Page 6 of 10

Re: Review... Toyota Nav1 2013 V

Posted: Wed Jun 10, 2015 0:43
by CakOpiq
keretalaut wrote:Mobil ini lebar 1700mm tapi keliatan lebih luas dibanding innova yg 1770mm..
kalo tidak salah yah om...
[*] penggerak roda depan.. dari kabin kebelakang smua buat penumpang dan barang..
[*] nav1 monokok.. tidak pakai ladder frame chasis.. jadilah lantai rata dibawah bukan nangkring diatas ladder frame chasis. Meski lebar lbh minim dari ipah, tp jarak lantai ke atap menjadikan ruang jadi lega (volume lebih besar)
[*] ruang yg boxy, khas roti tawar kupas.. pas buat bawa muatan kota-kotak..
[*]akses/lorong dari ujung depan sampai belakang.. tanpa tuas persneling maupun handbrake ditengah lantai.. membuat kabin lbh kaya space. ini serasa tempat main anak diatas ban.. & nggak butuh berhenti buka pintu untuk gonta-ganti konfigurasi penumpang..
Image

komen positif mertua adalah: biasanya duduk plg belakang itu rasanya selalau nggak enak.. tp diboil ini kok tetep enak yah..
komen negatif: bangku tengah yg tak menyatu mengurangi kapasitas 1 penumpang dibanding biasanya dan tak bisa dipakai tiduran horizontal dari kiri kekanan, namun ini konsequensi dari kelebihan sbg tempat bermain diatas roda..

kapasitas bawa barangnya mencengangkan, dengan cara konfigurasi kursi tengah diputar hadap belakang plus tambahan bagasi bawah lantai yg ada diujung belakang akan puas bawa barang..

Re: Review... Toyota Nav1 2013 V

Posted: Wed Jun 10, 2015 2:48
by daftar
bangku belakang serasa enak mungkin karena spaciousnya itu ya om?

Re: Review... Toyota Nav1 2013 V

Posted: Wed Jun 10, 2015 5:02
by ALX7
Report sementara setelah Nav1 berumur 1,5 tahun ODO blm 7000km:
- suspensi mjd lebih keras dr awal2 pertama kli pake -> karna 'Garage Queen' ? :big_think:
- Cat di bumper depan kok bisa retak2 dan ada yg ngelotok/lepas..? padahal ga di jemur :mky_04:
daftar wrote:bangku belakang serasa enak mungkin karena spaciousnya itu ya om?
Mungkin karena bangku belakang busa nya agak tebal drpd tengah dan depan, bisa direbahin ke belakang juga, klo mau lebih spacious ya bangku tengah ga boleh terlalu egois juga..

sayang nya sampai saat ini saya belum pernah menikmati jadi penumpang... :mky_05:

Re: Review... Toyota Nav1 2013 V

Posted: Thu Jun 11, 2015 15:15
by touchme
permisi om dan suhu sekalian, ane newbie minta ijin nambain review.. nav1 V lux at black..

setelah pemakaian dari feb2014-sekarang, odo 8277, suka duka yang ane rasakan..

+ FC saya nilai irit dikelasnya. saya pernah bawa biante dan serena c24 rute luar kota dan belum seirit si nav ini. sebagai weekend car dengan penumpang 1-2 org, perhitungan full to full dapat 10,5-10,9km/l rute kombinasi serpong-jakarta. dari kluar showroom sampai dengan 5000km saya pakai campur ron88.. dan sampai sekarang pakai ron92 sesekali vpower kalau lagi ada promo. Avg di mid tercatat 12,3-12,4km/l. mesin 3zrfae ini juga premiumable. saya tidak pernah nemuin gejala knocking sama sekali waktu pakai ron88 hanya memang respon mesin dan FC cukup terasa peningkatannnya sejak pakai 92.
+ storage compartment banyak berceceran tersebar dari row1-3. saya sangat suka tempat penyimpenan dibawah lantai bagasi belakang. saya bisa muat sampai 3 tas camping backpack didalam sana. plus kalau lagi keluar kota dan beli oleh2 makanan juga saya taruh disana. lumayan mobi jadi gak bau makanan.
+ fastmoving part murah meriah. saya 2x ganti oli sendiri di km2500 pake oli mineral murmer idemitsu eco 10w30 dan di 5000km pake AMSoil 0w30. filter oli selalu sy ganti dan maharnya cuma 30rban sj di beres. dalem paketnya yg madeinthailand berisi cartridge aja yg berbahan kertas+seal karet rumah filternya. yang aneh saya pernah searching di DTMF..toko sparepart toyota disana pada jual 100k++ :e-snooty: oya buat yang mau ganti filter sendiri siapin oil filter wrench ukuran 67mm. kalo gak salah ukuran ini sama kayak punya avanza? CMIIW. dan betul seperti kata om newrumble dipost sebelumnya,filter udara sama persis punya yaris. again, perawatan rutin mobil ini jadi makin murah :off_good_job:
+ easy to drive. si nav ini terlihat besar karna tingginya yg sampe 1850mm.. sedikit lebih tinggi dari pajero sport yang mnrt web KTB 1840mm. lebar mobil ini berdasarkan manual book juga cuma 1695mm...sama lebarnya dengan freed dan ge8 (1695 & 1694mm). komposisi yang ramping ini bikin mobil mudah aja berkelana waktu macet atau keluar masuk gang sempit. tapi konsekuensinya dari belakang mobil kliatan culun banget karna kutilang..kurus tinggi langsing :e-wall:

- rattling di kisi ac kiri depan. udah bolak balik beres dibongkar laci atas bawah dan panel tengah dashboard tetep aja rattling. ternyata ane nemuin ternyata kisi ac yang bunyi. sampe sekarang ga tau gimana cara bongkarnya... solusinya kalo mulai rattling diteken teken dikit.. dan beberapa detik kmudian bunyi lagi :big_biglaugh:
- EPS gampang ngosngosan. ane rasain gejala ini kalau kita lagi in very tight parking space yang mengharuskan maju mundur dan roda diputer berkali kali. setelah 2-3x puteran besar si eps kaya kecapean. setir jadi smakin berat. sudah pernah klaim dan baca di buku manual tertulis juga emang itu eps kalo dipake banyak putaran secara cepat bakalan engap dan kalo diterusin akhirnya dia ngaso..mungkin masuk safemode daripada rusak kepanasan. gak tau eps nav emang seperti itu atau punya ane aja yg masalah. yang jelas ane gak mengalami hal ini di eps yaris atau freed
- lokasi ban serep space saver di bawah pintu kiri depan. dudukannya mirip2 avanza. mungkin toyota lebih pilih maksimalin bagasi dengan bikin ruang dibawah lantai blakang dan menggusur ban serep. di Jepang sono mungkin cocok...tapi disini,sudah beberapa kali ban serep itu gesrot di poldur yang tinggi. kekurangan lainnya penggantian ban kempes dipinggir jalan bakalan jadi peer apalagi kalau dipinggir jalan yang ada trotoarnya. lokasi ban cadangan disana mengharuskan kita nyiapin space cukup disebelah kiri supaya kita bisa jongkok/berlutut untuk ngeluarin ban dari rumahnya.
kelar ganti ban trus siap gas pol lagi? belum! jangan lupakan ban yang kempes.. ane sudah coba praktek masukin ban normal 195/65 R15 ini ke dudukan ban serep,dan hasilnya nihil..nggak muat. untuk masalah ini toyota berbaik hati untuk memberikan sebuah kantong khusus supaya ban yang kempes itu bisa ditaruh dibagasi dengan cara diikat ke headrest bangku row3 tanpa mengotori interior. tapi gimana kalau mobil full loaded orang+barang?? 1 penumpang harus rela pangku ban kempes sepanjang jalan.. well done toyota..

sekian review dari ane. mohon maaf kalo jadi curhat :big_blushing:

Re: Review... Toyota Nav1 2013 V

Posted: Fri Jun 12, 2015 4:02
by ALX7
touchme wrote:permisi om dan suhu sekalian, ane newbie minta ijin nambain review.. nav1 V lux at black..

setelah pemakaian dari feb2014-sekarang, odo 8277, suka duka yang ane rasakan..

