Review XA10 Toyota RAV4 J V 5dr A/T 2000
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Review XA10 Toyota RAV4 J V 5dr A/T 2000
Permisi, ane ijin bikin review mobil perang ane ya...
Bikin review mobil jadul boleh kan
Maaf kalo jelek, ini thread & review pertama ane sbg user
===
Dibuat dari basis Corolla, dan diproduksi tahun '94, RAV4 (Recreational Activity Vehicle for 4) gen.1 ini termasuk dalam pelopor crossover FWD (selain CRV gen.1)...
Ane rasa mobil ini benar2 crossover, karena dimensinya masih imut (gak kayak CRV & RAV4 terkini yg besar sekali...)
RAV4 ini masuk melalui jalur IU, dan generasi pertama ini hanya masuk sedikit ke Indonesia (gen.2 lebih banyak populasinya disini), sehingga cukup eye catching dan sering ditanyain orang kalo lagi di bengkel/spbu, "ini mobil apa mas?"
Desain bodi membulat & gembung, dengan velg standart palang tiga, membuatnya cukup unyu dilihat
Bagian samping & depan agak aneh karena bentuk menggembung, sampe temen2 ane nyebut mobil ini "toyota kodok"
Sedangkan bagian belakang biasa saja...
===
Mesin menggunakan 3S-FE 2.0L I4 EFI, yang sama dengan Corona Absolute 2.0
Reliable & perawatan ga bikin kantong bolong, mesin ga pernah ada masalah berarti & parts gampang didapatkan, bisa sharing dgn corabs 2.0
Konsumsi BBM sekitar 1:11-12 toll & 1:8 dalkot (pure premium)
Transmisi menggunakan 4AT dengan super ECT, yang sangat berguna buat tarik2an jika dinyalakan
Perpindahan gigi tidak begitu halus, namun masih lebih halus dari ipah metik
Cukup smart lah buat matic jadul...
===
Kabin berwarna abu-abu, dengan material yang cukup berkualitas baik bahan & pemasangan-nya, bahkan sampai sekarang tidak ada rattling sama sekali!
Pilar A tipis, dashboard pendek, dan kaca yang besar, terasa seperti akuarium jika kaca film dilepas...
Peredaman cukup baik, hanya saja suara ban agak masuk
Legroom depan agak sempit, dan legroom di belakang... sangat sempit, serasa duduk di jok baris ketiga ipah, hanya saja lebih nyaman
(ane tinggi 183cm sepertinya masih cukup memadai buat orang 170cm-an)
Namun, atap cukup tinggi, kira2 setinggi 2 kepalan tangan jika diukur dari ujung kepala (FYI, tangan ane gede )
Material full hard plastic, yang cukup bagus saat diketok & diraba...
Jok sudah semi-bucket & dilapis dari bahan fabric... Mendekap tubuh dengan baik & tidak membuat pegel
Dapat dilipat full dari depan sampai belakang... Didukung dengan atap yg tinggi, bisa sangat berguna untuk berbuat "itu-itu"...
Audio bawaan cukup bagus lah, suara speakernya lebih enak daripada bawaan camry XV30 bokap
Bagasi cukup lah untuk membawa keperluan sehari2 atau keluar kota dengan 4 koper besar
Dilengkapi dengan colokan 12V, buat cooler box kalo lagi jalan2
===
Mobil ini cukup lincah untuk macet2an, & berkat hydraulic powersteering, feeling setir
bagus, tidak dull seperti EPS
Sistem suspensi full indenpendent & double wishbone membuat mobil ini stabil, bantingan terasa nyaman, tidak memantul & enak buat hajar jalan jelek (sampe skrg kaki2 tidak ada masalah)
Rem sudah dilengkapi ABS, terasa seperti mobil mewah, lembut saat diinjak namun tetap pakem & tidak menghentak2 (gak kayak ipah, rem harus ditowel pelan2)
===
Mobil ini cukup menyenangkan untuk dipakai sehari2... Lincah, eye catching, dan gampang ditandain orang...
Sekian review dari ane, makasih yang udah baca
(walaupun ane yakin ga ada yang niat nyari2 mobil ginian... )
Bikin review mobil jadul boleh kan
Maaf kalo jelek, ini thread & review pertama ane sbg user
===
Dibuat dari basis Corolla, dan diproduksi tahun '94, RAV4 (Recreational Activity Vehicle for 4) gen.1 ini termasuk dalam pelopor crossover FWD (selain CRV gen.1)...
