Share : Aki Mobil Amaron dan Rocket
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Share : Aki Mobil Amaron dan Rocket
Hallo,
Mencoba share aki yang saya gunakan di mobil saya New CRV 2009. Yaitu Amaron tipe 55B24LS dan Rocket NX100-S6LS, keduanya adalah aki MF (maintenance Free) karena saya malas isi air aki...
Latar belakang: Pertama kali mobil datang menggunakan aki Yuasa, yang mana menurut saya juga termasuk aki bagus.. Berhubung beberapa bulan setelah mobil datang saya memasukkan perangkat audio tambahan, saya juga keracunan installer untuk "membenahi" sistem kelistrikan dengan penggantian aki dengan "Spek Audio" yang mana memiliki CCA lebih tinggi. Dengan CCA lebih tinggi, maka kelistrikan mobil yang dipenuhi oleh banyak perangkat tambahan seperti Audio, dan HID bisa lebih stabil dan semakin kuat tenaganya dibanding memakai aki standar. CCA sendiri singkatan dari Cold Cranking Amps.. Saya yakin master-master disini sudah tau...
Nyaris 2 tahun yang lalu saya kepincut dengan Amaron, jujur saja karena advertising performanya yang menggiurkan. Akhirnya saya pesan satu ke poeticmind. Berikut bentukannya: Review saya mengenai Aki ini adalah :
Kelebihan:
1. Made in India (masih asli sana hehehe)
2. Bentuk, design yang unik dan warna yang eye-catching
3. Tenaganya besar, CCA 360, RC 75. (compare yuasa basah CCA 300)
4. Silver based, saya gak gitu ngerti, tapi......
5. ....Awet dan cepat re-charge nya....
Kekurangan :
1. Berat, mungkin karena terlalu banyak tambahan di casingnya
2. Warnanya...... Hijau.........
3. Harganya tinggi, mungkin karena advertising yang gencar
4. Nggak ada keterangan spesifikasi apapun di casing akinya
Juli 2011 umur aki Amaron saya berumur 2 tahun, sayangnya karena ke bloonan yang jaga rumah, ketika saya tinggal ke Bali selama 4 hari, kunci kontak tiap dia selesai memanaskan mobil saya berada di ACC, bukan OFF. (sistem kunci sudah saya ganti juga, sehingga kunci selalu menempel di lubang starter.. err agak susah menjelaskan). Walhasil, setelah 3 hari berada di ACC, Amaron saya jadi soak (D*MN IT!!), padahal terakhir service saya cek CCA nya masih 330... Bahkan Amaron saya kali ini nggak mau di charger,,, berarti udah bener-bener soak dalemannya... (sebelumnya sudah pernah kejadian seperti ini juga beberapa kali)
Akhirnya saya berniat untuk ganti Aki... berhubung Batcap stock sedang kosong... Saya coba cari yang lain... Jaman dulu aki MF dan kering yang terkenal bagus untuk audio adalah Optima... Lagi-lagi Optima sudah nggak tau siapa yang pegang merk (harganya kemahalan, nggak ada yang mau beli). Lalu saya adakan pencarian manual keliling bandung.
Yang saya dapati sebagai berikut (aki untuk new CRV):
1. Delkor NS70MF, MF, 330 CCA (-18 'C)
2. Quantum, MF, CCA 350
3. Global, MF, CCA 330
4. Yuasa, MF, CCA 310
5. Rocket NX100, CCA 430.
Yang lain: Amaron, Stinger, dll lagi kosong stok dari distributornya di bandung.... Sial bener.. Udah mobil ga bisa jalan, cari sendiri keliling toko, malah lagi pada kosong...
Jadi mau gak mau pilihan jelas ke Rocket, sebuah aki performance dari Global group. Sebenernya di advertisingnya Rocket dipake di mobil balap...
Coba Rocket... Dengan CCA 430... Bongkar-pasang aki sendiri.. cukup repot karena banyak kabel audio dan VS yang seliweran... Begitu di starter: Buset!!! Starter mobil jadi jauh lebih instan.... Saya coba setel audio, suara jadi lebih open dibanding menggunakan Amaron.
