[Review] Chevrolet Spin 1.3 MT LTZ Diesel

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

[Review] Chevrolet Spin 1.3 MT LTZ Diesel

Post by NYoman »

Selamat malam kepada para silent readers, kamen riders, member, momod, dan para piyikz... :mky_01:

Perkenankan saya newbie untuk merepiu sebuah mobil...

Sebuah Chevrolet Spin Diesel tipe tertinggi LTZ..

--------------

Awalnya tidak sengaja bermula dari wasem yang dibuka tadi pagi. Mau berangkat kampus tiba-tiba ada pesan berbunyi, "nanti siang TD yuk di Chevrolet Jl. Sulawesi" ok karena kebetulan ada waktu luang, saya sempatkan untuk ikut dan akhirnya yang ikut 3 orang, ko dharma, om bimo dan saya sendiri.
Diawali pertanyaan, unit ada dimana. Ternyata unit berada di gudang Chevrolet di ngagel, ok sekarang bagaimana cara kita kesana secara jaraknya sekitar 3km dari showroom. Diputuskan untuk menggunakan mobil om bimo yang kebetulan merupakan idola saya dan ko dharma. Sampai di lokasi kita bener-bener eksplor mulai dari interior dan exteriornya. Test duduk sampai plat sementara selesai dipasang.

--------------

Exterior
Ok, my bad. Lupa untuk mendokumentasi exterior secara detail.
Image

Untuk ban sudah menggunakan ukuran 195/65 R15 mudah untuk dicari!
Image

Berjalan mengitari mobil ini, menurut saya indah, dari segi desain memang enak di pandang mata, saya dulu sempat apatis dengan desain Chevrolet karena Orlando nya, rawrr, tapi yang ini, enak di lihat dari segala sisi good job :big_exellent:

Interior
Saya sangat terkesan dengan interiornya, hard plastic namun kualitasnya bagus dan saya mengakui sangat baik bahkan jauh lebih baik dari Innova saya sendiri, tidak ada gap atau grand canyon disini.
Image

Spidometer masih di plastikin, ini unit baru men bukan unit TD! Identik dengan Aveo sepertinya ya, spidometer digital di kawinkan dengan tachometer analog.. Penempatan secara visual ergonomis dan enak dipandang mata.
Image

Jok baris kedua surprisingly cukup luas untuk org dengan tinggi 170cm seperti saya. Nice accomodation, sayang tidak bisa maju dan mundur.. hiks
Joknya sih berbahan fabric, walaupun busanya tebal entah kenapa saya merasa agak keras serta tidak menahan sisi kiri dan kanan secara baik, bad ergonomy..
Image

Double blower, lubang ventilasinya lucu sih hehe.. Ada di setiap row, seperti innova hanya bentuknya bulet, unik sih.
Image

Integrated HU beserta MID. Agak disayangkan, MID dan HU jadi satu, sehingga kadang ada juga yang pikir2 mau ganti tapi ntar ilang dah MID nya. Merknya ndak tau, tapi suaranya bulet basnya ok walau ada detail suara yang hilang, mungkin karena tidak ada tweeter disini, yes this car just hv 4 speakers! Yang agak kaget tadi, di HU nya sendiri sudah terdapat lubang Aux, tapi oleh Chevrolet di berikan lagi satu lubang Aux tepat disebelah rem tangan. Beberapa lagu seperti Black or White dan lagu Raisa I Do mengalun nikmat di telinga menemani perjalanan pendek bersama kawan2 sm.. Jangan samakan dengan karton dan bose ya untuk mobil sekelas, audio Spin ini bisa dibilang baik.
Tuas transmisi ini yang saya suka, pendek seperti tuas transmisi mobil sport dilapis bahan akrilik yang baik.

Look nice right!
Image

Sepertinya Chevrolet tidka meninggalkan sedikitpun celah pada interior Spin. Terdapat lekukan yang cukup dalam, kita bisa menaruh handphone disana detail yang baik!
Image

FYI walau ini tidak disebutkan dalam brosur saya merasa bahwa fender di tinggikan dan dimaksudkan untuk menjadi arm rest!
Image

Ban serep full size walaupun tidak alloy diletakan di bawah kursi baris ketiga
Image

Setelah tempat ban dibuka, terlihat peredam lantai pada spin diesel, you know? ini masih lebih tebal dibanding peredam lantainya innova!
Image

Ok cukup untuk interior, what next?
Yes, under the hood

Mesin ECOTEC dari Chevrolet diesel, tenaga yg dihasilkan 75Hp @4000rpm dan 190Nm pada 1750rpm. Agak kaget dengan posisi ECU yang sangat dekat dengan mesin bahkan berhimpitan dengan aki.
Image

