Review of Mitsubishi Delica D:5 2.0 CVT

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review of Mitsubishi Delica D:5 2.0 CVT

Post by ChZ »

buzzycal wrote:Nice review om Chris.. :mky_02:
Oh iya tentang delica ini, saya pun merasakan kalau naik&turun mobil ini agak gimana gitu :ungg: andaikan dikasih footstep, fleksibilitas masuk ke dalam lebih enak :mky_01:
Waktu pameran, ada anak perempuan lagi diam&menyender di rel row 2, tiba-tiba PSDnya menutup, sang anak ga ngeh kalau mau PSDnya mau nutup, untung langsung di teriaki sama adiknya. jadi parno juga..... walaupun ada fitur Anti-pinch :big_cry: :ngacir:
Nah itu dia oom, Delica sangat butuh foot step untuk memudahkan anak kecil dan lansia masuk ke dalam kabin.

Kebayang kalo kita lagi buru-buru mo masuk mobil aja susah, apalagi lansia atau balita, bisa-bisa tersandung di lantainya yang tinggi dan jatoh.... *lebay mode ON* :ngacir:

Ane rasa memang anti-pinch sudah tepat dimasukkan ke fitur mobil ini sebagai safety... :big_think:
KodokPushUp wrote: Ane blom pernah nyobain miras lama, jadi ga bisa bandingin sama yang lama
Tapi jauh lebih stabil rivalnya, yang memiliki fitur lebih baik dari ertiga kw8 (baca : audio steering switch dan tweeter) :ngacir: :ngacir:

Ban comfort mungkin memperbaiki kenyamanan ketika lewat jalan agak ga rata, tapi ketika melewati polisi tidur/rel KA/jalan lubang, kayaknya si ga ngaruh banyak, kecuali setting suspensi diubah

Untungnya head room untuk jok belakang delica cukup luas, ga kayak pasport yg nyentuh atap :big_slap:
Nah dari deskripsi ente ane kemarin menarik kesimpulan kalau New Miras enggak beda jauh dengan Miras lama yang ane TD bulan Desember lalu, karena feelnya sama persis dari deskripsi ente :big_think:

At least buat orang yang pinggangnya sensitip sangat enggak rekomended, kayaknya ganti ban aja gak cukup :ngacir:
evolution21 wrote:Ban yokohama geolander ini kok laris jg ya,setelah dipake di cx5 touring, kini dipake delica.
Ane jg ga tahan dengan geolander ini, sampe udah ganti ke lattitude tur.

Btw nice review um chz, ni mobil sepertinya sangat membutuhkan mesin lebih powerful,dan perbaikan disana sini
Yups. Desperately perlu mesin bensin 2.4L 4B12 atau mesin Diesel 4N14 :e-wall:
sandal wrote:Nice review chris. Ini sepenggalan dari ane :

Review head unit :
Ane belum sempat coba bluetooth (lupa pairing) , dan miracast (ane ndeso banget tentang miracast ini, :ngacir: ) tapi ane coba fitur iPodnya. Dengan menggunakan 2 buah lagu dari Coldplay (A Sky Full of Star, dan Paradise) soundnya lumayan sih di kuping ane, tertolong oleh sebuah tweeter (yang tidak ada di Mazda 8 :ngacir: ). Untuk akurasi navigasi, lengkap dengan icon seperti rumah sakit, pom bensin, rumah makan, dll. Klakson tonenya sendiri lumayan.


Image

AS&G impression :
Untuk AutoStop&Go, ane sempat berhasil coba AS&G ini dengan menekan pedal rem yang sangat dalam, tunggu rpm turun, dan AS&G berfungsi. AS&G off jika sudah melebihi timer kira-kira 30 detik atau lepas pedal rem.


