Review of 2013 Nissan Teana 250XV CVT (J32)

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Review of 2013 Nissan Teana 250XV CVT (J32)

Post by montirangin »

madcat015 wrote:
montirangin wrote:om chz, om madcat, om semuanya..
ini mesin VQ25DE (j32) menurut wiki compression rationya 9.8-10.2...apakah aman jika diisiin premium? maksudnya ga cepet bocorrr :big_childish: gitu?

lagi dipikirkan serius, buru2an aja dgn m8..,kelas beda tapi mana yg value for money..
*jgn heran dgn beda kelas antara 2 itu ya om om...ini cman buat weekend car aja koq*
Wow, kompresi segitu harus RON92 minimum. Apalg mobil batu makam terkenal jago nglitik...

Untuk short term, mungkin gpp hingga 2-4 tahun, setelahnya, ya... begitulah. :ungg:

Teana J32 vs M8 LY2 mah beda spesies. Kalau value for money, nyata M8 menang dgn kepraktisan dan fleksibilitasnya.

J32 menang di form factor sedan medium dan teknikal macam mesin dan suspensi.
iya..setuju beda spesies.. ane masih dlm pertimbangan..thanks om madcat

ChZ wrote:nah ini yang serem... kalo mobilnya Ahond / Atoyot padahal gapapa kompresi lebih tinggi diisi premium :big_slap:

udah berapa banyak GL yang ngelitik diisi selang kuning
besok rencana mau coba TD, nanti mau sekalian tanya bbm yg dipake apa di mobil TD nya.
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: Review of 2013 Nissan Teana 250XV CVT (J32)

Post by liep »

liep wrote:
ChZ wrote:Teana J32 ane punya 1 di rumah.... nggak terlalu spesial buat orang yang suka nyetir.
memang geraman mesin V6 nya nagih, tapi tetep aja nggak menyembunyikan karakter mobil ini buat orang yang demen disupiri, bukan demen nyetir...
om stelah ripiu teana yg dulu, nih mbl ud jln brp km dan sehari2 ap diisi premium?? fc? ad kendala stlh pemakaian lama? trims
wekiweko
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Wed Sep 03, 2014 5:49

Re: Review of 2013 Nissan Teana 250XV CVT (J32)

Post by wekiweko »

miara J32 feslip di rumah sejak Juli 2012, dari awal sampai sekarang sih alhamdulillah belum ada masalah berarti selain (i) ganti HU karena ada CD nyangkut dan mengakibatkan 6 CD di dalam HU terjebak semua, kata beres mesti ganti, dan (ii) karter oli jebol kena poldur di daerah taman cilandak.

hal lain yang butuh perhatian lebih cuma miara interior aja biar ga gampang dekil (beige), jadi harus rajin2 dibersihin dan juga akhirnya lingkar kemudi dan jok driver ane tambahin pelapis tambahan.

mobilnya bersahabat dengan jalan lurus dan mulus dan emang lebih buat cruising santai, walau pernah waktu galau ane bawa lari pagi di Jagorawi, dapet 220 km/h, tapi sekarang dah jarang kaya gitu lagi :mky_01: .
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: Review of 2013 Nissan Teana 250XV CVT (J32)

Post by liep »

wekiweko wrote:miara J32 feslip di rumah sejak Juli 2012, dari awal sampai sekarang sih alhamdulillah belum ada masalah berarti selain (i) ganti HU karena ada CD nyangkut dan mengakibatkan 6 CD di dalam HU terjebak semua, kata beres mesti ganti, dan (ii) karter oli jebol kena poldur di daerah taman cilandak.
hu dganti unit yg sama ya? khan om chz nulis 'Ternyata cuma buat AC, jam, HU. :off_no: saya kira tampilannya agak elit sedikit lah, lha ini.... Layar kalkulator :big_chicken: No parking cameras, no navigation.', klo dganti hu lain brarti display ac khan g bisa nampak??
diisi premium ato ap om? boros? pnasaran dg teana ini, sekennya drop, worthed to buy
sayang gc pendek ya, sampe kena karter oli nya..
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review of 2013 Nissan Teana 250XV CVT (J32)

Post by ChZ »

HU yang dibawahnya, oom liep.

yang layar itu ya memang nyambung ke HU, tapi itu bukan HUnya :mrgreen:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: Review of 2013 Nissan Teana 250XV CVT (J32)