A tiny turbocharge from garret w/o intercooler
Image

Aki sudah menggunakan jenis MF (maintenance free) merek entah, 70AH!
Image


Driving Impression
Saat pertama kali di hidupkan dengkuran khas mesin diesel terasa diluar, namun halus bahkan termasuk halus pada umumnya. Tutup pintu, ok suara hilang dan saya terkejut peredaman nya baik! Mendapatkan angka rata-rata 42dB saat idle dan 68dB saat semuanya pada ngobrolin mobil :big_biglaugh:
Test ride, coba kita masukkan gir 2(maaf saya terbiasa membawa Innova diesel dengan second gear saat dalam keadaan diam) lepas kopling dan ternyata keras juga dan trrtt mesin mati. Ok berarti mesin diesel Spin kurang begitu baik torsi bawahnya, saya mau ngecek apakah mesin dieselnya bisa menjalankan mesin tanpa digas, hanya sebatas melepas kopling. Nyalakan lagi, ganti gir 1 maju perlahan dan masih tanpa menginjak pedal gas, ok nice, jalan perlahan sambil tambah gas perlahan hmm hambar untuk sebuah mesin diesel, begitu naik ke rpm 1800an baru terasa torsi melimpah dan berhenti narik pada rpm 2500 karakter mesinnya midrev tidak biasanya mesin diesel begini, karena mesin diesel apapun itu mau seboyo apapun lowrev nya sangat terasa untuk kali ini nilai minus untuk chevrolet. Tahukah anda mesin ini lebih identik dengan mesin bensin ketimbang mesin diesel (in my opinion ya)

Kekedapan suara atau road noise sangat minim walau terasa tetapi dalam tahap tidak menggangu tidak seberisik monyong.. :big_exellent:

Putar-putar setir, ok ini bukan posisi terbaik untuk mengemudi sebuah mpv, mau naikin jok kok ya males. Oh ya setir masih menggunakan hydraulic power steering, dan feedback setirnya baik walau tidak sebaik mobil saya sehari-hari tapi tetap lebih baik dari mobil sekelas jauh lebih baik. Tadi saya juga rasakan untuk mobil dengan ban yang termasuk standar untuk sebuah mpv, setir cukup berat walau tidak seberat Innova diesel. Sepertinya sih ya perlu spooring nih mobil.

Perpindahan transmisi mulus sangat ringan dan saya suka short shift modenya like a racing car nice job Chevrolet! :big_exellent:

Veridict
Chevrolet Spin Diesel 1.3l Type LTZ
Sebuah MPV yang baik, banyak kelebihan dan banyak keuntungan (eh ini tagline perusahaan sebelah ya) benar - benar memberikan kesan yang berbeda setelah lama menggunakan mobil jepun. Handling memuaskan, body tebal serta peredaman yang sangat baik untuk kelasnya. Kenyamanan cukup baik, warna interior baik ergonomi row 2 baik, dan sayang nya row 3 so-so. Om kucing agak susah keluar masuk tadi hehe..

Ok start what i like and dislike..

Like: :off_good_job:
- Exterior indah dipandang secara visual
- Mesin diesel yang irit (Pending)
- Suspensi baik, bantingan lembut
- Interior berkualitas, no gap, no cheap dash!
- Feedback stir yang baik
- Audio memuaskan (mobil sekelas)
- Body plat tebal!
- Perdaman sangat memuaskan. 42dB for 200million rupiah diesel car? it's good!
- Ergonomi visual baik (mata ke speedometer, mata ke stir, mata ke "triangle mirror", mata ke jalan)
- Short shifting ala racing car

Dislike :off_no:
- Setir berat untuk ban dan velg standar
- Mesin diesel yg kurang bertenaga di putaran bawah (ini bukan karakter mesin diesel)
- Jok keras, baris kedua tidak bis adi maju/mundurkan
- Finishing sealant tidak rapi
- ECU sangat dekat dengan mesin, berhimpit antara aki dengan engine block

==============

Terimakasih untuk ko dharma yang mengundang untuk test drive spin serta om bimo. Sekalian menghabiskan waktu luang serta melepas stress setelah selesai bimbingan tugas akhir.

A good 7.. aa sorry 5+2 seater MPV!

a ada dikit plus
Peredam kap mesin dan peredam di firewall! Surprisingly lebih tebal dan bahan lebih baik dari Innova!
Image
Image

Sealant :e-snooty:
Image
Image
Last edited by madcat015 on Fri Apr 18, 2014 0:53, edited 1 time in total.
Reason: Direct link image sudah ane backtrack dan restore. Enjoy the view...
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
axala
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2160
Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
Location: Indonesia

Re: [Review] Chevrolet Spin 1.3 MT LTZ Diesel

Post by axala »

Pertamax :mky_02: :mky_02:

akhirnya.....ada juga review sipin ini,.sayang manual :mky_04: kalo matiptronicnya ada.....bisa lebih marvelous buat stop n go :mky_03:

serius peredamnya sebagus itu...hebat :big_chicken: ,tp joknya tulho...keras betul :big_slap: udh perna ane pukul2..setara ama jok teranno ane dulu ,sayang gaada armrest tengah row2...ertiga aja ada....desainnya juga not bad...tp pillar c yg kebelah jendelanya itu bikin terkesan murah n buruk :mky_04: kudu di wrap item biar jd keren :mky_03:

dan kenop acnya yg semi digital...kaya serena/os/pjs....sangat baik dikelasnya...apalagi ac ampe row3...cuma ada dikelas avanza....sayang orlando yg fiturnya banyak nan futuristik itu acnya cuma ngandelin rear airvent second row :mky_04:

pilihan yg menarik...secara dia mpv diesel termurah....mungkin kalo ertiga diesel yg mesinnya merupakan versi VGT dr mesin spin diesel ini keluar....bakal lebih panas lagi ni :mky_03:
Pursuit of Perfection
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [Review] Chevrolet Spin 1.3 MT LTZ Diesel