+ FC saya nilai irit dikelasnya. saya pernah bawa biante dan serena c24 rute luar kota dan belum seirit si nav ini. sebagai weekend car dengan penumpang 1-2 org, perhitungan full to full dapat 10,5-10,9km/l rute kombinasi serpong-jakarta. dari kluar showroom sampai dengan 5000km saya pakai campur ron88.. dan sampai sekarang pakai ron92 sesekali vpower kalau lagi ada promo. Avg di mid tercatat 12,3-12,4km/l. mesin 3zrfae ini juga premiumable. saya tidak pernah nemuin gejala knocking sama sekali waktu pakai ron88 hanya memang respon mesin dan FC cukup terasa peningkatannnya sejak pakai 92.
+ storage compartment banyak berceceran tersebar dari row1-3. saya sangat suka tempat penyimpenan dibawah lantai bagasi belakang. saya bisa muat sampai 3 tas camping backpack didalam sana. plus kalau lagi keluar kota dan beli oleh2 makanan juga saya taruh disana. lumayan mobi jadi gak bau makanan.
+ fastmoving part murah meriah. saya 2x ganti oli sendiri di km2500 pake oli mineral murmer idemitsu eco 10w30 dan di 5000km pake AMSoil 0w30. filter oli selalu sy ganti dan maharnya cuma 30rban sj di beres. dalem paketnya yg madeinthailand berisi cartridge aja yg berbahan kertas+seal karet rumah filternya. yang aneh saya pernah searching di DTMF..toko sparepart toyota disana pada jual 100k++ :e-snooty: oya buat yang mau ganti filter sendiri siapin oil filter wrench ukuran 67mm. kalo gak salah ukuran ini sama kayak punya avanza? CMIIW. dan betul seperti kata om newrumble dipost sebelumnya,filter udara sama persis punya yaris. again, perawatan rutin mobil ini jadi makin murah :off_good_job:
+ easy to drive. si nav ini terlihat besar karna tingginya yg sampe 1850mm.. sedikit lebih tinggi dari pajero sport yang mnrt web KTB 1840mm. lebar mobil ini berdasarkan manual book juga cuma 1695mm...sama lebarnya dengan freed dan ge8 (1695 & 1694mm). komposisi yang ramping ini bikin mobil mudah aja berkelana waktu macet atau keluar masuk gang sempit. tapi konsekuensinya dari belakang mobil kliatan culun banget karna kutilang..kurus tinggi langsing :e-wall:

- rattling di kisi ac kiri depan. udah bolak balik beres dibongkar laci atas bawah dan panel tengah dashboard tetep aja rattling. ternyata ane nemuin ternyata kisi ac yang bunyi. sampe sekarang ga tau gimana cara bongkarnya... solusinya kalo mulai rattling diteken teken dikit.. dan beberapa detik kmudian bunyi lagi :big_biglaugh:
- EPS gampang ngosngosan. ane rasain gejala ini kalau kita lagi in very tight parking space yang mengharuskan maju mundur dan roda diputer berkali kali. setelah 2-3x puteran besar si eps kaya kecapean. setir jadi smakin berat. sudah pernah klaim dan baca di buku manual tertulis juga emang itu eps kalo dipake banyak putaran secara cepat bakalan engap dan kalo diterusin akhirnya dia ngaso..mungkin masuk safemode daripada rusak kepanasan. gak tau eps nav emang seperti itu atau punya ane aja yg masalah. yang jelas ane gak mengalami hal ini di eps yaris atau freed
- lokasi ban serep space saver di bawah pintu kiri depan. dudukannya mirip2 avanza. mungkin toyota lebih pilih maksimalin bagasi dengan bikin ruang dibawah lantai blakang dan menggusur ban serep. di Jepang sono mungkin cocok...tapi disini,sudah beberapa kali ban serep itu gesrot di poldur yang tinggi. kekurangan lainnya penggantian ban kempes dipinggir jalan bakalan jadi peer apalagi kalau dipinggir jalan yang ada trotoarnya. lokasi ban cadangan disana mengharuskan kita nyiapin space cukup disebelah kiri supaya kita bisa jongkok/berlutut untuk ngeluarin ban dari rumahnya.
kelar ganti ban trus siap gas pol lagi? belum! jangan lupakan ban yang kempes.. ane sudah coba praktek masukin ban normal 195/65 R15 ini ke dudukan ban serep,dan hasilnya nihil..nggak muat. untuk masalah ini toyota berbaik hati untuk memberikan sebuah kantong khusus supaya ban yang kempes itu bisa ditaruh dibagasi dengan cara diikat ke headrest bangku row3 tanpa mengotori interior. tapi gimana kalau mobil full loaded orang+barang?? 1 penumpang harus rela pangku ban kempes sepanjang jalan.. well done toyota..

