Review of Honda Civic 1.8L A/T 2014 (FB2)

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15529
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Review of Honda Civic 1.8L A/T 2014 (FB2)

Post by ChZ »

Selamat malam SMers :mky_01:

Perkenankan ane sekali lagi untuk menulis sebuah ripiu mobil yang cukup fenomenal.

Sebuah sedan yang selama ini (hampir) terlupakan (saking sepinya pengguna dan tidak ada yang review blas). Sedan dari Honda, All New Civic FB2 1.8L A/T.

=============================
Prologue
Seminggu yang lalu di WASeM dan ane bilang minggu ini balik, modcing langsung memberi ane sebuah tugas

"TD Ahond!" :big_smoking:

Berhubung modcing penasaran dengan Civic FB dan ane yang penasaran dengan Jazz GK, SSI pun diluncurkan oleh modcing ke Honda CihCak.

too bad we only got the Civic. Jazz belum ada. Yo wis lah, the show must go on! :big_smoking:

siang ini pukul 12.00 selepas mobil ane selesai dimandikan :upss: ane meluncur ke kediaman modcing. 30 menit perjalanan. dan langsung ngibrit ke Surabaya barat. Lalu mampir sebentar ke *beeeeeeeppppp* dan we got another car to TD dadakan.... mobil apa? Tunggu tanggal rilisnya sajah.... :ngacir:

Setelah TD mobil *beeepppp* akhirnya kami meluncur ke Honda CihCak (baca = Cicih Cakep) :ngacir: setengah jam menunggu, akhirnya unit kami datang juga :

Honda Civic 1.8L A/T 2014 Alabaster Silver Metallic :mky_02:

Selamat Menikmati :mky_02:

=============================
Dissapointment.

Mungkin itu kata-kata yang menggambarkan perasaan mayoritas penggemar Civic di seluruh dunia, pasca diluncurkannya Honda Civic generasi ke-9 yang dibaptis dengan kode rangka FB2.

Lah kenapa kok kecewa?

Karena Civic generasi ke-8 berkode rangka FD1 dan FD2 merupakan salah 1 Civic terbaik sepanjang masa. FD1/2 atau Civic JDM merupakan Civic dengan desain yang cantik, elegant namun tetap sporty ala Honda. Pun begitu dengan build quality yang cukup solid.

Bisa dibilang, era 2007-2012 adalah masa keemasan Honda, setiap Honda yang lahir di masa itu memiliki 1 kelebihan dibanding rival - rivalnya : desain yang cantik dan modern, bahkan generasi lawasnya langsung terlihat jadul. Mau bukti? Jazz GE8, City GM2, Civic FD, Accord CP, CR-V RE, Odyssey RB3/5.

Meskipun desain bersifat subjektif, tapi saya yakin mayoritas masyarakat menyukai mobil-mobil yang saya sebutkan tadi. Dan Civic FD adalah salah satu mobil yang banyak diimpikan oleh jutaan anak muda di dunia.

Semua berubah sejak Honda Jepang memutuskan untuk tidak lagi memproduksi Civic. Akibat sepinya market mereka di Jepang, yang dimana lebih menyukai mobil kecil, praktis, dan irit. Akibatnya, Civic hanya tersisa di 2 region : EUDM dan USDM. Lah lalu Indonesia kebagian yang mana?

Karena Thailand kebagian Civic model USDM, Indonesia yang dari dulu "ngepoin" Thailand juga kebagian USDM. Ya, FB2 adalah trah Civic USDM. Sedangkan EUDM menjual Civic berbody Hatchback. Disinilah, saya akan mulai cerita.

Banyak rekan-rekan saya yang kecewa (bahkan mayoritas penduduk SM penggemar Honda pun kecewa), saya sendiri pun kecewa dengan Civic. Bagi saya, FB adalah humiliation untuk sejarah Honda Civic. Sebuah sedan yang tidak digarap dengan semestinya oleh Honda. Kualitas jauh menurun dari FD, size lebih kecil, desain buruk.

Tapi, bagaimana kalau memang dari awal Honda tidak menciptakan FB untuk lebih baik dari FD?

Nah, ironisnya, keraguan saya benar. Honda sendiri mengakui bahwa FB tidak diciptakan untuk lebih baik dari pendahulunya. Memang, Civic FB adalah upaya Honda untuk mempertahankan pasar Civic supaya tidak kehilangan penggemar akibat harga yang semakin meningkat. Dan sialnya, keuangan Honda sedang tidak baik pada saat FB lahir. Mau tidak mau, mereka pun melakukan cost reduction.

Hasilnya?
FB dihujat dimana-mana. Bahkan di Amerika sendiri, setahun setelah FB resmi mengaspal, Honda Amerika langsung memberikan Facelift ke FB berupa rear-end yang didesain ulang menjadi lebih cantik.

Image

Ironis? sangat. Upaya mereka untuk tidak ditinggalkan penggemarnya justru berakhir menjadi celaan dimana-mana.