Berikut gambar Rocket: Review singkat tentang aki Rocket ini:
Kelebihan:
1. Bentuknya OEM, I like it that way...
2. Posisi pembaca kondisi aki mudah dibaca dibanding amaron
3. CCA dan RC besar, 430 + 75
4. Murah
5. Made in Korea
Kekurangan:
1. Built quality terlihat kurang baik.. casing terasa kasar, bahkan Yuasa keliatan lebih baik perlindungan akinya dari luar
Kesimpulan:
Overall saya cukup kaget dengan performa Rocket, yang lebih baik dari Amaron sebagai penyedia daya. Tetapi bagaimana ketahanannya belum terbukti...Amaron di sisi lain memiliki daya tahan yang sangat baik, tetapi harga yang tinggi.
Harga Amaron saat saya beli dari poetic adalah 800 ribuan, saat ini sudah saya cek ulang untuk tipe saya di jakarta berada di 1 jutaan.
Rocket di harga 600 ribu flat...
NB:
1. Alternator (dinamo ampere) mobil dalam kondisi standar.
2. Ini hanya berupa sharing, saya tidak menjual, atau mempromosikan barang-barang yang saya tulis disini
Mohon maaf jika ada kesalahan2, maaf saya newbie... Mohon koreksinya
Mencoba share aki yang saya gunakan di mobil saya New CRV 2009. Yaitu Amaron tipe 55B24LS dan Rocket NX100-S6LS, keduanya adalah aki MF (maintenance Free) karena saya malas isi air aki...
Latar belakang: Pertama kali mobil datang menggunakan aki Yuasa, yang mana menurut saya juga termasuk aki bagus.. Berhubung beberapa bulan setelah mobil datang saya memasukkan perangkat audio tambahan, saya juga keracunan installer untuk "membenahi" sistem kelistrikan dengan penggantian aki dengan "Spek Audio" yang mana memiliki CCA lebih tinggi. Dengan CCA lebih tinggi, maka kelistrikan mobil yang dipenuhi oleh banyak perangkat tambahan seperti Audio, dan HID bisa lebih stabil dan semakin kuat tenaganya dibanding memakai aki standar. CCA sendiri singkatan dari Cold Cranking Amps.. Saya yakin master-master disini sudah tau...
Nyaris 2 tahun yang lalu saya kepincut dengan Amaron, jujur saja karena advertising performanya yang menggiurkan. Akhirnya saya pesan satu ke poeticmind. Berikut bentukannya: Review saya mengenai Aki ini adalah :
Kelebihan:
1. Made in India (masih asli sana hehehe)
2. Bentuk, design yang unik dan warna yang eye-catching
3. Tenaganya besar, CCA 360, RC 75. (compare yuasa basah CCA 300)
4. Silver based, saya gak gitu ngerti, tapi......
5. ....Awet dan cepat re-charge nya....
Kekurangan :
1. Berat, mungkin karena terlalu banyak tambahan di casingnya
2. Warnanya...... Hijau.........
3. Harganya tinggi, mungkin karena advertising yang gencar
4. Nggak ada keterangan spesifikasi apapun di casing akinya
Juli 2011 umur aki Amaron saya berumur 2 tahun, sayangnya karena ke bloonan yang jaga rumah, ketika saya tinggal ke Bali selama 4 hari, kunci kontak tiap dia selesai memanaskan mobil saya berada di ACC, bukan OFF. (sistem kunci sudah saya ganti juga, sehingga kunci selalu menempel di lubang starter.. err agak susah menjelaskan). Walhasil, setelah 3 hari berada di ACC, Amaron saya jadi soak (D*MN IT!!), padahal terakhir service saya cek CCA nya masih 330... Bahkan Amaron saya kali ini nggak mau di charger,,, berarti udah bener-bener soak dalemannya... (sebelumnya sudah pernah kejadian seperti ini juga beberapa kali)
Akhirnya saya berniat untuk ganti Aki... berhubung Batcap stock sedang kosong... Saya coba cari yang lain... Jaman dulu aki MF dan kering yang terkenal bagus untuk audio adalah Optima... Lagi-lagi Optima sudah nggak tau siapa yang pegang merk (harganya kemahalan, nggak ada yang mau beli). Lalu saya adakan pencarian manual keliling bandung.
