Review ban mobil

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Review ban mobil

Post by sucahyo »

imsus2c wrote: Tekanan ban untuk pemakaian sehari hari tidak ada hubungannya dengan kecepatan ban, Pak.
Tekanan ban dihitung dari load index ban yg dipakai berbanding dengan bobot total kendaraan, ada rumusnya dan bisa dihitung.
Parameter kecepatan tidak termasuk dalam unsur menghitung tekanan ban ideal untuk pemakaian sehari hari.
Di tekanan 32, bentuk ban sudah tidak bulat sempurna lagi. Dari yang saya baca, pemakaian di kecepatan tinggi membutuhkan tekanan yang paling tidak sama dengan yang disarankan. Paling tidak dari segi keselamatan, ban dengan tekanan dikurangi akan lebih mudah limbung. Apalagi kalau dibuat zig zag.

http://www.hankooktireusa.com/Serv/Infl ... ChildNum=4
Generally, the optimum inflation pressure is about 90% of the maximum level. For high-speed driving, drivers are recommended to use a higher than normal pressure.

http://www.bridgestonetire.com/content/ ... nty_EN.pdf
Lower pressure increases heat. Infrared photography of tires tested at high speed. Damaging heat increases as inflation pressure drops.
yaseinotulip
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 315
Joined: Wed May 23, 2012 16:18

Re: Review ban mobil

Post by yaseinotulip »

Minta saran donk..

Mau ganti 4 ban 195/60R16 buat hatchback. Kriteria nya:
1. Comfort / noise minim dan ga terlalu keras
2. Awet dan durable
3. Harga bersahabat
4. Grip ga jelek

Sblmnya pake conti premium contact 2 bawaan dari beli mobil. Grip bagus sih tapi cepet abis umur baru 3 th jln 60 rb km

Sekalian info harga n tokonya yak klo bs
Thanks
yaseinotulip
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 315
Joined: Wed May 23, 2012 16:18

Re: Review ban mobil

Post by yaseinotulip »

yaseinotulip wrote:Minta saran donk..

Mau ganti 4 ban 195/60R16 buat hatchback. Kriteria nya:
1. Comfort / noise minim dan ga terlalu keras
2. Awet dan durable
3. Harga bersahabat
4. Grip ga jelek

Sblmnya pake conti premium contact 2 bawaan dari beli mobil. Grip bagus sih tapi cepet abis umur baru 3 th jln 60 rb km

Sekalian info harga n tokonya yak klo bs
Thanks
Wah gaada yang jawab :mky_05:

Mau tanya adayang perna pakai Bridgestone MY-02 sproty style?
Tadi ditawarin 195/50R16 per biji cuma 700 rb. Sedangkan turanza size sama 990 rb. Tuh MY-02 tread nya mirp turanza sih.. Mungkin beda compund karet nya..

Mending mana ya ?
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 627
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Review ban mobil

Post by r1409 »

numpang tanya nih.

mobil ane mirage, ban standar ecopia EP150 165/65 R14, produksi 2013.
kemarin KM 25rb baru ane rotasi ban, ban depan udah jauh lebih gundul dari yg belakang, tapi kondisi masih bagus.

kalo nanti ban yang lebih gundul ini (sekarang di belakang) udah aus, ane mau ganti ban belakang dulu.
nah, ban serep mirage ini ternyata sama dengan ban yang terpasang, hanya velgnya saja velg baja.
maunya sih, daripada sayang kalo kelamaan nganggur dan ban ecopia ini jadi keras sia-sia, ban serep ini mau ane lepas, ane pasang di salah satu velg roda belakang, jadi cuma perlu beli 1 ban lagi yang sama untuk sisi satunya. ban yang bekasnya dan udah agak aus ini nantinya ane pasang di velg ban serep aja, jadi cadangan.

nah pertanyaannya, kalo begini kan nantinya kedua ban ini meskipun masih baru, tapi umurnya berbeda 2 tahun (2013 dan 2015). Apakah beda 2 tahun ini masih aman? mengingat ini ban serep ecopia masih baru, sayang banget kalo karetnya jadi kadaluarsa ga kepake... kan bisa hemat 500 ribu.
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1249
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Review ban mobil