Saya sendiri pertama kali melihat sneak peek Civic 2012 di Thailand sudah skeptis, saya berusaha mencerna bagian bokong yang menjadi bagian "nightmare" di mobil ini, dan sangat sulit untuk mengatakan ini lebih baik dari FD, dan lalu mempertanyakan "ini serius, Honda mau jual sedan macam begini?"

FB sendiri di SM sudah memiliki banyak singkatan misalnya "FaceBuruk", "FailedBreed". Dan sudah banyak dihujat. Masalahnya dari sekian banyak hujatan belum ada satupun yang menulis impresi tentang mobil ini.

Bahkan salah satu member yang sudah berkesempatan mengemudikan mobil ini saja ogah memberikan review, dan malah rilis review mobil lain. :snipersmile:

Nah, sekarang saya yang bertugas menggantikan "orang tersebut" :ngacir: untuk menulis review mobil yang "fenomenal" ini. Bisakah ia memuaskan saya? Saya sendiri menurunkan ekspektasi saya jauh-jauh sebelum sesi TD hari ini.

Dan bagi para pembaca, saya sekali lagi minta, bacalah review ini dengan sudut pandang dan mindset yang berbeda. Alasannya sudah saya jelaskan :

FB was not made to be better than FD.

===================================
1. Impression of the Exterior

Tentu saja, bagian terhujat dari mobil ini adalah exteriornya. Tentu semua sudah khatam dengan bentuknya. Karena sudah berkeliaran selama 2 tahun. Wonder when will the facelifted model come.

Front-end

Image

Bagian front-end Civic FB2 banyak didominasi oleh garis-garis tegas dan headlamp menyipit. Sangat berbeda dengan Civic FD1 yang lebih elegant dengan garis body cenderung melengkung.

Image

Bagi saya, depannya cukup fine, saya tidak terlalu bermasalah. Walaupun cenderung konservatif.

Side-view

Image

Mungkin sebagian orang nggak ngeh sama selera saya, tapi bagi saya bagian samping adalah bagian paling berkesan. Dari awal saya sangat menyukai tampilan samping FB2. Garis body yang landai memanjang hingga ke belakang membentuk seperti anak panah. Ditambah karena panjang body berkurang dan ekor yang pendek, garis body FB2 terlihat seperti Coupe.

Image

Plus, 16inch wheels dibalut ban Goodyear Eagle NCT yang sudah digunakan sejak dari jaman FD1 (walaupun saya berharap minimal Turanza lah... masa mobil begini bannya Goodyear?) dan lebih proporsional dibanding tipe 2.0 yang malah menggunakan 17inches wheels berdesain cukup norak.

Rear-end

Image

Saya tidak mau berkomentar banyak. Bagian paling buruk dari exterior FB. Stoplamp yang dari kejauhan mirip C-Class, dan bumper belakang yang terkesan cingkrang. Tidak rebah seperti FD.

Image

Ketika saya lihat bokongnya, saya hanya mbatin "semoga yang FL cepet keluar".

Lebih ironis lagi, mengingat kemiripan FB dengan City GM.

Image

Image

Image

Saya jamin, setiap orang yang nggak ngeh akan mengira Civic adalah City. Memang Civic terkesan seperti City yang ditarik mulur sehingga lebih panjang tetapi lebih "ramping". :ngacir: Walaupun secara overall Civic FB masih lebih baik karena terkesan seperti coupe dari samping.

Overall, apakah saya suka exteriornya?
Seandainya ini adalah FL-ed model seperti di US, mungkin saya akan sangat menyukainya. Masalahnya, bokong benar-benar jelek. Nggak cuma tawar, ini sih jelek banget. Saya cuma geleng-geleng kepala setiap liat bokongnya. Apalagi disebelahin sama FD1? Meh. FD1 far moreeeeeee betterrrrr.

Exterior Score : 6/10

==============================
2. Impression of the Interior

Interiornya, nothing impresses me, really.

The Dashboard.
Image

Dashboard terkesan sangat "driver oriented" dengan cluster dan HU yang semuanya mengarah ke pengemudi. IMO, desainnya cukup unik, sayangnya desain mengotak seperti ini seakan tidak mengikuti kontur dashboard.

Image

Di FD1 desain clusternya mengikuti kontur dashboard yang landai, sehingga terlihat jauh lebih baik.

Peletakan tombol-tombol masih sangat familier dengan FD1 :

Image
Tombol-tombol di FD1.

Dashboard berbahan plastik keras. No softpad here. Bahkan pemasangan HU pun tidak rapih.

Image

Image

........ Biarpun saat menyala cukup mengobati kekecewaan saya :mky_02: karena desain cluster modern, layar MID segede gaban (yang pengoperasiannya rada ruwet.... saya dan madcat rada bingung waktu satpam nanyain KM awal mobil, ngubek-ubek MID ini kagak kelar-kelar).

Plus ada indikator yang menunjukkan cara mengemudi kita : 2 bar yang membentengi angka speedometer. Saat kita mengemudi irit, bar berubah menjadi warna hijau. Tapi saat di full-throttle warna biru.

Sayang sekali tidak jadi warna merah :big_slap: padahal warna merah bisa membangkitkan adrenalin saya untuk lebih ngebut :big_smoking:

ECON mode : sh*tty mode. Please mode ini nggak usah direken.

