User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
jar-jit-no
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: Thu Nov 29, 2012 5:58
Location: Malang city

Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013

Post by jar-jit-no »

billyd1773dz wrote:wow nambahin bro aris :D
beberapa hari lalu road trip menggunakan ertiga rental sampai finish odo mencatat 930km.. well longest TD maybe.. hehe :D dapet unit 2014 GX MT, km juga baru 17rb... wkwkwk :D

my opinion :D
- suspensi is good, benefit dri rear torsionbeam/semi independent kerasa sekali di jalan ancur, better dari mpv saya sblmnya *ipah* yg rigid. body roll jauh lebih dikit, steering ratio jauh lebih cepat setara hatchback... kerasa banget saat jalan berkelok2 nimble tampa perlu menggerakan stir terlalu banyak,and imho malah masih much better dri hatchback dirumah.. meski overall pengendalian masih di bawah Spin sih :D

-peredam suara is good and sufficient.. meski terutama urusan road noise dan suspension noise ipah G masih lebih baik...

- GC lebih tinggi dri ipah 185mm vs 176mm ipah dono terakhir( ipah gw 2009 dulu di webnya cuma 150-160mm ntah beda apanya). namun FWD dan travel suspensi lebih pendek. kemarin kita kesebuah pantai perawan yang jalanny 1 km bukan aspal rusak tp masih tanah pasir dengan akar2 pepohonan besar dan ceruk2an bekas air dalam di tanah lengkap dgn turun terjal... saat pergi aman karna turun, saat pulang... ya drama selip2 di ban depan dan beberapa kali kolong kena dan ban blkng kerasa ngangkat. *mbl sewaan habekk*... sayang no pic, kita ber 7, untungny with some effort and a lot of momentum tetep bisa nganter kita pulang meski uda ujan.. berutung tanahnya berpasir tidak jadi lumpur.

- Driving position hatchback like dan estika,secara subjektif didalam kabin saya lebih suka r3 dibanding spin, headroom berlimpah gw 170cm dri kepala ke atap lebih dri sejengkal. Jok ke 2 bisa maju mundur dan reclining dan dilengkapi handrest tengah. lucunya jika 3rd row di lipat 2nd row tidak bisa mundur maksimal. jadi untuk nikmatin 2nd row maksimal jok ke 3 harus berdiri dan 2nd bisa mundur maksimal dan jadi punya leg room lega. 3rd row.... ya tergantung sejauh apa orng di 2nd row mau berkorban majuin seatnya hehe :D untungya seat 2 dan 3 itu tinggi sehingga kaki tidak ngangkat sekalipun legroom terbatas.

- Engine K14 ini sweet spotnya kuat menjelang di rpm 4K enginenote dari sebelumnya kalem langsung berubah lebih merdu mesin tidak malu-malu rev sampai kena rev limiter di redline its quite fun. di rev bawah cukup kuat sampai 2k setelah itu torque dip 2k-3.5k baru mulai keluar lagi di 3.5k dan ngelonjak di 4k. selama torque dip....lemot n ngeden kosong.... siap-siap down shift tarik diatas 4K. atau ecodriving di bawah 2K yang justru malah kerasa lebih bertorsi. sayangnya di bawah 2K kadang tidak smooth power deliverynya, dan kadang jerky trutama saat glide dan transisi ke engine brake. bicara FC rute kombinasi rata-rata 13.5kml premium, mostly macet2an dalkot dan antar kota non tol dan sering tarik ke redline. so.. this engine fun on highrev torsi utk nanjak n overtaking baik selama stay on powerband... boring mid rev padahal most of the time jalur a.k.a.p pasti ada di rev ini apalagi klw berkelok dan naik turun.... low rev relatif torquey meski kadang suka jerky. selama di pke g pernah kedengar knock. pke p+ should be even better :D

- Transmisi MT.... throw pendek, jauh lebih pendek dari ipah dan lebih ringan saat di gerakan, vibrasi mesin minim di tuas transmisi, juga masih lebih baik dri miras MT, clutch ringan.. start dari gigi 1 tampa nekan throttl is tricky, dan g kerasa anti stall kickin seperti di spin dan apansa saat mencoba jalan tampa nekan gas. 100kmh@ 3000rpm. macet2an could be better jika mudah jalan dari gigi 1. sebenernya ratio gigi 1 uda rendah, gigi1 mostly dipke sesaat dan langsung shift ke 2, atau saat nanjak terjal. jalan di gigi 2 langsung juga bisa di bantu clutch dan gas. yang ganjel saat nikmatin rev sampai 6500 shift..... somehow.. butuh adaptasi untuk quick shift di highrpm klw asal hajar shift cepat pasti ndut2an.

-paling banyak kita isi 8 orang dgn 4 koper, dan 4 ransel hiking 20-30kg amaze karna masuk ke R3 ini.......... tarikan drop di rpm bawah, di atas masih *mayan* galak.. suspensi still well composed meski mulai ngayun,stoper tidak jedak jeduk violently karna overload. full load masih relatif mudah k 160kmh.


waktu itu pilihany nyewa apansa *bosen*, freed *expensive dan harus masuk 8 orng*, ipah *bosen yg diesel mahal*, dan.. ada tawaran ertelu, wkwk sempat ragu g masuk 8 orng sama barang2ny kta uda siap 2 balik bawa barang dulu, ya ternyata dgn sedikit pelumas bisa masuk juga dgn barangnya sekali jalan.

yg pasti g nyesel sewa ni mbl :mky_02: coba diesel VGT nya ada.. midrev g bakal kosong dan ga akan kurang torque wkwk :D meski higrevny jadi ga dapat.

just my opnion.. :D



bicara gosip next FL katanya 4AT di gusur diganti 5AMT - Shiftronic wkwkw :D AMTnya unik.. karna unit transmisi persis sama dgn 5MT, clutch juga sama dgn yg MT.bedanya di tambah module buatan italy *magneti marelli gosipny* untuk actuator shift dan clutch yg jadi motorize dgn hydraulic di kontrol TCM, mungkin ada hubungan dgn AMT fiat500....

AMT seharusny akan minim atau tidak ada slip layakny MT dan DCT... lebih efficient,minim powerloss/setara MT.. dan selisih harga dan bobot dgn MT lebih dekat karna unit GB sama, beda di modul actuatorny saja. well expect some jerkyness karna ini single clutch gearbox.

lets see klw uda mendarat di sini.

