Review: All New Yaris 2015 TRD 4A/T

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1801
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: Review: All New Yaris 2015 TRD 4A/T

Post by FRD »

ChZ wrote:
FRD wrote:Woi kasihan TSnya, jangan dibully mulu. Tambah frustasi entar malah ngomong kalo bisa nyalip lp700 :ngacir:
Lha TSnya lebih ngelantur lagi malah ngayal mobil sport 2 pintu namanya L(P)-300... :ngacir:

Ow kalo gak bro Toni, ente yang dibully ya? :mky_03:
Woiii ane udah tiap hari dibully di wakusem

:snipersmile: ........... :ngacir:
:big_smoking:
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3146
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Review: All New Yaris 2015 TRD 4A/T

Post by walid_007 »

jaman dulu trd di yaris itu bener an

shock dan per nya beda.. kalo ga salah 30 juta bedanya, trs gak laku

dan bikin trd nya buat bodykit nya aja..

skarang sulit cari barang bagus dan dirakit dengan baik
engine roaring!
adty
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 930
Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06

Re: Review: All New Yaris 2015 TRD 4A/T

Post by adty »

amfibi wrote:
old-english wrote:nubie silent reader ijin nimbrung ya om,

Jd inget perbincangan dgn sopir taksi burung biru minggu lalu ttg konsumsi bbm Limo aka vios model skrg dgn model sebelumnya. seperti review yaris di SM ini yg blg konsumsi BBM nya sedikit boros. Rupanya sang supir burung biru juga mengiyakan hal yang sama, untuk konsumsi bbm limo lebih irit limo model lama (2010-2013), dibanding model saat ini. Apakah ini faktor bobot nya yg lbh berat ya? secara yaris dan vios sebelas dua belas

:big_bored:
Hmm kemaren juga ada ngobrol2 sama supir BB nissan almera pas mau dr rumah di tj.duren ke kota kasablanka... Katanya si almera jauh lebih irit drpd limo baru (entah kalo sama yg lama), trus enakan bawa almera & si almera jg ga gampang gasruk kyk limo baru... :big_childish:
Jadi inget pernah nyegat taksi BB Limo dijalan, eh pas belakangnya Almera yg lg kosong juga buru2 ngacir ke si Almera :big_biglaugh:

Tapi emang enak Almera kok, jauh lebih lega dan lebih ngga bikin mual apalagi kalo supir taksinya nyetirnya ngga enak. Pernah pake taksi Limo dari bandara, udah yg nyetir kasar, poldur jalan jelek main hajar, sampe dirumah langsung jackpot :off_no:

Untuk beberapa pool kata supir BBnya ada yg didominasi sama Almera sekarang. Tp emg dasbornya jelek sih ini mobil, bagusan Limo :ngacir:
Penikmat roti tawar beroda
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3691
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Review: All New Yaris 2015 TRD 4A/T

Post by sandal »

FRD wrote:
ChZ wrote:
FRD wrote:Woi kasihan TSnya, jangan dibully mulu. Tambah frustasi entar malah ngomong kalo bisa nyalip lp700 :ngacir:
Lha TSnya lebih ngelantur lagi malah ngayal mobil sport 2 pintu namanya L(P)-300... :ngacir:

Ow kalo gak bro Toni, ente yang dibully ya? :mky_03:
Woiii ane udah tiap hari dibully di wakusem

:snipersmile: ........... :ngacir:
Wkwkwkwkwkw.......

Ngomongin soal rivalitas Jazz vs Yaris, ane pingin dua2nya deh :mky_03: :ngacir:
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: Review: All New Yaris 2015 TRD 4A/T

Post by nyotnyet »

walid_007 wrote:jaman dulu trd di yaris itu bener an

shock dan per nya beda.. kalo ga salah 30 juta bedanya, trs gak laku

dan bikin trd nya buat bodykit nya aja..

skarang sulit cari barang bagus dan dirakit dengan baik
Soalnya basicnya yaris type E yang kosong melompong om, ane dulu smpt tertarik, begitu tau basicnya E yg non airbag dkk jadi ga minat, soalnya penting tuh buat ane..hehehehe..

