Review BMW 528i (1998)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Review BMW 528i (1998)
sippp oom no problemo
jangan lupa nanti report lagi disini hihihihi
jangan lupa nanti report lagi disini hihihihi
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 80
- Joined: Thu Mar 27, 2008 5:24
Re: Review BMW 528i (1998)
emang e39 nikasilnya cuma sampe th 2000??
kalo yg diatas th ini beda??
kalo yg diatas th ini beda??
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Review BMW 528i (1998)
utk keterangan lengkap nya silahkan dibaca dr awal oom, dan juga link yg dikasi meneer imsus2c
disitu lengkap penjelasan nya, mulai dr gejala2 silinder yg nikasil nya problem s/d tahun produksi yg sudah tidak memakai nikasil
disitu lengkap penjelasan nya, mulai dr gejala2 silinder yg nikasil nya problem s/d tahun produksi yg sudah tidak memakai nikasil
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Review BMW 528i (1998)
Jaman dulu Bensin cuma Pertamina, masalah nikasil cepat lambat akan terjadi. Tapi sekarang ada Shell, Total dkk yang katanya bensinnya lebih bagus.
Kira2 kalau pakai Shell terus, masalah nikasil ini ada kans bisa dicegah nggak ya?
Kira2 kalau pakai Shell terus, masalah nikasil ini ada kans bisa dicegah nggak ya?
Ready to Race
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 373
- Joined: Mon Jul 14, 2008 10:02
Re: Review BMW 528i (1998)
masalah nilkasil tidak dapat dicegah
, tp kita hanya bisa menyiasati bagaimana supaya lifetime mesin lebih panjang..
CMIIW
, tp kita hanya bisa menyiasati bagaimana supaya lifetime mesin lebih panjang..
CMIIW
Re: Review BMW 528i (1998)
Masalah Nikasil gak terlalu masalah kalo pakenya Pertamax dr awal. Gampang banget ketahuannya kalo kena - mesin bergetar, asap ngebul. A BMW inline 6, kalo sehat - nyaris tidak ada getaran saat idle. Kalo ketemu yg tanpa getaran dan gak ngebul dan udah jalan seratus ribuan kilo..santai aja.
Kalo udah 200 ribu dan perlu turun mesin....yah termasuk wajar...mungkin bukan salah Nikasilnya wkwkwk, bisa aja perawatan gak bagus, pernah overheat dipaksa jalan, dll...
Kalo udah 200 ribu dan perlu turun mesin....yah termasuk wajar...mungkin bukan salah Nikasilnya wkwkwk, bisa aja perawatan gak bagus, pernah overheat dipaksa jalan, dll...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Review BMW 528i (1998)
setujuhhhh...rajabagedad wrote:@ FortunerMan : siap oom, td nya emang sarung setir mau ane copot tp ga boleh sama istri, sayang katanya biar kulit asli setirnya bagus terus, tp klo dipikir2 iya juga ya oom ky angkot hahaha, wah alasan ini bs jd jurus jitu nih hehe thanks oom
-cut-
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Review BMW 528i (1998)
masa sih ga bisa dicegah?bivanos88 wrote:masalah nilkasil tidak dapat dicegah
, tp kita hanya bisa menyiasati bagaimana supaya lifetime mesin lebih panjang..
CMIIW
walaupun misal nya dr pertama ga pernah pake premium?
atau semua jenis bbm yg berdar itu memiliki kandungan sulfur walau dalam tingkat yg berbeda2?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 373
- Joined: Mon Jul 14, 2008 10:02
Re: Review BMW 528i (1998)
yg gw tau sih kadar sulfur pertamax di spbu yg sama itu naik turun, apalagi beda spbu..
ga bisa dicegah karena suatu saat pasti bakal terjadi.. walaupun jangka yang lama.. *misal 300rb km..
kl 300rb km turun mesin, rasanya wajar ya.. Oleh karena itu seperti yg om FM bilang, masalah nikasil ga terlalu masalah..
CMIIW
ga bisa dicegah karena suatu saat pasti bakal terjadi.. walaupun jangka yang lama.. *misal 300rb km..
kl 300rb km turun mesin, rasanya wajar ya.. Oleh karena itu seperti yg om FM bilang, masalah nikasil ga terlalu masalah..
CMIIW
Re: Review BMW 528i (1998)
http://www.modifikasi.com/showthread.ph ... tahun-2000
Barang bagus nih om doq... thn 2000 lho * racunnnnn *
Barang bagus nih om doq... thn 2000 lho * racunnnnn *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Review BMW 528i (1998)
bener2 ratjoennn
Re: Review BMW 528i (1998)
Mulus abis my pren :p Mobil udah "jadi"...liat aja tuh ban belakang...not play play wkwkwkwk
Buruan ntar keduluan si NG...atau gak di sikat si bipanos
Buruan ntar keduluan si NG...atau gak di sikat si bipanos
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Review BMW 528i (1998)
sabaaarrrr........