:beer:
great repiu om bil.. :mky_02:

versi dieselnya udah ada ya di india sono?

jarijarir wrote: hasil reviewnya koq bikin ngiler ya,,, bagus bener kayanya ertiga,,, :big_childish:

apakah harus TD skalian pas servis ciprat ya,,, :big_think:
TD sekalian aja om..sekalian jg dibikin repiunya ciprat..kyknya blm ada disini :mky_03:
4A91 4at - Slow Driver
User avatar
jarijarir
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: Tue Dec 30, 2014 5:48

Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013

Post by jarijarir »

jar-jit-no wrote: TD sekalian aja om..sekalian jg dibikin repiunya ciprat..kyknya blm ada disini :mky_03:
saya mah apa, om,,, bisanya nanti cuma foto-foto jeroan ciprat pake kamera henpon, menuh-menuhin SM aja,,,hihi :big_cry: :big_slap:
be patient, please.. i'm a beginner.. :big_comfort:
User avatar
jar-jit-no
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: Thu Nov 29, 2012 5:58
Location: Malang city

Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013

Post by jar-jit-no »

jarijarir wrote:
jar-jit-no wrote: TD sekalian aja om..sekalian jg dibikin repiunya ciprat..kyknya blm ada disini :mky_03:
saya mah apa, om,,, bisanya nanti cuma foto-foto jeroan ciprat pake kamera henpon, menuh-menuhin SM aja,,,hihi :big_cry: :big_slap:
gapapa lah oom..kasi foto2 & impresi pribadi..mana yg disuka, mana yg nggak...gitu aja :mky_01:

punya ane udah pasaran sih disini..yg repiu jg udah banyak :ungg:
4A91 4at - Slow Driver
User avatar
omsafety
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 300
Joined: Tue May 03, 2011 3:14

Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013

Post by omsafety »

Ikutan rembug ah :mky_01:

bulan 9 kemarin ambil mobil buat operasional dan pakai pribadi. Pilihannya xenia, avanza, R3. Akhirnya beli ketiganya , tapi beda peruntukan....

Buat angkut rantang katering pake xenia R MT sama avanza G 1.5 MT, dasar pemikirannya lebih karena bagasi lebih luas saja, unit datang langsung bongkar jok belakang :mky_01:

Buat jalan2 keluarga pake R3 GX AT, menurut penumpang (anak & istri) jauuuuh lebih nyaman dibanding bantingan avanza 1.5 S AT dan 1.3 G AT yg dulu pernah kami pakai
Saya yang juga sering nyetir sendiri mengakui kalau bantingan R3 lebih nyaman dari pada duo kembar ini. Sebagai tambahan, unit yang saya pakai selalu ambil baru dan bukan seken. Avanza beli di 2010 dan dijual di akhir 2014 lalu.
Demikian report singkat user langsung :big_grin:
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3691
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013

Post by sandal »

billyd1773dz wrote:wow nambahin bro aris :D
beberapa hari lalu road trip menggunakan ertiga rental sampai finish odo mencatat 930km.. well longest TD maybe.. hehe :D dapet unit 2014 GX MT, km juga baru 17rb... wkwkwk :D

my opinion :D
- suspensi is good, benefit dri rear torsionbeam/semi independent kerasa sekali di jalan ancur, better dari mpv saya sblmnya *ipah* yg rigid. body roll jauh lebih dikit, steering ratio jauh lebih cepat setara hatchback... kerasa banget saat jalan berkelok2 nimble tampa perlu menggerakan stir terlalu banyak,and imho malah masih much better dri hatchback dirumah.. meski overall pengendalian masih di bawah Spin sih :D

-peredam suara is good and sufficient.. meski terutama urusan road noise dan suspension noise ipah G masih lebih baik...

- GC lebih tinggi dri ipah 185mm vs 176mm ipah dono terakhir( ipah gw 2009 dulu di webnya cuma 150-160mm ntah beda apanya). namun FWD dan travel suspensi lebih pendek. kemarin kita kesebuah pantai perawan yang jalanny 1 km bukan aspal rusak tp masih tanah pasir dengan akar2 pepohonan besar dan ceruk2an bekas air dalam di tanah lengkap dgn turun terjal... saat pergi aman karna turun, saat pulang... ya drama selip2 di ban depan dan beberapa kali kolong kena dan ban blkng kerasa ngangkat. *mbl sewaan habekk*... sayang no pic, kita ber 7, untungny with some effort and a lot of momentum tetep bisa nganter kita pulang meski uda ujan.. berutung tanahnya berpasir tidak jadi lumpur.

- Driving position hatchback like dan estika,secara subjektif didalam kabin saya lebih suka r3 dibanding spin, headroom berlimpah gw 170cm dri kepala ke atap lebih dri sejengkal. Jok ke 2 bisa maju mundur dan reclining dan dilengkapi handrest tengah. lucunya jika 3rd row di lipat 2nd row tidak bisa mundur maksimal. jadi untuk nikmatin 2nd row maksimal jok ke 3 harus berdiri dan 2nd bisa mundur maksimal dan jadi punya leg room lega. 3rd row.... ya tergantung sejauh apa orng di 2nd row mau berkorban majuin seatnya hehe :D untungya seat 2 dan 3 itu tinggi sehingga kaki tidak ngangkat sekalipun legroom terbatas.

- Engine K14 ini sweet spotnya kuat menjelang di rpm 4K enginenote dari sebelumnya kalem langsung berubah lebih merdu mesin tidak malu-malu rev sampai kena rev limiter di redline its quite fun. di rev bawah cukup kuat sampai 2k setelah itu torque dip 2k-3.5k baru mulai keluar lagi di 3.5k dan ngelonjak di 4k. selama torque dip....lemot n ngeden kosong.... siap-siap down shift tarik diatas 4K. atau ecodriving di bawah 2K yang justru malah kerasa lebih bertorsi. sayangnya di bawah 2K kadang tidak smooth power deliverynya, dan kadang jerky trutama saat glide dan transisi ke engine brake. bicara FC rute kombinasi rata-rata 13.5kml premium, mostly macet2an dalkot dan antar kota non tol dan sering tarik ke redline. so.. this engine fun on highrev torsi utk nanjak n overtaking baik selama stay on powerband... boring mid rev padahal most of the time jalur a.k.a.p pasti ada di rev ini apalagi klw berkelok dan naik turun.... low rev relatif torquey meski kadang suka jerky. selama di pke g pernah kedengar knock. pke p+ should be even better :D

