Used Car Review 2001 Suzuki Baleno DX AT with Telling Story
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11853
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Used Car Review 2001 Suzuki Baleno DX AT with Telling Story
baru baca review-nya, acung jempol.....
imo, posisi duduk saat nyetir jauh lebih nyaman baleno ini ketimbang ertiga.
masalah PR sih wajar untuk mobil tahun segitu. lain cerita buat orang yang selalu pake mobil baru, bisa setruk mendadak.
lanjut sam...!
imo, posisi duduk saat nyetir jauh lebih nyaman baleno ini ketimbang ertiga.
masalah PR sih wajar untuk mobil tahun segitu. lain cerita buat orang yang selalu pake mobil baru, bisa setruk mendadak.
lanjut sam...!
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 323
- Joined: Thu Jun 16, 2016 3:44
Re: Used Car Review 2001 Suzuki Baleno DX AT with Telling Story
Review yang sangat menarik om, bahasanya santai dan mudah dipahami, jadinya bisa mbayangin apa aja PR nya...
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Wed Sep 06, 2017 6:31
- Location: indonesia
- Daily Vehicle: sedan
Re: Used Car Review 2001 Suzuki Baleno DX AT with Telling Story
om mohon info bengkel di malang, yang sesepuh cobra motor sama ahli kaki2 itu juga om.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Tue Jan 05, 2016 9:33
Re: Used Car Review 2001 Suzuki Baleno DX AT with Telling Story
montir sesepuh cobra.. bengkel nya di Jalan Ikan Lodan om.. namanya pak sunaryo..narota wrote:om mohon info bengkel di malang, yang sesepuh cobra motor sama ahli kaki2 itu juga om.
kalau ahli kaki yang ramai & best.. bayan di Batu.. tapi saya lebih suka di Jalan Kapiworo.. blue star..
whatever your flag..we share the same road..
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 128
- Joined: Sat Sep 26, 2009 14:02
Re: Used Car Review 2001 Suzuki Baleno DX AT with Telling Story
Mantabs juga membaca ini. Ane pernah punya Gen 2 taun 2001, elu tahun 2008 sampai jual lagi 2012. Kenapa beli ini? Suka sedan, enak buat nyetir, bantingan empuk, dan wajah sampai sekarang masih ok. Wajahnya classic yang tidak lekang dimakan waktu.
Selama punya, dua kali rusak AC. Pertama diperbaiki saja. Setahun kemudian ada yang diganti, saya lupa apa, habis 3 juta. Pernah mogok juga, karena oli ada yang terbakar, ring seher bocor.
Tapi di luar itu, menyenangkan. Tiap tahun dibawa pulang Jakarta - Semarang
Selama punya, dua kali rusak AC. Pertama diperbaiki saja. Setahun kemudian ada yang diganti, saya lupa apa, habis 3 juta. Pernah mogok juga, karena oli ada yang terbakar, ring seher bocor.
Tapi di luar itu, menyenangkan. Tiap tahun dibawa pulang Jakarta - Semarang
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 200
- Joined: Sat Feb 20, 2016 19:03
Re: Used Car Review 2001 Suzuki Baleno DX AT with Telling Story
Kebetulan ane kondisi mirip sm TS 2.5tahun lalu harus cari mobil seken 65jutaan utk operasional jualan seprai.
Pilihan ane jatuh ke Avega M/T SG 2007 Km 123000. Manual book & kunci serep lengkap sangat memudahkan utk melanjutkan perawatannya. Sehingga tinggal melanjutkan saja. Antisipasi ane ganti semua cairan & Timing belt set nya. Part lain ane ganti sesuai umur pemakaiannya di manual book.
So far udah masuk 200,000km masih nyaman dipakai.
Pilihan ane jatuh ke Avega M/T SG 2007 Km 123000. Manual book & kunci serep lengkap sangat memudahkan utk melanjutkan perawatannya. Sehingga tinggal melanjutkan saja. Antisipasi ane ganti semua cairan & Timing belt set nya. Part lain ane ganti sesuai umur pemakaiannya di manual book.
So far udah masuk 200,000km masih nyaman dipakai.
- Plastic IMM Auxillary.
- CNC machines.
Free Proffesional concultancy : 081293578630
- CNC machines.
Free Proffesional concultancy : 081293578630
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Tue Jan 05, 2016 9:33
Re: Used Car Review 2001 Suzuki Baleno DX AT with Telling Story
siap sam.. total biaya hingga saat ini.. 25 jt.. tinggal ganti shock depan & bongkar setengah masin.. 2,5jt..marmut wrote:baru baca review-nya, acung jempol.....
imo, posisi duduk saat nyetir jauh lebih nyaman baleno ini ketimbang ertiga.
masalah PR sih wajar untuk mobil tahun segitu. lain cerita buat orang yang selalu pake mobil baru, bisa setruk mendadak.
lanjut sam...!
thanks om Satriasatrialiar69 wrote:Review yang sangat menarik om, bahasanya santai dan mudah dipahami, jadinya bisa mbayangin apa aja PR nya...
3 juta.. perkiraan saya evaporator 1,5 jt.. itu yang kw super.. 1,5jt nya lagi apakah extra fan 1 set ya om? saya penasaranafatchur wrote:Mantabs juga membaca ini. Ane pernah punya Gen 2 taun 2001, elu tahun 2008 sampai jual lagi 2012. Kenapa beli ini? Suka sedan, enak buat nyetir, bantingan empuk, dan wajah sampai sekarang masih ok. Wajahnya classic yang tidak lekang dimakan waktu.
Selama punya, dua kali rusak AC. Pertama diperbaiki saja. Setahun kemudian ada yang diganti, saya lupa apa, habis 3 juta. Pernah mogok juga, karena oli ada yang terbakar, ring seher bocor.
Tapi di luar itu, menyenangkan. Tiap tahun dibawa pulang Jakarta - Semarang
avega juga masuk bidikan saya om.. hanya saja masih tidak bisa "move on" dari merk S.. saat ini km masih 189.000.. semoga bisa saya genapi 200.000..12valves wrote:Kebetulan ane kondisi mirip sm TS 2.5tahun lalu harus cari mobil seken 65jutaan utk operasional jualan seprai.
Pilihan ane jatuh ke Avega M/T SG 2007 Km 123000. Manual book & kunci serep lengkap sangat memudahkan utk melanjutkan perawatannya. Sehingga tinggal melanjutkan saja. Antisipasi ane ganti semua cairan & Timing belt set nya. Part lain ane ganti sesuai umur pemakaiannya di manual book.
So far udah masuk 200,000km masih nyaman dipakai.
whatever your flag..we share the same road..
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 101
- Joined: Mon Mar 05, 2018 9:21
- Location: Pati
- Daily Vehicle: Suzuki
Re: Used Car Review 2001 Suzuki Baleno DX AT with Telling Story
Kulo nuwun
Numpang cerita curahan hati dan juga nanya (soal seal driveshaft) di lapak ini nggih.
Kebetulan, piaraan di rumah mirip dengan punya mas Memphisraines, Baleno dx AT 2001.
Kebetulan ini mobil pertama, karena alasan ekonomis.
Saya tebus 55M Mei 2015, dari orang Depok (tangan ketiga). Kebetulan ngakunya buat deket2 rumah saja, jadi saat saya terima km kurang dari 130K.
Karena saya tidak tahu apa-apa soal mobil, saya minta bantuan temen yang pernah punya Baleno dan satu lagi yang punya Baleno 97. Dan, menurut mereka, mesin suaranya masih bagus. Cat bagus, kalo kata temen yang lain sih abis diguyur total. Jok sudah semua kulit, dan sudah ada head unit skeleton layar sentuh, plus 2 display tambahan di belakang kedua headrest depan. Menurut nyonyah sih, tampang lumayan dibandingkan mobil sejamannya.
Driving, enak saja menurut saya, karena tidak ada pengalaman punya mobil sebelumnya, entah limbung atau body roll malah saya ndak tau itu apa karena tidak ada yang bilang, ini lho limbung
Tapi, ketika nikung , saya merasa badan serasa ditarik dikit ke samping (body roll kah?).
Untuk urusan injak pedal gas, saya akui memang harus sabar, dan saya pun tidak mau rev up ketinggian. 2000an maks selalu saya jaga, top speed 70-80 yang naik konstan dengan sendirinya. Tapi agak susah, karena kalo sudah turun gigi, harus ngulang lagi. Saya jarang overdrive. Pertamax 17 liter, 150rban, untuk luar kota dan dalam kota, mungkin dapat 120-130 km, alias
1:8 an. Boros, entahlah. Mungkin bisa baca berikut ini.
Soal mesin, standar oli sgo, dan termasuk ga mudeng sehingga menyerahkan ke beRes. Dan, sudah ada riwayat bongkar kotak transmisi matic, dan ternyata ada keluar rembes oli. Oleh beRes suzuki, diganti seal dan dikasih lem (lupa istilahnya).
Lalu, setelah diboyong ke Pati Jawa Tengah beberapa bulan setelahnya, suhu overheat dan indikator oli menyala. Saya minta ditowing oleh suzuki Kudus (beRes adanya di Kabupaten sebelah), eh malah dipaksa jalan oleh mekanik nya, macet di jalan, dibuka pula tutup air radiator nya, muncrat air katanya, ya iyalah wong mesin lagi panas. Pengobatan, agak lupa, thermostat ternyata tidak dipasang dr sebelumnya, piston harus dibubut karena panas (bukannya karena situ bawa 40 km dari rumah saya ke bengkel??), pernah bilang pompa oli bermasalah. Oiya, oli matic shell ATF MD3.
Pertanyaan: (akhirnya, panjang amat cerita saya)
1. Seal driveshaft di persneling harus ganti (oli rembes), seri sparepart nya berapa dan belinya dimana ya? Si beRes saja tidak tahu, karena tidak punya bukunya #tepokjidat
Sudah nanya Zosh** bengkel langganan bci Yogya, disarankan ke Sento** atrium senen yang katanya lebih lengkap.
2. Pernah tiba-tiba tidak mau distarter ga? Kunci di-on-kan, seperti ada suara dengung, indikator semua nyala sampai o/d hilang. Ketika kunci diputar, tidak ada suara power ignition seperti mobil susah nyala di film hantu. Cuman suara "jeg" dan diikuti dengung recharge awal dinyalakan. Kalo denger2 sih, karena oli transmisi matic nya berkurang. Sempat keringat dingin di cucian mobil, padahal baru parkir dan mau dipindah buat dicuci. Setelah tambah oli maticnya 100mlan dan tunggu beberapa lama, bisa. Kejadian Februari kemarin.
3. Head unit sempat mati, hidup, terus mati lagi sampai sekarang, karena sekring mati kah? Letaknya di bawah setir, ada kodenya/posisinya?
4. Kejadian mati head unit, juga berdekatan dengan pertanyaan nomor 2. Ada hubungannya tidak ya? Apakah karena kuncinya longgar? Tapi anehnya saat kasus 2 dan 3, lampu On kok, aki ga tekor, lampu depan bisa nyala.
5. Sebelum bubut mesin di atas tadi, aki tekor (nyonyah lupa matikan lampu kabin).
ketika abis diisi, aki saya pasang sendiri dan kendor. Ada hubungannya dengan pompa oli dan berakhir overheat?
Maaf kalo kepanjangan atau kalo ada salah kata.
Mohon bantuannya kepada mas Memphisraines dan suhunya lainnya di SM ini.
Buat Momod, mohon maaf jika salah tempat post. Ataupun nanya dahulu ke sesepuh Baleno doq di sini, tapi "not authorized to preview this profiles".
Matur nuwun.
Numpang cerita curahan hati dan juga nanya (soal seal driveshaft) di lapak ini nggih.

Kebetulan, piaraan di rumah mirip dengan punya mas Memphisraines, Baleno dx AT 2001.
Kebetulan ini mobil pertama, karena alasan ekonomis.
Saya tebus 55M Mei 2015, dari orang Depok (tangan ketiga). Kebetulan ngakunya buat deket2 rumah saja, jadi saat saya terima km kurang dari 130K.
Karena saya tidak tahu apa-apa soal mobil, saya minta bantuan temen yang pernah punya Baleno dan satu lagi yang punya Baleno 97. Dan, menurut mereka, mesin suaranya masih bagus. Cat bagus, kalo kata temen yang lain sih abis diguyur total. Jok sudah semua kulit, dan sudah ada head unit skeleton layar sentuh, plus 2 display tambahan di belakang kedua headrest depan. Menurut nyonyah sih, tampang lumayan dibandingkan mobil sejamannya.
Driving, enak saja menurut saya, karena tidak ada pengalaman punya mobil sebelumnya, entah limbung atau body roll malah saya ndak tau itu apa karena tidak ada yang bilang, ini lho limbung

Untuk urusan injak pedal gas, saya akui memang harus sabar, dan saya pun tidak mau rev up ketinggian. 2000an maks selalu saya jaga, top speed 70-80 yang naik konstan dengan sendirinya. Tapi agak susah, karena kalo sudah turun gigi, harus ngulang lagi. Saya jarang overdrive. Pertamax 17 liter, 150rban, untuk luar kota dan dalam kota, mungkin dapat 120-130 km, alias
1:8 an. Boros, entahlah. Mungkin bisa baca berikut ini.
Soal mesin, standar oli sgo, dan termasuk ga mudeng sehingga menyerahkan ke beRes. Dan, sudah ada riwayat bongkar kotak transmisi matic, dan ternyata ada keluar rembes oli. Oleh beRes suzuki, diganti seal dan dikasih lem (lupa istilahnya).
Lalu, setelah diboyong ke Pati Jawa Tengah beberapa bulan setelahnya, suhu overheat dan indikator oli menyala. Saya minta ditowing oleh suzuki Kudus (beRes adanya di Kabupaten sebelah), eh malah dipaksa jalan oleh mekanik nya, macet di jalan, dibuka pula tutup air radiator nya, muncrat air katanya, ya iyalah wong mesin lagi panas. Pengobatan, agak lupa, thermostat ternyata tidak dipasang dr sebelumnya, piston harus dibubut karena panas (bukannya karena situ bawa 40 km dari rumah saya ke bengkel??), pernah bilang pompa oli bermasalah. Oiya, oli matic shell ATF MD3.
Pertanyaan: (akhirnya, panjang amat cerita saya)
1. Seal driveshaft di persneling harus ganti (oli rembes), seri sparepart nya berapa dan belinya dimana ya? Si beRes saja tidak tahu, karena tidak punya bukunya #tepokjidat
Sudah nanya Zosh** bengkel langganan bci Yogya, disarankan ke Sento** atrium senen yang katanya lebih lengkap.
2. Pernah tiba-tiba tidak mau distarter ga? Kunci di-on-kan, seperti ada suara dengung, indikator semua nyala sampai o/d hilang. Ketika kunci diputar, tidak ada suara power ignition seperti mobil susah nyala di film hantu. Cuman suara "jeg" dan diikuti dengung recharge awal dinyalakan. Kalo denger2 sih, karena oli transmisi matic nya berkurang. Sempat keringat dingin di cucian mobil, padahal baru parkir dan mau dipindah buat dicuci. Setelah tambah oli maticnya 100mlan dan tunggu beberapa lama, bisa. Kejadian Februari kemarin.
3. Head unit sempat mati, hidup, terus mati lagi sampai sekarang, karena sekring mati kah? Letaknya di bawah setir, ada kodenya/posisinya?
4. Kejadian mati head unit, juga berdekatan dengan pertanyaan nomor 2. Ada hubungannya tidak ya? Apakah karena kuncinya longgar? Tapi anehnya saat kasus 2 dan 3, lampu On kok, aki ga tekor, lampu depan bisa nyala.
5. Sebelum bubut mesin di atas tadi, aki tekor (nyonyah lupa matikan lampu kabin).

Maaf kalo kepanjangan atau kalo ada salah kata.
Mohon bantuannya kepada mas Memphisraines dan suhunya lainnya di SM ini.
Buat Momod, mohon maaf jika salah tempat post. Ataupun nanya dahulu ke sesepuh Baleno doq di sini, tapi "not authorized to preview this profiles".
Matur nuwun.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Mon Jul 03, 2017 10:48
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: B-6619-ges
Re: Used Car Review 2001 Suzuki Baleno DX AT with Telling Story
CMIIW, case 2,3 dan 4 seperti gejala terminal aki yg kendor.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11853
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Used Car Review 2001 Suzuki Baleno DX AT with Telling Story
imsan wrote: Tue Mar 06, 2018 2:07
-
Soal mesin, standar oli sgo, dan termasuk ga mudeng sehingga menyerahkan ke beRes. Dan, sudah ada riwayat bongkar kotak transmisi matic, dan ternyata ada keluar rembes oli. Oleh beRes suzuki, diganti seal dan dikasih lem (lupa istilahnya).
Lalu, setelah diboyong ke Pati Jawa Tengah beberapa bulan setelahnya, suhu overheat dan indikator oli menyala. Saya minta ditowing oleh suzuki Kudus (beRes adanya di Kabupaten sebelah), eh malah dipaksa jalan oleh mekanik nya, macet di jalan, dibuka pula tutup air radiator nya, muncrat air katanya, ya iyalah wong mesin lagi panas. Pengobatan, agak lupa, thermostat ternyata tidak dipasang dr sebelumnya, piston harus dibubut karena panas (bukannya karena situ bawa 40 km dari rumah saya ke bengkel??), pernah bilang pompa oli bermasalah. Oiya, oli matic shell ATF MD3.
Pertanyaan: (akhirnya, panjang amat cerita saya)
1. Seal driveshaft di persneling harus ganti (oli rembes), seri sparepart nya berapa dan belinya dimana ya? Si beRes saja tidak tahu, karena tidak punya bukunya #tepokjidat
Sudah nanya Zosh** bengkel langganan bci Yogya, disarankan ke Sento** atrium senen yang katanya lebih lengkap.
2. Pernah tiba-tiba tidak mau distarter ga? Kunci di-on-kan, seperti ada suara dengung, indikator semua nyala sampai o/d hilang. Ketika kunci diputar, tidak ada suara power ignition seperti mobil susah nyala di film hantu. Cuman suara "jeg" dan diikuti dengung recharge awal dinyalakan. Kalo denger2 sih, karena oli transmisi matic nya berkurang. Sempat keringat dingin di cucian mobil, padahal baru parkir dan mau dipindah buat dicuci. Setelah tambah oli maticnya 100mlan dan tunggu beberapa lama, bisa. Kejadian Februari kemarin.
3. Head unit sempat mati, hidup, terus mati lagi sampai sekarang, karena sekring mati kah? Letaknya di bawah setir, ada kodenya/posisinya?
4. Kejadian mati head unit, juga berdekatan dengan pertanyaan nomor 2. Ada hubungannya tidak ya? Apakah karena kuncinya longgar? Tapi anehnya saat kasus 2 dan 3, lampu On kok, aki ga tekor, lampu depan bisa nyala.
5. Sebelum bubut mesin di atas tadi, aki tekor (nyonyah lupa matikan lampu kabin).ketika abis diisi, aki saya pasang sendiri dan kendor. Ada hubungannya dengan pompa oli dan berakhir overheat?
Maaf kalo kepanjangan atau kalo ada salah kata.
Mohon bantuannya kepada mas Memphisraines dan suhunya lainnya di SM ini.
Buat Momod, mohon maaf jika salah tempat post. Ataupun nanya dahulu ke sesepuh Baleno doq di sini, tapi "not authorized to preview this profiles".
Matur nuwun.
kalau baca dari keterangan, ini ciri-ciri mobil penyakitan.
umumnya ditandai dengan penambahan audio system supaya calon pembeli merasa "wah..." saat pertama kali melihat dan segera lupa dengan bagian-bagian lain yang seharusnya jadi perhatian utama.
membuat suara mesin menjadi halus sangat mudah, cukup isi dengan oli yang SAE-nya lebih kental, semisal 20w50 atau campuran oli SAE 90 dengan SAE 20w50.
untuk pertanyaan nomor :
1. seal drive shaft itu termasuk part yang sangat umum dan tidak terlalu mahal. saya 100% yakin di tiap toko spare part pasti ada.
coba ke toko spare part suzuki dan tanya "sil as roda baleno metik yang di girbok".
pemasangannya pun tidak perlu tambahan apa-apa lagi termasuk lem silikon atau threebond.
2. suara dengung itu dari fuel pump. normal.
kalau mesin tidak mau nyala, bisa jadi dari sensor di girboks atau kabel-kabel yang ke dinamo starter kondisinya kurang baik, atau bisa juga kondisi switch starter sudah lemah.
sudah coba pindahkan tuas transmisi ke N lalu ke P lagi?
3. saya curiga sambungan kabel yang kendor. umumnya toko variasi selalu bekerja secepat mungkin, masalah sambungan kabel kendor dan mobil kebakaran itu bukan urusan mereka.
4. diperiksa lagi semua kabel yang di seputaran dashboard dan ruang mesin.
butuh waktu dan ketelitian. memang sudah jadi resiko mobil berumur om, apalagi kalau pemilik sebelumnya nggak ngurusin.
5. aki kendor tidak ada hubungan dengan pompa oli.
semoga bisa membantu.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 101
- Joined: Mon Mar 05, 2018 9:21
- Location: Pati
- Daily Vehicle: Suzuki
Re: Used Car Review 2001 Suzuki Baleno DX AT with Telling Story
marmut wrote: Sun Mar 11, 2018 2:37
kalau baca dari keterangan, ini ciri-ciri mobil penyakitan.
umumnya ditandai dengan penambahan audio system supaya calon pembeli merasa "wah..." saat pertama kali melihat dan segera lupa dengan bagian-bagian lain yang seharusnya jadi perhatian utama.
membuat suara mesin menjadi halus sangat mudah, cukup isi dengan oli yang SAE-nya lebih kental, semisal 20w50 atau campuran oli SAE 90 dengan SAE 20w50.

Saya ikhtiar ke Sentosa atrium sekarang Om, kalo menyisir toko sparepart, ga ada waktu dan belum tentu hasilnya. Maklum barang langka. Jika ada toko lain yang direkomendasikan, mohon infonya.marmut wrote: Sun Mar 11, 2018 2:37 untuk pertanyaan nomor :
1. seal drive shaft itu termasuk part yang sangat umum dan tidak terlalu mahal. saya 100% yakin di tiap toko spare part pasti ada.
coba ke toko spare part suzuki dan tanya "sil as roda baleno metik yang di girbok".
pemasangannya pun tidak perlu tambahan apa-apa lagi termasuk lem silikon atau threebond.
So far, belum kejadian lagi setelah nambah oli transmisi. Memang kunci agak harus ditekan ke dalam, dan masih langsung greng.marmut wrote: Sun Mar 11, 2018 2:37
2. suara dengung itu dari fuel pump. normal.
kalau mesin tidak mau nyala, bisa jadi dari sensor di girboks atau kabel-kabel yang ke dinamo starter kondisinya kurang baik, atau bisa juga kondisi switch starter sudah lemah.
sudah coba pindahkan tuas transmisi ke N lalu ke P lagi?
Btw, ane punya kebiasaan (jelek mungkin ya), berhenti bukan di posisi P, tapi N plus handbrake.
Jelek kah untuk mobil matik?
Kemarin coba buka kotak fuse di bawah setir, bagian ACC, kelihatannya masih oke, dan cigarette lighter juga masih hot. Jadi, fuse tersebut, tidak ada masalah.marmut wrote: Sun Mar 11, 2018 2:37
3. saya curiga sambungan kabel yang kendor. umumnya toko variasi selalu bekerja secepat mungkin, masalah sambungan kabel kendor dan mobil kebakaran itu bukan urusan mereka.
Lalu, nyoba bongkar head unit dashboard, buka panel depan, cabut fuse di head unit, kelihatannya oke, cabut fuse di kabel2, kelihatannya oke. Kembalikan seperti semula, lalu iseng, coba putar kunci ke posisi On, head unit On!!
Kendor om...
Matur nuwun Ommarmut wrote: Sun Mar 11, 2018 2:37
5. aki kendor tidak ada hubungan dengan pompa oli.
semoga bisa membantu.

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 101
- Joined: Mon Mar 05, 2018 9:21
- Location: Pati
- Daily Vehicle: Suzuki
Re: Used Car Review 2001 Suzuki Baleno DX AT with Telling Story
Iya Om, waktu sudah dibantu dikencangkan.Tennoheika wrote: Sat Mar 10, 2018 15:48 CMIIW, case 2,3 dan 4 seperti gejala terminal aki yg kendor.
Kalo yang sekarang sih, kendor di bagian lainnya mungkin.
Periksa-periksa lagi....
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 58
- Joined: Sun Dec 14, 2014 9:06
Re: Used Car Review 2001 Suzuki Baleno DX AT with Telling Story
numpang ninggalin jejak om, saya pemakai Baleno 2001 AT juga 
cuma udah berbulan-bulan ngejogrok di garasi karena rusak.

cuma udah berbulan-bulan ngejogrok di garasi karena rusak.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 101
- Joined: Mon Mar 05, 2018 9:21
- Location: Pati
- Daily Vehicle: Suzuki
Re: Used Car Review 2001 Suzuki Baleno DX AT with Telling Story
Si Bahenol nya kenapa Om?
Kok gak dibawa ke dokter? Saya ga mungkin bisa bantu, wong bisanya make mobil saja, paling nambah rusuh [emoji16]
Posting saja, biar makin rame, dan siapa tahu ada yg berkenan bantu di sini. Alhamdulillah, saya ada satu yang solved di atas tuh.
Kok gak dibawa ke dokter? Saya ga mungkin bisa bantu, wong bisanya make mobil saja, paling nambah rusuh [emoji16]
Posting saja, biar makin rame, dan siapa tahu ada yg berkenan bantu di sini. Alhamdulillah, saya ada satu yang solved di atas tuh.
Sopir Jarak Pendek.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 58
- Joined: Sun Dec 14, 2014 9:06
Re: Used Car Review 2001 Suzuki Baleno DX AT with Telling Story
Belom ada duit Om buat beresin, hehe. Paling satu-satu.imsan wrote: Fri Mar 23, 2018 22:29 Si Bahenol nya kenapa Om?
Kok gak dibawa ke dokter? Saya ga mungkin bisa bantu, wong bisanya make mobil saja, paling nambah rusuh [emoji16]
Posting saja, biar makin rame, dan siapa tahu ada yg berkenan bantu di sini. Alhamdulillah, saya ada satu yang solved di atas tuh.
Buat TS, izin numpang posting masalah boil ane ya, siapa tahu ada yang berkenan bantu. Terima kasih.
Masalah-masalah di Bahenol saya:
1. Ngebul. Asep putih pas pertama starter sama abis digeber. Kalo dicocokin sama diagnosa om marmut di atas, kayaknya seal klep kena (karena ga ada asap dari dipstik/lubang pengisian oli), tapi ane belom yakin juga.
2. Ban ngunci habis diparkir. Ini kenapa ya? Kalo yang kena rem parkirnya, itu di bagian apanya?
3. Udah masuk gigi D/R, digas responnya nggak langsung jalan, kayak mobil manual belom dilepas penuh koplingnya. Katanya koplingnya kena, tapi untuk matik apa namanya tetep kopling

4. Oli matik rembes (ganti paking karter oli kayaknya selesai)
5. Aki ga mau ngecharge, tapi masih bisa distarter. Indikator aki di dasbor nyala.
6. Dulu pernah kecelakaan dan kap mesin + fender bagian pengemudi + tulang bemper diperbaiki, tapi jadinya ga presisi dan ada celah gede banget antara gril sama kap mesin. Kira-kira masih bisa diperbaiki nggak? Atau sebaiknya ganti aja? Kalau ganti, bengkel mana yang kira-kira punya copotan bekas Baleno? Ane nyari kampakan di daerah Bekasi belom nemu (ane domisili Bekasi)
7. Kompresor AC udah bunyi
8. Power window ga ada yang berfungsi, kaca jendela belakang sisi pengemudi ambles dikit ga bisa dinaikin. Alamat ga bisa dipake pas hujan

9. Windshield retak gara2 kejatohan genteng.
Segitu masalah yang ane inget, atas kesempatannya/jawaban yang mungkin ane terima, ane mengucapkan terima kasih.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11853
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Used Car Review 2001 Suzuki Baleno DX AT with Telling Story
1. mobil sudah berumur, umumnya seal klep menjadi keras/getas.Spoonful wrote: Mon Mar 26, 2018 9:50
-
Buat TS, izin numpang posting masalah boil ane ya, siapa tahu ada yang berkenan bantu. Terima kasih.
-
juga tidak nutup kemungkinan bos klep / valve guide sudah aus. saran saya sekalian ganti saja kalau nanti jadi angkat cylinder head. dan sekalian diperiksa kondisi liner / boring masih layak atau sudah ngantong.
kalau sampai ngantong, mau tidak mau harus oversize.
2. yang ngunci rem depan atau belakang atau semuanya?
umumnya belakang karena sering tarik handbrake dan per brake shoe jadi lemah. ganti saja per-nya kiri kanan, nggak seberapa mahal.
3. walopun metik, tetep ada plaat koplingnya.
4. rembes oli dari mana? ada seal di as roda, ada gasket oil pan / paking karter, ada ring tembaga / almunium di baut pembuangan. diperiksa dulu siapa tau cuma ring baut pembuangan saja penyebabnya.
5. positif alternator. umumnya carbon brush / kul sudah pendek / habis. tapi bisa juga 1 set IC-nya rusak.
6. maaf nggak bisa bantu.
7. kompresornya model rotari atau piston? kalau model piston masih bisa diperbaiki. bantalan (kuningan/tembaga?) bolanya bisa diganti.
8. power window bisa diperbaiki.
coba dibongkar 1 per 1 mulai dari sisi supir dulu. periksa dinamonya, lalu jalur kelistrikannya bagaimana. sekalian rel jendelanya dilumasi ulang.
9. boleh coba kontek toko kaca moroseneng di daerah bungur pasar senen. saya nggak inget nomernya, tapi tanya mbah gugel pasti tau.
semoga membantu.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 101
- Joined: Mon Mar 05, 2018 9:21
- Location: Pati
- Daily Vehicle: Suzuki
Re: Used Car Review 2001 Suzuki Baleno DX AT with Telling Story
W o w, amazing Om PR nya, nyaingin PR Baleno punya TS.
[emoji16]
Alhamdulillah ada om marmut yang berkenan bantu2.
First thing first, yang mudah dan murah dulu dijabanin.
Pertama, nyari info dulu. Kayak TS, beliau gabung ke club baleno gen2 terlebih dahulu. bengkel referensi bisa didapatkan. Bekasi Facebook club nya sepi. Bogor malah agak rame. Kalo saya, silent reader fb bci Yogya, kejauhan soalnya. Btw, situs balenoclub sdh off, mailing list sdh lama stop, twin garage di Bekasi katanya sdh pindah Sumedang, Om doq sesepuh Baleno SM lama tak nongol. [emoji16] tetep semangat ya nyari info nya.
kedua, prioritas kan yang mudah dan krusial dulu.
1. Kalo menurut saya aki dulu, buat nyalain mobil matic, aki harus prima. Apalagi ini diparkir lama dan charging problem, bisa tekor. Copot konektor sementara?? Semoga alenator nya masih bisa diulik.
2. Nyawa matik ya transmisi nya. Benahi ini dulu, baru mesin yang ngebul. Ada kok topik soal posisi D gak jalan di SM. Searching dulu, ada hubungannya dengan selonoit atau bodi valve apa gitu. Maaf sok tahu.
3. AC tidak dinyalakan dulu drpd nambah parah mungkin ya, sementara. Saya dulu cek di daerah veteran bintaro, yg punya dulu kurang rawat, sehingga kata bengkel pas dikit lagi mau kena.
4. Rembes oli transmisi baleno saya, ada 2. Belah tengah, solved by perpak Dan sealer. Dan sekarang dr as roda, yang belum solved, oleh bengkel resmi sekalipun. Barangnya kemarin baru nyampe, belum sempet pasang.
Maaf saya sok tahu, tapi semoga dapat sedikit membantu.
[emoji16]
Alhamdulillah ada om marmut yang berkenan bantu2.
First thing first, yang mudah dan murah dulu dijabanin.
Pertama, nyari info dulu. Kayak TS, beliau gabung ke club baleno gen2 terlebih dahulu. bengkel referensi bisa didapatkan. Bekasi Facebook club nya sepi. Bogor malah agak rame. Kalo saya, silent reader fb bci Yogya, kejauhan soalnya. Btw, situs balenoclub sdh off, mailing list sdh lama stop, twin garage di Bekasi katanya sdh pindah Sumedang, Om doq sesepuh Baleno SM lama tak nongol. [emoji16] tetep semangat ya nyari info nya.
kedua, prioritas kan yang mudah dan krusial dulu.
1. Kalo menurut saya aki dulu, buat nyalain mobil matic, aki harus prima. Apalagi ini diparkir lama dan charging problem, bisa tekor. Copot konektor sementara?? Semoga alenator nya masih bisa diulik.
2. Nyawa matik ya transmisi nya. Benahi ini dulu, baru mesin yang ngebul. Ada kok topik soal posisi D gak jalan di SM. Searching dulu, ada hubungannya dengan selonoit atau bodi valve apa gitu. Maaf sok tahu.
3. AC tidak dinyalakan dulu drpd nambah parah mungkin ya, sementara. Saya dulu cek di daerah veteran bintaro, yg punya dulu kurang rawat, sehingga kata bengkel pas dikit lagi mau kena.
4. Rembes oli transmisi baleno saya, ada 2. Belah tengah, solved by perpak Dan sealer. Dan sekarang dr as roda, yang belum solved, oleh bengkel resmi sekalipun. Barangnya kemarin baru nyampe, belum sempet pasang.
Maaf saya sok tahu, tapi semoga dapat sedikit membantu.
Sopir Jarak Pendek.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 58
- Joined: Sun Dec 14, 2014 9:06
Re: Used Car Review 2001 Suzuki Baleno DX AT with Telling Story
wah, terima kasih oom marmut & oom imsan buat balasannya. nanti saya cek satu per satu.
@oom imsan: aki udah dicabut, ac hampir ga pernah dinyalain. kalo alternator udah beres, ceklist pertama emang transmisinya dulu. dulu sempet nyari informasi di komunitas, tapi belom nemu. mungkin nanti saya coba lagi.
@oom imsan: aki udah dicabut, ac hampir ga pernah dinyalain. kalo alternator udah beres, ceklist pertama emang transmisinya dulu. dulu sempet nyari informasi di komunitas, tapi belom nemu. mungkin nanti saya coba lagi.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 101
- Joined: Mon Mar 05, 2018 9:21
- Location: Pati
- Daily Vehicle: Suzuki
Re: Used Car Review 2001 Suzuki Baleno DX AT with Telling Story
Masang colokan aki jangan kendor, jangan sampe bisa diputer2 kayak saya dulu. Berabe.
Soal transmisi, saya nemu ini. Mungkin sdh baca ya.
viewtopic.php?t=18120
Kalo saya sih aliran bengkel Resmi, mahal sih dibandingkan bengkel biasa, tapi karena saya buta bengkel referensi Baleno, gimana lagi, saya pasrahkan transmisi nya. Waktu dulu abis bongkar, ada yg netes lagi, segera komplen dan dibetulkan lg pas masih garansi.
Soal transmisi, saya nemu ini. Mungkin sdh baca ya.
viewtopic.php?t=18120
Kalo saya sih aliran bengkel Resmi, mahal sih dibandingkan bengkel biasa, tapi karena saya buta bengkel referensi Baleno, gimana lagi, saya pasrahkan transmisi nya. Waktu dulu abis bongkar, ada yg netes lagi, segera komplen dan dibetulkan lg pas masih garansi.
Sopir Jarak Pendek.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 26
- Joined: Tue Jun 12, 2018 9:33
Re: Used Car Review 2001 Suzuki Baleno DX AT with Telling Story
Newbie ikut posting dimari om... seneng banget baca postingan ini.. salam kenal saya juga baru dapat baleno tahun 2002.. saya dr Jombang Jatim.. km baleno 165 rb.. habis dapat trus dandan kira2 sdh habis 7 juta lbeih.he..he banyak sih di kaki2.. sama habis ganti kaca film.. kendala sekarang kadang knalpot keluar asap..tp gak terus menerus..klo pas habis berhenti lama.. smoga thread ini hidup terus..Aamiin...
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Wed Jan 30, 2019 0:48
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: Kijang
Re: Used Car Review 2001 Suzuki Baleno DX AT with Telling Story
nantinya kalau sudah berkeluarga, bangun2 keluarg awal, mau ambil sedan bekas untuk dipakai 2-4 tahun, sampe anak pertama jadi balita, makasih om sudah memberikan penjelasan yang detail, sangat bermanfaat, mobil ini bias jadi refrensi saya dan keluarga nantinya
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Sun Mar 29, 2020 6:22
- Location: bandung
- Daily Vehicle: baleno 2001 matic
Re: Used Car Review 2001 Suzuki Baleno DX AT with Telling Story
Nice Review Om, Jujur tadinya saya mau angkut SX4 Matic 2007, tapi setelah baca-baca review, kok malah jadi tertarik Baleno 2001-2002. Akhirnya saya putuskan ambil Baleno Matic 2001. Alhamdulillah dapat yang masih cukup terawat, walaupun tetap masih ada PR wajar. Seperti bocor Kruk As Depan, Seal Power Steering dan Gearbox rada rembes.
Impresi saya 2 minggu pakai Baleno 2001, mobilnya sangat nyaman digunakan, bahkan jauh lebih nyaman dari Splash Matic 2013 mobil saya sebelumnya. Cuma konsumsi BBM sepertinya perlu sedikit di setting CO nya agar lebih irit. Kalau pengalaman Om setelah pakai Baleno 2001 matic , berapa konsumsi bensin teriritnya untuk dalkot dan lukot? Ada saran untuk setting Potensio CO nya diberapa Volt?
- Interior Cukup Elegan, double din bisa untuk HU Android terbaru
- Busa Jok nyaman banget
- Kabin cukup senyap
- Stir ringan
- Suspensi nyaman
- Eksterior gak jadoel
Saya dan keluarga cukup happy dengan mobil ini, mungkin kalau tidak rewel akan dipakai 5 tahunan lagi.,:)
Impresi saya 2 minggu pakai Baleno 2001, mobilnya sangat nyaman digunakan, bahkan jauh lebih nyaman dari Splash Matic 2013 mobil saya sebelumnya. Cuma konsumsi BBM sepertinya perlu sedikit di setting CO nya agar lebih irit. Kalau pengalaman Om setelah pakai Baleno 2001 matic , berapa konsumsi bensin teriritnya untuk dalkot dan lukot? Ada saran untuk setting Potensio CO nya diberapa Volt?
- Interior Cukup Elegan, double din bisa untuk HU Android terbaru
- Busa Jok nyaman banget
- Kabin cukup senyap
- Stir ringan
- Suspensi nyaman
- Eksterior gak jadoel
Saya dan keluarga cukup happy dengan mobil ini, mungkin kalau tidak rewel akan dipakai 5 tahunan lagi.,:)
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 373
- Joined: Mon Jul 14, 2008 10:02
Re: Used Car Review 2001 Suzuki Baleno DX AT with Telling Story
wah kenangan bersama baleno 2000 itu terakhir tahun 2012.
waktu itu sempat dapat wejangan dari komunitas mengenai settingan mesin, yaitu:
waktu itu sempat dapat wejangan dari komunitas mengenai settingan mesin, yaitu:
Kalau masalah mau irit, cara pertama ya menyehatkan kondisi mesin dulu. Kuncinya sih di settingan celah klep, penyetelan voltase CO sama pemilihan bensin. Kasih stelan celah klep 20in-30ex. Kalau mau lebih irit lagi dbuat luar biasa linggar 25-35. Tapi ya tenaga bawah jadi ngos2an.
Voltase CO distel di 2,5volt saja. Lantas pakai bensin beroktan yang sesuai dengan spek teknis. Jangan alpa membersihkan filter2 juga om. Kalau mau lebh extrim, om bisa ganti header set. Percaya apa tidak, jika hitungannya tepat, konsums BBM malah bisa lebih irit.