Review All-new Mercedes Benz C200 CGI Avantgarde 2012

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Review All-new Mercedes Benz C200 CGI Avantgarde 2012

Post by AD74YA »

Kali ini ane mau bikin review lagi.. he..he..he.. Kali ini mobil yang jadi pasien adalah Mercedes Benz C200 CGI Avantgarde. Entah kenapa ada yang bawa mobil ini ke garasi.. Apa boleh buat, saya jajal aja hehehe...

Nah, berhubung C-class ini lumayan asik buat diulik ceritanya, ane mau bahas dulu sedikit sejarahnya varian ini sejauh yang ane tau aja.

Sejarah
Meskipun Mercedes ini bukan ranah ane untuk cerita, karena di SM ini ada yang khatam dengan sejarah MB yaitu the one and only Mr. Nightster Gay, ane coba bahas beberapa hal yang menarik dari C-class.

Banyak (banyak banget malah) yang mengira kalau C-class itu diciptakan ketika Daimler AG mengakuisisi Mercedes. Banyak yang mengira C-class pertama diciptakan tahun 1993 yang berkode W202. Well, sebenernya nggak salah juga, penamaan C-class memang di pelopori oleh Daimler AG untuk mempersimpel kode produksi Mercedes.

Tapii.... Sebenernya ada versi W201 yang secara langsung merupakan genesis dari C-class. W201 di produksi di tahun 1982 sebelum kepemilikan Mercedes diambil alih oleh Daimler AG. W201 diciptakan sebagai ujung tombak Mercedes menyasar pasar mid-end, karena Mercedes yang sebelumnya main di pasar high-end dengan E-class, S class, dan SL-class mulai mendapatkan perlawanan berat dari pesaingnya (BMW, Audi) dan pasar high-end mulai jenuh. BMW yang paling dulu menciptakan pasar mid-level diantara 3 merk itu dengan Seri-3 nya lenggang kangkung menguasai pangsa bawah. Melihat hal ini, Mercedes ingin merebut potongan kue dari BMW secepatnya. Bruno Sacco, sang desainer tersohor, pun di beri amanah untuk mendesain basis C-class dari 0.

Bruno Sacco nggak menganggap enteng masalah ini, sebaliknya dia mengerahkan seluruh pengetahuan otomotifnya mendesain tiap detil dari W201. Berbeda dengan Seri 3 BMW yang mengedepankan simplisitas teknikal, Sacco mendesain W201 dengan berfokus kepada inovasi teknikal. Hasilnya? Hanya 1 kata yang bisa mewakili hasil desain Sacco; MASTERPIECE.

W201 yang dihasilkan memiliki chassis dengan suspensi belakang multi-link independen pertama di dunia, ditambah pembuatan chassis pertama menggunakan besi campuran sehingga lebih ringan, lebih tipis, tetapi lebih kuat dibanding pressed-steel biasa. Selain itu juga salah satu mobil pertama (selain Lancia) yang didesain dengan menggunakan wind-tunnel untuk mengetes aerodinamisnya.

Cukup?

Ternyata belum. Sacco juga mematok standar tinggi untuk sektor mesinnya. Mercedes menghasilkan 2 mesin yang menjadi basis hampir semua mesin masa depan. Yang pertama; mesin bensin 4 silinder dengan efisiensi tinggi sehingga bisa menghasilkan tenaga besar. Kedua mesin diesel dengan teknologi encapsulated yang dapat meredam getaran dan suara kasar dari mesin diesel, sehingga menjadi mesin diesel halus pertama di Dunia.

Hasilnya?

Hasil penjualannya hingga setengah dekade pertama kabarnya belum mampu menutupi biaya investasi R&D nya. Tapi bahkan seorang Martin Brundle (pembalap F1 yang fanatik BMW) mengakui W201 saat itu memiliki chassis lebih baik dari sebuah BMW. (Padahal Mercedes saat itu terkenal di kenyamanannya sedangkan BMW terkenal akan performanya)

Nah setelah Mercedes diambil oleh Daimler AG, perubahan dari segi teknis C-class bergeser dari inovasi teknis ke performa dan keamanan bergeser ke inovasi kenyamanan. C-class berikutnya mengedepankan space penumpang, kenyamanan suspensi, kehalusan mesin dan transmisi.

