Review P2 Volvo S60 2.3T Tahun 2003

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: FRD, y_anjasrana, artoodetoo, b8099ok, F 272, ginting

Post Reply
jd200
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: 27 Jun 2016, 11:00

Review P2 Volvo S60 2.3T Tahun 2003

Post by jd200 »

Review Volvo S60 2.3T – Seraya motor

Punten Om Om, mau share pengalaman ane beli dan makai volvo s60 tahun 2003. Pilihan saya lumayan anti mainstream karena dimana banyak beli E46 or W203 saya memilih beli P2 volvo S60 ini. Tipe yang saya dapat adalah tipe yang 2.3T. di Indonesia ini ada 3 tipe yang masuk ke indo secara resmi (Indomobil) yaitu 2.0t 2.3t dan 2.4t pengganti 2.3t (under 15 unit yang masuk ke endo). Tipe 2.3t oe 2.4t ini merupakan tipe tertinggi atau tipe terlengkap dari volvo s60 dan 2.0t merupakan tipe rendah atau trondol.

Lanjut ke exterior om

Exterior :
Exterior mobil ini cukup modern dan tidak terlalu tua tua amat dan masi terlihat lumayan modern IMO. Lampu depan atau headlight masi menggunakan kaca dan khas volvo lama masih ada wiper dan washer nya dan fitur ini hilang digantikan dengan jet washer di tahun 2004 2005 keatas.

Image
Image

Interior
Mobil ini merupakan compact Executive car dan sekelas dengan w203 dan e46. Interior mobil ini terlihat kecil tapi tidak sempit dan tidak luas tapi pas. Jok kulit pada volso s60 ini lebih nyaman daripada w203 (imo w203 lebih keras). Panel dashboard dan door trim sudah soft touch dan material nya cukup tebal. Tapi karena umur banyak plastic plastic yg mulai bunyi dan pecah contoh nya seperti tutup cup holder di center console. S60 ini memiliki bagasi yang cukup besar dan ada ski hole di jok row ke 2 untuk barang yang lumayan Panjang.

Image
Image
Image

Fitur
Fitur mobil ini cukup lengkap pada jaman nya dan menurut saya masih cukup canggih pada standar jaman sekarang (2020). Speedometer dan panel ac radio sudah optitron, AC sudah dualzone auto, ada cruise control, ada MID, front and rear fog lights, Speaker ada 9 unit 2 way yang menurut saya cukup enak (Tipe 2.0t hanya dapat 4 speakers), wiper sudah auto, sudah ada tiptronic or geartronic di tipe 2.3T, sudah electric seat di kedua jok depan dan jok pengemudi suda dapat 3 memory settings dan untuk fitur safety sudah ada 6 airbags 2 front 2 side 2 curtain dan ada SIPS (side impact protection system). Tapi ada fitur fitur yang tidak dimasukan oleh indomobil yaitu seperti STC atau Stability control Dll tapi menurut saya sudah cukup

Image
Image
Image

Perfomance
S60 pada generasi P2 ini menggunakan mesin inline 5 “volvo whiteblock”. Untuk yang 2.3t menggunakan mesin B5234t7 yang memiliki power 200hp dan 280Nm dan untuk yang 2.0t menggunakan mesin B5204t5 yang memiliki power sebesar 180hp dan 240nm. Angka ini tidak besar untuk mobil turbo karena turbo yang di pakai adalah varian low pressure turbo TD04HL 13g dan untuk yang high pressure turbo hanya ada di tipe T5 (TD04HL 18t) atau R (K24 trubo). angka 0 100 dapat diraih dalam 8.5 detik untuk yang 2.3t dan memiliki topspeed 210kmph limited by ECU. Turbo kick in di rpm 2.000an keatas. Dan menurut saya tenaga nya cukup untuk mobil ini. Dan untuk konsumsi BBM, mobil ini bisa minum atau di isi dari premium hingga pertamax turbo / Vpower / BP95. Saya dapat rata rata konsumsi BBM di angka 10.5L/100Km di rute kombinasi kota dan jalan toll menggunakan bahan bakar pertamax

Image
Image

Handling
Pertama setir terasa berat mirip seperti e46 tapi tidak seberat e46 dan lumayan presisi dan ber feedback. Bantingan suspensi nya firm tapi tetap nyaman tidak limbung atau bikin mabok karena keras dan menurut saya pas. Untuk pengereman, karakter rem nya ini cukup dalam tapi masih predictable bukan seperti switch on dan off.