Post by singachu »

GT Radial BXT 185/60/15
mobil Aerio manual, Next G matic
Harga : murah meriah 450rb / pcs
Jalan kering : mayan
Jalan basah : cenderung kurang pede
hi speed cornering jalan kering : kurang dibanding ATR Sport 195/55/15 dan Bridgestone Turansa 195/55/15, udah cenderung geser
hi speed cornering jalan basah : lebih ga pede lagi
noise : better daripada ATR sport
rolling resistance : gimana ngukurnya nih ?
tread wear : tulisannya 500 lebih tapi rasae ga seawet ATR Sport yang treadwarenya 400, malah di Next G sempet bunting x_x dan 1 lagi rusak gara2 sempet kempes dan kepake jalan sekitar 30 meter dalam rangka menepi, sisi dalamnya kliatan kegerus dikit, disarankan ganti ama GBT ya udah ganti padahal kembangan masih tebel x_x
comfort : cukup ok, banyak yang bilang keras tapi yang aku rasakan biasa-biasa aja ga keras bahkan dibanding BS Turansa

mau beli lagi ? ga deh
malah aku pertimbangkan balik ke Achilles ATR Sport 195/55/15 lagi, cuman malesnya ATR Sport itu unidirection, susah kalau bekasnya mau dijadiin ban serep.

Lagi cari2 lagi 195/55/15 aja (ukuran standard Aerio / Next G), ketemu Achilless 122 http://www.achillesradial.com/tire/passenger/4/122

Ada yang pernah pakai ? enak ga ?

Alternatif lain mungkin GT Champiro BAX2 ban asimetris http://www.gtradial.com/global/Tire-Det ... PIRO_BAX_2
Cuman dengan pengalaman BXT kok rada2 kurang sreg....

Mana nih yang direkomenkan dari pilihan yang ada ?
Achilles ATR Sport 195/55/15 (dari pengalaman sebelumnya di Aerio cukup puas, konstrain di unidirectionnya aja)
Achilless 122 (ukuran juga 195/55/15)
Champiro BAX 2 195/55/15
atau ?

Yang diinginkan :
* moderate grip kering/basah (ya dipake kenceng di tol/jalan lurus, tapi bukan buat kebut2an / balapan dan yang jelas ga dipake buat drag strip :D )
* awet (ya mirip2 awetnya ATR Sport / Turanza) dan ga gampang benjol/rusak (sama aja kalau tapak awet tp benjol)
* murah (rencana ganti 4 biji langsung, cari yang kira2 harga 500-600rb)
* kalau bisa enak dirotasi (pinginnya sih ga unidirection)
* noise moderate (ga perlu yang senyap2 banget)

regards,
singachu
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1249
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Review ban mobil

Post by singachu »

r1409 wrote:numpang tanya nih.

mobil ane mirage, ban standar ecopia EP150 165/65 R14, produksi 2013.
kemarin KM 25rb baru ane rotasi ban, ban depan udah jauh lebih gundul dari yg belakang, tapi kondisi masih bagus.

kalo nanti ban yang lebih gundul ini (sekarang di belakang) udah aus, ane mau ganti ban belakang dulu.
nah, ban serep mirage ini ternyata sama dengan ban yang terpasang, hanya velgnya saja velg baja.
maunya sih, daripada sayang kalo kelamaan nganggur dan ban ecopia ini jadi keras sia-sia, ban serep ini mau ane lepas, ane pasang di salah satu velg roda belakang, jadi cuma perlu beli 1 ban lagi yang sama untuk sisi satunya. ban yang bekasnya dan udah agak aus ini nantinya ane pasang di velg ban serep aja, jadi cadangan.

nah pertanyaannya, kalo begini kan nantinya kedua ban ini meskipun masih baru, tapi umurnya berbeda 2 tahun (2013 dan 2015). Apakah beda 2 tahun ini masih aman? mengingat ini ban serep ecopia masih baru, sayang banget kalo karetnya jadi kadaluarsa ga kepake... kan bisa hemat 500 ribu.
2 taon mestinya masih aman.
cek fisiknya aja ada retak2 di sela2 tapak dan atau dinding bannya ga ? apalagi ntar kan mau dilepas dan dipindah ke velg alualloynya bisa dicek sisi dalamnya juga secara fisik.

