Aki mobil yang dipakai

Mau mengadakan polling? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Merk aki mobil yang bagus

Poll ended at Wed Sep 03, 2008 3:52

Bosch
1
8%
Delkor
2
15%
G-Force
0
No votes
Global
0
No votes
GS
8
62%
Massiv
0
No votes
Rocket
1
8%
Yuasa
1
8%
 
Total votes: 13

User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by michaelgiri93 »

Oruzgan wrote: Thu Mar 08, 2018 2:43 Mohon bantuan, mobil saya all new terios setiap mobil tidak dipakai 2 harian kok aki tekor dan tidak bisa distater.
aki standarnya GS 32AH20R, Hal ini apakah memang aki yang kekecilan atau memang kelistrikanya yang problem?

Waktu mobil baru 1 mingguan masalah ini saya komplain ke dealer setelah di cek disimpulkan aki bermasalah dan dilakukan penggantian tetapi kembali lagi jika weekend dirumah alamat senin pagi tekor(jika dipakai setiap hari tidak masalah).

saya berkeinginan upgrade dengan ampere yang lebih besar tetapi dengan ukuran yang sama mengingat accu bay kecil.
Coba di cek ada parasitic draw gak om?
Mungkin ada konslet atau apa gitu?
Kalau aki standar meskipun kekecilan gak masuk akal menurut saya kalau 2 hari sudah tekor.
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
Vicvic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Mon Jul 10, 2017 17:09

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by Vicvic »

Ada yang pernah pakai aki merk bosch? Awet ngk gan?
stealthy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Fri Mar 13, 2015 4:14

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by stealthy »

hari ini aku GS MF tewas umur 1 tahun 4 bulan.....harusnya garansi 18 bulan, tapi ternyata jadwal cek 3 bulanan ada yang supir kelewat 1x....hangus lah garansi nya.....
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by b8099ok »

Lg jajal GoBattery tipe 60038 100A. Katanya bagus,... Katanya,... :ngacir:
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
Oruzgan
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Mon Feb 13, 2017 6:53
Location: Solo
Daily Vehicle: Angkot K18

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by Oruzgan »

kunaskun wrote: Thu Mar 08, 2018 9:32
Oruzgan wrote: Thu Mar 08, 2018 2:43 Mohon bantuan, mobil saya all new terios setiap mobil tidak dipakai 2 harian kok aki tekor dan tidak bisa distater.
aki standarnya GS 32AH20R, Hal ini apakah memang aki yang kekecilan atau memang kelistrikanya yang problem?

Waktu mobil baru 1 mingguan masalah ini saya komplain ke dealer setelah di cek disimpulkan aki bermasalah dan dilakukan penggantian tetapi kembali lagi jika weekend dirumah alamat senin pagi tekor(jika dipakai setiap hari tidak masalah).

saya berkeinginan upgrade dengan ampere yang lebih besar tetapi dengan ukuran yang sama mengingat accu bay kecil.
alternator problem?
michaelgiri93 wrote: Thu Mar 08, 2018 11:54

Coba di cek ada parasitic draw gak om?
Mungkin ada konslet atau apa gitu?
Kalau aki standar meskipun kekecilan gak masuk akal menurut saya kalau 2 hari sudah tekor.
Thanks sarannya om, sore ini panggil teknisi untuk cek kelistrikan
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1553
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by lemonadelovers »

Kemarin aki delkor 80d26l tiba2 tewas dr kode produksi bikinan maret 2016 jd umur cuma 2thnan, yg nyebelin tiba2 ga bisa starter tp indijator hijau

Akhirnya ganti aki NS cheetah d toped hrg cuma 1.025jt garansi pabrik 18bln ga pake ribet check2
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
aipiesblue
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 298
Joined: Mon Aug 10, 2009 3:01

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by aipiesblue »

ada yang pernah mengalami aki panas hingga airnya mendidih dan menghilang?

minggu kemarin ngetrip ke semarang dari jkt. pas baliknya dari semarang sempet istirahat di RA 102 cipali. iseng aja buka kap mesin buat buang panas, pas lihat ke arah aki kok kaya ada asap tipis dari ke-6 tutup air akinya. tutupnya itu berasa panas, paksain untuk buka semuanya dan ternyata isinya dah kosong, tapi kelistrikan di mobil normal semua, distater juga masih greng, langsung nyala gak kaya aki soak yg biasanya mesti berkali-kali stater baru nyala mesinnya.

nyari air aki di pom bensin dan tukang tambal ban ternyata gak sedia, akhirnya cabut dari RA tsb dan lanjut jalan sambil berhenti di tiap RA buat nyari air aki. akhirnya ketemu juga di salah satu tukang tambal ban, langsung diisikan dan habis, padahal itu botol yg besar. air akinya bergolak macam lagi masak air.

akhirnya sampe juga dirumah tanpa ada suatu masalah yg serius, dan sampe saat ini akinya masih normal, untuk stater juga langsung greeng nyala dalam sekali kontak. saya belum ukur berapa voltase dalam keadaan mati dan nyala, gak punya alatnya.

sebelumnya pernah ngetrip juga sampe malang tapi gak ada kejadian spt ini. mungkin memang sudah saatnya buat jajan aki baru, tapi yg bikin heran sih walau dalam keadaan panas dan gak ada airnya, kelistrikan mobil gak mengalami suatu masalah apapun.

oh iya akinya sih cuma yg biasa aja, GS ASTRA bawaan mobil dari baru beli bulan oktober 2015, jadi umurnya sudah 3 tahun 3 bulan. mobil jarang dipake, hanya pas liburan sekolah anak aja baru dipake longtrip.
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by adityabp »

aipiesblue wrote: Wed Jan 09, 2019 1:15 ada yang pernah mengalami aki panas hingga airnya mendidih dan menghilang?

minggu kemarin ngetrip ke semarang dari jkt. pas baliknya dari semarang sempet istirahat di RA 102 cipali. iseng aja buka kap mesin buat buang panas, pas lihat ke arah aki kok kaya ada asap tipis dari ke-6 tutup air akinya. tutupnya itu berasa panas, paksain untuk buka semuanya dan ternyata isinya dah kosong, tapi kelistrikan di mobil normal semua, distater juga masih greng, langsung nyala gak kaya aki soak yg biasanya mesti berkali-kali stater baru nyala mesinnya.

nyari air aki di pom bensin dan tukang tambal ban ternyata gak sedia, akhirnya cabut dari RA tsb dan lanjut jalan sambil berhenti di tiap RA buat nyari air aki. akhirnya ketemu juga di salah satu tukang tambal ban, langsung diisikan dan habis, padahal itu botol yg besar. air akinya bergolak macam lagi masak air.

akhirnya sampe juga dirumah tanpa ada suatu masalah yg serius, dan sampe saat ini akinya masih normal, untuk stater juga langsung greeng nyala dalam sekali kontak. saya belum ukur berapa voltase dalam keadaan mati dan nyala, gak punya alatnya.

sebelumnya pernah ngetrip juga sampe malang tapi gak ada kejadian spt ini. mungkin memang sudah saatnya buat jajan aki baru, tapi yg bikin heran sih walau dalam keadaan panas dan gak ada airnya, kelistrikan mobil gak mengalami suatu masalah apapun.

oh iya akinya sih cuma yg biasa aja, GS ASTRA bawaan mobil dari baru beli bulan oktober 2015, jadi umurnya sudah 3 tahun 3 bulan. mobil jarang dipake, hanya pas liburan sekolah anak aja baru dipake longtrip.
Aki mendidih awalnya krn overcharge.
Mending cek alternatornya dulu om apakah benar memang overcharge.
aipiesblue
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 298
Joined: Mon Aug 10, 2009 3:01

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by aipiesblue »

adityabp wrote: Wed Jan 09, 2019 1:37 Aki mendidih awalnya krn overcharge.
Mending cek alternatornya dulu om apakah benar memang overcharge.
cara ngecek alternatornya masih sehat gimana om?

apakah dengan mengecek tegangan aki ketika kondisi mesin mobil menyala?

terima kasih
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by adityabp »

aipiesblue wrote: Wed Jan 09, 2019 2:42
adityabp wrote: Wed Jan 09, 2019 1:37 Aki mendidih awalnya krn overcharge.
Mending cek alternatornya dulu om apakah benar memang overcharge.
cara ngecek alternatornya masih sehat gimana om?

apakah dengan mengecek tegangan aki ketika kondisi mesin mobil menyala?

terima kasih
Yup.
Mesin nyala lalu gas sampe 3000rpm. Cek tegangan aki ketika gas dilepas.
Kalo tegangan tiba2x naik lebih dari 14,7V walaupun sekejap (spike) itu gejalanya.
Cek juga kondisi lubang hawa tutup pengisian air aki, kalo ada serbuk putih itu juga tanda overcharge.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by Profith83 »

aipiesblue wrote: Wed Jan 09, 2019 1:15 ada yang pernah mengalami aki panas hingga airnya mendidih dan menghilang?

minggu kemarin ngetrip ke semarang dari jkt. pas baliknya dari semarang sempet istirahat di RA 102 cipali. iseng aja buka kap mesin buat buang panas, pas lihat ke arah aki kok kaya ada asap tipis dari ke-6 tutup air akinya. tutupnya itu berasa panas, paksain untuk buka semuanya dan ternyata isinya dah kosong, tapi kelistrikan di mobil normal semua, distater juga masih greng, langsung nyala gak kaya aki soak yg biasanya mesti berkali-kali stater baru nyala mesinnya.

nyari air aki di pom bensin dan tukang tambal ban ternyata gak sedia, akhirnya cabut dari RA tsb dan lanjut jalan sambil berhenti di tiap RA buat nyari air aki. akhirnya ketemu juga di salah satu tukang tambal ban, langsung diisikan dan habis, padahal itu botol yg besar. air akinya bergolak macam lagi masak air.

akhirnya sampe juga dirumah tanpa ada suatu masalah yg serius, dan sampe saat ini akinya masih normal, untuk stater juga langsung greeng nyala dalam sekali kontak. saya belum ukur berapa voltase dalam keadaan mati dan nyala, gak punya alatnya.

sebelumnya pernah ngetrip juga sampe malang tapi gak ada kejadian spt ini. mungkin memang sudah saatnya buat jajan aki baru, tapi yg bikin heran sih walau dalam keadaan panas dan gak ada airnya, kelistrikan mobil gak mengalami suatu masalah apapun.

oh iya akinya sih cuma yg biasa aja, GS ASTRA bawaan mobil dari baru beli bulan oktober 2015, jadi umurnya sudah 3 tahun 3 bulan. mobil jarang dipake, hanya pas liburan sekolah anak aja baru dipake longtrip.
Saya pernah alami hal yang sama persis 100%.
Biasanya kalua mobil dipakai lagi apalagi kondisi berhenti dan AC nyala pasti nantinya mendidih lagi dan habis lagi … akan begitu terus berulang ulang.
Aki seperti itu memang pertanda aki mau rusak. Pengalaman seperti itu terjadi di Mobilio.

Akhirnya setelah berapa lama gak bisa distarter dan panggil Shop and Drive.
Termasuk bagus om bertahan 3 thn lebih.
Mobilio saya tidak pernah lewat 2 thn. Sekarang saya pakai aki kering S&D garansi 2 thn …
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by Pugman »

Pernah Pakai Aki basah Incoe bawaan mobil, saya kurang baik merawat aki cuma bertahan sekitar 8bulan, lalu ganti aki kering Delkor, yang ini tahan 3 tahun 3 bulan.
BTW kalau aki NS itu bagus ga ya? Kayanya promosi harga miring sama garansi lumayan lebih panjang?
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1553
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by lemonadelovers »

Bikin aki awet itu gampang, pakai aki basah dan tiap habis dipake buka kap mesin 1 jam supaya panas mesin kebuang, kasih selubung aki (bisa bikin dari peredam panas kap mesin) dan kasih kabel ground supaya arusnya stabil

Krna musuh batre panas dan air, pengalaman saya bisa bertahan sampe 5 tahun
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by marmut »

aipiesblue wrote: Wed Jan 09, 2019 1:15 ada yang pernah mengalami aki panas hingga airnya mendidih dan menghilang?

-

pernah.
penyebabnya dari alternator, saya lupa dari IC regulator atau dioda, jadi pengisiannya berlebih alias overcharge.
Jagonyaaki
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Mon Jan 11, 2016 2:08
Location: Bandung

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by Jagonyaaki »

Penyebab aki menjadi panas setau sy ad 3 :
1. Alternator overcharge
Tegangan pengisian ke aki lbh dr 14,8 V. Penyebabnya regulator dinamo jebol. Bisa ic-nya ato cutt-off nya
2. Utk aki basah yg pernah air akinya d bwh garis lower level. Kl mobil d pake jauh/lama d jamin pasti panas itu aki + ngegolak dan biasanya d sertai bau telor busuk dr aki. Walupun stroomnya msh normal
3. Aki yg sudah uzur ato udah aki-aki... Aki yg sdh berumur tingkat penguapan air nya lbh besar dr aki yg masih berumur balita... D pake jalan jauh nih aki2 kemungkinan panas +ngegolak pasti ad

Musuh utama aki Panas, getaran,stabilnya ngg nya pengisian. Makanya kl pengen aki awet jauhi dr panas, harus terikat kencang, dan selalu cek benernya arus pengisian d rentang 13,7 V - 14,8 V.

Contoh aki mobil eropah yg akinya d bagasi ato d bawah jok tengah. Pasti jarang banget nambah air aki + rata2 umurnya jauh d atas mbl jepangan..

Cmiiw :big_deal:
aipiesblue
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 298
Joined: Mon Aug 10, 2009 3:01

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by aipiesblue »

Jagonyaaki wrote: Thu Jan 10, 2019 2:21 Penyebab aki menjadi panas setau sy ad 3 :
1. Alternator overcharge
Tegangan pengisian ke aki lbh dr 14,8 V. Penyebabnya regulator dinamo jebol. Bisa ic-nya ato cutt-off nya
2. Utk aki basah yg pernah air akinya d bwh garis lower level. Kl mobil d pake jauh/lama d jamin pasti panas itu aki + ngegolak dan biasanya d sertai bau telor busuk dr aki. Walupun stroomnya msh normal
3. Aki yg sudah uzur ato udah aki-aki... Aki yg sdh berumur tingkat penguapan air nya lbh besar dr aki yg masih berumur balita... D pake jalan jauh nih aki2 kemungkinan panas +ngegolak pasti ad

Musuh utama aki Panas, getaran,stabilnya ngg nya pengisian. Makanya kl pengen aki awet jauhi dr panas, harus terikat kencang, dan selalu cek benernya arus pengisian d rentang 13,7 V - 14,8 V.

Contoh aki mobil eropah yg akinya d bagasi ato d bawah jok tengah. Pasti jarang banget nambah air aki + rata2 umurnya jauh d atas mbl jepangan..

Cmiiw :big_deal:
waah, makasih banyak "mbah aki" atas ilmu yg diberikan, mencerahkan sekali, kalo ada cendol ijo mau rasanya saya kasih, tapi kan disini bukan kuskus, hehe

ketika kap mesin dibuka memang tercium aroma telor busuk dari asap yg keluar dari tutup hawa aki. mudah-mudahan bukan karna alternatornya yg rusak.
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by adityabp »

Bau telor busuk itu dari uap sulfat hasil air aki mendidih.
Saran saya, mending akinya langsung ganti dan alternatornya diservis.
Karena kalo akinya mendidih lagi dalam keadaan penuh, itu air akinya bisa luber kena pelat bodi/chassis.
Tau donk kalo air aki itu korosif.
:big_childish:
Kenshiro7
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Fri Jul 18, 2014 16:12

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by Kenshiro7 »

Sore Om,

Ane kan kemaren baru ganti aki ke Delkor Calcium Battery 35Ah dr aki basah yg sdh berumur sekitar 3 tahun (merk & tipe nya lupa), koitnya gara2 lupa nambah air baterai, pas diisi sdh di bawah lower.
Padahal sebelum ditambah air nya masih fine aja.

Buat All New Avanza E manual 2013.

Kira2 itu aki baru Delkor perlu dicas dulu gak ya?

Baru dipakai jalan kira2 2 jam saja itu Aki Delkor.
Posisi terakhir di 12.5V dgn kondisi mesin & semua lampu mati, kontak di posisi ACC.

Thanks.
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1478
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by MSU »

Kalo googling...ada eksperimen gila masukkan paracetamol ke lubang air aki...katanya aki jadi awet...ada yg udh pernah nyoba?
Jagonyaaki
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Mon Jan 11, 2016 2:08
Location: Bandung

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by Jagonyaaki »

Kenshiro7 wrote: Fri Feb 08, 2019 9:07 Sore Om,

Ane kan kemaren baru ganti aki ke Delkor Calcium Battery 35Ah dr aki basah yg sdh berumur sekitar 3 tahun (merk & tipe nya lupa), koitnya gara2 lupa nambah air baterai, pas diisi sdh di bawah lower.
Padahal sebelum ditambah air nya masih fine aja.

Buat All New Avanza E manual 2013.

Kira2 itu aki baru Delkor perlu dicas dulu gak ya?

Baru dipakai jalan kira2 2 jam saja itu Aki Delkor.
Posisi terakhir di 12.5V dgn kondisi mesin & semua lampu mati, kontak di posisi ACC.

Thanks.
Cb bantu jwb om... Sebenarnya aki kering bs langsung pakai. Yg terpenting kl beli aki kering minta yg kode produksinya jng lbh dr 6 bln. Biar masih "fresh"

Setelah d pakai d mbl, pengisian dr alternator sudah lbh dr ckp. Tegangan aki 12,5 v sudah normal om..
Jagonyaaki
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Mon Jan 11, 2016 2:08
Location: Bandung

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by Jagonyaaki »

MSU wrote: Fri Feb 08, 2019 12:37 Kalo googling...ada eksperimen gila masukkan paracetamol ke lubang air aki...katanya aki jadi awet...ada yg udh pernah nyoba?
Paracetamol mah utk orng nya yg pening beli aki skrng harganya udah mahal om... Wkwkwk :wkkk:
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by supriyadi »

Jagonyaaki wrote: Sat Feb 09, 2019 2:03
MSU wrote: Fri Feb 08, 2019 12:37 Kalo googling...ada eksperimen gila masukkan paracetamol ke lubang air aki...katanya aki jadi awet...ada yg udh pernah nyoba?
Paracetamol mah utk orng nya yg pening beli aki skrng harganya udah mahal om... Wkwkwk :wkkk:
Pake bodrex Om, kalo mau cepat pake puyer :wkkk: :wkkk:
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1388
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by iwing »

januari kmrn adalah tahun ketiga pakai aki incoe basah
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2281
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by ilhami »

Di jambi sini sering banget start-stop mesin, karena tujuan dekat-dekat. Biasanya aki sirion hanya tahan 2 tahun
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2926
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by Salvanost »

Salvanost wrote: Sat Oct 14, 2017 6:30 Lagi make amaron
Udah 1 tahun 2 bulan

Moga2 aja awet
October 2017 1 tahun 2 bulan
Sekarang udah feb 2019
Udah pakai amaron 2 tahun 6 bulan

Moga2 aja awet