Yang saya dapati sebagai berikut (aki untuk new CRV):
1. Delkor NS70MF, MF, 330 CCA (-18 'C)
2. Quantum, MF, CCA 350
3. Global, MF, CCA 330
4. Yuasa, MF, CCA 310
5. Rocket NX100, CCA 430.
Yang lain: Amaron, Stinger, dll lagi kosong stok dari distributornya di bandung.... Sial bener.. Udah mobil ga bisa jalan, cari sendiri keliling toko, malah lagi pada kosong...
Jadi mau gak mau pilihan jelas ke Rocket, sebuah aki performance dari Global group. Sebenernya di advertisingnya Rocket dipake di mobil balap...
Coba Rocket... Dengan CCA 430... Bongkar-pasang aki sendiri.. cukup repot karena banyak kabel audio dan VS yang seliweran... Begitu di starter: Buset!!! Starter mobil jadi jauh lebih instan.... Saya coba setel audio, suara jadi lebih open dibanding menggunakan Amaron.
Berikut gambar Rocket: Review singkat tentang aki Rocket ini:
Kelebihan:
1. Bentuknya OEM, I like it that way...
2. Posisi pembaca kondisi aki mudah dibaca dibanding amaron
3. CCA dan RC besar, 430 + 75
4. Murah
5. Made in Korea
Kekurangan:
1. Built quality terlihat kurang baik.. casing terasa kasar, bahkan Yuasa keliatan lebih baik perlindungan akinya dari luar
Kesimpulan:
Overall saya cukup kaget dengan performa Rocket, yang lebih baik dari Amaron sebagai penyedia daya. Tetapi bagaimana ketahanannya belum terbukti...Amaron di sisi lain memiliki daya tahan yang sangat baik, tetapi harga yang tinggi.
Harga Amaron saat saya beli dari poetic adalah 800 ribuan, saat ini sudah saya cek ulang untuk tipe saya di jakarta berada di 1 jutaan.
Rocket di harga 600 ribu flat...
NB:
1. Alternator (dinamo ampere) mobil dalam kondisi standar.
2. Ini hanya berupa sharing, saya tidak menjual, atau mempromosikan barang-barang yang saya tulis disini
Mohon maaf jika ada kesalahan2, maaf saya newbie... Mohon koreksinya
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Share : Aki Mobil Amaron dan Rocket
nice review go.........
gw jg setuju klo dibilang amaron adalah aki yg memiliki performa baik dan umur yg relatif panjang (selama perawatan benar), waktu itu gw jg pake di apv dan baenol, sementara yg di apv berumur panjang (menginjak 4 tahun lebih waktu di lego), tapi di baenol umur nya ga pernah lbh dr 2 taun (waktu itu tiap ganti pasti beli nya amaron lagi)
sayang bgt faktor harga menjadi kendala utama ut merk ini............mahal nya ga ketulungan sekarang
gw jg setuju klo dibilang amaron adalah aki yg memiliki performa baik dan umur yg relatif panjang (selama perawatan benar), waktu itu gw jg pake di apv dan baenol, sementara yg di apv berumur panjang (menginjak 4 tahun lebih waktu di lego), tapi di baenol umur nya ga pernah lbh dr 2 taun (waktu itu tiap ganti pasti beli nya amaron lagi)
sayang bgt faktor harga menjadi kendala utama ut merk ini............mahal nya ga ketulungan sekarang
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6007
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Share : Aki Mobil Amaron dan Rocket
Wah review dr bro adjay sll komplit kyk lg baca majalah
IMHO, aki sekelas amaron "wajib" berumur 2x lipat aki biasa. Karena hrg nya jg 2x aki biasa. Kalo smp kurang dr umur aki biasa, malah bisa dibilang aki tsb tidak awet. Jadi tolok ukurnya jgn yg aki biasa, tp aki yg sekelas. Kalo aki biasa jelas tidak sebanding, krn material yg digunakan jelas berbeda. Aki ini menggunakan perak sbg campuran elemen didalamnya, yg tentu lbh unggul dr elemen aki biasa. Jadi aki ini mahal krn materialnya om, bukan krn promosinya
IMHO, aki sekelas amaron "wajib" berumur 2x lipat aki biasa. Karena hrg nya jg 2x aki biasa. Kalo smp kurang dr umur aki biasa, malah bisa dibilang aki tsb tidak awet. Jadi tolok ukurnya jgn yg aki biasa, tp aki yg sekelas. Kalo aki biasa jelas tidak sebanding, krn material yg digunakan jelas berbeda. Aki ini menggunakan perak sbg campuran elemen didalamnya, yg tentu lbh unggul dr elemen aki biasa. Jadi aki ini mahal krn materialnya om, bukan krn promosinya
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1588
- Joined: Thu Nov 11, 2010 15:07
- Location: medhan
Re: Share : Aki Mobil Amaron dan Rocket
tmn ane pernah pk rocket jg oom,tp 6 bulan mampus itu batre pake di jazz standart abiz.klo ane ttp ambil GS aki astra,type MF.lbh yakin.hahahha.