Soul Red zoom zoom
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review: All New Yaris 2015 TRD 4A/T

Post by amfibi »

adty wrote:
amfibi wrote:
old-english wrote:nubie silent reader ijin nimbrung ya om,

Jd inget perbincangan dgn sopir taksi burung biru minggu lalu ttg konsumsi bbm Limo aka vios model skrg dgn model sebelumnya. seperti review yaris di SM ini yg blg konsumsi BBM nya sedikit boros. Rupanya sang supir burung biru juga mengiyakan hal yang sama, untuk konsumsi bbm limo lebih irit limo model lama (2010-2013), dibanding model saat ini. Apakah ini faktor bobot nya yg lbh berat ya? secara yaris dan vios sebelas dua belas

:big_bored:
Hmm kemaren juga ada ngobrol2 sama supir BB nissan almera pas mau dr rumah di tj.duren ke kota kasablanka... Katanya si almera jauh lebih irit drpd limo baru (entah kalo sama yg lama), trus enakan bawa almera & si almera jg ga gampang gasruk kyk limo baru... :big_childish:
Jadi inget pernah nyegat taksi BB Limo dijalan, eh pas belakangnya Almera yg lg kosong juga buru2 ngacir ke si Almera :big_biglaugh:

Tapi emang enak Almera kok, jauh lebih lega dan lebih ngga bikin mual apalagi kalo supir taksinya nyetirnya ngga enak. Pernah pake taksi Limo dari bandara, udah yg nyetir kasar, poldur jalan jelek main hajar, sampe dirumah langsung jackpot :off_no:

Untuk beberapa pool kata supir BBnya ada yg didominasi sama Almera sekarang. Tp emg dasbornya jelek sih ini mobil, bagusan Limo :ngacir:
Setuju om, ane pas pertamakali naik almera wuih kaget, kok jauh lebih enak dari vios baru gini buat penumpang. Ruang kaki leganya amit2, suspensi bisa dibilang seempuk altis, suara mesin jg ga masuk2 ke kabin (beda bgt ama limo masuk semua :mky_02:

Dengan tarif bb yg buat anak sekolah mahal abiez sih, naik almera berasa lebih worth gimanaa gitu vs duit yg dikeluarin :mky_01:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5694
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Review: All New Yaris 2015 TRD 4A/T

Post by sintoni »

kebetulan nubie pernah nyetir almera manual selama 2 hari. :ungg:

Rute pemakaian jalan tol 90% 10% dalam kota sepanjang 300 km-an.
Konsumsi bbm kalo ga salah 14 km/liter. Biasa aja sih, ga irit2 gimana gt jg.

Tenaga bawah enak emang, terus suspensi agak empuk dibanding lele ane. Kursi kedua ga merhatiin sih secara ane nyetir terus.

Tapi konsekuensinya limbung sama itu dashboard kok jelek bener. :glodak:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15551
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review: All New Yaris 2015 TRD 4A/T

Post by ChZ »

Almera itu kan based on ze *hmpppffpppfffftttt* Nissan March.... Ya jelas aja jelek :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
34lee
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 613
Joined: Sun Jul 13, 2014 4:09
Location: Republic Of CH

Review: All New Yaris 2015 TRD 4A/T

Post by 34lee »

ChZ wrote:Almera itu kan based on ze *hmpppffpppfffftttt* Nissan March.... Ya jelas aja jelek :ngacir:
mksdnya nisin maret jelek ya ?


Sent from my iPhone using Tapatalk
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15551
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review: All New Yaris 2015 TRD 4A/T

Post by ChZ »

34lee wrote:
ChZ wrote:Almera itu kan based on ze *hmpppffpppfffftttt* Nissan March.... Ya jelas aja jelek :ngacir:
mksdnya nisin maret jelek ya ?


