Review Suzuki SX4 1.5 A/T 2011

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
stevenanthony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 548
Joined: Sat Feb 01, 2014 15:04

Re: Review Suzuki SX4 1.5 A/T 2011

Post by stevenanthony »

ChZ wrote:hohoho... thankyou bro ola :mky_02:

this car is surprisingly great.... all-rounder, dan ane nggak ragu ketika keluar dari siwalankerto menuju ke kutisari banjir... :mky_03:

"here we go" :big_smoking: dimana jazz dan HB lain ngerem pelan pelan, ane tanpa ngerem di jalanan terkutuk itu :mky_03:

"this is the real game!" :big_smoking:

update :

top speed record 160 kph @ Juanda Airport Highway, 3 person(include driver) + cargo.

City fuel cons avg : 8,5 km/l Premium/V-Power... :big_slap: sama aja dapetnya
ngebut segitu fuel cons nya masih segitu bro... :mky_02:
pake hando jess keliling kota macet2 an sama jalan biasa di jakarta segituan juga :big_childish:
2015 Honda HR-V E CVT
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Review Suzuki SX4 1.5 A/T 2011

Post by arfs »

saya punya yg RC1 a/t tahun 2011, km skrg udah 47rb km.
Image
Mobil ini sebetulnya enak, sayang drivetrain nya udah under power ditambah transmisi a/t nya rada "dodol" (dari baru) :frm_bang_head:
Terutama naik gigi dari 2 ke 3 di sekitar kecepatan 40 km/h & 3 ke 4 di sekitar kecepatan 65 km/h an keatas,
perlu pedal gas diangkat dikit baru mau pindah. *bikin frustasi mau eco drive tp transmisi nya gk mendukung :e-snooty:
*punya om chz gini juga gak karakter a/t nya?
Mungkin ini salah saya pas dulu beli, test drive unit nya cuman ada yg manual. tidak menyangka sama sekali kalau matic nya "dodol" seperti ini :off_no: .

Sebagai catatan, ac sx4 saya pernah mati (kompressor ny gk jalan), namum untung ternyata cuman relay ny doang yg putus (ganti DC 50rb)
Terus juga dulu pas macet2 an ac nya tidak dingin + mesin getar. Untung ternyata gara2 throttle body yg kotor. setelah itu normal.
oiya btw salah satu engine mounting nya sudah diganti (lupa yg mana) sama dudukan shock breaker depan kanan (kalo jalan dari diem ada bunyi "dok" dulu.

dan yg tidak kalah penting nya ada claim steering rack nya. dimana pas saya claim ke suzuki gading serpong nya sebenarnya sudah lewat masa garansi nya, tapi tetap diajukan. konon kalau beli sendiri harganya bisa mencapai 12 jt. :off_good_job: Suzuki
Oiya, di steering rack (showa-merk nya) barunya juga udah dapat tie rod baru yg sudah melekat jadi satu :e-dance:

sekitar 3 bulanan yg lalu bohlam hid d2s koito OEM-nya yg kanan mati, saya ganti dengan merk gk jelas "Super Vision" 6000K yg memang juga kurang jelas sinar cahaya nya pas malam hari :e-wall: untung harga nya cuman 200rb an.

Tetapi dari semua kekurangan nya saya puas dengan handling nya. walau semi suv dan semi hatchback namun body roll nya masih dapat ditorelansi.
Untuk nikung juga lumayan, mungkin ini berkat yg versi rc1 dapet ban jembatan batu turanza gr-90.

Ukuran bagasi nya juga gede.

Sekian review sx4 a/t rc1 saya.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
yeodi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 333
Joined: Tue Jul 30, 2013 8:15
Daily Vehicle: Accord_cp2

Re: Review Suzuki SX4 1.5 A/T 2011

Post by yeodi »

Saya jg punya sx4 2008.. Mobil perang sehari2.. Mobil ini enak di bawa nyetir.. Kalau ngebut stabil, jd ga ragu2...