sekian review dari ane. mohon maaf kalo jadi curhat :big_blushing:
Nice share and thanks for the share...
Selama ini saya belum pernah ganti ban, jd ga tau kondisi spt apa.. tp setelah dishare sekarang baru 'ngeh' knp ada sarung utk ban yg kempes..
Utk masalah ganti oli, saya pernah ganti sekali di km 2500, ya ampun ribet nya soalnya GC yg rendah otomatis harus diangkat pake dongkrak yg kuat dan agak tinggi baru bisa ngolong... tp saya belum pernah lihat langsung filter oli nya spt apa.. klo om berkenan bisa foto bentuk filter nya spt apa..?
mungkin yg di DTMF itu harga 100rb termasuk rumahnya, sedangkan yg di BeRes itu 30rb cuma catridge nya aja..?
Oh ya om, krn pake seri lux, bagaimana dgn 'kulkas kecil' nya..?

Re: Review... Toyota Nav1 2013 V

Posted: Fri Jun 12, 2015 6:14
by touchme
Iya betul gc dr depan cukup rendah. krn sy gak punya dongkrak buaya dan males ngedongkrak...Waktu ganti oli saya pakai conblock yang dijejer 2om. Jadi sy jalankan mobil sampai ban depan kanan naik diatasnya. dgn begini sudah cukup ruang untuk ngolong.

Lokasi filter olinya berada dibelakang oil pan..posisinya horizontal menghadap kearah kiri. Filter ini sulit trlihat kalau kita tidak ngolong. Sy carikan fotonya dulu. Maklum masih newbie ndak tau cr post foto..hehe

Oya unit sy bukan yg facelift om. Jd blm ada coolbox itu. sama persis dgn tipe v,cuma dikasi kacafilm vkool. btw ada coolbox g tau tipe vkool di windshieldnya tipe apa? krn mnrt sy sgt kurang tolak panasnya dibanding mbl sy yg lain.

Re: Review... Toyota Nav1 2013 V

Posted: Fri Jun 12, 2015 6:35
by touchme
Betul om alx gc depan mobil ini agak rendah. Krn sy males ngedongkrak..hehe..sy pake conblock yang dijejer 2, lalu ban depan kanan sy naikkan keatasnya. Dgn gini cukup ruang utk ngolong.

Kalau filter oli di dtmf sdh sy lihat barang sama dgn beres punya om. Nanti sy carikan fotonya. Sory ms newbie Lg bljr cara post foto..hehe

Kalau coolbox tidak ada krn unit sy masih model prefacelift. Beda dgn v hanya dikacafilm vkool keliling sj. Tp mnrt sy vkool yang di windshieldnya ini tdk bagus tolak panasnya om. kulit masih terasa trsengat panas matahari kalau nyetir siang bolong. tidak jauh berbeda seperti tidak pakai kcfilm

Re: Review... Toyota Nav1 2013 V

Posted: Fri Jun 12, 2015 18:48
by gautama96
Hmmmm
jadi tambah tertarjk sama nav 1
kira kira bakalan ada disc gede lagi ngak ya

"berharap*

Re: Review... Toyota Nav1 2013 V

Posted: Sat Jun 13, 2015 23:49
by CakOpiq
kalo mas'alah insert picture...
1. dapatkan alamat url gambarnya dulu om.. misal arahkan kursor diatas gambar, lalu klik kanan, lalu klik "copy image URL".
2. di tempat kita posting tulisan, klik tombol "Img", lalu selipkan kursor diantara jepitan "img" bertbotak, klik kanan paste.


Bemper depan ane jg retak bukan kerana usia, tp kerana tertidur sejenak di kemacetan walhasil rem keangkat jd nyundul apanjah depan ane :mky_07:

Koment ane ttg konblok:
Hati-hati om, takut ditiru yg lainnya dgn kwalitas konblok yg renyah atau salah susun conblok yg rawan mencelat/mecitat (terlempar akibat gerakan). Safety first, lbh baik menghindar dari potensi cerita horror, sebisa mungkin menggunakan bidang yang benar-benar aman sbg ganjal mobil drpd horror..

Ttg filter: ane jg menunggu penampakan, secara daerah berdebu semestinya ane lbh sering tengokin filter dibanding normalnya standard perawatan. sementara ane nggak ngerti cara buka dan cek filter ini secara mandiri (DIY).