Post by liep »

ChZ wrote:HU yang dibawahnya, oom liep.

yang layar itu ya memang nyambung ke HU, tapi itu bukan HUnya :mrgreen:
oalah, hehe, ok om trims
adty
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 930
Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06

Re: Review of 2013 Nissan Teana 250XV CVT (J32)

Post by adty »

wekiweko wrote:miara J32 feslip di rumah sejak Juli 2012, dari awal sampai sekarang sih alhamdulillah belum ada masalah berarti selain (i) ganti HU karena ada CD nyangkut dan mengakibatkan 6 CD di dalam HU terjebak semua, kata beres mesti ganti, dan (ii) karter oli jebol kena poldur di daerah taman cilandak.

hal lain yang butuh perhatian lebih cuma miara interior aja biar ga gampang dekil (beige), jadi harus rajin2 dibersihin dan juga akhirnya lingkar kemudi dan jok driver ane tambahin pelapis tambahan.

mobilnya bersahabat dengan jalan lurus dan mulus dan emang lebih buat cruising santai, walau pernah waktu galau ane bawa lari pagi di Jagorawi, dapet 220 km/h, tapi sekarang dah jarang kaya gitu lagi :mky_01: .
Hee karter olinya sampe jebol gara2 poldur :big_chicken: rendah amat ya GCnya

Hmm ngeri juga sih kalo terlalu rendah, soalnya pernah pake camry XV40 jarang mentok
Penikmat roti tawar beroda
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review of 2013 Nissan Teana 250XV CVT (J32)

Post by amfibi »

adty wrote:
wekiweko wrote:miara J32 feslip di rumah sejak Juli 2012, dari awal sampai sekarang sih alhamdulillah belum ada masalah berarti selain (i) ganti HU karena ada CD nyangkut dan mengakibatkan 6 CD di dalam HU terjebak semua, kata beres mesti ganti, dan (ii) karter oli jebol kena poldur di daerah taman cilandak.

hal lain yang butuh perhatian lebih cuma miara interior aja biar ga gampang dekil (beige), jadi harus rajin2 dibersihin dan juga akhirnya lingkar kemudi dan jok driver ane tambahin pelapis tambahan.

mobilnya bersahabat dengan jalan lurus dan mulus dan emang lebih buat cruising santai, walau pernah waktu galau ane bawa lari pagi di Jagorawi, dapet 220 km/h, tapi sekarang dah jarang kaya gitu lagi :mky_01: .
Hee karter olinya sampe jebol gara2 poldur :big_chicken: rendah amat ya GCnya

Hmm ngeri juga sih kalo terlalu rendah, soalnya pernah pake camry XV40 jarang mentok
Iya nih, ane pake XV30 juga ga pernah mentok padahal suka lewat2 poldur tinggi/ramp curam... :mky_03:

Mungkin toyota jagonya GC ya, kyk yaris/agya/etios/altis dkk jg tinggi2 :mky_02:
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Review of 2013 Nissan Teana 250XV CVT (J32)

Post by montirangin »

itu poldurnya setinggi apa om bisa mentok? dulu pernah td, hajar poldur lumayan ga mentok.
darkcocoa
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Thu Nov 06, 2014 6:11

Re: Review of 2013 Nissan Teana 250XV CVT (J32)

Post by darkcocoa »

montirangin wrote:itu poldurnya setinggi apa om bisa mentok? dulu pernah td, hajar poldur lumayan ga mentok.
+1 mungkin poldurnya kali yang kelewat tinggi
adty
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 930
Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06

Re: Review of 2013 Nissan Teana 250XV CVT (J32)

Post by adty »

amfibi wrote:
adty wrote:
wekiweko wrote:miara J32 feslip di rumah sejak Juli 2012, dari awal sampai sekarang sih alhamdulillah belum ada masalah berarti selain (i) ganti HU karena ada CD nyangkut dan mengakibatkan 6 CD di dalam HU terjebak semua, kata beres mesti ganti, dan (ii) karter oli jebol kena poldur di daerah taman cilandak.

hal lain yang butuh perhatian lebih cuma miara interior aja biar ga gampang dekil (beige), jadi harus rajin2 dibersihin dan juga akhirnya lingkar kemudi dan jok driver ane tambahin pelapis tambahan.