Gear lever and Handbrake
Image

2 benda ini yang sangat mengganggu saya. Kenapa?

1. Handbrake sangat konservatif. Kenapa desainnya tidak seperti handbrake FD1 yang berbentuk bumerang? Jujur, handbrake adalah benda yang sangat saya sukai di FD1, bahkan saya dulu norak karena lihat handbrake FD1 yang bentuknya unik seperti bumerang. Lah ini? Lurus biasa tanpa ada bentuk yang unik. Membosankan.

2. Batang gear lever terlihat jelas. Bagian ini cukup aneh. Batang bagian dalam gear lever ter-ekspos secara langsung. Jadi tidak keren sama sekali, yang awalnya ingin terlihat futuristik justru malah fail dan bagian atas gear lever terlihat seperti kepala tengkorak alih-alih didesain menyerupai space shuttle. Di FD1, desainnya masih nyambung, lha ini? :off_no:

Image
Lever dan Handbrake FD1

Doortrim

Image

Doortrim juga cukup mengganggu saya. Memang bagian atasnya softpad. Bagian bawahnya? Warna tabrakan. Door handle terkesan murahan dan ringkih, bahkan cat silver di handle pintu terkesan asal-asalan. Handle pintu Jazz GE8 masih terlihat lebih "mahal". Dan sekali lagi, door handle ini jauh-jauh-jauh-jauh sama sekali tidak spesial dibanding door handle FD1 yang (lagi-lagi) berbentuk seperti bumerang.

Overall, am i impressed with the interior?
Not at all. Terasa sekali penurunan kualitas di interior Civic FB, apalagi dibanding FD1 saya dulu, sangat jauh. Interior FD1 terkesan sangat solid, langit bumi dengan FB2 yang terkesan inferior.

Interior Score : 5/10

==============================
3. Accomodation

Driver seat :
Khas Honda, jok supportive dengan posisi duduk yang rendah. Sesuai trah Civic sebagai sedan yang sporty.

Rear seat :
Sayangnya baris kedua Civic FB2 sangat pas-pasan. Bahkan New Altis dan Civic FD1 saja masih lebih baik. Cukup wajar mengingat ia lebih pendek dari FD1.

Image

Trunk space :
Image

Tidak terlalu luas, dan lantai bagasi juga tinggi. Tidak ada akses dari baris kedua ke bagasi. Plus, lantai bagasi penutup spare tyre ini sangat ringkih dan tipis.

Image

Accomodation : 6/10

===============================
4. Driving Impression.

Secara spek, Civic FB2 sangat identik dengan FD1. Jantung pacu R18A1 dengan output 140PS dan 174Nm.

Image

Malah sepertinya FB2 akan lebih punya keunggulan di performa berkat bobot yang lebih ringan dan body yang lebih aerodinamis karena desain landai dan bumper belakang yang cenderung "naik" ke atas, seakan berfungsi sebagai diffuser. Yah mungkin tidak terlalu penting lah dibahas :upss: toh siapa yang peduli dengan aspek aerodinamika untuk mobil harian :upss:

Dikawinkan dengan girboks tradisional 5-speed A/T with PaddleShift. Resep yang cukup tradisional.

Bahkan dibanding semua Honda yang dipasarkan HPM, FB2 adalah yang paling tradisional dengan mesin lawas dan gearbox lawas. Jika kita tilik, Jazz/Mobilio/City sudah dibekali gearbox CVT. Accord/Odyssey sudah menggunakan EarthDreams enjin, bahkan Odyssey sudah dibekali CVT. CR-V RM pun tidak tradisional amat, update 20PS. Yaa.... setidaknya masih ada "update". FB sama sekali tidak ada perubahan dari spek.

Impression of Engine and Transmission

Start the enjin, dan suara R18A yang familier kembali terdengar. Ahh... serasa nostalgia dengan Civic FD1 saya yang sudah lama terjual. Bahkan ketika saya dan madcat menunggu sales konter untuk menyelesaikan beberapa urusan, saya iseng blayer-blayer mobil ini. And it's still the same with my old pal's. :cupss: suara enjin yang agak nge-bass di RPM 4000-5000 (karena limiter saat idle hanya segitu). No peresan tebu at all :mky_02:

Madcat duduk di sebelah saya, dan cece E**** memilih untuk duduk di belakang. :upss: And let's roll! :mky_02:

Saya yang di posisi driver langsung injak gas 1/2, lah kok responnya payah begini. Lemot bener. Sampai ke pintu keluar, mobil diperiksa satpam (termasuk saya dan madcat yang 5 menit kebingungan mencari dimana odometer.... plus cece E**** yang juga kebingungan) akhirnya entah dapat wangsit dari mana, Madcat bisa menunjukkan Odometer yang baru 39 KM. Wow! Unitnya masih sangat baru.

