record tuh mobil make aer radiator apaan kan ga ngerti yaa...

ganti radiaor juga gak murah kayaknya....
CMIIW
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
oke, utk airnya bisa pake demineralized water merk "Demiator" (30.000/gallon), tinggal nyari concentrate yg gak mengandung phosphate, merk apa ya ....DOHC wrote:pake yg merek2 branded terkenal aja...
beli yg concentrate seliter, trus sisanya tinggal di tambah in air suling atau air aki botol biru..
imaly..
Demiator saya biasa beli di dua tempat deket rumah di Cirendeu (per gallon isi 3.98 liter) :DOHC wrote:itu demiator beli dmana om ?? gallon as in 19 liter atau gallon yg 3.98 liter ??
utk prestone yg concentrate botol abu2 seinget ane uda kaga ngandung phospate deh om.. cuman ane lupa type yg mana ini botol abu2... banyak macam... ad yg ditulis aman utk aluminium dan copper ada jg yg ga ditulis...
kenapa gak pake yg "ready to use" oom ? gak ush nyampur2, tinggal glek ajaDOHC wrote:pake yg merek2 branded terkenal aja...
beli yg concentrate seliter, trus sisanya tinggal di tambah in air suling atau air aki botol biru..
imaly..
ada 2 faktor om..Jerome wrote:kenapa gak pake yg "ready to use" oom ? gak ush nyampur2, tinggal glek ajaDOHC wrote:pake yg merek2 branded terkenal aja...
beli yg concentrate seliter, trus sisanya tinggal di tambah in air suling atau air aki botol biru..
imaly..
Repotnya kalau copot thermostat, jadi susah mencapai suhu kerja...kompresorz wrote:setau saya bukannya berapapun konsentrat tetap aja suhunya akan tercapai seperti termostatnya?
jd sitilahnya gak bikin ngelitik...tp gak tau dah klo mesin livina n yg lainnya..
kalo saya malah pilih yg bnyk konsentratnya...biar lebih tahan lama gak cepat berkurang..panas bgt mesin mobil eropa...
imsus2c wrote:ouw...gitu yah...singachu wrote:Kalo ga salah, coolant (additivenya) ntuh efektif untuk fungsi pelumas dan rust inhibitor, naikkan boiling point, turunin titik beku. Sedangkan untuk perpindahan kalornya masih lebih bagus Air.imsus2c wrote:*numpang nanya![]()
kalau pake coolant konsentrat (yg harus dicampur air/aqua distillate), trus ngisinya kelebihan/over dosis, efek negatifnya (selain bayar lebih) apa ya?
misalnya prestone konsentrat, di petunjuknya tertulis min 30% maks 70% (sisanya dicampur air), nah kalau ngasih konsentratnya kelebihan, >70%, kira2 apa berpotensi merusak cooling system?
Jadi kalo kelebihan konsentratnya dikuatirkan justru mengganggu di proses pendinginan mesinnya.
regards,
singachu
saya kira lebih banyak konsentratnya bisa bikin leih optimal![]()
kompresorz wrote:setau saya bukannya berapapun konsentrat tetap aja suhunya akan tercapai seperti termostatnya?
jd sitilahnya gak bikin ngelitik...tp gak tau dah klo mesin livina n yg lainnya..
kalo saya malah pilih yg bnyk konsentratnya...biar lebih tahan lama gak cepat berkurang..panas bgt mesin mobil eropa...
perihal lebi cool atau tidak, ane jg kaga tau om... scara lipina kaga ada gauge yg analog... ini cuman percobaan nubie ane yg ternyata hasil nya malah gt di livina ane...y_anjasrana wrote:terlalu "cool" malah ngelitik ya om? hhmm... baru denger nih....
DOHC wrote:ada 2 faktor om..Jerome wrote:kenapa gak pake yg "ready to use" oom ? gak ush nyampur2, tinggal glek ajaDOHC wrote:pake yg merek2 branded terkenal aja...
beli yg concentrate seliter, trus sisanya tinggal di tambah in air suling atau air aki botol biru..
imaly..
pertama, mobil ane (lipina) tuh anehh, kalo ane cemplungin coolant dgn concentrate 50 %, mesin gampang glitik.. ga tau knapa, biasa agak mendingan stelah ane bkin concentrate jadi cuman 20-30 % doank... yg ane perhatikan jg pas pagi2, lampu indikator biru lebi cepet mati... so far sehh uda setaon lebih ane kaya gini, radiator nya aman2 aja... pas dikuras jg ga ada serpihan karat..
yg kedua, harga nya jauh lebi murah... prestone segalon dgn concentrate cuman 30 % dan isi cuman 3.78 liter aja uda diatas 60an rebu... sdgkan concentrate gt seliter cuman 30-40an rebu... campur air aki botol biru 3-4 botol pun DC total dgn concentrate nya cuman 50 rebu paling mahal.. dapet nya bsa 4 liter lebih malah..
y_anjasrana wrote:terlalu "cool" malah ngelitik ya om? hhmm... baru denger nih....
ya maksudnya radiator coolant ready to use kan punya perbandingan eg : air = 50:50ilhami wrote:bukan coolant:air yang 50:50
perbandingan ethylene glycol:air cukup 50:50
kalau radiator coolant ready to use ya jangan ditambah air.
kalau concentrate harus ditambah air, baca petunjuknya di kemasan.
apa2an ininugroho bagor wrote:.............