Post by ChZ »

uhh... ripiu yang singkat, padat, jelas.... mantap sekali bro nyoman :mky_02:

my bad... ane pulkam hari ini jadi tidak bisa ikut... padahal tadi mod kucing udah ngajakin di wasem... :ungg:

errr not very impressive ya enjinnya... ane sebagai ex-user Chevy Diesel (Captiva 2008 VCDi) aja kaget loh bacanya.... di Captiva torsi bawah nya ganas soalnya.... tanjakan dengan kemiringan sekitar 20 derajat di jalanan berpasir dilibas dengan mudah...

apa gara-gara Spin nggak VGT ya....

kedap, khas produk Chevy, seperti Cruze dan Captiva... :off_good_job:

yang ane suka dari Chevy sekarang, interior ala kokpit pesawat terbang... :mky_02: sayang... ane meragukan durabilitas Chevy... banyak pengalaman buruk di Captiva... :ungg:

a great review indeed bro... :mky_02:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: [Review] Chevrolet Spin 1.3 MT LTZ Diesel

Post by evolution21 »

Setuju um chz, chevi reliabilty meragukan, Dr pengalaman badak facelift

Spin dah produk yg amat menarik sebtulnya, ama minus ga da matic jg sih
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [Review] Chevrolet Spin 1.3 MT LTZ Diesel

Post by ChZ »

evolution21 wrote:Setuju um chz, chevi reliabilty meragukan, Dr pengalaman badak facelift

Spin dah produk yg amat menarik sebtulnya, ama minus ga da matic jg sih
dan ASS yang kacau... ane dulu klaim shock depan bocor... berbulan-bulan baru di acc pusat... :big_slap:

ngomong-ngomong....

mod kucing... apakah mobil pre-delivery begini boleh di TD?

ente yang biasanya strict soal aturan diler.... terutama soal mobil display ga boleh di-TD.... or mobil Pre-delivery ga boleh jadi mobil display... :ungg: nah yang ini tumben ente ga nolak,....

ane dulu pernah TD Yasir S AT Pre-delivery sih... tapi di lingkungan gudang atoyot aja... ga ada plat :ungg:

plus... di beberapa media juga keliatan mobil-mobil yang masih belum ada plat dibawa TD keliling pabrik doang... :ungg:

apa policy dealer emang mengijinkan? :ungg:

atau err... nantinya ada kemungkinan mobil yang udah "dijamah-jamah" itu jadi unit display / unit TD?
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: [Review] Chevrolet Spin 1.3 MT LTZ Diesel

Post by htannis »

gak vgt dan gak intercooler? pantesan lemot. coba bawa ke bengkel modif pasangin intercooler beserta dastek
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: [Review] Chevrolet Spin 1.3 MT LTZ Diesel

Post by madcat015 »

Very nice ripiu bro Nyoman... :mky_02:

Akhirnya pertanyaan dan penasaran ane tentang SpinDies terjawab... :big_grin:

Ternyata hype media terlalu gede... Enjin bolot di low rev... dan kayaknya, kapal induk ane bisa melesat lebih kentjank!

Anyway, turut menambahkan impresi ane sebagai mahakitteh di kursi row baris ketiga... :mky_03:

Akses masuk gampang... layaknya banyak hal di dunia... Easy? Yes. One touch tumble row baris kedua tidak ada, tetapi hanya butuh dua tuas untuk melipat kursi... Tuas pertama untuk melipat sandaran dengan cepat, dan tuas kedua untuk tumbling kursi baris kedua yang 40-60. Mekanisme halus.

Begitu duduk di kursi baris ketiga... ane merasa: keras ui. Firm... Jok SX-4 terasa lebih empuk. Posisi duduk nyaman untuk kucing kampung dengan postur tegap layaknya Vin Diesel seperti ane... Tidak senyaman posh MPV, tapi noticeably cukup baik meski bantalan bokong perlu dipanjangkan 5cm untuk mengakomodasi paha ane yang sekseh...

Nah, saving gracenya... row 3 biasanya diperuntukkan untuk anak kecil...

Begitu semua pintu ditutup, AC off, tidak ada yang bicara, dan nobody moves a muscle please... dan ane mulai berkeringat, bro Nyoman memberikan laporan "Kumendan kucing! 42dB..." Well, well, ini mobil ga main2 urusan rigiditas badan dan peredaman. Sebuah BMW F serie diesel menurut pengalaman bro Nyoman bertengger di 35dB.

Dengan segera, AC triple blower dinyalakan, dan memang, triple blower indeed. Dari samping kanan row 3, ane mendengarkan sayup2 fan... nice! Sesuai spek yang dijanjikan dan dengan sangat efektif memberikan pendinginan yang baik. Bro Nyoman langsung mencolokkan AUX IN... Now playing: Michael Jackson - Black or White!

Dan ane tercengang... :big_chicken:

Suaranya ajib... Bas bulat dan basah, low frequency nya bagus sekali... Petikan gitar elektrik di intro tidak cempreng, vokal baik, dan ane langsung tertawa... Sebuah mobil 700juta yang barusan di TD pun kualitas suaranya tidak dapat dibandingkan dengan SpinDies. SpinDies, jujur, kualitas suaranya sangat baik dibandingkan MPV kinyis2 di ripiu sebelah. Well done Chevy! :mky_02:

Bro Nyoman tanpa keraguan segera bermanuver semi off road...