Odo udah 98rb, isi shell super sejak carbon clean (lupa pas kapan tp sekitAr 2 taon lalu), tarikan jd enak banget.. Bantingan keras tp driving nya jd mantap.. Pas 60rb pernah iseng gnti air radiator, perawatan cuma oli doang /5000km.. Kemaren extra fan rusak udah jebol ganti kena 1,3an (sering kena di sx4, spupu punya jg jebol), ganti link stabilizer dan bushing bar kena 450rb+150 jasa pasang.. Semua di bengkel biasa doang.. Shock breker depan jg pernah ganti tp lupa kena berapa duit.. Sekarang pake enak2 aja dan cukup wajar ganti ini itu mengingat mobil udah 8 tahun.. Oh iya, mobil ini pdhl jarang servis di beres, soalnya ane menganggap cukup ganti oli aja..hehe

Utk foto, ane ga ada, ga pernah foto mobil sendiri..hahahahaa..

Oh kurangnya, ya bantingan keras sih, sama lampu headlamp ane berasa ga gitu terang tp udah ganti osram nightbreaker, mendingan jadinya..hehe

Sekian....
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15527
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Suzuki SX4 1.5 A/T 2011

Post by ChZ »

arfs wrote:saya punya yg RC1 a/t tahun 2011, km skrg udah 47rb km.
Mobil ini sebetulnya enak, sayang drivetrain nya udah under power ditambah transmisi a/t nya rada "dodol" (dari baru) :frm_bang_head:
Terutama naik gigi dari 2 ke 3 di sekitar kecepatan 40 km/h & 3 ke 4 di sekitar kecepatan 65 km/h an keatas,
perlu pedal gas diangkat dikit baru mau pindah. *bikin frustasi mau eco drive tp transmisi nya gk mendukung :e-snooty:
*punya om chz gini juga gak karakter a/t nya?
Mungkin ini salah saya pas dulu beli, test drive unit nya cuman ada yg manual. tidak menyangka sama sekali kalau matic nya "dodol" seperti ini :off_no: .

Sebagai catatan, ac sx4 saya pernah mati (kompressor ny gk jalan), namum untung ternyata cuman relay ny doang yg putus (ganti DC 50rb)
Terus juga dulu pas macet2 an ac nya tidak dingin + mesin getar. Untung ternyata gara2 throttle body yg kotor. setelah itu normal.
oiya btw salah satu engine mounting nya sudah diganti (lupa yg mana) sama dudukan shock breaker depan kanan (kalo jalan dari diem ada bunyi "dok" dulu.

dan yg tidak kalah penting nya ada claim steering rack nya. dimana pas saya claim ke suzuki gading serpong nya sebenarnya sudah lewat masa garansi nya, tapi tetap diajukan. konon kalau beli sendiri harganya bisa mencapai 12 jt. :off_good_job: Suzuki
Oiya, di steering rack (showa-merk nya) barunya juga udah dapat tie rod baru yg sudah melekat jadi satu :e-dance:

sekitar 3 bulanan yg lalu bohlam hid d2s koito OEM-nya yg kanan mati, saya ganti dengan merk gk jelas "Super Vision" 6000K yg memang juga kurang jelas sinar cahaya nya pas malam hari :e-wall: untung harga nya cuman 200rb an.

Tetapi dari semua kekurangan nya saya puas dengan handling nya. walau semi suv dan semi hatchback namun body roll nya masih dapat ditorelansi.
Untuk nikung juga lumayan, mungkin ini berkat yg versi rc1 dapet ban jembatan batu turanza gr-90.

Ukuran bagasi nya juga gede.

Sekian review sx4 a/t rc1 saya.
Hola om... Yup punya saya jg gitu. Transmisinya males pindah :e-wall: beda sama transmisi Yaris yang rajin pindah.

Tapi di luar kota justru malah enakan transmisi yang males pindah, kalo nyalip gak perlu gas dalem dalem biar downshift wkwkwkwk... Saya frustasi naik Yaris ke luar kota, mau nyalip kok harus gas dalem dalem dulu.

yeodi wrote:Saya jg punya sx4 2008.. Mobil perang sehari2.. Mobil ini enak di bawa nyetir.. Kalau ngebut stabil, jd ga ragu2...

Odo udah 98rb, isi shell super sejak carbon clean (lupa pas kapan tp sekitAr 2 taon lalu), tarikan jd enak banget.. Bantingan keras tp driving nya jd mantap.. Pas 60rb pernah iseng gnti air radiator, perawatan cuma oli doang /5000km.. Kemaren extra fan rusak udah jebol ganti kena 1,3an (sering kena di sx4, spupu punya jg jebol), ganti link stabilizer dan bushing bar kena 450rb+150 jasa pasang.. Semua di bengkel biasa doang.. Shock breker depan jg pernah ganti tp lupa kena berapa duit.. Sekarang pake enak2 aja dan cukup wajar ganti ini itu mengingat mobil udah 8 tahun.. Oh iya, mobil ini pdhl jarang servis di beres, soalnya ane menganggap cukup ganti oli aja..hehe

Utk foto, ane ga ada, ga pernah foto mobil sendiri..hahahahaa..