Kesimpulan
Mobil ini cukup enak buat di jaman sekarang dan untuk harga 70-80an (yang sehat) you get much for your money imo. Dan buat harga segitu ga bisa komplen jg karena emang enak. Better than lcgc. If u want to buy one, just make sure it not beat up atau hasil akal akalan mekanik sembarangan. Hal yang kudu di cek saat beli adalah ABS ,CEM, PVC System (Vacuum) dan kalau bisa bawa software VIDA untuk cek history dan overall kondisi mobil dan Error Error seacara mendetail. Karena barang barang itu jika bermasalah bakal mahal barang nya dan pasti di ketok ama specialist volvo disini.
Dan sebenernya sparepart volvo tidak terlalu mahal dan memiliki persamaan dengan ford dan mazda (karena volvo dipegang oleh ford) dan citra sparepart volvo mahal disini diakibat kan oleh…. Yah paham la permainan perdagangan… kalo mau cek sparepart bisa di FCPeuro.com :big_peace:
Pokonya jika mobil ini di rawat dengan baik dan tidak jorok, mobil ini lumayan bandel ga akan rewel dan selama ini saya pakai si so far tidak ada yang major yang make me left stranded.

Image

Mohon Maap kalau ada salah kata cause baru buat review 😅, Sekian dan terima kasih
User avatar
marmut
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5441
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Review P2 Volvo S60 2.3T Tahun 2003

Post by marmut »

akhirnya.... Mr. Jekri..... ntap.

wih, pertamax ternyata.

:big_smoking:
pijp - sigaar - koffie
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 798
Joined: 06 Dec 2016, 03:50
Location: Makassar

Re: Review P2 Volvo S60 2.3T Tahun 2003

Post by qushay20019 »

manteeep, salah satu euro jadul dambaan ane nih. lekukan lampu belakangnya itu bohay banget :emo-photo: :emo-big_love:
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 707
Joined: 09 Feb 2008, 21:32

Re: Review P2 Volvo S60 2.3T Tahun 2003

Post by benzz89 »

marmut wrote:akhirnya.... Mr. Jekri..... ntap.

wih, pertamax ternyata.

:big_smoking:
Tadinya ane mau komen duluan... tapi gak berani... nunggu masternya polpo pertamax deh Image
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 707
Joined: 09 Feb 2008, 21:32

Re: Review P2 Volvo S60 2.3T Tahun 2003

Post by benzz89 »

qushay20019 wrote:manteeep, salah satu euro jadul dambaan ane nih. lekukan lampu belakangnya itu bohay banget :emo-photo: :emo-big_love:
Bodynya gak keliatan mobil tahun 2003 yah, ane juga suka ama bentuk stop lampnya, masih enak diliat sih secara keseluruhan exteriornya
black2345
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 177
Joined: 30 Sep 2015, 16:29

Re: Review P2 Volvo S60 2.3T Tahun 2003

Post by black2345 »

Untuk sparepart fastmoving gmn ya um? Kudu pesan ke luar atau disini ada yg nyetok.. Di sby utara seinget ane ada bengkel spesialis volvo, tp ya gitu banyak yg ngejogrok di pinggir jalan.. entah nunggu sparepart atau karena yg lain..

Tp sy cukup terkesan sama brand ini, apalagi setelah ada kejadian kontainer ngguling & salah satunya nyodok volvo..
User avatar
marmut
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5441
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Review P2 Volvo S60 2.3T Tahun 2003

Post by marmut »

benzz89 wrote: 26 Sep 2020, 16:45 Tadinya ane mau komen duluan... tapi gak berani... nunggu masternya polpo pertamax deh Image

saya taunya master rem sama master kopling om.





:ngacir:







@jd200,
engine bay yang penuh parts ipd kok ngga difoto?
pijp - sigaar - koffie
Pboyz97
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2609
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Review P2 Volvo S60 2.3T Tahun 2003

Post by Pboyz97 »

Nice review om, salah 1 volvo favorit saya karena desainnya yg timeless dan nyaman hehehe
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3518
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: Yaris

Re: Review P2 Volvo S60 2.3T Tahun 2003

Post by sintoni »

Nais ripiu om, ane penasaran sama enjin inline 5 nya.

Apa ini enjin kerjasama bareng VW? Soalnya di luar negeri beberapa mobil VW jg pake enjin inline 5 2.0T.
jd200
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: 27 Jun 2016, 11:00

Re: Review P2 Volvo S60 2.3T Tahun 2003

Post by jd200 »

marmut wrote: 26 Sep 2020, 16:26 akhirnya.... Mr. Jekri..... ntap.

wih, pertamax ternyata.