Bantingan firm, suspensi stiff, rebound suspensi medium dengan travel yang memungkinan ayunan badan diserap dengan baik sebelum suspensi kembali siap. Bagus untuk dalam kota... kalau untuk luar kota, mungkin perlu perbaikan di busa kursi nya. Suspensi baik + jok keras = pegal untuk long range trip.

Jujur, SpinDies ini adalah mobil yang capable, cukup memiliki value for money yang baik, dan tentu saja, masih perlu refinement di beberapa sektor terutama kursi dan akses keluar baris ketiga yang cukup sulit... Bagi anak kecil bukan masalah tentunya.

Sayangnya, ASS ancur. :big_slap: :big_slap: :big_slap:


ChZ wrote:
evolution21 wrote:Setuju um chz, chevi reliabilty meragukan, Dr pengalaman badak facelift

Spin dah produk yg amat menarik sebtulnya, ama minus ga da matic jg sih
dan ASS yang kacau... ane dulu klaim shock depan bocor... berbulan-bulan baru di acc pusat... :big_slap:

ngomong-ngomong....

mod kucing... apakah mobil pre-delivery begini boleh di TD?

ente yang biasanya strict soal aturan diler.... terutama soal mobil display ga boleh di-TD.... or mobil Pre-delivery ga boleh jadi mobil display... :ungg: nah yang ini tumben ente ga nolak,....

ane dulu pernah TD Yasir S AT Pre-delivery sih... tapi di lingkungan gudang atoyot aja... ga ada plat :ungg:

plus... di beberapa media juga keliatan mobil-mobil yang masih belum ada plat dibawa TD keliling pabrik doang... :ungg:

apa policy dealer emang mengijinkan? :ungg:

atau err... nantinya ada kemungkinan mobil yang udah "dijamah-jamah" itu jadi unit display / unit TD?
Konfirm bro ChZ, ini bukan unit pre delivery. Ini unit TD yang baru saja tiba. Unit TD yang lawas biasa di tarik ke internal perusahaan.

Ane masih sangat strict dan tegas untuk urusan dealer bro... no worry :big_smoking:



@om evo: nah, ASS ini yang parah... kemaren ane sempat memperhatikan sales konter menerima telepon. :frm_bang_head:

SC01: *ke workshop manager* "pak, kita bisa servis Camaro?"
SC02: "Apa? Camaro? emang ada ya"
Ane: ......................... *WTF moment just kick in yo* :e-doh:
SC01: "Ada, CBU kayaknya... mungkin SUV?"
Ane: ......................... *yeeep, WTF moment really kick in yo* :e-doh:
WM: "Itu sedan ui, CBU, enjin besar, dan tidak bisa di servis di marih"
Ane: ......................... *eh? ciyus?* :shrug:
SC01: "kalau spare parts ada pak?"
WM: "Oh tidak adaaaa..."
SC01: "kalau ganti oli aja pak?"
WM: "Oh tidak bisaaaa..."
Ane: ......................... *WTF!? Sambil melihat emblem dasi kuning bertuliskan Chevrolet di mana2...* :snipersmile:
SC02: *ke SC01* "Camaro itu kayak apa ya?"
Ane: *EPIC FACEPALM: ENGAGED!* :big_slap:

Image
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: [Review] Chevrolet Spin 1.3 MT LTZ Diesel

Post by billyd1773dz »

nicee repiu yg di tunggu2....

jadi klw di suruh milih ride qualitynya ama ipah mending mana bro? gb nya enakan spin y? clutch?


soal karakter dieselnya.... gw pernah bawa colorado, ranger 2.2 dan 2.5 tdi dan tdci ipah sampai rugger 2.8 dan 1hdt 4.2 semua mt kondisi std karakternya ga ada yg kuat/peak dari rpm 1000 - 1500 atau sampai turbo mulai spool, itu diesel besar kapasitas, tampa turbo sudah bertorsi, ini 1.3ltr jadi y imho as expected sangat ngandalin turbo meski turbo kecil gtu seharusny bisa spool dengan cepat.

cuma ipah with unichip yg uda ngejambak dari 1200... itu jg 1000 masih kosong, ipah std? bingung g ngejambak flat
1hdt berkat bigger capacityny low rev jg tetep kerasa mencukupi, meski peaknya tetep di range turbo

yg AT captiva jg gw bilang rpm <1500 g ada tenaganya.... untung tc atnya bisa slip dan langsung jalan dari rentang turbo dgn full torque.. coba jalan dgn rpm 1000 sih so so aja, klw spin nya at mungkin lain ceritanya
ps exceed n dakar jg gtu sih

dulu om turbo pernah bikin trik dgn pvc valve/one way valve untuk bypass udara saat terjadi vakuum sebelum turbo mulai ngeboost maybe could help.

or go straight to tuner to fit dastek and bigger turbo w intercooler hehe


beda dengan diesel n.a tokidis, ispan taft triton semua nya kuat dri rpm sangat rendah.. kuda aja yg lebih kuat di atas
jd imho diesel turbo kebanyakan karakternya mulai dri mid rev dan diesel n.a lowrev.

:beer:
Last edited by billyd1773dz on Fri Apr 18, 2014 2:03, edited 2 times in total.
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: [Review] Chevrolet Spin 1.3 MT LTZ Diesel

Post by ricz »

Nais review bli nyoman...