Oh kurangnya, ya bantingan keras sih, sama lampu headlamp ane berasa ga gitu terang tp udah ganti osram nightbreaker, mendingan jadinya..hehe

Sekian....
Saya denger fan nya suka leleh, apa gejalanya gitu juga? Punya saya si belom kena.

Bener om, jangan di BeRes... nyesel saya di BeRes wkwkwkwkwk.... Mahal bgt... bisa beda 20% sama harga luaran.

SX4 gak ada perlunya servis di BeRes S kok... saya aja kerjain sendiri.

BTW, Punya saya yang di review ini sudah total loss dan dijual... Sekarang (ya dari 2014 kemaren) ganti SX4 2010 AT.... Taunnya lebih lawas, odonya lebih banyak, bodinya lebih berantakan, tapi ntah kenapa mesinnya lebih memuaskan :big_biglaugh:

Sudah pasang dastek unichip Q+ dan filter udara apex plus ganti muffler blakang biar ada suaranya *ricer* hahahaha

Fuel cons nya sanggup 9.7 km/l terakhir ngukur.

Trakhir ganti pads depan ori 850ribu beli di kedungdoro... shock kayaba excel-g 1.5juta sepasang beli di kedungdoro juga. Shock belakang nya yang sebelah kanan mampus beneran... diteken nyaris gak mbalik lagi :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
yeodi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 333
Joined: Tue Jul 30, 2013 8:15
Daily Vehicle: Accord_cp2

Re: Review Suzuki SX4 1.5 A/T 2011

Post by yeodi »

Betul om chz.. Meleleh om fan nya.. Itu motor kipas yg di tengah jatoh ke bawah.. Sisa baling baling doang...zzzzzzzz

Betul om.. Beres nya ga jelas ngapain, mending ke bengkel biasa aja.. Toh mobil nya badak..wkwk
Lebih berantakan gmn om bodinya? Hrusnya kan keluaran lebih baru malah makin oke..hahahaa

Mobil ane sih di mid 10,3km/l, asli dulu pernah 9,1km/l tp pas pake premium dan udah 4taon lalu..hahaha.. Lom pernah ukur beneran lg sih, males jd liat mid di tengah aja..hahahaa

Ane shock jg ganti kyb om.. Lebih murah, toh jg sama sama aja..hahahaa

Om chz, kalo mobil ini mau ganti, rekomen apa ya om? Secara mobil ini kan nyetir nya enak, Kaki kaki jg kuat, bantingan cukup oke walopun terkadang terasa keras sama mesinnya tarikan bawah rada lemot.. Kira2 paling oke ganti apa ya? Pgen yg macem gini juga tp butuh yg lebih gede..hehe.. Tadinya mau hrv tp cvt nya lemot katanya + isu isu QC nya jelek..hmm .. Tolong pencerahan om..hehe
yeodi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 333
Joined: Tue Jul 30, 2013 8:15
Daily Vehicle: Accord_cp2

Re: Review Suzuki SX4 1.5 A/T 2011

Post by yeodi »

Oh ya om ketinggalan, kepikiran vw golf jg, tapi mahal..wkwkw.. Mgkn vw golf karakternya macem gini juga kali ya..hmm
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Review Suzuki SX4 1.5 A/T 2011

Post by arfs »

@Chz Waduh koq bisa sampe total loss sx4 ny yg 2011? nabrak om?

Saya juga semenjak garansi habis kgk mau service ke beres lagi.

