Review: Lexus RX270 Facelift 2013

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Review: Lexus RX270 Facelift 2013

Post by g4ndalf »

Sebelum menulis review ini sebetulnya saya sudah sering mampir ke SM sebagai guest. Sering sekali rx270 disebut2 di berbagai thread, bahkan ada bbrp member yg punya. Tapi kok nggak ada reviewnya? (cmiiw). Karena gak ada thread review mobil ini, maka nubie mohon izin untuk mereview 2013 lexus rx270 facelift.

---------------------------------------------------------------------

Sebelum meminang rx270 facelift, tunggangan saya adalah CRV gen3 2.4 thn 08 - adalah satu2nya mobil yg saya beli baru (sebelumnya selalu beli second). Biasanya saya pakai mobil hanya 1-2 tahun saja, namun karena kesibukan dan bbrp hal lain, serta crv saya yg cukup bandel (reliable) saya putuskan untuk tidak berganti mobil. Tapi lambat laun hasrat berganti kendaraan timbul... :e-whistle:
Sebetulnya waktu pertama kali crv gen 4 muncul di internet, saya sudah naksir berat, image saya crv adalah kendaraan yg cukup fun to drive, reliable, dan sangat praktis (ruang yg lega + bagasi luas). Waktu itu tekad saya sudah hampir bulat untuk 'upgrade' gen 3 saya ke gen 4. Nah, kebetulan istri saya cerita - teman dia dibelikan gen 4 2.4L baru sama suaminya... Langsung saya tanya: "Gimana ma kesannya sama gen 4 cr-v??". "Biasa aja pa, nggak beda2 jauh sama yang lama." :mky_05:

Karena ga percaya sama testimoni istri saya, akhirnya saya mampir ke dealer honda. Sampe di sana saya liat2, ternyata... memang betul kalau dipikir2 gen4 gak beda2 jauh sama gen3. Daaaan... yg agak mengecewakan, ternyata selain i-mid baru, start button, tiptronic - engine dan interior boleh dibilang 11-12 dengan gen3. Mekaniknya cerita mesin K24 yg digunakan kurang lebih identik, transmisi juga 11-12 bahkan kalo boleh bilang material interior yg digunakan di gen4 kok terasa lebih 'mahal' interiornya gen3. So what's new? Padahal kalau gen3 saya jual untuk tt dengan gen4 saya mesti merogoh kocek kurang lebih 150jt. Sebetulnya ada 1 lagi daya tarik gen4, powernya yg 190hp, meningkat 20hp dr gen3... Tapi setelah saya baca2 lagi spesifikasi mesin, power itu didapat di 7000rpm - dengan kata lain kalau diadu dengan gen 3, tarikan awal - menengah boleh dibilang sama, hanya pada saat gen3 redline di 6500, gen4 masih terus bernapas sampai 7000rpm. Kalau mau fair harusnya dilihat gearing ratios juga, tapi saya sudah mentok di kualitas material interior & fitur minim...

Kandidat selanjutnya adalah cx-5, kesan pertama saya kurang suka tampangnya waktu lihat dari internet.... TAPI, setelah melihat langsung saya merasa mobil ini cakep juga... %% Langsung aja td, sales dtg bawa unit yg touring velg 19 inch. Pandangan pertama saya langsung jatuh cinta, tampilan cakep, bagasi cukup luas. Hanya saja kursi belakang gak bisa recline. Kesan td: transmisi 6 speed triptonic + excellent handling = fun to drive. Cukup puas saya dengan performa cx-5, apalagi mesin 2 liter nya diklaim sangat irit BBM (sangat berguna untuk ber macet2 ria). Ditambah lagi fiturnya, sunroof, front & rear parking sonar, rear cam, bi-xenon, bose audio, auto light on, auto wiper. Pokoknya hati sudah mantap ambil cx5. Cuma ada 1 masalah... waktu saya tanya istri jawabannya: "Bagusan crv yg baru pa..." haaaddduuuhh %% Jadilah kita deadlock, maunya istri gak usah upgrade atau kalau upgrade ya crv gen 4. Pdhl saya kalau upgrade ya ke cx-5, kalau gen 4 mending gak usah. Dilema...

Pendek kata, karena bingung mau upgrade apa, akhirnya saya tunjukin pic2 lexus rx270 ke istri saya... langsung dia bilang "ganti yg ini aja pa... sepertinya lebih bagus" :mky_01:

Pilihan pertama saya adalah rx270 keluaran atpm, tapi waktu saya kontak atpm lexus, response yg saya dapat kurang enak. Saya dijanjikan bisa td rx350, tapi ternyata setelah itu dicancel... Ya sudah, saya bilang ke marketingnya "tolong saya dihubungi kalau unit td sudah siap..." Jawabannya: "Pasti pak!" Saya tunggu2 eh tidak dihubungi, padahal saya sudah jelas2 bilang kalau cocok dengan td saya akan langsung inden. Terus terang saya juga males kalau harus mengejar2, juga sedikit tersinggung digantung seperti itu...

Jadilah saya kontak kawan saya yang punya kenalan IU (dan kebetulan punya rx270 juga). Akhirnya saya ambil rx270 facelift versi HK Ultimate (full option). Harga yang saya dapat lebih murah +- 60 juta daripada versi atpm. Kata kawan saya fitur2nya juga lebih lengkap drpd versi atpm. Hanya kalah di garansi 5thn vs 2thn saja. Tapi saya pikir, pabrikan lexus / toyota masa sih jualan produk jelek yg gampang rusak?

Response yg saya dapat dari IU jauh lebih baik, marketingnya lebih friendly dan sabar. Hanya saja tidak bisa td, karena unit mereka baru semua... Nego saya dengan IU cukup alot, diskon boleh dibilang hampir tidak ada... maklum unitnya aja susah, mereka bilang tinggal punya 2. Akhirnya saya putuskan untuk ambil 1 unit rx270 facelift HK Ultimate, warna hitam metalik + interior beige. Dan betul, tidak lama setelah saya dp, unit yg satunya juga laku.

