Aki mobil yang dipakai

Mau mengadakan polling? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Merk aki mobil yang bagus

Poll ended at Wed Sep 03, 2008 3:52

Bosch
1
8%
Delkor
2
15%
G-Force
0
No votes
Global
0
No votes
GS
8
62%
Massiv
0
No votes
Rocket
1
8%
Yuasa
1
8%
 
Total votes: 13

MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1490
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by MSU »

bulan ini 4tahun 2bulan pake GS basah N70Z...mobil kuda diesel
djanhar
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Fri Feb 22, 2019 2:04
Location: jakarta
Daily Vehicle: toyota

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by djanhar »

Di mobil elf punya bokap ane pake aki yuasa yg warna merah dari pertama beli tuu mobil belum pernah ganti samlek sekarang udah mau 5 tahunan tuh aki ga pernah di apa apain cuma tambah air aja kalo kurang

Pernah sekali dulu di copot buat nge las pagar rumah
Kwkwkw aki bawan emang lebih awet
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2941
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by Salvanost »

July 2019 beli juni 2019
Amaron udah 3 tahun 1 bulan

Teman saya pake varta 2 tahun dah koit hari ini
Toko langganan juga bilang usia varta standar ga panjang2 banget...

Catatan khusus
Pas service mobil awal july
Ada cek aki mobil
10.8 volt dianggap masih bagus...
Salvanost wrote: Fri Jun 10, 2016 4:02 hari ini ganti amaron MF
mesin nyala 14,1-14,2
tapi yg gua bingung kok mesin mati 11.9...
tar dicek berkala deh...
moga2 aja bisa awet diatas 2 tahun...

terus pas ganti aki, aki lama di kutub merah ada oksidasi, kalau ada oksidasi cara tau itu salah aki lama atau salah altenator atau cuma kotor doank gimana ya?
Ketemu data 2016...
Tar saya coba test... Buat bandingin voltasenya secara test personal pas baru make sama sekarang dah hampir 3 tahun
User avatar
bembenk95
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 234
Joined: Sat Jul 23, 2016 8:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by bembenk95 »

Aki NS 55D23 "Cheetah" yg ada garansi 18 bln, Umur 2 thn masih ke pasang,
Sebelumnya GS MF 55D23 hanya tahan 2 thn pas.

Tegangan Alternator stabil di 13.9~14.1 V
Kelistrikan yg non STD cuma ada Ampli Monoblok ce llo m 15d
i am, a sleeper
G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 699
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by azu »

Di Ertiga pakai Amaron sudah 4 Tahun 2 bulan dan masih berlanjut.. belum sempet cek tegangan karena multimeter belum ketemu, tapi starter sudah agak berat (biasanya <1 detik nyala, sekarang bisa 2 detik starternya) mulai muncul korosi di kepala aki dan pinggiran atas aki, tapi setelah disikat dan disiram air hangat belum muncul lagi itu serbuk2 putih :lol:

cukup amazed sih aki kering bisa bertahan cukup lama, karena dulu aki basah bawaannya aja hanya bertahan 2 tahun 8 bulan.. target sih 4,5 tahun masih bisa dipakai, kalau bisa sampai 5 tahun malah :mky_02:

Note: Kondisi kelistrikan standar, tidak ada modifikasi apapun terkait kelistrikan
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1490
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by MSU »

GS premium di kuda diesel : 4 tahun 7 bulan & masih dipake smp hari ini
GS hybrid di kijang efi : hampir 4 tahun & msh dipake juga
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by coklatMetalik »

G Force basah NS70 di Kisul EFI tewas tgl 1 maret kmaren...
Dipake sejak 1 Pebruari 2017
Cuma tahan 2 taun 1 bulan...