Hingga kini ketika Mercedes berhasil memisahkan diri dengan Daimler AG di bidang R&D produknya (meskipun sebagian saham tetep owned by Daimler), C-class diarahkan untuk kembali lagi menjadi "driver's car" dan unggul dibagian inovasi performa dan keamanan. Dan C-class terakhir garapan Mercedes inilah yang saya Test Drive kali ini.

Eksterior

Segera dari eksterior saya bisa merasakan aura sporty yang tadinya hilang pada masa Daimler AG. Tarikan garisnya mirip muscle car Amerika to be honest. Bonnet yang tinggi dan naik di bagian depan dan samping, spakbor menonjol, bumper depan kotak, grill tajam, dan airscoop besar lalu tarikan garis ke arah belakang yang tegas hampir menghilangkan ciri khas C-class yang lama di tanamkan oleh Daimler AG.
IMG_1477.JPG
IMG_1478.JPG
IMG_1479.JPG
IMG_1483.JPG
Well, speaking of the truth, secara bahasa desain mungkin nggak semua orang suka dengan desain baru Mercedes ini. Beberapa menganggap desainnya kacangan, beberapa menganggap desainnya fresh dan masih mahal. Bagi saya pribadi, saya kali ini ikut ke kelompok yang menganggap bahwa desain baru C-class ini somehow membuatnya jadi kelihatan lebih murah dibanding versi mata kacang sebelumnya. Entah kenapa kesan ekslusifnya menjadi berkurang.

Tipe yang saya TD adalah C200 CGI Avantgarde facelift 2012 yang memiliki Grill sport dengan lambang three-pointed star besar ditengah-tengahnya dan lambang biru MB di bonnet. Selain itu perbedaan dengan versi Classic nya adalah garnish chrome dan model velg.

Oya, versi facelift ini memiliki desain lampu depan baru. Dan hanya ada 2 varian; Classic dan Avantgarde. Classic yang termurah.

Detail yang saya suka:
• Wheel arch menggembung membuat mobil berasa berotot,
• Spion berdesain aerodinamis
• Lampu LED di lampu belakang menyegarkan tampilan plain di bagasi
• Velg nya bagus
Yang saya tidak suka:
• Dapet ban Goodyear.

Interior
Isu penurunan kualitas interior pada masa didesain oleh Daimler AG di anggap serius oleh MB. Material dashboard, semua tombol-tombolnya, dan sebagian bagian door trim di lapisi oleh nano coating khusus yang memiliki sifat anti gores dan anti finger print/minyak, dan splash resistant. Dan teknologi tersebut terasa ketika tombol-tombol di dalam C-class kita sentuh.

Setir bergaya AMG yang sangat-sangat keren, dengan kualitas panel silver yang jelek dan membuat murah kalau diperhatikan secara detail. Paling nggak pinggiran setir dibungkus oleh nappa leather yang enak digenggam.
IMG_1489.JPG
Dashboard tertata dengan rapi dan mewah, peningkatan jauh dibanding versi mata kacang. Wooden panel Black Ash top notch.
IMG_1495.JPG
IMG_1503.JPG
IMG_1498.JPG
IMG_1497.JPG
Yang keren speedometer nya, sekarang MID ditengahnya berwarna dan kita bisa ngontrol semua fungsi mobil di setir mulai dari MID hingga audio dan telpon bisa diatur lewat setir dan tampil di MID.
IMG_1490.JPG
Headroom leluasa dan space kaki cukup mengakomodir. Space nya lebih kecil dibanding C-class mata kacang. Jok juga lebih tipis dan lebih keras dibanding versi sebelumnya. Kulitnya berwarna beige dan kualitasnya biasa saja mengingat kelasnya MB.
IMG_1501.JPG
IMG_1502.JPG
IMG_1506.JPG
LCD sekitar 5 inch terletak di tengah dash dan menampilkan berbagi fungsi dan informasi yang bisa di kontrol lewat command control di center console.
IMG_1499.JPG
Banyak pernak pernih seperti indikator jarak depan belakang yang ada di dashboard dan plafon belakang. Secara overall interior new C-class sangat keren dan modern.