Utk handling apakah bagus? Secara menurut kesaksian om kucing bantingannya rada stiff & stirnya lumayan berat...

@mod kucing : maunya ente isengin tuh counter selesnya, tanya "mbak, disini bisa servis Suburban ga? Corvette? Atau Silverado?"

:ngacir: :ngacir:
2021 Fortuner VRZ
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: [Review] Chevrolet Spin 1.3 MT LTZ Diesel

Post by billyd1773dz »

oh iya mid di HU? saya liat di sebelah
Image
di cluster ?

mungkin tombol2 nya yg di hu ?

atau unit 2014 ada perubahan y?


redline 5000 euy.... need dastek n bigger turbo bwat mentokin hehe..
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
detektifkonan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Sat Apr 12, 2014 11:37

Re: [Review] Chevrolet Spin 1.3 MT LTZ Diesel

Post by detektifkonan »

Nice Ripiw om

Kalo tarikan 3000RPM+++ nya bengek ya bro?

Minat banget kalo build Quality bagus+Enjin Durable

btw ini harus pake Solar mahal tah?
User avatar
grandis_GT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1550
Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
Location: Riau

Re: [Review] Chevrolet Spin 1.3 MT LTZ Diesel

Post by grandis_GT »

good review om nyoman , sayang SPIN LTZ AT DIESEL blum ada ya :mky_01: lumayan juga untuk pake dalam kota

Parah bener tu ASS nya om medket , jadi camaro owner mau service dmana lagi ?? :big_slap:

oiya om madcat , mau nanya , sebenarnya unit TD dan display itu peraturannya gmana sih , misal unit TD brapa lama di pakai ??
3 bulan atau 6 bulan ???
trus setelah habis masa pakai kan unit TD yg lama di ganti yg baru lagi , jadi unit TD yg lama di kemanain , di jual murah atau di simpan ??

begitu juga mobil display ??

thx om :mky_01:
-el_capitan-
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 184
Joined: Sat May 25, 2013 0:49

Re: [Review] Chevrolet Spin 1.3 MT LTZ Diesel

Post by -el_capitan- »

Eh itu tuas kunci di masing2 pintu mana ya? Ga ada keliatan
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: [Review] Chevrolet Spin 1.3 MT LTZ Diesel

Post by amfibi »

42Db????????

sumpah, itu kedap banget :mky_02:
carl
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Tue Dec 31, 2013 14:57
Daily Vehicle: transjakarta

Re: [Review] Chevrolet Spin 1.3 MT LTZ Diesel

Post by carl »

-el_capitan- wrote:Eh itu tuas kunci di masing2 pintu mana ya? Ga ada keliatan
Tombol kuncinya di deket tape om.. Samping tombol on/off blower blkg
ola_comoesta
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: Sun May 19, 2013 10:00

Re: [Review] Chevrolet Spin 1.3 MT LTZ Diesel

Post by ola_comoesta »

nice review om nyoman!hohoho jadi ini termausk worth or not? compared to R3 gimana?

mungkin modcat bisa nambahin hehehe. oia itu torsi meledak2 gak?
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: [Review] Chevrolet Spin 1.3 MT LTZ Diesel

Post by madcat015 »

ricz wrote:Nais review bli nyoman...

Utk handling apakah bagus? Secara menurut kesaksian om kucing bantingannya rada stiff & stirnya lumayan berat...

@mod kucing : maunya ente isengin tuh counter selesnya, tanya "mbak, disini bisa servis Suburban ga? Corvette? Atau Silverado?"

:ngacir: :ngacir:
Camaro yang begitu iconic aja dia ga tau... apalagi Suburban, Corvette, dan Silverado... :big_slap:


billyd1773dz wrote:oh iya mid di HU? saya liat di sebelah
Image
di cluster ?

mungkin tombol2 nya yg di hu ?

atau unit 2014 ada perubahan y?


redline 5000 euy.... need dastek n bigger turbo bwat mentokin hehe..
:beer:
Sebenarnya bukan MID, bro billy, tapi ada jam dan indikator suhu (entah internal/eksternal) di sana... Jadi, sepertinya, bakalan agak ribet apabila sensor suhu bukan bawaan HU. :e-think:

detektifkonan wrote:Nice Ripiw om

Kalo tarikan 3000RPM+++ nya bengek ya bro?

Minat banget kalo build Quality bagus+Enjin Durable

btw ini harus pake Solar mahal tah?
Di sarankan Dex lah om... entah kalo nelen biosolar pegimane nih enjin... :ngacir:


grandis_GT wrote:good review om nyoman , sayang SPIN LTZ AT DIESEL blum ada ya :mky_01: lumayan juga untuk pake dalam kota

Parah bener tu ASS nya om medket , jadi camaro owner mau service dmana lagi ?? :big_slap:

oiya om madcat , mau nanya , sebenarnya unit TD dan display itu peraturannya gmana sih , misal unit TD brapa lama di pakai ??
3 bulan atau 6 bulan ???
trus setelah habis masa pakai kan unit TD yg lama di ganti yg baru lagi , jadi unit TD yg lama di kemanain , di jual murah atau di simpan ??

begitu juga mobil display ??

thx om :mky_01:
AT belum ada om grandis... dan feeling ane juga buruk mengenai R3 Diesel taon depan nantinya. Bisa2 MT doang :big_slap:

Nah, bagi pemilik Camaro, mw ga mw servis di dealer IU atau bengkel tuner terkenal. Mw ga mw demikian, om... :ungg:

Nah, begini:
- Unit TD adalah unit yang dibeli dealer dari ATPM *ga bakal itu gerombolan pemeras keringat dan penghisap darah ngasi unit TD gratis*, kemudian unit TD harus dibalik nama atas nama perusahaan *atau owner*. Setelah surat2 selesai, kebijakan dapat bervariasi antar dealer. Tetapi pada umumnya, mobil entry level akan standby di kantor, mobil mid level "dipinjamkan" ke jajaran manajer, dan mobil dewa akan standby di rumah owner dealer. Makanya kadang butuh usaha dan SSI tingkat mahagalau untuk menyeret mobil 500juta+ untuk TD kalau ga ada dealer event. Trutama dari pabrikan Jepun non underqod yang rada sewot untuk memberikan kunci ke tangan ane. Pabrikan non Jepun dan pabrikan underqod biasanya dengan senang hati "Please madcat, drive this car".
- Unit display adalah stok unit yang dipesan dealer. Diperlakukan sebagai free unit atau unit bebas, siapapun boleh membawa pulang unit display setelah mentransfer duid ke dealer. Makanya, unit display biasanya masih terbungkus plastik untuk keseluruhan interior dan tidak boleh menggunakan KF. Policy yang sama juga berlaku bagi unit di gudang. Plastik harus 100% terpasang, tanpa KF, tanpa aksesoris. Dan meskipun ada bonus2 seperti karpet dasar dan KF segelondong, semuanya harus diletakkan di dalam mobil.

Perbedaan akhir:
- Unit TD hanya berlaku selama 5 tahun max. Kecuali ada FL, unit TD preFL harus diganti dengan unit FL. Intinya, mobil yg tidak ada di katalog harga, harus disingkirkan dari jajaran TD. Nah, kemana unit itu? Biasanya jadi unit operasional, atau ditawarkan ke karyawan perusahaan yg mw beli dengan harga murah *dan tentu saja diler pasti untung*, atau dijual ke pedege/end user. Salah satu diler mobil di Sby, menjual sebuah sedan yg terkenal dengan nama "Kota"..., umur 3 atau 4 taon, km 68rb, dengan harga.... 250jeteng.
- Unit display dapat dijual, dan jangan diliat amsyong nya karena unit ini uda di raba dan dijamah orang lain. Biasanya, diskon lebih besar untuk unit ini. Anggap aja unit Janda Kembang lharrr... Unit display ini, sebisanya harus enyah duluan dari pandangan bos, secepat mungkin, bijimane caranya. Kalau unit yang sama nongkrong 2 bulan aja... uda uring2an itu bos2...

Demikian penjelasan ane, om... Cmiiaauwww... :ungg:


amfibi wrote:42Db????????

sumpah, itu kedap banget :mky_02:
Yep. 42 db. :big_smoking:

carl wrote:
-el_capitan- wrote:Eh itu tuas kunci di masing2 pintu mana ya? Ga ada keliatan
Tombol kuncinya di deket tape om.. Samping tombol on/off blower blkg
Betul om, tombol door lock diletakkan di dash.


ola_comoesta wrote:nice review om nyoman!hohoho jadi ini termausk worth or not? compared to R3 gimana?

mungkin modcat bisa nambahin hehehe. oia itu torsi meledak2 gak?
Menurut ane bro, dengan 211jeteng dan diskon bernilai 7juta... rasanya cukup worth. Tetapi...

Butuh sedikit kompromi, terutama mengenai jok, kursi baris kedua non sliding, dan turbo kurang nendang. Dah, itu aja. :mrgreen:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
axala
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2160
Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
Location: Indonesia

Re: [Review] Chevrolet Spin 1.3 MT LTZ Diesel

Post by axala »

ricz wrote:Nais review bli nyoman...

Utk handling apakah bagus? Secara menurut kesaksian om kucing bantingannya rada stiff & stirnya lumayan berat...

@mod kucing : maunya ente isengin tuh counter selesnya, tanya "mbak, disini bisa servis Suburban ga? Corvette? Atau Silverado?"

:ngacir: :ngacir:
Padahal ada lho BeRes chevy di jakarta yg konon bisa maenin camaro ampe H3....teknisinya juara teknusi chevy asia pasific.....memang gaada dealer chevy yg sama diindo ini :ngacir:
Pursuit of Perfection
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: [Review] Chevrolet Spin 1.3 MT LTZ Diesel

Post by amfibi »

Tempo hari om rubble sempat bilang, chevy baru fokus jualan aja, blm fokus di aftersales service... :ungg:
Classic
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Wed Jan 08, 2014 7:57

Re: [Review] Chevrolet Spin 1.3 MT LTZ Diesel

Post by Classic »

pengalaman yang sama. saya biasa bawa innova diesel dan panther diesel. ga terbiasa masuk gigi 1 kecuali di tanjakan sangat curam. Begitu TD spin diesel. Alamak... masuk gigi 2 lebih banyak mati mesinnya. Kalaupun mau dipaksa gigi 2 kudu digas rada kenceng sambil tahan kopling.
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: [Review] Chevrolet Spin 1.3 MT LTZ Diesel

Post by NYoman »

ricz wrote:Nais review bli nyoman...