BTW saya nemu service manual book nya untuk SX4 1.5L sama 1.6L (RHD&LHD):
http://www.kiefen.com/audiopudding/SX4/docs/RW420.pdf
Lumayan kalau ada masalah bisa cari troubleshoot nya sendiri :big_deal:
*dibagian Automatic Gear Shift Table nya ternyata untuk Mesin M16A ganti gigi upshiftnya di kecepatan yg lebih rendah loh (page 660 - 661)

Kampas rem depan saya juga sudah mau habis.
Kemarin pas belanja onderdil di kemayoran buat truck colt diesel bokap (kebetulan tokonya juga sedia in part suzuki selain mitsubishi),
ditawarin kampas rem Bendix 4wd 300rb, cuman saya tunda dulu. soalnya kalo baca di kuskus setahu saya bendix pakai nya yg general ct saja.
takud nya kalau pake bendix yg diatas general ct bisa bikin disc brake habis walaupun braking power nya bertambah.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
YaS
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: Tue Jan 26, 2016 2:24

Re: Review Suzuki SX4 1.5 A/T 2011

Post by YaS »

ChZ wrote: Trakhir ganti pads depan ori 850ribu beli di kedungdoro... shock kayaba excel-g 1.5juta sepasang beli di kedungdoro juga. Shock belakang nya yang sebelah kanan mampus beneran... diteken nyaris gak mbalik lagi :big_biglaugh:
Om ChZ, untuk neo Baleno berarti recommended juga ganti Kayaba Excel ya?
udah mulai lemah nih shock kanan belakang, agak ngayun di jalan bergelombang.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15527
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Suzuki SX4 1.5 A/T 2011

Post by ChZ »

yeodi wrote:Betul om chz.. Meleleh om fan nya.. Itu motor kipas yg di tengah jatoh ke bawah.. Sisa baling baling doang...zzzzzzzz

Betul om.. Beres nya ga jelas ngapain, mending ke bengkel biasa aja.. Toh mobil nya badak..wkwk
Lebih berantakan gmn om bodinya? Hrusnya kan keluaran lebih baru malah makin oke..hahahaa

Mobil ane sih di mid 10,3km/l, asli dulu pernah 9,1km/l tp pas pake premium dan udah 4taon lalu..hahaha.. Lom pernah ukur beneran lg sih, males jd liat mid di tengah aja..hahahaa

Ane shock jg ganti kyb om.. Lebih murah, toh jg sama sama aja..hahahaa

Om chz, kalo mobil ini mau ganti, rekomen apa ya om? Secara mobil ini kan nyetir nya enak, Kaki kaki jg kuat, bantingan cukup oke walopun terkadang terasa keras sama mesinnya tarikan bawah rada lemot.. Kira2 paling oke ganti apa ya? Pgen yg macem gini juga tp butuh yg lebih gede..hehe.. Tadinya mau hrv tp cvt nya lemot katanya + isu isu QC nya jelek..hmm .. Tolong pencerahan om..hehe
Ahh sindrom yang sering didapat di SX4 taun lawas... mostly pre-facelift model. Saya gabung di grup FBnya SXCI memang ini penyakit bawaan dan pernah baca juga, ada yang diganti non-ori karena bahannya lebih bagus.

Mobil biasa begini nggak perlu beres buat maintain sih hahahaha... Sebetulnya BeRes kan alternatif kepepet aja kalo sperpartnya g nemu di toko onderdil

Lebih jelek karena lebih banyak baret dan bemper depannya juga udah amburadul hahaha... dudukan yang sebelah kanan pecah.

Orijinel nya mobil ini memang kyb japan tapi ntah seri yang mana... Bukan excel-G setau saya karena karakternya beda sekali.

Mau diganti yang lebih gede? Kalo nyari crossover kecil sekarang kan banyak pilihan om... ada HRV, OS, Juke, Trax, BRV... Kalo ragu dengan HRV, OS boleh jadi pilihan. Saya pake OS memuaskan aja koq itu mobil. Irit nya sama kayak SX4, tenaga lebih gede. Mobilnya lebih gede juga.

Tapi mungkin kalau butuh yang lebih gede lagi bisa lirik mobil MPV macem Apansa Mobilio atau Ertiga.
arfs wrote:@Chz Waduh koq bisa sampe total loss sx4 ny yg 2011? nabrak om?

Saya juga semenjak garansi habis kgk mau service ke beres lagi.

BTW saya nemu service manual book nya untuk SX4 1.5L sama 1.6L (RHD&LHD):
http://www.kiefen.com/audiopudding/SX4/docs/RW420.pdf
Lumayan kalau ada masalah bisa cari troubleshoot nya sendiri :big_deal:
*dibagian Automatic Gear Shift Table nya ternyata untuk Mesin M16A ganti gigi upshiftnya di kecepatan yg lebih rendah loh (page 660 - 661)

Kampas rem depan saya juga sudah mau habis.
Kemarin pas belanja onderdil di kemayoran buat truck colt diesel bokap (kebetulan tokonya juga sedia in part suzuki selain mitsubishi),
ditawarin kampas rem Bendix 4wd 300rb, cuman saya tunda dulu. soalnya kalo baca di kuskus setahu saya bendix pakai nya yg general ct saja.
takud nya kalau pake bendix yg diatas general ct bisa bikin disc brake habis walaupun braking power nya bertambah.
Ngehajar beton pembatas tol pertengahan 2014 kemaren, om :e-wall:

Thank u oom sharing nya.