Sent from my iPhone using Tapatalk
Umm lebih tepatnya limbung dan interiornya jelek karena sama plek dengan Nissan March.... :mrgreen:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
aku
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Sat Dec 08, 2012 1:02

Re: Review: All New Yaris 2015 TRD 4A/T

Post by aku »

Yaris tidak seburuk seperti yg orang lain pikirkan dan kalo belum nyoba sehari hari, menurutku sebagai pemakai kekurangannya yaitu radius putar yg terlalu ngeselin, dan konsumsi bensinnya irit bro, saya dalam kota yg tinggal dikota kecil dan macet konsumsi bbm selalu 1liter :12 km, ngegasss ngawur dan zigzag dalam kota gak pernah kurang dari 1:11, luar kota bisa 1:16 kalo sabar dan kecepatan konstan di tol 100km/h dan kalo ngebut zigzag luar kota dapat 1:14 ngitungnya selalu full to full dari pom bensin A balik lagi ke pom A,



Siapa bilang yaris lemot? Malah lebih lemot juke temenku,


Oh ya satu lagi kelebihan yaris yaitu head unitnya, walopun suara yg keluar dari speaker yang gak jelas, tapi head unitnya canggih bro, hanya dengan mode DLNA dan pake hp android dia bisa lihat seluruh file video, gambar, dan musik yang ada di hp kita, saya selalu ngaktifin mode dlna untuk sekedar mendengarkan dan melihat video musik dari hp zenfone 6 saya setiap nyetir, search aja di playstore nama aplikasinya bubbleupnp dlna,

Cara menggunakannya, buka bubble lalu hidupkan wifi, lalu aktifkan mode dlna di yaris, search ketemu bubble lalu klik bubble lalu pilih deh menu video difolder sesukamu, kereeennnm kannn? Mobil anda bisa? :big_smoking: :big_peace:
Rocco77
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 186
Joined: Wed Dec 11, 2013 11:35

Re: Review: All New Yaris 2015 TRD 4A/T

Post by Rocco77 »

aku wrote:Yaris tidak seburuk seperti yg orang lain pikirkan dan kalo belum nyoba sehari hari, menurutku sebagai pemakai kekurangannya yaitu radius putar yg terlalu ngeselin, dan konsumsi bensinnya irit bro, saya dalam kota yg tinggal dikota kecil dan macet konsumsi bbm selalu 1liter :12 km, ngegasss ngawur dan zigzag dalam kota gak pernah kurang dari 1:11, luar kota bisa 1:16 kalo sabar dan kecepatan konstan di tol 100km/h dan kalo ngebut zigzag luar kota dapat 1:14 ngitungnya selalu full to full dari pom bensin A balik lagi ke pom A,



Siapa bilang yaris lemot? Malah lebih lemot juke temenku,


Oh ya satu lagi kelebihan yaris yaitu head unitnya, walopun suara yg keluar dari speaker yang gak jelas, tapi head unitnya canggih bro, hanya dengan mode DLNA dan pake hp android dia bisa lihat seluruh file video, gambar, dan musik yang ada di hp kita, saya selalu ngaktifin mode dlna untuk sekedar mendengarkan dan melihat video musik dari hp zenfone 6 saya setiap nyetir, search aja di playstore nama aplikasinya bubbleupnp dlna,

Cara menggunakannya, buka bubble lalu hidupkan wifi, lalu aktifkan mode dlna di yaris, search ketemu bubble lalu klik bubble lalu pilih deh menu video difolder sesukamu, kereeennnm kannn? Mobil anda bisa? :big_smoking: :big_peace:
Keyennn... :big_exellent:
Mobil ku gak bisa bro... :big_cry:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5694
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Review: All New Yaris 2015 TRD 4A/T

Post by sintoni »

aku wrote:Yaris tidak seburuk seperti yg orang lain pikirkan dan kalo belum nyoba sehari hari, menurutku sebagai pemakai kekurangannya yaitu radius putar yg terlalu ngeselin, dan konsumsi bensinnya irit bro, saya dalam kota yg tinggal dikota kecil dan macet konsumsi bbm selalu 1liter :12 km, ngegasss ngawur dan zigzag dalam kota gak pernah kurang dari 1:11, luar kota bisa 1:16 kalo sabar dan kecepatan konstan di tol 100km/h dan kalo ngebut zigzag luar kota dapat 1:14 ngitungnya selalu full to full dari pom bensin A balik lagi ke pom A,



