Page 1 of 3

Daihatsu Taruna FGX EFI

Posted: 18 Jan 2011, 12:10
by weim
Permisi juragan2, suhu2 dan master2 otomotif di SM, ane nubi bermaksud ikut menimba ilmu disini.....
Saya pernah posting di SM pas mau cari mobil disini http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 64&t=13832
Setelah hunting selama ampir 2 bulan, akhirnya saya dapet Daihatsu Taruna FGX EFI SE taun 2003 dengan harga 94jt dan dengan kondisi sbb:
1. Warna biru muda-silver, keluaran november 2003.
2. Tangan 1 pemakai, buku manual, buku service dan nota service di bengkel resmi daihatsu lengkap.
3. Cat udah nggak ori, kata yang punya sih karena diklaim asuransi karena banyak goresan motor.
4. KM 87.500
5. Audio dah ada power 2bh (2chanel untuk subwoofer dan 4chanel untuk speaker dan tweeter), subwoofer (kayaknya kecil cuma 8"), head unit pioneer yang pake CD.
harga segitu kemahalan nggak ya?

Lalu setelah saya pakai kurang lebih 1 bulan, saya menemukan beberapa masalah di taruna saya, yah namanya mobil second, pasti ada ada aja yang kurang. beberapa diantaranya:
1. oli agak netes, kayaknya mesin rembes, cuma tiap pagi saya cek kok olinya ga berkurang. Saya pakai Shell helix 15-50W
2. saat mesin pertama dinyalakan RPM di 1200an, tapi kalo dah agak panas turun di 800-900an (tanpa AC), apakah itu normal?
3. bensin kok rada boros ya, dalam kota 1:8-9 luar kota 1:10-11. Apakah normal?
4. di gigi rendah kok ada getaran2 dari sekitar dashboard sopir
5. gigi 5 kayak kurang mapan, kata temen ane sih katanya karena gigi 5 jarang dipakai, jadi agak susah. apa benar?
6. subwoofernya lemah banget bunyinya, padahal untuk subwoofer udah pake power sendiri 2 chanel.

Sebenarnya mau saya masukin foto, cuma saya bingung cara upload foto gimana?
mohon pencerahannya kepada senior2 SM, soalnya saya bener2 newbie masalah mesin, dan berharap dapat belajar disini.
Sebelumnya saya ucapkan banyak terimakasih.......

Re: Daihatsu Taruna FGX EFI

Posted: 18 Jan 2011, 14:13
by kapsul 97
Oom Weim, untuk poin nomor 2 memang begitu, jadi kalau mesin dingin baru dinyalain auto chooke nya maen, kalu dah panas dia akan turun sendiri, jadi memang RPM nya s/d 1200, begitu juga dengan Kapsul saya dan mobil2x yang lain ...

btw FGX ini yang model long kan ya?
bangku belakang hadap depan apa hadap-hadapan? nyaman/lega tidak ya row ke-3 nya ini?
tarikan ni mobil gmana Oom ?

kalu ada tetesan oli ada baiknya segera ganti paking sealnya, oli mungkin tidak kurang tapi kompresi nya jadi ga bagus ... dan seperti saran-saran yang lain, kalu baru beli mobkas ada baik nya seluruh fluida di ganti (oli mesin, oli gardan, oli perseneling, minyak rem, minyak kopling-kopling nya pake fluida kan ya?)

Re: Daihatsu Taruna FGX EFI

Posted: 18 Jan 2011, 14:21
by doq
aloo oom weim, congrats buat tunggangan anyar nya :mrgreen:
coba2 bantu jawab nih.