Dan setelah keluar baru sadar.... .lagi-lagi sumber kekacauan dari lemotnya respon mobil adalah tombol ECON terkutuk. :snipersmile: Pandangan ane langsung tertuju pada indikator bensin yang sudah menguning seperti padi siap dipanen, dan RANGE 0 KM :big_slap:

da hell, konyol bener kalo kita kembali dengan uap bahan bakar seperti waktu TD Forester. Madcat pun dengan rayuan mautnya langsung berkata pada cece E****

"kita isi bensin dulu, ane bayarin bensinnya" :big_smoking:

Singkat cerita, kami keluar diler langsung menuju SPBU Citraland. Dan ketika keluar diler saya langsung injak pedal gas full, dan ban berdecit sedikit. Wow! :off_good_job: benar-benar sesuatu yang sangat saya rindukan dari Civic FD1 saya. Enjin R18 SOHC yang buas. :mky_02:

Kami sampai ke SPBU, dan Madcat pun mengisi tangki FB2 dengan "selang merah" pertamina 50ribu which is sekitar 4 literan. Good :mky_03: Setidaknya cukup untuk menggila.

Keluar SPBU, saya langsung tancap gas..... transmisi menurunkan gigi, enjin langsung meraung keras disertai tendangan torsi yang kuat dan enjin tone yang menyenangkan. :mky_02: walaupun saat di RPM 6000-7000an suara enjin seperti orang dicekek.... sedangkan best tone di 4000-5000an yang agak ngebass.

"nguoeeeeeEEEEEE (RPM 4000-5000)..........EEEEEEEEEEK (RPM 6000-7000)....." :big_slap:

Kalau susah membayangkan, ya mirip-mirip dengan suara enjin SKYACTIV-G ketika di-push mendekati limit. Seperti orang dicekek. Yang penting bukan peresan tebu dan intimidating waktu diajak ngebut dan menggila.

Jujur saya seperti bernostalgia. My FD1 was this good! Enjin dan transmisi bekerja sangat sigap. Dibandingkan CR-V RE saya, respon gearbox di FB2 jauh lebih cekatan. Lag transmisi saat di kickdown cukup minim. Begitu pula enjin yang begitu bersemangat menghempaskan kami bertiga :mky_02: :mky_02: I never expected this ugly car was this good!

Impression of Handling, Chassis, and Suspension

Puncak kebahagiaan saya ada di sisi handling. FB2 benar-benar menawarkan kedinamisan khas sebuah Civic. Steering menggunakan EPS speed sensitive, yang surprisingly, tidak dull seperti RC1 Odyssey atau CR2 Accord. Feedback yang ditawarkan sangat cukup, dan impresif. :off_good_job: sekali lagi mengajak saya bernostalgia dengan FD1. Her steering was also this good.

Chassis dan suspensi FB2 pun bekerja sangat impresif. Karakter suspensi cenderung stiff. Keras. Tapi berkat kerasnya suspensi dan didukung chassis yang cukup kaku, FB2 sangat mudah dikendalikan. Bahkan lebih mudah dikendalikan dan lebih lincah dibandingkan FD1. Saat cornering, terasa bodyroll sangat minim. Good one! :off_good_job: Sebuah perasaan bahagia yang tidak bisa saya gambarkan.... Dan tidak bisa ditandingi oleh Honda masa kini yang memiliki segudang teknologi tetapi feel mengemudi yang super-hambar dan tidak berkarakter.

Memang, baik FB2 atau FD1 tidak ada yang menyamai kedinamisan sebuah Mazda6, not even close. Tetapi tentu saja kedinamisan FB2 bagaikan oasis di tengah gurun dealer Honda yang berisi mobil-mobil peresan tebu tanpa karakter. :upss:

Impression of Ride Quality

Ini dia masalah terbesar FB2.... :big_slap: Combo chassis kaku dan suspensi yang stiff membuat mobil ini sangat tidak nyaman untuk penumpang. Bahkan untuk melewati speed trap di G-Walk saja terasa begitu keras dan mengocok perut siapapun yang duduk sebagai penumpang.

Tapi poinnya justru disini. Sangatlah salah kita mengharapkan kenyamanan dari sebuah Civic. Civic diciptakan untuk berlari. Civic tidak diciptakan untuk orang-orang yang hanya duduk manis di baris kedua. Ketidaknyamanan bantingan FB2 justru semakin memperjelas karakter Civic.

Overall, apakah saya menyukai Driving Impression Civic?
Secara keseluruhan, saya sangat menyukai Civic dari sisi driving. Honda tidak pernah salah dengan resep tradisionalnya :mky_02: Resep yang membawa saya kembali bernostalgia dengan FD1 yang sudah 3 tahun dijual. Good ol' car.... dan FB2 masih mewarisi kesenangan yang sama untuk sebuah Civic.

Driving Impression : 8/10

===============================
5. Verdict

Di antara semua line-up Honda masa kini, Civic adalah sebuah paradoks. Honda hanya membekali Civic dengan resep tradisional, tapi justru yang tradisional ini memberikan kesenangan tersendiri, bahkan lebih menyenangkan dibanding yang modern. Less gimmick, more fun.

Memang Civic menawarkan tampilan exterior yang kurang cantik, build quality yang mengecewakan. Namun semuanya terasa sirna, apalagi saya seperti bernostalgia ketika mengajaknya berlari atau bermanuver. Simply, this car is beautiful in its own way.

