Eksterior:
Kesan elegan sudah berkurang,... yang muncul adalah kesan sporty.. yang mana desain grill, air scoop dan bumper mengikuti desain baru keseluruhan line up Mazda mulai 2009 kemarin..
Desain dalaman headlamp beda.. mata nya jadi agak aneh.. kayak cewek pake maskara... saya lebih suka yang natural..



Desain spion baru lebih mewah dan katanya drag koef nya rendah... who cares.. yang penting keren..

Warna yang baru ada 2 pilihan.. Beige or Black.. pilih yang black karena imo lebih elegan... hampir disemua lini ada pembaruan.. desain spion tengah baru, speedo ada tambahan lis, steering wheel baru, dashboard layoutnya baru, yang paling kentra glove box tengahnya desin bukaannya sekarang merepotkan... kebuka nya menyamping kiri kanan... susah mau ngambil barang di glove box.. gimana sih desainer mazda

Krom-krom yang disematkan pada interior terasa murahan.. ga layak... mendingan wood panel kemana-mana (hei mazda gimana sih??...)
Features:
Peredaman pintu dan kaki-kaki terasa lebih baik.. mungkin sealing rubber di pintu2 yang lebih bagus.. kerasa banget,..
desain ac tengah baru.. sekarang digital... tari terasa pure triple-zone climate AC..
Kali ini... entah kenapa.. raungan mesin lebih terasa di kabin (bukan getaran lho yaa..) ini positif... mengingatkan driver kalo mesin nya galak.. tapi kedengerannya juga samar-samar banget..
Sensor hujan disematkan dibelakang spion tengah... kalo kita masukin wiper ke mode otomatik, wiper bergerak sendiri berdasar kuantitas air yang menutupi sensor hujan, dan kecepatannya bisa bertambah/berkurang otomatis... ini bener2 menarik.. dan faktor plus banget..
Layar 3" (sebesar iPhone) berada di tengah dash.. menampilkan audio dan setting2 audionya,,.. dan reverse camera dengan grafik keterangan jarak
MID tidak ada perubahan..
Audio mengalami perbaikan signifikan.. kontrolnya lebih bebas dan bass sudah nggak mendem lagi... Suara sebaik audio standar New Alphard (dengan setting yang benar)..
Ride and Handling:
kaga ada perubahan...
Kesimpulan:
Naik 40 juta.. perubahan yang terasa tidak terlalu signifikan..
Dengan harga 800 juta dan fitur yang didapat keseluruhan masih menjadikan Mazda CX9 mobil paling valuable di kelasnya yang beredar di Indonesia
Pesaing SUV kelas harga: Lexus RX350 (new Harrier), Landcruiser Prado, Audi Q5, BMW X5
Pesaing SUV kelas jenis SUV: VW Touareg, Audi Q7
Pesaing Lainnya: X1, X3, X6... (Jejeran SUV paling ga worthed pokonya..)
CMIIW
also see http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 50&start=0
Mohon komen dan masukannya