Itulah sejarah singkat saya meminang mobil ini.... And now, let's get to the point: 2013 Lexus RX270 facelift review

------------------------------------------------------------------------------
AA003s.jpg
Mulai dengan eksteriornya: Kesan saya pertama kali melihat rx facelift dengan 'spindle grill' nya - overkill... Rasanya terlalu bling2. Itu kesan saya pertama, tapi semakin saya amati, spindle grill ini memang ditujukan sebagai 'corporate identity' nya lexus. Apalagi dengan adanya penambahan LED-DRL. Design spindle grill di lexus rx ini seakan berkata... "Look at me, I'm a lexus...". Is it good or bad, I dunno, but it's definitely cool...
AA001b.jpg
AA002.jpg
Untuk detail2 eksterior yg lain, saya kira ungkapan 'beauty is in the eyes of the beholder'... Cantik itu relatif. IMO, garis2 design rx270 terkesan sangat elegan. Mulai dari shoulder line yg tegas, design spion yg manis, dan buritan yg terkesan kokoh (solid). Untuk rear wiper, disembunyikan di bawah rear spoiler, jadi kesannya buritan sangat rapi.
AA004.jpg
Design smartkey bentuknya sangat ergonomis, cenderung pipih jadi mudah masuk di saku baju / celana. Tidak ada sudut tajam - enak digenggam di tangan. Di situ tersedia tombol lock, unlock, power backdoor, dan panic/alarm button. Di sudut smartkey ada kunci mobil yg bisa dilepas dengan menekan pin yang ada di atasnya. Kegunaan kunci ini di saat emergency, misal batere smartkey habis, maka untuk membuka mobil / disable alarm bisa dengan cara manual kunci.

Di bawah spion mobil ada lampu yg akan menyala apabila si pemegang smartkey mendekat. Terlepas dari fungsionalnya, feeling yg saya dapat adalah mobil ini seolah menyambut saya. Untuk membuka mobil yg terkunci ada 2 cara, bisa dengan menekan 'unlock' button, juga bisa dengan menyentuh touch sensor yg terletak di bagian dalam pintu (jadi seandainya smartkey ada di saku, kita tidak perlu repot2 mengeluarkan kunci dr saku).

Untuk fitur2nya cukup melimpah:
rain sensing wiper
auto on/off headlight
SRS airbag di jok, dashboard, curtain, dll
HID xenon headlight
LED Daytime Running Light
Foglamp
Moonroof (istilah Lexus utk sunroof).
8 point parking sonar front + rear
Rear camera
Remote Touch (haptic interface) - fitur ini pertama di dunia di lexus rx lineup.
Auto dimming mirror
10 way adjustable driver seat with 3 positions memory
10 way adjustable front passenger seat
11 Speaker sound system
Auto lock (shift from P, or speed sensitive)
Adaptive Front Light
Power backdoor
Head up display (bisa display kecepatan + posisi gigi di kaca depan).
Ipod compatible
Bluetooth compatible
Voice dialing memory
Steering wheel mounted audio control, dll
6 speed tiptronic transmission
Layar MID yg cukup besar...
Optitron speedometer
.....dan sebagainya

Masih banyak detail2 kecil lainnya, semisal pegangan tangan di plafon. Lampu depan yg dilengkapi lampu baca, begitu pula cermin di balik sun visor yg ketika kita buka ada lampu di atasnya yg akan menyala (sangat berguna bagi wanita yang mau betulin makeup di malam hari). Banyak sekali detail2 kecil yg mungkin terkesan nggak penting, tapi ada, dan kita baru bisa appreciate setelah mencoba mobil ini.
AA006.jpg
Interior rx270 facelift ini terkesan mewah. Tidak ada kompromi di manapun, material yg digunakan top notch. Tidak ada plastic keras, bahkan untuk door trim dan bagian bawah dashboard (yg warnanya beige) sensasi yg terasa ketika saya menyentuhnya agak lain. Di bagian2 tsb materialnya terasa soft dan kesat. Untuk bagian atas dashboard, material yg digunakan juga tidak memantulkan cahaya... ini sangat berguna saat kita driving siang hari - jadi tidak ada pantulan cahaya di kaca depan saat matahari terik bersinar di atas kita.
AA007.jpg
Jok kulit yg digunakan juga terasa sangat nyaman. Kata marketingnya kulit yg digunakan adalah perforated nappa leather, kulit sapi 100% yg diproses dengan metode tertentu, hasilnya adalah kulit yg soft tapi juga awet. Saya pribadi bodo amat dengan istilah2 tsb... Yg jelas waktu saya duduk rasanya nyaman bener... perforated leathernya itu bikin adem. Serasa dipeluk cewek cakep (dalam hal ini tentu istri saya... hehehe) waktu duduk di jok depan... Support juga cukup bagus, ada pengaturan ketinggian, kemiringan jok, dan ada lumbar support (untuk pinggang / lower back)

Khusus untuk driver seat, saat mesin dimatikan maka jok akan mundur ke belakang dengan sendirinya, begitu pula steering wheel akan naik ke posisi tertinggi - ini utk memudahkan driver keluar masuk mobil. Fitur ini bisa diatur dari lewat MID mobil (pake remote touch). Kalau nggak suka bisa dimatikan... kalau suka tapi mundurnya dirasa berlebihan (bisa mengganggu penumpang belakang) bisa dibikin mundurnya cuma sedikit aja.

Oya, utk DRL, auto lock, dsb... semua bisa diatur lewat MID. Mobil ini terasa sangat 'personal' bagi saya, karena banyak sekali setting yg bisa diatur lewat MID.
AA008.jpg
Ruang di kabin belakang cukup lega, legroom banyak. Saya sudah coba duduk di belakang, tinggi saya sekitar 178cm - dan saya merasa cukup nyaman. Begitu pula dengan kualitas kulit yg digunakan, sama persis dengan yg di depan... perforated nappa leather. Hanya saja, jok bagian tengah di belakang saya rasakan kurang nyaman untuk orang dewasa, mungkin untuk anak kecil ok, tapi kalau untuk orang dewasa sama sekali tidak nyaman, sempit. Ini kompromi karena jok kiri kanan begitu luas jadi mau tidak mau jok tengah dikorbankan.
AA009.jpg
Bagaimana karakter mobil ini di jalan?

Kesan pertama saya mengemudikan mobil ini adalah kesenyapan kabin, dan empuknya suspensi. NVH sangat minim, tapi masih tetap terasa. Khusus untuk noise, saya memang tidak suka mobil yg terlalu kedap suara - karena akan membuat saya susah mendengar klakson. RX270 ini sedikit terlalu kedap untuk saya... atau saya saja yg belum terbiasa? Vibration/getaran: masih terasa. Mesin 2700cc 4 cyl (tepatnya 2652cc - cmiiw?) artinya tiap cylinder punya kapasitas 663cc - dugaan saya hal inilah yg membuat getarannya agak terasa. Tapi ini cukup minim.