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Share : Aki Mobil Amaron dan Rocket
Nah ini jin Amaron nongol.....doq wrote:nice review go.........
gw jg setuju klo dibilang amaron adalah aki yg memiliki performa baik dan umur yg relatif panjang (selama perawatan benar), waktu itu gw jg pake di apv dan baenol, sementara yg di apv berumur panjang (menginjak 4 tahun lebih waktu di lego), tapi di baenol umur nya ga pernah lbh dr 2 taun (waktu itu tiap ganti pasti beli nya amaron lagi)
sayang bgt faktor harga menjadi kendala utama ut merk ini............mahal nya ga ketulungan sekarang
Maapkan saya suhu telah berpindah kelain hati... Tak lain karena faktor angka CCA ...
nah ini jin badak... Tengs dak pujiannya... Oo jadi gara2 bahan dasarnya ya.. Ya ya.. Saya gak gitu ngerti sih... Karena kalau dilihat dari performa gak terlalu beda jauh... Begitu pula dengan endurance... Hanya slightly lebih awet... Masalah kelebihan silver yang lain kembali lagi saya tidak tau... Makasih dak koreksinya..BADAK wrote:Wah review dr bro adjay sll komplit kyk lg baca majalah
IMHO, aki sekelas amaron "wajib" berumur 2x lipat aki biasa. Karena hrg nya jg 2x aki biasa. Kalo smp kurang dr umur aki biasa, malah bisa dibilang aki tsb tidak awet. Jadi tolok ukurnya jgn yg aki biasa, tp aki yg sekelas. Kalo aki biasa jelas tidak sebanding, krn material yg digunakan jelas berbeda. Aki ini menggunakan perak sbg campuran elemen didalamnya, yg tentu lbh unggul dr elemen aki biasa. Jadi aki ini mahal krn materialnya om, bukan krn promosinya
n
Ya yang ane takutkan emang durability-nya bud... Tapi aki apapun ga mungkin umurnya cuma 6 bulan... Minimal 1 taun la... Apalagi aki-aki import.. Tu jazz temen ente amplinya ada 10 kali di mobil bud?henz155 wrote:tmn ane pernah pk rocket jg oom,tp 6 bulan mampus itu batre pake di jazz standart abiz.klo ane ttp ambil GS aki astra,type MF.lbh yakin.hahahha.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Share : Aki Mobil Amaron dan Rocket
suhu opo tho....??AD74YA wrote:Nah ini jin Amaron nongol.....doq wrote:nice review go.........
gw jg setuju klo dibilang amaron adalah aki yg memiliki performa baik dan umur yg relatif panjang (selama perawatan benar), waktu itu gw jg pake di apv dan baenol, sementara yg di apv berumur panjang (menginjak 4 tahun lebih waktu di lego), tapi di baenol umur nya ga pernah lbh dr 2 taun (waktu itu tiap ganti pasti beli nya amaron lagi)
sayang bgt faktor harga menjadi kendala utama ut merk ini............mahal nya ga ketulungan sekarang
Maapkan saya suhu telah berpindah kelain hati... Tak lain karena faktor angka CCA ...
terakhir ane jg beralih kelain hati go, make gforce akhirnya...........gara2 CCA jg (padahal gara2 lbh murah aja)
................................................
