toe out ini pengaruh ke akurasi dr stir itu sendiri gak ya ? Apakah ini sama dgn yg dimaksud dibuat 'speleng' ?amfibi wrote:Naah iya mods denger dari ricz jg innova bisa disetel stirnya bisa dibuat lebih ringan lebih berat gtu, baca2 di inet jg sama pakenya mainin toe in toe out hehe ...DOHC wrote:sdikit oot dan nyambungin oot..
perihal setir berat enteng sebenernya bsa di stel koq, apalagi utk mobil2 HPS...
dl montir spooring perna ngasi tau ane, kl berat enteng setir nya itu bsa d stel... tinggal maen in toe in toe out nya aj...
slain itu, faktor2 lain jg berpengaruh, apalagi utk mobil yg nganut double wishbone, kl ball joint ud lemah, djamin setir jd tambah berat...
minyak PS jg kl ud jenuh ngaruh ke berat enteng setirnya...
ane perna cobain sendiri ipah ane dan tetangga ane, sama2 ipah gen 1 bensin (cuman beda manual ama matic)... setir nya ane punya lebi enteng muter nya.. bahkan ampe si empu mobil tetangga ane binggung sendiri knapa bsa beda..
Nice review mod btw, pasaran ni mobil yg ancur makin bikin asik juga buat huntingnya, andai bisa sedikit lebih manusiawi bantingannya, tp diharga second yg sama ada d4d menghantui juga.....
2.0 dapet 1:9an mah udah bagus banget ya, pake pertamina rasa jeruk pula
D4D... Mending ambil D4D kalo sering bawa penumpang mah, lebih enak jauh biarpun disetirnya tentu enakan GV bgt
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26907
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Review : Suzuki Grand Vitara 2.0 Manual 2009/2010 (Facelift)
kl akurasi setir itu banyak faktor om... toe in toe out, camber jg ngaruh.. dan utk mobil2 skrg, apalagi yg FWD caster jg bsa d stel dan itu ngaruh om ke setir dan handling... demikian jg speleng dr setir nya... cuman kl speleng itu jg bsa dpengaruhi dr jenis steering nya, either rack and pinion yg lebi presisi atau recirculated ball joint yg lebi freeplay.. cmiiw dan imaly...
@ mods piyiks chz : btul mods... paramater soal handling dan berat enteng setir banyak banget faktornya... bahkan ukuran ban, berat velg dan tekanan angin aj bsa bedain berat enteng setir... tp overall, pasti ad satu kmiripan feeling setirnya utk masing2 mobil...
@ mods piyiks chz : btul mods... paramater soal handling dan berat enteng setir banyak banget faktornya... bahkan ukuran ban, berat velg dan tekanan angin aj bsa bedain berat enteng setir... tp overall, pasti ad satu kmiripan feeling setirnya utk masing2 mobil...
keong wrote:
Toe in toe out ini pengaruh ke akurasi dr stir itu sendiri gak ya ? Apakah ini sama dgn yg dimaksud dibuat 'speleng' ?
Nice review mod btw, pasaran ni mobil yg ancur makin bikin asik juga buat huntingnya, andai bisa sedikit lebih manusiawi bantingannya, tp diharga second yg sama ada d4d menghantui juga.....
2.0 dapet 1:9an mah udah bagus banget ya, pake pertamina rasa jeruk pula
Last edited by DOHC on Fri Jul 17, 2015 13:46, edited 1 time in total.
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26907
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Review : Suzuki Grand Vitara 2.0 Manual 2009/2010 (Facelift)
ok mari kita balik ke GV lagi... hehehe...
perihal setir ini kayanya ranah nya master2 lain nya dehh... nubie ilmu cetek macam ane takut makin ngawur info nya...
perihal setir ini kayanya ranah nya master2 lain nya dehh... nubie ilmu cetek macam ane takut makin ngawur info nya...
numpang lewat aja....