Siapa bilang yaris lemot? Malah lebih lemot juke temenku,


Oh ya satu lagi kelebihan yaris yaitu head unitnya, walopun suara yg keluar dari speaker yang gak jelas, tapi head unitnya canggih bro, hanya dengan mode DLNA dan pake hp android dia bisa lihat seluruh file video, gambar, dan musik yang ada di hp kita, saya selalu ngaktifin mode dlna untuk sekedar mendengarkan dan melihat video musik dari hp zenfone 6 saya setiap nyetir, search aja di playstore nama aplikasinya bubbleupnp dlna,

Cara menggunakannya, buka bubble lalu hidupkan wifi, lalu aktifkan mode dlna di yaris, search ketemu bubble lalu klik bubble lalu pilih deh menu video difolder sesukamu, kereeennnm kannn? Mobil anda bisa? :big_smoking: :big_peace:
Wkwk. Emang ini radius putarnya parah sih bro. Rasanya sama kayak innova. Wkwkw.

Kalo lampu nya gimana bro? Ngeselin ga? Kayak ga pake lampu aja saking ga terangnya.
andrijet
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 785
Joined: Sat May 17, 2014 23:11

Re: Review: All New Yaris 2015 TRD 4A/T

Post by andrijet »

aku wrote:Yaris tidak seburuk seperti yg orang lain pikirkan dan kalo belum nyoba sehari hari, menurutku sebagai pemakai kekurangannya yaitu radius putar yg terlalu ngeselin, dan konsumsi bensinnya irit bro, saya dalam kota yg tinggal dikota kecil dan macet konsumsi bbm selalu 1liter :12 km, ngegasss ngawur dan zigzag dalam kota gak pernah kurang dari 1:11, luar kota bisa 1:16 kalo sabar dan kecepatan konstan di tol 100km/h dan kalo ngebut zigzag luar kota dapat 1:14 ngitungnya selalu full to full dari pom bensin A balik lagi ke pom A,



Siapa bilang yaris lemot? Malah lebih lemot juke temenku,


Oh ya satu lagi kelebihan yaris yaitu head unitnya, walopun suara yg keluar dari speaker yang gak jelas, tapi head unitnya canggih bro, hanya dengan mode DLNA dan pake hp android dia bisa lihat seluruh file video, gambar, dan musik yang ada di hp kita, saya selalu ngaktifin mode dlna untuk sekedar mendengarkan dan melihat video musik dari hp zenfone 6 saya setiap nyetir, search aja di playstore nama aplikasinya bubbleupnp dlna,

Cara menggunakannya, buka bubble lalu hidupkan wifi, lalu aktifkan mode dlna di yaris, search ketemu bubble lalu klik bubble lalu pilih deh menu video difolder sesukamu, kereeennnm kannn? Mobil anda bisa? :big_smoking: :big_peace:
Tiap mobil ada plus minusnya, om.
Mix and match pula sama kebutuhan yang nyetirnya, hehehe..

Secara performa Yaris baru memang inferior dibanding Jazz dan Mazda2.

Akomodasi juga masih kalah dibanding Jazz.

Kelebihan Yaris terletak di nama besar Toyota, dan kemudahan perawatan mesinnya.

Headunitnya bagus dibanding Jazz.
Tp lagi2 hrs mengakui kecanggihan MZD Connect dan segudang fitur2 Mazda2 lainnya.

Soal tampang?
Menurut saya lumayan ganteng walau bodykitnya agak lebay.
Yaris versi eropa lebih bagus proporsinya.
Interior dihiasi jahitan palsu di dashboard, lucu, hehehe..