Nurut saya Suzuki mending ambil merek aftermarket saja. Onderdil orijinel nya mahalllll :big_slap:
YanuarS wrote:
Om ChZ, untuk neo Baleno berarti recommended juga ganti Kayaba Excel ya?
udah mulai lemah nih shock kanan belakang, agak ngayun di jalan bergelombang.
Rekomen om... coba dl aja. Seharusnya sama koq :mky_01:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
st4nl3y
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: Mon Apr 09, 2018 13:33

Suzuki SX4 A/T 2008 xcross

Post by st4nl3y »

Halo rekan2 di Forum, saya mau tanya nih.

Saya baru saja meminang SX4 X-Cross Matic 2008 2nd. Waktu transaksi sudah cek semua di Beres dan semua katanya oke.

Nah tapi pas baru aja bawa pulang, ini mobil udah brebet. Dan parahnya waktu pas berhenti dan akan menyebrang di tanjakan agak curam ini mobil ngempos hilang tenaga ga kuat malah sempet gelindir mundur. Dan sempet diulangi di posisi transmisi D, L dan 2 masih tetep sama.

Nah rekan2 disini apa mungkin tahu permasalahan ini? Kira2 apa penyebabnya ya dan gimana solusinya?
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Suzuki SX4 A/T 2008 xcross

Post by arfs »

st4nl3y wrote:Halo rekan2 di Forum, saya mau tanya nih.

Saya baru saja meminang SX4 X-Cross Matic 2008 2nd. Waktu transaksi sudah cek semua di Beres dan semua katanya oke.

Nah tapi pas baru aja bawa pulang, ini mobil udah brebet. Dan parahnya waktu pas berhenti dan akan menyebrang di tanjakan agak curam ini mobil ngempos hilang tenaga ga kuat malah sempet gelindir mundur. Dan sempet diulangi di posisi transmisi D, L dan 2 masih tetep sama.

Nah rekan2 disini apa mungkin tahu permasalahan ini? Kira2 apa penyebabnya ya dan gimana solusinya?
Hmm, brebet yah curiga koil nya bermasalah.

BTW pas angkut km odometer nya ud jalan brp om?
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
st4nl3y
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: Mon Apr 09, 2018 13:33

Re: Suzuki SX4 A/T 2008 xcross

Post by st4nl3y »

arfs wrote:
st4nl3y wrote:Halo rekan2 di Forum, saya mau tanya nih.

Saya baru saja meminang SX4 X-Cross Matic 2008 2nd. Waktu transaksi sudah cek semua di Beres dan semua katanya oke.

Nah tapi pas baru aja bawa pulang, ini mobil udah brebet. Dan parahnya waktu pas berhenti dan akan menyebrang di tanjakan agak curam ini mobil ngempos hilang tenaga ga kuat malah sempet gelindir mundur. Dan sempet diulangi di posisi transmisi D, L dan 2 masih tetep sama.

Nah rekan2 disini apa mungkin tahu permasalahan ini? Kira2 apa penyebabnya ya dan gimana solusinya?
Hmm, brebet yah curiga koil nya bermasalah.

BTW pas angkut km odometer nya ud jalan brp om?
Udah jalan 147rb bro
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5687
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Suzuki SX4 A/T 2008 xcross

Post by sintoni »

st4nl3y wrote: Mon Apr 23, 2018 7:51
arfs wrote:
st4nl3y wrote:Halo rekan2 di Forum, saya mau tanya nih.

Saya baru saja meminang SX4 X-Cross Matic 2008 2nd. Waktu transaksi sudah cek semua di Beres dan semua katanya oke.

Nah tapi pas baru aja bawa pulang, ini mobil udah brebet. Dan parahnya waktu pas berhenti dan akan menyebrang di tanjakan agak curam ini mobil ngempos hilang tenaga ga kuat malah sempet gelindir mundur. Dan sempet diulangi di posisi transmisi D, L dan 2 masih tetep sama.