1.udah cek kolong oom? kalo emang bukan dr mesin, msh ada kemungkinan lainnya...........bsa dr minyak rem, power steering, girbok/persneleng.
2.setau sy umumnya mobil emank bgitu kok oom, itu tandanya auto choke bekerja dg sukses. saat mesin dingin, rpm akan lbh tinggi utk menyesuaikan suhu optimal mesin, klo sdh tercapai maka akan turun ke setelan normal cmiiw.
3. -
4. mungkin ada kancing2 dasbor yg udh mulai longgar??
5. -
6. sdh setting ulang audio?? e.g: equalizer, sw-l dll...............ato mungkin koneksi kabel2 nya jelek??

maaf klo kurang membantu :ungg:
mungkin yg bawah ane bsa bantu lbh baik :mrgreen:

Re: Daihatsu Taruna FGX EFI

Posted: 18 Jan 2011, 18:16
by jalu
coba dianalisa dulu sumber kebocorannya....bs saja paking/seal yg udah rembes...maklum mbl seken tentu kondisinya relatif....setelah titik kebocoran oli diperbaiki baru deh ganti oli lengkap supaya "darah" dikomponen2 mesin & powertrain jadi segar kembali.

mesin yg terasa boros bs ditune up dl..kalo bisa sekalian dilakukan carbon clean supaya kerak2 yg udah bertumpuk diruang bakar bisa dibersihkan.

masalah gigi 5 yg kurang mapan perpindahannya mungkin dicek dulu bushing2 yg ada disistem tongkat perseneling yg terhubung ke girbok...juga diperiksa stelan "pembagi" gerakan tongkat.....Mudah2an aja problem hanya diseputar sistem tongkat perseneling dan tidak perlu membongkar internal girboks.... :e-pray: :e-pray:

untuk masalah audio...disini banyak pakar audio....kita tunggu pencerahannya..... :frm_salut:

Re: Daihatsu Taruna FGX EFI

Posted: 18 Jan 2011, 18:46
by asudarsono
Selamat atas pembelian mobilnya, yang dari penjelasannya, termasuk apik dan mulus.

1. Ganti oli2 dan filter emang sangat dianjurkan.
2. Sangat normal, itu artinya chokenya jalan.
3. Normal, gigi transmisinya memang termasuk "kasar"
4. Ya gitulah, dashboard tua udah mulai kendor. Kalau mau, dibongkar dashboard terus tiap kancing dan baut diberi silikon, agar terlumasi, terus pasang kembali. Bisa juga ditambahin spons busa kecil2, dilem pada bagian2 dashboard yg goyang2.
5. Iya, itu bushing aja kayaknya. Seingat saya gigi lima adalah overdrive, jadi emang agak ribet masuknya. Asal dalam memasukkan gigi tidak keras dan tidak ada suara seperti srrrrrt atau malah jedung gitu.
6. Yah gitulah audio, tiap berapa tahun harus servis juga. Susahnya jaman sekarang kok susah cari pakarnya. Untung di sini ada banyak.

Re: Daihatsu Taruna FGX EFI

Posted: 18 Jan 2011, 21:29
by weim
@kapsul97 : salam kenal om kapsul97, iya betul om FGX model yang long. setahu saya sih taruna F-series adalah long (FL, FX, FGX, FGZ), kalau C-series yang short (CL, CX, CSX, CSR). Jadi punya saya yang bangku belakangnya hadap depan. Lumayan nyaman om di row ke 3 dibandingkan av-xen. tapi tetep aja lebih nyaman kijang :e-think: . Apalagi row ke3 di FGX cuma di desain untuk berdua-duaan aja....
untuk tarikan lumayan juga kok, not bad. cuma rasanya agak limbung aja dan bantingan agak keras. katanya sih emang bawaan taruna tuh.
thanks buat masukannya om, btw saya ga ngerti koplingnya pake fluida apa nggak, cara mengetahuinya gimana ya? :thanks:


@doq : salken juga buat bro doq, kayaknya sih dari mesin bro, cuma belum ane pastiin lagi. dan kemaren2 ane sempat ke bengkel audio buat ngilangin storing dan setting ulang. tapi hasilnya nggak memuaskan, ujung2nya disuruh ganti power lah, ganti subwooferlah..... :frm_bang_head:

Re: Daihatsu Taruna FGX EFI

Posted: 18 Jan 2011, 21:35
by m4rio
weim wrote:@kapsul97 : salam kenal om kapsul97, iya betul om FGX model yang long. setahu saya sih taruna F-series adalah long (FL, FX, FGX, FGZ), kalau C-series yang short (CL, CX, CSX, CSR). Jadi punya saya yang bangku belakangnya hadap depan. Lumayan nyaman om di row ke 3 dibandingkan av-xen. tapi tetep aja lebih nyaman kijang :e-think: . Apalagi row ke3 di FGX cuma di desain untuk berdua-duaan aja....
untuk tarikan lumayan juga kok, not bad. cuma rasanya agak limbung aja dan bantingan agak keras. katanya sih emang bawaan taruna tuh.
thanks buat masukannya om, btw saya ga ngerti koplingnya pake fluida apa nggak, cara mengetahuinya gimana ya? :thanks:


@doq : salken juga buat bro doq, kayaknya sih dari mesin bro, cuma belum ane pastiin lagi. dan kemaren2 ane sempat ke bengkel audio buat ngilangin storing dan setting ulang. tapi hasilnya nggak memuaskan, ujung2nya disuruh ganti power lah, ganti subwooferlah..... :frm_bang_head:

coba aja liat di samping reservoir minyak rem ada tabung lagi gk? nah biasanya kalo ada, itu bearti kopling fluida. atau coba aja liat ke badan transmisi, yang berhubungan dengan release fork, nah kalo pake kabel keliatan kok.

Re: Daihatsu Taruna FGX EFI

Posted: 18 Jan 2011, 21:39
by jalu
untuk ngecek apakah itu kopling kawat atau hidrolis...tinggal dicek di bagian pedalnya...atau dirunut dr pedal sampe girbok....nanti keliatan kok....kalo jalurnya pake pipa...berarti itu hidrolis, sedangkan kalo jalurnya model karet selubung...itu model kawat...

Re: Daihatsu Taruna FGX EFI

Posted: 18 Jan 2011, 21:40
by m4rio
weim wrote:Permisi juragan2, suhu2 dan master2 otomotif di SM, ane nubi bermaksud ikut menimba ilmu disini.....
Saya pernah posting di SM pas mau cari mobil disini http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 64&t=13832
Setelah hunting selama ampir 2 bulan, akhirnya saya dapet Daihatsu Taruna FGX EFI SE taun 2003 dengan harga 94jt dan dengan kondisi sbb:
1. Warna biru muda-silver, keluaran november 2003.
2. Tangan 1 pemakai, buku manual, buku service dan nota service di bengkel resmi daihatsu lengkap.
3. Cat udah nggak ori, kata yang punya sih karena diklaim asuransi karena banyak goresan motor.
4. KM 87.500
5. Audio dah ada power 2bh (2chanel untuk subwoofer dan 4chanel untuk speaker dan tweeter), subwoofer (kayaknya kecil cuma 8"), head unit pioneer yang pake CD.
harga segitu kemahalan nggak ya?

Lalu setelah saya pakai kurang lebih 1 bulan, saya menemukan beberapa masalah di taruna saya, yah namanya mobil second, pasti ada ada aja yang kurang. beberapa diantaranya:
1. oli agak netes, kayaknya mesin rembes, cuma tiap pagi saya cek kok olinya ga berkurang. Saya pakai Shell helix 15-50W
2. saat mesin pertama dinyalakan RPM di 1200an, tapi kalo dah agak panas turun di 800-900an (tanpa AC), apakah itu normal?
3. bensin kok rada boros ya, dalam kota 1:8-9 luar kota 1:10-11. Apakah normal?
4. di gigi rendah kok ada getaran2 dari sekitar dashboard sopir
5. gigi 5 kayak kurang mapan, kata temen ane sih katanya karena gigi 5 jarang dipakai, jadi agak susah. apa benar?
6. subwoofernya lemah banget bunyinya, padahal untuk subwoofer udah pake power sendiri 2 chanel.