-
- SM Specialist
- Posts: 15530
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review : Suzuki Grand Vitara 2.0 Manual 2009/2010 (Facelift)
Jujur om, pengalaman ane bawa 3 buah mobil yang sama dengan ban berbeda, SX4 itu berat setirnya juga beda-beda walaupun nggak signifikan.DOHC wrote:kl akurasi setir itu banyak faktor om... toe in toe out, camber jg ngaruh.. dan utk mobil2 skrg, apalagi yg FWD caster jg bsa d stel dan itu ngaruh om ke setir dan handling... demikian jg speleng dr setir nya... cuman kl speleng itu jg bsa dpengaruhi dr jenis steering nya, either rack and pinion yg lebi presisi atau recirculated ball joint yg lebi freeplay.. cmiiw dan imaly...
@ mods piyiks chz : btul mods... paramater soal handling dan berat enteng setir banyak banget faktornya... bahkan ukuran ban, berat velg dan tekanan angin aj bsa bedain berat enteng setir... tp overall, pasti ad satu kmiripan feeling setirnya utk masing2 mobil...
2010 AT ane yang sekarang dipake dengan ban std BS Turanza ER-300 setirnya cenderung lebih ringan tapi lebih "ngawang". Sekarang makin ringan, indikasi minta di spooring sepertinya, uda mulai gak stabil. Enak sih buat parkir gak capek tapi ya serem kalo ngebut, ntar kalo uda kelar liburan mau ane spooring ke GBT dolo
2011 AT putih adik ane dulu setirnya berat tapi lebih mantap, ban BS Turanza AR-20. Dulu SX4 AT 2011 ane waktu standar juga setirnya beratnya hampir sama, dengan ban BS Turanza ER-300. Begitu diganti Accelera Phi makin berat tapi indikasi ane ini velgnya R17 TW pula pasti berat.
Spekulasi ane beda ban bisa bikin feelnya beda, secara om Go juga cerita Mazda2 pakai Dunlop ENASAVE bawaan dengan Michelin PS 3 akurasi setirnya jauh sekali, malah yang Dunlop Enasave yang katanya sampah ngawang banget bisa jadi ngalahin Swift Sport akurasi setirnya begitu diganti PS 3.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Review : Suzuki Grand Vitara 2.0 Manual 2009/2010 (Facelift)
Duh mau ringan mau berat yang penting enak deh ah ...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
- Location: surabaya
- Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red
Re: Review : Suzuki Grand Vitara 2.0 Manual 2009/2010 (Facelift)
GV yg ini kalo mundur masih bunyi nguuuuunng gak?
Notice bgt ama bunyi mundurnya..soalnya dulu temen pake jlx 2.0 M/T, saya yg A/T...yg M/T berisik bgt kalo mundur..yg A/T gak..
Mengenai bantingan, dulu papa pake RE, saya pake ini...kok suka GV ya..pdhl GV saya pake R22, RE velg dan ban std...
Ya feeling masing2 sih..cuma dulu pake R22 sih calon istri juga ga ngomel..biasa cewe kan plg sensitip kalo mbl dah ga std...
GV ini dipakein dastek, per ganti TEIn..wuih manteb...
Jadi kangen GV ane...
Notice bgt ama bunyi mundurnya..soalnya dulu temen pake jlx 2.0 M/T, saya yg A/T...yg M/T berisik bgt kalo mundur..yg A/T gak..
Mengenai bantingan, dulu papa pake RE, saya pake ini...kok suka GV ya..pdhl GV saya pake R22, RE velg dan ban std...
Ya feeling masing2 sih..cuma dulu pake R22 sih calon istri juga ga ngomel..biasa cewe kan plg sensitip kalo mbl dah ga std...
GV ini dipakein dastek, per ganti TEIn..wuih manteb...
Jadi kangen GV ane...