Posisi duduk cukup tinggi, saya bisa melihat ke jalanan dengan leluasa. Ergonomi bagus, jok driver yg bisa diatur 10-way + steering wheel tilt & telescopic ditambah lagi knob tuas perseneling yg bisa muter ngikutin konstruksi tangan kita hasilnya adalah ergonomi yg sangat personal. Tapi bagi saya pribadi cukup lama juga saya harus mencoba2 untuk menemukan posisi mengemudi yg tepat. Soalnya saya terbiasa dengan jok yg cuma 6-way %%

Karakter mesin, terus terang saya belum explore terlalu jauh karena masih mobil baru. Sekilas powernya cukup ok mengingat bobot mobil ini yang hampir 2 ton. Mesin 2.7 liter 1AR-FE di atas kertas kekuatannya ada di putaran tengah, dengan kompinasi transmisi 6-speed super ECT bagi saya sudah cukup untuk kondisi sehari2. Kalau boleh bilang akselerasi terasa 11-12 dengan crv gen 3 saya, namun sampai saat ini mesin belum saya coba lebih lanjut... Masih ada sport mode & tiptronic yg belum saya coba (review selanjutnya kali ya.)

Karakter steering wheel, cukup ringan di kecepatan rendah... Entah bagaimana dengan karakternya di kecepatan tinggi, karena saya belum coba mobil ini di kecepatan lebih dari 80kpj (itupun dapatnya di jalan lurus). Apakah steeringnya speed sensitive... belum saya coba juga. Yang jelas di kecepatan sedang, reaksi steering wheel cukup bagus. Tidak terlalu tajam (jangan dibandingkan mx-5 yang bener2 'nempel' di jalan), tapi cukup bagus untuk sebuah suv. Mungkin saya agak overstatement, response steering bisa dibandingkan dengan cx5, mungkin sedikit di bawah tapi tidak terlalu jauh off the mark.

Karakter suspensi mobil ini cukup empuk, memang mobil ini didesign untuk kemewahan & kenyamanan. Waktu melintasi jalan tidak rata terasa bagus peredaman nya. Tentu saja tidak bisa dibandingkan dengan sedan, bagaimanapun rx270 adalah sebuah SUV. Tapi kalau dibandingnya suv2 lain yg pernah saya coba - rx270 termasuk yg paling empuk ride nya.

Kejutan terbesar dari mobil ini, bukan kemewahan atau fitur2 yg melimpah... Itu semua saya sudah tau baik dari internet, marketing officer maupun lihat langsung di showroom. Kejutan terbesar yang sampai sekarang masih membuat saya tersenyum sendiri kaya orang gila adalah....: handlingnya!! Yup, handling mobil ini membuat saya bertanya2 senang: "kok bisa??.."

Bagaimana mungkin mobil yg karakter suspensinya empuk ternyata gejala body roll sangat minim, bahkan di kecepatan2 yg saya coba (sampai 80kpj) boleh dibilang body roll tidak ada!! Boleh percaya boleh tidak... Saya sudah pernah td rx270 pre facelift, gejala bodyroll masih terasa... untuk rx270 facelift ini sudah sangat amat berkurang.

Sebagai perbandingan crv gen3 saya, generasi pertama tahun 2008: bantingannya keras, tapi itu semua dibayar lunas dengan handling yg mumpuni di tikungan, gejala body roll sangat minim. Sebaliknya, nissan x-trail, lebih empuk, tapi di tikungan kedodoran, body roll terasa. Pendek kata, logika yang saya anut selama ini: mobil empuk gak mungkin kencang bodynya di tikungan, sebaliknya mobil yang kencang bodynya di tikungan, gak mungkin bisa empuk... Tentu saja ada perkecualian, air suspension, atau suspensi yg bisa diatur... bisa memilih sport atau comfort. Kalau sport ya otomatis jadi keras tapi kencang, kalau comfort empuk tapi kedodoran di tikungan - nggak bisa dua2nya kita pilih sekaligus.

Mungkin itu alasan lexus punya slogan baru: "Engineering the impossible..." Kok bisa, mobil yg suspensinya empuk, ternyata di tikungan response nya cukup tajam & tidak ada body roll... ?? Gimana cara? Sebelumnya saya sudah baca2 di artikel2 luar negri bahwa chassis rx270 facelift dibikin lebih kaku dengan tambahan extra 13 weld spots + extra braces. Tapi saya tidak menyangka ternyata bisa improve handlingnya sangat baik.

Mungkin saya terkesan melebih2 kan... tapi ekspektasi saya adalah SUV mewah & safety yang suspensinya empuk dan bobotnya hampir 2 ton - tentu saja akan ada gejala2 limbung yg cukup parah. Handling rx270 facelift ternyata jauh melebihi ekspektasi saya. Di sinilah saya sangat puas, ternyata saya tidak harus kompromi driving style saya (melibas tikungan).

Positif:
Mewah, nyaman, kualitas lexus (toyota) dan (semoga saja) tidak rewel. Surprise besar, ternyata handlingnya cukup bagus. Harganya relatif mahal, hampir 1M, tapi dengan harga yang dibayar itu fitur2 yang didapatkan juga banyak sekali: afs, sunroof, optitron, haptic interface, 8 point parking sensor + rear cam, auto everything (light, wiper, dimming), smart key, touch sensor handle, power backdoor, vdc, tiptronic 6 speed, lampu di mana2, termasuk di atas kaki pengemudi + penumpang depan, lampu di bawah spion, auto folding mirror 2 mode (bisa auto bisa manual). Memory seat 3 posisi, dan masih banyak lagi... oya, electric window nya keempatnya otomatis (sekali pencet turun/naik terus) fitur ini biasanya hanya ada di driver window saja. Utk konsumsi bbm, dalkot kondisi tidak macet (low speed) saya bisa dapat 8-9 km / L (tergolong ngirit di kelasnya).

Negatif: response audio control di steering wheel terkesan agak lambat. Masih ok utk scroll, tapi kalau untuk ganti mode (misal dari radio mau ke usb) response time agak lama. Untuk versi HK, gpsnya tidak ada map untuk indonesia - jadi tidak bisa difungsikan sepenuhnya. Mungkin terdengar konyol... tapi saking banyaknya fitur (dan tombol), kadang saya jadi salah, misal mau mengubah tingkat pencahayaan spedometer... eh salah pencet tombol HUD. Lalu untuk power backdoor, di cluster itu ada pula tombol fuel cap release dan headlamp washer, jadi waktu mau buka bagasi salah pencet, malah yg kebuka fuel cap.

Bobot yg berat cukup terasa efeknya thd pengereman (atau cuma feeling saya saja?).