*bukan sales
User avatar
jar-jit-no
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: Thu Nov 29, 2012 5:58
Location: Malang city

Review: All New Yaris 2015 TRD 4A/T

Post by jar-jit-no »

Jahitan palsu di yaris ini jadi guyonan di bbrapa repiu mobil sekelas yg pake jahitan asli ya.. [emoji16]
aerotourersora
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 192
Joined: Sun Nov 17, 2013 10:25
Location: Buahbatu - Ciwastra
Daily Vehicle: Toyota Veloz

Re: Review: All New Yaris 2015 TRD 4A/T

Post by aerotourersora »

mantap om :mky_03:



lele ini rasa thailand banget ya... beda sama yang ext/int rasa jepang :big_smoke: btw isi MIDnya selain avg sama range apalagi om? dan hu andro nya kanyanya lelet ya :big_childish:
continuously-variable
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15551
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review: All New Yaris 2015 TRD 4A/T

Post by ChZ »

aku wrote:Yaris tidak seburuk seperti yg orang lain pikirkan dan kalo belum nyoba sehari hari, menurutku sebagai pemakai kekurangannya yaitu radius putar yg terlalu ngeselin, dan konsumsi bensinnya irit bro, saya dalam kota yg tinggal dikota kecil dan macet konsumsi bbm selalu 1liter :12 km, ngegasss ngawur dan zigzag dalam kota gak pernah kurang dari 1:11, luar kota bisa 1:16 kalo sabar dan kecepatan konstan di tol 100km/h dan kalo ngebut zigzag luar kota dapat 1:14 ngitungnya selalu full to full dari pom bensin A balik lagi ke pom A,



Siapa bilang yaris lemot? Malah lebih lemot juke temenku,
Hehehe menurut ane gak cuma Yaris - semua mobil - impresinya sangat berbeda ketika kita mencoba sebagai calon pembeli dan sudah pakai sendiri.

Mobil itu kan kayak pasangan kita, memang pasti gak ada yang perfect, tapi pelan-pelan bisa kita maklumi pasti. Ya mo gimana lagi, sudah milih kok, masak mau nyesel? :mrgreen:

Saya sebagai reviewer yang kerjaannya hujat sana sini aja akhirnya agak "tense down" di review saya akhir-akhir ini karena kena "tamparan keras" akibat 2 mobil yang saya gak suka tapi malah mendarat di garasi saya : Honda CR-V RM dan Mitsubishi Outlander Sport, memang impresi awalnya gak gitu menarik, tapi begitu dipakai ya menurut ane beberapa kekurangan minor nya bisa ane tolerir, plus pelan-pelan style mengemudi kita juga bisa adaptasi dengan karakter mobilnya.

Ya akhirnya, saya suka dengan keduanya. Walaupun gak saya pakai sehari-hari karena sehari-hari pakai SX4 yang dari awal memang udah suka. Walaupun ada 1 mobil lagi di garasi yang sampai sekarang masih paling males kalau disuruh pakai.... parahnya itu mobil paling mahal di garasi.... tapi ya mo gimana lagi, masih duit orang tua ya trimo wae :e-wall: :e-wall:

Kalau bandingannya dengan Nissan Juke ya masih kencengan Yaris, oom. Kalau sama rivalnya seperti Jazz, Mazda2 GT, Fiesta Ecoboost ya masih kalah.

*cuma brani hujat Juke sampai segini, tar ada kucing ngamuk gak trima Juke gw hujat* :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
batumakam
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 830
Joined: Mon Sep 09, 2013 11:59

Re: Review: All New Yaris 2015 TRD 4A/T

Post by batumakam »

Emang payah ini yaris :off_sleep: Lemotnya gak karuan2 putaran bawah yg dulu ganas sekarang nyaris yak berdaya :big_slap: Kagak cocok bagi ababil yg suka menggila di jalan :big_biglaugh: Tapi kenyamanan emang super, bantingan bisa dibilang paling alus ketimbang HB yg lain :big_exellent:
btw yg tranny manual sama matic kok ane rasa gak ada bedanya ya? Sama2 lemot :big_chicken: btw ini mesin mau dipake sampe tahun kapan oleh toyota? Ajegile yg lain udah pake racikan baru si atoyot doang nih yg masih pake racikan lama :big_think:
always believe something wonderful about to happen.......
oh my.....
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1801
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: Review: All New Yaris 2015 TRD 4A/T

Post by FRD »

"Tamparan keras" :mky_03: :mky_03: :mky_03:





Tapi ya gapapa toh, itu mobil malah bikin bokap ente seneng dan harganya yg sangat2 miring :mky_03:
:big_smoking:
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: Review: All New Yaris 2015 TRD 4A/T