Utk handling apakah bagus? Secara menurut kesaksian om kucing bantingannya rada stiff & stirnya lumayan berat...
Handling termasuk baik dengan feedback steering yg masih saya ketegorikan natural, bantingan sih emg agak stiff tapi masih bisa di tolerir kok.. Yang saya sayangkan adalah beratnya putaran stir padahal menggunakan velg dan rim kecil..
billyd1773dz wrote:nicee repiu yg di tunggu2....

jadi klw di suruh milih ride qualitynya ama ipah mending mana bro? gb nya enakan spin y? clutch?


soal karakter dieselnya.... gw pernah bawa colorado, ranger 2.2 dan 2.5 tdi dan tdci ipah sampai rugger 2.8 dan 1hdt 4.2 semua mt kondisi std karakternya ga ada yg kuat/peak dari rpm 1000 - 1500 atau sampai turbo mulai spool, itu diesel besar kapasitas, tampa turbo sudah bertorsi, ini 1.3ltr jadi y imho as expected sangat ngandalin turbo meski turbo kecil gtu seharusny bisa spool dengan cepat.

cuma ipah with unichip yg uda ngejambak dari 1200... itu jg 1000 masih kosong, ipah std? bingung g ngejambak flat
1hdt berkat bigger capacityny low rev jg tetep kerasa mencukupi, meski peaknya tetep di range turbo

yg AT captiva jg gw bilang rpm <1500 g ada tenaganya.... untung tc atnya bisa slip dan langsung jalan dari rentang turbo dgn full torque.. coba jalan dgn rpm 1000 sih so so aja, klw spin nya at mungkin lain ceritanya
ps exceed n dakar jg gtu sih

dulu om turbo pernah bikin trik dgn pvc valve/one way valve untuk bypass udara saat terjadi vakuum sebelum turbo mulai ngeboost maybe could help.

or go straight to tuner to fit dastek and bigger turbo w intercooler hehe


beda dengan diesel n.a tokidis, ispan taft triton semua nya kuat dri rpm sangat rendah.. kuda aja yg lebih kuat di atas
jd imho diesel turbo kebanyakan karakternya mulai dri mid rev dan diesel n.a lowrev.

:beer:
Build quality sangat saya sedih mengatakan ini jauh lebih baik dari ipah untuk interior, kecuali untuk jok masih jauh lbh nyaman ipah om..
Untuk mesin kebetulan torsinya 190Nm cukup besar bila dibandingkan ipah yg lebih bongsor dengan 200Nm, untuk masalah kopling saya merasa ipah masih lebih empuk dan respon mesin ke transmisi lbh cepat.. Mobil ini karakternya persis sekali dengan mobil2 bensin ber cc kecil seperti yg pernah saya coba sebelum2 nya terakhir ngerasain mesin beigni di Sirion.. Kalau dieselnya Chevy pernah bawa Captiva karena ada di jakarta, tarikan lumayan tapi cenderung flat torsinya.. Ipah udah lumayan untuk mesin, memang kalau mau kencang, dastek is required! hho
detektifkonan wrote:Nice Ripiw om

Kalo tarikan 3000RPM+++ nya bengek ya bro?

Minat banget kalo build Quality bagus+Enjin Durable

btw ini harus pake Solar mahal tah?
Saya udah nyoba ngangkat ke 2500++ udah males naik tuh.. Build quality sih ok, engine belum tau. Untuk solar bagus, mesin2 CRDi lebih bagus diberi DEX atau setara dan saya menyarankan.. Penggunaan biofuel juga bagus, sayang nya sih filter solar bakal cepat kotor (di buku kan tulisan nya penggantian 100.000km saya rasa krn di luar kualitas bahan bakar sudah sangat baik dan low sulfur tidak seperti di Indonesia.
amfibi wrote:42Db????????

sumpah, itu kedap banget :mky_02:
Yes, 42dB saat tidak ada yg ngomong dan tanpa blower yg menyala... Termasuk kedap untuk sebuah mobil diesel seharga ini, cuma pengalaman diesel dengan suara terhalus buat saya BMW dgn 35dB..

Btw terimakasih buat om kucing yg sudah membantu menampilkan foto dan menambahkan review =) :big_peace:
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: [Review] Chevrolet Spin 1.3 MT LTZ Diesel

Post by billyd1773dz »

NYoman wrote:
ricz wrote:Nais review bli nyoman...

Utk handling apakah bagus? Secara menurut kesaksian om kucing bantingannya rada stiff & stirnya lumayan berat...
Handling termasuk baik dengan feedback steering yg masih saya ketegorikan natural, bantingan sih emg agak stiff tapi masih bisa di tolerir kok.. Yang saya sayangkan adalah beratnya putaran stir padahal menggunakan velg dan rim kecil..
billyd1773dz wrote:nicee repiu yg di tunggu2....

jadi klw di suruh milih ride qualitynya ama ipah mending mana bro? gb nya enakan spin y? clutch?


soal karakter dieselnya.... gw pernah bawa colorado, ranger 2.2 dan 2.5 tdi dan tdci ipah sampai rugger 2.8 dan 1hdt 4.2 semua mt kondisi std karakternya ga ada yg kuat/peak dari rpm 1000 - 1500 atau sampai turbo mulai spool, itu diesel besar kapasitas, tampa turbo sudah bertorsi, ini 1.3ltr jadi y imho as expected sangat ngandalin turbo meski turbo kecil gtu seharusny bisa spool dengan cepat.