The conclusion is : Civic is still Civic, mau trah Civic JDM, Civic EUDM, Civic USDM, atau Civic manapun. Civic FB2 secara jelas menawarkan kedinamisan berkendara khas Honda jadul. Dan seakan inilah sebuah warisan dari Honda jadul di tengah Honda jaman sekarang yang semakin hilang karakter dan rasa berkendaranya sangat sintetik.

Masalah terbesarnya adalah harga. Dengan banderol 379juta OTR Surabaya (diskon 10juta), mungkin terasa tidak worth it bagi sebagian orang, apalagi penurunan kualitas yang sangat jauh, dan kualitas buatan yang no better than Altis or Impreza. Hanya menang brand "H" saja. Seandainya FB2 dihargai sekitar 350juta-an mungkin akan saya bilang worth it mengingat driving experience yang luar biasa. Dan jujur saja, saya kembali tertarik dengan FB2 jika ada yang mau jual sekennya seharga 300jutaan.

Saya benar-benar tidak sabar untuk segera melihat Civic versi "operasi bokong" atau Civic FB2 Facelift :mky_02: Tentu saja perubahan di bokong ini akan sangat marvelous :mky_02:

Dan saya ketika mengendarai FB2, teringan Quotes dari om Sukribo di thread sebelah :

"Mobil untuk dikendarai, bukan untuk diliatin".... seakan mengamini apa yang terjadi kepada saya dan Civic FB2 hari ini.

====================================

Sekian Review saya, happy reading :mky_02: .
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
hariy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT

Re: Review of Honda Civic 1.8L A/T 2014 (FB2)

Post by hariy »

ripiu yang ciamik.... :off_good_job:
komeng dolo after mbaca sekilas, baca komplitnya belakangan...
Outlander Sport
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 332
Joined: Sat Aug 18, 2012 13:29

Re: Review of Honda Civic 1.8L A/T 2014 (FB2)

Post by Outlander Sport »

Nice review om ChZ!
Ane Kedua nih... yaayyy!!! :P

Pantatnya klo ane liat,
1. Lampu mirip C-Class..
2. Garnish di bagian bagasi ngikutin Accord yg gen sebelum yg paling baru.. n' bentuknya gak nyambung sangat..
3. Exterior depan mungkin ane lebih suka kalo kalo grille di re-design dan bumper dibuat lebih sporty, sama velg bagusan dikit minimal dibuat 2tone aja deh
Last edited by Outlander Sport on Fri Aug 08, 2014 13:24, edited 1 time in total.
Ayo cari inspirasi modifikasi kendaraan anda disini
Landie
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38

Re: Review of Honda Civic 1.8L A/T 2014 (FB2)

Post by Landie »

Head unitnya jelek banget, bener-bener merusak tampilan dashboard; bagusan dash City GM-6 kemana-mana, legroom belakang jg kyknya legaan GM6.
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review of Honda Civic 1.8L A/T 2014 (FB2)

Post by amfibi »

Dari dulu nggak pernah suka semua generasi civic kecuali yg setrikaan & nouva...
Nice review... :D
Last edited by amfibi on Fri Aug 08, 2014 13:10, edited 1 time in total.
User avatar
arton
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 418
Joined: Wed Sep 04, 2013 3:28

Re: Review of Honda Civic 1.8L A/T 2014 (FB2)

Post by arton »

Mantap bro chz...pejwan dolooe ..
Ane mau beli klo ada yg jual 100 jt ke ane..heehee
Mid dash nya aneh cenderung jelek mnurut ane..
Ceban Me if I'm Wrong..
maddog016
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: Tue May 20, 2014 3:57
Location: Salatiga-Semarang-Jogja

Re: Review of Honda Civic 1.8L A/T 2014 (FB2)

Post by maddog016 »

:mky_02: Good Repiu om....
Pejwanx gak ya???
What?? Like Sky G when it pushed to the limit?
OMG!? Thats a big big sound and noisy....
I think cma sky g yg kaya gitu?
Langsung thinking my kapal induk mini size..
Enak manual atau matic?

ΔΔΔΔΔΔΔΔΔΔΔΔΔΔΔΔΔΔΔΔ
Anjing juga bisa selfie kalesss
Image
maddog016
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: Tue May 20, 2014 3:57
Location: Salatiga-Semarang-Jogja

Re: Review of Honda Civic 1.8L A/T 2014 (FB2)

Post by maddog016 »

Aniwei baswei mana temen ane yah??
Atas nama mad***015 and mad***018
We Are The Mad Family *ups*
Enak manual atau matic?