Post by vipere »

kalo buat dipakai 10 tahun, kira2 lebih realible all new yaris apa jazz baru ya ? Terutama cvt nya new jazz, cukup realible kah ?
User avatar
Mamang555
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51

Re: Review: All New Yaris 2015 TRD 4A/T

Post by Mamang555 »

vipere wrote:kalo buat dipakai 10 tahun, kira2 lebih realible all new yaris apa jazz baru ya ? Terutama cvt nya new jazz, cukup realible kah ?
Menurut ane sih selama perawatannya "bener2"... dua2nya akan reliable aja koq om :D

Btw, kayaknya yaris tipe G justru yang paling enak diliat ya..
Selera personal ane sih... ketimbang TRD yang agak lebay bodikit nya :mky_01:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5694
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Review: All New Yaris 2015 TRD 4A/T

Post by sintoni »

Kalok Yaris sih udah pasti reliable om, secara ini enjin jg dipake dari lama, bahkan taksi2 limo jg pakai engine yg sama.

Transmisinya jg sudah berusia hampir 15 taun, dari jaman toyota ist, jadi sudah terbukti kualitasnya.

Kalo mesin Jazz L15 ini jg udah terbukti kuat sejak dari jaman Jazz GE, saya sendiri jg eks pengguna GE8, dan istri saya pernah pakai GE8 jg tidak perna rewel mesinnya.

Nah, tapi untuk transmisi CVT jazz, waktu Jazz GD generasi pertama jg pakai teknologi CVT, terus hasilnya banyak yg udah bermasalah, tapi ya jg ga bisa nyalahin transmisinya jg, konon banyak user yg salah merawat seperti menggunakan oli metik biasa alih2 menggunakan oli CVT. Jadi kita belum tau apa transmisi Jazz GK ini reliable atau ga, baru bisa dilihat 2-3 taun lg.

Tapi yang pasti, Yaris emang kuno sevara teknologi, tapi nubie yakin pasti reliable lah dibanding rival lain. Apalg didukung bama besar Atoyot.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15551
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review: All New Yaris 2015 TRD 4A/T

Post by ChZ »

batumakam wrote:Emang payah ini yaris :off_sleep: Lemotnya gak karuan2 putaran bawah yg dulu ganas sekarang nyaris yak berdaya :big_slap: Kagak cocok bagi ababil yg suka menggila di jalan :big_biglaugh: Tapi kenyamanan emang super, bantingan bisa dibilang paling alus ketimbang HB yg lain :big_exellent:
btw yg tranny manual sama matic kok ane rasa gak ada bedanya ya? Sama2 lemot :big_chicken: btw ini mesin mau dipake sampe tahun kapan oleh toyota? Ajegile yg lain udah pake racikan baru si atoyot doang nih yg masih pake racikan lama :big_think:
Ane kebetulan pernah bawa Lele G AT dan Lele TRD MT, keduanya sama-sama lemot :frm_bang_head:

Lele TRD MT malah gak kerasa bawa mobil manual, respon gas nya telat, malah lebih enak Wasir Bakpao manual yang gampang loncat itu. :e-wall:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
batumakam
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 830
Joined: Mon Sep 09, 2013 11:59

Re: Review: All New Yaris 2015 TRD 4A/T

Post by batumakam »

ChZ wrote:
batumakam wrote:Emang payah ini yaris :off_sleep: Lemotnya gak karuan2 putaran bawah yg dulu ganas sekarang nyaris yak berdaya :big_slap: Kagak cocok bagi ababil yg suka menggila di jalan :big_biglaugh: Tapi kenyamanan emang super, bantingan bisa dibilang paling alus ketimbang HB yg lain :big_exellent:
btw yg tranny manual sama matic kok ane rasa gak ada bedanya ya? Sama2 lemot :big_chicken: btw ini mesin mau dipake sampe tahun kapan oleh toyota? Ajegile yg lain udah pake racikan baru si atoyot doang nih yg masih pake racikan lama :big_think:
Ane kebetulan pernah bawa Lele G AT dan Lele TRD MT, keduanya sama-sama lemot :frm_bang_head:
Lele TRD MT malah gak kerasa bawa mobil manual, respon gas nya telat, malah lebih enak Wasir Bakpao manual yang gampang loncat itu. :e-wall:
kalo gw sih dari segi racikan mesin lebih milih bakpao yg lawas :mky_01: Tarikan bawahnya super, cocok buat ane yg suka sundul-sundulan di jalan :big_biglaugh: eh tapi bener,cewe2 kenalan ane kalo disuruh milih antara si lele sama si jazz lebih milih si lele si jazz terlalu imut katanya :big_chicken:
always believe something wonderful about to happen.......
oh my.....
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15551
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review: All New Yaris 2015 TRD 4A/T