- Transmisi MT.... throw pendek, jauh lebih pendek dari ipah dan lebih ringan saat di gerakan, vibrasi mesin minim di tuas transmisi, juga masih lebih baik dri miras MT, clutch ringan.. start dari gigi 1 tampa nekan throttl is tricky, dan g kerasa anti stall kickin seperti di spin dan apansa saat mencoba jalan tampa nekan gas. 100kmh@ 3000rpm. macet2an could be better jika mudah jalan dari gigi 1. sebenernya ratio gigi 1 uda rendah, gigi1 mostly dipke sesaat dan langsung shift ke 2, atau saat nanjak terjal. jalan di gigi 2 langsung juga bisa di bantu clutch dan gas. yang ganjel saat nikmatin rev sampai 6500 shift..... somehow.. butuh adaptasi untuk quick shift di highrpm klw asal hajar shift cepat pasti ndut2an.

-paling banyak kita isi 8 orang dgn 4 koper, dan 4 ransel hiking 20-30kg amaze karna masuk ke R3 ini.......... tarikan drop di rpm bawah, di atas masih *mayan* galak.. suspensi still well composed meski mulai ngayun,stoper tidak jedak jeduk violently karna overload. full load masih relatif mudah k 160kmh.


waktu itu pilihany nyewa apansa *bosen*, freed *expensive dan harus masuk 8 orng*, ipah *bosen yg diesel mahal*, dan.. ada tawaran ertelu, wkwk sempat ragu g masuk 8 orng sama barang2ny kta uda siap 2 balik bawa barang dulu, ya ternyata dgn sedikit pelumas bisa masuk juga dgn barangnya sekali jalan.

yg pasti g nyesel sewa ni mbl :mky_02: coba diesel VGT nya ada.. midrev g bakal kosong dan ga akan kurang torque wkwk :D meski higrevny jadi ga dapat.

just my opnion.. :D



bicara gosip next FL katanya 4AT di gusur diganti 5AMT - Shiftronic wkwkw :D AMTnya unik.. karna unit transmisi persis sama dgn 5MT, clutch juga sama dgn yg MT.bedanya di tambah module buatan italy *magneti marelli gosipny* untuk actuator shift dan clutch yg jadi motorize dgn hydraulic di kontrol TCM, mungkin ada hubungan dgn AMT fiat500....

AMT seharusny akan minim atau tidak ada slip layakny MT dan DCT... lebih efficient,minim powerloss/setara MT.. dan selisih harga dan bobot dgn MT lebih dekat karna unit GB sama, beda di modul actuatorny saja. well expect some jerkyness karna ini single clutch gearbox.

lets see klw uda mendarat di sini.

[emoji481]
Mastah billy :cupss: :mky_02:
Akhirnya keracunan ama R3 GX MT :mky_03:
Iya nih patut ditunggu versi flnya R3 pake AMT ini :big_grin:
Btw foto road tripnya jangan lupa yah :ngacir:
jarijarir wrote:
billyd1773dz wrote:wow nambahin bro aris :D
beberapa hari lalu road trip menggunakan ertiga rental sampai finish odo mencatat 930km.. well longest TD maybe.. hehe :D dapet unit 2014 GX MT, km juga baru 17rb... wkwkwk :D

my opinion :D
- suspensi is good, benefit dri rear torsionbeam/semi independent kerasa sekali di jalan ancur, better dari mpv saya sblmnya *ipah* yg rigid. body roll jauh lebih dikit, steering ratio jauh lebih cepat setara hatchback... kerasa banget saat jalan berkelok2 nimble tampa perlu menggerakan stir terlalu banyak,and imho malah masih much better dri hatchback dirumah.. meski overall pengendalian masih di bawah Spin sih :D

-peredam suara is good and sufficient.. meski terutama urusan road noise dan suspension noise ipah G masih lebih baik...

- GC lebih tinggi dri ipah 185mm vs 176mm ipah dono terakhir( ipah gw 2009 dulu di webnya cuma 150-160mm ntah beda apanya). namun FWD dan travel suspensi lebih pendek. kemarin kita kesebuah pantai perawan yang jalanny 1 km bukan aspal rusak tp masih tanah pasir dengan akar2 pepohonan besar dan ceruk2an bekas air dalam di tanah lengkap dgn turun terjal... saat pergi aman karna turun, saat pulang... ya drama selip2 di ban depan dan beberapa kali kolong kena dan ban blkng kerasa ngangkat. *mbl sewaan habekk*... sayang no pic, kita ber 7, untungny with some effort and a lot of momentum tetep bisa nganter kita pulang meski uda ujan.. berutung tanahnya berpasir tidak jadi lumpur.

- Driving position hatchback like dan estika,secara subjektif didalam kabin saya lebih suka r3 dibanding spin, headroom berlimpah gw 170cm dri kepala ke atap lebih dri sejengkal. Jok ke 2 bisa maju mundur dan reclining dan dilengkapi handrest tengah. lucunya jika 3rd row di lipat 2nd row tidak bisa mundur maksimal. jadi untuk nikmatin 2nd row maksimal jok ke 3 harus berdiri dan 2nd bisa mundur maksimal dan jadi punya leg room lega. 3rd row.... ya tergantung sejauh apa orng di 2nd row mau berkorban majuin seatnya hehe :D untungya seat 2 dan 3 itu tinggi sehingga kaki tidak ngangkat sekalipun legroom terbatas.