ΔΔΔΔΔΔΔΔΔΔΔΔΔΔΔΔΔΔΔΔ
Anjing juga bisa selfie kalesss
Image
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3690
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Review of Honda Civic 1.8L A/T 2014 (FB2)

Post by sandal »

Btw nice ripiu om chz
(Kapan yah bisa td bareng om chz? :ngacir:)

Civic FB ini kok jadi gak tertarik yah :ungg:...
Bahkan ane newbie sekalipun demen civic FD yang bahkan jadi mobil operasional di kota ane menjalani masa SMP sampe lulus SMP tapi sayangnya gak keturutan :big_think:...
Dan sayangnya, penjualan pada bulan Juli 2014 data penjualan civic FB malah tidak ada :big_slap:. Ada apa yah dengan Civic FB ini?
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review of Honda Civic 1.8L A/T 2014 (FB2)

Post by amfibi »

Oiya, sedikit saran,
Bisa dibilang, era 2007-2012 adalah masa keemasan Honda, setiap Honda yang lahir di masa itu memiliki 1 kelebihan dibanding rival - rivalnya : desain yang cantik dan modern, bahkan generasi lawasnya langsung terlihat jadul. Mau bukti? Jazz GE8, City GM2, Civic FD, Accord CP, CR-V RE, Odyssey RB3/5.
Lebih enak kalo di samping kode body ditambahin tahun mobil itu beredar, pembaca kan g semua ngerti kode2an gt :mky_01:
User avatar
Felixz_Yaris
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3211
Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
Location: Jombang, Jawa Timur

Re: Review of Honda Civic 1.8L A/T 2014 (FB2)

Post by Felixz_Yaris »

Nais
Demen bgt model int.. Yes driver orianted :mky_02:
Dan sgt ga demen sama bokongnya :big_slap:
Sipik fb itu dibuat pas krisis.. Yaa,, maklum lah hando bikin mcm itu.. :ngacir:
[TYCI 917]
[YKC]
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15529
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review of Honda Civic 1.8L A/T 2014 (FB2)

Post by ChZ »

hariy wrote:ripiu yang ciamik.... :off_good_job:
komeng dolo after mbaca sekilas, baca komplitnya belakangan...
Outlander Sport wrote:Nice ripiu!! Baca dulu yak...
ah thank you oom hariy dan bro radit :mky_01: kepanjangan yak :ungg:
Landie wrote:Head unitnya jelek banget, bener-bener merusak tampilan dashboard; bagusan dash City GM-6 kemana-mana, legroom belakang jg kyknya legaan GM6.
nah itu dia oom... HU benar-benar merusak tampilan dashboard. mana masangnya kagak rapi. Nah kalo legroom sepertinya GM6 lebih luas entah knp. Ane duduk di FB2 baris kedua bener-bener kesempitan tadi

ahh tapi siapa yang beli Civic untuk duduk di baris kedua :upss:
amfibi wrote:Dari dulu nggak pernah suka semua generasi civic kecuali yg setrikaan & nouva...
Nice review... :D
err... awalnya ane sudah skeptis dengan FB2 waktu berangkat, berubah sumringah setelah "kencan singkat" karena low on fuel :ngacir: :ngacir:

yaa ente mah dari awal juga kagak demen Honda :upss:
arton wrote:Mantap bro chz...pejwan dolooe ..
Ane mau beli klo ada yg jual 100 jt ke ane..heehee
Mid dash nya aneh cenderung jelek mnurut ane..
thank you oom.

betul, dashboard nya memang menyedihkan :big_slap: i-MID pun cukup membingungkan
maddog016 wrote::mky_02: Good Repiu om....
Pejwanx gak ya???
What?? Like Sky G when it pushed to the limit?
OMG!? Thats a big big sound and noisy....
I think cma sky g yg kaya gitu?
Langsung thinking my kapal induk mini size..
thank you oom :mky_01:

betul, mirip SKYACTIV-G waktu dipush sampe limit. suara mirip orang dicekek :big_slap:

sweet spot justru di 4000-5000 RPM... garang bener :mky_02:
Felixz_Yaris wrote:Nais
Demen bgt model int.. Yes driver orianted :mky_02:
Dan sgt ga demen sama bokongnya :big_slap:
Sipik fb itu dibuat pas krisis.. Yaa,, maklum lah hando bikin mcm itu.. :ngacir:
thank you fel :mky_01:

betul, seperti yang sudah ane jelaskan, FB dibuat saat krisis, makanya semua serba spekdown dan kualitas ancur plus dihujat penggemarnya dimana-mana.... :ungg:

walaupun sisi positif dari spesifikasi teknis yang tiada berubah, karakternya masih sangat mirip dengan FD1. :off_good_job:
sandal wrote:Btw nice ripiu om chz
(Kapan yah bisa td bareng om chz? :ngacir:)

Civic FB ini kok jadi gak tertarik yah :ungg:...
Bahkan ane newbie sekalipun demen civic FD yang bahkan jadi mobil operasional di kota ane menjalani masa SMP sampe lulus SMP tapi sayangnya gak keturutan :big_think:...
Dan sayangnya, penjualan pada bulan Juli 2014 data penjualan civic FB malah tidak ada :big_slap:. Ada apa yah dengan Civic FB ini?
kalo saya sih sayang FD ditukar FB. kecuali dari awal memang belum pernah punya Civic ya masih layak laa :mky_01:

FD itu Civic yang legendaris dan Civic tercantik. The last JDM Civic, The last Type-R. Karena yang setelahnya bukan Type-R lagi. VTEC TURBO sangat tidak layak menyandang nama type-R.