Kesimpulan: Secara keseluruhan saya sangat puas, rx270 sangat cocok dengan kondisi jalan dan lalulintas indonesia. Fiturnya melimpah, bahkan sampai saat saya menulis review ini mungkin ada fitur2 yg saya belum tahu (belum sempat baca manual book). Kombinasi kemewahan, safety, performa, handling, benar2 mumpuni. Mobil ini dibawa untuk se hari2 ok, untuk kondangan juga ok, untuk jalan bagus maupun jelek bisa. Dan yang jelas rx270 mempunyai 'soul', punya karakter - ada sesuatu yang membuat saya sangat suka pada mobil ini - mungkin karena bisa kita setting sedemikian rupa (baik posisi driver seat, maupun fitur2 mulai dari LED, security, auto macam2, vdc bisa dimatikan juga, park sensor, dll) membuat saya merasa 'connected'. Overall kalau dirate dari 1-10 dengan 10 yg paling bagus saya beri nilai 9.5 utk mobil ini.

(PS: Mohon maaf sebelumnya, utk foto2 di atas mohon tidak di download / dipergunakan di luar thread ini tanpa seizin saya, tq).
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Review: Lexus RX270 Facelift 2013

Post by Turboman »

Very Nice review pak :frm_tumbright:

Kebetulan sy pernah TD RX 270 yg model pertama X keluar (sebelum peslip), utk akselerasi sih oke, saat dibawa ke area slalom, Body Roll agak sedikit terasa karena mmg suspensi mobil ini agak empuk, engineer Toyota spt nya sengaja mengeset level kompromistis antara kenyaman yg baik dan handling yg cukup saja, itu di RX 270 yg pertama X keluar. TD di arena test drive Bangkok Motorshow 2011, ada zona khusus utk slalom dgn pion2.

Berarti di versi peslip ini suspensi-nya sudah mengalami perbaikan.
mpvlover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1147
Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26

Re: Review: Lexus RX270 Facelift 2013

Post by mpvlover »

gw suka review bos terutama background beli nya yg jarang diceritain kalau org laen

tp sayang bos ga tes drive rx 350

menurutku beda harganya worth mesin v6 nya utk pemakaian lama

msn 4 silinder mmg lumayan halus geternya kalo msh baru. tp kalo udah puluhan ribu km.. yaahhh
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Review: Lexus RX270 Facelift 2013

Post by andy1800 »

ai rili enjoy membacanya...
semakin byk penutur, tentuy saja dg stylenya masing2...jdnya semakin variatif.. membuat SM jadi multitone...dan itu sungguh bagus.

thanks for sharing :off_good_job:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
joehart
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: Sun Jul 29, 2012 7:57

Re: Review: Lexus RX270 Facelift 2013

Post by joehart »

damage cost'nya 2x dari crv atau cx-5 :mky_01:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Review: Lexus RX270 Facelift 2013

Post by ZombiEE »

andy1800 wrote:ai rili enjoy membacanya...
semakin byk penutur, tentuy saja dg stylenya masing2...jdnya semakin variatif.. membuat SM jadi multitone...dan itu sungguh bagus.

thanks for sharing :off_good_job:
Thank u too:)
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: Review: Lexus RX270 Facelift 2013

Post by g4ndalf »

Turboman wrote:Very Nice review pak :frm_tumbright:

Kebetulan sy pernah TD RX 270 yg model pertama X keluar (sebelum peslip), utk akselerasi sih oke, saat dibawa ke area slalom, Body Roll agak sedikit terasa karena mmg suspensi mobil ini agak empuk, engineer Toyota spt nya sengaja mengeset level kompromistis antara kenyaman yg baik dan handling yg cukup saja, itu di RX 270 yg pertama X keluar. TD di arena test drive Bangkok Motorshow 2011, ada zona khusus utk slalom dgn pion2.

Berarti di versi peslip ini suspensi-nya sudah mengalami perbaikan.
Tq gan... :thanks:

Kebetulan juga saya sempat td rx270 pre facelift - sebelumnya rencana ambil second aja lebih murah (tapi gak jadi karna harga msih mahal... sellernya bener2 gak mau digoyang :frm_bang_head:). Memang utk pre facelift body roll terasa, tapi utk rx facelift ini sudah sangat berkurang - justru di situ kejutan terbesarnya. Karena hal2 spt ini nggak keliatan di spek kendaraan, di manual book juga nggak ada, tapi kita sebagai entusias mobil tentu bisa merasakan kalau sudah td.

Kalo baca2 review di luar negri, konon ada 13 titik sambungan las baru di rx facelift (dibanding sblm facelift) - dimaksudkan supaya body lebih kaku (rigid), jadi nggak sekedar suspensi yg dituning ulang, tapi chassis juga udah beda. Tampang boleh mirip, karakter utk jalan lurus / jelek kurang lebih sama... tapi karakter handling di tikungan berbeda.. jauh.

Rx lineup adalah ujung tombaknya lexus, cmiiw lebih dari separuh penjualan unit lexus adalah rx series, jadi ya mungkin itu sebabnya mereka bener2 'go the extra miles' buat facelift nya.
mpvlover wrote:gw suka review bos terutama background beli nya yg jarang diceritain kalau org laen
tp sayang bos ga tes drive rx 350
menurutku beda harganya worth mesin v6 nya utk pemakaian lama
msn 4 silinder mmg lumayan halus geternya kalo msh baru. tp kalo udah puluhan ribu km.. yaahhh
Makasih gan... :thanks:

rx350 memang menggiurkan, tapi saya pertimbangkan tdk terlalu perlu juga power segede gitu - paling2 di tol doank kegunaannya, awd nya juga bakal nggak terpakai (kecuali pas kondisi ujan di jalan berkelok - kalo off road gak mungkin lah rx gw bawa off road... hehehe). mesin v6 tentu saja running costs lebih mahal, juga mekaniknya belum tentu 'bisa' nanganin mesin2 eksotis kek gitu. Yg paling simpel saja, blok mesin tentu lebih besar - akibatnya tangan mekanik akan susah menjangkau part2 mobil yg harus diperiksa/diganti. Juga kondisi jalanan indonesia yg lebih banyak macetnya drpd lancar - sayang rasanya mesin 3500cc cuma dibuat idle spt itu. Kalau mmg ngejar performa, mungkin lebih worth ambil cx-7 atau cx-9 harga jauh di bawah, performa berani dibandingkan.