Nah rekan2 disini apa mungkin tahu permasalahan ini? Kira2 apa penyebabnya ya dan gimana solusinya?
Hmm, brebet yah curiga koil nya bermasalah.

BTW pas angkut km odometer nya ud jalan brp om?
Udah jalan 147rb bro
Masuk akal nih, coilnya mungkin.

Sama coba carbon clean dulu.
st4nl3y
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: Mon Apr 09, 2018 13:33

Re: Suzuki SX4 A/T 2008 xcross

Post by st4nl3y »

sintoni wrote:
st4nl3y wrote: Mon Apr 23, 2018 7:51
arfs wrote: Hmm, brebet yah curiga koil nya bermasalah.

BTW pas angkut km odometer nya ud jalan brp om?
Udah jalan 147rb bro
Masuk akal nih, coilnya mungkin.

Sama coba carbon clean dulu.
Iya bro ini lagi cek di beres.
Oh ya denger dr temen karbonclean itu bisa berbahaya buat mobil ya bos kalau penyedotannya ga sampe bersih. Mau coba jadi takut. Itu karbonclean=gurah mesin kan bos?
efact
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 520
Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11

Re: Suzuki SX4 A/T 2008 xcross

Post by efact »

st4nl3y wrote: Sat Apr 21, 2018 11:43 Halo rekan2 di Forum, saya mau tanya nih.

Saya baru saja meminang SX4 X-Cross Matic 2008 2nd. Waktu transaksi sudah cek semua di Beres dan semua katanya oke.

Nah tapi pas baru aja bawa pulang, ini mobil udah brebet. Dan parahnya waktu pas berhenti dan akan menyebrang di tanjakan agak curam ini mobil ngempos hilang tenaga ga kuat malah sempet gelindir mundur. Dan sempet diulangi di posisi transmisi D, L dan 2 masih tetep sama.

Nah rekan2 disini apa mungkin tahu permasalahan ini? Kira2 apa penyebabnya ya dan gimana solusinya?
semoga hanya masalah fuel pump saja, atau ya bisa juga dari koil / busi..
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Suzuki SX4 A/T 2008 xcross

Post by arfs »

st4nl3y wrote:Iya bro ini lagi cek di beres.
Oh ya denger dr temen karbonclean itu bisa berbahaya buat mobil ya bos kalau penyedotannya ga sampe bersih. Mau coba jadi takut. Itu karbonclean=gurah mesin kan bos?
Gmn om Stanley hasil dr beres nya?
Semoga cepet beres masalah nya yah, biar bisa nikmatin mobil nya yg baru di angkut.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
st4nl3y
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: Mon Apr 09, 2018 13:33

Re: Suzuki SX4 A/T 2008 xcross

Post by st4nl3y »

arfs wrote:
st4nl3y wrote:Iya bro ini lagi cek di beres.
Oh ya denger dr temen karbonclean itu bisa berbahaya buat mobil ya bos kalau penyedotannya ga sampe bersih. Mau coba jadi takut. Itu karbonclean=gurah mesin kan bos?
Gmn om Stanley hasil dr beres nya?
Semoga cepet beres masalah nya yah, biar bisa nikmatin mobil nya yg baru di angkut.
Iya bro, td udah dari beres tapi beres lain lokasi. Trus dicek masalah katanya kabel koil atau apalah namanya kurang kencang.
Tapi sebenernya saya juga masih kurang yakin, masa cuma kabel yg kurang kencang, trus beres yg biasa kesana masa ga ketahuan kabel koilnya.
Tapi setelah dari beres yg saya datangin pagi ini, mobil enak dipakai muter2 seharian juga ga masalah, dan bbm juga ga boros kayak kemarin waktu bermasalah.
Tapi entah, coba lihat beberapa hari ke depan, kambuh lagi ga.
st4nl3y
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: Mon Apr 09, 2018 13:33

Re: Suzuki SX4 A/T 2008 xcross

Post by st4nl3y »

efact wrote:
st4nl3y wrote: Sat Apr 21, 2018 11:43 Halo rekan2 di Forum, saya mau tanya nih.

Saya baru saja meminang SX4 X-Cross Matic 2008 2nd. Waktu transaksi sudah cek semua di Beres dan semua katanya oke.