Bagasi cukup besar untuk ukuran kompak mobil ini. Besarnya sebesar bagasi big saloon Japanese brands.
IMG_1485.JPG
Fitur:
Disinilah what this car is all about.

Kita lihat dari sisi engineering performa;
Mesin direct injection CGI yang memiliki desain injeksi mandiri, combustion chamber yang optimal, displacement yang lebih kecil, desain variabel valve timing terbaru mengakibatkan mesin yang dihasilkan jauh lebih ringan dan lebih kecil tetapi memiliki tenaga yang besar dan getaran yang halus. Sistem injeksi baru pada mesin ini memberikan sensasi supercharge kepada pengemudi, pun displacement yang hanya 1800cc memberikan efisiensi mesin yang sangat irit.

Belum cukup disitu, MB memberikan turbocharge terintegrasi dengan sistem mesin sehingga meskipun 1800cc, mobil ini bisa menghasilkan 181 Hp dan torsi maksimal 270 Nm. Ini lebih besar dibanding mesin i-VTEC K24 2400cc legendaris Honda yang dipasang di Accord. Gila!

Belum cukup disitu.. C-class ini juga ada BlueEFFICENCY (males nulis panjang2 ane singkat BF aja ya hehehe). Apa BF itu? Setiap MB yang ada lambang BF artinya memiliki windscreen dari laminasi kaca, noise insulating baru di firewall, velg alloy baru, transmisi baru yang lebih ringan, dan drag resistance yang turun 0,25.
IMG_1482.JPG
Hasilnya? Produk yang di tempel badge BF ini lebih ringan dan lebih silent dibanding sebelumnya.

Dari segi kenyamanan selain yang sudah dibahas dibagian interior, juga ada peningkatan di bagian keamanan; 6 airbags, 8 sensor jarak, intellegent light system, servo steering, dan lainnya sebagai standar.

Ada satu fitur menarik yang harus ane highlight; C-class baru ini merupakan salah satu mobil pertama yang ATPM buat memiliki fitur Start-Stop Engine. Apa itu? Yaitu mesin yang shut off mesin pada kondisi mobil diam di gigi D dan tidak bergerak, akan tetapi alternator tetap menyala untuk tetap menyalakan AC dan elektronik mobil lainnya... Dengan sedikit injak gas, maka mesin akan nyala, dan hanya dengan jeda 1 detik mobil berakselerasi lagi dengan halus... Well, well, well... Fitur ini akan sangat menghemat bahan bakar di jalanan Indonesia yang penuh dengan macet. Hanya penggunanya harus aware dan peka agar tau apakah kondisi mesin saat itu hidup atau tidak, karena kalau saat kondisi mesin mati dan gas diinjak agak dalam, mobil bisa melompat.
IMG_1496.JPG
Audionya? 12 speaker Harman/Kardon dengan Logic 7 untuk surround sound. Suaranya? Dengan Logic 7 off terasa natural, bass cukup dalam, vokal bagus, hanya simbal yang sedikit agak kurang, tapi overall oke banget. Dengan Logic 7 on, suaranya lebih dinamik, dan suaranya bisa menyesuaikan dengan road noise sehingga ada fitur noise cancelling. Perfect!

AC nya dual climate, penumpang belakang juga ada lubang AC. Yang keren adalah, ada sensor temperatur dan sinar teintegrasi didepan dan belakang mobil jadi besarnya angin yang dikeluarkan dari lubang AC bisa disesuaikan berdasar arah yang panas secara otomatis.
IMG_1504.JPG
Test Drive

Capek juga ane bikin laporan semua yang ada di mobil ini. Cut the crap, kita langsung ke sensasi berkendara saja.