Image

Dan kelemahan dari mobil ini, ternyata ane masih belum nemu tombol kunci di mobil ini :big_slap: dan belum dilengkapi dengan auto door lock. Dan sayangnya ane belum sempat duduk di 2nd dan 3rd row dari Delica ini :ungg:
Tq foto fotonya bro Aris, navigasinya better than OS yang resolusinya rendah banget. Cukup akurat juga. Kayaknya Mitsu pakai Garmin buat Navigasinya. Tampilannya familier

Mobil ini enggak ada tombol kuncinya bro, itu hal pertama yang ane tanyakan ke nonik sales waktu masuk mobil dan doi menyodorkan kunci keyless, lha tombol start nya mana?

Ternyata pakai knob, sama seperti Grand Vitara, X-Trail T31... :big_slap:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: Review of Mitsubishi Delica D:5 2.0 CVT

Post by nyotnyet »

Tombol kunci apaan ya mksdnya? Buat ngunci pintu dari dalem? Ini ada speed sensing central door locknya ga?
Setau ane kalo di passport begitu kita masuk D dia ngunci..cacatnya kalo lg brenti di traffic light, kita masukkan P, kunci lsng terbuka otomatis..hahaha..

Kalo bener tombol itu yg dimaksud, tenang di passport juga kaga ada kok..

Soul Red zoom zoom
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: Review of Mitsubishi Delica D:5 2.0 CVT

Post by nyotnyet »

sandal wrote:Nice review chris. Ini sepenggalan dari ane :

Review head unit :
Ane belum sempat coba bluetooth (lupa pairing) , dan miracast (ane ndeso banget tentang miracast ini, :ngacir: ) tapi ane coba fitur iPodnya. Dengan menggunakan 2 buah lagu dari Coldplay (A Sky Full of Star, dan Paradise) soundnya lumayan sih di kuping ane, tertolong oleh sebuah tweeter (yang tidak ada di Mazda 8 :ngacir: ). Untuk akurasi navigasi, lengkap dengan icon seperti rumah sakit, pom bensin, rumah makan, dll. Klakson tonenya sendiri lumayan.


Image

AS&G impression :
Untuk AutoStop&Go, ane sempat berhasil coba AS&G ini dengan menekan pedal rem yang sangat dalam, tunggu rpm turun, dan AS&G berfungsi. AS&G off jika sudah melebihi timer kira-kira 30 detik atau lepas pedal rem.


Image

Dan kelemahan dari mobil ini, ternyata ane masih belum nemu tombol kunci di mobil ini :big_slap: dan belum dilengkapi dengan auto door lock. Dan sayangnya ane belum sempat duduk di 2nd dan 3rd row dari Delica ini :ungg:
Miracast harus pake dongle lagi gt ya mksdnya? Apa dia bisa lsng mirroring dari android? Play video gt kali yah?
*maklum ndeso

Soul Red zoom zoom
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review of Mitsubishi Delica D:5 2.0 CVT

Post by ChZ »

nyotnyet wrote:Tombol kunci apaan ya mksdnya? Buat ngunci pintu dari dalem? Ini ada speed sensing central door locknya ga?
Setau ane kalo di passport begitu kita masuk D dia ngunci..cacatnya kalo lg brenti di traffic light, kita masukkan P, kunci lsng terbuka otomatis..hahaha..

Kalo bener tombol itu yg dimaksud, tenang di passport juga kaga ada kok..
Ooo iku toh tak kiro tombol kunci maksud e nggo start engine :ngacir:

Iyo kemaren ga onok tombol pengunci pintune :big_slap:

Kalo ndak ada speed sensitive autolock tenang aja Mazda8 masih belom punya koq...

makin overprais aja si Mazda8 :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2968
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Review of Mitsubishi Delica D:5 2.0 CVT

Post by imingwahyudi »

Mazda 8 mah dari jaman kuda makan sashimi juga sudah overpriced. Udah mahal, fitur kopong, boros, pajak mahal, maintenance mahal, ASS seuprit...huh... :big_dunno:


Mending beli Delica...ada tweeternya.. :upss:

Nice review Chris!! :mky_02:
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1801
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: Review of Mitsubishi Delica D:5 2.0 CVT

Post by FRD »

nyotnyet wrote:Tombol kunci apaan ya mksdnya? Buat ngunci pintu dari dalem? Ini ada speed sensing central door locknya ga?
Setau ane kalo di passport begitu kita masuk D dia ngunci..cacatnya kalo lg brenti di traffic light, kita masukkan P, kunci lsng terbuka otomatis..hahaha..

Kalo bener tombol itu yg dimaksud, tenang di passport juga kaga ada kok..
Sama kaya di freed kalo pas posisi D ngunci otomatis dan kalo posisi P terbuka otomatis... :drinking:
:big_smoking:
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: Review of Mitsubishi Delica D:5 2.0 CVT

Post by liep »

FRD wrote:
nyotnyet wrote:Tombol kunci apaan ya mksdnya? Buat ngunci pintu dari dalem? Ini ada speed sensing central door locknya ga?
Setau ane kalo di passport begitu kita masuk D dia ngunci..cacatnya kalo lg brenti di traffic light, kita masukkan P, kunci lsng terbuka otomatis..hahaha..

Kalo bener tombol itu yg dimaksud, tenang di passport juga kaga ada kok..
Sama kaya di freed kalo pas posisi D ngunci otomatis dan kalo posisi P terbuka otomatis... :drinking:
klo brenti di stopan...klo ane biasa oper N trus injak rem parkir, P cuma klo pas parkir beneran
adty
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 930
Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06

Re: Review of Mitsubishi Delica D:5 2.0 CVT

Post by adty »

liep wrote:
FRD wrote:
nyotnyet wrote:Tombol kunci apaan ya mksdnya? Buat ngunci pintu dari dalem? Ini ada speed sensing central door locknya ga?
Setau ane kalo di passport begitu kita masuk D dia ngunci..cacatnya kalo lg brenti di traffic light, kita masukkan P, kunci lsng terbuka otomatis..hahaha..

Kalo bener tombol itu yg dimaksud, tenang di passport juga kaga ada kok..
Sama kaya di freed kalo pas posisi D ngunci otomatis dan kalo posisi P terbuka otomatis... :drinking:
klo brenti di stopan...klo ane biasa oper N trus injak rem parkir, P cuma klo pas parkir beneran
Kalo ane P selain parkir beneran juga kalo 'parkir' di puncak atau simpang gadog :mky_03:
Penikmat roti tawar beroda
User avatar
r12qiSonH4ji
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 811
Joined: Thu Jul 17, 2014 5:10
Location: Mampang Prapatan
Daily Vehicle: Gerobak sayur

Re: Review of Mitsubishi Delica D:5 2.0 CVT

Post by r12qiSonH4ji »

adty wrote: Kalo ane P selain parkir beneran juga kalo 'parkir' di puncak atau simpang gadog :mky_03:
klo dapet buka tutup ya om :mky_03:
---Diesel ayukkk, Bensin ayukkk------
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Review of Mitsubishi Delica D:5 2.0 CVT

Post by maskopat »

good review mods, thanks for sharing.

sedikit menambahkan bahwa di generasi setelah elsapek, Delica menggunakan chassis ladder frame Pajero Gen 2 berikut dengan drive terrainnya.
sejak itu Delica masuk ke segmen baru, MPV Off roader. ini mirip2 dengan VW Caravan.

yang D5 ini dari mpv konsep yang diambil dari platform lancer. turun sedikit daripada generasi sebelumnya yang pake Pajero, tapi tetap dengan segmen mpv off roader. D5 tidak ada low gear ratio seperti di generasi sebelumnya yang membawa drive terrain pajero. tapi seperti yang diceritakan om Billy, crawling rationya D5 tetap baik.
apa lagi untuk versi AWD D5, menggunakan drive terrain yang ada di Evo VIII. kemampuan off roadnya gak bisa dianggap remeh juga.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Review of Mitsubishi Delica D:5 2.0 CVT

Post by maskopat »

ada satu hal yang mungkin belum sempat di-td oleh mod ChZ, ESP di D5 berasa banget pengaruhnya.

kalo dibilang damping gak bagus, mungkin masalah pantat kali ya. ane waktu coba melindas poldur dengan tinggi +/- 15 cm di kecepatan 50km/jam mobil lompat dan mendarat tanpa bouncing. bahkan penumpang di baris ke-3 gak terlalu terpental.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
ola_comoesta
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: Sun May 19, 2013 10:00

Re: Review of Mitsubishi Delica D:5 2.0 CVT

Post by ola_comoesta »

KodokPushUp wrote:...