Nah tapi pas baru aja bawa pulang, ini mobil udah brebet. Dan parahnya waktu pas berhenti dan akan menyebrang di tanjakan agak curam ini mobil ngempos hilang tenaga ga kuat malah sempet gelindir mundur. Dan sempet diulangi di posisi transmisi D, L dan 2 masih tetep sama.

Nah rekan2 disini apa mungkin tahu permasalahan ini? Kira2 apa penyebabnya ya dan gimana solusinya?
semoga hanya masalah fuel pump saja, atau ya bisa juga dari koil / busi..
Thanks buat doanya bos, td terjawab katanya kabel koil kendur atau ga kencang, walau saya masih ragu masa kerusakannya cm kabel koil ga kencang. Maklum saya awam mobil jg, bisanya cm make, hehehe
Sementara mobil diajak muter2 ga ada masalah seharian ini lancar jaya, tapi ga tau besok2 moga2 bener cuma gara2 kabel ya bos.
User avatar
wekweks
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 163
Joined: Sun Jul 08, 2012 14:51
Location: Gresik

Re: Suzuki SX4 A/T 2008 xcross

Post by wekweks »

st4nl3y wrote: Mon Apr 23, 2018 13:48
efact wrote:
st4nl3y wrote: Sat Apr 21, 2018 11:43 Halo rekan2 di Forum, saya mau tanya nih.

Saya baru saja meminang SX4 X-Cross Matic 2008 2nd. Waktu transaksi sudah cek semua di Beres dan semua katanya oke.

Nah tapi pas baru aja bawa pulang, ini mobil udah brebet. Dan parahnya waktu pas berhenti dan akan menyebrang di tanjakan agak curam ini mobil ngempos hilang tenaga ga kuat malah sempet gelindir mundur. Dan sempet diulangi di posisi transmisi D, L dan 2 masih tetep sama.

Nah rekan2 disini apa mungkin tahu permasalahan ini? Kira2 apa penyebabnya ya dan gimana solusinya?
semoga hanya masalah fuel pump saja, atau ya bisa juga dari koil / busi..
Thanks buat doanya bos, td terjawab katanya kabel koil kendur atau ga kencang, walau saya masih ragu masa kerusakannya cm kabel koil ga kencang. Maklum saya awam mobil jg, bisanya cm make, hehehe
Sementara mobil diajak muter2 ga ada masalah seharian ini lancar jaya, tapi ga tau besok2 moga2 bener cuma gara2 kabel ya bos.
Hrsnya seneng boss masalahnya ketemu dan cuman masalah kecil.. Tp sesuai prediksi dari master2 disini kan...

Semoga bener2 solved.. Dan selamat menikmati sx4 nya... :big_deal:
st4nl3y
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: Mon Apr 09, 2018 13:33

Re: Suzuki SX4 A/T 2008 xcross

Post by st4nl3y »

wekweks wrote:
st4nl3y wrote: Mon Apr 23, 2018 13:48
efact wrote: semoga hanya masalah fuel pump saja, atau ya bisa juga dari koil / busi..
Thanks buat doanya bos, td terjawab katanya kabel koil kendur atau ga kencang, walau saya masih ragu masa kerusakannya cm kabel koil ga kencang. Maklum saya awam mobil jg, bisanya cm make, hehehe
Sementara mobil diajak muter2 ga ada masalah seharian ini lancar jaya, tapi ga tau besok2 moga2 bener cuma gara2 kabel ya bos.
Hrsnya seneng boss masalahnya ketemu dan cuman masalah kecil.. Tp sesuai prediksi dari master2 disini kan...

Semoga bener2 solved.. Dan selamat menikmati sx4 nya... :big_deal:
Sip bos, semoga memang bener masalahnya disitu.

Oh ya saya mau tanya lagi nih bro, kalo saya mau balik nama cabut berkas sekarang. Trus untuk masukin berkas pemilik baru ke samsat, apa harus langsung dimasukin segera setelah cabut berkasnya selesai prosesnya ya? Contoh gini selesai cabut berkas bulan ini tapi saya mau masukin berkas baru nama pemilik baru 7 bulan lagi karena pemilik baru sedang ke luar negeri misalnya. Bisa begitu ga bro?

Nanya kedua, kalo masa plat nomer dan pajak masih panjang tapi saya balik nama sekarang apakah masa pajaknya di refresh ikut masa pemilik baru saat balik nama selesai atau tetap ikut masa pajak yang pemilik sebelumnya.