- Engine K14 ini sweet spotnya kuat menjelang di rpm 4K enginenote dari sebelumnya kalem langsung berubah lebih merdu mesin tidak malu-malu rev sampai kena rev limiter di redline its quite fun. di rev bawah cukup kuat sampai 2k setelah itu torque dip 2k-3.5k baru mulai keluar lagi di 3.5k dan ngelonjak di 4k. selama torque dip....lemot n ngeden kosong.... siap-siap down shift tarik diatas 4K. atau ecodriving di bawah 2K yang justru malah kerasa lebih bertorsi. sayangnya di bawah 2K kadang tidak smooth power deliverynya, dan kadang jerky trutama saat glide dan transisi ke engine brake. bicara FC rute kombinasi rata-rata 13.5kml premium, mostly macet2an dalkot dan antar kota non tol dan sering tarik ke redline. so.. this engine fun on highrev torsi utk nanjak n overtaking baik selama stay on powerband... boring mid rev padahal most of the time jalur a.k.a.p pasti ada di rev ini apalagi klw berkelok dan naik turun.... low rev relatif torquey meski kadang suka jerky. selama di pke g pernah kedengar knock. pke p+ should be even better :D

- Transmisi MT.... throw pendek, jauh lebih pendek dari ipah dan lebih ringan saat di gerakan, vibrasi mesin minim di tuas transmisi, juga masih lebih baik dri miras MT, clutch ringan.. start dari gigi 1 tampa nekan throttl is tricky, dan g kerasa anti stall kickin seperti di spin dan apansa saat mencoba jalan tampa nekan gas. 100kmh@ 3000rpm. macet2an could be better jika mudah jalan dari gigi 1. sebenernya ratio gigi 1 uda rendah, gigi1 mostly dipke sesaat dan langsung shift ke 2, atau saat nanjak terjal. jalan di gigi 2 langsung juga bisa di bantu clutch dan gas. yang ganjel saat nikmatin rev sampai 6500 shift..... somehow.. butuh adaptasi untuk quick shift di highrpm klw asal hajar shift cepat pasti ndut2an.

-paling banyak kita isi 8 orang dgn 4 koper, dan 4 ransel hiking 20-30kg amaze karna masuk ke R3 ini.......... tarikan drop di rpm bawah, di atas masih *mayan* galak.. suspensi still well composed meski mulai ngayun,stoper tidak jedak jeduk violently karna overload. full load masih relatif mudah k 160kmh.


waktu itu pilihany nyewa apansa *bosen*, freed *expensive dan harus masuk 8 orng*, ipah *bosen yg diesel mahal*, dan.. ada tawaran ertelu, wkwk sempat ragu g masuk 8 orng sama barang2ny kta uda siap 2 balik bawa barang dulu, ya ternyata dgn sedikit pelumas bisa masuk juga dgn barangnya sekali jalan.

yg pasti g nyesel sewa ni mbl :mky_02: coba diesel VGT nya ada.. midrev g bakal kosong dan ga akan kurang torque wkwk :D meski higrevny jadi ga dapat.

just my opnion.. :D



bicara gosip next FL katanya 4AT di gusur diganti 5AMT - Shiftronic wkwkw :D AMTnya unik.. karna unit transmisi persis sama dgn 5MT, clutch juga sama dgn yg MT.bedanya di tambah module buatan italy *magneti marelli gosipny* untuk actuator shift dan clutch yg jadi motorize dgn hydraulic di kontrol TCM, mungkin ada hubungan dgn AMT fiat500....

AMT seharusny akan minim atau tidak ada slip layakny MT dan DCT... lebih efficient,minim powerloss/setara MT.. dan selisih harga dan bobot dgn MT lebih dekat karna unit GB sama, beda di modul actuatorny saja. well expect some jerkyness karna ini single clutch gearbox.

lets see klw uda mendarat di sini.

[emoji481]

hasil reviewnya koq bikin ngiler ya,,, bagus bener kayanya ertiga,,, :big_childish:

apakah harus TD skalian pas servis ciprat ya,,, :big_think:
Coba di TD dulu om :mky_01:
Btw cipratnya juga ngiler nih :mky_03:
Tapi sayang belum berairbag :ungg:
philosophie wrote:bagus apa ngga tergantung feeling jg si om.. :mky_08: :mky_08:
sensasi tarikannya si asik menurut saya ya.. jadi pengen diajak ngebut aja bawaanya :mky_01: :mky_01:
Bener om philosophie, memang tergantung feelingnya :mky_01:
omsafety wrote:Ikutan rembug ah :mky_01:

bulan 9 kemarin ambil mobil buat operasional dan pakai pribadi. Pilihannya xenia, avanza, R3. Akhirnya beli ketiganya , tapi beda peruntukan....

Buat angkut rantang katering pake xenia R MT sama avanza G 1.5 MT, dasar pemikirannya lebih karena bagasi lebih luas saja, unit datang langsung bongkar jok belakang :mky_01:

Buat jalan2 keluarga pake R3 GX AT, menurut penumpang (anak & istri) jauuuuh lebih nyaman dibanding bantingan avanza 1.5 S AT dan 1.3 G AT yg dulu pernah kami pakai
Saya yang juga sering nyetir sendiri mengakui kalau bantingan R3 lebih nyaman dari pada duo kembar ini. Sebagai tambahan, unit yang saya pakai selalu ambil baru dan bukan seken. Avanza beli di 2010 dan dijual di akhir 2014 lalu.
Demikian report singkat user langsung :big_grin:
Wih user juga? :big_grin:

Sent from Nokia 1100 4G LTE-A
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
User avatar
jarijarir
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: Tue Dec 30, 2014 5:48

Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013

Post by jarijarir »

jar-jit-no wrote:gapapa lah oom..kasi foto2 & impresi pribadi..mana yg disuka, mana yg nggak...gitu aja :mky_01:

punya ane udah pasaran sih disini..yg repiu jg udah banyak :ungg:
bole dicoba kapan-kapan kalo ada waktu senggang :big_think: :big_deal:
sandal wrote: Coba di TD dulu om :mky_01:
Btw cipratnya juga ngiler nih :mky_03:
Tapi sayang belum berairbag :ungg:

nah iyak itu sayangnya belum air bag :mky_05:
be patient, please.. i'm a beginner.. :big_comfort:
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3691
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013

Post by sandal »

Update


Sabtu kemarin habis servis R3 ane 20k km, biayanya sih agak nangis juga, 1,184 jt (termasuk PPN 10%) :big_slap:
Untung biaya jasa masih gratis.


Next planning :
Ganti ban dari GT Radial Champiro Eco ke Hankook Kinergy. Ada yang sudah review Hankook Kinergy ini?
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
User avatar
Mamang555
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51

Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013

Post by Mamang555 »

sandal wrote:Update


Sabtu kemarin habis servis R3 ane 20k km, biayanya sih agak nangis juga, 1,184 jt (termasuk PPN 10%) :big_slap:
Untung biaya jasa masih gratis.


Next planning :
Ganti ban dari GT Radial Champiro Eco ke Hankook Kinergy. Ada yang sudah review Hankook Kinergy ini?
Itu apa saja yang dikerjakan om?