Post by ChZ »

Bingung mau taruh mana... ane review di sini aja yak bro toni :big_weee:

2 days trip with 2015 Toyota Yaris G A/T

Kebetulan hari Jumat kemaren ane ada rapat di luar kota... Sebetulnya ane disuruh bawa mobil tapi karena mobil sudah ane titipkan (krn minggu nya mau pulkam sementara Jumat harus ke luar kota dan pulangnya Sabtu) jadi ane ditugasin bawa mobil temen... Kebetulan teman ane juga gak hapal jalan dan gak brani nyetir luar kota jadi ane yang ditugasin bawa.... Mobilnya Toyota Yaris G A/T warna merah.

Nah... karena pengalaman ane dengan Yaris 2 hari berturut turut naik turun gunung terus jadi ane sudah cukup khatam dengan mobil ini... Ane tulis sedikit kesan-kesan disini gimana nyetir luar kota dengan Yaris. Sebelumnya saya juga pernah nyoba Yaris G A/T punya dealer tapi itu di dalam kota aja dan jujur.... sangat mengecewakan. Yaris TRD M/T pernah... mengecewakan juga.

Rute nya adalah Surabaya, start dari kampus ane di daerah Sby selatan di gang senggol masuk kampung... Lalu masuk tol Surabaya-Gempol, via arteri Porong, Mojosari, Pacet - Claket, tepatnya di salah satu tempat retret di daerah claket. Medannya cukup berat, penuh tanjakan curam dan turunan... jalanan sempit berliku dan gelap...

Berangkat awal, kondisi penumpang 5 orang dengan komposisi : ane sebagai driver, 1 orang cewek berbadan imut, 1 orang pria berbadan lumayan besar, dan 2 orang berbadan medium, plus barang - barang yang nggak terlalu berat (dan barang - barang si empunya mobil yang berserakan di dasbor :mky_05: ) mobil kondisi standar 100%, odometer masih 4000an.

Jadi langsung ane simpulkan aja beberapa point nya, mulai dari point plus nya dulu :
- Walau orang bilang naikannya lebih keras dan lebih gak nyaman dari Yaris lama, menurut saya malah lebih nyaman dari Yaris lama, why? Yaris lama itu spring rate nya terlalu soft, dampernya gak terlalu bagus, akibatnya ngayunnya jadi nggak enak, kalo orang bilang empuk, saya malah bilang gak enak. Di New Yaris ini, beberapa kali saya hajar gundukan, dampernya enak, spring rate nya juga lebih keras di bagian belakang terutama. Saya bisa bilang begini, karena saya habis naik Yaris lama itu rasanya goyangannya lebih dahsyat dari SX4... Yaris baru malah lebih ngeredam dibanding SX4.
- Akomodasinya baik, buat handle full penumpang saya nggak harus desel-deselin temen-temen saya.
- OK i must admit it... this car is very economical. Di MID tulisannya 11.6 km/l... Dan saya rasa rasio gir dan tuning transmisinya memang dibuat untuk eco. Kalo lagi coasting di 80 km/h RPMnya selalu nggak lebih dari 2000. Pembuktian keiritan mobil ini ketika tadi siang saya bawa pulang... turun dari claket dengan kondisi bensin di E dan warning light sudah menyala. Seisi mobil uda panik karena destinasi kita masih jauh dan pom bensin terdekat juga masih jauh... Dengan segala kepanikan ane berusaha menuju ke SPBU terdekat dengan nginjek gas seperlunya dan biarin mobil gelinding biar kita nggak harus dorong mobil di tengah hujan lebat di Pacet. Kami ketemu penjual bensin eceran... isi 5 liter... lalu menuju ke SPBU yang masih 5 KM lagi. Di SPBU tersebut karena ane mengingat sang pemilik mobil bersabda biasa isi pertamax... ane sudah cerah begitu liat dari jauh ada pertamax. Sampai SPBU.... selang pertamax nya rusak. Cari pertalite gak ada. Ya udah... maapkan ane... isi premium 200ribu :frm_bang_head: langsung jarum bensin dari lemes jadi ngaceng lagi.
- Saya juga harus akui... flexing chassis di bagian belakangnya nggak separah Yaris generasi sebelumnya atau SX4... Bagian belakang kerasa nggak melayang waktu saya hajar tikungan dengan speed 60-80.