Ttg MID: FC di MID ane drop gara-gara aki habis (terpaksa lepas battery), walhasil tanjakan komplek membuat fc merangkak dari nilai terendah 3km/l dan sekarang pd 9,2km/l. Tak teu apakah harus ke beres untuk settung pada urusan kehabisan battery atau lepas battery sendiri.

Ttg GPS: ada nggak yah update peta lewat kompi dgn cara akses langsung ke file dalam SDcard?

Re: Review... Toyota Nav1 2013 V

Posted: Sun Jun 14, 2015 1:35
by touchme
Sory br online lg..

Thank u om cakopiq masukannya. Bener banget ini ganjel ban dgn conblock sgt risky... Lebih aman kt menggunakan doangkrak dan jackstand dgn benar.

sy numpang ijin share video utub yg jadi pencerahan sy ketika frustrasi ga nemu lokasi filter oli. Mobil dlm video ini sbtulnya corolla versi 1.8 dgn 2zrfe engine...cmiiw. Yg pasti scara tampilan mesin ini sama dgn nav. Monggo dibuffer om" skalian http://youtu.be/xvsbO0QeimU semoga bs berguna

Re: Review... Toyota Nav1 2013 V

Posted: Sun Jun 14, 2015 5:17
by ALX7
touchme wrote:Betul om alx gc depan mobil ini agak rendah. Krn sy males ngedongkrak..hehe..sy pake conblock yang dijejer 2, lalu ban depan kanan sy naikkan keatasnya. Dgn gini cukup ruang utk ngolong.

Kalau filter oli di dtmf sdh sy lihat barang sama dgn beres punya om. Nanti sy carikan fotonya. Sory ms newbie Lg bljr cara post foto..hehe

Kalau coolbox tidak ada krn unit sy masih model prefacelift. Beda dgn v hanya dikacafilm vkool keliling sj. Tp mnrt sy vkool yang di windshieldnya ini tdk bagus tolak panasnya om. kulit masih terasa trsengat panas matahari kalau nyetir siang bolong. tidak jauh berbeda seperti tidak pakai kcfilm
Aha, setelah penasaran akhir nya saya ngolong lagi, ternyata terlihat filter oli yg dimaksud, mungkin krn bentuk nya beda dgn filter oli pada umumnya sehingga saya ga ngeh klo itulah filter olinya... :mky_01:
utk membuka nya harus pake model mangkok soalnya pendek dan ukuran yang dipakai sama spt utk buka ukuran filter oli avanza, ukuran 64mm.
Filter udara sama spt yaris..? berarti bisa nyari versi aftermarket racing macam K&N utk menambah performa :big_smoking:
gautama96 wrote:Hmmmm
jadi tambah tertarjk sama nav 1
kira kira bakalan ada disc gede lagi ngak ya

"berharap*
Spt nya ga ada, tampaknya dari TAM juga ga terlalu antusias jual mobil ini, bahkan klo pameran2 aja saya ga pernah lihat ini mobil dipamer...
paling nyari 'janda muda' nya klo benar2 berminat, tp jangan lupa test drive sebelum memutuskan :big_grin:
CakOpiq wrote: Ttg GPS: ada nggak yah update peta lewat kompi dgn cara akses langsung ke file dalam SDcard?
Nah itu juga yg mau saya tanyakan, cara update map GPS nya, nanya ke Astra2000 ga ada yg bisa jawab memuaskan, cuma bisa bilang UDS :mky_06:

Re: Review... Toyota Nav1 2013 V

Posted: Sun Jun 21, 2015 5:33
by cannonball
Salam kenal semuanya.
Baca ulasannya disini jadi tertarik boyong mobil ini, apalagi momennya pas mau nambah lagi anggota keluarga. Tapi susahnya, ini mobil jarang banget dipajang jadi penilaian masih sebatas baca-baca review pengguna. Kalo ada yang udah pake yang keluaran 2015 boleh sharing infonya dong:

1. Emang bener sliding doornya ngga ada sensor pengaman biar ngga kejepit? Pernah nanya di pameran di mal katanya ngga ada...duh, bahaya banget terutama buat yang punya anak kecil. Tapi masih ngga yakin sama jawabannya sih, pas nanya itu unitnya juga ngga ada yang dipajang.
2. Mobil ini ada kamera parkirnya ngga ya?