Ane test drive berempat. 1 orang diantaranya teman saya yang owner C230 tahun 2007, dan satunya lagi cukup pengalaman terhadap mobil-mobil. Mereka berdua dibelakang, saya sebagai driver didepan.

Posisi duduk sempurna, viewing angle pas. Gas di towel dikit, mobil dah melaju. Kesan pertama yang ane dapet dari nyetir mobil ini adalah kesan ringan sekali mobil ini... Mesinnya agresif dan gesit, berat setirnya juga pas. Body nya terasa kecil dan mudah manuver dimana saja. Akurasi setir juga bagus sekali, berbeda dengan Mercy mata kacang.

Yang duduk di belakang, however, harus mengakui lack of space dan kursi dan suspensi yang terlalu keras dibelakang untuk ukuran MB. apalagi karena mobil ini RWD jadi ada cekungan transfercase transmisi di bagian tengah legroom belakang. Tetapi support jok kata mereka cukup oke.
Saya coba bejek gas.. Wusss,,, Dari RPM 0-3000 mesin haluss sekali dan kencang... diatas 3000, however, terjadi semacam lag. Ane agak bingung, kok mesin cepet banget kendornya, ane bejek gas lebih dalam, dan ketika jarum RPM sampai di 4000 tiba-tiba "Bummmm!...." Ane kelempar masuk ke jok.

Turbo C-class kick-in di 4000RPM!

Ane tau mobil ini punya turbo, tapi ane gak mengira efeknya akan nge-kick sebesar itu.. Ane kira turbonya akan nge-kick halus since ini Mercedes Benz, ternyata mirip-mirip GTi nya Golf juga...

Memang Mercedes ini punya servo yang bikin setir terasa berat di kecepatan tinggi, tapi bagi saya meskipun sudah melaju di kecepatan tinggi, saya merasa setirnya masih terlalu ringan bahkan sampai turbonya kick-in.

Overall saya bisa bilang sensasional ini mesin dan transmisi C200 CGI... 1800cc bisa menghasilkan performa seperti ini.. Well, meskipun Volkswagen lebih dulu invent teknologinya dan duluan mengaplikasiinnya, tetapi engineering Mercedes mulai dari distribusi bobot, sistem gerak roda, dan mesinnya bener-bener well balanced dan menghasilkan rasa yang lebih baik di jalan berliku dan macet.

Selain itu juga ada settingan eco dan sport di transmisinya, dan yang bikin nilai lebih, ada convenience lebih di bagian braking = kalau kita menginjak rem 2 step maka akan ada elektronik hand brake yang aktif meskipun rem kita lepas dan gigi ada di D. Dan untuk lepas dari hand brake elektronik tersebut tinggal memencet pedal gas.

Sound insulation superb, wind noise sangat minim. Tetapi ternyata body roll nya cukup besar ketika menikung. Kekurangan lain, ketika lewat jalan rusak, ampun, suspensinya keras di depan, dan keras banget di belakang. Hal ini benar-benar mengurangi kenyamanan berkeliling Bandung yang di dominasi jalan rusak. Ane berani jamin, All New Accord dan All new Camry lebih nyaman duduk dibelakangnya dibanding duduk di belakangnya C-class baru ini. Apalagi bagi temen ane yang owner C230 lama, dia kecewa banget dengan space dan kualitas suspensi sport yang keras di C-class baru ini.

Kesimpulan:

Segmentasinya berubah lagi. C-class menyasar anak muda sampai eksekutif muda. Mobil ini kurang cocok dipakai orang tua apalagi yang sukanya disetirin. mending hemat uang anda dan go Japanese kalau memang suka disetirin.
Bagi driver juga, mobil ini complicated, tapi dalam saat yang sama intriguing untuk diajak ngebut, jadi yang bisa split konsentrasi antara teknologi canggih dan analog sudah pasti hanya generasi muda, orang tua pasti kagok.
Perfect car untuk yang cari prestise, harga terjangkau, tapi driving pleasure dan keamanan nggak mau di kompromi.