Ciprat saya 2 bulan lalu juga servis 20 rb dan masih gratis jasa (terakhir kalo ga salah). Total damage cost di 1,2 jtan. Cuma memang ada request dari saya untuk spooring balancing (krn abis bawa mudik) dan juga pengecekan sekaligus servis ringan AC.

Spurbal abis 200 (ato 250 rb kalo g salah) dan servis ac kena 250 ribuan. Jadi total biaya servisnya sekitar 700 rb (ganti oli, filter oli, kampas rem di kasih grease, dll).

Dipikir2, memang segituan kali ya. Wong oli aja udah berapa... hehehe

Nice report btw
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3691
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013

Post by sandal »

Mamang555 wrote:
sandal wrote:Update


Sabtu kemarin habis servis R3 ane 20k km, biayanya sih agak nangis juga, 1,184 jt (termasuk PPN 10%) :big_slap:
Untung biaya jasa masih gratis.


Next planning :
Ganti ban dari GT Radial Champiro Eco ke Hankook Kinergy. Ada yang sudah review Hankook Kinergy ini?
Itu apa saja yang dikerjakan om?

Ciprat saya 2 bulan lalu juga servis 20 rb dan masih gratis jasa (terakhir kalo ga salah). Total damage cost di 1,2 jtan. Cuma memang ada request dari saya untuk spooring balancing (krn abis bawa mudik) dan juga pengecekan sekaligus servis ringan AC.

Spurbal abis 200 (ato 250 rb kalo g salah) dan servis ac kena 250 ribuan. Jadi total biaya servisnya sekitar 700 rb (ganti oli, filter oli, kampas rem di kasih grease, dll).

Dipikir2, memang segituan kali ya. Wong oli aja udah berapa... hehehe

Nice report btw
Sama kaya om mamang sebenarnya (ganti oli, filter oli, kampas rem di kasih grease) ditambah ganti filter ac dan lain-lain, tetapi ane ga request spooring balancing karena jarang dibawa lukot. Ane ga pake cuci gratis karena rame banget sekitar 5 mobil yang antri cuci dan ane waktu itu keburu2 :big_slap:

Oli 1lt SGO SAE 5W-30 65rb. Pemakaian 3,5 l habis 229rb
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
saridin
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 262
Joined: Fri Oct 17, 2014 3:36

Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013

Post by saridin »

Ikutan report juga, service berkala 25ribu, 24 Bulan, posisi odo 22000

1. Oli SGO 5-30 3.5l 252.000
2. Part
- Engine cleaner 80.000
- Filter AC 197.000
- Air aki 4.000
3. Jasa service 115.500

Total jendral 648.500
|ertelu gx 13||miras glx 14|
User avatar
Mamang555
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51

Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013

Post by Mamang555 »

Wah saya malah waktu itu ga ganti filter ac. Mungkin nanti pas 25 rb aja deh

Konon yang agak mahal itu pas servis kelipatan 20 rb (20, 40, 60 dst dst).
Bisa abis 1 jutaan lebih kayaknya (kalo2 free jasa servisnya sudah abis)
Kalo kelipatan 5 rb mah cuma ganti oli sama filternya aja .cmiiw
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3691
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013

Post by sandal »

Mamang555 wrote:Wah saya malah waktu itu ga ganti filter ac. Mungkin nanti pas 25 rb aja deh

Konon yang agak mahal itu pas servis kelipatan 20 rb (20, 40, 60 dst dst).
Bisa abis 1 jutaan lebih kayaknya (kalo2 free jasa servisnya sudah abis)
Kalo kelipatan 5 rb mah cuma ganti oli sama filternya aja .cmiiw
Pada saat ane lihat tabel paket servis, biaya servis kelipatan 20rb manual lebih mahal dibanding yang matic -> paket C
Kalo paket D (kelipatan 40rb) memang lebih mahal

Btw, gimana long term ceplesnya om? :big_grin:
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
User avatar
Mamang555
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51

Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013

Post by Mamang555 »

sandal wrote:
Mamang555 wrote:Wah saya malah waktu itu ga ganti filter ac. Mungkin nanti pas 25 rb aja deh

Konon yang agak mahal itu pas servis kelipatan 20 rb (20, 40, 60 dst dst).
Bisa abis 1 jutaan lebih kayaknya (kalo2 free jasa servisnya sudah abis)
Kalo kelipatan 5 rb mah cuma ganti oli sama filternya aja .cmiiw
Pada saat ane lihat tabel paket servis, biaya servis kelipatan 20rb manual lebih mahal dibanding yang matic -> paket C
Kalo paket D (kelipatan 40rb) memang lebih mahal

Btw, gimana long term ceplesnya om? :big_grin:
Long term seharusnya 50rb / 3 tahunan kali ya :D
Saya baru 15 rb (2 tahun)..
Buldep rencana dibawa ke Jatim. Nanti ane share deh daripada oot disini :mky_01:

Btw thanks sekali lg reportnya om :big_deal:
User avatar
Mastermax
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Wed Aug 21, 2013 17:22

Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013

Post by Mastermax »

sandal wrote:Update


Sabtu kemarin habis servis R3 ane 20k km, biayanya sih agak nangis juga, 1,184 jt (termasuk PPN 10%) :big_slap:
Untung biaya jasa masih gratis.


Next planning :
Ganti ban dari GT Radial Champiro Eco ke Hankook Kinergy. Ada yang sudah review Hankook Kinergy ini?
Lagi nimang2 buat nambah operasional, antra R3 dan duo kaleng....
btw maaf oot....biaya service ertelu diberes lumayan juga ya...ga beda jauh sm Mazda 2, (yg pada blg biaya servnya mihul)... :big_cry:
Bulan Juni lalu serv km 20.000. di beres, kena 1.180.000+ ppn 118.000, total Rp. 1.298.000.. :big_bored:
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1086
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013

Post by kenop »

iseng ah mau post biaya servis dari km 0 s/d 60rb trakir kali servis kmrn
kali aja ada yang mau tau biaya pelihara R3 brapa duid, tadi nya mau buat thread sendiri tapi ga jadi ah,, numpang gabung di sini aja ya om TS :big_peace:

kelinci percobaan nya R3 GL A/T 2013 @60rb km


NB : total biaya sudah termasuk PPN 10% dan disc SPC 10%

1,000 km = IDR 0
* free jasa dan oli

5,000 km = IDR 272,177
* free jasa
* filter oli
* oli mesin SGO 5w30
* air accu

10,000 km = IDR 357,478
* free jasa
* filter oli
* oli mesin SGO 5w30
* carb jet

15,000 km = IDR 395,432
* jasa perawatan
* filter oli
* oli mesin SGO 5w30
* air accu