Ane rasa mobil ini benar2 crossover, karena dimensinya masih imut (gak kayak CRV & RAV4 terkini yg besar sekali...)
RAV4 ini masuk melalui jalur IU, dan generasi pertama ini hanya masuk sedikit ke Indonesia (gen.2 lebih banyak populasinya disini), sehingga cukup eye catching dan sering ditanyain orang kalo lagi di bengkel/spbu, "ini mobil apa mas?"
Desain bodi membulat & gembung, dengan velg standart palang tiga, membuatnya cukup unyu dilihat
Bagian samping & depan agak aneh karena bentuk menggembung, sampe temen2 ane nyebut mobil ini "toyota kodok"
Sedangkan bagian belakang biasa saja...
===
Mesin menggunakan 3S-FE 2.0L I4 EFI, yang sama dengan Corona Absolute 2.0
Reliable & perawatan ga bikin kantong bolong, mesin ga pernah ada masalah berarti & parts gampang didapatkan, bisa sharing dgn corabs 2.0
Konsumsi BBM sekitar 1:11-12 toll & 1:8 dalkot (pure premium)
Transmisi menggunakan 4AT dengan super ECT, yang sangat berguna buat tarik2an jika dinyalakan
Perpindahan gigi tidak begitu halus, namun masih lebih halus dari ipah metik
Cukup smart lah buat matic jadul...
===
Kabin berwarna abu-abu, dengan material yang cukup berkualitas baik bahan & pemasangan-nya, bahkan sampai sekarang tidak ada rattling sama sekali!
Pilar A tipis, dashboard pendek, dan kaca yang besar, terasa seperti akuarium jika kaca film dilepas...
Peredaman cukup baik, hanya saja suara ban agak masuk
Legroom depan agak sempit, dan legroom di belakang... sangat sempit, serasa duduk di jok baris ketiga ipah, hanya saja lebih nyaman
(ane tinggi 183cm sepertinya masih cukup memadai buat orang 170cm-an)
Namun, atap cukup tinggi, kira2 setinggi 2 kepalan tangan jika diukur dari ujung kepala (FYI, tangan ane gede )
Material full hard plastic, yang cukup bagus saat diketok & diraba...
Jok sudah semi-bucket & dilapis dari bahan fabric... Mendekap tubuh dengan baik & tidak membuat pegel
Dapat dilipat full dari depan sampai belakang... Didukung dengan atap yg tinggi, bisa sangat berguna untuk berbuat "itu-itu"...
Audio bawaan cukup bagus lah, suara speakernya lebih enak daripada bawaan camry XV30 bokap
Bagasi cukup lah untuk membawa keperluan sehari2 atau keluar kota dengan 4 koper besar
Dilengkapi dengan colokan 12V, buat cooler box kalo lagi jalan2
===
Mobil ini cukup lincah untuk macet2an, & berkat hydraulic powersteering, feeling setir
bagus, tidak dull seperti EPS
Sistem suspensi full indenpendent & double wishbone membuat mobil ini stabil, bantingan terasa nyaman, tidak memantul & enak buat hajar jalan jelek (sampe skrg kaki2 tidak ada masalah)
Rem sudah dilengkapi ABS, terasa seperti mobil mewah, lembut saat diinjak namun tetap pakem & tidak menghentak2 (gak kayak ipah, rem harus ditowel pelan2)
===
Mobil ini cukup menyenangkan untuk dipakai sehari2... Lincah, eye catching, dan gampang ditandain orang...
Sekian review dari ane, makasih yang udah baca
(walaupun ane yakin ga ada yang niat nyari2 mobil ginian... )
Last edited by amfibi on Thu Nov 14, 2013 12:52, edited 1 time in total.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2195
- Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34
Re: Review XA10 Toyota RAV4 J V 5dr A/T 2000
nice review
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 335
- Joined: Sun Jun 30, 2013 7:00
- Location: Sin City
Re: Review XA10 Toyota RAV4 J V 5dr A/T 2000
nice review bro
salut buat perawatan mobilnya masih bagus dan kinclong
salut buat perawatan mobilnya masih bagus dan kinclong
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12275
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Review XA10 Toyota RAV4 J V 5dr A/T 2000
Nice review bro...
Btw, ente tinggi amat? Padahal kt kan seumuran... Gw baru 170...