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6007
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Share : Aki Mobil Amaron dan Rocket
IMHO, CCCA sebenernya gak terlalu ngaruh dgn iklim tropis di indo. Beda kalo posisinya di eropa, dimana suhu bisa minus. Jadi benernya kalo mau membandingkan amaron awet atau tidak, bisa dicompare dgn aki MF std seperti GS, Yuasa, Gforce MF. Amaron bisa dianggap awet kalau 2 aki MF std udah 2x ganti & amaron msh sanggup bertahan tanpa ganti. Bagi saya ini baru perbandingan yg fair, dimana hrg amaron jg 2x hrg aki std.
Sorry kl OOT, just for share pendapat pribadi
Sorry kl OOT, just for share pendapat pribadi
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2284
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Share : Aki Mobil Amaron dan Rocket
maksud om BADAK sebaiknya kita membandingkan dengan aki yang dipasarkan di negara gurun seperti arab dan sahara ?
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Share : Aki Mobil Amaron dan Rocket
wah, ane gak setuju kalo harga 2x lipet, tapi keawetan juga 2x lipet...BADAK wrote:IMHO, CCCA sebenernya gak terlalu ngaruh dgn iklim tropis di indo. Beda kalo posisinya di eropa, dimana suhu bisa minus. Jadi benernya kalo mau membandingkan amaron awet atau tidak, bisa dicompare dgn aki MF std seperti GS, Yuasa, Gforce MF. Amaron bisa dianggap awet kalau 2 aki MF std udah 2x ganti & amaron msh sanggup bertahan tanpa ganti. Bagi saya ini baru perbandingan yg fair, dimana hrg amaron jg 2x hrg aki std.
Sorry kl OOT, just for share pendapat pribadi
itu hampir sama ngebandingin panther yang harganya 230jt-an dengan LC200 yang harganya 2M lebih.. berarti LC200 harus lebih awet sekitar 8x daripada panther...??
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6007
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Share : Aki Mobil Amaron dan Rocket
@ilhami: Maksudnya gmn ya om? Saya gak ngerti apa hubungannya dgn gurun pasir
Maksud saya, kurang fair membandingkan keawetan amaron dgn aki MF yg beredar luas dr pasaran. Karena dr material, harga & teknologi yg digunakan jelas berbeda.
Maksud saya, kurang fair membandingkan keawetan amaron dgn aki MF yg beredar luas dr pasaran. Karena dr material, harga & teknologi yg digunakan jelas berbeda.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6007
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Share : Aki Mobil Amaron dan Rocket
@maskopat: kurang relevan membandingkan keawetan aki dgn suatu mobil. mobil tolok ukur nya terlalu banyak. entah kenyamanan, model, kapasitas, kekuatan, resale value, etc. sedangkan aki tolok ukur yg utama adalah "umur". Apakah maskopat mau membeli aki mahal hny karena bentuknya yg keren tp umur pendek?
Jadi maksud saya adalah, dgn harga 2x lipat lebih mahal, udah sewajarnya aki tsb jg memiliki umur lebih panjang dr aki std.
Jadi maksud saya adalah, dgn harga 2x lipat lebih mahal, udah sewajarnya aki tsb jg memiliki umur lebih panjang dr aki std.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Share : Aki Mobil Amaron dan Rocket
utk hal ini rasa nya sy setuju sm oom kopat, perbandingan nya kurang relevan klo pake cara seperti itumaskopat wrote:wah, ane gak setuju kalo harga 2x lipet, tapi keawetan juga 2x lipet...BADAK wrote:IMHO, CCCA sebenernya gak terlalu ngaruh dgn iklim tropis di indo. Beda kalo posisinya di eropa, dimana suhu bisa minus. Jadi benernya kalo mau membandingkan amaron awet atau tidak, bisa dicompare dgn aki MF std seperti GS, Yuasa, Gforce MF. Amaron bisa dianggap awet kalau 2 aki MF std udah 2x ganti & amaron msh sanggup bertahan tanpa ganti. Bagi saya ini baru perbandingan yg fair, dimana hrg amaron jg 2x hrg aki std.