mobilnya bersahabat dengan jalan lurus dan mulus dan emang lebih buat cruising santai, walau pernah waktu galau ane bawa lari pagi di Jagorawi, dapet 220 km/h, tapi sekarang dah jarang kaya gitu lagi :mky_01: .
Hee karter olinya sampe jebol gara2 poldur :big_chicken: rendah amat ya GCnya

Hmm ngeri juga sih kalo terlalu rendah, soalnya pernah pake camry XV40 jarang mentok
Iya nih, ane pake XV30 juga ga pernah mentok padahal suka lewat2 poldur tinggi/ramp curam... :mky_03:

Mungkin toyota jagonya GC ya, kyk yaris/agya/etios/altis dkk jg tinggi2 :mky_02:
Mungkin juga om. Pernah liat alphard sama elgrand sebelahan parkir, keliatannya GC/bokong alphard jauh lebih tinggi dari elgrand.
Penikmat roti tawar beroda
wekiweko
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Wed Sep 03, 2014 5:49

Re: Review of 2013 Nissan Teana 250XV CVT (J32)

Post by wekiweko »

kebetulan pas kejadian mobilnya lagi buat nganterin nyokap, selidik punya selidik ternyata driver ga terlalu perlahan pas mendekati poldurnya jadi mobil terlalu mantul pas ban depan turun, dus bagian tengah terantuk lah dengan kencang. Ini juga sisi jeleknya teana sih (apa karena terlalu empuk atau malah poldurnya yang syaiton ya :big_think: ?), pas jalan mulus enak pas ketemu poldur duilah pelan2 banget deh wkwkwkwkwk.

sejak kejadian itu, area taman cilandak jadi terlarang buat dilewatin teana nya :mky_01:

kebetulan karena ane males bawa mobil segede bagong pas weekdays, ane cuma bawa pas weekend atau kondangan aja. nah during weekdays kalo pas ane ga pake, mobilnya buat nganter2 orang rumah aja deh dan yang bawa biasanya driver.
wekiweko
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Wed Sep 03, 2014 5:49

Re: Review of 2013 Nissan Teana 250XV CVT (J32)

Post by wekiweko »

liep wrote:
wekiweko wrote:miara J32 feslip di rumah sejak Juli 2012, dari awal sampai sekarang sih alhamdulillah belum ada masalah berarti selain (i) ganti HU karena ada CD nyangkut dan mengakibatkan 6 CD di dalam HU terjebak semua, kata beres mesti ganti, dan (ii) karter oli jebol kena poldur di daerah taman cilandak.
hu dganti unit yg sama ya? khan om chz nulis 'Ternyata cuma buat AC, jam, HU. :off_no: saya kira tampilannya agak elit sedikit lah, lha ini.... Layar kalkulator :big_chicken: No parking cameras, no navigation.', klo dganti hu lain brarti display ac khan g bisa nampak??
diisi premium ato ap om? boros? pnasaran dg teana ini, sekennya drop, worthed to buy
sayang gc pendek ya, sampe kena karter oli nya..
diisi V-Power om, asal hati2 pas lewat jalan yang agak jelek sih semestinya aman om :big_peace:
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Review of 2013 Nissan Teana 250XV CVT (J32)

Post by montirangin »

wekiweko wrote:kebetulan pas kejadian mobilnya lagi buat nganterin nyokap, selidik punya selidik ternyata driver ga terlalu perlahan pas mendekati poldurnya jadi mobil terlalu mantul pas ban depan turun, dus bagian tengah terantuk lah dengan kencang. Ini juga sisi jeleknya teana sih (apa karena terlalu empuk atau malah poldurnya yang syaiton ya :big_think: ?), pas jalan mulus enak pas ketemu poldur duilah pelan2 banget deh wkwkwkwkwk.
poldurnya model yg lebar berarti ya om
User avatar
marzoochi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 575
Joined: Tue Apr 20, 2010 0:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota MarkX

Re: Review of 2013 Nissan Teana 250XV CVT (J32)

Post by marzoochi »

Temen temen ada yg tau cara ganti filter ac cabin Teana J32 ini? Atau ada yg punya tutorial nya?
User avatar
marzoochi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 575
Joined: Tue Apr 20, 2010 0:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota MarkX

Re: Review of 2013 Nissan Teana 250XV CVT (J32)

Post by marzoochi »

marzoochi wrote:Temen temen ada yg tau cara ganti filter ac cabin Teana J32 ini? Atau ada yg punya tutorial nya?
Udah ketemu cara nya oom, ga perlu buka glovebox, perlu ngolong buat buka plastik penutup rumah filter, dan tarik keluar filter cabin nya.