Re: Review... Toyota Nav1 2013 V

Posted: Sun Jun 21, 2015 11:20
by nugroho bagor
NAV 1 next facelift tinggiin groun clearence aja sudah perfect :ungg: :drinking:

Re: Review... Toyota Nav1 2013 V

Posted: Mon Jun 22, 2015 2:49
by ALX7
cannonball wrote:Salam kenal semuanya.
Baca ulasannya disini jadi tertarik boyong mobil ini, apalagi momennya pas mau nambah lagi anggota keluarga. Tapi susahnya, ini mobil jarang banget dipajang jadi penilaian masih sebatas baca-baca review pengguna. Kalo ada yang udah pake yang keluaran 2015 boleh sharing infonya dong:

1. Emang bener sliding doornya ngga ada sensor pengaman biar ngga kejepit? Pernah nanya di pameran di mal katanya ngga ada...duh, bahaya banget terutama buat yang punya anak kecil. Tapi masih ngga yakin sama jawabannya sih, pas nanya itu unitnya juga ngga ada yang dipajang.
2. Mobil ini ada kamera parkirnya ngga ya?
Coba jawab yah..
1. utk sliding door itu ga akan nutup bener2 sampe ngunci klo emang ada yg menghalangi, pernah saya test tempelin tangan saya, pintu akan balik membuka apabila dirasa ada benda yg menghalangi.. sakit..? diujung pintu ada karet yg berfungsi utk meredam suara dan menghindari besi pintu vs besi body, jd klo kejepit pun ga akan fatal, paling agak kaget aja..
oh ya kedua pintu bisa diatur apakah second row bisa membuka dari dalam ato hanya bisa diatur oleh driver yg membuka, klo saya sisi sebelah kanan penumpang saya non-aktifkan utk bisa dibuka dari dalam krn itu emang posisi duduk anak saya..

2. kamera belakang ada, dilengkapi sensor 4 sudut..
nugroho bagor wrote:NAV 1 next facelift tinggiin groun clearence aja sudah perfect :ungg: :drinking:
Setuju... :big_okay:

Re: Review... Toyota Nav1 2013 V

Posted: Mon Jun 22, 2015 5:12
by cannonball
ALX7 wrote: Coba jawab yah..
1. utk sliding door itu ga akan nutup bener2 sampe ngunci klo emang ada yg menghalangi, pernah saya test tempelin tangan saya, pintu akan balik membuka apabila dirasa ada benda yg menghalangi.. sakit..? diujung pintu ada karet yg berfungsi utk meredam suara dan menghindari besi pintu vs besi body, jd klo kejepit pun ga akan fatal, paling agak kaget aja..
oh ya kedua pintu bisa diatur apakah second row bisa membuka dari dalam ato hanya bisa diatur oleh driver yg membuka, klo saya sisi sebelah kanan penumpang saya non-aktifkan utk bisa dibuka dari dalam krn itu emang posisi duduk anak saya..

2. kamera belakang ada, dilengkapi sensor 4 sudut..
Oo gitu, payah juga nih, ngga tau toyotanya yang ngga niat jualan nav1 atau salesnya yang males belajar. Makasih infonya om, berguna banget, tapi masih ngebandingin sama serena. Pernah liat serena di pameran tapi rada ngga sreg sama kualitas bahan doortrim & joknya.

Re: Review... Toyota Nav1 2013 V

Posted: Sun Jul 19, 2015 13:17
by ibar78
beda nav1 sama noah aka voxy apa ya.


Sent from my iPhone using Tapatalk

Re: Review... Toyota Nav1 2013 V

Posted: Tue Jul 28, 2015 5:43
by CakOpiq
Alhamdulillah.. sdh 17rb km di ODO meter.. kemarin mudik pakai full to full dapet 13km/liter..
semua perawatan standard pengguna awam..

Om ibar.. Ane tahunya nav1 vs noah cuman masalah brand.. noah itu brand jepun jd kalo ada disini mestilah CBU.. sedang nav1 itu pasar indonesia, didaftarkan sbg barang lokalan dinegeri kita, dirakitnya juga disini. Nav1 dalam kelengkapan dan taste nya ane rasa juga disesuaikan dgn pasar lokalan sini..
Dibawah ane mungkin akan banyak bantu..

Re: Review... Toyota Nav1 2013 V

Posted: Tue Jul 28, 2015 7:18
by ALX7
td nya saya pikir nav1 dan noah adalah sama persis cuma di rebrand lagi, ternyata...

http://eka-zulkarnain.blogspot.com/2013 ... er-zh.html

klo noah/nav1 dgn voxy itu jelas beda, perbedaannya macam alphard vs vellfire gitu

CMIIW :big_peace:

share ganti oli dan filter

Posted: Tue Dec 22, 2015 8:05
by ALX7
Hai semua, lama ga angkat ini trit, sekalian saya mau share pengalaman ganti oli dan filter si Garage Queen :mky_08:

- About the Engine Oil
Terakhir ganti oli di odo 3000an menggunakan Honda E-pro Gold 0W-20 + additive oil Lupromax di bulan agustus 2014 yg lalu.
Sekarang odo di 9500an, lebih dari setahun ga ganti alasannya karna masih terasa normal2 aja dari segi suara mesin maupun akselerasi... namun memasuki odo 9000an suara mesin udah mulai kasar, akhir nya memutuskan ga mau nunggu sampe 10.000km sesuai rencana saya..

- About the Filter Oil
Nyari Filter oli dgn tipe elemen(kertas) di Muzatek - Sawah besar, mampir ke 5 toko dgn label 'Toyota Genuine Part' cuma 1 yg jual dan itupun ga ready stock, nunggu sekitar 10menit utk ambil barang tanpa tau harga juga (kemungkinan besar ambil ditoko lain yg tidak saya ketahui dgn mark-up sekitar 20% dr harga toko yg diambil). setelah barang datang langsung dikasi harga pembukaan 120rb, nawar2 lagi mentok di 90rb.. akhirnya ga jd beli... :mky_04:
JAdi teringat om touchme yg nyari2 di DTMF dengan harga 100rb juga namun akhirnya beli di BeRes dgn harga 30rb an..
Melipir ke BeRes beli filter oli ini dan dpt harga 71rb, nah loh kok beda harga dgn om touchme..??? :big_think:
Image

- Change the oil filter

Image
filter yg baru dibeli

setelah menemukan posisi yg tepat dan dongkrak terlihat filter oli
Image
membuka filter oli sama dgn ukuran filter oli avanza (sudah pernah dibahas sebelumnya)

Image
setelah filter oli dilepaskan, terlihat elemen yg harus diganti

Image
setelah diganti dengan yg baru

ganti karet lama yg melingkar dengan karet baru dan jangan lupa dilapisi oli..

pasang kembali

Sekian cerita saya kali ini :big_peace:
maaf ga sempet cerita lebih lanjut krn ada kerjaan dadakan.. :mky_01:

Re: Review... Toyota Nav1 2013 V

Posted: Tue Dec 22, 2015 10:06
by VanzMatic
Kelihatannya kok ngga cocok dengan saya yang ngga suka anak anak bermain jalan jalan di dalam mobil ke depan ke belakang saat mobil berjalan. Nguwerrii rasanya. Udah terbiasa pakai mobil yg anak anak langsung pakai seatbelt belakang dan duduk manis.

Sent from my Lenovo S890 using Tapatalk

Re: share ganti oli dan filter

Posted: Tue Dec 22, 2015 12:54
by kunaskun
ALX7 wrote:Hai semua, lama ga angkat ini trit, sekalian saya mau share pengalaman ganti oli dan filter si Garage Queen :mky_08:

- About the Engine Oil
Terakhir ganti oli di odo 3000an menggunakan Honda E-pro Gold 0W-20 + additive oil Lupromax di bulan agustus 2014 yg lalu.
Sekarang odo di 9500an, lebih dari setahun ga ganti alasannya karna masih terasa normal2 aja dari segi suara mesin maupun akselerasi... namun memasuki odo 9000an suara mesin udah mulai kasar, akhir nya memutuskan ga mau nunggu sampe 10.000km sesuai rencana saya..

- About the Filter Oil
Nyari Filter oli dgn tipe elemen(kertas) di Muzatek - Sawah besar, mampir ke 5 toko dgn label 'Toyota Genuine Part' cuma 1 yg jual dan itupun ga ready stock, nunggu sekitar 10menit utk ambil barang tanpa tau harga juga (kemungkinan besar ambil ditoko lain yg tidak saya ketahui dgn mark-up sekitar 20% dr harga toko yg diambil). setelah barang datang langsung dikasi harga pembukaan 120rb, nawar2 lagi mentok di 90rb.. akhirnya ga jd beli... :mky_04:
JAdi teringat om touchme yg nyari2 di DTMF dengan harga 100rb juga namun akhirnya beli di BeRes dgn harga 30rb an..
Melipir ke BeRes beli filter oli ini dan dpt harga 71rb, nah loh kok beda harga dgn om touchme..??? :big_think:
Image

- Change the oil filter

Image
filter yg baru dibeli

setelah menemukan posisi yg tepat dan dongkrak terlihat filter oli
Image
membuka filter oli sama dgn ukuran filter oli avanza (sudah pernah dibahas sebelumnya)

Image
setelah filter oli dilepaskan, terlihat elemen yg harus diganti

Image
setelah diganti dengan yg baru

ganti karet lama yg melingkar dengan karet baru dan jangan lupa dilapisi oli..

pasang kembali

Sekian cerita saya kali ini :big_peace:
maaf ga sempet cerita lebih lanjut krn ada kerjaan dadakan.. :mky_01:
baru tau ada toyota versi ATPM indo yang pake filter oli model ganti element aja? agak2 nyebelin di segi housingnya, kalau rusak karena kebanyakan kena wrench atau oblak karena mekanik dodol ya kalau harga housing ga seberapa ga masalah tapi kalau ratusan ribu lumayan ya :big_blushing:

Re: Review... Toyota Nav1 2013 V

Posted: Wed Dec 23, 2015 3:34
by ALX7
VanzMatic wrote:Kelihatannya kok ngga cocok dengan saya yang ngga suka anak anak bermain jalan jalan di dalam mobil ke depan ke belakang saat mobil berjalan. Nguwerrii rasanya. Udah terbiasa pakai mobil yg anak anak langsung pakai seatbelt belakang dan duduk manis.
betul om, cara ngakali nya ya setel DVD favorit anak... :mky_01:
tp dr sisi lain ada manfaat nya juga, misal penumpang bisa pindah2 posisi duduk klo lagi bosan waktu perjalanan jauh..

klo memungkinkan bisa tukeran jd driver pas berhenti sesaat tanpa harus keluar mobil :mky_03:
kunaskun wrote: baru tau ada toyota versi ATPM indo yang pake filter oli model ganti element aja? agak2 nyebelin di segi housingnya, kalau rusak karena kebanyakan kena wrench atau oblak karena mekanik dodol ya kalau harga housing ga seberapa ga masalah tapi kalau ratusan ribu lumayan ya :big_blushing:
klo housing nya sendiri sih bentuk nya besi padat ga seperti filter oli kalengan pada umumnya yg klo sulit banget buka nya bisa oblak/penyok klo kunci nya ga pas banget...
cara melepas filter oli nya harus pakai model mangkok.
utk harga housing nya sendiri ga sempet tanya di harga berapaan

yg saya tau nav1, altis terbaru dan harier terbaru sama mesin dan sama model filter oli nya

Re: Review... Toyota Nav1 2013 V

Posted: Wed Dec 23, 2015 4:13
by kunaskun
ALX7 wrote: klo housing nya sendiri sih bentuk nya besi padat ga seperti filter oli kalengan pada umumnya yg klo sulit banget buka nya bisa oblak/penyok klo kunci nya ga pas banget...
cara melepas filter oli nya harus pakai model mangkok.
utk harga housing nya sendiri ga sempet tanya di harga berapaan

yg saya tau nav1, altis terbaru dan harier terbaru sama mesin dan sama model filter oli nya
yep, pernah lihat si tapi tetep aja kepikiran ya kalau mekaniknya dodol :mky_01: karena jangankan housing filter assy, baut bleeder gardan aja bisa oblak :big_bored:

Re: Review... Toyota Nav1 2013 V

Posted: Fri Mar 18, 2016 1:32
by yogi_gapura
NAV1 ada sunroof-nya gak ya?


Sent from my iPhone using Tapatalk

Re: Review... Toyota Nav1 2013 V

Posted: Fri Mar 18, 2016 4:24
by Asfur
yogi_gapura wrote:NAV1 ada sunroof-nya gak ya?


Sent from my iPhone using Tapatalk
Ngk ada om.