Plus:
• High tech,
• Keamanan tinggi,
• Performa tinggi+ irit,
• Kemewahan top notch,
• Purna jual + service

Minus:
• Suspensi keras,
• Ban Goodyear,
• Space legroom terbatas,
• Complicated,
• Bodyroll terasa

Harga: 710 juta

Rival : BMW seri 3, Audi A4 S-line

CMIIW. IMHO. :big_smoking:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: Review All-new Mercedes Benz C200 CGI Avantgarde 2012

Post by Belphegor »

Mantap om mod reviewnya...
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review All-new Mercedes Benz C200 CGI Avantgarde 2012

Post by AD74YA »

Tengkyu oom belphegor.. :cupss:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
Tjiewei
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 218
Joined: Tue Feb 14, 2012 0:40
Location: Karawang

Re: Review All-new Mercedes Benz C200 CGI Avantgarde 2012

Post by Tjiewei »

Kapan kapan test golf tsi dong
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review All-new Mercedes Benz C200 CGI Avantgarde 2012

Post by AD74YA »

Mana ne reviewnya golf TSi punya oom Tjiewei??....
Ayo segera bikin tret Khusus!! :big_smoking:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Review All-new Mercedes Benz C200 CGI Avantgarde 2012

Post by ZombiEE »

Ini mnrt ane adalah c class tercantik yg pernah ada..if cheapish, mata kacang itu sangat cheap diliat dr sisi exterior maupun material dan design kabin..ini bagai kembali ke jalur mercy yg dibangun di stuttgart tanpa campur unsur amerika,Cmiiw.
Btw, ane coba naik, space nya utk bodi ane emg masih kurang ya..hehehe..alumini trim nya sepertinya metal asli...dipegang ada guratan brush nya dan terasa dingin,,ndqk seperti jap mid size sedan yg masih alu2an..
Nice review go:)
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Review All-new Mercedes Benz C200 CGI Avantgarde 2012

Post by ZombiEE »

Oiya go, layar nya iyu mencakup sat nav dan entertainment sistem?
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review All-new Mercedes Benz C200 CGI Avantgarde 2012

Post by AD74YA »

ZombiEE wrote:Ini mnrt ane adalah c class tercantik yg pernah ada..if cheapish, mata kacang itu sangat cheap diliat dr sisi exterior maupun material dan design kabin..ini bagai kembali ke jalur mercy yg dibangun di stuttgart tanpa campur unsur amerika,Cmiiw.
Btw, ane coba naik, space nya utk bodi ane emg masih kurang ya..hehehe..alumini trim nya sepertinya metal asli...dipegang ada guratan brush nya dan terasa dingin,,ndqk seperti jap mid size sedan yg masih alu2an..
Nice review go:)
Maksud ane adalah frame Mercedes itu desainnya membulat dan flamboyan (masa Daimler) sedangkan tanpa pandang bulu, Mercedes mengembalikannya ke bentuk kotak-kotak modern, jadi bagi ane kehilangan desain "eternal" Mercedes dimana antara 1 generasi ke generasi berikutnya berubah tidak signifikan sehingga membuat desain yang lama langsung terasa "old".

Sayangnya, bagi ane, desain yang baru ini serta merta membuat C-class lama looks old. Ini yang menurut ane agak sayang. Tentunya dibidang detail, yang baru ini jauh lebih perfect dibanding mata kacang,.... Jauuhhhh :upss:

Build quality? jangan dibanding Jepang lah... beda 100 juta talks... :upss:
ZombiEE wrote:Oiya go, layar nya iyu mencakup sat nav dan entertainment sistem?
Nope.

Sat nav gak ada. DVD no. Hanya CD changer, iPod, USB untuk mendengar music.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: Review All-new Mercedes Benz C200 CGI Avantgarde 2012

Post by aspsilver »

kalo model, saya rasa, w204 is better than w203, tapi ini sih masalah selera.

mesin CGI sih hebat sekali, tenaga besar,bbm irit.
dan beneran irit, E250 CGI, bisa 11,5 kpl, dg rute kombinasi.

tapi semua mobil sih akan makin irit.
saya ada
C200 W202, 136 hp, 7,5kpl
C280 W204, 231 hp, 8,3kpl
)
keduanya rute kombinasi.


tehnologi makin canggih, power naik,konsumsi bbm turun

W204 suspensinya keras karena mercedes mau ambil hati pembeli lebih muda, yang mementingkan performa dibandingkan kenyamanan.

