Review Fortuner VNT modif 270 Hp / 580 Nm + HB DT-1 shock

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

reinhard_harley
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 190
Joined: Tue Jul 10, 2007 8:43

Re: Review Fortuner VNT modif 270 Hp / 580 Nm + HB DT-1 shoc

Post by reinhard_harley »

htannis wrote:
Turboman wrote:Buat stop n go enakan 42ner, utk High speed si Dakar lebih laju, Top speed menang Dakar (5 speed matic)

Utk modif ringan si Dakar lebih ekonomis, pakai ECU Shop Cube yg under 4 jt aja udah bisa masuk 220 Hp

Cuman kalo ane pribadi misal punya Dakar en modif, ane sih gak mau kalo sampe mesti stroke up pompa injeksi, cukup naikkan sejauh komponen2 mesin masih std aja, bandwidth perlebar dengan exhaust custom aja dr DP sampe buntut.

Dakar kalau mau naek di atas 220 Hp konon mesti "ganjal" PRV nya.
gak pake ganjal2an kalau pake dastek doang bisa 250HP/550NM.
untuk modif ringan beda2 tipis lah kalau ngomong tenaga, emang diesel mentok nya di modif ringan mah segitu2 aja
weleh..weleh..newbie jadi makin bingung..mana yg bener seh neh... :big_think:
klo gitu klo balik keresale value deh, mana yg lbh kuat om?
dan klo pd modif piggy gitu cukup seharian aja kan ya om?
klo fortuner rata2 pd pasang dastek di sigma dan PJS di rev ya om?
ane pribadi seh suka fortuner krn automatic ac nya, sdh digital keren aja dan nyaman.fortuner hiks..hiks..interiornya hambar, ketolong ac digital doank.
klo PJS suka paddle shift dan sunroof dan 5 speed maticnya. tp gak suak masih pake tombol ac puter , kerasa jadul.

nah ane mau tau neh om turbo dan om htannis yg tosi bawahnya sdh mulai kick in dr rpm rendah yg mana ya?
karena ini pengganti mobil cherokee ane, yg baru laku neh.
pgn tetep dpt sense driving kaya cherokee atau mendekati lah..maaf klo terlalu jauh impiannya.
klodi forum KFOC blg vnt pake dastek sdh sangat mendekati dan bikin badan nempel dijok.

ane nanya disini krn disini forumnya lbh bebas dan lbh dewasa kaynya dan gak fanboy bgt..he..he..peace om. :big_peace:
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Review Fortuner VNT modif 270 Hp / 580 Nm + HB DT-1 shoc

Post by htannis »

reinhard_harley wrote:
htannis wrote:
Turboman wrote:Buat stop n go enakan 42ner, utk High speed si Dakar lebih laju, Top speed menang Dakar (5 speed matic)

Utk modif ringan si Dakar lebih ekonomis, pakai ECU Shop Cube yg under 4 jt aja udah bisa masuk 220 Hp

Cuman kalo ane pribadi misal punya Dakar en modif, ane sih gak mau kalo sampe mesti stroke up pompa injeksi, cukup naikkan sejauh komponen2 mesin masih std aja, bandwidth perlebar dengan exhaust custom aja dr DP sampe buntut.

Dakar kalau mau naek di atas 220 Hp konon mesti "ganjal" PRV nya.
gak pake ganjal2an kalau pake dastek doang bisa 250HP/550NM.
untuk modif ringan beda2 tipis lah kalau ngomong tenaga, emang diesel mentok nya di modif ringan mah segitu2 aja
weleh..weleh..newbie jadi makin bingung..mana yg bener seh neh... :big_think:
klo gitu klo balik keresale value deh, mana yg lbh kuat om?
dan klo pd modif piggy gitu cukup seharian aja kan ya om?
klo fortuner rata2 pd pasang dastek di sigma dan PJS di rev ya om?
ane pribadi seh suka fortuner krn automatic ac nya, sdh digital keren aja dan nyaman.fortuner hiks..hiks..interiornya hambar, ketolong ac digital doank.
klo PJS suka paddle shift dan sunroof dan 5 speed maticnya. tp gak suak masih pake tombol ac puter , kerasa jadul.

nah ane mau tau neh om turbo dan om htannis yg tosi bawahnya sdh mulai kick in dr rpm rendah yg mana ya?
karena ini pengganti mobil cherokee ane, yg baru laku neh.
pgn tetep dpt sense driving kaya cherokee atau mendekati lah..maaf klo terlalu jauh impiannya.
klodi forum KFOC blg vnt pake dastek sdh sangat mendekati dan bikin badan nempel dijok.