:big_smoking:
hihihi :big_grin:

sintoni wrote: 26 Sep 2020, 20:53 Nais ripiu om, ane penasaran sama enjin inline 5 nya.

Apa ini enjin kerjasama bareng VW? Soalnya di luar negeri beberapa mobil VW jg pake enjin inline 5 2.0T.
sama ford om setau saya soalne di generasi ini, masih di pegang ford CMIIW

marmut wrote: 26 Sep 2020, 17:56
benzz89 wrote: 26 Sep 2020, 16:45 Tadinya ane mau komen duluan... tapi gak berani... nunggu masternya polpo pertamax deh Image

saya taunya master rem sama master kopling om.





:ngacir:







@jd200,
engine bay yang penuh parts ipd kok ngga difoto?
Standaran 😢

Pboyz97 wrote: 26 Sep 2020, 18:59 Nice review om, salah 1 volvo favorit saya karena desainnya yg timeless dan nyaman hehehe
Thanks om 😁
EOR24
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 158
Joined: 24 Jan 2018, 10:08

Re: Review P2 Volvo S60 2.3T Tahun 2003

Post by EOR24 »

om boleh ceritain waktu dapet ini kondisi gimana dan perbaikan atau perawatan apa yg dilakukan sampai mobil sehat utk dipakai harian. kalo ada sekalian damage cost nya.hehe. terima kasih.
thestoneroses
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 380
Joined: 22 Jan 2015, 18:45
Location: +62 / +65

Re: Review P2 Volvo S60 2.3T Tahun 2003

Post by thestoneroses »

Ini yang komen di atas suhu-suhu volvo semua.

Selamat oom S60nya. Ikut salut.
Ron Asheton Forever
User avatar
marmut
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5441
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Review P2 Volvo S60 2.3T Tahun 2003

Post by marmut »

thestoneroses wrote: 01 Oct 2020, 16:21 Ini yang komen di atas suhu-suhu volvo semua.

Selamat oom S60nya. Ikut salut.


saya ikut komen tapi bukan suhu, cuma anggota kerehore asuhan mbah DOHC....
:big_comfort:
pijp - sigaar - koffie
User avatar
Omnibus
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4309
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Review P2 Volvo S60 2.3T Tahun 2003

Post by Omnibus »

marmut wrote: 01 Oct 2020, 18:38
thestoneroses wrote: 01 Oct 2020, 16:21 Ini yang komen di atas suhu-suhu volvo semua.

Selamat oom S60nya. Ikut salut.


saya ikut komen tapi bukan suhu, cuma anggota kerehore asuhan mbah DOHC....
:big_comfort:
kerehore kok beli stahlwille berkali2 dlm 1 quarter. Indonesia aja ekonomi minus 2x dlm 2 quarter berturut2.

:big_weee:

btw nice volvonya om TS ... :big_exellent:
User avatar
marmut
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5441
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Review P2 Volvo S60 2.3T Tahun 2003

Post by marmut »

Omnibus wrote: 01 Oct 2020, 19:38

kerehore kok beli stahlwille berkali2 dlm 1 quarter. Indonesia aja ekonomi minus 2x dlm 2 quarter berturut2.

:big_weee:

btw nice volvonya om TS ... :big_exellent:

ampun mbah shifu.... khilaf mbah....



























tapi kalo ada yang harganya menggoda ya terpaksa khilaf lagi mbah...













:ngacir:
pijp - sigaar - koffie
User avatar
mas_amoh
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: 07 Jan 2010, 11:38
Location: jkt|bdg|jog

Re: Review P2 Volvo S60 2.3T Tahun 2003

Post by mas_amoh »

jd200 wrote: 26 Sep 2020, 13:45 Review Volvo S60 2.3T – Seraya motor

Punten Om Om, mau share pengalaman ane beli dan makai volvo s60 tahun 2003. Pilihan saya lumayan anti mainstream karena dimana banyak beli E46 or W203 saya memilih beli P2 volvo S60 ini. Tipe yang saya dapat adalah tipe yang 2.3T. di Indonesia ini ada 3 tipe yang masuk ke indo secara resmi (Indomobil) yaitu 2.0t 2.3t dan 2.4t pengganti 2.3t (under 15 unit yang masuk ke endo). Tipe 2.3t oe 2.4t ini merupakan tipe tertinggi atau tipe terlengkap dari volvo s60 dan 2.0t merupakan tipe rendah atau trondol.