Sebenarnya mau saya masukin foto, cuma saya bingung cara upload foto gimana?
mohon pencerahannya kepada senior2 SM, soalnya saya bener2 newbie masalah mesin, dan berharap dapat belajar disini.
Sebelumnya saya ucapkan banyak terimakasih.......
coba kasih masukan ah buat masalah bro.
1. coba ja liat dari mana sumber tetesan olinya, kalo menurut ane sih ya gk jauh2 dari seal lah, bisa seal di mesin to bisa juga seal sistem power sterring.
2.normal bro.
3.coba aja di tune up dulu, trus di check emisinya, setau ane emisi taruna biar udah EFI masih bisa di setel kok di deket TBnya.
4.geteran2 di dashbord gitu coba ja liat klip klip pengikat ada yang patah ti gk, to ada yg kendor barang kali.
5.mksdnya kurang mapan apaan ya bro?? trus kenapa jarang dipakai tuh gigi 5?
6.kalo audio, ane nyerah deh, gk tau menau.

Re: Daihatsu Taruna FGX EFI

Posted: 18 Jan 2011, 21:45
by weim
@jalu : kayaknye emang dari pakingnya yang udah rembes bro, cuma ane takut kalo mau service di bengkel resmi, soalnya dari service record mobil ane yang nota2nya dibawain sama yang jual, sekali service berkala di bengkel astra daihatsu minimal siapin dana rp. 800.000.... wah, untuk ukuran saya terbilang mahal tuh.... :frm_bang_head:
kalau emang masalahnya cuma di paking, kira2 mahal nggak ya habisnya?
oiya, mau nanya sekalian, yang dimaksud dengan carbon clean apa ya? biayanya berapa Rp tuh? trims gan

@asudarsono : FC segitu terbilang normal ya gan? kok katanya sih, kalo taruna tuh bisa tembus 1:13-15.... makanya saya kaget punya saya kok maksimal 1:11 untuk luar kota dan tanpa AC :e-doh: . Betul seperti yang bro bilang, perpindahan gigi terbilang kasar...... dan untuk gigi 5 sih nggak ada bunyi srrrrrt atau jedung sih om, cuma rasanya agak seret aja, dan nggak "glek" kayak gigi 1-4. mudah2an cuma bushingnya aja, maklum Rp lagi terbatas nih :big_peace:

Re: Daihatsu Taruna FGX EFI

Posted: 18 Jan 2011, 21:50
by jalu
untuk ngecek2 kebocoran seal bisa kok ke bengkel umum....biaya bs lbh bersahabat dibanding bengkel resmi...dan gak usah kuatir krn taruna kan udah lama beredar, tentu mekanik2 lokal udah lbh banyak yg familiar...

Re: Daihatsu Taruna FGX EFI

Posted: 18 Jan 2011, 21:54
by asudarsono
Kalau memang tidak terlalu mengganggu, mungkin rembesan oli dimonitor aja, om. Paking sih murah tapi bisa merembet ke silinder head dll. Biaya untuk top overhaul sekitar 2,5 jutaan.

Memang setelah punya mobil baru, saya juga sering tidak sabar ingin memperbaiki mobil baru saya. Saya rasa om Wiem asal udah ganti fluida2 dan tidak ada kerusakan lain, mobil dipakai aja dulu. Enjoy dulu pak.

Pilihan mobil bapak sudah baik tuh.