Soul Red zoom zoom
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 192
- Joined: Sun Nov 17, 2013 10:25
- Location: Buahbatu - Ciwastra
- Daily Vehicle: Toyota Veloz
Re: Review : Suzuki Grand Vitara 2.0 Manual 2009/2010 (Facelift)
setir berat/ringan juga tergantung sugesti sih
kalo setir yang agak berat terus kepikiran terus bahwa ini berat yaaaaaa pastila bakal seberat barbel, ane pas nyetir kijang grand temen yang non ps memang terasa berat, tapi ya karena ga dipikirin ya parkirpun jadi berasa eps honda (tapi langsung banjir keringet sih)
lemah x ah setir power steering disebut berat
kalo setir yang agak berat terus kepikiran terus bahwa ini berat yaaaaaa pastila bakal seberat barbel, ane pas nyetir kijang grand temen yang non ps memang terasa berat, tapi ya karena ga dipikirin ya parkirpun jadi berasa eps honda (tapi langsung banjir keringet sih)
lemah x ah setir power steering disebut berat
continuously-variable
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2269
- Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
- Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT
Re: Review : Suzuki Grand Vitara 2.0 Manual 2009/2010 (Facelift)
Ripiu yg menarik, mods.
Mengenai stir, akur dg mister kelep . ...
Sayang ngga ada penerusnya yah? Padahal saingannya sampe skrg masih eksis dg model terbaru...
Mengenai stir, akur dg mister kelep . ...
Sayang ngga ada penerusnya yah? Padahal saingannya sampe skrg masih eksis dg model terbaru...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
- Location: surabaya
- Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red
Re: Review : Suzuki Grand Vitara 2.0 Manual 2009/2010 (Facelift)
Nambahin review ah dari pengalaman saya punya GV jlx A/T 2007
Driving position mbl ini menurut saya enak...bawa ke luar kota ga capek..capek karna mesinnya, di tol dilibas yaris dengan mudah..
Konsumsi bbm premium dalkot pake dastek 1:8 paling irit, mungkin kaki saya ga sekolah..
Blind spot waktu mundur sangat banyak...prnh nabrak bak sampah dari semen waktu puter balik
Lampu HID auto levelingnya menyenangkan, interior warna beige sangat mudah kotor
Pernah bermasalah ga bisa stasioner..bawa ke bengkel vonis katup apanya gitu rusak...abis 750rb, buat kantong mahasiswa lumayan juga..
Yang bikin saya harus lepas mobil ini karna ga kuat isi bensinnya, dan rattling dimana2...bikin geli telinga
Untuk bantingan dan berat setir saya ga mau komentar karna itu subjektif...
Punya mbl ini skitar 4 taunan akhirnya tukar ama D4D yang dipake sampe skrg, dan tidak menyesal, walaupun kadang pgn punya lagi...
Driving position mbl ini menurut saya enak...bawa ke luar kota ga capek..capek karna mesinnya, di tol dilibas yaris dengan mudah..
Konsumsi bbm premium dalkot pake dastek 1:8 paling irit, mungkin kaki saya ga sekolah..
Blind spot waktu mundur sangat banyak...prnh nabrak bak sampah dari semen waktu puter balik
Lampu HID auto levelingnya menyenangkan, interior warna beige sangat mudah kotor
Pernah bermasalah ga bisa stasioner..bawa ke bengkel vonis katup apanya gitu rusak...abis 750rb, buat kantong mahasiswa lumayan juga..
Yang bikin saya harus lepas mobil ini karna ga kuat isi bensinnya, dan rattling dimana2...bikin geli telinga
Untuk bantingan dan berat setir saya ga mau komentar karna itu subjektif...
Punya mbl ini skitar 4 taunan akhirnya tukar ama D4D yang dipake sampe skrg, dan tidak menyesal, walaupun kadang pgn punya lagi...
Soul Red zoom zoom
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 286
- Joined: Sat May 10, 2014 13:56
- Location: Surabaya
Re: Review : Suzuki Grand Vitara 2.0 Manual 2009/2010 (Facelift)
Masalah stir berat tu relatif. Saya setir smua mobil kecil dengan ps ya krasa enteng aja. Dibilang berat masi nyaman2 aja.
Parkirin truk coltdiesel tanpa ps dengan muatan di depan aja tuh krasa berat banget. Bahkan tronton mitsu dengan ps muatan di depan aja masi enak buat parkir muat barangnya
Parkirin truk coltdiesel tanpa ps dengan muatan di depan aja tuh krasa berat banget. Bahkan tronton mitsu dengan ps muatan di depan aja masi enak buat parkir muat barangnya