Ya udah itu aja poin plusnya... Lalu menuju ke poin minus
- Power delivery yang kelewat "smooth" dan transmisi yang ngejar "eco" sehingga selalu milih gigi tinggi, berdampak besar ke performanya di jalan luar kota yang mewajibkan kita nyalip-nyalip. Transmisi selalu lelet waktu kickdown tiba-tiba... Nginjek gasnya harus penuh baru mobil ini mau turun gigi. Jadi di rute tanjakan saya selalu pakai posisi 2 atau L... Beda dengan SX4 yang malah males pindah gigi dan selalu di atas 3000 baru mau pindah, justru kelebihannya di rute luar kota dia lebih enak buat nyalip-nyalip.
- Blind spot mobil ini puaaaaaaaaarah. Waktu saya diharuskan malem - malem balik ke kampus lagi buat jemput beberapa temen yang nyusul, kebetulan kampus saya banyak "jebakan betmen"... Pilar A segaban di SX4 memang mengganggu waktu belok, tapi nggak mengganggu waktu parkir. Beda dengan Yaris... Pilar A nya kelewat landai jadi waktu parkir malah gak keliatan semua, belom lagi moncong yang gak keliatan.
- Cup holdernya lebih dikit dari yang lama... dan cuma diletakin di pintu... :mky_05:
- Suspensi depan menurut saya masih terlalu soft walau udah lebih keras dari yang lama... jadi kalau hajar polisi tidur dengan kecepatan lumayan tinggi bisa gasruk... saya 2x gasruk pake mobil ini. Diperparah ground clearance nya yang pendek sekali.
- Posisi nyetirnya ntah saya ngerasa aneh... Setir cuma bisa tilt, kalau posisi duduknya direndahin gak keliatan apa-apa, kalo ditinggiin setirnya yang kerendahan walau udah paling atas.
- Steering feelnya juga kelewat aneh.... Ciri khas EPS. Ringan sekali tanpa kontak dengan permukaan jalan...
- Yang paling parah adalah : LAMPUNYA. Rute saya adalah tempat dengan minim penerangan jalan di tengah hutan, bisa bayangin betapa seremnya kalau mobil gak dibekali penerangan mumpuni? Ya, saya ngalamin sendiri pakai mobil ini. Lampu mobil ini, sudah dibantu foglamp, masih kalah terang dengan SX4 yang cuma nyalain headlamp. Lampunya gelap gulita... Plus settingan dim bawaan dari Toyota nya malah ngarah ke atas sekali... :mky_05: Tadi siang waktu saya nyetir di tengah hujan badai, nonik di sebelah saya sampai nanya "koko ngga nyalain lampu?" "lah... daritadi ane nyalain lampu koq" :e-wall:

Intinya... saya masih sulit untuk menyukai mobil ini... Memang ada beberapa poin plus seperti BBM yang irit... tapi kekurangannya jauh lebih annoying dan jauh lebih banyak... :frm_bang_head:

Satu satunya poin plusnya yang saya apresiasi cuma... kemampuannya diisi bensin eceran dan premium tanpa masalah :ngacir: itupun kalau disuruh milih sama Jazz ya saya masih milih Jazz... :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7