
Preview
Nggak kenal, maka nggak sayang. Maka nubie akan memulainya dari sejarah singkat tentang Juke yang nubie tau.

Nissan Juke masuk dalam kategori mini-crossover, tahun 2009 keluar sebagai concept car di Geneva Motor Show dengan nama Nissan Qazana, setelah sempat beredar kabar penahanan produksinya, secara agak surprise di Geneva 2010 langsung versi produksinya debut dengan nama Nissan Juke – pada bulan Maret. Secara kilat, pada bulan Juni langsung produksi di Japan dan langsung booming (order bulan pertama di Jepang lewat 10 ribu unit-ini yang selalu diungkit fanboy2 Nissan

QAZANA: Desain Juke dimulai dari divisi desain Nissan di Eropa bermain-main dengan body kecil hatchback khas Nissan lalu dikasih roda+velg besar, dan garis Fairlady..Hadirlah Qazana, mobil konsep yang mendobrak desain mobil yang lazim, lalu keluar Juke setelah beberapa revisi dari Nissan Jepang, yang honestly, hampir gak ada yang berubah dari desain awal Qazana.
Trim yang beredar pun berbeda antara Amerika, Jepang, Eropa dan Asia.

Harus diakui memang sebagai konsep, Juke menggiurkan,.. Nubie pribadi sampai hapal beberapa datanya karena ini salah satu mobil yang saya tunggu untuk coba.
Review
Kebetulan sempat nyoba Juke tipe RX warna putih. Tipe teratas yang beredar disini dengan push-start button dan keyless..
Eksterior
First glance, IMO, bentuknya aneh… Ga jelek..tapi nggak juga bagus… Setelah terbiasa dengan bentuknya, akan menarik juga lama-lama… Detail patut diacungi jempol.. Nggak ada garis mudah di mobil ini… Detail lampu belakang nubie suka, garis dan cara nempelnya.. Bagian hitam di bawah bumper depan nubie juga suka meskipun gatau apa fungsinya… Bukaan pintu belakang di pilar C juga menarik, jadi bener2 terlihat coupe nya.. Suka sama velg bawaan yang keren dan profil ban yang tipis.. Jadi berkesan sudah di modifikasi gitu..






Interior
Aroma concept car semakin mereda, dashboardnya konvensional, hanya disertai 2 layar yang enak dipandang mata. Nubie bener2 ilfeel sama panel diantara tempat duduk depan yang di cat grey metallic. Tapi nubie suka desain jok dan kenop bukaan pintu yang indah. Space depan lumayan, space tengah bikin prihatin, untung bagasi cukupan.
Pengendaraan
Nyalain dengan keyless start button, jarum speedo speed dan rpm bergerak naik lalu turun lagi..Hmm..menarik… Speedo kayak gini pertama nubie rasain pas nyalain Audi TT 1st gen. Posisi duduk tinggi, nubie suka. Space lumayan. Jok supportive. Yang nubie gak suka adalah pandangan kedepan yang jadi patokan itu 2 lampu senja yang stupid.. Nubie gak suka ngeliatnya. Pandangan kebelakang lebih parah lagi.. Bisa dibilang jendela belakang gak ada fungsinya.. Mau liat belakang cuma berguna liat spion kiri kanan.

Berikut dari posisi mata saya: Nubie jalan pelan, hmm tarikan terasa berat di mode normal.. Suara mesin noticeable masuk ke kabin..Entah mungkin sengaja atau enggak settingan gini biar rada sporty, masalahnya suara mesinnya cempreng. Pengendaraan di jalan rata/ bergelombang biasa sangat nyaman.. Terasa stabil.. Handling juga lumayan… Nubie suka mobil ini lincah di daerah perkotaan karena turning radiusnya kecil sekali, respon setirnya juga bagus ditambah CVT nya smooth..
Sampai pada suatu keadaan nubie jalan normal tiba2 ada lubang yang cukup dalam dan karena nubie gak liat akhirnya nubie hajar aja..dan.. DUK!..Wuah.. Kerasnya bukan main..sampai terpental.. Buset! Apa-apaan??.. Karena penasaran nubie cari lubang lagi dan hajar.. Kejadian yang sama terulang… Suspensi Juke kayak nggak travel kalau menghajar lubang.. Bener-bener gak nyaman sama sekali.. Keras!

Di suatu perumahan di Bandung dengan jalan yang sepi, nubie pull over dan coba fitur ECO-NORMAL-SPORT nya…



Kesimpulan: Juke untuk handling lumayan enak..Sayang mesinnya terasa lemah.Tapi untuk wilayah perkotaan lebih dari cukup. Sayang turbo 1600 cc gak ada.

Fitur:
2 din terintegrasi dengan resolusi rendah dan touch panel yang terbilang sangat responsive. Voice control untuk memilih menu hiburan sangat menyenangkan untuk hiburan. Lalu di MID banyak sekali info yang bisa dilihat dan di setting… bahkan brightness layarnya juga bisa diatur pakai kenob dengan level pencahayaan yang lumayan dim nya… Audionya ada tweeter.. Artinya ekspektasi suara standar luamayan..


Kekurangannya adalah :
Voice controlnya pake English mana entah deh… nubie milih “Radio”, selalu terbaca sama dia sebagai “Menu”. Pertama pake aksen biasa “Radio”, gagal. Aksen Inggris “Rwedio”, gagal.. Pake Inggris Jawa “Rak-dio”, masih gagal..





Beberapa WTF di produk ini yang nubie temui.. :
Pertama.. Dan mungkin yang paling memprihatinkan dari Juke.. Adalah kualitas buatannya... Plastik terasa murahan.. Klip2 panel nggak kuat.. Bahkan lampu rem belakang eksterior dengan mudahnya menggunakan tangan bisa di cabut..

Contoh: ini panel tengah interior, nubie lepas hanya menggunakan kelingking... Kedua.. Indonesia merupakan negara yang memiliki culture silaturahmi yang kuat... Contoh: satu-satunya budaya lebaran cuman ada di Indonesia. Pastinya orang-orang memilih kendaraan yang bisa muat banyak orang dan nyaman dipakai. Tapi Juke tidak seperti itu.. Kabin tengahnya terasa lebih sempit dibanding Fiesta yang juga sempit.. Dan nubie yang hanya setinggi 168cm pun terasa kesempitan di belakang.. Sesempit apa? Berikut pada posisi nyaman nubie duduk dibelakang: Itulah efek GC tinggi, atap landai.. Nyaman? Tidak sama sekali.. Kalau di Eropa konfigurasi seperti ini mungkin berhasil.. Di Indonesia nubie menyangsikan..
Terakhir meskipun bukan hal besar, untuk memilih AC di mobil ini ada tulisan CLIMATE... Tapi nubie cari-cari sampai saat ini kok mobil ini gak ada climate controlnya ya....

Kesimpulan :
What I love:
-Fresh Design
-Responsive handling
-Fitur segudang
What I hate:
-Suspensi keras
-Gak ada DVD/CD player, dan gak ada Back cam
-Kabin sempit
-Suara mesin masuk ke kabin tapi cempreng
-Jendela belakang kecil
Verdict:
Mobil ini semakin jelas segmentasinya untuk anak-anak SMA atau kuliah.. Karena segala sistem yang rumit dan kurang user friendly bagi orang dewasa apalagi old-fashion sangat nggak cocok.
Juke, IMHO, overall adalah konsep yang sangat bagus.. Sekali lagi, IMHO, Sangat cocok digunakan di area perkotaan, praktikal, aman, hemat bbm, menarik perhatian, bisa melawan banjir dan jalan rusak dengan mudah, dan mudah diparkir. Tapi-seperti yang saya bilang sebelumnya- hanya sebagai konsep.. Tapi sebagai mobil di dunia nyata, silahkan ambil kesimpulan sendiri


Mohon koreksinya, semua serba IMHO.. Hanya sekedar review kacangan belaka




