Journey from 2kd to 2gd

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
romi10
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Fri Oct 17, 2014 3:16

Journey from 2kd to 2gd

Post by romi10 »

Setelah 9 tahun pake 2kd yang mana saya sangat amat puas bgt pake mobil itu, tiba2 ga ada angin ga ada ujan di ajak menkeu ke auto 2000 dan voilla transaksi tuker tambah 2kd ke 2gd terjadi dan minggu depannya reborn 2gd matic sudah ada di rumah.

Yang saya rasain awal2 pake 2gd ada rasa senang campur penyesalan, krn secara model dan mesin jelas 2gd lebih ganteng dan baru, namun yang bikin menyesal adalah driving qualitynya menyedihkan di banding 2kd, mesin reborn meski lebih baru dan kencang tp respon gas bawahnya ngga instan, delaynya parah dan mesinnya terlalu halus jadi kesannya malas, yang nyetir jadi ikut malasss

dan bantingannya meski dapat meredam dengan halus dijalanan rusak tp goyangannya kaya kapal di tengah badai, dan nose divenya membuat saya jadi males ngerem, karena kalo uda nose dive semua penumpang jadi mual, bahaya banget kan kl lagi ngebut males ngerem wkwkw

Akhirnya pas service 1000km di beres saya sekalian minta tolong SAnya untuk gantiin downpipe merek BRD (bawa sendiri), awalnya SAnya bilang kalo ganti downpipe bisa void garansi loh mas, tp setelah saya tanya lagi ke kepala bengkelnya dan jawabannya "oh ini efeknya emisinya jadi lebih kotor aja kok pak, justru bagus buat sirkulasi udara dr turbo ke knalpot" dan akhirnya kabengnya bilang "garansi mesin tetep on ya mas". Dalem hati "YESS" hati tenang. Btw jasa ganti downpipe di beres 380rb.

Besokannya saya memberanikan diri untuk remap smokeless + delete egr di bengkel rekomendasi teman, tunernya janjiin bisa ngasih revisi remap sampe 2x kl saya belum puas dengan remap yang pertama, jadi saya pikir GASS Lahh kapan lagi bisa remap buy one get one..

Setelah Remap pertama jujur saya masih belum puass karena tarikan bawahnya masih belum seenak tarikan bawahnya 2kd (remap) ane dulu, jadi saya minta di tune ulang supaya tarikan bawahnya dibuat lebih enak lagi, and the tuner said yess, dia bakal setting lagi boost turbonya, debit solar dan throttlenya (tp ttp masih dibatas aman). Baru deh setelah remap kedua saya ngerasain nikmatnya torsi bawah 2gd seperti di 2kd saya yg dulu, meski respon gas tetep ga bisa seinstann 2kd saya yang dulu, masih sedikit delay, tapi uda 85% mendekati lahh, kata tunernya "kalo mau seinstan 2kd mesti pake throttle control mas, tp nanti kelamaan alatnya bisa error", tp kalo tarikan atas mah jangan ditanya ya uda pasti 2gd lebih enak dan menang jauhh.

Abis remap langsung saya berangkat ke SND untuk praktekin racikan suspensi 2kd saya dulu di 2gd, yaitu depan ganti shock kayaba excell g dan belakang pake kayaba XR (silver). Dalem hati semogaa bantingannya jadi mirip kaya 2kd saya dulu yang kl lewat jalanan rusak feelnya kijang bgt tetep empuk "blep2" gitu tp mobil tetep stabil and nyaman ga bikin mual.

Dan setelah selesai pasang saya tes di jalan dalkot bener saja racikan shock yang saya pilih ternyata sangat cocok dengan but-o-meter saya, bantingan reborn diesel menjadi lebih firmm namun masih bisa dibilang empuk, mirip mobil monokok, macet2an dan lewat jalan rusak tidak mengayun lagi seperti kapal, nose dive berkurang 90%, jauhh lebih stabil, namun tetap tidak membuat kabin daarr darrr saat melewati jalanan rusak, kl di rasa2 kok feel bantingannya jadi mirip zenix mobil kantor yah

dan inilah momen pembuktian yang saya nanti2kan.. antri masuk gerbang tol, tap emoney and lgss pedal to kampret dan cuuzzz suara siulan turbo yang indah terdengar dalam kabin mobil melesat dengan sigap dari putaran bawah sampai 180km/jam dengan sangat mudah + suara turbo yang indah with a little bit wind noice from driver window membuat adrenalin saya terpacu untuk manuver membelah kemacetan tol jor, dengan settingan suspensi yang lebih firm membuat setir 2gd serasa lebih direct dan nempel ke aspal enak bangett deh buat selap selip

Akhirnya dengan sedikit modifikasi budget friendly ini saya bisa ngerasain the true power of 2gd with more proper suspension.. :mky_02:

Hopefully saya bisa pelan2 melupakan kenangan bersama dengan 2kd saya dl.