Satu lagi kekurangan Teana seri ini, doortrim buat penumpang depan kanan kiri, ga ada ruang buat taruh gelas atau botol minum :big_dunno:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4580
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Review of 2013 Nissan Teana 250XV CVT (J32)

Post by Pboyz97 »

Nice review om
Emang Teana mobil yang paling nyaman dikelasnya, serta cukup value for money, tapi sayangnya NMI kurang serius mempromosikan mobil ini sehingga kurang dilirik oleh masyarakat + ASS Nissan yang belum sekuat T&H, belom lagi kualitas material interior & fiturnya kurang layak untuk sebuah big sedan mewah.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Re: Review of 2013 Nissan Teana 250XV CVT (J32)

Post by DigitALL »

marzoochi wrote:
marzoochi wrote:Temen temen ada yg tau cara ganti filter ac cabin Teana J32 ini? Atau ada yg punya tutorial nya?
Udah ketemu cara nya oom, ga perlu buka glovebox, perlu ngolong buat buka plastik penutup rumah filter, dan tarik keluar filter cabin nya.

Satu lagi kekurangan Teana seri ini, doortrim buat penumpang depan kanan kiri, ga ada ruang buat taruh gelas atau botol minum :big_dunno:
Filter cabinnya pake merk apa om? Doortrimnya memang cuma buat simpen buku yg tipis, gelas dan botol harus simpen di console tengahnya.

Btw ambil Teana J32 yg facelift?
User avatar
marzoochi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 575
Joined: Tue Apr 20, 2010 0:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota MarkX

Re: Review of 2013 Nissan Teana 250XV CVT (J32)

Post by marzoochi »

DigitALL wrote:
marzoochi wrote:
marzoochi wrote:Temen temen ada yg tau cara ganti filter ac cabin Teana J32 ini? Atau ada yg punya tutorial nya?
Udah ketemu cara nya oom, ga perlu buka glovebox, perlu ngolong buat buka plastik penutup rumah filter, dan tarik keluar filter cabin nya.

Satu lagi kekurangan Teana seri ini, doortrim buat penumpang depan kanan kiri, ga ada ruang buat taruh gelas atau botol minum :big_dunno:
Filter cabinnya pake merk apa om? Doortrimnya memang cuma buat simpen buku yg tipis, gelas dan botol harus simpen di console tengahnya.

Btw ambil Teana J32 yg facelift?
Filter kabin ganti pake nissan ori nya oom,
Facelift yang J32 oom, tahun 2012.
Btw ini mesin 250XV V6 nya emang hobi bikin sludge di mesin ya?
Buset cylinder head nya kotor banget, pas mau ganti oli di 70rb kilometer, terpaksa pake engine flush dan ganti oil filter deh
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Re: Review of 2013 Nissan Teana 250XV CVT (J32)

Post by DigitALL »

marzoochi wrote:Filter kabin ganti pake nissan ori nya oom,
Facelift yang J32 oom, tahun 2012.
Btw ini mesin 250XV V6 nya emang hobi bikin sludge di mesin ya?
Buset cylinder head nya kotor banget, pas mau ganti oli di 70rb kilometer, terpaksa pake engine flush dan ganti oil filter deh
Pake filter kabin Nissan ori nya ya, harga brp tuh om? Krn nanti mau ganti juga.
Yg saya ga sludge om, so far so good :big_exellent: Yg saya 250XV V6 non facelift thn 2011 odo 34rb
Perawatan sebelumnya gimana om? Spt interval ganti olinya apakah tidak telat?
Waktu 30rb saya ganti oli mesin, filter oli dan engine flush pake produk Liqui Molly. CVTF ganti dari Nissan nya. Lari >200km/h nyaman2 aja :mky_08:
User avatar
marzoochi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 575
Joined: Tue Apr 20, 2010 0:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota MarkX

Re: Review of 2013 Nissan Teana 250XV CVT (J32)

Post by marzoochi »

DigitALL wrote:
Pake filter kabin Nissan ori nya ya, harga brp tuh om? Krn nanti mau ganti juga.
Yg saya ga sludge om, so far so good :big_exellent: Yg saya 250XV V6 non facelift thn 2011 odo 34rb
Perawatan sebelumnya gimana om? Spt interval ganti olinya apakah tidak telat?
Waktu 30rb saya ganti oli mesin, filter oli dan engine flush pake produk Liqui Molly. CVTF ganti dari Nissan nya. Lari >200km/h nyaman2 aja :mky_08:[/quote]

Filter AC nya 140rb an oom
Wah ini kayaknya emang perawatan pemilik sebelumnya ga rutin kali oom, parah sludge nya. Ya harus pake engine flush akhirnya.
Rencana nanti ganti oli, filter lagi setiap 5ribu km
Heheheh emang tenaga nya mantap. Enteng banget ke 170km/h
Saya ga berani sampe 200 kayak oom
PR selanjutnya ganti shock depan, udah mulai glodak glodak kalo lewat jalan keriting
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Re: Review of 2013 Nissan Teana 250XV CVT (J32)

Post by DigitALL »

Ok om thanks info harganya, buat patokan nanti pas ganti filter AC nya.
Saya jg setiap 5ribu ganti oli dan filternya, ga pernah telat. Oya sekalian dimasukin cairan injector cleaner dan valve cleaner juga, pake Liqui Molly. Soalnya saya sangat perhatian dalam perawatan mobil.
Mungkin memang karakter mesin V6 tenaga di putaran atasnya enteng banget, sampe 200km/h masih gampang. Beda dgn CR-V RE 2.4L saya yg >180km/h ke atas butuh waktu lama.
Info2 ya om kalau udh ganti shock depannya.
Mengenai dashboard hati2 om jangan kena jemur matahari terlalu lama, ini dashboardnya mirip Harrier, Camry dan sebagian mobil built-up Jepang yg kalau kejemur lama bisa retak2 dan lengket. Biasanya saya pasang sun shade di kaca depan kalau parkir outdoor, walaupun bukan jaminan hehehe... amannya sih parkir indoor
Nasrun
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Fri Jan 06, 2017 4:01

Re: Review of 2013 Nissan Teana 250XV CVT (J32)

Post by Nasrun »

Keren nih mobil ga pasaran.. Td nya mau beli ini di thn 2013..tp akhirnya beli t31 urban selection

Sent from my MI NOTE LTE using Seraya Motor mobile app
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Re: Review of 2013 Nissan Teana 250XV CVT (J32)

Post by DigitALL »

Nasrun wrote:Keren nih mobil ga pasaran.. Td nya mau beli ini di thn 2013..tp akhirnya beli t31 urban selection

Sent from my MI NOTE LTE using Seraya Motor mobile app
Tampilan dan design eksteriornya menurut saya elegan dan keliahatan mewah, apalagi yg warna hitam. Saya juga punya T31 tipe ST. Keduanya mobil yg nyaman :mky_08:
akunseraya
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: Thu Feb 15, 2018 15:12
Location: Jakarta

Re: Review of 2013 Nissan Teana 250XV CVT (J32)

Post by akunseraya »

DigitALL wrote: Thu Jan 05, 2017 10:24
marzoochi wrote:Filter kabin ganti pake nissan ori nya oom,
Facelift yang J32 oom, tahun 2012.
Btw ini mesin 250XV V6 nya emang hobi bikin sludge di mesin ya?
Buset cylinder head nya kotor banget, pas mau ganti oli di 70rb kilometer, terpaksa pake engine flush dan ganti oil filter deh
Pake filter kabin Nissan ori nya ya, harga brp tuh om? Krn nanti mau ganti juga.
Yg saya ga sludge om, so far so good :big_exellent: Yg saya 250XV V6 non facelift thn 2011 odo 34rb
Perawatan sebelumnya gimana om? Spt interval ganti olinya apakah tidak telat?
Waktu 30rb saya ganti oli mesin, filter oli dan engine flush pake produk Liqui Molly. CVTF ganti dari Nissan nya. Lari >200km/h nyaman2 aja :mky_08:
urusan kaki2 teana ini gimana om? rewel ndak?