Soal geter 4 cylinder, crv gen3 saya jalan udah ampir 50rb kms. Gejala geter juga minim, perasaan sih nggak berubah dr dulu... Nah rx270 jauh lebih bagus peredaman getaran drpd crv. Gak tau jangka panjang gimana - kalo honda aja bisa mestinya lexus juga bisa, mungkin ada pemakai rx270 yg bisa kasih masukan?
andy1800 wrote:ai rili enjoy membacanya...
semakin byk penutur, tentuy saja dg stylenya masing2...jdnya semakin variatif.. membuat SM jadi multitone...dan itu sungguh bagus.

thanks for sharing :off_good_job:
:thanks: Makasih bro, saya juga senang bisa sharing2, review2 SM mmg top markotop karena reviewnya benar2 riil, gak cuman positif doank, negatif juga diulas tuntas di sini.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Review: Lexus RX270 Facelift 2013

Post by Turboman »

Beli RX 270 sih gak salah pak........dia pengganti-nya Harrier 240..........waktu di BKK Motorshow saya TD dan coba bejek sampai 100 km/jam-nya sih enak, Powernya cukup.

Juga enaknya mobil CBU Toyota keluarga Harrier / Alphard itu spare parts-nya mudah........saya ada 1 teman di Bandung punya bengkel mobil yg banyak handle mobil2 CBU, dia bilang buat mobil CBU paling enak mah handle Toyota ama Mercedes Benz dah...........nyari / order parts-nya mudah.

Btw kalau baca ulasan ttg Toyota melakukan chassis tuning buat si RX facelift...........andai aja dia lakukan juga utk Ipah & 42ner yaa, pasti akan sgt asik........

Tapi dgn kondisi Ipah & 42ner spt ini yaa akhirnya menghidupkan para penjual Chassis tuning kit (Underbrace / Chassis Bar / SwayBar)......hehehehehe

Apa yg dilakukan engineer Toyota thd chassis pada body si RX ya sama spt kita pasang Underbrace & Rear chassis bar di Innova, mengurangi "chassis sway" antara batang utama kanan & kiri
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: Review: Lexus RX270 Facelift 2013

Post by g4ndalf »

joehart wrote:damage cost'nya 2x dari crv atau cx-5 :mky_01:
sedikit lebih dari 2x gan tepatnya... :oops:

Tapi saya mikirnya gini: seandainya crv atau cx5 punya fitur2 yg dimiliki rx270, berapa kira2 harganya?

Utk crv cuma ditambah rear cam + gps (cmiiw) di prestige harga dinaikin 19jt :mky_05:

Coba kalau fitur2 ini:
sunroof, cruise control, power backdoor, 8 point parking sensor, hud, 11 speaker subwoofer sound system, auto headlamp, auto wiper, HID headlight, head up display, 6 speed transmission, engine 2.7L... dll

Utk sunroof aja mungkin tambahnya sekitar 6-8 jt, HID aftermarket se murah2nya 2 jtan belum pemasangan, sound system 8-10 juta, dst dst. Belum lagi fitur haptic control remote touch nya, ini eksklusif cuma ada di lexus... Jadi kalau crv punya semua fitur2 rx270, mau dikasih harga brp? Mungkin malah lebih tinggi.... :big_slap:

Kalau bicara rupiah betul mmg lebih mahal, tapi kalau bicara fitur, value for money - IMHO rx270 lebih worth dibeli... :big_peace:


Utk cx-5 fitur lumayan lengkap, handling sedikit lebih bagus drpd rx270 (ya iyalah wong bobotnya terpaut hampir setengah ton) - tapi cx5 punya kekurangan di jok belakang tidak bisa recline jadi terkesan sempit. Mesin yg 2000cc juga terasa berat di tarikan awal, kalo udah jalan sih ok... di rx270 tarikan awal cukup bagus (mesin 700cc lebih gede dr cx5, torsi lebih gede), cuma memang steeringnya nggak setajam cx5 - pendek kata cx5 terasa lebih ringan (krn memang bobotnya lebih ringan.... :oops: )

Sebetulnya saya pribadi tertarik dgn cx5, tapi ya karena spt yg saya bilang tadi... instruksi kapolda lebih ke arah rx270 :big_smoking:
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: Review: Lexus RX270 Facelift 2013

Post by g4ndalf »

Turboman wrote:Beli RX 270 sih gak salah pak........dia pengganti-nya Harrier 240..........waktu di BKK Motorshow saya TD dan coba bejek sampai 100 km/jam-nya sih enak, Powernya cukup.

Juga enaknya mobil CBU Toyota keluarga Harrier / Alphard itu spare parts-nya mudah........saya ada 1 teman di Bandung punya bengkel mobil yg banyak handle mobil2 CBU, dia bilang buat mobil CBU paling enak mah handle Toyota ama Mercedes Benz dah...........nyari / order parts-nya mudah.

Btw kalau baca ulasan ttg Toyota melakukan chassis tuning buat si RX facelift...........andai aja dia lakukan juga utk Ipah & 42ner yaa, pasti akan sgt asik........

Tapi dgn kondisi Ipah & 42ner spt ini yaa akhirnya menghidupkan para penjual Chassis tuning kit (Underbrace / Chassis Bar / SwayBar)......hehehehehe

Apa yg dilakukan engineer Toyota thd chassis pada body si RX ya sama spt kita pasang Underbrace & Rear chassis bar di Innova, mengurangi "chassis sway" antara batang utama kanan & kiri
Yep betul... rx270 mmg bermain di segmen harrier 240. Tapi perbedaan yg lebih mendasar, di transmisinya, selain mesin lebih besar 300cc, transmisi rx270 6 speed, jadi lebih close ratio ketimbang harrier 240 yg transmisinya cuma 4 speed.

Tapi ada perbedaan dimana mesin harrier itu notabene mesin camry, mesin rx270 asli lexus, jadi spare part mungkin nggak semudah harrier dulu. Tapi keunggulan lexus di 'backing' toyota astra, jadi mslh spare part mestinya gak susah2 amat... apalagi mobil ini cukup banyak pemakainya.

Utk ipah dan 42ner, mungkin mslhnya ada di market segmen ya... soale ipah dan 42ner kan lakunya di negara2 ASEAN, utk 42ner msh bisa tembus market timteng, cmiiw. Tapi market mobil terbesar ya tetap di amrik, eropa, china, japan, dan di daerah2 tsb ipah & 42ner kurang diminati. Sebaliknya lexus ini lumayan sukses di amrik dan japan - penjualan gede tentu budget untuk pengembangan juga lebih besar. Jadi pendeknya, dia riset satu mobil bisa dijual berapa unit? Nah kalo bicara soal penjualan berapa unit... di amrik aja penjualan udah ampir 100rb unit, pdhl mobil luxury itu cuan nya jauh lebih besar (iya donk, jualan 100rb unit ipah, jelas lain nilainya dengan jualan 100rb unit lexus) - jadi dengan penjualan segitu gede budget dia utk r&d juga lebih besar.