-salam 2kd-
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 916
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: Journey from 2kd to 2gd

Post by tesna »

enakan 2gd koq, saya dl jg pernah pakai 2kd dan skrg 2gd....

2gd pakai shock std + kayaba excel-g lumayan enak, tapi klo diganti lowering kit eibach pengalaman saya keras kayak batu. saya ganti shock nya ke tokico baru manteppppp ga lembek ga kayak gerobak ahhahaha

5 tahun pake 2gd udah mulai rada bosen, upgrade mesin ke stage 3 jadi ga bosen lagi huahuahuauhahu

oh iya, 2gd yg busuk itu rem nya. harus ganti/upgrade....
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1023
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Journey from 2kd to 2gd

Post by zonepublic »

Yang tahu mobil bisa rasain kok ga sebagai driver ga sebagai penumpang 2 kd lebih enak dari 2 gd kemana2 ga cuma driving feel,built quality dan rasa kabinnya enak 2kd jauh
Satu2nya yang enak dari 2gd cuma top speednya lebih tinggi dan getaran mesin lebih halus
Kalo cuma lari di tol aja ya ga bisa ngerasain,harus di medan kurang bagus atau jalan sempit sekali2 biar tahu betapa kedodorannya handling 2gd
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1180
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Journey from 2kd to 2gd

Post by iamwewe »

zonepublic wrote: Thu Jun 26, 2025 1:35 Yang tahu mobil bisa rasain kok ga sebagai driver ga sebagai penumpang 2 kd lebih enak dari 2 gd kemana2 ga cuma driving feel,built quality dan rasa kabinnya enak 2kd jauh
Satu2nya yang enak dari 2gd cuma top speednya lebih tinggi dan getaran mesin lebih halus
Kalo cuma lari di tol aja ya ga bisa ngerasain,harus di medan kurang bagus atau jalan sempit sekali2 biar tahu betapa kedodorannya handling 2gd
sayang banget kalo gak di quote ini :wkkk: :wkkk:
mr_mytplx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1328
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Journey from 2kd to 2gd

Post by mr_mytplx »

kl posisi mengemudi enak mana om?
gwsecretc
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54

Re: Journey from 2kd to 2gd

Post by gwsecretc »

Congrats buat mobil baru om ts. Kalau ada foto mungkin juga boleh dishare di sini..

Soal throttle control, di 2gd saya rasa ga perlu, bawaan kan udah dapet tuh (eco-normal-power mode).

Yang patut diganti itu ban, ban bawaan anki ini ampas bener. Upgrade aja ke ban yg non eco seperti michelin primacy, bs turanza, dunlop lm, bf goodrich, dan selevelnya.

Kalau rem, minimal bisa coba upgrade brakepad + discbrake. Untuk brakepad bisa coba nexzter pro (hijau), endless 1038, dixcel es. Discbrake bisa dba/ nexzter pro.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16803
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Journey from 2kd to 2gd

Post by ChZ »

kalo ketemu innova GD di tol standar, tipe G atau V.

better watch out aja.

itu sidewall ban diem aja keliatan letoy bawa beban segitu, kebayang kl dipake ugal. beban 1.7ton + penumpang dan barang, stock brakes yang kayak pejetan 0 dan 1, ban eko. udahlah pasti dynamicsnya kaco. blom ngomong sudut SAI nya yang cacat.

mobil yang kosongan aja kayak bawa kapal kena badai.

yang lucu yang bilang ini mobil lebih enak dari zenix. wkwkwkkw ya kalo venturer sama zenix G ok lah ya, kalo venturer sama zenix Q kan sebenernya technically unggul zenix jauh. kecuali ya emang suka suspensi ngayun, disupirin, emang zenix lbh kaku.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
KielConstantine
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3068
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Journey from 2kd to 2gd

Post by KielConstantine »

ChZ wrote: Thu Jun 26, 2025 3:32 kalo ketemu innova GD di tol standar, tipe G atau V.

better watch out aja.

itu sidewall ban diem aja keliatan letoy bawa beban segitu, kebayang kl dipake ugal. beban 1.7ton + penumpang dan barang, stock brakes yang kayak pejetan 0 dan 1, ban eko. udahlah pasti dynamicsnya kaco. blom ngomong sudut SAI nya yang cacat.

mobil yang kosongan aja kayak bawa kapal kena badai.

yang lucu yang bilang ini mobil lebih enak dari zenix. wkwkwkkw ya kalo venturer sama zenix G ok lah ya, kalo venturer sama zenix Q kan sebenernya technically unggul zenix jauh. kecuali ya emang suka suspensi ngayun, disupirin, emang zenix lbh kaku.
Sssssttt….