Even God curses NSX to ashes. NA is the soul of VTEC.
Last edited by ChZ on Fri Aug 08, 2014 13:28, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review of Honda Civic 1.8L A/T 2014 (FB2)

Post by madcat015 »

Wohooooo! :mky_02:

Very very nice ripiu bro ChZ! :mky_02:

Sipik FB, built quality dan eksterior-interior boleh kacau. Tetapi ride quality nya ajib! Uda lama ga merasakan raungan enjin Honda yg begitu nikmat... so Honda!

Akselerasi menyenangkan, suspensi khas gerobak ala Honda yang masuk akal... my gosh! what a ride! :mky_02:


Sayangnya, bebe ane kaput kehabisan batere, jadi ane ga bisa poto legroom dan "legroom"... :ungg:

:ngacir:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
Outlander Sport
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 332
Joined: Sat Aug 18, 2012 13:29

Re: Review of Honda Civic 1.8L A/T 2014 (FB2)

Post by Outlander Sport »

Om chz, om kan jago edit tuh.. terbukti di kuskas dgn ChZ autodesign CMIIW, modifin dong pantatnya... :D

Oh iya, postingan yg tadi udh ane edit, skali lgi nice ripiu om
Ayo cari inspirasi modifikasi kendaraan anda disini
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review of Honda Civic 1.8L A/T 2014 (FB2)

Post by amfibi »

ChZ wrote:
amfibi wrote:Dari dulu nggak pernah suka semua generasi civic kecuali yg setrikaan & nouva...
Nice review... :D
err... awalnya ane sudah skeptis dengan FB2 waktu berangkat, berubah sumringah setelah "kencan singkat" karena low on fuel :ngacir: :ngacir:

yaa ente mah dari awal juga kagak demen Honda :upss:
Trus kenapa? Problem :upss:
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Review of Honda Civic 1.8L A/T 2014 (FB2)

Post by htannis »

foto paha mana :mky_04:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
Kent
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 270
Joined: Tue May 26, 2009 13:52

Re: Review of Honda Civic 1.8L A/T 2014 (FB2)

Post by Kent »

Hahaha,,,, ikut nimbrung nih. selama ini jadi silent reader..
saya pengguna FB 2.0, dipakai tempur harian.
kometar saya juga "CIVIC INI JELEK!!!!"
hahahaha.....
untuk dapat memperbaiki sedikti tampilan sangat mutlak memesan side skirt lengkap modulo.

Negative dari mobil ini sudah jelas dri bokongnya yg super jelek, terutama stoplamp belakang.
Untuk mobil 400jt lebih parah dr Mobilio...

Untuk positive nya, mobil ini sangat praktis untuk dipakai tempur.
dan amazingnya R20 ini irit sekali dibanding K20..
saya tinggal dijakarta kekantor yg super macet paling parah 9,xx km/ltr..
untuk kemarin bulan puasa malah 12,4 km/ltr
minggu ini krn sudah mulai macet sudah cuman di 11.0 km/ltr.
(terdengar gila, tp memang irit..)
dan saya mengisi dengan premium loh, tdk menggelitik sama sekali..

sekian..
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3690
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Review of Honda Civic 1.8L A/T 2014 (FB2)

Post by sandal »

htannis wrote:foto paha mana :mky_04:
Om htannis ikutan nih :upss:
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
hariy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT

Re: Review of Honda Civic 1.8L A/T 2014 (FB2)

Post by hariy »

ah, ngga masyalah kepanjangan...kan namanya juga ripiu...bisa saja indepth dan harus berpanjang-lebar, kan....
dasbornya memang ugly, ya? desainnya mengotak terutama di sektor HU..
kalo desain luarnya sayangnya bagai pinang dibelah (pake batu) sama city...huehuehue.
poto cicak...poto cicak....
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15529
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review of Honda Civic 1.8L A/T 2014 (FB2)

Post by ChZ »

madcat015 wrote:Wohooooo! :mky_02:

Very very nice ripiu bro ChZ! :mky_02:

Sipik FB, built quality dan eksterior-interior boleh kacau. Tetapi ride quality nya ajib! Uda lama ga merasakan raungan enjin Honda yg begitu nikmat... so Honda!

Akselerasi menyenangkan, suspensi khas gerobak ala Honda yang masuk akal... my gosh! what a ride! :mky_02:


Sayangnya, bebe ane kaput kehabisan batere, jadi ane ga bisa poto legroom dan "legroom"... :ungg:

:ngacir:
thank you modcing :mky_02: finally ye came out.

yup, sebuah simfoni yang sudah lama tidak ane dengarkan di Honda modern. :mky_02: R18A never fails on me.

suspensi gerobak, justru itu bagian paling menarik dari TD ini. Honda nggak pernah salah dengan suspensi gerobaknya :mky_02: feel like racecar, really. suspensi gerobak dan chassis yang sangat stiff

errr.... "LEG" room? :ngacir:
Outlander Sport wrote:Om chz, om kan jago edit tuh.. terbukti di kuskas dgn ChZ autodesign CMIIW, modifin dong pantatnya... :D

