Aki mobil yang dipakai

Mau mengadakan polling? Silakan post disini...

Moderators: F 272, y_anjasrana, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

Post Reply

Merk aki mobil yang bagus

Poll ended at 03 Sep 2008, 10:52

Bosch
1
8%
Delkor
2
15%
G-Force
0
No votes
Global
0
No votes
GS
8
62%
Massiv
0
No votes
Rocket
1
8%
Yuasa
1
8%
 
Total votes: 13

User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 788
Joined: 03 Sep 2016, 20:25

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by michaelgiri93 » 08 Mar 2018, 18:54

Oruzgan wrote:
08 Mar 2018, 09:43
Mohon bantuan, mobil saya all new terios setiap mobil tidak dipakai 2 harian kok aki tekor dan tidak bisa distater.
aki standarnya GS 32AH20R, Hal ini apakah memang aki yang kekecilan atau memang kelistrikanya yang problem?

Waktu mobil baru 1 mingguan masalah ini saya komplain ke dealer setelah di cek disimpulkan aki bermasalah dan dilakukan penggantian tetapi kembali lagi jika weekend dirumah alamat senin pagi tekor(jika dipakai setiap hari tidak masalah).

saya berkeinginan upgrade dengan ampere yang lebih besar tetapi dengan ukuran yang sama mengingat accu bay kecil.
Coba di cek ada parasitic draw gak om?
Mungkin ada konslet atau apa gitu?
Kalau aki standar meskipun kekecilan gak masuk akal menurut saya kalau 2 hari sudah tekor.
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt

Vicvic
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 167
Joined: 11 Jul 2017, 00:09

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by Vicvic » 08 Mar 2018, 21:20

Ada yang pernah pakai aki merk bosch? Awet ngk gan?

stealthy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: 13 Mar 2015, 11:14

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by stealthy » 09 Mar 2018, 14:23

hari ini aku GS MF tewas umur 1 tahun 4 bulan.....harusnya garansi 18 bulan, tapi ternyata jadwal cek 3 bulanan ada yang supir kelewat 1x....hangus lah garansi nya.....

User avatar
b8099ok
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2459
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2015 GNKI D4D AT

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by b8099ok » 09 Mar 2018, 14:30

Lg jajal GoBattery tipe 60038 100A. Katanya bagus,... Katanya,... :ngacir:
Tune and drive! :big_love:

Oruzgan
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 13 Feb 2017, 13:53
Location: Solo
Daily Vehicle: Angkot K18

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by Oruzgan » 09 Mar 2018, 15:56

kunaskun wrote:
08 Mar 2018, 16:32
Oruzgan wrote:
08 Mar 2018, 09:43
Mohon bantuan, mobil saya all new terios setiap mobil tidak dipakai 2 harian kok aki tekor dan tidak bisa distater.
aki standarnya GS 32AH20R, Hal ini apakah memang aki yang kekecilan atau memang kelistrikanya yang problem?

Waktu mobil baru 1 mingguan masalah ini saya komplain ke dealer setelah di cek disimpulkan aki bermasalah dan dilakukan penggantian tetapi kembali lagi jika weekend dirumah alamat senin pagi tekor(jika dipakai setiap hari tidak masalah).

saya berkeinginan upgrade dengan ampere yang lebih besar tetapi dengan ukuran yang sama mengingat accu bay kecil.
alternator problem?
michaelgiri93 wrote:
08 Mar 2018, 18:54


Coba di cek ada parasitic draw gak om?
Mungkin ada konslet atau apa gitu?
Kalau aki standar meskipun kekecilan gak masuk akal menurut saya kalau 2 hari sudah tekor.
Thanks sarannya om, sore ini panggil teknisi untuk cek kelistrikan

lemonadelovers
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 827
Joined: 26 Apr 2014, 11:42

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by lemonadelovers » 04 Nov 2018, 18:01

Kemarin aki delkor 80d26l tiba2 tewas dr kode produksi bikinan maret 2016 jd umur cuma 2thnan, yg nyebelin tiba2 ga bisa starter tp indijator hijau

Akhirnya ganti aki NS cheetah d toped hrg cuma 1.025jt garansi pabrik 18bln ga pake ribet check2

aipiesblue
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: 10 Aug 2009, 10:01

