Review... Toyota Nav1 2013 V

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: F 272, b8099ok, FRD, billyd1773dz, ChZ

Post Reply
User avatar
ALX7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 340
Joined: 01 May 2013, 11:43
Location: Jakarta

Review... Toyota Nav1 2013 V

Post by ALX7 » 01 Mar 2014, 13:45

Salam sejahtera para momod, rekan setia SMers, silent reader (emang klo baca berita di forum SM ini ada yg beneran bersuara yah...? :big_biglaugh: )
ijinkan saya mencoba mereview peliharaan titipan bokap saya yg ntah sampai kapan berada di rumah saya,,,

Toyota Nav1 (ntah dibaca navi ato navwan kependekan dari kata 'navigator one', yg pasti ini nama ga sesuai dengan fungsi mobil ini sendiri dan akan saya jelaskan dipenghujung review :big_slap: )

Kronologi ga penting: :off_bored:
Awal mula ini mobil bisa tau2 dibeli tidak lain krn diskon sebesar 80jt (official 70jt), tadi nya bokap berencana mengambil Ipah ntah bensin ato diesel sebagai kendaraan tempur (dan saya rasa pilihan yg bijak mengingat usia bokap yg sudah 67tahun) menggantikan habanjah miliknya sekarang...
Namun krn info diskon yg cukup besar dari sales langganan, akhirnya diputuskan, buat SPK dan tanda jadi dalam waktu kurang dari 3jam... tanpa tes drive, tanpa saran dari nyokap ane dan seluruh anggota keluarga yg terdaftar... Alasannya: itung2 beda dikit harga nya sama Ipah tp lebih bergengsi pake ini (Nav1) katanya...


Eksterior:
Menurut selera saya dan mayoritas SM-ers (berdasarkan yg saya baca di topik2 ttg trio roti tawar) adalah yg terburuk di antara pesaingnya (Biante dan C26)
Jadi utk foto terpaksa saya tampilkan dari web aja yah... soalnya udah sempet coba foto dr berbagai sudut tidak ada yg bisa menampilkan kesan menarik nya..

Image
Image
Image

Score: 7/10

Interior/Inside:
Yup, harusnya ini lah yg menjadi senjata utama dari MPV roti tawar.
Image
Dimana material dashboard dibuat dari hard plastik seperti pada umumnya..

Sudah dilengkapi dgn MID beserta indicator apabila ada pintu yg belum tertutup serta bunyi pengingat utk pake safetybelt
Image

Blower AC sampai dengan baris ke-3
Image

Kesan setelah mengeksplorasi bagian dalam ini adalah:
- tempat yg menyenangkan utk anak2 terutama bermain hide and seek (maksudnya sembunyikan suatu benda di beberapa tempat menaruh barang/botol/whatever yg tersedia)
Image

- Lampu, lampu dan Lampu...
Image

- Detail, yup hal2 terkecil yg menurut bbrp orang ga penting tersedia disini dan memang berguna..
Image

Image
:big_exellent:
- Akses mudah, bahkan hanya perlu membuka salah satu pintu utk memasukkan 7 orang tanpa harus ada urutan siapa yg harus masuk dulu. :off_good_job:

Score: 9/10

Kenyamanan dan akomodasi:
- Suspensi tidak terlalu empuk dan tidak terlalu keras, pas menurut saya..
- Jok cukup empuk dan nyaman untuk diduduki baik dari segi driver maupun penumpang..
- kemampuan menampung barang agak kurang karena bangku baris ke-2 hanya bisa digeser dan diputar dan tidak dapat dicopot, jok belakang lipat ke samping dan agak sulit utk dicopot.
- Kekedapan kabin okelah, malah waktu pertama kali naik ini mobil istri saya nanya mesin nya mati ato nyala... (maklum biasa denger suara mesin dibawah bangku), hening (bisa dibayangkan apabila mobil ini tidak mempunyai Radio/DVD player, pastinya akan membosankan, namun cocok utk penumpang bila ingin bermeditasi) :big_weee:

Score: 8/10

Engine bay:
- Mesin yg digunakan dgn kode 3ZR-FAE 2000cc dengan Power: 158HP/6200 dan Torsi 200nm/4400 (yg setelah dicari info nya melalui mbah gugel dan bang wiki ternyata dipakai juga pd Toyota RAV4) dengan teknologi valvematic (whatever it is..)
- Transmisi CVT dgn Shiftronic 7percepatan (berfungsi utk downshift tepatnya klo menurut saya).

Driving Impression:
-ECo Drive
Begitu tuas presneling masuk ke D, hentakan kecil, lepas rem dan mobil pun meluncur pelan...
Selamat..!, anda menjadi ECO driver ditandai dengan lampu ECO yg menyala..
Injak gas pelan2, halus dan pertahankan RPM tetap dibawah 2000 ato lampu ECO itu akan mati apabila anda melakukan sebaliknya...
Hasil nya: dengan muatan 4orang dewasa dan 2 balita (selalu) didapat 1L utk 5km rute dalam kota macet stop and go menggunakan pertamax :mky_06: , namun utk lalu lintas lancar/tol bisa sekitar 12km/Liter

-Agresive Mode
Tersiksa dengan kondisi jalan kalem mengalah kepada duo kaleng, taksi, mikrolet saat nya melepaskan belenggu dengan kickdown di toll... Hasilnya..? begitu pedal diinjak rata, decitan ban diiringi asap ban, badan terhempas kebelakang, sedikit putar setir ke kiri dan counter ke kanan maka bokong terseret kedepan... :big_smoking:
Wait..!! You must be joking or dreaming boy...,yg barusan anda bayangkan adalah test drive versi acara Top Gear :big_slap:

It's a high roof MPV with CVT!! None can do that..

Anyway, sebenernya mobil ini cukup bertenaga apabila anda memang tega memperlakukan demikian, di toll lancar jaya mobil ini masih mampu mengalahkan akselerasi taksi vios terbaru dalam memperebutkan jalur kosong dan kejar2an dengan mobil travel Cipaganti. :mky_08:

Score: 7/10

Handling dan Suspensi:
Sekedar mengingatkan bahwa ini adalah High roof MPV, jangan bayangkan bisa membuat donut ato angka 8 di aspal, menyelak lincah ditengah kemacetan, zigzag ala Hatchback. :mky_07:
Setir cukup mampu mengikuti keinginan saya, tidak ringan dan juga tidak berat, cukup lugas utk berkelit menghindari lubang ato kucing yg tiba2 nyelonong... :big_grin:
Suspensi seperti yg saya sampaikan sebelumnya, pas, dijalan tol tidak terlalu limbung, dibawa jalanan bergelombang tidak terlalu empuk.

Score: 7.5/10

Fitur:
- ABS dan EBD
- Immo + Smart Entry&Star system
- Dual Auto Sliding Door
- AC Dual zone
- Airbag 2 buah
- Rear Parking Camera + Sensor 4sudut
- GPS <- This is the inspiration of its name :mky_05:

Pros:
+ Kabin senyap
+ Suspensi
+ Nyaman utk penumpang dan driver
+ Banyak laci/tempat penyimpanan dan lampu
+ Lega


Cons:
- Ga bisa dibilang irit meski udah pake pertamax
- Ground clearance rendah, lebih rendah daripada avanza sehingga utk ganti oli aja mesti pake dongkrak dan pernah mentok poldur
- Fake Shiftron yg nyata nya lebih berfungsi utk downshift aja, utk upshift apabila rpm blm diatas 1500 tidak bisa (blm tau jg sih klo Geared A/T shiftron spt ini ato ngga)
- Fake ECO Drive mode, yg bilamana hanya menyala apabila kondisi tuas presneling diposisi D dan rpm dibawah 2000
- GPS NAvigasi yang amat bodoh, jangan percaya sama pengarahannya, gunakan saja sebagai peta/map, itu pun klo sdh up to date!!

Kesimpulan:
- Jika anda masih single / masih kuliah / baru kerja pastinya tidak cocok karena anda akan sangat kesepian di dalam mobil
- Jika anda memilih mobil ini sebagai mobil pertama, err.. sebaiknya anda pertimbangkan yg lain dulu
- Jika anda seorang speed freak ato off-roader pastinya jangan ambil ini mobil
- Jika anda ingin mencari pacar jangan pakai mobil ini kecuali utk bawa calon mertua jalan2...

- Jika anda sudah berkeluarga dan ingin menyenangkan istri, anak2 termasuk babysitter anda? Yes, it's a good choice
- Jika anda seorang modifikator dan hobby utak-utik mobil spt nya ini cocok utk project terbaru anda

- Jika anda seorang istri dgn suami paruh baya yg mulai mapan, ya suruh dia beli mobil ini alih2 Miata ato Mini cooper
- Jika anda seorang wanita shopaholic dan suka berdandan dimobil... Ya mobil ini cukup luas utk menaruh barang belanjaan dan meletakkan pernak-pernik/kebutuhan/sepatu/tas cadangan anda... tp pakai supir yah...

Last words: Doesn't really matter what the eyes are seeing coz I'm in love with the inner being...

Sekian review dari saya, mohon maaf klo ada salah kata/ salah maksud/ salah ketik/ salah kamar ato salah forum...

:big_peace:
I am a Driver... not a Racer...

This topic has 207 replies

You must be a registered member and logged in to view the replies in this topic.


Register Login
 
Post Reply

Return to “Review Corner”

Who is online

Users browsing this forum: 4dhit, ericksakti, Hanschristian5, Ingkak, Iphone8gb, kilometerakhir, Tms and 4 guests