Thanks bos sebelumnya
st4nl3y
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: Mon Apr 09, 2018 13:33

Re: Review Suzuki SX4 1.5 A/T 2011

Post by st4nl3y »

Halo para sx4-er.
Mau tanya saya ada masalah suara gledek2 di arah belakang mungkin roda atau apa kurang tahu, yang pasti arah belakang. Tiap lewat jalan paving atau pulisi tidur selalu ada suara gledek2. Saya jg habis servis besar di beres dan sampaikan keluhan, tapi suara gledek2 belum hilang. Thanks buat yg mau jawab.
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1397
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Review Suzuki SX4 1.5 A/T 2011

Post by iwing »

st4nl3y wrote: Fri Jun 08, 2018 8:53 Halo para sx4-er.
Mau tanya saya ada masalah suara gledek2 di arah belakang mungkin roda atau apa kurang tahu, yang pasti arah belakang. Tiap lewat jalan paving atau pulisi tidur selalu ada suara gledek2. Saya jg habis servis besar di beres dan sampaikan keluhan, tapi suara gledek2 belum hilang. Thanks buat yg mau jawab.
minggu kmrn sx4 saya suara depan ada suara dug dug kalo lewat paving atau jalan jelek. penyakit nya shock kiri mati. akhir nya ganti shock kanan kiri sekalian link stabilizer nya kanan kiri. mungkin shock nya kali om atau cek aja sama tukang kaki2 yang bagus. cek2 aja paling kena 100 ribu. yang penting tahu apa aja yang perlu diganti setelah di cek
bismo16
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 100
Joined: Fri Jan 05, 2018 12:35

Re: Review Suzuki SX4 1.5 A/T 2011

Post by bismo16 »

st4nl3y wrote:Halo para sx4-er.
Mau tanya saya ada masalah suara gledek2 di arah belakang mungkin roda atau apa kurang tahu, yang pasti arah belakang. Tiap lewat jalan paving atau pulisi tidur selalu ada suara gledek2. Saya jg habis servis besar di beres dan sampaikan keluhan, tapi suara gledek2 belum hilang. Thanks buat yg mau jawab.
Bushing aus mungkin
st4nl3y
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: Mon Apr 09, 2018 13:33

Re: Review Suzuki SX4 1.5 A/T 2011

Post by st4nl3y »

iwing wrote:
st4nl3y wrote: Fri Jun 08, 2018 8:53 Halo para sx4-er.
Mau tanya saya ada masalah suara gledek2 di arah belakang mungkin roda atau apa kurang tahu, yang pasti arah belakang. Tiap lewat jalan paving atau pulisi tidur selalu ada suara gledek2. Saya jg habis servis besar di beres dan sampaikan keluhan, tapi suara gledek2 belum hilang. Thanks buat yg mau jawab.
minggu kmrn sx4 saya suara depan ada suara dug dug kalo lewat paving atau jalan jelek. penyakit nya shock kiri mati. akhir nya ganti shock kanan kiri sekalian link stabilizer nya kanan kiri. mungkin shock nya kali om atau cek aja sama tukang kaki2 yang bagus. cek2 aja paling kena 100 ribu. yang penting tahu apa aja yang perlu diganti setelah di cek
Iya thanks pak buat sarannya. Ayah saya bilang itu shock belakang sebelah kanan(kayaknya) udah rusak. Kemarin pas servis besar cek kata beres ga ada masalah padahal sudah cek kaki2. Atau kalau cek kaki2 itu bengkel resmi kurang ahli ya pak? Atau bengkel khusus kaki2..
st4nl3y
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: Mon Apr 09, 2018 13:33

Re: Review Suzuki SX4 1.5 A/T 2011

Post by st4nl3y »

bismo16 wrote:
st4nl3y wrote:Halo para sx4-er.
Mau tanya saya ada masalah suara gledek2 di arah belakang mungkin roda atau apa kurang tahu, yang pasti arah belakang. Tiap lewat jalan paving atau pulisi tidur selalu ada suara gledek2. Saya jg habis servis besar di beres dan sampaikan keluhan, tapi suara gledek2 belum hilang. Thanks buat yg mau jawab.
Bushing aus mungkin
Maksdnya karet stabilizer ya pak? Atau link stabilizer namanya. Thanks buat sarannya pak. Saya di kota semarang sih lagi cari bengkel buat kaki2 yg bagus dimana ya pak?