X5 facelift ini mengalami improvement di bagian mesin nya. Sekarang sudah menggunakan mild hybrid system (mirip seperti yg ada di GLE) tenaga nya yg awal nya 335 HP / 450 Nm skrg meningkat menjadi 375 HP / 520 Nm. Sedangkan di GLE 450 prefacelift tenaga nya 362 HP / 500 Nm ENGINE & PERFORMANCE
Di sektor inilah langsung jelas kerasa beda nya dibandingkan GLE… Pedal gas diinjak sekitar 20-30% saja, tenaga nya langsung kontan dan torsi nya kuat di putaran bawah pdhl ini di Comfort Mode. Berbeda sekali dengan GLE yang power delivery nya cenderung linear, smooth dan tidak meledak ledak. Harus di RPM agak tinggi barulah tenaga GLE ini kerasa menjambak. Saya sangat suka sekali dengan karakter gas2 an di X5 ini, karena mobil jadi kerasa lebih gesit dan effortless.
Mungkin X5 ini karakter nya mirip2 kayak EV or mobil diesel yg torsi nya kuat di RPM rendah. Saya tidak mencoba kick down waktu kemarin, karena jalanan tidak bener2 kosong, tapi saya yakin sudah pasti enak lah tenaga nya kalo di kickdown. Tapi dulu saya pernah test X5 prefacelift, perasaan gas2 an nya kok tidak se kontan and effortless yang facelift ini ya? Entahlah mungkin saya bisa keliru juga…

Utk suspension GLE dan X5 sama2 pake Air Suspension. Salah satu complain saya di GLE adalah suspensi di Comfort Mode yang cenderung “Floaty Boaty” dan agak guncang ke kanan kiri seperti naik kapal. Harus di rubah ke Sport Mode barulah mendingan. Problem ini tidak saya rasakan di X5 kemarin sama2 di Comfort Mode juga dan sudah saya test di jalanan lurus, jalanan keriting yang agak ngga rata, dan jalanan paving. Set up suspensi di X5 ini menurut saya lebih baik daripada GLE. Meskipun lebih rigid tapi masih tetap nyaman. Balance and perfect!

Handling juga saya acungkan jempol. Dibuat agak zig zag sedikit, mobil ini nurut dan gesit. Feel nya AGAIN tidak seperti bawa kapal. Nyetir mobil ini terasa pede dan bikin orang semangat. Beda dengan GLE yang feel nyetir nya cenderung lebih biasa2 aja.
Untuk kekedapan harusnya sama2 bagus antara GLE dan X5 cuma saya notice 1 hal, di X5 road noise dari ban sepertinya lebih kencang. Mungkin dikarenakan di X5 ini pake Running Flat Tyre dan ukuran ban nya lebih lebar (Depan 275/40 R21, Belakang 315/35 R21) sedangkan di GLE saya (Depan Belakang 275/50 R20).
SOUND SYSTEM
GLE menggunakan Burmester 13 speakers, sedangkan X5 menggunakan Harman Kardon 16 speakers. Di review GLE yg dulu, saya pernah note kalau bass nya lemah dan agak ampang. Sehingga menurut saya pasang music di GLE cocok nya lagu2 slow or acoustic saja. Sedangkan di X5 ini bass nya lebih kerasa dan enak sehingga overall sound system nya terasa lebih pas dan mantap.
MINOR ISSUES
Selain beberapa plus points yang saya sebutkan di atas ada beberapa minus points yang saya temukan selama test drive kemarin:
- System infotainment di X5 facelift ini sudah generasi yang terbaru menggunakan iDrive 8 dan
tombol2 fisik yg penting malah sekarang hilang. Semua dicemplungin ke dalam layar seperti tombol AC, tombol fan speed, tombol temperature, lalu tombol auto start stop juga pindah ke layar. Malah terkesan jadi mirip2 seperti Chinese EV
- Menu2 yg ada di headunit nya sekilas agak membingungkan dan tidak user friendly. Tapi ini saya bisa salah juga karena kemarin waktu nya terbatas jadi tidak punya banyak waktu buat utak atik menu nya. Mungkin butuh waktu untuk terbiasa dengan format baru di iDrive 8 ini.
- Lalu untuk instrument cluster di X5 facelift ini menggunakan 1 layar besar yg curving. Tapi di bagian speedometer layar nya agak kurang center ke driver – tapi malah menceng ke keluar kanan (liat ilustrasi di bawah). Harusnya yang pas seperti di ilustrasi gambar pertama, nah yang terjadi di X5 adalah ilustrasi gambar kedua. Ini agak problem buat orang yang OCD atau yg apa2 harus simetris. Don’t get me wrong, informasi yg ada di speedo semua terlihat jelas dan ga ada yg ketutupan. Cuma ngeliat nya kurang enak, terkesan ada yang aneh aja. - Setir di X5 ini, di “jam 10 dan jam 2” agak terlalu gendut or chunky buat digenggam. - Tuas transmisi di X5 facelift berubah menjadi toggle kecil. Kalo di prefacelift dulu bener2 tuas yg keliatan mantep dan proper. Sedangkan skrg jadi minimalis dan kecil. Saya personally ga suka sama design tuas toggle seperti ini, yah tapi ini masalah selera sih
So sekian review saya. Thank you