Oh iya, postingan yg tadi udh ane edit, skali lgi nice ripiu om
waduh ane udah lama ga sentuh sotoshop. ane sih jujur tertarik dengan Civic FB2 Facelift. Cantik banget plus sangat sporty :mky_02:

Image

badass rear end :cupss:
amfibi wrote:
Trus kenapa? Problem :upss:
ya rapopo :upss:

iya iya, selera :upss:
Last edited by ChZ on Fri Aug 08, 2014 13:42, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review of Honda Civic 1.8L A/T 2014 (FB2)

Post by madcat015 »

sandal wrote:
htannis wrote:foto paha mana :mky_04:
Om htannis ikutan nih :upss:
Bebe kaput... ga bs poto... cuman bisa senggol2 dikit td... :ungg:

Di trit sebelah uda ane post poto legroom Monyong RS, om htannis... :ungg:

*ai mas go...* :ngacir:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15529
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review of Honda Civic 1.8L A/T 2014 (FB2)

Post by ChZ »

Kent wrote:Hahaha,,,, ikut nimbrung nih. selama ini jadi silent reader..
saya pengguna FB 2.0, dipakai tempur harian.
kometar saya juga "CIVIC INI JELEK!!!!"
hahahaha.....
untuk dapat memperbaiki sedikti tampilan sangat mutlak memesan side skirt lengkap modulo.

Negative dari mobil ini sudah jelas dri bokongnya yg super jelek, terutama stoplamp belakang.
Untuk mobil 400jt lebih parah dr Mobilio...

Untuk positive nya, mobil ini sangat praktis untuk dipakai tempur.
dan amazingnya R20 ini irit sekali dibanding K20..
saya tinggal dijakarta kekantor yg super macet paling parah 9,xx km/ltr..
untuk kemarin bulan puasa malah 12,4 km/ltr
minggu ini krn sudah mulai macet sudah cuman di 11.0 km/ltr.
(terdengar gila, tp memang irit..)
dan saya mengisi dengan premium loh, tdk menggelitik sama sekali..

sekian..
akhirnya ada user comment :mky_02: karena FB ini sepi sekali dibahas di SM

R20 memang enjin yang didesain untuk economical... sedangkan K20 didesain untuk performance. Tidak heran memang secara FC R20 menang telak :mky_02:

Traditional recipe always wins :mky_02: Sebuah harta karun warisan dari Honda jaman baheula yang selalu luput dari perhatian, it's really worthy of my praise.
hariy wrote:ah, ngga masyalah kepanjangan...kan namanya juga ripiu...bisa saja indepth dan harus berpanjang-lebar, kan....
dasbornya memang ugly, ya? desainnya mengotak terutama di sektor HU..
kalo desain luarnya sayangnya bagai pinang dibelah (pake batu) sama city...huehuehue.
poto cicak...poto cicak....
dashboardnya mengerikan emang oom :big_slap:

nah makanya ane sengaja tadi poto mumpung ada City. Jadi pas :ngacir: :ngacir:

errr poto CihCak? ask madcat :ngacir: :ngacir:

ane jadi kasian sama cece E**** yang harus menderita karena kerasnya suspensi FB2 dan cara bawa ane yang ugal-ugalan.... :ngacir: :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15529
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review of Honda Civic 1.8L A/T 2014 (FB2)

Post by ChZ »

madcat015 wrote: Bebe kaput... ga bs poto... cuman bisa senggol2 dikit td... :ungg:

Di trit sebelah uda ane post poto legroom Monyong RS, om htannis... :ungg:

*ai mas go...* :ngacir:
jangan lupa SSI "diler" di Lenmarc... kita TD "SUV".

:ngacir: :ngacir:

dan SSI kembali cece E**** untuk TD Jazz GK :ngacir: :ngacir:

ah ya, all credit to ye... yang sudah rela keluar duit untuk ngisi FB2 dengan "selang merah" pertamina :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Kent
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 270
Joined: Tue May 26, 2009 13:52

Re: Review of Honda Civic 1.8L A/T 2014 (FB2)

Post by Kent »

owh ya, itu konsumsi segitu rute kombinasi ya..
bukan macet yg berenti parah ampe lama banget.

MID trip B (mengikuti service), konsumsinya 10km/ltr..
yang pakai crv pasti tau jika tidak di reset, MID akan selalu menunjukan konsumsi rata2..

cepat ya komentar di trit ini, menandakan nama sebuah civic sangat berarti..
walau komentarnya jelek2..
masyarakat kecewa dengan investasi dengan innovasi (bohong amet).
hahaha...
maddog016
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: Tue May 20, 2014 3:57
Location: Salatiga-Semarang-Jogja

Re: Review of Honda Civic 1.8L A/T 2014 (FB2)

Post by maddog016 »

Paha kinclong?
Share dikit dong om gimana perasaan pas senggol nya.. Ups..... *ngbrith berkumpul dengan om modcat lalu meneruskan lari*
Enak manual atau matic?

ΔΔΔΔΔΔΔΔΔΔΔΔΔΔΔΔΔΔΔΔ
Anjing juga bisa selfie kalesss
Image