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 373
- Joined: Mon Jul 14, 2008 10:02
Re: Review BMW 528i (1998)
kl yg itu buat om doq aja..
kl harga segitu gw cari yg double panos sekalian dan ga diceperin.. hahaha..
kl harga segitu gw cari yg double panos sekalian dan ga diceperin.. hahaha..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Review BMW 528i (1998)
hehehe idem sama oom bivanos, terutama karena generasi double vanos udah non-nikasil silinder
jadi oom bivanos udah fix ya milih e39 buat gantiin baenol nya?
jadi oom bivanos udah fix ya milih e39 buat gantiin baenol nya?
Re: Review BMW 528i (1998)
thn 2000 juga udah kaga :p Tapi bener sih...kalo mau ngerasain aslinya...cari yg gak diceperin.
Re: Review BMW 528i (1998)
Seperti ini http://www.modifikasi.com/showthread.ph ... 9-A-T-2003
ori abissssss
Double Vanos..tapi kursi masih engkol sendiri...AC masih puter2... tapi damn mulus abis om doqqqqqqqqqqqqqqqqqqq....ori se ori ori nya...
ori abissssss
Double Vanos..tapi kursi masih engkol sendiri...AC masih puter2... tapi damn mulus abis om doqqqqqqqqqqqqqqqqqqq....ori se ori ori nya...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 373
- Joined: Mon Jul 14, 2008 10:02
Re: Review BMW 528i (1998)
om doq yang tambahin yaa.. hahahaha..doq wrote:hehehe idem sama oom bivanos, terutama karena generasi double vanos udah non-nikasil silinder
jadi oom bivanos udah fix ya milih e39 buat gantiin baenol nya?
kl ngga, gw nebeng om doq aja deh kl udah meminang yang diatas..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Review BMW 528i (1998)
mesti sabaarrrrr
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Review BMW 528i (1998)
Kalau 300 ribu km turun mesin itu gak masalah, karena emang usia mesin rata2 segitu. Ada yang bilang usia mesinnya gak sampai 100 ribu km. Bahkan ada yang tidak beruntung, 10 ribu km mobilnya udah jebol.bivanos88 wrote:yg gw tau sih kadar sulfur pertamax di spbu yg sama itu naik turun, apalagi beda spbu..
ga bisa dicegah karena suatu saat pasti bakal terjadi.. walaupun jangka yang lama.. *misal 300rb km..
kl 300rb km turun mesin, rasanya wajar ya.. Oleh karena itu seperti yg om FM bilang, masalah nikasil ga terlalu masalah..
CMIIW
Solusinya, pas turun mesin, seharusnya ada pilihan parts. Boleh pakai parts masih dgn nikasil, atau parts downspek tanpa nikasil tapi lebih awet. Sayang sekali BMW tidak menyediakan parts downspek ini.
Ready to Race
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Review BMW 528i (1998)
530 2003:
Re: Review BMW 528i (1998)
BMW dulu mengganti dengan gratis mesin2 yg kena dalam masa garansi, dengan blok tanpa Nikasil. Partsnya jelas2 dari dulu ada, apalagi sekarang - dan bukan "downspek".asudarsono wrote:Solusinya, pas turun mesin, seharusnya ada pilihan parts. Boleh pakai parts masih dgn nikasil, atau parts downspek tanpa nikasil tapi lebih awet. Sayang sekali BMW tidak menyediakan parts downspek ini.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Review BMW 528i (1998)
Kalau ganti sekarang bisa gratis gak? Khan udah nggak dalam masa garansi. Ngeri aja, 10 ribu km kena masalah di jalan, iya kalau parts lain gak ikut2 rusak. Belum kalau ditabrak dari belakang.
Emang gak semua orang paham nikasil itu apa, dan bedanya dengan silinder liner downspek.
Emang gak semua orang paham nikasil itu apa, dan bedanya dengan silinder liner downspek.
Ready to Race
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Review BMW 528i (1998)
setau saya sih liner nikasil di bmw itu pertama nya ditujukan utk efisiensi gesek piston, tapi tampak nya saat itu bmw kurang riset ato gimana gitu, sehingga baru mengetahui belakangan bahwa liner nikasil rentan terhadap sulfur dan akhir nya discontinue digantikan liner biasa cmiiw
jadi ga tepat juga klo disebut down-spek
jadi ga tepat juga klo disebut down-spek