W202 itu lebih empuk dan di kursi belakang, jauh lebih lega drp W203 dan W204.

cuma nyupirnya W202 tenaganya gak ada dan handling yang buruk, enaknya untuk mengemudi santai, kalo agresif setirnya gak akurat.

W201 (bukan yang cosworth) dan W202 sama lah, mementingkan kenyamanan dibandingkan performa.
FortunerMan

Re: Review All-new Mercedes Benz C200 CGI Avantgarde 2012

Post by FortunerMan »

Interiornya cakep lagi Mercedes. Jaman lampu kacang....hadehhhhh...bulet bulet gak jelas...
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Review All-new Mercedes Benz C200 CGI Avantgarde 2012

Post by evolution21 »

suspensi dah keras masi terasa body roll... problem ini namanya
FortunerMan

Re: Review All-new Mercedes Benz C200 CGI Avantgarde 2012

Post by FortunerMan »

evolution21 wrote:suspensi dah keras masi terasa body roll... problem ini namanya
test drivernya lagi mabok kali :p Kalo dari baca review2 profesional...C-Class generasi ini handlingnya udah bagus kok, body roll minim. Kalo keras/firm sih ane percaya - it's the German way :p

Yg saya penasaran...ada adjustable suspension tak? Comfort mode, sport mode, dll?
Tjiewei
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 218
Joined: Tue Feb 14, 2012 0:40
Location: Karawang

Re: Review All-new Mercedes Benz C200 CGI Avantgarde 2012

Post by Tjiewei »

AD74YA wrote:Mana ne reviewnya golf TSi punya oom Tjiewei??....
Ayo segera bikin tret Khusus!! :big_smoking:
Saya gak ngerti review pak ,soalnya gak tau perbandingan dgn monil lain,simggah dong ke krw kalo kejkt,test drive silahkan review,biar pemakiai golf tsi bertambah he he soriii OOT
QnetiC
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 456
Joined: Mon Apr 07, 2008 8:35

Re: Review All-new Mercedes Benz C200 CGI Avantgarde 2012

Post by QnetiC »

Klo dicompare sm allnew seri 3 yg bakal masuk seru nih.
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: Review All-new Mercedes Benz C200 CGI Avantgarde 2012

Post by aldy »

Wah om setig "koleksi" mobilnya banyak yaa..turunin ilmunya om :mrgreen: Good review om :off_good_job:
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Review All-new Mercedes Benz C200 CGI Avantgarde 2012

Post by htannis »

Duh c250 adv is my dream car
*nabung dulu ah 10 tahun*
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
salah obat
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 230
Joined: Wed Aug 10, 2011 13:56

Re: Review All-new Mercedes Benz C200 CGI Avantgarde 2012

Post by salah obat »

jangan lupa foto garasinya ya um...
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review All-new Mercedes Benz C200 CGI Avantgarde 2012

Post by AD74YA »

aspsilver wrote:kalo model, saya rasa, w204 is better than w203, tapi ini sih masalah selera.

mesin CGI sih hebat sekali, tenaga besar,bbm irit.
dan beneran irit, E250 CGI, bisa 11,5 kpl, dg rute kombinasi.

tapi semua mobil sih akan makin irit.
saya ada
C200 W202, 136 hp, 7,5kpl
C280 W204, 231 hp, 8,3kpl
)
keduanya rute kombinasi.


tehnologi makin canggih, power naik,konsumsi bbm turun

W204 suspensinya keras karena mercedes mau ambil hati pembeli lebih muda, yang mementingkan performa dibandingkan kenyamanan.

W202 itu lebih empuk dan di kursi belakang, jauh lebih lega drp W203 dan W204.

cuma nyupirnya W202 tenaganya gak ada dan handling yang buruk, enaknya untuk mengemudi santai, kalo agresif setirnya gak akurat.