Skrg pake GS Hybrid
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
mj2005
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Thu Feb 02, 2017 12:37

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by mj2005 »

Aki kering GS terpasang di HRV berjalan 2th 3 bln. Aki bawaan bertahan 2 tahun pas.
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by supriyadi »

Aki bawaan April 2014 tewas Okt 2017, ganti GS Premium naikin dari 32A ke 45A. Alhamdulillah sampe sekarang masih greng. Mudah2an tahan lebih lama lagi. Mobil Livina 2014
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4584
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by Profith83 »

mj2005 wrote: Wed Jul 17, 2019 4:20 Aki kering GS terpasang di HRV berjalan 2th 3 bln. Aki bawaan bertahan 2 tahun pas.
Oh HRV ternyata boros aki yah mirip Mobilio, kirain tempat lapang jadi tidak terlalu panas dan akinya jadi lumayan tahan
User avatar
epevert
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 190
Joined: Fri Dec 10, 2010 16:43

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by epevert »

Selama pake mobil...baru pake mobilio boros accu banget...35bulan pakai n 150rb KM..ganti accu 3x...
Accu bawaan cuma tahan 9bulan..gudwill dr honda diganti free merk pnasonic...tahan 8bulan...ganti amaron beli online tahan 13bulan...ganti lagi pake amaron sampai dijual masih jreng...

Pernah nanya ke SnD dan beres H...dgn kilometer yg tinggi wajar tiap 30-40rb KM ganti accu..
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by josomba »

epevert wrote: Wed Jul 17, 2019 15:18 Selama pake mobil...baru pake mobilio boros accu banget...35bulan pakai n 150rb KM..ganti accu 3x...
Accu bawaan cuma tahan 9bulan..gudwill dr honda diganti free merk pnasonic...tahan 8bulan...ganti amaron beli online tahan 13bulan...ganti lagi pake amaron sampai dijual masih jreng...

Pernah nanya ke SnD dan beres H...dgn kilometer yg tinggi wajar tiap 30-40rb KM ganti accu..
Konon, yg pake tipe 50B20L (48Ah) di lio n brio bisa 2.5-3 tahun baru ganti. Bawaannya ns40zl (35Ah aja). Tp dulu ga sempet nyoba sih, beda 13Ah gitu juga alternatornya cukup buat isi daya atau ndak juga kurang paham.
Image
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11024
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by marmut »

josomba wrote: Wed Jul 17, 2019 23:48
epevert wrote: Wed Jul 17, 2019 15:18 Selama pake mobil...baru pake mobilio boros accu banget...35bulan pakai n 150rb KM..ganti accu 3x...
Accu bawaan cuma tahan 9bulan..gudwill dr honda diganti free merk pnasonic...tahan 8bulan...ganti amaron beli online tahan 13bulan...ganti lagi pake amaron sampai dijual masih jreng...

Pernah nanya ke SnD dan beres H...dgn kilometer yg tinggi wajar tiap 30-40rb KM ganti accu..
Konon, yg pake tipe 50B20L (48Ah) di lio n brio bisa 2.5-3 tahun baru ganti. Bawaannya ns40zl (35Ah aja). Tp dulu ga sempet nyoba sih, beda 13Ah gitu juga alternatornya cukup buat isi daya atau ndak juga kurang paham.

cukup banget.
alternator kan 70 amper.
User avatar
epevert
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 190
Joined: Fri Dec 10, 2010 16:43

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by epevert »

josomba wrote:
epevert wrote: Wed Jul 17, 2019 15:18 Selama pake mobil...baru pake mobilio boros accu banget...35bulan pakai n 150rb KM..ganti accu 3x...
Accu bawaan cuma tahan 9bulan..gudwill dr honda diganti free merk pnasonic...tahan 8bulan...ganti amaron beli online tahan 13bulan...ganti lagi pake amaron sampai dijual masih jreng...

Pernah nanya ke SnD dan beres H...dgn kilometer yg tinggi wajar tiap 30-40rb KM ganti accu..
Konon, yg pake tipe 50B20L (48Ah) di lio n brio bisa 2.5-3 tahun baru ganti. Bawaannya ns40zl (35Ah aja). Tp dulu ga sempet nyoba sih, beda 13Ah gitu juga alternatornya cukup buat isi daya atau ndak juga kurang paham.
Electricalnya agak ringkih mungkin tuh mbl...selama pake jg udah abisin bohlam h4 3 pasang utk lmpu depan..

Pengalaman sblmnya pake apanjah normal2 aj...3th 150rb KM cuma 1x ganti accu...
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by maastricht889 »

epevert wrote: Thu Jul 18, 2019 3:14
josomba wrote:
epevert wrote: Wed Jul 17, 2019 15:18 Selama pake mobil...baru pake mobilio boros accu banget...35bulan pakai n 150rb KM..ganti accu 3x...
Accu bawaan cuma tahan 9bulan..gudwill dr honda diganti free merk pnasonic...tahan 8bulan...ganti amaron beli online tahan 13bulan...ganti lagi pake amaron sampai dijual masih jreng...

Pernah nanya ke SnD dan beres H...dgn kilometer yg tinggi wajar tiap 30-40rb KM ganti accu..
Konon, yg pake tipe 50B20L (48Ah) di lio n brio bisa 2.5-3 tahun baru ganti. Bawaannya ns40zl (35Ah aja). Tp dulu ga sempet nyoba sih, beda 13Ah gitu juga alternatornya cukup buat isi daya atau ndak juga kurang paham.
Electricalnya agak ringkih mungkin tuh mbl...selama pake jg udah abisin bohlam h4 3 pasang utk lmpu depan..

Pengalaman sblmnya pake apanjah normal2 aj...3th 150rb KM cuma 1x ganti accu...
Hah nggak salah itu om dah ganti bulb 3 kali? Bulb nya oem ato engga itu om?
User avatar
epevert
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 190
Joined: Fri Dec 10, 2010 16:43

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by epevert »

erwinign wrote:
epevert wrote: Thu Jul 18, 2019 3:14
josomba wrote: Konon, yg pake tipe 50B20L (48Ah) di lio n brio bisa 2.5-3 tahun baru ganti. Bawaannya ns40zl (35Ah aja). Tp dulu ga sempet nyoba sih, beda 13Ah gitu juga alternatornya cukup buat isi daya atau ndak juga kurang paham.
Electricalnya agak ringkih mungkin tuh mbl...selama pake jg udah abisin bohlam h4 3 pasang utk lmpu depan..

Pengalaman sblmnya pake apanjah normal2 aj...3th 150rb KM cuma 1x ganti accu...
Hah nggak salah itu om dah ganti bulb 3 kali? Bulb nya oem ato engga itu om?
Hrsnya ori ya...selalu di beres krn ganti bohlamnya...
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2941
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by Salvanost »

Salvanost wrote: Tue Jul 16, 2019 18:11 July 2019 beli juni 2019
Amaron udah 3 tahun 1 bulan

Teman saya pake varta 2 tahun dah koit hari ini
Toko langganan juga bilang usia varta standar ga panjang2 banget...

Catatan khusus
Pas service mobil awal july
Ada cek aki mobil
10.8 volt dianggap masih bagus...
Salvanost wrote: Fri Jun 10, 2016 4:02 hari ini ganti amaron MF
mesin nyala 14,1-14,2
tapi yg gua bingung kok mesin mati 11.9...
tar dicek berkala deh...
moga2 aja bisa awet diatas 2 tahun...

terus pas ganti aki, aki lama di kutub merah ada oksidasi, kalau ada oksidasi cara tau itu salah aki lama atau salah altenator atau cuma kotor doank gimana ya?
Ketemu data 2016...
Tar saya coba test... Buat bandingin voltasenya secara test personal pas baru make sama sekarang dah hampir 3 tahun
Amaron umur 3 tahun 1 bulan
Mesin nyala 13,7v
Mesin ga nyala tanpa beban 12v
Mesin dengan beban ac, radio, lampu nyala 11.7volt

Masih cukup bagus....
Cek pakai charger car yg ada voltase
Image
DrgFredysen
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: Sat May 25, 2019 7:31
Location: Medan
Daily Vehicle: Innova diesel

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by DrgFredysen »

Ada yang tau beli aki bawaan mobil dari pabrik dimana? Aki innova diesel saya dari beli bulan 2 tahun 2012 mati nya di bulan 11 tahun 2016 itu pun karena pulley alternator jebol. Taunya stlah ganti, 3 hari lg susah startar. Stlahnya ganti gs premium sampe sekarang sepertinya sudah mulai ada gejala minta diganti.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by Turboman »

DrgFredysen wrote:Ada yang tau beli aki bawaan mobil dari pabrik dimana? Aki innova diesel saya dari beli bulan 2 tahun 2012 mati nya di bulan 11 tahun 2016 itu pun karena pulley alternator jebol. Taunya stlah ganti, 3 hari lg susah startar. Stlahnya ganti gs premium sampe sekarang sepertinya sudah mulai ada gejala minta diganti.
servis altternator nya

bikin kabel + & - dari Alternator ke aki.....kaaih fuse yg + nya......si A Chien bisa
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by kompresorz »

aki varta saya 6 taun KO....krn 2 taun trakhir mobilnya jarang dipanasin..kadang ampir 1 bulan di idupin kalo ingat....


akhirnya beli amaron 80 ampere melalui tokped...karena varta mahal... :wkkk:
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1397
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by iwing »

aki basah incoe hari minggu kmrn (4 agustus 2019) resmi sekarat (gak bisa starter mobil). masa bakti 3 tahun 7 bulan
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by kompresorz »

2 taun pas pake amaronz di alpad sudah koit...

kecewe berat...yg ktnya katanya..wow lah...bla bla bla...

akhirnya ganti aki di toyota saja... GS hibrid 1,3 juta...garansi 1 taun...

prettt lah...

ada harga ada kualitas....pantas mobil eropa dr baru pake varta...

vartaa numero uno....
Screenshot_20190815-213452_Gallery.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by evanbngdor »

kompresorz wrote: Thu Aug 15, 2019 14:33 2 taun pas pake amaronz di alpad sudah koit...

kecewe berat...yg ktnya katanya..wow lah...bla bla bla...

akhirnya ganti aki di toyota saja... GS hibrid 1,3 juta...garansi 1 taun...

prettt lah...

ada harga ada kualitas....pantas mobil eropa dr baru pake varta...

vartaa numero uno....

Screenshot_20190815-213452_Gallery.jpg
Wah saya beruntung berarti pake Amaron udah 3 tahun masih tokcer di Innova diesel, terakhir cek CCA nya masih 500an

BTW apa mungkin aki Amaron yg om beli itu stock lama? Atau seri yg standar? Kalo gak salah Amaron itu ada beberapa tipe.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by kompresorz »

kurang tau soal lama om...garansi 1 taun...

saya malah ganti aki standar VRZ sudah 2,5 taun msh tokcer tp sudah diganti dengan amaron...

krn pikir gak lama lagi ky anki gak sampe 3 taun koit..biar gak susahin dijalan...

kirain bisa di atas 3 taun atau 4-5 taun...

kan infonya wow ini amaron...sejak 2004 sudah dikasi tau sales mobil honda saya beli...

br kmrn pake cobain di alpad...


kecewe berat sih... :upss:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by evanbngdor »

kompresorz wrote: Mon Aug 19, 2019 15:58 kurang tau soal lama om...garansi 1 taun...

saya malah ganti aki standar VRZ sudah 2,5 taun msh tokcer tp sudah diganti dengan amaron...

krn pikir gak lama lagi ky anki gak sampe 3 taun koit..biar gak susahin dijalan...

kirain bisa di atas 3 taun atau 4-5 taun...

kan infonya wow ini amaron...sejak 2004 sudah dikasi tau sales mobil honda saya beli...

br kmrn pake cobain di alpad...


kecewe berat sih... :upss:
Noted om, bisa jadi pertimbangan saya kalau mesti ganti aki lg berikutnya, mulai hunting2 jg nih secara usia udah 3 tahun

Tp untuk kelas yg sama (High CCA&Maintenance Free) saya cek msh lebih murah Amaron Hi-Life drpd GS Calcium, beda nya sekitar 400rb an. Tipe 105D31L.

Kalo GS Hybrid tipe nya msh yg bukan maintenance free, seri nya jg di bawah yg calcium itu, mesti nya jauh lebih murah.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T