Btw, ente tinggi amat? Padahal kt kan seumuran... Gw baru 170...
2021 Fortuner VRZ
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Review XA10 Toyota RAV4 J V 5dr A/T 2000
gud bro amfibi...
bentar lg nyusul tuh camri..hehehe
bentar lg nyusul tuh camri..hehehe
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Review XA10 Toyota RAV4 J V 5dr A/T 2000
Makasih omc_adhi_k wrote:nice review
Makasih broB808BY wrote:nice review bro
salut buat perawatan mobilnya masih bagus dan kinclong
Abism catnya sebagian besar orsi & bodyparts susah carinya kalo rusak, jadi sebisa mungkin dirawat bodynya hehe
Thanks broricz wrote:Nice review bro...
Btw, ente tinggi amat? Padahal kt kan seumuran... Gw baru 170...
Kayaknya tinggi ane yg abnormal, abis di kelas ane yg paling tinggi juga
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Review XA10 Toyota RAV4 J V 5dr A/T 2000
Ane rada2 kagok nyetir itu camry... besar sekali tenaganya & bodynya gambot juga...kompresorz wrote:gud bro amfibi...
bentar lg nyusul tuh camri..hehehe
Paling seringan jadi penumpang, bokap or supir yg setir
Ane review deh di lain kesempatan
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6012
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Review XA10 Toyota RAV4 J V 5dr A/T 2000
Biarpun oleh TS sendiri dianggap mobil "aneh" tapi RAV 4 ini dulu sempat ane idam2kan lho waktu ane masih kuliah semester2 awal
Maklum penboi Toyota
Maklum penboi Toyota
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2195
- Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34
Re: Review XA10 Toyota RAV4 J V 5dr A/T 2000
ane juga masih unyuamfibi wrote:Makasih omc_adhi_k wrote:nice review
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 832
- Joined: Sun May 19, 2013 10:00
Re: Review XA10 Toyota RAV4 J V 5dr A/T 2000
Nice review om, itu ternyat 1990an udah super ect ya tranmisinya, keren!...berarti yg skrg toyota development di aetting komputer aja mungkin ya?
Itu sama kursinya antik bisa direbahin ke belakang gt ya. Bisa buat tidur itu heheh
Itu sama kursinya antik bisa direbahin ke belakang gt ya. Bisa buat tidur itu heheh
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Review XA10 Toyota RAV4 J V 5dr A/T 2000
Nice ripiu bro kodok...
Lumayan lega ya kabin nya... ane sering liat sebiji Rav4 ini di dkt perumahan ane. Yg setir mahmud alias mamah2 muda...
Konfigurasi kursi menarik untuk tidur... dan... unggg... ummmm... errrr...
Lumayan lega ya kabin nya... ane sering liat sebiji Rav4 ini di dkt perumahan ane. Yg setir mahmud alias mamah2 muda...
Konfigurasi kursi menarik untuk tidur... dan... unggg... ummmm... errrr...
Obey the mahakitteh.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Review XA10 Toyota RAV4 J V 5dr A/T 2000
hanya nambah sedikit aja ... sy pernah dipinjami RAV4 th 2002 utk sy pake blusukan di medan off-road pertambangan batubara di Kalsel di th 2004... kesan yg sangat saya ingat adalah : memang sangat underpowered !! matic-nya lemot walaupun yg sy pake itu versi 4x4
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- SM Specialist
- Posts: 15572
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review XA10 Toyota RAV4 J V 5dr A/T 2000
nice review bro....
ini rav4 generasi paling awal yah? jarang banget keliatan model ini....
bokap jg pernah punya yg kaya gini...
yang sangat disayangkan TAM ga masukin RAV4 untuk bersaing lawan CR-V dan kawan-kawan..... padahal ngeliat populasi gen lawas sebenernya RAV4 bisa dibilang cukup banyak peminat dan pasar crossover SUV medium ini kan rame banget.... ga cuma gen lawas, RAV4 gen baru juga beberapa kali ane liat.... biarpun masih banyakan harrier
ini rav4 generasi paling awal yah? jarang banget keliatan model ini....
bokap jg pernah punya yg kaya gini...