Re: Daihatsu Taruna FGX EFI

Posted: 18 Jan 2011, 21:57
by weim
@bro mario n bro jalu : sistemnya berarti pake kawat bro, soalnya ga ada tabung lagi di samping reservoir minyak rem... dan kemarin ane sempat stel kopling sendiri karena koplingnya kurang tinggi, ane puter2 stelanya dibawah mesin, dan seingat ane emang pake kawat.... trims pencerahannya gan :thanks: :thanks:

Re: Daihatsu Taruna FGX EFI

Posted: 19 Jan 2011, 22:40
by m4rio
bro.. kalo pake kawat sarana ne sebaiknya tiap ganti kopling kabelnya juga diganti ya, menghindari resiko putus di jalan.

Re: Daihatsu Taruna FGX EFI

Posted: 20 Jan 2011, 10:31
by kapsul 97
kalu dulu pengalaman pegang van trend, kopling pake kawat gini bukan kawatnya yang putus, tapi malah besi yang nempel di bodi dalem kap mesin nya malahan yang patah ... kadang jadi trauma make mobil masih pake kopling kawat gini, dulu juga pegang charade taon '82 tali kopling nya dah kayak ngiket benang layangan .... mana suka copot pula ...
:big_weee:

Re: Daihatsu Taruna FGX EFI

Posted: 24 Jan 2011, 20:59
by m4rio
gimana hasil perbaikan mobilnya nih, ada perkembangan????

Re: Daihatsu Taruna FGX EFI

Posted: 24 Jan 2011, 22:17
by jalu
contoh teladan seorang Service Advisor di SM.... :frm_tumbright:

m4rio...topic of today.... :ngacir:

Re: Daihatsu Taruna FGX EFI

Posted: 25 Jan 2011, 12:29
by weim
m4rio wrote:gimana hasil perbaikan mobilnya nih, ada perkembangan????
sementara baru tune up di bengkel resmi habis 125rb, lalu audionya dibenerin sama temen ane, powernya dilepas 1 (yang 2ch), hasilnya ya lumayanlah.... cuma ane masih belum puas aja...pengen ganti woofer lah, pengen ganti power lah.....
ternyata nurutin mobil emang ga ada habisnya ya :e-snooty:, padahal Rp dah habis :e-doh:
musuh terbesar adalah hawa nafsu :frm_bang_head:
=================================================

oh ya, saya mau tanya kalo oli mesin mobil saya pakai shell helix 15W-50 recomended ga ya? saya lihat di manual book kok isinya tabel2 viskositas, saya ga paham soal ginian nih.
kalau dari service recordnya oleh pemilik sebelumnya, selalu pakai fastron 10W-40
dan minta rekomendasi oli mesin yang recomended tapi harga terjangkau dong.......

lalu kalau saya mau pakai engine flush (semacam pembersih kerak ya?), kira2 ada efek samping yang berbahaya buat mesin gak ya? saya mau coba tapi takut kalau ada efek negatifnya.... mohon pencerahan dari master2 si SM

Re: Daihatsu Taruna FGX EFI

Posted: 25 Jan 2011, 12:44
by m4rio
jalu wrote:contoh teladan seorang Service Advisor di SM.... :frm_tumbright:

m4rio...topic of today.... :ngacir:
teladan gimana nih jal???????

Re: Daihatsu Taruna FGX EFI

Posted: 25 Jan 2011, 12:47
by m4rio
weim wrote:
m4rio wrote:gimana hasil perbaikan mobilnya nih, ada perkembangan????
sementara baru tune up di bengkel resmi habis 125rb, lalu audionya dibenerin sama temen ane, powernya dilepas 1 (yang 2ch), hasilnya ya lumayanlah.... cuma ane masih belum puas aja...pengen ganti woofer lah, pengen ganti power lah.....
ternyata nurutin mobil emang ga ada habisnya ya :e-snooty:, padahal Rp dah habis :e-doh:
musuh terbesar adalah hawa nafsu :frm_bang_head:
=================================================

oh ya, saya mau tanya kalo oli mesin mobil saya pakai shell helix 15W-50 recomended ga ya? saya lihat di manual book kok isinya tabel2 viskositas, saya ga paham soal ginian nih.
kalau dari service recordnya oleh pemilik sebelumnya, selalu pakai fastron 10W-40
dan minta rekomendasi oli mesin yang recomended tapi harga terjangkau dong.......

lalu kalau saya mau pakai engine flush (semacam pembersih kerak ya?), kira2 ada efek samping yang berbahaya buat mesin gak ya? saya mau coba tapi takut kalau ada efek negatifnya.... mohon pencerahan dari master2 si SM
kalo tabel2 viskositas itu menurut ane berhubungan dengan kondisi cuaca alias suhu bos, kalo gk salah di bawahnya itu ada range suhu kan ya? jadi kalo tinggal di daerah suhu sekian pake olinya kekentelan sekian, gitu yang ane tau bro.CMIIW
kalo menurut ane pake yang 15W-50 gk masalah kok bro, gk terlalu encer juga kok.
kalo mau pake engine Flush menurut ane sebaiknya jangan terlalu sering bro, trus kalo pake engine flush sebaiknya ganti filter oli sekalian juga.

Re: Daihatsu Taruna FGX EFI

Posted: 25 Jan 2011, 13:13
by m4rio
@ Weim : emang bro, kalo nurutin kemauan mobil mah gk da habisnya, ada aja yang kurang. kyk skrg ja nih ane punya list perbaikan mobil masih ngantri panjang bgt nih. padahal pengen timpa KF, jadi ke undur2 deh.
jadi ane kerjain berdasarkan skala prioritas dulu ja, yang mana yg dikira urgent dan bahaya ya itu yg dikerjakan terlebih dahulu.

Re: Daihatsu Taruna FGX EFI

Posted: 25 Jan 2011, 13:20
by kapsul 97
m4rio wrote:@ Weim : emang bro, kalo nurutin kemauan mobil mah gk da habisnya, ada aja yang kurang. kyk skrg ja nih ane punya list perbaikan mobil masih ngantri panjang bgt nih. padahal pengen timpa KF, jadi ke undur2 deh.
jadi ane kerjain berdasarkan skala prioritas dulu ja, yang mana yg dikira urgent dan bahaya ya itu yg dikerjakan terlebih dahulu.
wakwkwkwkwk ... sama bro m4r, di HP ane juga dah brentet list nya, ya upgrade, ya modifikasi, dah banyal WL nya, tapi tuh $ kaga dateng2 ya ...

:big_weee:

Re: Daihatsu Taruna FGX EFI

Posted: 25 Jan 2011, 13:23
by maskopat
saran ane sih, beresin mesin dulu... mobil sudah enak dibawa, baru pikirin sound system.. kalo perlu ke ICE.. :frm_salut:

Re: Daihatsu Taruna FGX EFI

Posted: 25 Jan 2011, 13:31
by jalu
maskopat wrote:saran ane sih, beresin mesin dulu... mobil sudah enak dibawa, baru pikirin sound system.. kalo perlu ke ICE.. :frm_salut:
kayaknya TS perlu digiring kemari : http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 7&p=444510

:D:D

Re: Daihatsu Taruna FGX EFI

Posted: 25 Jan 2011, 13:48
by weim
@bro mario : ohya, kalo pakai engine flush tu baiknya tiap brapa KM ya? trus merk yang bagus apaan ya?

@Bro kapsul97 : betul bro.... ane malah dah horny pengen ganti velg, tapi apa daya Rp belum ada :e-doh:

@bro maskopat : betul bro, mesin dulu sih, dah ane tanyain ke belang, katanya rembesan itu biasa di taruna, katanya sih asal rajin2 kontrol oli jangan sampe habis aja gakpapa sementaun :big_peace:
gaktau bener ga tuh.....

@bro jalu : dah ke TKP bro, bikin horny aja, itu buat telinga mahal ya...... hik hik