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by aipiesblue » 09 Jan 2019, 08:15

ada yang pernah mengalami aki panas hingga airnya mendidih dan menghilang?

minggu kemarin ngetrip ke semarang dari jkt. pas baliknya dari semarang sempet istirahat di RA 102 cipali. iseng aja buka kap mesin buat buang panas, pas lihat ke arah aki kok kaya ada asap tipis dari ke-6 tutup air akinya. tutupnya itu berasa panas, paksain untuk buka semuanya dan ternyata isinya dah kosong, tapi kelistrikan di mobil normal semua, distater juga masih greng, langsung nyala gak kaya aki soak yg biasanya mesti berkali-kali stater baru nyala mesinnya.

nyari air aki di pom bensin dan tukang tambal ban ternyata gak sedia, akhirnya cabut dari RA tsb dan lanjut jalan sambil berhenti di tiap RA buat nyari air aki. akhirnya ketemu juga di salah satu tukang tambal ban, langsung diisikan dan habis, padahal itu botol yg besar. air akinya bergolak macam lagi masak air.

akhirnya sampe juga dirumah tanpa ada suatu masalah yg serius, dan sampe saat ini akinya masih normal, untuk stater juga langsung greeng nyala dalam sekali kontak. saya belum ukur berapa voltase dalam keadaan mati dan nyala, gak punya alatnya.

sebelumnya pernah ngetrip juga sampe malang tapi gak ada kejadian spt ini. mungkin memang sudah saatnya buat jajan aki baru, tapi yg bikin heran sih walau dalam keadaan panas dan gak ada airnya, kelistrikan mobil gak mengalami suatu masalah apapun.

oh iya akinya sih cuma yg biasa aja, GS ASTRA bawaan mobil dari baru beli bulan oktober 2015, jadi umurnya sudah 3 tahun 3 bulan. mobil jarang dipake, hanya pas liburan sekolah anak aja baru dipake longtrip.

adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 761
Joined: 07 May 2014, 09:36

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by adityabp » 09 Jan 2019, 08:37

aipiesblue wrote:
09 Jan 2019, 08:15
ada yang pernah mengalami aki panas hingga airnya mendidih dan menghilang?

minggu kemarin ngetrip ke semarang dari jkt. pas baliknya dari semarang sempet istirahat di RA 102 cipali. iseng aja buka kap mesin buat buang panas, pas lihat ke arah aki kok kaya ada asap tipis dari ke-6 tutup air akinya. tutupnya itu berasa panas, paksain untuk buka semuanya dan ternyata isinya dah kosong, tapi kelistrikan di mobil normal semua, distater juga masih greng, langsung nyala gak kaya aki soak yg biasanya mesti berkali-kali stater baru nyala mesinnya.

nyari air aki di pom bensin dan tukang tambal ban ternyata gak sedia, akhirnya cabut dari RA tsb dan lanjut jalan sambil berhenti di tiap RA buat nyari air aki. akhirnya ketemu juga di salah satu tukang tambal ban, langsung diisikan dan habis, padahal itu botol yg besar. air akinya bergolak macam lagi masak air.

akhirnya sampe juga dirumah tanpa ada suatu masalah yg serius, dan sampe saat ini akinya masih normal, untuk stater juga langsung greeng nyala dalam sekali kontak. saya belum ukur berapa voltase dalam keadaan mati dan nyala, gak punya alatnya.

sebelumnya pernah ngetrip juga sampe malang tapi gak ada kejadian spt ini. mungkin memang sudah saatnya buat jajan aki baru, tapi yg bikin heran sih walau dalam keadaan panas dan gak ada airnya, kelistrikan mobil gak mengalami suatu masalah apapun.

oh iya akinya sih cuma yg biasa aja, GS ASTRA bawaan mobil dari baru beli bulan oktober 2015, jadi umurnya sudah 3 tahun 3 bulan. mobil jarang dipake, hanya pas liburan sekolah anak aja baru dipake longtrip.
Aki mendidih awalnya krn overcharge.
Mending cek alternatornya dulu om apakah benar memang overcharge.

aipiesblue
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: 10 Aug 2009, 10:01

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by aipiesblue » 09 Jan 2019, 09:42

adityabp wrote:
09 Jan 2019, 08:37
Aki mendidih awalnya krn overcharge.
Mending cek alternatornya dulu om apakah benar memang overcharge.
cara ngecek alternatornya masih sehat gimana om?

apakah dengan mengecek tegangan aki ketika kondisi mesin mobil menyala?

terima kasih

adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 761
Joined: 07 May 2014, 09:36

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by adityabp » 09 Jan 2019, 10:45

aipiesblue wrote:
09 Jan 2019, 09:42
adityabp wrote:
09 Jan 2019, 08:37
Aki mendidih awalnya krn overcharge.
Mending cek alternatornya dulu om apakah benar memang overcharge.
cara ngecek alternatornya masih sehat gimana om?

apakah dengan mengecek tegangan aki ketika kondisi mesin mobil menyala?

terima kasih
Yup.
Mesin nyala lalu gas sampe 3000rpm. Cek tegangan aki ketika gas dilepas.
Kalo tegangan tiba2x naik lebih dari 14,7V walaupun sekejap (spike) itu gejalanya.
Cek juga kondisi lubang hawa tutup pengisian air aki, kalo ada serbuk putih itu juga tanda overcharge.

Profith83
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1417
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by Profith83 » 09 Jan 2019, 14:49

aipiesblue wrote:
09 Jan 2019, 08:15
ada yang pernah mengalami aki panas hingga airnya mendidih dan menghilang?

minggu kemarin ngetrip ke semarang dari jkt. pas baliknya dari semarang sempet istirahat di RA 102 cipali. iseng aja buka kap mesin buat buang panas, pas lihat ke arah aki kok kaya ada asap tipis dari ke-6 tutup air akinya. tutupnya itu berasa panas, paksain untuk buka semuanya dan ternyata isinya dah kosong, tapi kelistrikan di mobil normal semua, distater juga masih greng, langsung nyala gak kaya aki soak yg biasanya mesti berkali-kali stater baru nyala mesinnya.

nyari air aki di pom bensin dan tukang tambal ban ternyata gak sedia, akhirnya cabut dari RA tsb dan lanjut jalan sambil berhenti di tiap RA buat nyari air aki. akhirnya ketemu juga di salah satu tukang tambal ban, langsung diisikan dan habis, padahal itu botol yg besar. air akinya bergolak macam lagi masak air.

akhirnya sampe juga dirumah tanpa ada suatu masalah yg serius, dan sampe saat ini akinya masih normal, untuk stater juga langsung greeng nyala dalam sekali kontak. saya belum ukur berapa voltase dalam keadaan mati dan nyala, gak punya alatnya.

sebelumnya pernah ngetrip juga sampe malang tapi gak ada kejadian spt ini. mungkin memang sudah saatnya buat jajan aki baru, tapi yg bikin heran sih walau dalam keadaan panas dan gak ada airnya, kelistrikan mobil gak mengalami suatu masalah apapun.

oh iya akinya sih cuma yg biasa aja, GS ASTRA bawaan mobil dari baru beli bulan oktober 2015, jadi umurnya sudah 3 tahun 3 bulan. mobil jarang dipake, hanya pas liburan sekolah anak aja baru dipake longtrip.
Saya pernah alami hal yang sama persis 100%.
Biasanya kalua mobil dipakai lagi apalagi kondisi berhenti dan AC nyala pasti nantinya mendidih lagi dan habis lagi … akan begitu terus berulang ulang.
Aki seperti itu memang pertanda aki mau rusak. Pengalaman seperti itu terjadi di Mobilio.

Akhirnya setelah berapa lama gak bisa distarter dan panggil Shop and Drive.
Termasuk bagus om bertahan 3 thn lebih.
Mobilio saya tidak pernah lewat 2 thn. Sekarang saya pakai aki kering S&D garansi 2 thn …

User avatar
Pugman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1027
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by Pugman » 09 Jan 2019, 18:16

Pernah Pakai Aki basah Incoe bawaan mobil, saya kurang baik merawat aki cuma bertahan sekitar 8bulan, lalu ganti aki kering Delkor, yang ini tahan 3 tahun 3 bulan.
BTW kalau aki NS itu bagus ga ya? Kayanya promosi harga miring sama garansi lumayan lebih panjang?

lemonadelovers
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 827
Joined: 26 Apr 2014, 11:42

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by lemonadelovers » 09 Jan 2019, 18:47

Bikin aki awet itu gampang, pakai aki basah dan tiap habis dipake buka kap mesin 1 jam supaya panas mesin kebuang, kasih selubung aki (bisa bikin dari peredam panas kap mesin) dan kasih kabel ground supaya arusnya stabil

Krna musuh batre panas dan air, pengalaman saya bisa bertahan sampe 5 tahun

User avatar
marmut
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by marmut » 09 Jan 2019, 18:48

aipiesblue wrote:
09 Jan 2019, 08:15
ada yang pernah mengalami aki panas hingga airnya mendidih dan menghilang?

-

pernah.
penyebabnya dari alternator, saya lupa dari IC regulator atau dioda, jadi pengisiannya berlebih alias overcharge.
pipes - cigars - coffee

Jagonyaaki
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 99
Joined: 11 Jan 2016, 09:08
Location: Bandung

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by Jagonyaaki » 10 Jan 2019, 09:21

Penyebab aki menjadi panas setau sy ad 3 :
1. Alternator overcharge
Tegangan pengisian ke aki lbh dr 14,8 V. Penyebabnya regulator dinamo jebol. Bisa ic-nya ato cutt-off nya
2. Utk aki basah yg pernah air akinya d bwh garis lower level. Kl mobil d pake jauh/lama d jamin pasti panas itu aki + ngegolak dan biasanya d sertai bau telor busuk dr aki. Walupun stroomnya msh normal
3. Aki yg sudah uzur ato udah aki-aki... Aki yg sdh berumur tingkat penguapan air nya lbh besar dr aki yg masih berumur balita... D pake jalan jauh nih aki2 kemungkinan panas +ngegolak pasti ad

Musuh utama aki Panas, getaran,stabilnya ngg nya pengisian. Makanya kl pengen aki awet jauhi dr panas, harus terikat kencang, dan selalu cek benernya arus pengisian d rentang 13,7 V - 14,8 V.

Contoh aki mobil eropah yg akinya d bagasi ato d bawah jok tengah. Pasti jarang banget nambah air aki + rata2 umurnya jauh d atas mbl jepangan..

Cmiiw :big_deal:

aipiesblue
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: 10 Aug 2009, 10:01

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by aipiesblue » 10 Jan 2019, 09:51

Jagonyaaki wrote:
10 Jan 2019, 09:21
Penyebab aki menjadi panas setau sy ad 3 :
1. Alternator overcharge
Tegangan pengisian ke aki lbh dr 14,8 V. Penyebabnya regulator dinamo jebol. Bisa ic-nya ato cutt-off nya
2. Utk aki basah yg pernah air akinya d bwh garis lower level. Kl mobil d pake jauh/lama d jamin pasti panas itu aki + ngegolak dan biasanya d sertai bau telor busuk dr aki. Walupun stroomnya msh normal
3. Aki yg sudah uzur ato udah aki-aki... Aki yg sdh berumur tingkat penguapan air nya lbh besar dr aki yg masih berumur balita... D pake jalan jauh nih aki2 kemungkinan panas +ngegolak pasti ad

Musuh utama aki Panas, getaran,stabilnya ngg nya pengisian. Makanya kl pengen aki awet jauhi dr panas, harus terikat kencang, dan selalu cek benernya arus pengisian d rentang 13,7 V - 14,8 V.

Contoh aki mobil eropah yg akinya d bagasi ato d bawah jok tengah. Pasti jarang banget nambah air aki + rata2 umurnya jauh d atas mbl jepangan..

Cmiiw :big_deal:
waah, makasih banyak "mbah aki" atas ilmu yg diberikan, mencerahkan sekali, kalo ada cendol ijo mau rasanya saya kasih, tapi kan disini bukan kuskus, hehe

ketika kap mesin dibuka memang tercium aroma telor busuk dari asap yg keluar dari tutup hawa aki. mudah-mudahan bukan karna alternatornya yg rusak.

adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 761
Joined: 07 May 2014, 09:36

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by adityabp » 10 Jan 2019, 11:05

Bau telor busuk itu dari uap sulfat hasil air aki mendidih.
Saran saya, mending akinya langsung ganti dan alternatornya diservis.
Karena kalo akinya mendidih lagi dalam keadaan penuh, itu air akinya bisa luber kena pelat bodi/chassis.
Tau donk kalo air aki itu korosif.
:big_childish:

Post Reply

Return to “Polling Corner”