Sorry kl OOT, just for share pendapat pribadi
itu hampir sama ngebandingin panther yang harganya 230jt-an dengan LC200 yang harganya 2M lebih.. berarti LC200 harus lebih awet sekitar 8x daripada panther...??
toh umur aki jg banyak faktor penentu nya, mulai dr kondisi keistrikan/perkabelan sampai perawatan mempengaruhi umur aki tsb, ga usah jauh2............. contoh nya spt yg sy tulis di atas antara apv vs baenol, walaupun kedua nya memakai aki merk yg sama tp output yg di hasilkan bsa berbeda jauh (4 setengah taun vs 1 setengah taun)
memang harapan utk bisa berumur panjang dr sebuah aki adalah wajar klo kita ikut mempertimbangkan harga beli aki tsb, tp imho rasa nya hal tsb kurang relevan aja
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Share : Aki Mobil Amaron dan Rocket
wah, thread ini sebenarnya cocok juga buat propesor aki kebanggaan SM untuk ikutan kasih posting
tapi kemana nih beliaunya?
tapi kemana nih beliaunya?
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Share : Aki Mobil Amaron dan Rocket
Hajarrrrr.........
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Share : Aki Mobil Amaron dan Rocket
Optima ane pernah lihat tahan 8 taon...ngeri ach....mobil 2 power amps.....
Btw, CCA bukannya utk starter lbh gampang saja seperti yg oom badak sebutkan kalo di iklim dingin emg agak berat?cmiiw.
And o yea, rocket ane sih tahan 2 taon lebih dulu nya, cuman mgkn krn batere kadaluarsa, asam nya agak menguap...
Btw, CCA bukannya utk starter lbh gampang saja seperti yg oom badak sebutkan kalo di iklim dingin emg agak berat?cmiiw.
And o yea, rocket ane sih tahan 2 taon lebih dulu nya, cuman mgkn krn batere kadaluarsa, asam nya agak menguap...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Share : Aki Mobil Amaron dan Rocket
btw...kurang lebih setahun lalu, kebetulan ganti aki
sama yg jual aki, ditawarin amaron...seperti review diatas, klaimnya, material platnya dari perak, sudah bukan calcium lagi
ukurannya NS70 (sesuai manual book), harganya (kalo ga salah ingat, maklum setahun silam) sekitar 1.2-1.4jtan
setelah dicoba, ternyata untuk ukuran segitu, gak pas sama dudukan aki di mobil, kalo mo pasang, musti modif dikit dudukannya
akhirnya, pakai GS-MF....pas plek sama dudukannya, harga sekitar 800ribuan
sampe sekarang sudah jalan 1 tahun (lebih dikit), masih ok-ok aja...jendela indikatornya masih warna biru
tapi ya kebutuhan listrik di mobil sih memang standard asli bawaan...ga ada pasang/upgrade apa-apa
sama yg jual aki, ditawarin amaron...seperti review diatas, klaimnya, material platnya dari perak, sudah bukan calcium lagi
ukurannya NS70 (sesuai manual book), harganya (kalo ga salah ingat, maklum setahun silam) sekitar 1.2-1.4jtan
setelah dicoba, ternyata untuk ukuran segitu, gak pas sama dudukan aki di mobil, kalo mo pasang, musti modif dikit dudukannya
akhirnya, pakai GS-MF....pas plek sama dudukannya, harga sekitar 800ribuan
sampe sekarang sudah jalan 1 tahun (lebih dikit), masih ok-ok aja...jendela indikatornya masih warna biru
tapi ya kebutuhan listrik di mobil sih memang standard asli bawaan...ga ada pasang/upgrade apa-apa
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6007
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Share : Aki Mobil Amaron dan Rocket
@doq: dlm hal mengukur keawetan aki tentu kita kesampingkan faktor x. Bisa dikatakan, hrs dlm kondisi semua "normal", beban jg "standard". Atau gampangnya, hrs pada mobil yg sama. Wah, kl kita memberikan perumpamaan keawetan aki dgn membandingkan keawetan panther vs LC jelas berbeda. Dimana kita menghargai suatu mobil bkn hny dr keawetannya semata, sedangkan untuk aki kita berani membeli dgn harga tinggi semata2 mengejar "keawetan". Kalo mengejar CCA kyk bro adjay, ya itu bisa disebut kasus khusus.
Maksud saya kalo kita membeli aki "khusus" seharga 2x lipat aki std tentunya wajar kita jg mendapatkan aki dgn umur jg 2x lbh panjang. Saya akui aki tsb hebat, kalo dgn harga aki std tp bisa awet 4th lbh seperti amaron yg jelas2 materialnya lbh tinggi.