kalau dari segi cek fisiknya masih ok, harusnya ga masalah dipasang dengan ban baru. Tinggal soal keausannya setelah dipakai aja bisa jadi umur pakai sama2 habis dengan yang baru atau mungkin lebih cepat retaknya...cek berkala aja tiap tambah angin sekalian cek visualnya.

regards,
singachu
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1249
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Review ban mobil

Post by singachu »

yaseinotulip wrote:
yaseinotulip wrote:Minta saran donk..

Mau ganti 4 ban 195/60R16 buat hatchback. Kriteria nya:
1. Comfort / noise minim dan ga terlalu keras
2. Awet dan durable
3. Harga bersahabat
4. Grip ga jelek

Sblmnya pake conti premium contact 2 bawaan dari beli mobil. Grip bagus sih tapi cepet abis umur baru 3 th jln 60 rb km

Sekalian info harga n tokonya yak klo bs
Thanks
Wah gaada yang jawab :mky_05:

Mau tanya adayang perna pakai Bridgestone MY-02 sproty style?
Tadi ditawarin 195/50R16 per biji cuma 700 rb. Sedangkan turanza size sama 990 rb. Tuh MY-02 tread nya mirp turanza sih.. Mungkin beda compund karet nya..

Mending mana ya ?
sorry ga kasih saran.... tapi umur jalan 60rb km, IMHO itu ban awet om



---edit
oh my..... sepertinya aku nyundul thread lama dari kuburan ya..... :big_chicken: sorry mod :big_peace:

regards,
singachu
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Review ban mobil

Post by coklatMetalik »

r1409 wrote:numpang tanya nih.

mobil ane mirage, ban standar ecopia EP150 165/65 R14, produksi 2013.
kemarin KM 25rb baru ane rotasi ban, ban depan udah jauh lebih gundul dari yg belakang, tapi kondisi masih bagus.

kalo nanti ban yang lebih gundul ini (sekarang di belakang) udah aus, ane mau ganti ban belakang dulu.
nah, ban serep mirage ini ternyata sama dengan ban yang terpasang, hanya velgnya saja velg baja.
maunya sih, daripada sayang kalo kelamaan nganggur dan ban ecopia ini jadi keras sia-sia, ban serep ini mau ane lepas, ane pasang di salah satu velg roda belakang, jadi cuma perlu beli 1 ban lagi yang sama untuk sisi satunya. ban yang bekasnya dan udah agak aus ini nantinya ane pasang di velg ban serep aja, jadi cadangan.

nah pertanyaannya, kalo begini kan nantinya kedua ban ini meskipun masih baru, tapi umurnya berbeda 2 tahun (2013 dan 2015). Apakah beda 2 tahun ini masih aman? mengingat ini ban serep ecopia masih baru, sayang banget kalo karetnya jadi kadaluarsa ga kepake... kan bisa hemat 500 ribu.
Jd gmn om? Udh dipake itu ban serep?
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 748
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: Review ban mobil

Post by doge »

Numpang review...
D03nl0p sp sport 300 (bawaan mprit)
Produksi 3112
Pensiun 11 juli 16
Jarak tempuh 41200km
Grip: mantap... umur udh 4th dibawa lari 160 msh lengket; grip basah maupun kering g beda jauh...

Durability: ampas... bocel"nya ngeri, banyak banget...(mulai muncul di th ke2. Bocel terdalam kira" pjg 4cm lebar 0.3 cm, dlem 0.8cm dr tapak ban), padahal tebal ban msh jauh dr twi (sekitar 2cm mungkin)
Noise: banget... kyk droning klo lg lari 60kph --"
Comfort: okelah

Replacement:
BS taxi service premium (toko tmpt beli nyebutnya ti-ex)
Prod 3214 (butuh cpet, ban sp300nya udh bocel 44nya --";
dapet diskonan wkwk, hrg include balancing 580k/ban, hrg normalnya brp ya? ;
cri hankuk g nemu; gmw d03nl0p lg; preferensi ortu bs doang, d03nl0p klo kepepet banget; ecopie reviewnya agak gmn gitu...)

Impresi sementara:
Lebi hening drpd sp300 (noise tx @70kph ±= noise sp300 @55kph)
Gripnya sedikit kalah sm sp300... mungkin krn msh baru...
Dinding kyknya lebih kuat drpd sp300 [perbandingan kondisi sm" pas baru] (ga kliatan penyet klo parkir miring)
:ngacir:
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 627
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Review ban mobil

Post by r1409 »

coklatMetalik wrote:
r1409 wrote:numpang tanya nih.

mobil ane mirage, ban standar ecopia EP150 165/65 R14, produksi 2013.
kemarin KM 25rb baru ane rotasi ban, ban depan udah jauh lebih gundul dari yg belakang, tapi kondisi masih bagus.

kalo nanti ban yang lebih gundul ini (sekarang di belakang) udah aus, ane mau ganti ban belakang dulu.
nah, ban serep mirage ini ternyata sama dengan ban yang terpasang, hanya velgnya saja velg baja.
maunya sih, daripada sayang kalo kelamaan nganggur dan ban ecopia ini jadi keras sia-sia, ban serep ini mau ane lepas, ane pasang di salah satu velg roda belakang, jadi cuma perlu beli 1 ban lagi yang sama untuk sisi satunya. ban yang bekasnya dan udah agak aus ini nantinya ane pasang di velg ban serep aja, jadi cadangan.

nah pertanyaannya, kalo begini kan nantinya kedua ban ini meskipun masih baru, tapi umurnya berbeda 2 tahun (2013 dan 2015). Apakah beda 2 tahun ini masih aman? mengingat ini ban serep ecopia masih baru, sayang banget kalo karetnya jadi kadaluarsa ga kepake... kan bisa hemat 500 ribu.
Jd gmn om? Udh dipake itu ban serep?
belum, odo masih 50rb, kondisi masih lumayan, dan masih bbrp mili dari TWI...
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Review ban mobil

Post by kendibocor »

yaseinotulip wrote:
yaseinotulip wrote:Minta saran donk..

Mau ganti 4 ban 195/60R16 buat hatchback. Kriteria nya:
1. Comfort / noise minim dan ga terlalu keras
2. Awet dan durable
3. Harga bersahabat
4. Grip ga jelek

Sblmnya pake conti premium contact 2 bawaan dari beli mobil. Grip bagus sih tapi cepet abis umur baru 3 th jln 60 rb km

Sekalian info harga n tokonya yak klo bs
Thanks
Wah gaada yang jawab :mky_05:

Mau tanya adayang perna pakai Bridgestone MY-02 sproty style?
Tadi ditawarin 195/50R16 per biji cuma 700 rb. Sedangkan turanza size sama 990 rb. Tuh MY-02 tread nya mirp turanza sih.. Mungkin beda compund karet nya..

Mending mana ya ?
Pernah make om, ini ban so so sih ga terlalu istimewa, tp dgn selisih harga yg ga jaih beda drpd acch*less apa acc*lera kualitasnya jauh mending ini.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Review ban mobil

Post by kunaskun »

Ganti ban lagi, dari rencana mau ganti 2 biji jadi 4 gara2 sebiji :big_cry: :big_cry: :big_cry:

setelah tahun lalu ganti 2 biji di belakang saja denggan GT Radial BAX2 karena dana mefet, eh si BAX 2 ternyata salah satu yang tapaknya sobek kena plat di toll brebes kayanya :big_cry: :big_cry: Cari gantinya sudah discontinued... :big_cry: Akhirnya relakan d sebiji pensiun dini.

ditawarin disini type baru untuk ukuran 195/55 R15 di GT Radial BXT Pro.. namanya galak bener, tapi di google ga ada info apapun :big_dunno: cuma emang baru launching tahun lalu, dicek di google harga dan kelasnya kayanya emang mirip2 si Champiro Eco. hanya ini versi kerenan dikit. Taglinenya juga keren: Sport Touring tyre :big_smoking: Harga 550 ribu include pasang + N2.

Karena masih galau, eh ditawarin Bridgestone type baru, namanya Techno. What? Techno? ingatan langsung melayang ke jaman kijang kapsul krista.. :wkkk: ternyata dirilis baru untuk kendaraan kecil dan ringan menurut web BS indonesia. Harganya? 600 ribu saja sebiji, wow BS murah? ngiler dong, tapi langsung keingat lagi dengan BS Ecopia yang dari cerita banyak teman gampang tembus di bahu ban... :big_think: coba googling lagi eh harganya emang sebelas dua belas dengan si GT Radial BXT Pro. Penasaran d pengen gambling, akhirnya yang jualan baik hati kasih liat sebelah2an dengan BXT Pro. Hasilnya? langsung ilfil, ukuran sama tapi lebar tapak jauh unggul si BXT Pro.. pertanda buruk soal grip karena pasti luas bidang tapak akan berkurang ke jalanan, ini nampaknya pengaruh model bahu dan dinding ban yang cenderung bulat, biasanya si emang si BS bikin kaya gini, kecuali seri Potenza atau Turanza tertentu.

Eh liat spanduk ada tulisan promo setiap beli GT Radial 2 biji dapet tas sebiji.. hmm.. kok ngiler ya :mky_02: akhirnya akusisi d, dari 2 biji beneran jadi 4 biji :big_slap:

Kebutuhan:
1. Grip
2. Grip
3. Noise

GT Radial Champiro BXT Pro.

Sebenernya GT ini agak bikin bingung dulu sudah ada varian BXT, kelasnya diatas Eco, sama2 touring tyre, sekarang ketambahan varian BXT dengan varian Plus dan Pro. Anehnya hanya si BXT yang ada nilai Uniform Tire Grade Quality (UTGQ), type Plus dan Pro bahkan di dinding ban pun ga disebutkan, dan tetap ga pakai silica apapun. ya nilainya UTGQ si BXT si hebat juga ya sampai 520 dengan wear dan grip di A.
CHAMPIRO BXT
Memberikan kenyamanan berkendara di berbagai kondisi jalan

- Rib tengah yang lebar
- Kombinasi sayatan tipis di blok dan alur
- Blok besar dibagian bahu

CHAMPIRO BXT PLUS
Champiro BXT Plus merupakan ban generasi terbaru di jajaran produk GT Radial yang mengutamakan jarak tempuh lebih jauh, umur ban lebih panjang dan kenyamanan berkendara.

- Alur Bahu Ban Diperpanajang
- Rib Bagian Tengah
- Empat Alur Utama Yang Lebar
- Kedalaman Telapak Ban yang Bervariasi

CHAMPIRO BXT PRO
Champiro BXT Pro merupakan ban generasi terbaru di jajaran produk GT Radial yang mengutamakan jarak tempuh lebih jauh, umur ban lebih panjang dan kenyamanan berkendara

- Alur Dibahu Ban Diperpanjang
- Variasi Jarak Blok Dan Kedalaman Alur
- Rib Tengah Lebih Lebar
- Empat Alut Utama Yang Lebar
- Telapak Ban Di Desain Untuk Segala Cuaca
Bingung? sama saya juga. Hanya secara garis besar si BXT Plus ini adalah adik langsung dari BXT dengan beda desain tapak sedikit dan tidak ada profile dibawah 70. nah si BXT Pro ini yang lain daripada yang lain, desain tapaknya ternyata directional alias searah.

Speknya si biasa saja: untuk thread 1 Polyester + 2 Steel + 1 Nylon, sidewall hanya menggunakan single ply polyester hmmm kayanya bakalan empuk nih.

Installing
Proses cabut pasang standard, dan pas setelah dipasang, doeng, kok bahunya ga kotak, dan ternyata terkesan lebih pendek daripada BAX2 yang ukuran sama, sungguh ban yang aneh, tebakan saya karena sidewall yang empuk akibat single ply polyester.

Dipasang keempatnya hmmm tampangnya kok kaya generik ya, diperhatikan oh karena design luaran sidewall yang biasa aja. bagusan champiro eco... :big_peace:

Test
Setelah mengarungi jalan muter2 di pantura kurang lebih 20 km rute dalkot campur beton pantura campur keriting, bergelombang, jalan rusak. kesimpulannya: enteng, empuk dan ringan... gampang banget gelindingnya dan kayanya emang grip agak kurang mungkin faktor directional tyre yang memang lebih mementingkan grip basah, walau sudah coba diakali dengan center rib yang nyaris slick, atau bisa jadi feel dari enteng dan empuk yang bikin kaya ga grip. Agak diluar ekspektasi sebetulnya karena dilihat dari tampang kok kesannya lumayan gahar ya eh ternyata feelnya empuk2 mirip ban comfort. Noise sendiri relatif sunyi dan ga seperti biasanya berisik di aspal keriting lebih keras daripada jalanan benton, biasanya kan terbalik. Dan nampaknya bearing roda saya ada yg tewas :big_chicken: baru kedengeran setelah ganti ban karena ada bunyi dengung/siulan halus di kecepatan 40-60 kph dan ketika melamban... :big_slap:

tinggal test hujan deras saja.

Overall
Apakah worth? entahlah karena belum jalan jauh, saya sendiri nyaris sikat BS Techno tapi melihat harganya yang murah kok agak ragu ya mengingat cerita miring soal ecopia yang sama murahnya, terlebih bahkan di ukuran umum yaitu 185/60 R15 BS Techno lebih murah daripada Ecopia. Wow kan, kalau kata yg jual, biasa memang BS kaya gini, ban model baru keluar maka dikasi harga perkenalan/promosi. Techno sendiri memang designnya sendiri biasa saja, khas touring.
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Review ban mobil

Post by coklatMetalik »

Jadi Brigestone Techno itu bener2 spesies ban baru ya? Bukan Techno yg jaman Gusdur itu kan??
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Review ban mobil

Post by kunaskun »

coklatMetalik wrote:Jadi Brigestone Techno itu bener2 spesies ban baru ya? Bukan Techno yg jaman Gusdur itu kan??
bukan, bener2 baru.

Image

Kiri GT Radial BXT Pro, Kanan Bridgestone Techno. Ukuran sama persis 195/55 R15.
teppey
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 531
Joined: Fri Feb 07, 2014 9:46

Re: Review ban mobil

Post by teppey »

Saya pakai Bridgestone DUELER 687 produksi tahun 2011 masih aman ga ya? Udah ga mulus sih agak pecah tapi kembangnya masih dalam
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Review ban mobil

Post by kunaskun »

teppey wrote:Saya pakai Bridgestone DUELER 687 produksi tahun 2011 masih aman ga ya? Udah ga mulus sih agak pecah tapi kembangnya masih dalam
kalau hanya retak rambut di tapak tapi bukan di dinding ban saya akan pakai sampai ada rejeki :mky_01: karena konon ban selama dipakai rutin maka umur pakai itu bisa 10 tahun.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Review ban mobil

Post by DOHC »

anjir... BS kluarin apa lage nehh... ecopia aj ud rada2 caur gt... apalagi pake nama techno pula... dulu seinget ane line up techno itu lmayan2... dr 325, 370... yoi smua... bahkan utk seri generik nya yg bs250 aj masi lmayan... entah knapa stelah ecopia kluar, makin ga karuan...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Review ban mobil

Post by coklatMetalik »

kunaskun wrote:
teppey wrote:Saya pakai Bridgestone DUELER 687 produksi tahun 2011 masih aman ga ya? Udah ga mulus sih agak pecah tapi kembangnya masih dalam
kalau hanya retak rambut di tapak tapi bukan di dinding ban saya akan pakai sampai ada rejeki :mky_01: karena konon ban selama dipakai rutin maka umur pakai itu bisa 10 tahun.
2011 mah msh muda om...
Perliharaan ane pake Turanza buatan 2008 & msh bagus... :big_smoking:
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Review ban mobil

Post by arfs »

DOHC wrote:anjir... BS kluarin apa lage nehh... ecopia aj ud rada2 caur gt... apalagi pake nama techno pula... dulu seinget ane line up techno itu lmayan2... dr 325, 370... yoi smua... bahkan utk seri generik nya yg bs250 aj masi lmayan... entah knapa stelah ecopia kluar, makin ga karuan...
Wakaka, yang ini om. Katanya bagus tuh buat di jalanan basah.
BTW ada yg aneh, data test ban nya menggunakan Agya di Sentra Teknikal Jembatan Batu Jepang. Kagak salah tuh agya dibawa ke jepang cuman buat test ban :big_dunno:
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
Spike71
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 69
Joined: Thu Mar 28, 2013 13:42

Re: Review ban mobil

Post by Spike71 »

Minta rekomendasi ban untuk ukuran 205/60/R15 yang sekelas dan seharga turanza ar20 tetapi lebih silent pakai merek apa ya ?
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Review ban mobil

Post by kunaskun »

arfs wrote:
Wakaka, yang ini om. Katanya bagus tuh buat di jalanan basah.
BTW ada yg aneh, data test ban nya menggunakan Agya di Sentra Teknikal Jembatan Batu Jepang. Kagak salah tuh agya dibawa ke jepang cuman buat test ban :big_dunno:
hahaha... ya bisa jadi ok, saya sudah liat di jalanan ada beberapa mobil yang udah pake, jadinya ya khasnya BS, bahu bulet, dinding kembung, agak mirip ecopia.

----

Melanjutkan review GT Radial BXT Pro.
Setelah uji 200 km toll Brebes Timur - Astanajapura, keliling2 cirebon, balik via toll Plumbon - Brebes Timur. Ini ban memang empuk, tapi noisenya agak aneh, bolak balik cek bearing dan rem ga nemu penyebab dengung pas decelerate di kecepatan 60-20 kph. kemungkinan terbesar memang bannya noisenya begitu mungkin pola thread yang sebabkan seperti ini atau karena penggunaan compound keras juga karena city car jadi peredaman minim atau bisa jadi ban ga sempurna balancingnya atau mungkin cacat pabrik. ga ganggu sekali si karena nyalain audio juga ketutup.

Dan ban ini karena single ply polysester sidewall, karena empuknya saya khawatir kekuatan dinding ban ketika hajar lobang atau pot hole, semoga kuat dan awet. Juga terasa pengendaraan ringan sekali, terasa muternya gampang banget. dibandingkan ban lama, ketika kecepatan sama dan deselerasi terasa lebih jauh gelindingnya begitu juga akselerasinya. bisa jadi di toll lebih irit.

Oh ya, rim guard di ban ini nyaris ga kelihatan, padahal sebelum dipasang terlihat ada outer lip, memang di web GT Radial sendiri pun tidak disebutkan ada rim guard. dan ini ban directional.

Overall, Penamaannya Sport Touring Tyre rada ga nyambung menurut saya :mky_04:

Image
Top two: GT Radial BXT pro, disusun tidak sama arah.
Kiri bawah: Yokohama A-Drive A001 34 ribu km kurleb
Kanan Bawah: GT Radial BAX 2.
Semua sama ukuran di 195/55 R15.

Image
Sebelumnya GT Radial BAX2. Pola dinding bannya lebih keren daripada BXT Pro yang biasa banget.

Image
Sidewallnya terlihat lebih kotak karena ada sedikit outer lip, sayang pola dinding bannya biasa saja.
ransyah1234
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sun Nov 23, 2014 5:25

Re: Review ban mobil

Post by ransyah1234 »

Rekan2 SM adakah yg pernah pakai dueler h/t? Mau tanya...
Ini aneh ga ya..di mobil saya OS jalan baru 12 ribu km (pernah jkt-malang pp 2x) kok bannya depan sepasang sudah halus ya? Udh dkt2 threadwear.. Yg belakang masih sangat baik

Salah ban cacat prod atau setting spooringnya kira2 ya?
Oya...habisnya rata lho...jadi asumsi saya sih chamber2 aman

Mohon sharingnya jika ada yg berpengalaman atau memahami hal yang demikian

Terima kasih banyak
aabx
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 301
Joined: Mon Nov 09, 2009 9:03
Location: Batavia

Re: Review ban mobil

Post by aabx »

ransyah1234 wrote:Rekan2 SM adakah yg pernah pakai dueler h/t? Mau tanya...
Ini aneh ga ya..di mobil saya OS jalan baru 12 ribu km (pernah jkt-malang pp 2x) kok bannya depan sepasang sudah halus ya? Udh dkt2 threadwear.. Yg belakang masih sangat baik

Salah ban cacat prod atau setting spooringnya kira2 ya?
Oya...habisnya rata lho...jadi asumsi saya sih chamber2 aman

Mohon sharingnya jika ada yg berpengalaman atau memahami hal yang demikian

Terima kasih banyak
Dueler H/T 687 ya, harusnya yak secepat itu habisnya. Saya juga sempat pake OS dari baru sampe km 10rb, ban tidak terlihat ada perubahan (Bridgestone emang juara buat keawetan tread wear)

Spooring rutin gak? Spooring disarankan tiap sebulan sekali (walaupun saya palingan setahun sekali). Ban cepat habis gak cuma dari setingan camber, bisa juga dari toe. Tekanan angin rutin dicek kah? Menurut saya 2 faktor itu yang paling menentukan umur pakai ban.

Hal serupa kejadian di mobil teman saya Jazz GE8, ban pertama habis di km 60rb an dari mobil masih baru, beli ban tipe sama dengan bawaan (Turanza ER370). Ganti ban hanya balancing gak spooring, dalam 15rb km pemakaian ban udah sangat tipis gak seperti ban sebelumnya yang baru habis di 60rb km. Setelah naik mesin spooring baru keliatan kalau sudut ban pada ngaco.
ransyah1234
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sun Nov 23, 2014 5:25

Re: Review ban mobil

Post by ransyah1234 »

aabx wrote: Dueler H/T 687 ya, harusnya yak secepat itu habisnya. Saya juga sempat pake OS dari baru sampe km 10rb, ban tidak terlihat ada perubahan (Bridgestone emang juara buat keawetan tread wear)

Spooring rutin gak? Spooring disarankan tiap sebulan sekali (walaupun saya palingan setahun sekali). Ban cepat habis gak cuma dari setingan camber, bisa juga dari toe. Tekanan angin rutin dicek kah? Menurut saya 2 faktor itu yang paling menentukan umur pakai ban.

Hal serupa kejadian di mobil teman saya Jazz GE8, ban pertama habis di km 60rb an dari mobil masih baru, beli ban tipe sama dengan bawaan (Turanza ER370). Ganti ban hanya balancing gak spooring, dalam 15rb km pemakaian ban udah sangat tipis gak seperti ban sebelumnya yang baru habis di 60rb km. Setelah naik mesin spooring baru keliatan kalau sudut ban pada ngaco.
Hmm..kalo tekanan angin rutin
Kalau spooring sekali tok..hahaha...itupun di beres waktu klaim setir miring
Kerjaan spooring beres ga bener ini kayanya

Gimana cara klaimnya ya tapi kalo urusan ban begini ke beres...

Terima kasih infonya ya
aabx
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 301
Joined: Mon Nov 09, 2009 9:03
Location: Batavia

Re: Review ban mobil

Post by aabx »

ransyah1234 wrote:
Hmm..kalo tekanan angin rutin
Kalau spooring sekali tok..hahaha...itupun di beres waktu klaim setir miring
Kerjaan spooring beres ga bener ini kayanya

Gimana cara klaimnya ya tapi kalo urusan ban begini ke beres...

Terima kasih infonya ya
Sama2 om, cuma berbagi aja hehe
Setau saya ban gak termasuk part yang digaransi, ini tertulis di buku service

Tapi jika om menuduh spooringan gak bener, mungkin kalau masih simpan printout hasil spooringan bisa dijadiin bahan buat ke SA nya hehe. Menurut saya sih bakal sulit karena jasa spooring biasanya hanya digaransi seminggu setelah spooring + terlalu banyak faktor yang bisa merubah setelan kaki2 mobil, ngelindas tambalan jalan aja udah bisa berubah tuh sudut2 kaki2.