yang sangat disayangkan TAM ga masukin RAV4 untuk bersaing lawan CR-V dan kawan-kawan..... padahal ngeliat populasi gen lawas sebenernya RAV4 bisa dibilang cukup banyak peminat dan pasar crossover SUV medium ini kan rame banget.... ga cuma gen lawas, RAV4 gen baru juga beberapa kali ane liat.... biarpun masih banyakan harrier
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Review XA10 Toyota RAV4 J V 5dr A/T 2000
Yang sekarang keracunan miras....artoodetoo wrote:Biarpun oleh TS sendiri dianggap mobil "aneh" tapi RAV 4 ini dulu sempat ane idam2kan lho waktu ane masih kuliah semester2 awal
Maklum penboi Toyota
Iya bro (apa sista sih ane bingung ) , di Toyota indo, super ECT baru dipake sekitar 2000-an yaola_comoesta wrote:Nice review om, itu ternyat 1990an udah super ect ya tranmisinya, keren!...berarti yg skrg toyota development di aetting komputer aja mungkin ya?
Itu sama kursinya antik bisa direbahin ke belakang gt ya. Bisa buat tidur itu heheh
Sayang, mobil ini ga ada heater kyk CityZ om metked... Kalo ada kan asyik...
Iya om, sayang space legroom agak sempitmadcat015 wrote:Nice ripiu bro kodok...
Lumayan lega ya kabin nya... ane sering liat sebiji Rav4 ini di dkt perumahan ane. Yg setir mahmud alias mamah2 muda...
Konfigurasi kursi menarik untuk tidur... dan... unggg... ummmm... errrr...
Tinggal kurang heater om, space mah sangat mendukung buat "uh ah"...
Yang om coba yg 1.8 apa 2.0?JESKONENG wrote:hanya nambah sedikit aja ... sy pernah dipinjami RAV4 th 2002 utk sy pake blusukan di medan off-road pertambangan batubara di Kalsel di th 2004... kesan yg sangat saya ingat adalah : memang sangat underpowered !! matic-nya lemot walaupun yg sy pake itu versi 4x4
Yg 1.8L emang boyo walaupun AWD
Iya bro, gen.1ChZ wrote:nice review bro....
ini rav4 generasi paling awal yah? jarang banget keliatan model ini....
bokap jg pernah punya yg kaya gini...
yang sangat disayangkan TAM ga masukin RAV4 untuk bersaing lawan CR-V dan kawan-kawan..... padahal ngeliat populasi gen lawas sebenernya RAV4 bisa dibilang cukup banyak peminat dan pasar crossover SUV medium ini kan rame banget.... ga cuma gen lawas, RAV4 gen baru juga beberapa kali ane liat.... biarpun masih banyakan harrier
Toyota sini malah masukin fortuner buat lawan CR-V dkk...
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Review XA10 Toyota RAV4 J V 5dr A/T 2000
Legroom mah overrated kalo buat 'itu'. Ga diperlukan...
Yg penting konfigurasi kursi dan kelegaan kabin...
*ngibrit...*
Yg penting konfigurasi kursi dan kelegaan kabin...
*ngibrit...*
Obey the mahakitteh.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12275
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Review XA10 Toyota RAV4 J V 5dr A/T 2000
Kalo kapal induk yang enak ya...bisa berganti konfigurasi & posisi...dan punya sunroof utk melihat bintang & asan udara tambahan....
*ngibrit*
*ngibrit*
2021 Fortuner VRZ
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Review XA10 Toyota RAV4 J V 5dr A/T 2000
Betul bro ricz...
Pun ada heater di kursi dan kabin... nyannnnn
*ngibrit*
Pun ada heater di kursi dan kabin... nyannnnn
*ngibrit*
Obey the mahakitteh.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1550
- Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
- Location: Riau
Re: Review XA10 Toyota RAV4 J V 5dr A/T 2000
nice review bro kodok , mobil ini kalo bagi yg pertama x liat pasti agak terasa aneh modelnya
tapi kalo udah biasa , mantap juga
request review camry xv30 ya , mengingat harganya udah murah
tapi kalo udah biasa , mantap juga
request review camry xv30 ya , mengingat harganya udah murah
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 198
- Joined: Tue Oct 01, 2013 8:02
- Location: DCI Djakarta
Re: Review XA10 Toyota RAV4 J V 5dr A/T 2000
Duh, salah satu mobil selera sy nih. Ngelihatnya ga pernah bosan.
Kalo varian yg pake 3S-GE sempat masuk sini ga ya? Sy malah baru tahu ada yang pake 3S-FE.