@hansen: sorry ya, kita disini berforum, bukan bertengkar.
Maksud saya kalo kita membeli aki "khusus" seharga 2x lipat aki std tentunya wajar kita jg mendapatkan aki dgn umur jg 2x lbh panjang. Saya akui aki tsb hebat, kalo dgn harga aki std tp bisa awet 4th lbh seperti amaron yg jelas2 materialnya lbh tinggi.
@hansen: sorry ya, kita disini berforum, bukan bertengkar.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Share : Aki Mobil Amaron dan Rocket
BADAK wrote: @hansen: sorry ya, kita disini berforum, bukan bertengkar.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2284
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Share : Aki Mobil Amaron dan Rocket
kalau mengejar CCA berarti dengan kapasitas sama (NS70) tapi bisa untuk start mesin yang lebih berat, misal mesin diesel.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Share : Aki Mobil Amaron dan Rocket
berarti aki yang kapasitasnya 2x dari aki standar dan harganya, katakanlah 2x nya juga, akan lebih awet 2x dibanding aki standar pada mobil yang sama?BADAK wrote:@doq: dlm hal mengukur keawetan aki tentu kita kesampingkan faktor x. Bisa dikatakan, hrs dlm kondisi semua "normal", beban jg "standard". Atau gampangnya, hrs pada mobil yg sama. Wah, kl kita memberikan perumpamaan keawetan aki dgn membandingkan keawetan panther vs LC jelas berbeda. Dimana kita menghargai suatu mobil bkn hny dr keawetannya semata, sedangkan untuk aki kita berani membeli dgn harga tinggi semata2 mengejar "keawetan". Kalo mengejar CCA kyk bro adjay, ya itu bisa disebut kasus khusus.
Maksud saya kalo kita membeli aki "khusus" seharga 2x lipat aki std tentunya wajar kita jg mendapatkan aki dgn umur jg 2x lbh panjang. Saya akui aki tsb hebat, kalo dgn harga aki std tp bisa awet 4th lbh seperti amaron yg jelas2 materialnya lbh tinggi.
@hansen: sorry ya, kita disini berforum, bukan bertengkar.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Share : Aki Mobil Amaron dan Rocket
argumen yg menarik point well takenBADAK wrote:@doq: dlm hal mengukur keawetan aki tentu kita kesampingkan faktor x. Bisa dikatakan, hrs dlm kondisi semua "normal", beban jg "standard". Atau gampangnya, hrs pada mobil yg sama. Wah, kl kita memberikan perumpamaan keawetan aki dgn membandingkan keawetan panther vs LC jelas berbeda. Dimana kita menghargai suatu mobil bkn hny dr keawetannya semata, sedangkan untuk aki kita berani membeli dgn harga tinggi semata2 mengejar "keawetan". Kalo mengejar CCA kyk bro adjay, ya itu bisa disebut kasus khusus.
Maksud saya kalo kita membeli aki "khusus" seharga 2x lipat aki std tentunya wajar kita jg mendapatkan aki dgn umur jg 2x lbh panjang. Saya akui aki tsb hebat, kalo dgn harga aki std tp bisa awet 4th lbh seperti amaron yg jelas2 materialnya lbh tinggi.
@hansen: sorry ya, kita disini berforum, bukan bertengkar.
tp seperti yg kita tahu jg, tinggi nya harga aki amaron ini, bukan semata menonjolkan umur pakai nya, maksud nya walo disebutkan "long life" tp bukan kah rata2 aki2 MF sekarang mencantumkan hal tsb? tp lebih kepada akibat dr penggunaan material2 yg boleh dibilang kelas atas (penggunaan silver dll) cmiiw
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Share : Aki Mobil Amaron dan Rocket
wahhhh klo oom sjam sih ga bakal mau pake aki kering/MFimsus2c wrote:wah, thread ini sebenarnya cocok juga buat propesor aki kebanggaan SM untuk ikutan kasih posting
tapi kemana nih beliaunya?
tipikal orang dulu
sebelom yg di omongin nongol mending ane.....................
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Share : Aki Mobil Amaron dan Rocket
Maksud mbah sjamsiul itu.......
