Review: Experiencing the Lexus RX270 (ATPM version)

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

kerogawa
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 391
Joined: Fri Feb 27, 2009 17:13

Re: Review: Experiencing the Lexus RX270 (ATPM version)

Post by kerogawa »

sy 7-8km/l dlm kota..
kalo luar kota 8-11km/l mantabb ya hehe..

sy cukup irit utk mesin 2.7. krn main di RPM rendah aja sih om..
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Review: Experiencing the Lexus RX270 (ATPM version)

Post by haristk7 »

yaa masih masuk kategori wajarlah konsumsi BBm si RX270 walaupun sudah masuk kategori "agak boros bbm" menurut standar ane :mky_01:
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: Review: Experiencing the Lexus RX270 (ATPM version)

Post by g4ndalf »

Akhirnya stlh sekian lama ada yg review lagi... hehee :big_exellent:

Klo boleh nambahin dikit..
haristk7 wrote: Mengenai build quality, saya harus bilang mobil ini sangat bagus, gap antar panel dibilang minim. Semua tombol dan knob juga terlihat solid dan rapih, walaupun materialnya belom bisa mengalahkan Merc GL/ML dan Audi Q7.
Yep... memang lain 'feel' nya material lexus vs mercs, eropa lebih terasa solid, mewah, lexus IMHO lebih ke arah elegan.
Terdapat 12 speaker Lexus Premium Sound, pertama saya akan mengira suara yang dihasilkan yaa biasa saja karena mungkin bukan Mark & Levinson pikir saya, tapi ternyata tidak demikian. Lagu-lagu dari J.Lo, David Guetta, AC&DC, dan beberapa lagu lainnya dari Flashdisk saya menghasilkan suara yang sangat mantap ! dentuman bass nya juga bagus, kawan saya pun sampai terlena dengan sound systemnya sampai mengucapkan ini selesai TD “kayaknya telinga kita kudu dikalibrasi ulang buat dengerin sound system tunggangan kita”, dan benar saja, ketika masuk ke mobil sendiri suara audio yang terdengar sudah oke menjadi sangat hambar. Selain modal USB, kita juga bisa memasang iPhone/iPod untuk memutar lagu. Yang pasti audio nya sangat cocok buat nemenin pas jalan jauh atau menghadapi kemacetan. :frm_tumbleft:
Ini satu strong point rx270 yg 'tdk terlalu kelihatan'. Sering kita 'termakan' marketing, mark levinson, harman kardon, bose, dll... Pdhl yg pake merk2 gitu blom tentu lebih bagus dr audio standard. Sy bilang klo dibanding HK nya w204 avg masih mending audio rx270 - pdhl itu HK lho, ekspektasi saya lebih bagus.... ternyata tdk, walopun utk bedain juga susah, mesti pake CD asli, jgn mp3 yg kualitas rekaman rendah.
Sistem layar Lexus saya acungkan jempol, GPS yang akurat dan gak begitu ribet mengoperasikannya. Untuk pemilihan source musik juga gak begitu ribet, perlu pembiasaan sedikit dan saya bisa langsung beraksi mengutak atik layarnya dan mencari lagu-lagu favorit sekaligus mengaktifkan shuffle/random mode.

Untuk Remote Touch ini menurut saya pengoperasiannya agak harus hati-hati ya karena menurut saya ini agak sedikit kelewat sensitif, jangan menggerakkan mousenya terlalu cepat karena saya beberapa kali bablas yang mau saya klik. Walaupun begitu pengoperasiannya masih lebih mudah dibanding memakai iDrive BMW yang menurut saya agak njelimet.
Nah, kalau ini saya ada yg kurang setuju, menurut saya sistem rx270 termasuk ribet, jelimet. Untuk ganti mode ac aja harus tekan sana sini, napa gak dibuatin tombol2 yg simpel aja? Contoh: buat matiin sensor parkir mesti tekan2 tombol di setir, emang bisa sih di MID tengah dibiarin aja pas settingan sensor parkir, tapi kan gak enak dilihat.

Remote touch ini sangat bagus utk operasi yg jelimet, karena bisa kanan kiri langsung klik - comparison aja dgn COMAND nya mercs, buat setting2 enakan remote touch. Oya, satu hal utk sensitivitas remote touch bisa diatur ada 5 ato 7 level sy agak2 lupa, yg jelas kalo dirasa gampang meleset dibikin aja lebih 'hard'.
Kapasitas bagasi, hmm....ntah kenapa begitu melihat kapasitas bagasinya kayaknya gak seluas yang saya kira..Xtrail T31, Forester, dan CRV RE/RM pun kelihatan masih lebih luas dibandingkan Lexus RX.
Kalo dibanding crv RE/RM sy bisa confirm bagasi lebih luas rx. Mungkin atasnya yg kliatan menyempit karena garis dari roofline ke kaca belakang memang menurun.
Satu yang saya ingin garis bawahi, karena spare tire menggunakan full size, maka lantai bagasi tidak rata dan mempengaruhi cara penempatan bagasi (tidak kelihatan di foto tapi kalo liat langsung pasti keliatan jelas). Untuk buka tutup bagasi sendiri, ada Power Lift Gate untuk memudahkan pekerjaan dan yang pastinya menjadi eye magnet untuk setiap orang disekitar.
Lantai bagasi tdk rata? ...setau saya rata, rapi jali - spt crv RE juga rata kok. Mungkin yg dimaksud tdk rata itu di samping2 nya? Itu karena rear wheel arc rx mmg lebih tinggi. CMIIW, rx ini lebih tinggi dibanding cx5 / crv ?
Saya kemudian bergantian menyetir dengan teman saya, saya mencoba menikmati 2nd row, dan ya memang benar, 2nd row sangat nyaman dan luas, sangat supportive untuk perjalanan dengan waktu tempuh lumayan lama. Yang saya perhatikan bagaimana Lexus RX menyerap guncangan pada saat melibas jalan jelek, nah disini menurut saya adalah kelemahan RX270, dalam hal ini Xtrail T31 dan CX5 masih lebih enak untuk meredam goncangan, di RX270 ini saya merasa agak sedikit dikocok kiri kanan oleh si mobil, tapi yang pasti kemampuan meredamnya menurut saya masih lebih enak daripada CRV RE.

Untuk masalah bodyroll karena kecepatan tidak bisa mencapai 80kmh karena kondisi lalu lintas, ya saya tidak tau persis, tapi yang pasti bodyroll di kecepatan 50-60kmh tidak terasa dan tidak membuat penumpang mual. Untuk masalah konsumsi bahan bakar, dengan mesin 2.7L dan berat body total hampir mencapai 2.5 ton, dengan bensin RON92 mobil hanya mampu mengkonsumsi bahan bakar di sekitaran 6 hingga 7km/l dan untuk luar kota menurut cerita dari teman saya yang memiliki Lexus RX270, masih sanggup 10-11km/l, masih wajar dan masuk akal meningat badannya yang besar dan kapasitas mesin besar.
Utk bbrp ribu KM pertama, sy bisa bilang suspensi agak keras, minim bodyroll. Tapi stlh suspensi 'break-in' somehow ride quality jadi lebih empuk tapi gejala body roll mulai terasa.
Yang pasti pengalaman berkendara dan jadi penumpang di Lexus RX ini memang sangat mantap untuk sebuah SUV premium dari Jepang, mobil ini sangat cocok untuk mereka, terutama yang sudah berkeluarga, untuk yang lebih demen untuk berkendara santai di dalam dan di luar kota. Tapi yang demen mobil dengan berperfoma tinggi atau enak diajak main silahkan lirik yang lain.
Nah, satu hal yg saya alami, stlh servis 5rb km, I dunno diapakan tuh mobil, jadi lebih galak. Kalau setting ECU kayanya nggak mungkin deh krn saya standard2 aja. Kalau masa2 awal terasa agak 'lemot' di tarikan awal... stlh servis 5rb km gas dibejek dikit dari posisi diem mobil 'lompat' ke depan. Saya curiga ECU nya menyesuaikan sendiri ? cmiiw, jadi utk masa2 awal ia akan menggunakan setting yg konservatif, stlh servis pertama setting berubah lagi jadi setting normal. Dari yg awalnya lemot... sekarang jadi, tidak terlalu lemot, dan ada saat2 di mana mobil 'mengajak' untuk dipacu, apalagi kalo di kanan kiri yg lain 2000cc ke bawah semua, terasa sekali beda cc nya.

Tapi tetap saja secara umum, kalau mau suv kencang, better get cx-7. Lexus rx270 tidak diciptakan utk mengejar performa, bahkan rx350 sekalipun sy kira performanya tdk bisa dibandingkan fx37 atau x5. Ini memang kelas SUV mewah - utk mereka yg mau menikmati perjalanan dengan santai, bukan untuk memacu adrenalin. Bahkan cx5 2.5 saya yakin performa nya akan lebih bagus dr rx270.

---------------------------------------------------

Sedikit tambahan ttg fitur2 lain: ada fitur untuk mencegah aki tekor. Misal kita sedang utak atik mobil, lampu dinyalain, AC dinyalain tanpa mesin nyala, pada suatu saat di MID akan muncul warning aki tekor.

Ada lagi fitur intrusion alarm, cmiiw system akan mendeteksi apabila ada gerakan dari dalam mobil (misal ada yg pecah kaca mau nyuri) alarm akan hidup. Agak2 lupa juga saya soalnya juga jarang pake... hehehe

Fitur double lock (cmiiw, tombol lock di remote kunci ditekan 2x) memungkinkan mobil dikunci luar dalam. Jadi misal dibuka dari dalam pun tidak akan bisa (hanya bisa diaktifkan posisi mesin mati, kunci ada di luar mobil).

Satu lagi fitur yg cukup berguna, warning di MID apabila level washer liquid rendah, seringkali kita lupa ngisi cairan windshield washer - dgn fitur ini otomatis kita diingatkan apabila levelnya sdh rendah.
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Review: Experiencing the Lexus RX270 (ATPM version)

Post by montirangin »

Kalo ada embel ML, Bose, B&O, HK buat ane pasti lebih baggus dari tanpa embel2 *no offence*. Jadi kalau mau bandingnya yg penting cd bagus, cd itu kalo di standard dgn di ML, Bose dsb jelas kalah. Tapi setiap merek juga masih ada kastanya seperti BMW x1 x3 x5 x6. Bose di teana dan cx5 menurut ane, bose kasta paling rendahnya.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Review: Experiencing the Lexus RX270 (ATPM version)

Post by Turboman »

g4ndalf wrote: Nah, satu hal yg saya alami, stlh servis 5rb km, I dunno diapakan tuh mobil, jadi lebih galak. Kalau setting ECU kayanya nggak mungkin deh krn saya standard2 aja. Kalau masa2 awal terasa agak 'lemot' di tarikan awal... stlh servis 5rb km gas dibejek dikit dari posisi diem mobil 'lompat' ke depan. .
Reset ECU aja

Bisa lakukan sendiri dengan cabut sekring ECU dan EFI sebentar....trus dah itu dipasang lagi

Jika di manual book gak ada catatan khusus ttg lamanya aki boleh dilepas, maka kedua sekring tsb boleh dilepas selama 30 menit, baru dicolok lagi
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Review: Experiencing the Lexus RX270 (ATPM version)

Post by haristk7 »

@gandalf: thanks om !
Lantai bagasi tdk rata? ...setau saya rata, rapi jali - spt crv RE juga rata kok. Mungkin yg dimaksud tdk rata itu di samping2 nya? Itu karena rear wheel arc rx mmg lebih tinggi. CMIIW, rx ini lebih tinggi dibanding cx5 / crv ?
kalo yang versi IU setau saya memang bagasinya rata karena ban cadangan itu space saver, nah kalo versi ATPM itu dikasih full size tire, lantainya memang jadi tidak rata karena "menggelembung" ke atas..
Nah, satu hal yg saya alami, stlh servis 5rb km, I dunno diapakan tuh mobil, jadi lebih galak. Kalau setting ECU kayanya nggak mungkin deh krn saya standard2 aja. Kalau masa2 awal terasa agak 'lemot' di tarikan awal... stlh servis 5rb km gas dibejek dikit dari posisi diem mobil 'lompat' ke depan. Saya curiga ECU nya menyesuaikan sendiri ? cmiiw, jadi utk masa2 awal ia akan menggunakan setting yg konservatif, stlh servis pertama setting berubah lagi jadi setting normal. Dari yg awalnya lemot... sekarang jadi, tidak terlalu lemot, dan ada saat2 di mana mobil 'mengajak' untuk dipacu, apalagi kalo di kanan kiri yg lain 2000cc ke bawah semua, terasa sekali beda cc nya.
kayaknya si ECU telah menyesuaikan cara berkendara om juga, makanya perangainya berbeda...

yup, kalo mau nyari performa mah ambil CX5/CX7/CX9/Forester/X5/Infiniti FX37..Lexus RX beneran buat jalan santai..kalo masalah speaker ya gak tau juga ya, beda2 tiap orang..kayak BOSE gitu sendiri kan ada tingkatannya, kayak di Porsche tuh speaker BOSE nya ada yang abal ada yang yahud..di Lexus sendiri Mark Levinson ada 2 jenis, setau saya GS IS ES dan RX punya kualitas berbeda ama di LX dan LS....

:mky_01:
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
brokdj
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 49
Joined: Mon Feb 03, 2014 9:30
Location: Bali

Re: Review: Experiencing the Lexus RX270 (ATPM version)

Post by brokdj »

btw lexus menteng thu lebih mirip rumah ketimbang dealer, ane liat gallery di website nya lexus indonesia
tapi kapan bikin cabang nya.................................................................................................????
injak pedal gas, injak pedal gas
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Review: Experiencing the Lexus RX270 (ATPM version)

Post by montirangin »

knp hanya dimenteng ya padahal...hmmm..ini lexus value for money buat dibeli
ola_comoesta
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: Sun May 19, 2013 10:00

Re: Review: Experiencing the Lexus RX270 (ATPM version)

Post by ola_comoesta »

sandal wrote:
ChZ wrote:
Ola laopan mau bungkus :ngacir: serem ne :ngacir:
Om Ola mau bungkus ini?? :big_chicken: :big_chicken:
:ngacir: :ngacir:

VanzMatic wrote:Wuih..om Ola mau bungkus Lexus..!

*edisiketularanpapanjas*

aamiinnnnnnnnnnn
User avatar
grandis_GT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1550
Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
Location: Riau

Re: Review: Experiencing the Lexus RX270 (ATPM version)

Post by grandis_GT »

Wahh . Nice ripium om haristk . Ane cuma pernah naik harrier gen 1 dan 2 . Yg baru ini blum pernah. O iya om associatte nya ada ngeluarin kata" ("mau spk pak ?") ?? :mrgreen:
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Review: Experiencing the Lexus RX270 (ATPM version)

Post by montirangin »

grandis_GT wrote:Wahh . Nice ripium om haristk . Ane cuma pernah naik harrier gen 1 dan 2 . Yg baru ini blum pernah. O iya om associatte nya ada ngeluarin kata" ("mau spk pak ?") ?? :mrgreen:
bungkus om biar komplit ngerasainnya :mky_02:
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Review: Experiencing the Lexus RX270 (ATPM version)

Post by haristk7 »

thanks om grandis,hahaha kalo soal SPK mah saya belom ada duitnyaaa..

iyaa saya juga heran kenapa mereka hanya mau buka di Menteng, padahal populasi Lexus itu gak dikit loh, kalo misalnya ada di Medan, Balikpapan, Makassar, Surabaya, Denpasar...kayaknya makin merajalalela itu Lexus...
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1801
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: Review: Experiencing the Lexus RX270 (ATPM version)

Post by FRD »

diliat dari depan bener-bener gagah :big_exellent: sama interiornya yang bikin ngiler nih ehehehehe :off_good_job:
Volare
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 304
Joined: Tue Apr 15, 2014 16:41

Re: Review: Experiencing the Lexus RX270 (ATPM version)

Post by Volare »

Selama pemakaian ini mobil yang sering rusak apanya ya om?

Dan harga kaki2 seperti shockbreaker brp ya per pcs?

Oya kalau ambil yg seken th 2011, skrg th 2009 kan berarti 2th lg sudah tidak bisa asuransi all risk, ada solusi kah?
Andrestan
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sun Oct 29, 2017 18:19
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Tucson

Re: Review: Experiencing the Lexus RX270 (ATPM version)

Post by Andrestan »

Volare wrote: Fri Mar 08, 2019 9:52 Selama pemakaian ini mobil yang sering rusak apanya ya om?

Dan harga kaki2 seperti shockbreaker brp ya per pcs?

Oya kalau ambil yg seken th 2011, skrg th 2009 kan berarti 2th lg sudah tidak bisa asuransi all risk, ada solusi kah?
Ane baru ambil yang 2011 gan.. sampai detik ini gak ada masalah gan.. KM ane memang baru 24ribuan, tp velg uda ane ganti ke 22”... menurut saya rekomen di beli karena nyaman dan bandel