Dah ah ntar malah pada berantem ….



Udah cukup kita liat pertikaian user cumi darat di ig / tiktok & youtube . Jangan sampe ke SM juga :big_biglaugh:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
X252
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Thu May 08, 2025 23:22
Location: Balikpapan
Daily Vehicle: Suzuki XL7

Re: Journey from 2kd to 2gd

Post by X252 »

congrats om untuk mobil barunya, so far saya sih lebih suka innova lama karena lebih homy, jadi standar mobil travel di kalimantan, baris ketiga lega. Yang reborn saya pernah mual dan di belakang kurang nyaman.
User avatar
romi10
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Fri Oct 17, 2014 3:16

Re: Journey from 2kd to 2gd

Post by romi10 »

tesna wrote: Thu Jun 26, 2025 1:25 enakan 2gd koq, saya dl jg pernah pakai 2kd dan skrg 2gd....

2gd pakai shock std + kayaba excel-g lumayan enak, tapi klo diganti lowering kit eibach pengalaman saya keras kayak batu. saya ganti shock nya ke tokico baru manteppppp ga lembek ga kayak gerobak ahhahaha

5 tahun pake 2gd udah mulai rada bosen, upgrade mesin ke stage 3 jadi ga bosen lagi huahuahuauhahu

oh iya, 2gd yg busuk itu rem nya. harus ganti/upgrade....
Iya om nanti kl uda mulai bosen kynya saya juga bakal upgrade juga ke stage 3, tp skrg masih masa2 honey moon sm 2gd remap nih, jd masih berasa nikmatnya.
zonepublic wrote: Thu Jun 26, 2025 1:35 Yang tahu mobil bisa rasain kok ga sebagai driver ga sebagai penumpang 2 kd lebih enak dari 2 gd kemana2 ga cuma driving feel,built quality dan rasa kabinnya enak 2kd jauh
Satu2nya yang enak dari 2gd cuma top speednya lebih tinggi dan getaran mesin lebih halus
Kalo cuma lari di tol aja ya ga bisa ngerasain,harus di medan kurang bagus atau jalan sempit sekali2 biar tahu betapa kedodorannya handling 2gd
Ya betul 2kd secara build quality dan driving quality lebih baik dr 2gd standart, namun setelah 2gd sedikit upgrade di mesin dan suspensi menurut saya sudah bisa bersaing dengan 2kd, satu lagi yang kurang dr 2 gd yaitu maticnya yang suka bingung

Untungnya build quality interior 2gd masih lebih presisi dan kualitas plastiknya masih lebih bagus dari zenix yang agak lebih tipis dan letoy kl di pencet2
mr_mytplx wrote: Thu Jun 26, 2025 3:16 kl posisi mengemudi enak mana om?
Posisi mengemudi kl saya lebih enak 2 kd sedikit, dah gitu arm rest 2gd terlalu rendah jadi buat tangan kiri bingung mau senderan dimana.
gwsecretc wrote: Thu Jun 26, 2025 3:20 Congrats buat mobil baru om ts. Kalau ada foto mungkin juga boleh dishare di sini..

Soal throttle control, di 2gd saya rasa ga perlu, bawaan kan udah dapet tuh (eco-normal-power mode).

Yang patut diganti itu ban, ban bawaan anki ini ampas bener. Upgrade aja ke ban yg non eco seperti michelin primacy, bs turanza, dunlop lm, bf goodrich, dan selevelnya.

Kalau rem, minimal bisa coba upgrade brakepad + discbrake. Untuk brakepad bisa coba nexzter pro (hijau), endless 1038, dixcel es. Discbrake bisa dba/ nexzter pro.
Thank you om, iya bener sih pake power mode jadi lebih responsif, cuma jadi kurang halus aja gasnya, sedikit menyentak gitu.

Nah masalah ban berhubung saya ganti shock yang keras.. kok saya jadi ngerasa ban lembek BS eco2an ini jadi bisa mengimbangi ya, jadi nya balance aja gt, nanti rencana kl uda mulai botak baru deh ganti michelin primacy

Untuk rem so far karena baru 1000km lebih dikit masih belum ada kendala sih

ini fotonya om

Foto 2kd.jpg
InkedFoto 2gd_LI.jpg
ChZ wrote: Thu Jun 26, 2025 3:32 kalo ketemu innova GD di tol standar, tipe G atau V.

better watch out aja.

itu sidewall ban diem aja keliatan letoy bawa beban segitu, kebayang kl dipake ugal. beban 1.7ton + penumpang dan barang, stock brakes yang kayak pejetan 0 dan 1, ban eko. udahlah pasti dynamicsnya kaco. blom ngomong sudut SAI nya yang cacat.

mobil yang kosongan aja kayak bawa kapal kena badai.

yang lucu yang bilang ini mobil lebih enak dari zenix. wkwkwkkw ya kalo venturer sama zenix G ok lah ya, kalo venturer sama zenix Q kan sebenernya technically unggul zenix jauh. kecuali ya emang suka suspensi ngayun, disupirin, emang zenix lbh kaku.
Iya ban bs ecopia emang letoy bgt om, apalg waktu masih pake shock std duh rasanya pengen d ganti aja tuh ban

Tp setelah ganti shock yang keras saya kok jadi ngerasa balance ya, pas lewat jalanan rusak stabilnya dapet tp juga nggak buat kabin berisik

Ya sebenernya dengan ganti shock di reborn yang proper sekalipun, untuk handling di jalan tol memang belum bisa menyaingi zenix, tp at least di jalanan dalkot mix beton dan berlubang menurut saya sudah bisa lebih nyaman dr zenix
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
romi10
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Fri Oct 17, 2014 3:16

Re: Journey from 2kd to 2gd

Post by romi10 »

X252 wrote: Thu Jun 26, 2025 5:04 congrats om untuk mobil barunya, so far saya sih lebih suka innova lama karena lebih homy, jadi standar mobil travel di kalimantan, baris ketiga lega. Yang reborn saya pernah mual dan di belakang kurang nyaman.
Thank you om

Innova 2gd lama2 enak juga kok om, cm emang baris ketiganya lebih lega yang lama, karena di 2gd ruang bagasinya yg dibuat lebih lega.

Reborn diesel wajib ganti shock yg lebih keras, kl ngga emang alamat mual semua penumpangnya
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1023
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Journey from 2kd to 2gd

Post by zonepublic »

romi10 wrote: Thu Jun 26, 2025 5:39
X252 wrote: Thu Jun 26, 2025 5:04 congrats om untuk mobil barunya, so far saya sih lebih suka innova lama karena lebih homy, jadi standar mobil travel di kalimantan, baris ketiga lega. Yang reborn saya pernah mual dan di belakang kurang nyaman.
Thank you om

Innova 2gd lama2 enak juga kok om, cm emang baris ketiganya lebih lega yang lama, karena di 2gd ruang bagasinya yg dibuat lebih lega.

Reborn diesel wajib ganti shock yg lebih keras, kl ngga emang alamat mual semua penumpangnya
Nahh ini,saya bawa temen duduk di row 2 naik reborn ngeluh pusing katanya abis disetirin gue,padahal gue puluhan tahun nyetir mobil apapun bawa temen gue itu(tapi usually honda sih) ga pernah ada yang ngeluh pusing
Kalau saya pribadi sebagai driver yang ga suka bawa reborn ya cenderung ngerepotin karena dimensinya aneh kaya sengaja ditarik panjang gitu,mau parkir,mau nyalip semuanya serba susah seperti bawa L300/luxio pandangannya ke belakang entah spionnya kurang besar atau bagaimana
User avatar
romi10
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Fri Oct 17, 2014 3:16

Re: Journey from 2kd to 2gd

Post by romi10 »

zonepublic wrote: Thu Jun 26, 2025 5:45
romi10 wrote: Thu Jun 26, 2025 5:39
X252 wrote: Thu Jun 26, 2025 5:04 congrats om untuk mobil barunya, so far saya sih lebih suka innova lama karena lebih homy, jadi standar mobil travel di kalimantan, baris ketiga lega. Yang reborn saya pernah mual dan di belakang kurang nyaman.
Thank you om

Innova 2gd lama2 enak juga kok om, cm emang baris ketiganya lebih lega yang lama, karena di 2gd ruang bagasinya yg dibuat lebih lega.

Reborn diesel wajib ganti shock yg lebih keras, kl ngga emang alamat mual semua penumpangnya
Nahh ini,saya bawa temen duduk di row 2 naik reborn ngeluh pusing katanya abis disetirin gue,padahal gue puluhan tahun nyetir mobil apapun bawa temen gue itu(tapi usually honda sih) ga pernah ada yang ngeluh pusing
Kalau saya pribadi sebagai driver yang ga suka bawa reborn ya cenderung ngerepotin karena dimensinya aneh kaya sengaja ditarik panjang gitu,mau parkir,mau nyalip semuanya serba susah seperti bawa L300/luxio pandangannya ke belakang entah spionnya kurang besar atau bagaimana
Iya om seperti yang saya bilang diatas bahwa reborn diesel wajib ganti shock yang lebih keras karena shock bawaanya sengaja dikasih yang kualitas ampas, toyota ngambil cuannya kebanyakan, secara pake shock ampas aja masih jadi mobil paling laku :big_dunno:

Kalo pake cara saya, total cost ganti shock ga sampe 3jt, pasti driver dan penumpang puas
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4387
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Journey from 2kd to 2gd

Post by ginting »

romi10 wrote: Thu Jun 26, 2025 5:39
X252 wrote: Thu Jun 26, 2025 5:04 congrats om untuk mobil barunya, so far saya sih lebih suka innova lama karena lebih homy, jadi standar mobil travel di kalimantan, baris ketiga lega. Yang reborn saya pernah mual dan di belakang kurang nyaman.
Thank you om

Innova 2gd lama2 enak juga kok om, cm emang baris ketiganya lebih lega yang lama, karena di 2gd ruang bagasinya yg dibuat lebih lega.

Reborn diesel wajib ganti shock yg lebih keras, kl ngga emang alamat mual semua penumpangnya
saya pake 2GD sejak Nov 2021 menggantikan Mu-X yang 5 tahun masa baktinya lalu pensiun (2016-2021).
Odo 25K shock breaker tewas.
Lalu saya ganti, setelah itu sy bawa mudik Tangsel - Plbg - Jambi - PKU - MDN - Karo - Kuta Cane - Blangkejeren - Takengon...Lhokseumawe - Medan - PKU - Kiliranjao - Muara Bungo - Muara Tebo - Jambi kota - Palembang - Bakauheni - Tangsel. begitu pulang rasanya shock sudah gak enak, rasa lemah, tp tidak bocor.... lalu sy tahankan dulu-- akhirnya di odo 55K sy ganti shock Profender Jumbo warna putih, yg gede tabung dan shaftnya.
awalnya bantingan rasanya keras kalau sendiri, tp kalau diisi full load 4 pax + barang maka jadi enak, gak amblas dan gak limbung...
tapi kalau kena aspal yang keriting, getara jadi lebih teras.
tapi exit toll di interchange bisa lebih kencengm gak oleng limbung lagi.
gwsecretc
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54

Re: Journey from 2kd to 2gd

Post by gwsecretc »

romi10 wrote: Thu Jun 26, 2025 5:20 Thank you om, iya bener sih pake power mode jadi lebih responsif, cuma jadi kurang halus aja gasnya, sedikit menyentak gitu.

Nah masalah ban berhubung saya ganti shock yang keras.. kok saya jadi ngerasa ban lembek BS eco2an ini jadi bisa mengimbangi ya, jadi nya balance aja gt, nanti rencana kl uda mulai botak baru deh ganti michelin primacy

Untuk rem so far karena baru 1000km lebih dikit masih belum ada kendala sih
Pakai mode normal aja kalo gitu om. Kalau eco jangan dipakai, buat delay respon gas dan ntah sugesti atau bukan, rasanya mode eco ac jadi ga sedingin mode normal/power.

Kalau ban pakai ukuran std aman aja om untuk bantingan nya walau ganti merk. Kecuali om upsize ke 215/65 r16 itu lebih keras tapi akan lebih stabil lagi.

Cuma emg ban eco ini sidewall rada lembek , makanya tetap ngefek jika pakai ban non eco walau ukuran sama.

Kalau rem ntar om, biasa kalau dah di atas 15rb km, pedal rem mulai getar saat ngerem di kecepatan tinggi. Problem rata” selalu di disc brake. Makanya kalau nanti udah ada keluhan tsb, sekalian langsung upgrade rem aja.

Btw warna silver cakep juga ya om, dah bosen lihat di jalanan warna hitam putih mulu.
User avatar
romi10
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Fri Oct 17, 2014 3:16

Re: Journey from 2kd to 2gd

Post by romi10 »

ginting wrote: Thu Jun 26, 2025 7:18
romi10 wrote: Thu Jun 26, 2025 5:39
X252 wrote: Thu Jun 26, 2025 5:04 congrats om untuk mobil barunya, so far saya sih lebih suka innova lama karena lebih homy, jadi standar mobil travel di kalimantan, baris ketiga lega. Yang reborn saya pernah mual dan di belakang kurang nyaman.
Thank you om

Innova 2gd lama2 enak juga kok om, cm emang baris ketiganya lebih lega yang lama, karena di 2gd ruang bagasinya yg dibuat lebih lega.

Reborn diesel wajib ganti shock yg lebih keras, kl ngga emang alamat mual semua penumpangnya
saya pake 2GD sejak Nov 2021 menggantikan Mu-X yang 5 tahun masa baktinya lalu pensiun (2016-2021).
Odo 25K shock breaker tewas.
Lalu saya ganti, setelah itu sy bawa mudik Tangsel - Plbg - Jambi - PKU - MDN - Karo - Kuta Cane - Blangkejeren - Takengon...Lhokseumawe - Medan - PKU - Kiliranjao - Muara Bungo - Muara Tebo - Jambi kota - Palembang - Bakauheni - Tangsel. begitu pulang rasanya shock sudah gak enak, rasa lemah, tp tidak bocor.... lalu sy tahankan dulu-- akhirnya di odo 55K sy ganti shock Profender Jumbo warna putih, yg gede tabung dan shaftnya.
awalnya bantingan rasanya keras kalau sendiri, tp kalau diisi full load 4 pax + barang maka jadi enak, gak amblas dan gak limbung...
tapi kalau kena aspal yang keriting, getara jadi lebih teras.
tapi exit toll di interchange bisa lebih kencengm gak oleng limbung lagi.
Buset rebornnya udah keliling indonesia, selain shock lemah ada kendala di mesin ga selama pake om?

Shock profender jumbo katanya emang lebih keras dari ori even dari kayaba excell g dan kayaba xr, tp durabilitynya harusnya lebih baik tuh om

Jauh lebih enak kan om pake shock yang keras di reborn hahaha
gwsecretc wrote: Thu Jun 26, 2025 7:19
romi10 wrote: Thu Jun 26, 2025 5:20 Thank you om, iya bener sih pake power mode jadi lebih responsif, cuma jadi kurang halus aja gasnya, sedikit menyentak gitu.

Nah masalah ban berhubung saya ganti shock yang keras.. kok saya jadi ngerasa ban lembek BS eco2an ini jadi bisa mengimbangi ya, jadi nya balance aja gt, nanti rencana kl uda mulai botak baru deh ganti michelin primacy

Untuk rem so far karena baru 1000km lebih dikit masih belum ada kendala sih
Pakai mode normal aja kalo gitu om. Kalau eco jangan dipakai, buat delay respon gas dan ntah sugesti atau bukan, rasanya mode eco ac jadi ga sedingin mode normal/power.

Kalau ban pakai ukuran std aman aja om untuk bantingan nya walau ganti merk. Kecuali om upsize ke 215/65 r16 itu lebih keras tapi akan lebih stabil lagi.

Cuma emg ban eco ini sidewall rada lembek , makanya tetap ngefek jika pakai ban non eco walau ukuran sama.

Kalau rem ntar om, biasa kalau dah di atas 15rb km, pedal rem mulai getar saat ngerem di kecepatan tinggi. Problem rata” selalu di disc brake. Makanya kalau nanti udah ada keluhan tsb, sekalian langsung upgrade rem aja.

Btw warna silver cakep juga ya om, dah bosen lihat di jalanan warna hitam putih mulu.
Iya saya lebih suka pake normal mode aja om, palingan kadang kl lagi pengen "kasih paham" aja sama yg suka ngedim2 di belakang baru pake power mode kasih cumi dikit wkwkwk

Waduh kalo upsize ukuran ban kasian anak sm istri saya makin susah naik turun mobil, kynya nnt ttp pake ukuran yg sama tp yg better quality

Iya om saya pilih warna silver supaya ga terlalu pasaran di jalan wkwkwk .. Warna silver tinggal dipakein graphine hybrid ga di cuci seminggu tetep keliatan mengkilat haha