Lanjut ke exterior om

Exterior :
Exterior mobil ini cukup modern dan tidak terlalu tua tua amat dan masi terlihat lumayan modern IMO. Lampu depan atau headlight masi menggunakan kaca dan khas volvo lama masih ada wiper dan washer nya dan fitur ini hilang digantikan dengan jet washer di tahun 2004 2005 keatas.

Image
Image

Interior
Mobil ini merupakan compact Executive car dan sekelas dengan w203 dan e46. Interior mobil ini terlihat kecil tapi tidak sempit dan tidak luas tapi pas. Jok kulit pada volso s60 ini lebih nyaman daripada w203 (imo w203 lebih keras). Panel dashboard dan door trim sudah soft touch dan material nya cukup tebal. Tapi karena umur banyak plastic plastic yg mulai bunyi dan pecah contoh nya seperti tutup cup holder di center console. S60 ini memiliki bagasi yang cukup besar dan ada ski hole di jok row ke 2 untuk barang yang lumayan Panjang.

Image
Image
Image

Fitur
Fitur mobil ini cukup lengkap pada jaman nya dan menurut saya masih cukup canggih pada standar jaman sekarang (2020). Speedometer dan panel ac radio sudah optitron, AC sudah dualzone auto, ada cruise control, ada MID, front and rear fog lights, Speaker ada 9 unit 2 way yang menurut saya cukup enak (Tipe 2.0t hanya dapat 4 speakers), wiper sudah auto, sudah ada tiptronic or geartronic di tipe 2.3T, sudah electric seat di kedua jok depan dan jok pengemudi suda dapat 3 memory settings dan untuk fitur safety sudah ada 6 airbags 2 front 2 side 2 curtain dan ada SIPS (side impact protection system). Tapi ada fitur fitur yang tidak dimasukan oleh indomobil yaitu seperti STC atau Stability control Dll tapi menurut saya sudah cukup

Image
Image
Image

Perfomance
S60 pada generasi P2 ini menggunakan mesin inline 5 “volvo whiteblock”. Untuk yang 2.3t menggunakan mesin B5234t7 yang memiliki power 200hp dan 280Nm dan untuk yang 2.0t menggunakan mesin B5204t5 yang memiliki power sebesar 180hp dan 240nm. Angka ini tidak besar untuk mobil turbo karena turbo yang di pakai adalah varian low pressure turbo TD04HL 13g dan untuk yang high pressure turbo hanya ada di tipe T5 (TD04HL 18t) atau R (K24 trubo). angka 0 100 dapat diraih dalam 8.5 detik untuk yang 2.3t dan memiliki topspeed 210kmph limited by ECU. Turbo kick in di rpm 2.000an keatas. Dan menurut saya tenaga nya cukup untuk mobil ini. Dan untuk konsumsi BBM, mobil ini bisa minum atau di isi dari premium hingga pertamax turbo / Vpower / BP95. Saya dapat rata rata konsumsi BBM di angka 10.5L/100Km di rute kombinasi kota dan jalan toll menggunakan bahan bakar pertamax

Image
Image

Handling
Pertama setir terasa berat mirip seperti e46 tapi tidak seberat e46 dan lumayan presisi dan ber feedback. Bantingan suspensi nya firm tapi tetap nyaman tidak limbung atau bikin mabok karena keras dan menurut saya pas. Untuk pengereman, karakter rem nya ini cukup dalam tapi masih predictable bukan seperti switch on dan off.

Kesimpulan
Mobil ini cukup enak buat di jaman sekarang dan untuk harga 70-80an (yang sehat) you get much for your money imo. Dan buat harga segitu ga bisa komplen jg karena emang enak. Better than lcgc. If u want to buy one, just make sure it not beat up atau hasil akal akalan mekanik sembarangan. Hal yang kudu di cek saat beli adalah ABS ,CEM, PVC System (Vacuum) dan kalau bisa bawa software VIDA untuk cek history dan overall kondisi mobil dan Error Error seacara mendetail. Karena barang barang itu jika bermasalah bakal mahal barang nya dan pasti di ketok ama specialist volvo disini.
Dan sebenernya sparepart volvo tidak terlalu mahal dan memiliki persamaan dengan ford dan mazda (karena volvo dipegang oleh ford) dan citra sparepart volvo mahal disini diakibat kan oleh…. Yah paham la permainan perdagangan… kalo mau cek sparepart bisa di FCPeuro.com :big_peace:
Pokonya jika mobil ini di rawat dengan baik dan tidak jorok, mobil ini lumayan bandel ga akan rewel dan selama ini saya pakai si so far tidak ada yang major yang make me left stranded.

Image

Mohon Maap kalau ada salah kata cause baru buat review 😅, Sekian dan terima kasih
kenal sama mobil nya... :big_grin:
or am I fool, goin' where the wind blows, see ya then...
jd200
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: 27 Jun 2016, 11:00

Re: Review P2 Volvo S60 2.3T Tahun 2003

Post by jd200 »

EOR24 wrote: 01 Oct 2020, 15:39 om boleh ceritain waktu dapet ini kondisi gimana dan perbaikan atau perawatan apa yg dilakukan sampai mobil sehat utk dipakai harian. kalo ada sekalian damage cost nya.hehe. terima kasih.
Hooo Bole om nanti ya kalo sempet :big_grin:
jd200
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: 27 Jun 2016, 11:00

Re: Review P2 Volvo S60 2.3T Tahun 2003

Post by jd200 »

mas_amoh wrote: 01 Oct 2020, 20:03
jd200 wrote: 26 Sep 2020, 13:45 Review Volvo S60 2.3T – Seraya motor

Punten Om Om, mau share pengalaman ane beli dan makai volvo s60 tahun 2003. Pilihan saya lumayan anti mainstream karena dimana banyak beli E46 or W203 saya memilih beli P2 volvo S60 ini. Tipe yang saya dapat adalah tipe yang 2.3T. di Indonesia ini ada 3 tipe yang masuk ke indo secara resmi (Indomobil) yaitu 2.0t 2.3t dan 2.4t pengganti 2.3t (under 15 unit yang masuk ke endo). Tipe 2.3t oe 2.4t ini merupakan tipe tertinggi atau tipe terlengkap dari volvo s60 dan 2.0t merupakan tipe rendah atau trondol.

Lanjut ke exterior om

Exterior :
Exterior mobil ini cukup modern dan tidak terlalu tua tua amat dan masi terlihat lumayan modern IMO. Lampu depan atau headlight masi menggunakan kaca dan khas volvo lama masih ada wiper dan washer nya dan fitur ini hilang digantikan dengan jet washer di tahun 2004 2005 keatas.

Image
Image

Interior
Mobil ini merupakan compact Executive car dan sekelas dengan w203 dan e46. Interior mobil ini terlihat kecil tapi tidak sempit dan tidak luas tapi pas. Jok kulit pada volso s60 ini lebih nyaman daripada w203 (imo w203 lebih keras). Panel dashboard dan door trim sudah soft touch dan material nya cukup tebal. Tapi karena umur banyak plastic plastic yg mulai bunyi dan pecah contoh nya seperti tutup cup holder di center console. S60 ini memiliki bagasi yang cukup besar dan ada ski hole di jok row ke 2 untuk barang yang lumayan Panjang.

Image
Image
Image

Fitur
Fitur mobil ini cukup lengkap pada jaman nya dan menurut saya masih cukup canggih pada standar jaman sekarang (2020). Speedometer dan panel ac radio sudah optitron, AC sudah dualzone auto, ada cruise control, ada MID, front and rear fog lights, Speaker ada 9 unit 2 way yang menurut saya cukup enak (Tipe 2.0t hanya dapat 4 speakers), wiper sudah auto, sudah ada tiptronic or geartronic di tipe 2.3T, sudah electric seat di kedua jok depan dan jok pengemudi suda dapat 3 memory settings dan untuk fitur safety sudah ada 6 airbags 2 front 2 side 2 curtain dan ada SIPS (side impact protection system). Tapi ada fitur fitur yang tidak dimasukan oleh indomobil yaitu seperti STC atau Stability control Dll tapi menurut saya sudah cukup

Image
Image
Image

Perfomance
S60 pada generasi P2 ini menggunakan mesin inline 5 “volvo whiteblock”. Untuk yang 2.3t menggunakan mesin B5234t7 yang memiliki power 200hp dan 280Nm dan untuk yang 2.0t menggunakan mesin B5204t5 yang memiliki power sebesar 180hp dan 240nm. Angka ini tidak besar untuk mobil turbo karena turbo yang di pakai adalah varian low pressure turbo TD04HL 13g dan untuk yang high pressure turbo hanya ada di tipe T5 (TD04HL 18t) atau R (K24 trubo). angka 0 100 dapat diraih dalam 8.5 detik untuk yang 2.3t dan memiliki topspeed 210kmph limited by ECU. Turbo kick in di rpm 2.000an keatas. Dan menurut saya tenaga nya cukup untuk mobil ini. Dan untuk konsumsi BBM, mobil ini bisa minum atau di isi dari premium hingga pertamax turbo / Vpower / BP95. Saya dapat rata rata konsumsi BBM di angka 10.5L/100Km di rute kombinasi kota dan jalan toll menggunakan bahan bakar pertamax

Image
Image

Handling
Pertama setir terasa berat mirip seperti e46 tapi tidak seberat e46 dan lumayan presisi dan ber feedback. Bantingan suspensi nya firm tapi tetap nyaman tidak limbung atau bikin mabok karena keras dan menurut saya pas. Untuk pengereman, karakter rem nya ini cukup dalam tapi masih predictable bukan seperti switch on dan off.

Kesimpulan
Mobil ini cukup enak buat di jaman sekarang dan untuk harga 70-80an (yang sehat) you get much for your money imo. Dan buat harga segitu ga bisa komplen jg karena emang enak. Better than lcgc. If u want to buy one, just make sure it not beat up atau hasil akal akalan mekanik sembarangan. Hal yang kudu di cek saat beli adalah ABS ,CEM, PVC System (Vacuum) dan kalau bisa bawa software VIDA untuk cek history dan overall kondisi mobil dan Error Error seacara mendetail. Karena barang barang itu jika bermasalah bakal mahal barang nya dan pasti di ketok ama specialist volvo disini.
Dan sebenernya sparepart volvo tidak terlalu mahal dan memiliki persamaan dengan ford dan mazda (karena volvo dipegang oleh ford) dan citra sparepart volvo mahal disini diakibat kan oleh…. Yah paham la permainan perdagangan… kalo mau cek sparepart bisa di FCPeuro.com :big_peace:
Pokonya jika mobil ini di rawat dengan baik dan tidak jorok, mobil ini lumayan bandel ga akan rewel dan selama ini saya pakai si so far tidak ada yang major yang make me left stranded.

Image

Mohon Maap kalau ada salah kata cause baru buat review 😅, Sekian dan terima kasih
kenal sama mobil nya... :big_grin:
hehehe om :big_grin:
HaykelAdityawarman
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: 06 Mar 2019, 09:15
Location: Greater Jakarta
Daily Vehicle: 2015 Mitsubishi A03A 3A92 GLX MT

Re: Review P2 Volvo S60 2.3T Tahun 2003

Post by HaykelAdityawarman »

Nice review om, mobilnya cakep. Semoga dengan review ini nambah orang yang berani pakai mobil yang non-mainstream kaya gini...
Current: 2008 Mitsubishi CY4A 4B11 CVT

Others:
2020 2GD-FTV AT / 2019 PQ26-6C 1.2 TSI DSG / 2019 Kwid Climber AMT / 2013 GM2 L15A AT / 2003 E46 M54B25 AT
ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 3971
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: Review P2 Volvo S60 2.3T Tahun 2003

Post by ginting »

jd200 wrote: 26 Sep 2020, 13:45 Review Volvo S60 2.3T – Seraya motor

Punten Om Om, mau share pengalaman ane beli dan makai volvo s60 tahun 2003. Pilihan saya lumayan anti mainstream karena dimana banyak beli E46 or W203 saya memilih beli P2 volvo S60 ini. Tipe yang saya dapat adalah tipe yang 2.3T. di Indonesia ini ada 3 tipe yang masuk ke indo secara resmi (Indomobil) yaitu 2.0t 2.3t dan 2.4t pengganti 2.3t (under 15 unit yang masuk ke endo). Tipe 2.3t oe 2.4t ini merupakan tipe tertinggi atau tipe terlengkap dari volvo s60 dan 2.0t merupakan tipe rendah atau trondol.

Lanjut ke exterior om

Exterior :
Exterior mobil ini cukup modern dan tidak terlalu tua tua amat dan masi terlihat lumayan modern IMO. Lampu depan atau headlight masi menggunakan kaca dan khas volvo lama masih ada wiper dan washer nya dan fitur ini hilang digantikan dengan jet washer di tahun 2004 2005 keatas.

Image
Image

Interior
Mobil ini merupakan compact Executive car dan sekelas dengan w203 dan e46. Interior mobil ini terlihat kecil tapi tidak sempit dan tidak luas tapi pas. Jok kulit pada volso s60 ini lebih nyaman daripada w203 (imo w203 lebih keras). Panel dashboard dan door trim sudah soft touch dan material nya cukup tebal. Tapi karena umur banyak plastic plastic yg mulai bunyi dan pecah contoh nya seperti tutup cup holder di center console. S60 ini memiliki bagasi yang cukup besar dan ada ski hole di jok row ke 2 untuk barang yang lumayan Panjang.

Image
Image
Image

Fitur
Fitur mobil ini cukup lengkap pada jaman nya dan menurut saya masih cukup canggih pada standar jaman sekarang (2020). Speedometer dan panel ac radio sudah optitron, AC sudah dualzone auto, ada cruise control, ada MID, front and rear fog lights, Speaker ada 9 unit 2 way yang menurut saya cukup enak (Tipe 2.0t hanya dapat 4 speakers), wiper sudah auto, sudah ada tiptronic or geartronic di tipe 2.3T, sudah electric seat di kedua jok depan dan jok pengemudi suda dapat 3 memory settings dan untuk fitur safety sudah ada 6 airbags 2 front 2 side 2 curtain dan ada SIPS (side impact protection system). Tapi ada fitur fitur yang tidak dimasukan oleh indomobil yaitu seperti STC atau Stability control Dll tapi menurut saya sudah cukup

Image
Image
Image

Perfomance
S60 pada generasi P2 ini menggunakan mesin inline 5 “volvo whiteblock”. Untuk yang 2.3t menggunakan mesin B5234t7 yang memiliki power 200hp dan 280Nm dan untuk yang 2.0t menggunakan mesin B5204t5 yang memiliki power sebesar 180hp dan 240nm. Angka ini tidak besar untuk mobil turbo karena turbo yang di pakai adalah varian low pressure turbo TD04HL 13g dan untuk yang high pressure turbo hanya ada di tipe T5 (TD04HL 18t) atau R (K24 trubo). angka 0 100 dapat diraih dalam 8.5 detik untuk yang 2.3t dan memiliki topspeed 210kmph limited by ECU. Turbo kick in di rpm 2.000an keatas. Dan menurut saya tenaga nya cukup untuk mobil ini. Dan untuk konsumsi BBM, mobil ini bisa minum atau di isi dari premium hingga pertamax turbo / Vpower / BP95. Saya dapat rata rata konsumsi BBM di angka 10.5L/100Km di rute kombinasi kota dan jalan toll menggunakan bahan bakar pertamax

Image
Image

Handling
Pertama setir terasa berat mirip seperti e46 tapi tidak seberat e46 dan lumayan presisi dan ber feedback. Bantingan suspensi nya firm tapi tetap nyaman tidak limbung atau bikin mabok karena keras dan menurut saya pas. Untuk pengereman, karakter rem nya ini cukup dalam tapi masih predictable bukan seperti switch on dan off.

Kesimpulan
Mobil ini cukup enak buat di jaman sekarang dan untuk harga 70-80an (yang sehat) you get much for your money imo. Dan buat harga segitu ga bisa komplen jg karena emang enak. Better than lcgc. If u want to buy one, just make sure it not beat up atau hasil akal akalan mekanik sembarangan. Hal yang kudu di cek saat beli adalah ABS ,CEM, PVC System (Vacuum) dan kalau bisa bawa software VIDA untuk cek history dan overall kondisi mobil dan Error Error seacara mendetail. Karena barang barang itu jika bermasalah bakal mahal barang nya dan pasti di ketok ama specialist volvo disini.
Dan sebenernya sparepart volvo tidak terlalu mahal dan memiliki persamaan dengan ford dan mazda (karena volvo dipegang oleh ford) dan citra sparepart volvo mahal disini diakibat kan oleh…. Yah paham la permainan perdagangan… kalo mau cek sparepart bisa di FCPeuro.com :big_peace:
Pokonya jika mobil ini di rawat dengan baik dan tidak jorok, mobil ini lumayan bandel ga akan rewel dan selama ini saya pakai si so far tidak ada yang major yang make me left stranded.

Image

Mohon Maap kalau ada salah kata cause baru buat review 😅, Sekian dan terima kasih
Mantap reviewnya, oom
:big_exellent: :big_exellent: :big_exellent:

Kalau saya ngelihat mobil bentuknya yang membulat (tp masih ada tarikan garis tegasnya), saya jadi ingat addegan sekitar tahun 2003, dimana mobil Volvo milik komisaris kami (namanya JB Sumarlin) selalu parkir di kantor.
Rasanya kesan pejabatnya kental sekali.
Makanya bagi saya kok pengusaha kalau pakai Volvo kok rasa rasa gak pas..Volvo lebih cocok untuk image Pejabat apalagi pakai tiang bendera yg dubungkus dasi hitam di depan..
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1376
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Review P2 Volvo S60 2.3T Tahun 2003

Post by Pugman »

jd200 wrote: 02 Oct 2020, 21:54
EOR24 wrote: 01 Oct 2020, 15:39 om boleh ceritain waktu dapet ini kondisi gimana dan perbaikan atau perawatan apa yg dilakukan sampai mobil sehat utk dipakai harian. kalo ada sekalian damage cost nya.hehe. terima kasih.
Hooo Bole om nanti ya kalo sempet :big_grin:
Sempetin donk...
:big_smoking:

Anyway, nice review Om..
Ini volvo dulu saya naksir banget, dulu pernah niat mau cari juga antara 406, S40 atau S60. Dan S60 sebenarnya pilihan utama, tapi jodohnya ama 406.

Mobil Eropa bekas itu memang perlu perhatian lebih, baik saat cari atau memilikinya. Tapi memang saya rasa cukup sebanding lah yang di dapat (kalau dapat unit bagus).

Mobil Jepang umur yang sama memang far less maintenance, tapi dari beberapa kali saya cari mobil bekas, bawa atau nebeng mobilnya teman, rata-rata mobil Jepang segmen midle to low itu usia di atas 5 tahun itu kakinya glodakan dan sudah ga enak entah limbung lebay atau keras banget. Beberapa mobil Eropa yang pernah saya coba, bahkan biarpun bunyi glodakan dari arm atau link sudah terdengar, tapi suspensinya masih nyaman.
Intinya memang semuanya tergantung apa yang kita cari, mesin mobil eropa saya rasa bukan isu utama, tapi elektronik, software dan transmisi matic yang suka aneh2 dan mahal.
Tuna
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 17 Nov 2020, 22:12
Location: Kediri
Daily Vehicle: Suzuki ignis

Re: Review P2 Volvo S60 2.3T Tahun 2003

Post by Tuna »

jd200 wrote: 26 Sep 2020, 13:45 Review Volvo S60 2.3T – Seraya motor


Dan sebenernya sparepart volvo tidak terlalu mahal dan memiliki persamaan dengan ford dan mazda (karena volvo dipegang oleh ford) dan citra sparepart volvo mahal disini diakibat kan oleh…. Yah paham la permainan perdagangan… kalo mau cek sparepart bisa di FCPeuro.com :big_peace:
Pokonya jika mobil ini di rawat dengan baik dan tidak jorok, mobil ini lumayan bandel ga akan rewel dan selama ini saya pakai si so far tidak ada yang major yang make me left stranded.

Image

Mohon Maap kalau ada salah kata cause baru buat review 😅, Sekian dan terima kasih
nice review om.. ini volvo lagi naik perkara disundul kontainer. dan trit ini dibuat. bener bener bikin ngiler.

trus saya pengen numpang nanya nih om, kalo kita beli printilan 'misal' di fcpeuor.com. nah itu ntar pajak dll gimana om ya? kenanya apa ga mahal banget?
pengen beli printilan di cina sama jepang nih om buat cedricnya kakak.
ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 3971
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: Review P2 Volvo S60 2.3T Tahun 2003

Post by ginting »

Tuna wrote: 20 Jan 2021, 19:07
jd200 wrote: 26 Sep 2020, 13:45 Review Volvo S60 2.3T – Seraya motor


Dan sebenernya sparepart volvo tidak terlalu mahal dan memiliki persamaan dengan ford dan mazda (karena volvo dipegang oleh ford) dan citra sparepart volvo mahal disini diakibat kan oleh…. Yah paham la permainan perdagangan… kalo mau cek sparepart bisa di FCPeuro.com :big_peace:
Pokonya jika mobil ini di rawat dengan baik dan tidak jorok, mobil ini lumayan bandel ga akan rewel dan selama ini saya pakai si so far tidak ada yang major yang make me left stranded.

Image

Mohon Maap kalau ada salah kata cause baru buat review 😅, Sekian dan terima kasih
nice review om.. ini volvo lagi naik perkara disundul kontainer. dan trit ini dibuat. bener bener bikin ngiler.

trus saya pengen numpang nanya nih om, kalo kita beli printilan 'misal' di fcpeuor.com. nah itu ntar pajak dll gimana om ya? kenanya apa ga mahal banget?
pengen beli printilan di cina sama jepang nih om buat cedricnya kakak.
setahu saya pembelian ritel, delivery via kurir atau post gitu akan kena pajak.

dulu sih up to USD 100 - bebas pajak.
terakhir saya dengar - batas bebas pajak makin diturunkan, kalo gak salah up to USD 50 doang

bayar pajak biasanya di di kantor pos atau di bea cukai. sekitar 27% kata teman saya.
masih lebih murahlah daripada beli sendiri di part supplier yang suka nokok
wkwkwkw
Post Reply