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6007
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Share : Aki Mobil Amaron dan Rocket
Start mesin berat disini bukan berarti dinamo starter dgn kebutuhan daya besar om. Tapi berat dalam arti melawan suhu dingin.ilhami wrote:kalau mengejar CCA berarti dengan kapasitas sama (NS70) tapi bisa untuk start mesin yang lebih berat, misal mesin diesel.
CCA ini sudah merupakan standard internasional yg mengukur kemampuan baterai untuk menghasilkan arus dalam suhu dingin (-17,8 ° C). Jadi karena suhu di Indo cenderung tropis, sebenernya CCA ini tidaklah begitu penting dibandingkan keawetan aki itu sendiri. CMIIW.
@maskopat: Bisa dibilang begitu om. Kita membayar aki lebih mahal 2x lipat, wajar kalau kita menuntut aki tsb memiliki ketahanan 2x lipat dr aki std. Perumpamaan yg lain bisa diambil dr ban truk, dan ini merupakan hal nyata bukan perumpamaan kosong. Ban truk merk A dgn harga 1juta , bisa digunakan untuk melakukan perjalanan sejauh, misal 10.000km. Berarti untuk tiap km-nya kita membayar Rp. 100/km. Sedangkan merk ban B dgn harga 1,5jt bisa menempuh perjalanan sejauh 20.000km, atau Rp. 75/km. Nah dalam hal ini berarti ban B lebih bagus drpd ban A karena lebih irit. Tapi apa jadinya kalo ban B yg notabene lebih mahal, ternyata tidak sanggup menempuh perjalanan sejauh 20.000km?? Berarti bisa dibilang kita telah rugi menggunakan ban B!
Karena dalam kasus ini, yg dicari oleh pengusaha transport adalah murni keawetan ban, bukan bentuk ban atau kenyamanan berkendara
Last edited by BADAK on Tue May 31, 2011 11:56, edited 1 time in total.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6007
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Share : Aki Mobil Amaron dan Rocket
Justru disitulah point penting yg saya maksud om doq. Aki amaron bisa lebih awet krn menggunakan material yg lebih tinggi (silver) dibandingkan aki std. Jadi misalkan ada produsen aki A yg biasa memproduksi aki std, kita minta mereka membuat aki dgn daya tahan melebihi aki std. Tentu mereka akan menyanggupinya, dgn catatan ada biaya lebih sbg imbas penggunaan material diatas rata2. Apakah sanggup mereka dgn harga aki std, membuat aki dgn daya tahan tinggi seperti amaron?doq wrote:argumen yg menarik point well takenBADAK wrote:@doq: dlm hal mengukur keawetan aki tentu kita kesampingkan faktor x. Bisa dikatakan, hrs dlm kondisi semua "normal", beban jg "standard". Atau gampangnya, hrs pada mobil yg sama. Wah, kl kita memberikan perumpamaan keawetan aki dgn membandingkan keawetan panther vs LC jelas berbeda. Dimana kita menghargai suatu mobil bkn hny dr keawetannya semata, sedangkan untuk aki kita berani membeli dgn harga tinggi semata2 mengejar "keawetan". Kalo mengejar CCA kyk bro adjay, ya itu bisa disebut kasus khusus.
Maksud saya kalo kita membeli aki "khusus" seharga 2x lipat aki std tentunya wajar kita jg mendapatkan aki dgn umur jg 2x lbh panjang. Saya akui aki tsb hebat, kalo dgn harga aki std tp bisa awet 4th lbh seperti amaron yg jelas2 materialnya lbh tinggi.
@hansen: sorry ya, kita disini berforum, bukan bertengkar.
tp seperti yg kita tahu jg, tinggi nya harga aki amaron ini, bukan semata menonjolkan umur pakai nya, maksud nya walo disebutkan "long life" tp bukan kah rata2 aki2 MF sekarang mencantumkan hal tsb? tp lebih kepada akibat dr penggunaan material2 yg boleh dibilang kelas atas (penggunaan silver dll) cmiiw
Jadi bagi saya aki dgn harga 800rb-1juta memiliki daya tahan 2x lipat aki std adalah sangat WAJAR. Justru kalo aki tsb dibawah 2x umur aki std, aki tsb bisa dikategorikan TIDAK AWET
Just for share pendapat saya pribadi. Tolong pakar2 mengkoreksi kalo ada yg salah
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today