Kalo membandingken harrier 240g vs lexus rx270 - cukup banyak bedanya, ga cuma eksterior, tapi interior juga berubah drastis, mesin dan transmisi juga berubah total, boleh dibilang ini adalah 2 mobil yg berbeda. Tapi, DNA nya tetap sama, mewah, nyaman... itu image saya pada harrier & lexus rx, ada sedikit tambahan... kalo pake harrier, keknya percuma deh mau adu cepat sama crv ato cx-5, baik di trek lurus atau tikungan, udah pasti kalah... laen cerita kalo rx270 berani diadu... hehehe :big_peace:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Review: Lexus RX270 Facelift 2013

Post by Turboman »

joehart wrote:damage cost'nya 2x dari crv atau cx-5 :mky_01:
RX 270 beda kasta lah ama CX-5 dan CR-V......hihihihihihi

Lawannya Lexus RX dari kubu Honda ya Acura MDX

CMIIW
numero siji
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 49
Joined: Wed Dec 09, 2009 5:06

Re: Review: Lexus RX270 Facelift 2013

Post by numero siji »

Mantap sekali review dan pilihannya pa gandalf. Mobil yg sangat kereen dan nyaman. Udah memenuhi semua unsur yg dibutuhkan dalam memiliki mobil. Sayang damagenya terlalu tinggi buat saya. Btw kl harrier 3000 adu cepat dgn crv dan cx5 saya rasa masih mumpuni jg
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Review: Lexus RX270 Facelift 2013

Post by Risol1 »

g4ndalf wrote:Pendek kata, karena bingung mau upgrade apa, akhirnya saya tunjukin pic2 lexus rx270 ke istri saya... langsung dia bilang "ganti yg ini aja pa... sepertinya lebih bagus" :mky_01:
sama bener kasusnya kaya ane.
Jual RX model jadul (Harrier gen 2), ane udah arahin beli yg murahan kaya CRV/CX5/Highlander/CX9/Pilot sampe MDX dan udah TD juga semuanya, ujung2nya bini pengen RX lagi....hehehe Jadi ngambil RX350 deh. :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Review: Lexus RX270 Facelift 2013

Post by Risol1 »

g4ndalf wrote:Tapi ada perbedaan dimana mesin harrier itu notabene mesin camry, mesin rx270 asli lexus, jadi spare part mungkin nggak semudah harrier dulu. Tapi keunggulan lexus di 'backing' toyota astra, jadi mslh spare part mestinya gak susah2 amat... apalagi mobil ini cukup banyak pemakainya.

Kalo membandingken harrier 240g vs lexus rx270 - cukup banyak bedanya, ga cuma eksterior, tapi interior juga berubah drastis, mesin dan transmisi juga berubah total, boleh dibilang ini adalah 2 mobil yg berbeda. Tapi, DNA nya tetap sama, mewah, nyaman... itu image saya pada harrier & lexus rx, ada sedikit tambahan... kalo pake harrier, keknya percuma deh mau adu cepat sama crv ato cx-5, baik di trek lurus atau tikungan, udah pasti kalah... laen cerita kalo rx270 berani diadu... hehehe :big_peace:
kalo ane bilang malah rasanya sama persis kaya RX 350 jadul, gak banyak berubah kecuali tampang luar dalem.

Mesin RX270 sebenernya mesinnya toyota juga, udah banyak dipake di highlander dan venza
Mesin RX350 juga dipake di camry.....
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: Review: Lexus RX270 Facelift 2013

Post by g4ndalf »

numero siji wrote:Mantap sekali review dan pilihannya pa gandalf. Mobil yg sangat kereen dan nyaman. Udah memenuhi semua unsur yg dibutuhkan dalam memiliki mobil. Sayang damagenya terlalu tinggi buat saya. Btw kl harrier 3000 adu cepat dgn crv dan cx5 saya rasa masih mumpuni jg
Harrier 3000 mesin mmg mumpuni tp sptnya suspensi gak beda2 jauh sama 240, jadi mungkin di menang di trek lurus, tapi di tikungan sptnya body roll / handling masih bagusan crv / cx5.
Risol1 wrote:sama bener kasusnya kaya ane.
Jual RX model jadul (Harrier gen 2), ane udah arahin beli yg murahan kaya CRV/CX5/Highlander/CX9/Pilot sampe MDX dan udah TD juga semuanya, ujung2nya bini pengen RX lagi....hehehe Jadi ngambil RX350 deh. :mrgreen:
Hahahah... mmg lexus rx ini design nya appealing buat cewek2, bicara nyaman dan mewah - jarang yg bisa menandingi. Cuma biasanya kenyamanan itu dikompromi dengan handling yang cuma gitu2 aja. Tapi tdk buat rx facelift, feelingnya saya dapet juga kok.
Risol1 wrote:
g4ndalf wrote:Tapi ada perbedaan dimana mesin harrier itu notabene mesin camry, mesin rx270 asli lexus, jadi spare part mungkin nggak semudah harrier dulu. Tapi keunggulan lexus di 'backing' toyota astra, jadi mslh spare part mestinya gak susah2 amat... apalagi mobil ini cukup banyak pemakainya.

Kalo membandingken harrier 240g vs lexus rx270 - cukup banyak bedanya, ga cuma eksterior, tapi interior juga berubah drastis, mesin dan transmisi juga berubah total, boleh dibilang ini adalah 2 mobil yg berbeda. Tapi, DNA nya tetap sama, mewah, nyaman... itu image saya pada harrier & lexus rx, ada sedikit tambahan... kalo pake harrier, keknya percuma deh mau adu cepat sama crv ato cx-5, baik di trek lurus atau tikungan, udah pasti kalah... laen cerita kalo rx270 berani diadu... hehehe :big_peace:
kalo ane bilang malah rasanya sama persis kaya RX 350 jadul, gak banyak berubah kecuali tampang luar dalem.

Mesin RX270 sebenernya mesinnya toyota juga, udah banyak dipake di highlander dan venza
Mesin RX350 juga dipake di camry.....
Anda benar mesin 1ar-fe dipakai di highlander, venza (dan mungkin ada yg lain lagi?) - tapi mobil2 tsb nggak masuk ke indonesia (mungkin ada lwt jalur IU, tp yg pasti populasi sangat sedikit), jadi dlm hal spare part mesin rx270 boleh dibilang bukan cangkokan dr camry lagi.

Utk penjualan rx350 di indonesia kalah jauh sama rx270 - kalau di US mungkin kebalik? cmiiw... maklum di US kan banyak freeway, highway, gak semacet di indonesia - jadi kerasa betul itu kalo mesinnya lebih gede. Kalo di indonesia mau pake infinity fx50 sekalipun kalo lagi macet ya tetep aja kalah cepet sama bajaj.... :big_slap:

Btw rx350 nya bro risol yg facelift apa bukan? soalnya kalo dibilang 'rasa' nya sama spt rx gen 2, jelas beda di remote touch. Utk facelift, steering + handling juga banyak improve (paling gampang ya td keduanya) yg kerasa betul body roll berkurang, kalo steering mungkin masih 11-12. Tapi kalau di indonesia populasi rx350 gen 2 cukup jarang, yang paling laku ya harrier 240g, dan kalau dibanding harrier 240, lexus rx270 pre facelift sekalipun jelas beda secara mesin dan transmisi udah lain... Jadi:

rx350 gen 2 -> rx350 gen 3 : mungkin perbedaan gak terlalu banyak
harrier 240g (rx gen 2) -> rx270 gen 3 facelift: luar dalem beda, mesin & transmisi beda, chassis juga beda

Jadi kalau di US mungkin terasanya cuma beda tipis yak... karena yg laku kan rx350, tapi kalau di indonesia pendahulu rx270 ya harrier 240, dan bedanya sangat terasa... :big_peace:
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: Review: Lexus RX270 Facelift 2013

Post by Belphegor »

Mantap sekali reviewnya om g4ndalf. Yang saya rasakan untuk Harrier 2.4 aja handlingnya sudah mantap untuk ukuran SUV bersuspensi lembut, berarti RX 270 ini jauh lebih mantap ya handlingnya. Om kalo nga ngerepotin boleh PM saya dapat deal di harga brp dan showroom mana?

:thanks:
User avatar
revpa
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Wed Oct 31, 2012 19:38

Re: Review: Lexus RX270 Facelift 2013

Post by revpa »

Wah gan... klo budget kena di RX270 saya juga pasti milih RX270... yah karena baru sanggup CX5 yah sy puas aja di situ... padahal pengen juga Subaru Forester, tapi yah itu mentok di Budget... hehehe...

RX270 memang tampilannya elegan... terkesan sangat mewah... pokoknya ngak salah pilih deh... Saingan Mazda buat RX270 yah CX9, tapi klo ambil yg sekarang udah ketinggalan model, di Luar sana udah keluar seri barunya, paling baru masuk di Indo pertengahan thn dpn...
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: Review: Lexus RX270 Facelift 2013

Post by g4ndalf »

@belphegor: kalo soal harga saya udah sebut di review... :oops: masalahnya barangnya ada nggak itu saya nggak tau, kalo di showroom saya udah abis, waktu saya ambil msh ada 1 - tapi kata marketingnya skrg udah laku, kalau mau inden ya tunggu taon depan (harga & bbn juga ngikut taon dpn). Diskon hampir gak ada, cuma dapet kaca film doank.

@revpa: forester is a nice car, cuma sayang stylingnya terlalu konvensional, padahal ride quality dan handling mesin boxer subaru + awd nya mantabbb sekali. Kalo hrs milih saya ttp milih cx5 drpd forester, terutama ya karena styling cx5 lebih mengena bagi saya.

Kalau dilihat dr harga mungkin mmg saingan rx270 adalah cx9 tapi sebetulnya kalo diliat kelasnya cx9 lebih tinggi karena mesin lebih gede + 7 seater, dimensinya juga lebih besar drpd rx270. Secara kelas rival rx270 adalah cx7 - tapi dua mobil ini sangat berbeda DNA nya, rx270 mengedepankan mewah & nyaman, sementara cx7 fokus ke performa (power & handling).

Oya, dulu saya juga cuma bisa ngiler liatin harrier... :oops: jadiin aja penyemangat kerja, hehehe =)
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Review: Lexus RX270 Facelift 2013

Post by esh »

Nice review oom, thanks for sharing. :thanks:

Salut juga istrinya nggak kemakan design gimmick cr-v gen 4.
User avatar
revpa
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Wed Oct 31, 2012 19:38

Re: Review: Lexus RX270 Facelift 2013

Post by revpa »

g4ndalf wrote:@belphegor: kalo soal harga saya udah sebut di review... :oops: masalahnya barangnya ada nggak itu saya nggak tau, kalo di showroom saya udah abis, waktu saya ambil msh ada 1 - tapi kata marketingnya skrg udah laku, kalau mau inden ya tunggu taon depan (harga & bbn juga ngikut taon dpn). Diskon hampir gak ada, cuma dapet kaca film doank.

@revpa: forester is a nice car, cuma sayang stylingnya terlalu konvensional, padahal ride quality dan handling mesin boxer subaru + awd nya mantabbb sekali. Kalo hrs milih saya ttp milih cx5 drpd forester, terutama ya karena styling cx5 lebih mengena bagi saya.

Kalau dilihat dr harga mungkin mmg saingan rx270 adalah cx9 tapi sebetulnya kalo diliat kelasnya cx9 lebih tinggi karena mesin lebih gede + 7 seater, dimensinya juga lebih besar drpd rx270. Secara kelas rival rx270 adalah cx7 - tapi dua mobil ini sangat berbeda DNA nya, rx270 mengedepankan mewah & nyaman, sementara cx7 fokus ke performa (power & handling).