cuma ipah with unichip yg uda ngejambak dari 1200... itu jg 1000 masih kosong, ipah std? bingung g ngejambak flat
1hdt berkat bigger capacityny low rev jg tetep kerasa mencukupi, meski peaknya tetep di range turbo

yg AT captiva jg gw bilang rpm <1500 g ada tenaganya.... untung tc atnya bisa slip dan langsung jalan dari rentang turbo dgn full torque.. coba jalan dgn rpm 1000 sih so so aja, klw spin nya at mungkin lain ceritanya
ps exceed n dakar jg gtu sih

dulu om turbo pernah bikin trik dgn pvc valve/one way valve untuk bypass udara saat terjadi vakuum sebelum turbo mulai ngeboost maybe could help.

or go straight to tuner to fit dastek and bigger turbo w intercooler hehe


beda dengan diesel n.a tokidis, ispan taft triton semua nya kuat dri rpm sangat rendah.. kuda aja yg lebih kuat di atas
jd imho diesel turbo kebanyakan karakternya mulai dri mid rev dan diesel n.a lowrev.

:beer:
Build quality sangat saya sedih mengatakan ini jauh lebih baik dari ipah untuk interior, kecuali untuk jok masih jauh lbh nyaman ipah om..
Untuk mesin kebetulan torsinya 190Nm cukup besar bila dibandingkan ipah yg lebih bongsor dengan 200Nm, untuk masalah kopling saya merasa ipah masih lebih empuk dan respon mesin ke transmisi lbh cepat.. Mobil ini karakternya persis sekali dengan mobil2 bensin ber cc kecil seperti yg pernah saya coba sebelum2 nya terakhir ngerasain mesin beigni di Sirion.. Kalau dieselnya Chevy pernah bawa Captiva karena ada di jakarta, tarikan lumayan tapi cenderung flat torsinya.. Ipah udah lumayan untuk mesin, memang kalau mau kencang, dastek is required! hho
detektifkonan wrote:Nice Ripiw om

Kalo tarikan 3000RPM+++ nya bengek ya bro?

Minat banget kalo build Quality bagus+Enjin Durable

btw ini harus pake Solar mahal tah?
Saya udah nyoba ngangkat ke 2500++ udah males naik tuh.. Build quality sih ok, engine belum tau. Untuk solar bagus, mesin2 CRDi lebih bagus diberi DEX atau setara dan saya menyarankan.. Penggunaan biofuel juga bagus, sayang nya sih filter solar bakal cepat kotor (di buku kan tulisan nya penggantian 100.000km saya rasa krn di luar kualitas bahan bakar sudah sangat baik dan low sulfur tidak seperti di Indonesia.
amfibi wrote:42Db????????

sumpah, itu kedap banget :mky_02:
Yes, 42dB saat tidak ada yg ngomong dan tanpa blower yg menyala... Termasuk kedap untuk sebuah mobil diesel seharga ini, cuma pengalaman diesel dengan suara terhalus buat saya BMW dgn 35dB..

Btw terimakasih buat om kucing yg sudah membantu menampilkan foto dan menambahkan review =) :big_peace:
bearti klw dibilang seperti bensin, its a positive impression from the engine ya?

wah seperti sirion? apakah sirion juga peaknya di 1800-2500 om?k3ve kan?

suspensi n handling better dri ipah y om?

so spin desperately need dastek n friends.. hohoho :D :D berapa hp y yg bisa di peras dri mesin kecil ini.. :big_think: cukup ratain curva mestinya uda cukup menambah fun.

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2968
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: [Review] Chevrolet Spin 1.3 MT LTZ Diesel

Post by imingwahyudi »

Oriteee cakep reviewnya om Nyoman :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02:


Kebetulan saya lagi disuruh carikan mobil baru untuk sobat mama saya, semoga Spin Diesel jadi pilihannya, soalnya beliau carinya yang irit, ga kentjank amat, dan kalo bisa murah :mky_01:

Peredaman baik kayanya ketolong sama tebal panel bodi yang jauh lebih tebel daripada Love Box saia, dan generous amount of Automats, perhaps :big_grin:


Job well done :mky_02:
jason28
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 645
Joined: Tue Dec 31, 2013 4:38

Re: [Review] Chevrolet Spin 1.3 MT LTZ Diesel

Post by jason28 »

Pertamaxxx..... :mky_02: aish telat :big_slap:
Nice review om nyomannn.... :mky_02: :mky_02:
Setidaknya MID'nya spin jauh lbh bagus drpd monyong :big_chicken:
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: [Review] Chevrolet Spin 1.3 MT LTZ Diesel

Post by artoodetoo »

madcat015 wrote: Sebenarnya bukan MID, bro billy, tapi ada jam dan indikator suhu (entah internal/eksternal) di sana... Jadi, sepertinya, bakalan agak ribet apabila sensor suhu bukan bawaan HU. :e-think:
Mod, jangan mentang2 mobil ente gak ada indikator penggunaan bbm rata2 trus bilang gak ada MID nya :big_weee:
MID = Multi Information Display, terserah apa aja yg mau didisplay, mulai dari kecepatan, suhu, jarak tempuh, jumlah bensin tersisa, sampai sejauh apa sampai ke rumah nonik terdekat, terseraaaah. Tapi itu namanya tetap MID :big_weee:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net