Kalo varian yg pake 3S-GE sempat masuk sini ga ya? Sy malah baru tahu ada yang pake 3S-FE.
Kalo cuma buat tampilan, berarti ga ada fungsinya. Kalo ga ada fungsinya, buat apa dipasang?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Review XA10 Toyota RAV4 J V 5dr A/T 2000
madcat015 wrote:Legroom mah overrated kalo buat 'itu'. Ga diperlukan...
Yg penting konfigurasi kursi dan kelegaan kabin...
*ngibrit...*
ricz wrote:Kalo kapal induk yang enak ya...bisa berganti konfigurasi & posisi...dan punya sunroof utk melihat bintang & asan udara tambahan....
*ngibrit*
Tetap lha City Z lebih superior dalam urusan ini...madcat015 wrote:Betul bro ricz...
Pun ada heater di kursi dan kabin... nyannnnn
*ngibrit*
Modelnya ane bilang sih unik, & mengundang perhatian oranggrandis_GT wrote:nice review bro kodok , mobil ini kalo bagi yg pertama x liat pasti agak terasa aneh modelnya
tapi kalo udah biasa , mantap juga
request review camry xv30 ya , mengingat harganya udah murah
Camry? wah iya, nyesek bener ane liat harga bekasnya
Lagi ane foto2 dulu , tapi ane ga bisa review handling, seringan jd penumoang di mobil ini
3S-GE 177 hp ? yummysepatupuma wrote:Duh, salah satu mobil selera sy nih. Ngelihatnya ga pernah bosan.
Kalo varian yg pake 3S-GE sempat masuk sini ga ya? Sy malah baru tahu ada yang pake 3S-FE.
Setau ane sih RAV4 ini kebanyakan pake 3S-FE
-
- SM Specialist
- Posts: 15572
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review XA10 Toyota RAV4 J V 5dr A/T 2000
agak galaw sih toyota.... dia mau masukin RAV4 bisa sebenernya...amfibi wrote: Iya bro, gen.1
Toyota sini malah masukin fortuner buat lawan CR-V dkk...
tapi kalopun dia masukin harga pasti benturan ama fortie... belom lagi RAV4 juga ga diproduksi di thailand... di asia yang produksi RAV4 cuma japan
tapi entah blg jepang pun, ga tau gmn caranya mazda bisa masukin CX-5 full spec dengan harga kompetitif dengan CR-V yg CKD atau harganya CR-V yg keterlaluan
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3211
- Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
- Location: Jombang, Jawa Timur
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6012
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Review XA10 Toyota RAV4 J V 5dr A/T 2000
Sepertinya yg ituChZ wrote: tapi entah blg jepang pun, ga tau gmn caranya mazda bisa masukin CX-5 full spec dengan harga kompetitif dengan CR-V yg CKD atau harganya CR-V yg keterlaluan
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- SM Specialist
- Posts: 15572
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review XA10 Toyota RAV4 J V 5dr A/T 2000
CX-5 GT CBU full spec = 437jutaartoodetoo wrote:Sepertinya yg ituChZ wrote: tapi entah blg jepang pun, ga tau gmn caranya mazda bisa masukin CX-5 full spec dengan harga kompetitif dengan CR-V yg CKD atau harganya CR-V yg keterlaluan
CR-V Prestige CKD sunatan massal = 437juta
dunia udah kebolak
RAV4 masuk secara CBU... kayanya bisa jadi murah.... mengingat pengalaman FT86 dan alphard.... yang harganya beda cukup jauh dengan IU tp kalo 400jutaan benturan ama fortie....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Review XA10 Toyota RAV4 J V 5dr A/T 2000
Makasih broFelixz_Yaris wrote:Nice repiu..
Ditunggu camry
Siapp
Bisa bubar tuh penjualan CR-V kalo RAV4 2013 masuk siniChZ wrote: agak galaw sih toyota.... dia mau masukin RAV4 bisa sebenernya...
tapi kalopun dia masukin harga pasti benturan ama fortie... belom lagi RAV4 juga ga diproduksi di thailand... di asia yang produksi RAV4 cuma japan
tapi entah blg jepang pun, ga tau gmn caranya mazda bisa masukin CX-5 full spec dengan harga kompetitif dengan CR-V yg CKD atau harganya CR-V yg keterlaluan
Interiornya keren bener, udah pake stitching kulit di dash, mirip harrier terbaru yang katanya berbasis RAV4 ini