20,000 km = IDR 583,664
* free jasa
* busi 4 pcs
* filter udara
* filter oli
* oli mesin SGO 5w30
* air accu
* carb jet

25,000 km = IDR 261,000
* filter oli
* oli mesin idemitsu eco ext 10w30
nb : ganti di TODA, ga sempet ke beres

30,000 km = IDR 605,625
* free jasa
* jasa bongkar throttle body
* jasa ganti lampu rem
* lampu rem
* filter oli
* oli mesin SGO 5w30
* air accu
* carb jet

35,000 km = IDR 378,042
* jasa perawatan
* filter oli
* oli mesin SGO 5w30

40,000 km = IDR 1,945,402
* free jasa
* jasa bersih2 injector
* jasa kuras minyak rem
* jasa kuras oli matic
* busi 4 pcs
* filter udara
* filter oli
* grease
* oli matic SGO ATF AW-1 7 ltr
* minyak rem
* engine coolant
* oli mesin SGO 5w30
* carb jet
* pembersih rem dan lain2
* air accu

45,000 km = IDR 408,821
* jasa perawatan
* filter oli
* oli mesin SGO 5w30
* lampu rem

50,000 km = IDR 732,284
* free jasa
* bongkar throttle body
* filter oli
* oli mesin SGO 5w30
* engine conditioner
* air accu

53,000 km = IDR 471,000
* filter oli
* Kendall GT-1 5w30

60,000 km = IDR 1,044,805
* jasa perawatan
* gasket
* busi 4 pcs
* filter oli
* oli mesin SGO 5w30
* grease
* minyak rem
* engine conditioner
* pembersih rem


Perawatan tambahan :

20,000 km = IDR 125,000
* spooring
@ jasola gading

40,000 km = IDR 175,000
* spooring & balancing
@ kudamas sunter

60,000 km = IDR 150,000
* spooring & balancing
@ 1 station gading serpong


GRAND TOTAL = IDR 7,905,730


sekian dan semoga bermanfaat :big_peace:
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1086
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013

Post by kenop »

Mastermax wrote:
sandal wrote:Update


Sabtu kemarin habis servis R3 ane 20k km, biayanya sih agak nangis juga, 1,184 jt (termasuk PPN 10%) :big_slap:
Untung biaya jasa masih gratis.


Next planning :
Ganti ban dari GT Radial Champiro Eco ke Hankook Kinergy. Ada yang sudah review Hankook Kinergy ini?
Lagi nimang2 buat nambah operasional, antra R3 dan duo kaleng....
btw maaf oot....biaya service ertelu diberes lumayan juga ya...ga beda jauh sm Mazda 2, (yg pada blg biaya servnya mihul)... :big_cry:
Bulan Juni lalu serv km 20.000. di beres, kena 1.180.000+ ppn 118.000, total Rp. 1.298.000.. :big_bored:
agak bingung sih liat biaya servis nya,, R3 saya di 20rb km cm kena 500rebuan om, kek postingan saya di atas..
ane bilang sih R3 ini ngga mahal ya buat servis nya, apa lagi sampe 50rb km ada free jasa servis dikelipatan 10rb nya, bantu bgt buat neken biaya servis..

ane di rumah juga ada mazda2 om.. ini m2 biaya servis nya jauh lebih mahal dari pada r3..
sebagai contoh di km 40rb, m2 ane kena 3 juta buat servis nya.. sdgkn r3 kena ngga sampe 2 jt, padahal uda termasuk flush oli matic
di km 60rb m2 servis kena 3,5 juta, r3 di 1 jutaan :mky_03:

uda gitu kan si m2 ini ane uda ganti pake filter udara aftermarket yg bisa dicuci, kalo kaga mgkn lebih bengkak lagi tiap harus ganti filter udara..
si r3 ini semua bener2 std dan rawatan bengkel resmi
djia
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
Daily Vehicle: laptop_dan_hape

Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013

Post by djia »

Mastermax wrote:
Lagi nimang2 buat nambah operasional, antra R3 dan duo kaleng....
btw maaf oot....biaya service ertelu diberes lumayan juga ya...ga beda jauh sm Mazda 2, (yg pada blg biaya servnya mihul)... :big_cry:
Bulan Juni lalu serv km 20.000. di beres, kena 1.180.000+ ppn 118.000, total Rp. 1.298.000.. :big_bored:
Sharing utk duo kaleng, duo kaleng ane kmaren servis 40rb km habis skitar satu setengah juta (ga sampe 2 juta). Termasuk ganti cairan2 (detilnya ane ga cek krn yg masukin kakak).
Standard servis anjuran buku manual 10rb km, yg biasanya habis skitar 400-600an rb incl ganti oli.
Tpi saya selalu ganti oli lagi di kelipatan 5rb km (inisiatif sndiri). Olinya sndiri skitar 290-310rb.

Katanya sih ertiga lebih murah perawatannya. Tpi blum pernah tau sndiri.
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3691
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013

Post by sandal »

Mastermax wrote:
sandal wrote:Update


Sabtu kemarin habis servis R3 ane 20k km, biayanya sih agak nangis juga, 1,184 jt (termasuk PPN 10%) :big_slap:
Untung biaya jasa masih gratis.


Next planning :
Ganti ban dari GT Radial Champiro Eco ke Hankook Kinergy. Ada yang sudah review Hankook Kinergy ini?
Lagi nimang2 buat nambah operasional, antra R3 dan duo kaleng....
btw maaf oot....biaya service ertelu diberes lumayan juga ya...ga beda jauh sm Mazda 2, (yg pada blg biaya servnya mihul)... :big_cry:
Bulan Juni lalu serv km 20.000. di beres, kena 1.180.000+ ppn 118.000, total Rp. 1.298.000.. :big_bored:
Itu nambah spooring balancing juga om mastermax?

Btw makasih atas sharingnya om kenop :mky_02:
Disharing juga R3nya om kenop :mky_01:
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
motormatic
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 130
Joined: Fri Feb 28, 2014 6:39

Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013

Post by motormatic »

kenop wrote:
Mastermax wrote:
sandal wrote:Update


Sabtu kemarin habis servis R3 ane 20k km, biayanya sih agak nangis juga, 1,184 jt (termasuk PPN 10%) :big_slap:
Untung biaya jasa masih gratis.


Next planning :
Ganti ban dari GT Radial Champiro Eco ke Hankook Kinergy. Ada yang sudah review Hankook Kinergy ini?
Lagi nimang2 buat nambah operasional, antra R3 dan duo kaleng....
btw maaf oot....biaya service ertelu diberes lumayan juga ya...ga beda jauh sm Mazda 2, (yg pada blg biaya servnya mihul)... :big_cry:
Bulan Juni lalu serv km 20.000. di beres, kena 1.180.000+ ppn 118.000, total Rp. 1.298.000.. :big_bored:
agak bingung sih liat biaya servis nya,, R3 saya di 20rb km cm kena 500rebuan om, kek postingan saya di atas..
ane bilang sih R3 ini ngga mahal ya buat servis nya, apa lagi sampe 50rb km ada free jasa servis dikelipatan 10rb nya, bantu bgt buat neken biaya servis..

ane di rumah juga ada mazda2 om.. ini m2 biaya servis nya jauh lebih mahal dari pada r3..
sebagai contoh di km 40rb, m2 ane kena 3 juta buat servis nya.. sdgkn r3 kena ngga sampe 2 jt, padahal uda termasuk flush oli matic
di km 60rb m2 servis kena 3,5 juta, r3 di 1 jutaan :mky_03:

uda gitu kan si m2 ini ane uda ganti pake filter udara aftermarket yg bisa dicuci, kalo kaga mgkn lebih bengkak lagi tiap harus ganti filter udara..
si r3 ini semua bener2 std dan rawatan bengkel resmi
saya service 20K sekitar 2 bulan yang lalu habis 1,1 jutaan... ga hapal detil apa saja yang diganti, pokoknya standar tanpa spooring
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1086
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013

Post by kenop »

motormatic wrote:
kenop wrote:
Mastermax wrote:
Lagi nimang2 buat nambah operasional, antra R3 dan duo kaleng....
btw maaf oot....biaya service ertelu diberes lumayan juga ya...ga beda jauh sm Mazda 2, (yg pada blg biaya servnya mihul)... :big_cry:
Bulan Juni lalu serv km 20.000. di beres, kena 1.180.000+ ppn 118.000, total Rp. 1.298.000.. :big_bored:
agak bingung sih liat biaya servis nya,, R3 saya di 20rb km cm kena 500rebuan om, kek postingan saya di atas..
ane bilang sih R3 ini ngga mahal ya buat servis nya, apa lagi sampe 50rb km ada free jasa servis dikelipatan 10rb nya, bantu bgt buat neken biaya servis..

ane di rumah juga ada mazda2 om.. ini m2 biaya servis nya jauh lebih mahal dari pada r3..
sebagai contoh di km 40rb, m2 ane kena 3 juta buat servis nya.. sdgkn r3 kena ngga sampe 2 jt, padahal uda termasuk flush oli matic
di km 60rb m2 servis kena 3,5 juta, r3 di 1 jutaan :mky_03:

uda gitu kan si m2 ini ane uda ganti pake filter udara aftermarket yg bisa dicuci, kalo kaga mgkn lebih bengkak lagi tiap harus ganti filter udara..
si r3 ini semua bener2 std dan rawatan bengkel resmi
saya service 20K sekitar 2 bulan yang lalu habis 1,1 jutaan... ga hapal detil apa saja yang diganti, pokoknya standar tanpa spooring
coba di cek lagi om isi nya apa aja,, kalo ane sih cm abis segini :

20,000 km = IDR 583,664
* free jasa
* busi 4 pcs
* filter udara
* filter oli
* oli mesin SGO 5w30
* air accu
* carb jet

biasa nya klo sampe mahal gitu ada aja kerjaan tambahan yg disaranin sama SA kita nya main iya aja..
misal nya bongkar throttle body, bersihin rem, bersihin ac,,dll dst
tapi jasa nya masih gratis kan?
motormatic
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 130
Joined: Fri Feb 28, 2014 6:39

Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013

Post by motormatic »

kenop wrote:
motormatic wrote:
kenop wrote:
agak bingung sih liat biaya servis nya,, R3 saya di 20rb km cm kena 500rebuan om, kek postingan saya di atas..
ane bilang sih R3 ini ngga mahal ya buat servis nya, apa lagi sampe 50rb km ada free jasa servis dikelipatan 10rb nya, bantu bgt buat neken biaya servis..

ane di rumah juga ada mazda2 om.. ini m2 biaya servis nya jauh lebih mahal dari pada r3..
sebagai contoh di km 40rb, m2 ane kena 3 juta buat servis nya.. sdgkn r3 kena ngga sampe 2 jt, padahal uda termasuk flush oli matic
di km 60rb m2 servis kena 3,5 juta, r3 di 1 jutaan :mky_03:

uda gitu kan si m2 ini ane uda ganti pake filter udara aftermarket yg bisa dicuci, kalo kaga mgkn lebih bengkak lagi tiap harus ganti filter udara..
si r3 ini semua bener2 std dan rawatan bengkel resmi
saya service 20K sekitar 2 bulan yang lalu habis 1,1 jutaan... ga hapal detil apa saja yang diganti, pokoknya standar tanpa spooring
coba di cek lagi om isi nya apa aja,, kalo ane sih cm abis segini :

20,000 km = IDR 583,664
* free jasa
* busi 4 pcs
* filter udara
* filter oli
* oli mesin SGO 5w30
* air accu
* carb jet

biasa nya klo sampe mahal gitu ada aja kerjaan tambahan yg disaranin sama SA kita nya main iya aja..
misal nya bongkar throttle body, bersihin rem, bersihin ac,,dll dst
tapi jasa nya masih gratis kan?
mungkin juga yah, soalnya saya emang awam banget ama beginian, yang penting mobil ga bermasalah... kalo ga salah ingat sih throttle body sempat kesebut, cuma saat itu saya anggap emang udah standarnya, karena di SBT pulogadung ada papan estimasi ongkos service dimana 20K itu ada dikisaran hampir 1 juta. nanti saya coba cek kuitansinya.

jasa seingat saya masih gratis
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1086
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013

Post by kenop »

motormatic wrote:
kenop wrote:
motormatic wrote:
saya service 20K sekitar 2 bulan yang lalu habis 1,1 jutaan... ga hapal detil apa saja yang diganti, pokoknya standar tanpa spooring
coba di cek lagi om isi nya apa aja,, kalo ane sih cm abis segini :

20,000 km = IDR 583,664
* free jasa
* busi 4 pcs
* filter udara
* filter oli
* oli mesin SGO 5w30
* air accu
* carb jet

biasa nya klo sampe mahal gitu ada aja kerjaan tambahan yg disaranin sama SA kita nya main iya aja..
misal nya bongkar throttle body, bersihin rem, bersihin ac,,dll dst
tapi jasa nya masih gratis kan?
mungkin juga yah, soalnya saya emang awam banget ama beginian, yang penting mobil ga bermasalah... kalo ga salah ingat sih throttle body sempat kesebut, cuma saat itu saya anggap emang udah standarnya, karena di SBT pulogadung ada papan estimasi ongkos service dimana 20K itu ada dikisaran hampir 1 juta. nanti saya coba cek kuitansinya.

jasa seingat saya masih gratis
kalo bongkar throttle body jg sih emang bisa sampe 1 jutaan, wong ongkos nya beda lagi.. 250rebu apa 300rebu gt buat ongkos nya :mky_01:

kalo saia sih tiap kali servis saia tanya terus SA nya, sampe sy puter layar komputer dia, mau liat diapain aja tu mobil, klo ada yg kek nya blom perlu ato lebih murah kerjain di bengkel luar saia blg ngga usah..

saia ke beres mah cm asal buku servis ke isi dan klo ada sesuatu yg harus di klaim jadi aman :big_peace:
User avatar
Mastermax
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Wed Aug 21, 2013 17:22

Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013

Post by Mastermax »

sandal wrote:
Mastermax wrote:
sandal wrote:Update


Sabtu kemarin habis servis R3 ane 20k km, biayanya sih agak nangis juga, 1,184 jt (termasuk PPN 10%) :big_slap:
Untung biaya jasa masih gratis.


Next planning :
Ganti ban dari GT Radial Champiro Eco ke Hankook Kinergy. Ada yang sudah review Hankook Kinergy ini?
Lagi nimang2 buat nambah operasional, antra R3 dan duo kaleng....
btw maaf oot....biaya service ertelu diberes lumayan juga ya...ga beda jauh sm Mazda 2, (yg pada blg biaya servnya mihul)... :big_cry:
Bulan Juni lalu serv km 20.000. di beres, kena 1.180.000+ ppn 118.000, total Rp. 1.298.000.. :big_bored:
Itu nambah spooring balancing juga om mastermax?

Btw makasih atas sharingnya om kenop :mky_02:
Disharing juga R3nya om kenop :mky_01:
thks om kenop for sharing... berarti siap2 buat next service... :big_bored:
thks juga om Djia sharing duokaleng nya...

Om Sandal, itu belum termasuk spooring balans, berhub di MAzda Depok ga ada mesin Spooringnya :big_weee:
tapi sy kena biaya labour Rp.468rb, berhub serv gratis cm sampai km 10.000 :big_weee:
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1086
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013

Post by kenop »

sandal wrote:
Mastermax wrote:
sandal wrote:Update


Sabtu kemarin habis servis R3 ane 20k km, biayanya sih agak nangis juga, 1,184 jt (termasuk PPN 10%) :big_slap:
Untung biaya jasa masih gratis.


Next planning :
Ganti ban dari GT Radial Champiro Eco ke Hankook Kinergy. Ada yang sudah review Hankook Kinergy ini?
Lagi nimang2 buat nambah operasional, antra R3 dan duo kaleng....
btw maaf oot....biaya service ertelu diberes lumayan juga ya...ga beda jauh sm Mazda 2, (yg pada blg biaya servnya mihul)... :big_cry:
Bulan Juni lalu serv km 20.000. di beres, kena 1.180.000+ ppn 118.000, total Rp. 1.298.000.. :big_bored:
Itu nambah spooring balancing juga om mastermax?

Btw makasih atas sharingnya om kenop :mky_02:
Disharing juga R3nya om kenop :mky_01:
sama2 om... tadi nya mau bikin thread review sendiri.. ah tapi uda banyak bgt yg review ertiga kan jadi nebeng thread aja dah :big_peace:
lagian ane ngga bagus kek ny kl bikin review :wkkk:
User avatar
Mamang555
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51

Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013

Post by Mamang555 »

kenop wrote: coba di cek lagi om isi nya apa aja,, kalo ane sih cm abis segini :

20,000 km = IDR 583,664
* free jasa
* busi 4 pcs
* filter udara
* filter oli
* oli mesin SGO 5w30
* air accu
* carb jet

biasa nya klo sampe mahal gitu ada aja kerjaan tambahan yg disaranin sama SA kita nya main iya aja..
misal nya bongkar throttle body, bersihin rem, bersihin ac,,dll dst
tapi jasa nya masih gratis kan?
Nah item pekerjaannya 20 rb nya persis dengan yang ada di Ciprat saya nih
Cuma ketambahan bersihin rem, ac dan spurbal aja (kecuali rem, semuanya request pribadi).
Total kalo gasalah di 1,2 jt.
Biaya jasanya masih gratis dan dapet diskon SPC 10%

Oya, setelahnya, kata SA nya.. biaya jasa gratisnya akan dapet lagi di kelipatan 10 rb (30-40 dst dst).. aslinya sih untuk Splash cuman gratis sampe 20 rb km aja. Kayaknya di R3 om kenop juga begini ya sikon nya?

Btw bener tuh saran om kenop, lebih baik sebelum servis kita coba cari tau dulu item apa saja yang umumnya dikerjakan pada mobil kita di KM tsb. :D
Kalo ada item diluar yang dikerjakan / disarankan, coba cross check dulu. Apa memang diperlukan.. apa memang vital / fatal sekali. Atau masih bisa dikerjakan ditempat lain (contoh spurbal, ganti filter kabin dll dsb)

Untungnya beres tempat ane biasa servis SA nya bukan model yang "main ganti" aja... malah waktu itu sempet filter kabin ane disuruh ganti sama mekanik nya tapi kata SA nya.. "Halah Pak.. ini sih masih bagus koq..." (memang mobil jarang dipakai, hanya saja kebetulan waktu itu habis dibawa mudiK)

*sori jadi curcol.. sesama pengguna Sijuki :D