ane nanya disini krn disini forumnya lbh bebas dan lbh dewasa kaynya dan gak fanboy bgt..he..he..peace om. :big_peace:
iya makanya di testdrive aja sukanya apa, kan yg satu antara yg lain beda2 om. kalau modif juga sama, sukanya sama tuner yg mana, kalau ane sih ke rev soalnya yg punya dulu temen kuliah di oz dan tuning bareng dulu waktu kuliah DIY mlulu. untuk rpm bawah sih enak D4D daripada DI-D, tapi kalau high speed sih enak dakar powernya pas ganti gear gak lost power karena 5 speed, kalau D4D agak panjang tiap gear nya, pas ganti gear berasa banget power lost nya, kecuali kalau dah di upgrade pake trans-go yg cepat nge lock lagi yah. Dan untuk transmisi emang D4D bawahnya lebih nyentak, kalau Di-D konon ada proteksinya pas kick down, makanya agak lambat startnya. Dua2 nya seperti yg saya bilang sih beda2 tipis lah untuk tarikan baik kondisi std atau kondisi modif, yg significant yah beda seru nya pake paddleshift dan nge drift pake suv kalau beli dakar. resale value juga beda2 tipis, kedua type itu sekarang discountnya juga gede kok
Last edited by htannis on Tue Dec 17, 2013 9:25, edited 1 time in total.
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Review Fortuner VNT modif 270 Hp / 580 Nm + HB DT-1 shoc

Post by htannis »

Turboman wrote:
htannis wrote: paddleshift rusak? switch inhibitor rusak? ane malah gak pernah denger tuh, kalau rack steer sih emg sering rusak cuman rata2 kalau dah cukup berumur, bukan mobil baru. Ane punya gak ada masalah sama sekali udah pake 2 tahun, pernah ball joint patah itu gara2 psg ultra racing punya stabilizer depan, pasangnya kebalik kiri kanan, terus shock kanan bocor. Kalau mau dibilang trouble sapa bilang fortuner/innova/hi-lux yg udah modif extreem gak ada trouble? ada juga kok, tergantung perlakuan yg punyanya dan gaya nyetirnya :wkkk: buat harian yah tergantung orang, kalau ane sih asli daripada fortuner vnt lebih baik innova psg dastek dan intercooler cukup 200HP/400NM. Sama tergantung juga ente mau nyetir mobil yg "polos"? baca : membosankan, atau mau dengan harga yg hampir sama beli mobil dengan sunroof, mainin paddleshift, ngerasain drift dengan suv soalnya ada lsd di gardan belakang meskipun yg type 4*2, terus rem udah abs 4 channel dan discbrake belakang. Ane dulu pemakai fortuner D4D a/t 2010 yg sudah dimodif jadi 200HP/470NM, been there... and done because its so boring meskipun baru pake setahun, kalau dakar udah pake 2 tahun aja masih tetap nikmat :big_peace:

*bukan sales mobil
Harusnya KTB catat tulisan di atas dan jadi panduan buat para sales
:big_biglaugh:
boleh juga ane dibbayar jadi pembicara buat training para sales dakar yah, dijamin tiap bulan kalahin penjualan fortuner :big_smoking:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Review Fortuner VNT modif 270 Hp / 580 Nm + HB DT-1 shoc

Post by Turboman »

reinhard_harley wrote: nah ane mau tau neh om turbo dan om htannis yg tosi bawahnya sdh mulai kick in dr rpm rendah yg mana ya?
karena ini pengganti mobil cherokee ane, yg baru laku neh.
pgn tetep dpt sense driving kaya cherokee atau mendekati lah..maaf klo terlalu jauh impiannya.
Kalo buat stop n go enakan si 42ner.....terutama response time dari diam ke 20 km/jam, walau kalo above 30 si Dakar bener2 ngacir

Kalo buat handling 2 2 nya tersedia upgrade package nya spt Shock arbsorber Heavy Duty / chassis tuning bar (UB / RSB / CB).....jadi no worries
reinhard_harley
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 190
Joined: Tue Jul 10, 2007 8:43

Re: Review Fortuner VNT modif 270 Hp / 580 Nm + HB DT-1 shoc

Post by reinhard_harley »

wah makasih banyak ya om htannis dan om turbo atas penjelasannya. klo test drive seh baru fortuner VNT standard doank, tp ya gitu deh, gak spt yg digembar gemborkan. mesti diksh obat kuat dulu kayanya ya. baru enak.
nanti deh coba PJS dakkar.
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Review Fortuner VNT modif 270 Hp / 580 Nm + HB DT-1 shoc

Post by billyd1773dz »

htannis wrote:
iya makanya di testdrive aja sukanya apa, kan yg satu antara yg lain beda2 om. kalau modif juga sama, sukanya sama tuner yg mana, kalau ane sih ke rev soalnya yg punya dulu temen kuliah di oz dan tuning bareng dulu waktu kuliah DIY mlulu. untuk rpm bawah sih enak D4D daripada DI-D, tapi kalau high speed sih enak dakar powernya pas ganti gear gak lost power karena 5 speed, kalau D4D agak panjang tiap gear nya, pas ganti gear berasa banget power lost nya, kecuali kalau dah di upgrade pake trans-go yg cepat nge lock lagi yah. Dan untuk transmisi emang D4D bawahnya lebih nyentak, kalau Di-D konon ada proteksinya pas kick down, makanya agak lambat startnya. Dua2 nya seperti yg saya bilang sih beda2 tipis lah untuk tarikan baik kondisi std atau kondisi modif, yg significant yah beda seru nya pake paddleshift dan nge drift pake suv kalau beli dakar. resale value juga beda2 tipis, kedua type itu sekarang discountnya juga gede kok
trans-go tu apa om? bwat gb a340 y?efeknya kya gmn?

owh fortuner gede diskonnya y... nanya2 hilux pelit2 amet diskonnya......... triton yg gede tu, cuma syang uda lama g d update...

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Review Fortuner VNT modif 270 Hp / 580 Nm + HB DT-1 shoc

Post by Turboman »

billyd1773dz wrote: trans-go tu apa om? bwat gb a340 y?efeknya kya gmn?
Tuning kit buat Matic, shifting lebih cepat, cuman ya resiko-nya kalo jalan santai / pelan pergantian gigi konon terasa kurang smooth

http://www.transgo.com/products.php?cat ... ent_id=149
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Review Fortuner VNT modif 270 Hp / 580 Nm + HB DT-1 shoc

Post by billyd1773dz »

htannis wrote:
paddleshift rusak? switch inhibitor rusak? ane malah gak pernah denger tuh, kalau rack steer sih emg sering rusak cuman rata2 kalau dah cukup berumur, bukan mobil baru. Ane punya gak ada masalah sama sekali udah pake 2 tahun, pernah ball joint patah itu gara2 psg ultra racing punya stabilizer depan, pasangnya kebalik kiri kanan, terus shock kanan bocor. Kalau mau dibilang trouble sapa bilang fortuner/innova/hi-lux yg udah modif extreem gak ada trouble? ada juga kok, tergantung perlakuan yg punyanya dan gaya nyetirnya :wkkk: buat harian yah tergantung orang, kalau ane sih asli daripada fortuner vnt lebih baik innova psg dastek dan intercooler cukup 200HP/400NM. Sama tergantung juga ente mau nyetir mobil yg "polos"? baca : membosankan, atau mau dengan harga yg hampir sama beli mobil dengan sunroof, mainin paddleshift, ngerasain drift dengan suv soalnya ada lsd di gardan belakang meskipun yg type 4*2, terus rem udah abs 4 channel dan discbrake belakang. Ane dulu pemakai fortuner D4D a/t 2010 yg sudah dimodif jadi 200HP/470NM, been there... and done because its so boring meskipun baru pake setahun, kalau dakar udah pake 2 tahun aja masih tetap nikmat :big_peace:

*bukan sales mobil
owh.. PSD steering racknya lemah y? itu yg rusak meski d pke dalkot om *kebanyakan 4x2*? knp bisa gtu y.... klw uda berumur bearti uda lewat garansi benerinnya brp? ummm g ada hubunganya dgn piggy kaki2 sih mestinya y ..



klw bole tw d4d penyakitny <3thn apa aja y?


gw pke ipah dri 09, yg rusak ga wajar clutch aja itu juga langsung k.o setelah upgrade piggy. blm pernah apa2 lagi.

:beer:
Last edited by billyd1773dz on Tue Dec 17, 2013 12:31, edited 1 time in total.
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Review Fortuner VNT modif 270 Hp / 580 Nm + HB DT-1 shoc

Post by billyd1773dz »

Turboman wrote:
billyd1773dz wrote: trans-go tu apa om? bwat gb a340 y?efeknya kya gmn?
Tuning kit buat Matic, shifting lebih cepat, cuman ya resiko-nya kalo jalan santai / pelan pergantian gigi konon terasa kurang smooth

http://www.transgo.com/products.php?cat ... ent_id=149
wowh... baru liat..... :D bisa bwat jeep AW4 juga... mantep.. :D

baca2 dulu... :D





btw ada trik untuk bikin shiftronik di gearbox AW4 XJ, dengan bikin switch di solenoidnya... di Toyota d4d ada yg pernah aplikasiin?

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Review Fortuner VNT modif 270 Hp / 580 Nm + HB DT-1 shoc

Post by billyd1773dz »

http://www.jeepforum.com/forum/f11/aw4- ... up-273048/

gearbox AW4 / A340 aisinnya jeep/toyota punya torque ranting 450lb-ft/610Nm interesting.........
setara 6R80nya ford F150/ranger

d link atas trik2ny bwat bikin shiftronik di AW4/A340, yup shifternya bisa bikin, mw ala paddleshift jg bisa....

trans go d sini uda ada yg masang? kena brp y?d luar sih 99$ aja.