W201 (bukan yang cosworth) dan W202 sama lah, mementingkan kenyamanan dibandingkan performa.
Sedikit di koreksi, W201 dan W202 memang sharing platform di chassis, engine, dan transmisi, tetapi Daimler mengedepankan keluasan ruang penumpang di W202 sehingga distribusi bobotnya jadi kurang merata, sehingga W202 tidak se-agile W201. Bruno Sacco sendiri kalau gak salah pernah keberatan ketika MB meng-klaim W202 di desain olehnya.

Pada masa itu belum ada Nurburgring sebagai kiblat setting suspensi, jadi untuk ukuran mobil, W201 sudah cukup sporty pada masanya...

Nah pada masa kini, MB pengen mengembalikan sejarah itu. Mewah, canggih, tetapi tetap sporty compared to rivalnya yaitu BMW seri-3, bukan buat kenyamanan lagi.

CMIIW
evolution21 wrote:suspensi dah keras masi terasa body roll... problem ini namanya
Awalnya ane kira cuma ane yang ngerasa, ternyata yang paling vokal komentar temen ane yang owner C230 itu mengenai body roll nya.. bagi dia juga agak aneh, suspensi keras, tetapi agak mengayun sedikit.
FortunerMan wrote:
evolution21 wrote:suspensi dah keras masi terasa body roll... problem ini namanya
test drivernya lagi mabok kali :p Kalo dari baca review2 profesional...C-Class generasi ini handlingnya udah bagus kok, body roll minim. Kalo keras/firm sih ane percaya - it's the German way :p

Yg saya penasaran...ada adjustable suspension tak? Comfort mode, sport mode, dll?
Nah yang saya takutkan adalah pengaruh settingan suspensi dan ban yang berbeda disini. AFAIK, kalau diluar yang menjadi standar sudah RFT dan ada sedikit perbedaan settingan suspensi dengan versi yang masuk ke Indonesia (secara yang di Indonesia CKD gitu).

Tapi gak kebayang gimana kerasnya versi Jerman kalau dipakai disini.... :e-wall:

Adjustable Suspension cuman ada di C300, even E300 pun gak ada mode ini. Settingannya 2, comfort dan sport. Pada mode comfort, C300 lebih rendah 10mm dari C200 CGI yang ane test ini, tetapi pada mode Sport, suspensi turun 15 mm atau beda 25 mm dari C200 CGI yang saya test.

Yang ada di C200 CGI hanya settingan throttle aja Eco-Sport.
Tjiewei wrote:
AD74YA wrote:Mana ne reviewnya golf TSi punya oom Tjiewei??....
Ayo segera bikin tret Khusus!! :big_smoking:
Saya gak ngerti review pak ,soalnya gak tau perbandingan dgn monil lain,simggah dong ke krw kalo kejkt,test drive silahkan review,biar pemakiai golf tsi bertambah he he soriii OOT
Ya... Kan oom Tjiewei koleknya banyak bet tuh... Ada M8, ada TSi ada apa lagi ya?..... Review mah nyampur antara subjektif dan objektif.. ngomong aja oom sesuai perasaan... Hehehe....

Paling penting tu ane pengen tau konsumsi BBM TSi gimana... :e-pray:
QnetiC wrote:Klo dicompare sm allnew seri 3 yg bakal masuk seru nih.
Seri 3 yang baru katanya justru lebih nyaman dibanding seri3 sebelumnya, secara dimensi menyerupai seri 5 malahan sekarang.... Mulai ndak jelas ini pabrikan Jerman...

Audi A6 menang sebagai European Car of The Year versi AB Jerman karena menang sisi performa dan comfort yang balance (yang seharusnya BMW yang seperti ini)
Seri 3 jadi lebih lapang dan nyaman (Harusnya MB yang kayak gini)
C-class jadi garang dan sporty banget (harusnya Audi yang macem gini,,..)

Lucu.
aldy wrote:Wah om setig "koleksi" mobilnya banyak yaa..turunin ilmunya om :mrgreen: Good review om :off_good_job:
no.. No... No... Ini bukan mobil ane yaaa :e-naughty:
htannis wrote:Duh c250 adv is my dream car
*nabung dulu ah 10 tahun*
Samaaaa..

Kecuali ane nabung 30 tahun :e-wall:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
Tjiewei
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 218
Joined: Tue Feb 14, 2012 0:40
Location: Karawang

Re: Review All-new Mercedes Benz C200 CGI Avantgarde 2012

Post by Tjiewei »

Ya... Kan oom Tjiewei koleknya banyak bet tuh... Ada M8, ada TSi ada apa lagi ya?..... Review mah nyampur antara subjektif dan objektif.. ngomong aja oom sesuai perasaan... Hehehe....

Paling penting tu ane pengen tau konsumsi BBM TSi gimana...
Golf tsi 1,4 twin turbo,konsumsi bbm jika dibawa semi thiller 1;12,jika dibawa smooth tol cikampek 1;16 tol dal kot jkt semi macet 1;10,utk jark pendek stop n go rmh toko sekitar 5 km pp,sehari 4 kali,1:11,bawa smooth bandung jakarta 1;18( mungkin karna banyak turunan)
Maksimum kecepatan yg pernah dicapai 220 kpj, veryOOT,m8 masihroses om jay mgkn akhir bulan
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review All-new Mercedes Benz C200 CGI Avantgarde 2012

Post by AD74YA »

Edan 1400 cc tembus 220 kpj ya..... :big_smoking:

Muangstab... Ayo segera bikin review TSI.. pasti banyak yang ngiler... oom Belphegor juga pernah pakai tuh.,..
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
Tjiewei
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 218
Joined: Tue Feb 14, 2012 0:40
Location: Karawang

Re: Review All-new Mercedes Benz C200 CGI Avantgarde 2012

Post by Tjiewei »

AD74YA wrote:Edan 1400 cc tembus 220 kpj ya..... :big_smoking:

Muangstab... Ayo segera bikin review TSI.. pasti banyak yang ngiler... oom Belphegor juga pernah pakai tuh.,..
Cobain aj om jay kapan?
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: Review All-new Mercedes Benz C200 CGI Avantgarde 2012

Post by Belphegor »

AD74YA wrote:Edan 1400 cc tembus :mad: 220 kpj ya..... :big_smoking:

Muangstab... Ayo segera bikin review TSI.. pasti banyak yang ngiler... oom Belphegor juga pernah pakai tuh.,..
Wah klo saya sih belum sanggup beli TSI om mod, cuma sempet ngiler2, maklum masi berjiwa muda, sempat bimbang antara TSI atau captiva, tp karena bakal kerja di konstruksi lapangan, akhirnya dengan terpaksa saya membatalkan pilihan pertama :frm_bang_head:
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Review All-new Mercedes Benz C200 CGI Avantgarde 2012

Post by evolution21 »

dulu ane jg dah ngiler banget golf ini taun kmaren tp gara2 modelnya boy racer banget + masih inden, maka pihak keluarga tdk menyetujui, terpilihlah mazda6, yg kemudian jadi captiva karena anak bakal nambah lg :(

ayo um tjiewei, foto2 n reviewnya
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: Review All-new Mercedes Benz C200 CGI Avantgarde 2012

Post by Belphegor »

Kalo ada dana berlebih, ambil scirocco aja bro utk mobil weekend hehehee...
Tjiewei
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 218
Joined: Tue Feb 14, 2012 0:40
Location: Karawang

Re: Review All-new Mercedes Benz C200 CGI Avantgarde 2012

Post by Tjiewei »

Belphegor wrote:Kalo ada dana berlebih, ambil scirocco aja bro utk mobil weekend hehehee...
Jauh atuh tsi sam sirocco tsi harga 340 sirocco 650 bumi dan langit,wah ootnya dah kejauhan ya,minggu depan deh saya bikin topic tsi,mudah midahan bisa nambah populasinya biar banyak temen :mky_02: