Perkenankan nubie sotoy ini untuk membuat suatu observasi dari sudut pandang nubie mengenai mobilmonyong... errr... Honda Mobilio.

Berhubung TD hanya bisa dilakukan di lapangan parkir IMSI yang mengenaskan, ane tolak untuk TD nya. Meh... kalo ane ajak Mobilio drift di sana, bisa banyak mobil konsumen yang klaim asuransi.
Baiklah, let's roll...
=========================
Ane ga akan berbuih2 menceritakan Mobilio, ataupun berkomentar mengenai eksteriornya... semua uda khatam sama bentuk mobil ini...
Jadi, ane akan mencoba menyajikan apa yang ane lakukan tadi dalam bentuk naratif...
=========================
Begitu ane bisa mensterilkan Mobilio yang sedang dikerubuti pengunjung mall (bagi pengunjung yang mau protes akibat sterilisasi ane, silahkan protes ke dealer

1. Ane segera duduk di kursi baris kedua, legroom lega meskipun kursi depan cukup mundur untuk mengakomodasi kegantengan ane, tapi belum maksimal mundurnya. Reclining dan bisa disetel maju mundur.
Pandangan cukup baik... sekaligus ane diberikan pemandangan indah dashboard.
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
Dan glove box terkutuk itu masih saja terlihat...



Ane memperhatikan double blowernya, cukup bagus. Hanya saja tuasnya terlihat menggelikan.

Profil kursi tipis, cukup empuk, tapi tidak sebaik R3 GX. Dan begitu ane melipat salah satu kursi dengan mekanisme one-way-tumble nya... terlihat profil kursi yang semakin tipis... mengenaskan.

2. Dashboard... errr... begitulah..., kasar dengan kualitas material yang jelek. Bahkan dalam temaram lampu putih, dash sedikit reflektif.

Dan begitu ane menoleh ke kiri... terlihat Grand Canyon yang begitu indah... dari gap tidak manusiawi di glovebox Mobilio...


Instrumen cluster terlihat bagai stiker yang ditempel... murahan... punya Brio lebih bagus. Dan bahan setir benar2 jelek... lagi2 plastik reflektif.

3. Doortrim full plastik berwarna beige yang bertumbukan dengan warna dashboard...

Dan lagi2 plastik berkualitas rendah digunakan, perhatikan gagang untuk membuka pintu. Mengkilat... bagai plastik mainan anak2.

4. Baris ketiga... entah apa maksud Honda meletakkan speaker dalam posisi demikian. Memang ane menyadari, ada beberapa mobil Honda dengan setting speaker pada posisi demikian: Honda CRZ! Tapi ini Mobilio... bukan CRZ...

Leg room terlihat cukup luas hingga ane iseng memotret penampang kursi baris ketiga dari atas...


5. Door seal menyedihkan, karet keras dengan tekstur kasar ala mobil niaga *jadi ingat panther PU punya bokap jaman jebot dulu...*





6. Bagasi luas... untungnya menggunakan karet balon yang empuk sebagai door sealnya.

7. Enjin bay, berisi mesin bukannya menyan... yang ditutup cover plastik.

Dan posisi alternator cukup tinggi, sejajar dengan grill, taksiran ane, melihat dari betis sekseh para sales konter, sekitar 450-500mm.

Finishing menyedihkan. tidak ada peredam di kap mesin ataupun firewall, dan gap ditutup dengan sealant, bukannya di weld atau di las. Dan pengerjaan sealant nya asal2an.


Radiator terlihat tipis dengan ketebalan penampang sekitar 22-30mm.
Dan konfirm, mesin bukan L15A7 serie, tapi pakai L15Z1 serie....

Antara kita yang dikadalin Honda atau memang kita pada berharap tinggi dapat mesin yang 100% identik dengan Jazz-City-Iprit di Mobilio.

Ane berusaha mencari data mesin ini, tapi belum menemukannya...

8. Driving position cukup rendah, posisi setir nyaman. Kursi terasa empuk, tapi ane iseng menekan sela2 kursi. Busyet! Benar kata moot droid, lgs terasa penopang logam kursi tersebut.

Pedal kopling mirip karakter Brio, empuk saat ditekan dan waktu dilepas kaki kiri perlu menahan... tinggal setting labrang nya saja beres.
Transmisi manualnya juga mirip Brio, jarak antar posisi pendek, memudahkan untuk short throw gear layaknya touring racer.

Kekedapan kabin nol besar saat ane menutup pintu. Bagaikan tidak pakai peredam sama sekali, bahkan seakan2 kaca jendela pengemudi dibuka lebar.

Mekanisme striker pintu saat membuka dan menutup terdengar kasar.
============================
Demikian laporan dari ane... dan semua yang ne tulis adalah murni dari sudut pandang ane. *waktunya ane mempertimbangkan karir baru sebagai kritikus otomotif...*

Monggo di update dan di diskusikan tentang pendapat Mobilio di marih... khusus nya bagi yang sudah TD meski tidak indepth...
Dan harap untuk tetap berkepala dingin... trit ini potensial jadi trit panas.
*ane belum TD ini mobil...*

PS: Ane edit judul trit, seharusnya Mobilio E MT, bukan S MT.