Oya, dulu saya juga cuma bisa ngiler liatin harrier... :oops: jadiin aja penyemangat kerja, hehehe =)
Bener memang Forester not the best looking car, tapi secara performance dan handling pasti mantep karena AWD, soalnya saya tinggal di daerah yang bergunung... just wishing that MMI would bring CX5 AWD... must be great! tapi ngak bisa bayangin kalo CX5 AWD masuk Indo harganya pasti selangit juga... hehehe...

anyway di kota saya malah orang berfikir CX5 dan RX270 itu sekelas... malah pernah saya parkir mobil dan ada yg samperin dan tanya... harganya 1M-an yah Pak...? hehehe... Maklum di sini CX5 baru ada 2 unit dan RX270 udah lusinan... jd mereka mikirnya karena mobil jarang2 jadi mahal...
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Review: Lexus RX270 Facelift 2013

Post by Risol1 »

g4ndalf wrote:Btw rx350 nya bro risol yg facelift apa bukan? soalnya kalo dibilang 'rasa' nya sama spt rx gen 2, jelas beda di remote touch. Utk facelift, steering + handling juga banyak improve (paling gampang ya td keduanya) yg kerasa betul body roll berkurang, kalo steering mungkin masih 11-12. Tapi kalau di indonesia populasi rx350 gen 2 cukup jarang, yang paling laku ya harrier 240g, dan kalau dibanding harrier 240, lexus rx270 pre facelift sekalipun jelas beda secara mesin dan transmisi udah lain... Jadi:

rx350 gen 2 -> rx350 gen 3 : mungkin perbedaan gak terlalu banyak
harrier 240g (rx gen 2) -> rx270 gen 3 facelift: luar dalem beda, mesin & transmisi beda, chassis juga beda

Jadi kalau di US mungkin terasanya cuma beda tipis yak... karena yg laku kan rx350, tapi kalau di indonesia pendahulu rx270 ya harrier 240, dan bedanya sangat terasa... :big_peace:
Punya saya thn 2012 tapi yg belom facelift bro. Belom pernah nyobain yg facelift karena pas beli dulu yg FL belom nyampe di dealer.

Maksud ane "rasa" itu di feeling bawa dan naikkannya bro, kalo remote touch itu kan cuma fitur extra untuk pencet2 layar (kalo RX yg lama kan touch screen, remote touch cuma gantiin jari kita untuk pencet logo2 di layar)
ibaratnya kaya bmw 320i E90 yg pake idrive vs 320i E90 yg non-idrive, semestinya feelingnya drive and ridenya hampir sama.

Kalo u/ pasar US cuma ada yg RX350 dan RX450

Great review bro.

ngomong2 lampu tombol2 di overheadnya (kaya tombol reading lights, tombol sunroof) udah illuminated blom kalo malem?
Ane punya koq gelap gulita ya?

Abis itu reverse camnya udah ada garis2 buat tandain jarak ngga? RX yg lama kayaknya udah ada deh, koq ini malah diilangin :mrgreen:
User avatar
grandscenic
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1490
Joined: Wed Dec 23, 2009 4:16

Re: Review: Lexus RX270 Facelift 2013

Post by grandscenic »

Nice... :frm_tumbright:
Etme Bulma Dünyası
kaisez
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Fri May 30, 2008 6:11

Re: Review: Lexus RX270 Facelift 2013

Post by kaisez »

Mantab reviewnya bro...
Mikin kesengsem aja ganti rx270.
Btw klo kita ambil harier yg tipe lama sama rx270 mending mana y?
Kantong masi penyesuain soalnya hehe
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: Review: Lexus RX270 Facelift 2013

Post by g4ndalf »

Risol1 wrote: Punya saya thn 2012 tapi yg belom facelift bro. Belom pernah nyobain yg facelift karena pas beli dulu yg FL belom nyampe di dealer.

Maksud ane "rasa" itu di feeling bawa dan naikkannya bro, kalo remote touch itu kan cuma fitur extra untuk pencet2 layar (kalo RX yg lama kan touch screen, remote touch cuma gantiin jari kita untuk pencet logo2 di layar)
ibaratnya kaya bmw 320i E90 yg pake idrive vs 320i E90 yg non-idrive, semestinya feelingnya drive and ridenya hampir sama.

Kalo u/ pasar US cuma ada yg RX350 dan RX450

Great review bro.

ngomong2 lampu tombol2 di overheadnya (kaya tombol reading lights, tombol sunroof) udah illuminated blom kalo malem?
Ane punya koq gelap gulita ya?

Abis itu reverse camnya udah ada garis2 buat tandain jarak ngga? RX yg lama kayaknya udah ada deh, koq ini malah diilangin :mrgreen:
Oww... saya mengerti maksud anda. Bedanya di US dan indo, kalau di indo populasi lexus rx350 gen2 itu sangat jarang, cmiiw cuma dijual oleh atpm lexus di taon 2009, itupun gak terlalu laku karena waktu itu harga udah menyentuh 1M (cmiiw lagi) - padahal tampilan luar dalem sama persis dengan harrier 2.4L yang harganya sekitar 600-700an (cmiiw).

Jadi kalau di indonesia kalau kita bicara lexus rx lawas (gen 2) itu biasanya referensi ke toyota harrier 2.4L. Di taon2 awal harrier masuk juga yg 3000cc (airs) tapi gak gitu laku - mayoritas harrier yg ada di jalanan itu ya 2400cc. Nah, kalau dibanding harrier yg 2.4 itu lexus rx270 jelas beda rasanya - dari tenaga udah beda, belum transmisi, dll. Tapi kalau di US saya rasa anda benar bahwa rx350 lama dengan yg baru ya cuma beda2 tipis.... karena karakter mesin dan transmisi mungkin juga mirip2 pula.

Utk versi facelift, chassis mengalami penyempurnaan. Saya nggak tau ya utk rx350 gimana, tapi kalau rx270 saya udah coba yg pre facelift - rasanya lain, steering fl sedikit lebih tajam, & bener2 kerasa body roll jauh berkurang.

Utk fl saya - tombol2 di atas juga ga ada illumination. Kalau reverse cam, ada garis2nya tapi munculnya cuma di MID di speedometer yg kecil itu, jadi nggak terlalu berguna juga menurut saya. Lebih berguna suara beeper nya. Utk tampilah di central MID, cuma muncul icon mobil trus ada warna kuning kalau jarak udah dekat, dan ada kuning garis2 merah kalau lebih dekat lagi.
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: Review: Lexus RX270 Facelift 2013

Post by g4ndalf »

kaisez wrote:Mantab reviewnya bro...
Mikin kesengsem aja ganti rx270.
Btw klo kita ambil harier yg tipe lama sama rx270 mending mana y?
Kantong masi penyesuain soalnya hehe
tq bro... :thanks:

Kalo anda tanya saya jawabnya ya mending rx270 - itu kalau saya lho. Mesin lebih bertenaga, torsi lebih gede, transmisi tambah 2 speed (harrier cuma 4 speed, rx270 6 speed). Exterior interior juga bagusan rx270 + fitur2nya jauh lebih banyak.

Emang sih lebih mahal rx270, tapi worth lah beli... Kalo bicara suv mewah, termasuk yg value for money sangat bagus, saingannya jauh lebih mahal. Begitu pula maintenance rx relatif lebih gampang (harusnya resale value juga bagus....).