Auto Stop & Go hanya aktif ketika rem diinjak, dan aktif kira2 selama 30 detik
Re-start mesin cukup halus, dari kabin penumpang
Yang jadi pikiran ane, tahan berapa lama itu aki?
Mengingat di mazda, rata2 cuma tahan 1 tahun, itu aja paling 10 detik-an mesin mati
ola

koreksi dikit, untuk di mazda lebih dari 10 detik. Tergantung selisih suhu luar dan dalam. Contoh malam hari gt, 1 menit kalau dirasa selisih temperatur luar dan dalam masih jauh ya mesin mati lebih lama. Dan aki istop / semacam stop and go ini mostly aktifasi melalui rem juga. Yang membedakan sistem istop/stopandgo dll gini ada pada sistem nyala mobil, ada yg pake di posisi piston ideal sebelum ledakan atau atau konvensional starter. Dan apa bener aki mazda rata2 tahan setahun? :big_smile]

Kendaraan umum di Jepang, seperti bus sudah menerapkan sistem start stop. Everyday commuter, jalan 1 bus stop, mati, nyala, jalan lagi, mati, nyala. shampir sehari nonstop. Jadi saya rasa cukup reliable. CMIIW
User avatar
g1ng2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 328
Joined: Tue Oct 29, 2013 6:18

Re: Review of Mitsubishi Delica D:5 2.0 CVT

Post by g1ng2 »

billyd1773dz wrote: hohoho sepertiny gw baca review delica dimana2 menyayangkan kaga ada diesel dan awd wkwkwk :D

eniwei "sport utility MPV" klw yg di maksud sport utility itu bearti cross over dari suv.. lets we check

high gc ---- check
big suv tyre ---- check
good approach angle ---- check
good departure angle ---- check
long stroke suspension ----- check
traction control ---- check
crawl ratio 15:1 ---- check *better than dokar di highrange much better dri exceed*
platform not related to a truck based or real suv atleast its relate to cuv outlander 7s and epoh...
ummm ok notbad, missing on traction dept, its FWD help by long stroke and tractioncontrol... still no awd or atleast rigid axle rwd.
liep wrote: Btul deh klo ud bc ripiu bgini...imho 400jt klo buat mbl yg ga byk diupdate dr thn 2007...yg bahkan mnurut info om haristk di jpg pun ga byk nampak selain varian lain 2.4 ato diesel...mending beli fortie ato ps ato ipah skalian aj hehe
setuju ama om billyd1773dz aura offroad di D5 ini kental banget, walaupun di indonesia cuma FWD tetep lah menurut ane lebih kelihatan jantan dibanding fortie (bukannya fortie dari 2005? faceliftnya dikit2 ampe sekarang).. malah sayang menurut ane kalau di pendekin :big_childish:

D:5 di Tokyo Auto Saloon 2015:
Image

Image
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: Review of Mitsubishi Delica D:5 2.0 CVT

Post by liep »

lha kalo tampilannya jd spt yg om ging kirim sih ok (beda amat dg versi standard 2.0 di indo), plus mesin diesel yg tangguh tentunya
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: Review of Mitsubishi Delica D:5 2.0 CVT

Post by KodokPushUp »

ola_comoesta wrote: ola

koreksi dikit, untuk di mazda lebih dari 10 detik. Tergantung selisih suhu luar dan dalam. Contoh malam hari gt, 1 menit kalau dirasa selisih temperatur luar dan dalam masih jauh ya mesin mati lebih lama. Dan aki istop / semacam stop and go ini mostly aktifasi melalui rem juga. Yang membedakan sistem istop/stopandgo dll gini ada pada sistem nyala mobil, ada yg pake di posisi piston ideal sebelum ledakan atau atau konvensional starter. Dan apa bener aki mazda rata2 tahan setahun? :big_smile]

Kendaraan umum di Jepang, seperti bus sudah menerapkan sistem start stop. Everyday commuter, jalan 1 bus stop, mati, nyala, jalan lagi, mati, nyala. shampir sehari nonstop. Jadi saya rasa cukup reliable. CMIIW
Thx koreksinya om ola
Waktu test drive mazda 2 si cuma mati kurang lebih 8 detik, sedangkan di delica 30 detik-an, suhu ac sama2 setel 24 derajat, sama2 kena panas matahari, walau di mazda 2 suhu kabin tetap terjaga, sedangkan di delica, itu ac sampe kayak kipas angin biasa waktu mesin mati, jadinya di delica, stop and go nya terkesan agak dipaksakan durasinya

Setahu ane si dari beberapa kasus di mazda i-stop tapi non kapasitor, aki tahan kurang lebih 1 tahun
Kalo yg belum i-stop seperti mazda jadul ane si tahan 2 tahun
Kalo dari pengalaman om ola, aki tahan brp tahun om?
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review of Mitsubishi Delica D:5 2.0 CVT

Post by ChZ »

imingwahyudi wrote:Mazda 8 mah dari jaman kuda makan sashimi juga sudah overpriced. Udah mahal, fitur kopong, boros, pajak mahal, maintenance mahal, ASS seuprit...huh... :big_dunno:


Mending beli Delica...ada tweeternya.. :upss:

Nice review Chris!! :mky_02:
Mending beli Innova V D-4D AT dong Mingki... Punya MID dan steering audio switch

Yang paling penting caca suka... :cupss:

:ngacir: :ngacir:
maskopat wrote:good review mods, thanks for sharing.

sedikit menambahkan bahwa di generasi setelah elsapek, Delica menggunakan chassis ladder frame Pajero Gen 2 berikut dengan drive terrainnya.
sejak itu Delica masuk ke segmen baru, MPV Off roader. ini mirip2 dengan VW Caravan.

yang D5 ini dari mpv konsep yang diambil dari platform lancer. turun sedikit daripada generasi sebelumnya yang pake Pajero, tapi tetap dengan segmen mpv off roader. D5 tidak ada low gear ratio seperti di generasi sebelumnya yang membawa drive terrain pajero. tapi seperti yang diceritakan om Billy, crawling rationya D5 tetap baik.
apa lagi untuk versi AWD D5, menggunakan drive terrain yang ada di Evo VIII. kemampuan off roadnya gak bisa dianggap remeh juga.
Yes oom kopat, makanya sayang sekali Delica disini adalah trim terbawah dan 2WD. Will be interesting kalau yang masuk Diesel 4WD nya :big_smoking: jargon marketing sport-utility MPV itu bakal lebih ngena.
maskopat wrote:ada satu hal yang mungkin belum sempat di-td oleh mod ChZ, ESP di D5 berasa banget pengaruhnya.

kalo dibilang damping gak bagus, mungkin masalah pantat kali ya. ane waktu coba melindas poldur dengan tinggi +/- 15 cm di kecepatan 50km/jam mobil lompat dan mendarat tanpa bouncing. bahkan penumpang di baris ke-3 gak terlalu terpental.
ESP nya ane mau matiin, jujur aja itu tombol ane pencet-pencet berulang-ulang kali entah knp kagak ada indikator di speedo yang menyatakan ESP matek.... :off_no:

Dampingnya gak ada masalah, oom kopat. Ayunannya pas. Yang masalah adalah bannya yang bikin kualitas damping seperti itu jadi berasa kurang nyaman.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
g1ng2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 328
Joined: Tue Oct 29, 2013 6:18

Re: Review of Mitsubishi Delica D:5 2.0 CVT

Post by g1ng2 »

liep wrote:lha kalo tampilannya jd spt yg om ging kirim sih ok (beda amat dg versi standard 2.0 di indo), plus mesin diesel yg tangguh tentunya
delica berat 1.7T 150hp ratio low 2.349 FG 6.466 crawlratio 15.1
untuk cross over atau light off road sih udah cukup, modifikasi mesin bisa naik 190hp, tambahin aja winch kalau pas kena mud track.
opsinya sama dengan di sg, mungkin kalau di survey antara di SM dan di masyarakat mengenai mesin diesel pasti di SM yang menerima diesel lebih tinggi (karena kebanyakan cowok). kalau di luar saya gak yakin orang lebih seneng diesel.
Kalau 4WD pastinya pajak nya jadi mahal dan gak kompetitif. cmiiw
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review of Mitsubishi Delica D:5 2.0 CVT

Post by ChZ »

g1ng2 wrote:
liep wrote:lha kalo tampilannya jd spt yg om ging kirim sih ok (beda amat dg versi standard 2.0 di indo), plus mesin diesel yg tangguh tentunya
delica berat 1.7T 150hp ratio low 2.349 FG 6.466 crawlratio 15.1
untuk cross over atau light off road sih udah cukup, modifikasi mesin bisa naik 190hp, tambahin aja winch kalau pas kena mud track.
opsinya sama dengan di sg, mungkin kalau di survey antara di SM dan di masyarakat mengenai mesin diesel pasti di SM yang menerima diesel lebih tinggi (karena kebanyakan cowok). kalau di luar saya gak yakin orang lebih seneng diesel.
Kalau 4WD pastinya pajak nya jadi mahal dan gak kompetitif. cmiiw
Enggak juga, oom. Justru di luar diesel lebih populer. Seperti di Eropa mesin Diesel lebih populer dari Petrol loh. Delica spek tertinggi di negara asalnya juga DIesel 4WD.

Mungkin Delica akan populer di tempat-tempat dimana kita susah dapetin Solar sementara kebutuhannya adalah mobil 7seats dengan GC tinggi.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ola_comoesta
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: Sun May 19, 2013 10:00

Re: Review of Mitsubishi Delica D:5 2.0 CVT

Post by ola_comoesta »

KodokPushUp wrote: Thx koreksinya om ola
Waktu test drive mazda 2 si cuma mati kurang lebih 8 detik, sedangkan di delica 30 detik-an, suhu ac sama2 setel 24 derajat, sama2 kena panas matahari, walau di mazda 2 suhu kabin tetap terjaga, sedangkan di delica, itu ac sampe kayak kipas angin biasa waktu mesin mati, jadinya di delica, stop and go nya terkesan agak dipaksakan durasinya

Setahu ane si dari beberapa kasus di mazda i-stop tapi non kapasitor, aki tahan kurang lebih 1 tahun
Kalo yg belum i-stop seperti mazda jadul ane si tahan 2 tahun
Kalo dari pengalaman om ola, aki tahan brp tahun om?
kalau dari pengalaman sendiri skrg pakai udah 1.5 tahun. Belum ada tanda2 koit. Pernah tancep "sesuatu" untuk read ecu, dan ada indikator battery life berapa days. Dankalau dihitung 2 year-an. Entah bener apa ga. Jadi kelihatannya usia mirip2 aki mobil biasa. Tapi mungkin harganya yg jeglek ntar dibandingkan aki biasa
yudhisuwandono
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 278
Joined: Mon Sep 08, 2008 8:01

Re: Review of Mitsubishi Delica D:5 2.0 CVT

Post by yudhisuwandono »

jadi dari 4 roti twar, mana pilihan yang terbaik???
User avatar
g1ng2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 328
Joined: Tue Oct 29, 2013 6:18

Re: Review of Mitsubishi Delica D:5 2.0 CVT

Post by g1ng2 »

ChZ wrote: Enggak juga, oom. Justru di luar diesel lebih populer. Seperti di Eropa mesin Diesel lebih populer dari Petrol loh. Delica spek tertinggi di negara asalnya juga DIesel 4WD.

Mungkin Delica akan populer di tempat-tempat dimana kita susah dapetin Solar sementara kebutuhannya adalah mobil 7seats dengan GC tinggi.
Karena saya penggemar Cak Lontong, ini ada statistik menarik antara Diesel dan Petrol, survey dilakukan di negara berkembang juga, yang di survey 67 yang punya mobil bensin dan 48 pemilik mobil diesel, yang gak punya mobil gak disurvey :mky_03: :mky_03:

Image
yudhisuwandono wrote:jadi dari 4 roti twar, mana pilihan yang terbaik???
Honda freed om, karena punya fitur yang gak ada di mobil tawar lainnya, yaitu penggunaan energi alternatif seperti bisa dilihat disini:



Kabur dulu ah sebelum ditimpukin moderator.. :big_peace: :mky_08:
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: Review of Mitsubishi Delica D:5 2.0 CVT

Post by liep »

videonya ga bisa dbuka, ap salah format ato knp?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review of Mitsubishi Delica D:5 2.0 CVT

Post by ChZ »

g1ng2 wrote: Karena saya penggemar Cak Lontong, ini ada statistik menarik antara Diesel dan Petrol, survey dilakukan di negara berkembang juga, yang di survey 67 yang punya mobil bensin dan 48 pemilik mobil diesel, yang gak punya mobil gak disurvey :mky_03: :mky_03:
Kalau di negara berkembang biasanya petrol masih jadi pilihan utama.

Tapi di negara maju sudah mulai meninggalkan bensin dan beralih ke mobil ramah lingkungan seperti diesel, hybrid, dan electric... Makanya pabrikan Eropa sangat getol mengembangkan advanced diesel, seperti BMW, Mercedes, VW, Audi, dst...

Diesel baru populer di negara maju aja. Di Indonesia pun kalau ada opsi diesel biasanya orang pilih diesel koq. Fortuner, Pasport, Captiva, Innova yang laku kan diesel.

Dan memang bener hasil survey nya kalau orang pilih diesel karena lebih economical. Jarang sekali orang pilih diesel karena lebih powerful (ya kalau di Indonesia beberapa beli D-4D karena lebih powerful dan bisa di-tweak sampe ratusan horsepower juga sih). Performance car masih identik dengan bensin.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Review of Mitsubishi Delica D:5 2.0 CVT

Post by ginting »

oom CHZ, gak salah tuh statemen bahwa Innova Diesel yang laku keras disbanding bensin...perasaan kalau papas an di jalan, banyakan VVTI daripada D4D...

Tentunya tanpa membedakan matic atau manual...

Mungkin preferensi pasar di INdo masih pilih KIjang Innova bensin..mostly...
tapi bagi Car Enthusiast mungkin go for D4d
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review of Mitsubishi Delica D:5 2.0 CVT

Post by ChZ »

ginting wrote:oom CHZ, gak salah tuh statemen bahwa Innova Diesel yang laku keras disbanding bensin...perasaan kalau papas an di jalan, banyakan VVTI daripada D4D...

Tentunya tanpa membedakan matic atau manual...

Mungkin preferensi pasar di INdo masih pilih KIjang Innova bensin..mostly...
tapi bagi Car Enthusiast mungkin go for D4d
Ane koq malah merasa D-4D lebih banyak dari VVT-i, apalagi latest gen yang udah model GNKI :big_think:

Untuk fleet memang kebanyakan ane lihat masih VVT-i, tapi kalau yang dipakai sendiri koq malah banyakan D-4D seingat ane.

Resale value D-4D juga lebih kuat dari VVT-i... fakta yang gak bisa ditepis bahwa D-4D lebih diminati dari VVT-i.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7