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Review Fortuner VNT modif 270 Hp / 580 Nm + HB DT-1 shoc

Post by htannis »

billyd1773dz wrote:http://www.jeepforum.com/forum/f11/aw4- ... up-273048/

gearbox AW4 / A340 aisinnya jeep/toyota punya torque ranting 450lb-ft/610Nm interesting.........
setara 6R80nya ford F150/ranger

d link atas trik2ny bwat bikin shiftronik di AW4/A340, yup shifternya bisa bikin, mw ala paddleshift jg bisa....

trans go d sini uda ada yg masang? kena brp y?d luar sih 99$ aja.

:beer:
torque rating 610NM? di ipah ane sih 500NM aja udah selip tuh. trans-go sih udah populer skrg, untuk innova kalau yg street performance, sekitar 3 jt-an di luar oli
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Review Fortuner VNT modif 270 Hp / 580 Nm + HB DT-1 shoc

Post by billyd1773dz »

htannis wrote:
billyd1773dz wrote:http://www.jeepforum.com/forum/f11/aw4- ... up-273048/

gearbox AW4 / A340 aisinnya jeep/toyota punya torque ranting 450lb-ft/610Nm interesting.........
setara 6R80nya ford F150/ranger

d link atas trik2ny bwat bikin shiftronik di AW4/A340, yup shifternya bisa bikin, mw ala paddleshift jg bisa....

trans go d sini uda ada yg masang? kena brp y?d luar sih 99$ aja.

:beer:

torque rating 610NM? di ipah ane sih 500NM aja udah selip tuh. trans-go sih udah populer skrg, untuk innova kalau yg street performance, sekitar 3 jt-an di luar oli
d baca dulu om...

yaa gtw d ipah ente sih hehehehe :D bisa jd memang torqueconverter dan valvebodynya specdown dari a340 d SUV besar atw sedan kya supra 1JZ atw lexus sc400 1UZ..... :D

yg pasti memang gb jadul uda dri akhir 80/awal90an.

d XJ biasanya bwat nahan stroker kit 4.9ltr 300hp 500nm diganti valve bodynya toyota supra yg twinturbo.... bwat naiking hydraulic pressure clamping force bwat clutch nya... :D

gtw transgo aplikasinya subtitusi VB tuning atw dri cara lain :D baca2 perlu drill line baru y....

street perfomance tu apa om? 340-HD Reprograme kit atau shift Kit? mahal jg disini.. 3xlipetnya 340-HD 99$,SK340 72$......

http://www.summitracing.com/int/parts/t ... lications/
all in include onkos pasang kli y...

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Review Fortuner VNT modif 270 Hp / 580 Nm + HB DT-1 shoc

Post by Turboman »

Aplaus again for mr billy :
:mky_02: :e-clap: :mky_02: :e-clap: :mky_02:

Utk sharing informasinya

Terlepas soal transmisi merek apa dari mobil apa, kita sangat appreciate segala informasi "dalam" yang hanya diketahui kaum ngulik-ers / oprek-ers.....apapun mobilnya

Dengan ini saya Vote mr Billy utk kandidat momod periode 2014.....karena sumbangsih ilmu yang Priceless

:e-clap: :off_good_job: :e-clap:
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Review Fortuner VNT modif 270 Hp / 580 Nm + HB DT-1 shoc

Post by htannis »

billyd1773dz wrote:
htannis wrote:
billyd1773dz wrote:http://www.jeepforum.com/forum/f11/aw4- ... up-273048/

gearbox AW4 / A340 aisinnya jeep/toyota punya torque ranting 450lb-ft/610Nm interesting.........
setara 6R80nya ford F150/ranger

d link atas trik2ny bwat bikin shiftronik di AW4/A340, yup shifternya bisa bikin, mw ala paddleshift jg bisa....

trans go d sini uda ada yg masang? kena brp y?d luar sih 99$ aja.

:beer:

torque rating 610NM? di ipah ane sih 500NM aja udah selip tuh. trans-go sih udah populer skrg, untuk innova kalau yg street performance, sekitar 3 jt-an di luar oli
d baca dulu om...

yaa gtw d ipah ente sih hehehehe :D bisa jd memang torqueconverter dan valvebodynya specdown dari a340 d SUV besar atw sedan kya supra 1JZ atw lexus sc400 1UZ..... :D

yg pasti memang gb jadul uda dri akhir 80/awal90an.

d XJ biasanya bwat nahan stroker kit 4.9ltr 300hp 500nm diganti valve bodynya toyota supra yg twinturbo.... bwat naiking hydraulic pressure clamping force bwat clutch nya... :D

gtw transgo aplikasinya subtitusi VB tuning atw dri cara lain :D baca2 perlu drill line baru y....

street perfomance tu apa om? 340-HD Reprograme kit atau shift Kit? mahal jg disini.. 3xlipetnya 340-HD 99$,SK340 72$......

http://www.summitracing.com/int/parts/t ... lications/
all in include onkos pasang kli y...

:beer:
saya baca gituan juga kurang ngerti om :mky_01: mantap memang om billy bisa kasih penjelasan gitu. kalau disini sebutnya street performance, lebih halus soalnya, ada lagi yg disebut pro, lebih kasar gantinya dan lebih untuk torsi lebih besar om. kalau di websitenya gak gitu ngerti typenya apa aja
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Review Fortuner VNT modif 270 Hp / 580 Nm + HB DT-1 shoc

Post by billyd1773dz »

Turboman wrote:Aplaus again for mr billy :
:mky_02: :e-clap: :mky_02: :e-clap: :mky_02:

Utk sharing informasinya

Terlepas soal transmisi merek apa dari mobil apa, kita sangat appreciate segala informasi "dalam" yang hanya diketahui kaum ngulik-ers / oprek-ers.....apapun mobilnya

Dengan ini saya Vote mr Billy utk kandidat momod periode 2014.....karena sumbangsih ilmu yang Priceless

:e-clap: :off_good_job: :e-clap:
beuh.... suhu ulik-ers merendah............................... :big_childish: :big_childish: ane cuma nerusin wangsit mbah gugle um... :big_childish: :big_childish:

kan kite sama2 blajar n ngoprek hehehe :D
htannis wrote:
saya baca gituan juga kurang ngerti om :mky_01: mantap memang om billy bisa kasih penjelasan gitu. kalau disini sebutnya street performance, lebih halus soalnya, ada lagi yg disebut pro, lebih kasar gantinya dan lebih untuk torsi lebih besar om. kalau di websitenya gak gitu ngerti typenya apa aja
wah ane g jelasin apa-apa om.............. ane jg g mudeng2 amet..... :big_childish:

bru tw ada trans-go ini juga..... :D menarik bisa bwat XJ juga nih...

memang 4AT kurang seru sih, jarak tiap shift rationy jauh, sensasinya pasti beda dgn 5-6AT. ini jg yg bikin mikir2 klw minang hilux........... apalagi klw shiftnya lazy dan terlalu d comfort side.

liat2 before after d youtube kyanya boljug jg, shifting n kickdown jd cepet sekilas sautan shiftny rada kaya DSG...... cuma panjang2 aja tiap gearny karna 4AT.

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: Review Fortuner VNT modif 270 Hp / 580 Nm + HB DT-1 shoc

Post by g4ndalf »

Turboman wrote:
g4ndalf wrote: Trus utk pengukuran power yg didapat 270hp, itu melalui dyno test atau gimana? Boleh donk dishare hasil dyno kalo ada... lumayan menarik juga. Gimana pula dgn turbo lag, juga ketika turbo mulai kick in - kira2 kalau dalam kondisi dalam kota misal jalan dari 30kpj trus dibejek, gimana lagnya? apakah dengan peningkatan tenaga mempengaruhi 'user friendly' nya utk penggunaan kota2? Lastly, gimana pula dengan konsumsi bbm dibanding kondisi standard?
Yap dgn Dastek Dyno tapi.......hehehehe

Biasanya kalo 42ner VNT std naik Dyno-nya Dastek dapetnya sekitar 140 - 150 an Hp aja (tiap mobil bervariasi)

wah kemaren sih saya nyoba praktis hampir gak ada lag or sgt minim sekali, krn exhaust sudah ganti (front pipe) dan SuperGround @ECU juga efeknya besar.

Faktor user friendly, kalau saya nilai malah yg enak utk daily drive dgn settingan Mild dan setting TM juga di mild aja (gain dikit banget), sebab jika setting TM di Max & Piggy di setting Max alhasil mobil ini karakternya jadi agak "liar", injek gas sedikit lgs ngedorong dgn kuat ke depan............

Soal kons BBM tergantung dr driving style, tapi yg menarik bbrp teman yg pakai Piggyback ECU Shop MonsMax ini melaporkan kons BBM yg sedikit lebih irit dibanding kondisi standard ting2 (katanya), jika nyetirnya pulse n glide dan jalan lancar, tapi itu tanpa tambahan TM.

*bukan seles Piggy*
Ya itu dia, kalo dah maen turbo feedback mobil jadi laen, karakternya laen. Jadi kesimpulan utk driving se hari2 sebaiknya tdk setting extreme... toh prakteknya juga nggak terlalu kepake... :frm_salut: :frm_salut:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Review Fortuner VNT modif 270 Hp / 580 Nm + HB DT-1 shoc

Post by VanzMatic »

billyd1773dz wrote:-cut-

memang 4AT kurang seru sih, jarak tiap shift rationy jauh, sensasinya pasti beda dgn 5-6AT. ini jg yg bikin mikir2 klw minang hilux........... apalagi klw shiftnya lazy dan terlalu d comfort side.

liat2 before after d youtube kyanya boljug jg, shifting n kickdown jd cepet sekilas sautan shiftny rada kaya DSG...... cuma panjang2 aja tiap gearny karna 4AT.

:beer:
Tepat, om Billy..
4AT memang berada di zona comfort, definitely.
Mau buat buas di tanjakan, range rasionya aneh. Stay di low kok udah teriak mesinnya, minta pindah. Diataruh tuas di 2, kok lompatan shift up dari L ke 2 jauh amir kalo untuk tanjakan terjal (bukan ekstrem).

Jadi berhubung bawa anak bini di mobil, ya stay di D kalau stuck, atau taruh tuas di 2 aja kalo arus padat merayap. Santai.

Beda cerita kalau di jalan yg relatif datar.

IMHO... CMIIW.. :mky_01:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
sepatupuma
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 198
Joined: Tue Oct 01, 2013 8:02
Location: DCI Djakarta

Re: Review Fortuner VNT modif 270 Hp / 580 Nm + HB DT-1 shoc

Post by sepatupuma »

Turboman wrote:Aplaus again for mr billy :
:mky_02: :e-clap: :mky_02: :e-clap: :mky_02:

Utk sharing informasinya

Terlepas soal transmisi merek apa dari mobil apa, kita sangat appreciate segala informasi "dalam" yang hanya diketahui kaum ngulik-ers / oprek-ers.....apapun mobilnya

Dengan ini saya Vote mr Billy utk kandidat momod periode 2014.....karena sumbangsih ilmu yang Priceless

:e-clap: :off_good_job: :e-clap:
Sy juga bisa ngerti kenapa engine cc kecil 3 cyl lebih galak daripada 4 cyl gara-gara baca tulisan om billy. Trims om! :big_exellent:
Kalo cuma buat tampilan, berarti ga ada fungsinya. Kalo ga ada fungsinya, buat apa dipasang?
twa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 614
Joined: Wed Apr 09, 2008 9:22
Daily Vehicle: CX-5 KF

Re: Review Fortuner VNT modif 270 Hp / 580 Nm + HB DT-1 shoc

Post by twa »

@om turbo, lokasi foto di mc d citra 6 ?
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Review Fortuner VNT modif 270 Hp / 580 Nm + HB DT-1 shoc

Post by billyd1773dz »

VanzMatic wrote:
billyd1773dz wrote:-cut-

memang 4AT kurang seru sih, jarak tiap shift rationy jauh, sensasinya pasti beda dgn 5-6AT. ini jg yg bikin mikir2 klw minang hilux........... apalagi klw shiftnya lazy dan terlalu d comfort side.

liat2 before after d youtube kyanya boljug jg, shifting n kickdown jd cepet sekilas sautan shiftny rada kaya DSG...... cuma panjang2 aja tiap gearny karna 4AT.

:beer:
Tepat, om Billy..
4AT memang berada di zona comfort, definitely.
Mau buat buas di tanjakan, range rasionya aneh. Stay di low kok udah teriak mesinnya, minta pindah. Diataruh tuas di 2, kok lompatan shift up dari L ke 2 jauh amir kalo untuk tanjakan terjal (bukan ekstrem).

Jadi berhubung bawa anak bini di mobil, ya stay di D kalau stuck, atau taruh tuas di 2 aja kalo arus padat merayap. Santai.

Beda cerita kalau di jalan yg relatif datar.

IMHO... CMIIW.. :mky_01:
setuju om... :D

itu dia ganjelan ane 4AT bwat nanjak gaspol suka hunting gear, kadang d gigi 2 rpm terlalu tinggi atau uda overrev dan pindah ke 3... tapi di 3 gak kuat...... rpm malah turun, dan pindah ke 2 lagi.... jadi ya harus puas di gigi 2,dgn rpm meraung. atau y alon2 d gigi 2nya.

sampai d XJ 190ps 315nm masih kaya gtu klw nanjak panjang dan pingin gaspol.. apalagi d mbl yg lebih kecil torsinya.

ini alesan gw klw d mbl kecil mikir 3x pke 4AT, jadinya ambil CVT aja..... sama sekali bebas hunting gear rpm bisa di peak torsi terus dan percepatan nambah terus. soal ini gw puas pke CVT.... tp y kelemahanya g bisa narik ke redline dan shifting, boring jg.... hehe :D jd y min 5AT deh..

klw d d4d dgn torsi raksasa mungkin gigi3 juga d hajar terus yah.. hehehe :D mungkin sampai kebatas handlingnya yg bikin drivernya yg takut dan angkat gas hehe :D

tentu bwat daily dalkot atw tol jalan datar2 4at sih g masalah hehe :D :D

:beer:
Last edited by billyd1773dz on Sat Dec 21, 2013 5:27, edited 1 time in total.
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Review Fortuner VNT modif 270 Hp / 580 Nm + HB DT-1 shoc

Post by billyd1773dz »

sepatupuma wrote:
Turboman wrote:Aplaus again for mr billy :
:mky_02: :e-clap: :mky_02: :e-clap: :mky_02:

Utk sharing informasinya

Terlepas soal transmisi merek apa dari mobil apa, kita sangat appreciate segala informasi "dalam" yang hanya diketahui kaum ngulik-ers / oprek-ers.....apapun mobilnya

Dengan ini saya Vote mr Billy utk kandidat momod periode 2014.....karena sumbangsih ilmu yang Priceless

:e-clap: :off_good_job: :e-clap:
Sy juga bisa ngerti kenapa engine cc kecil 3 cyl lebih galak daripada 4 cyl gara-gara baca tulisan om billy. Trims om! :big_exellent:
owh yg d web imec yah.... hahaha :D

itu mungkin highlight ngelihat karakter desain mesiny saja..

kenyataan di lapangan dgn teknologi pendukung modern, bisa aja uda g kaya gtu atau uda bisa d redam kelemahan2nya... hehehe :D

yaa yg pasti 3cyld jg punya kelebihan dri 4cyld dan bukan bearti selalu inferior wkwkw :D

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
ngalih
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 533
Joined: Wed Jan 25, 2017 0:29
Location: lenteng agung jakarta
Daily Vehicle: Trooper

Re: Review Fortuner VNT modif 270 Hp / 580 Nm + HB DT-1 shock

Post by ngalih »

Turboman wrote: Mon Dec 16, 2013 4:29 Semalam berkesempatan test drive 42ner milik hopeng yg spec-nya saat ini sudah masuk 270 Hp / 580 Nm

42ner VNT Matic 4X2 - 2012

Modifikasi yg dilakukan :

Piggyback :
- ECU Shop MonsterMax
- Dastek Q (utk setting timing injeksi)

Ground cable lengkap dengan SuperGround @ECU

Exhaust :
- Front pipe 3"

Shock arbsorber :
HotBits DT-1 (adjustable)

Suspension :
- Rear Sway Bar

Sektor rem :
- Bendix 4WD brake pad
- Goodridge brake line

Bahan bakar :
- Biosolar + CRC 1Tank double dosis

Pelumas :
- Mesin : Mobil1 - 0W40 - MB 229.5
- Gardan : Mobil1 - 75W90 LS

Saat mulai berjalan melewati jalanan paving dan aspal yang kurang rata di sekitar kompleks perumahan temen ane, bantingan suspensi terasa "firm" dan tidak mengayun, terasa lebih menapak ke jalan, tapi nggak terasa kaku, seting DT-1 di set menengah saja (nggak ke paling keras)

Ane pernah Test drive si VNT ini sebelumnya waktu kondisi mesin std dan dengan MonsterMax (saja) dan semalam coba memang terasa respons mesin lebih bengis

Kinerja rem juga terasa jauh lebih baik dibanding kondisi standard

Ketika masuk tol, si VNT ini dengan sangat mudahnya melesat ke 160 km/jam (speedo) yang mana ane gak berani lebih krn traffic ramai......dan di tol JORR W1 yg agak bumpy2 tsb, si VNT terasa mantap di kec. 160 tanpa goyang dombret.....Thx to DT-1......hanya saja soal setir yaaaaa......terasa agak kurang mantap saat lari 150 - 160......memang mobil ini sebetulnya bukan didisain utk high speed driving .........xixiixxiixixixx
:mky_01:

Kinerja rem saat high speed driving juga mantap saat kita harus rem di kecepatan tinggi.

keluar dari tol, ke sekitar Hypermart - Puri Indah ada jalan menikung yg cukup lebar, si VNT ane coba menikung "L landai" di kecepatan 55 - 60 km/jam (speedo) sampai ban sedikit berdecit (ban std) dan mobil tetap terkontrol dengan baik dengan Body Roll yg relatif minim (utk ukuran SUV besar dgn Ladder Frame)

Saat kembali masuk tol dari arah Puri menuju JORR W1, sesudah bayar tol jalannya menikung landai (circle) dan di situ ane coba larikan sampe 80 - 90 km/jam dan kontrol suspensi juga sangat baik utk ukuran SUV besar dgn Ladder Frame

Kesimpulan :

Hasil upgrade utk sektor suspensi dan rem spt ini sudah sangat mendukung untuk keperluan Daily Drive, kontrol gerakan body yg baik saat bermanuver tetapi tetap nyaman bagi penumpang. Dimana keluhan Fortuner standard pada umumnya yaitu rem kedodoran & suspensi yang limbung saat bermanuver / kecepatan tinggi

Sedangkan utk mesin menurut ane sih udah tergolong "OverPower & Fierce" utk SUV ladder frame yang tinggi, sehingga kita harus lebih waspada saat menginjak pedal gas atau setting Piggyback sebaiknya pakai Map yg Mild Power utk Daily Drive.

(merek2 yg disebut di atas hanya sbg keterangan & bukan seles produk2 tsb.....he he heee)
:mky_01:
Ikutin formulanya ah... :big_smile]
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Review Fortuner VNT modif 270 Hp / 580 Nm + HB DT-1 shoc

Post by Pugman »

Turboman wrote: Tue Dec 17, 2013 8:29 Buat stop n go enakan 42ner, utk High speed si Dakar lebih laju, Top speed menang Dakar (5 speed matic)

Utk modif ringan si Dakar lebih ekonomis, pakai ECU Shop Cube yg under 4 jt aja udah bisa masuk 220 Hp

Cuman kalo ane pribadi misal punya Dakar en modif, ane sih gak mau kalo sampe mesti stroke up pompa injeksi, cukup naikkan sejauh komponen2 mesin masih std aja, bandwidth perlebar dengan exhaust custom aja dr DP sampe buntut.

Dakar kalau mau naek di atas 220 Hp konon mesti "ganjal" PRV nya.
Nice review Om,

Saya hanya baru beberapa kali bawa 42ner standard buat keliling kampung, jalan juga cm 60kpj sudah cukup terasa limbung. 270HP memang terlihat over power apalagi tanpa upgrade Suspensi dan Rem.
Kalau Strada sih beberapa bawa di tol sampai 140kpj masih terasa wajar..tidak menimbulkan rasa khawatir berlebihan. Kalau PJS belum pernah bawa tapi mungkin lebih baik rasanya dari Strada untuk speed segitu.
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Review Fortuner VNT modif 270 Hp / 580 Nm + HB DT-1 shoc

Post by htannis »

Pugman wrote: Tue Mar 28, 2017 2:06
Turboman wrote: Tue Dec 17, 2013 8:29 Buat stop n go enakan 42ner, utk High speed si Dakar lebih laju, Top speed menang Dakar (5 speed matic)

Utk modif ringan si Dakar lebih ekonomis, pakai ECU Shop Cube yg under 4 jt aja udah bisa masuk 220 Hp

Cuman kalo ane pribadi misal punya Dakar en modif, ane sih gak mau kalo sampe mesti stroke up pompa injeksi, cukup naikkan sejauh komponen2 mesin masih std aja, bandwidth perlebar dengan exhaust custom aja dr DP sampe buntut.

Dakar kalau mau naek di atas 220 Hp konon mesti "ganjal" PRV nya.
Nice review Om,

Saya hanya baru beberapa kali bawa 42ner standard buat keliling kampung, jalan juga cm 60kpj sudah cukup terasa limbung. 270HP memang terlihat over power apalagi tanpa upgrade Suspensi dan Rem.
Kalau Strada sih beberapa bawa di tol sampai 140kpj masih terasa wajar..tidak menimbulkan rasa khawatir berlebihan. Kalau PJS belum pernah bawa tapi mungkin lebih baik rasanya dari Strada untuk speed segitu.
Jangan liat 270 bhp nya, gak wah banget kok power segitu, gak overpower tapi yah "cukup", tetep aja turbo std mau 270bhp dah ketahuan range torsinya tetep aja sempit :mky_01:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Review Fortuner VNT modif 270 Hp / 580 Nm + HB DT-1 shoc

Post by Pugman »

htannis wrote: Wed Mar 29, 2017 3:37
Pugman wrote: Tue Mar 28, 2017 2:06
Turboman wrote: Tue Dec 17, 2013 8:29 Buat stop n go enakan 42ner, utk High speed si Dakar lebih laju, Top speed menang Dakar (5 speed matic)

Utk modif ringan si Dakar lebih ekonomis, pakai ECU Shop Cube yg under 4 jt aja udah bisa masuk 220 Hp

Cuman kalo ane pribadi misal punya Dakar en modif, ane sih gak mau kalo sampe mesti stroke up pompa injeksi, cukup naikkan sejauh komponen2 mesin masih std aja, bandwidth perlebar dengan exhaust custom aja dr DP sampe buntut.

Dakar kalau mau naek di atas 220 Hp konon mesti "ganjal" PRV nya.
Nice review Om,

Saya hanya baru beberapa kali bawa 42ner standard buat keliling kampung, jalan juga cm 60kpj sudah cukup terasa limbung. 270HP memang terlihat over power apalagi tanpa upgrade Suspensi dan Rem.
Kalau Strada sih beberapa bawa di tol sampai 140kpj masih terasa wajar..tidak menimbulkan rasa khawatir berlebihan. Kalau PJS belum pernah bawa tapi mungkin lebih baik rasanya dari Strada untuk speed segitu.
Jangan liat 270 bhp nya, gak wah banget kok power segitu, gak overpower tapi yah "cukup", tetep aja turbo std mau 270bhp dah ketahuan range torsinya tetep aja sempit :mky_01:
Ya maklum Om, saya ga punya gambaran mobil dengan power segitu dengan Suspensi dan handling yang biasa2 saja.
Satu2nya mobil bertenaga besar yang pernah saya kendarai hanyalah Hino Ranger
Hihihi...
:upss: