perkembangan jaman,ganti mobil atau modifikasi(apapun modifikasinya)?

Mau mengadakan polling? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ganti atau pertahanin dan modif aja?

Ganti baru lah,males modif udah cape,kluar duit banyak ga bisa sebagus bikinan pabrikan
9
33%
Pertahanin&modif (dana mepet/punya value bersejarah nih/belum ada opsi yg lebih baik)
18
67%
 
Total votes: 27

zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 687
Joined: 21 Feb 2014, 02:08

perkembangan jaman,ganti mobil atau modifikasi(apapun modifikasinya)?

Post by zonepublic »

Di jaman yang berubah terus anda pilih ganti mobil yang lebih muda atau modif aja (apapun bisa mesin,fitur,aksesori atau audio) untuk mobil harian anda?sebutkan mobil anda saat ini beserta alasannya
Contoh: anda sebagai pengguna mercy boxer W124/bmw E39 530i /Toyota Great corolla/ Honda Estilo/Suzuki forsa memilih memasang lampu biled laser tambahan, head unit android auto,kamera mundur,sensor parkir,dashcam,camera 360,pasang start stop engine button ,bodykit rocketbunny,konversi ke EV atau ya sudah lah jual aja mobil bututnya ganti corolla cross/hyundai stargazer/hyundai Ioniq 5 yg terbaru

saya user mobil harian Honda Jazz GE8 memilih modif aja daripada ganti mobil tahun muda karena belum ada mobil2 yang lebih baru yang bisa membuat saya berpindah hati
Karena dashbornya udah bisa dipasang double din sebenernya sudah bisa pasang head unit android yg bagus cuma saya malah downgrade ganti head unit alpine single din cda-9887 lawas karena butuh kualitas suara enak dalam kabin,ngga kepikiran nonton film/tv sambil nyetir juga sih
Buat pencahayaan saya pasang 4 buah lampu tembak (2 buah lampu tembak hi beam lo beam bercut off,2 buah lampu tembak tembus kabut)
Buat keperluan navigasi dan keamanan saya pasang car navigation yang sudah terintegrasi dengan dashcam dan kamera mundur diletakkan di atas dasbor,sensor parkir saya tidak pasang karena ukuran mobilnya kecil dan tidak merasa kesulitan parkir,karena sudah terbiasa bawa mobil seukuran innova sebelumnya dan lagi sudah ada kamera mundur yg aktif di car navigation system saya
Rencana modif selanjutnya untuk ngikutin perkembangan jaman di mobil baru
1 pasang OBD meter gauge
2 pasang Tire pressure monitoring system
3 pasang&aktifkan cruise control di setir
4 pasang peredam proper&3 way audio system
5 ganti radiator 2 ply,ganti knalpot racing
6 pasang supercharger& piggyback
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4683
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: perkembangan jaman,ganti mobil atau modifikasi(apapun modifikasinya)?

Post by Pboyz97 »

saya opsi bakal pick opsi ke 2. karena buat saya pribadi entah knp mobil baru (jaman now ) kualitasnya ga sebagus yg lama .pengalaman saya punya 4 mobil baru keluaran 2023 up, dibanding mobil2 lama saya, even yg saya beli secara seken sekalipun. secara kalo saya modif or perbaikkin, rasanya akan seperti barunya dulu walaupun ga 100% or even better dibanding gen barunya or mobil baru di range harga yg mirip, walaupun mobil baru jelas menang worry free, tahun lebih muda , fitur & lebih modern hehe. kalo opsi pertama, entah knp dana yg perlukan buat nomboknya sometimes agak banyak dan in some case nggak sesuai dengan apa yg kita dapat . or dana segitu, saya lebih prefer mobil seken yg kelasnya diatas itu walaupun kalah tahun hehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 426
Joined: 24 Aug 2022, 15:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011
Contact:

Re: perkembangan jaman,ganti mobil atau modifikasi(apapun modifikasinya)?

Post by daimler »

kal oe sebagai petrolhead :upss: ya jelas opsi ke-2, males liat mobil2 baru sekarang. mending ya keep yg ada trs upgrade bertahap. cuma kalo awam soal otomotif, ya paling gampang ganti bpkb. tu buktinya banyak yg buka thread peremajan mobil yg umurnya (baru) 5-7thn minta saran mobil, blm lg mungkin faktor wow dan gengsinya lebih dapet ke tetangga, sodara or rekan kerja kalo ganti wujud mobilnya :mky_01: dibanding upgrade2, bahkan exterior sekalipun misalnya ganti velg, bodykit, dll masih bsia diomongin org "..dari tahun segitu, itu terus mobilnya ga pernah ganti.." :big_biglaugh:
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
i.ibb.co/JckhCM5/20220918-013303-gif.gif
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4423
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: perkembangan jaman,ganti mobil atau modifikasi(apapun modifikasinya)?

Post by b0ku »

kebetulan mobil 2 2nya oprekable dan parts modifnya banyak ud, 2 2nya ud upgrade suspensi sama rem ogah balik naek mobil standart kalo ada yang remehin mobil saya karena mobil tua KETAWAIN aja.......... daripada beli mobil modal gimmick doank mobil oe, oe bangun dengan banyak perhitungan :mky_03:
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7536
Joined: 07 Dec 2012, 10:22

Re: perkembangan jaman,ganti mobil atau modifikasi(apapun modifikasinya)?

Post by newrubble »

perkembangan jaman di indo = bertambah buruk dlm arti
ada gap yg makin lebar antara taste vs budget
solusinya (any car, EV maupun conventional) datang dari negrinaga maupun negrisapi
saratnya cuman satu ... jgn liat brand

negrinaga jago jiplak n jago racik (mirip bartender / DJ)
negrisapi doyan langgar kuota (janjinya cuman buat jualan domestik / regional ... eh dijual jauh ksono)
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2724
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: perkembangan jaman,ganti mobil atau modifikasi(apapun modifikasinya)?

Post by farizfsa »

newrubble wrote: 09 Jul 2024, 08:16 perkembangan jaman di indo = bertambah buruk dlm arti
ada gap yg makin lebar antara taste vs budget
solusinya (any car, EV maupun conventional) datang dari negrinaga maupun negrisapi
saratnya cuman satu ... jgn liat brand

negrinaga jago jiplak n jago racik (mirip bartender / DJ)
negrisapi doyan langgar kuota (janjinya cuman buat jualan domestik / regional ... eh dijual jauh ksono)

hahahaha taste beli ttp brand mercy bmw mau nya mbl ev, tp budget makin jauh ga kejangkau ya
sy heran itu indomobil masukin mbl listrik set harga segitu juntrungannya apa, tinggi sekali
Jaguar XJ LWB X358 3.0 2008
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15956
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: perkembangan jaman,ganti mobil atau modifikasi(apapun modifikasinya)?

Post by ChZ »

buat saya mobil baru se enak apapun, masuk tahun ke 2 pake rasanya pasti biasa aja.

masa mau ganti mobil per 2 tahun? ya capek lah.

obat bosen ya modif. makanya cari mobil yg part modifnya banyak. kalo cari PCD velg aja susah, oprek mesin saja kehambat ini-itu ya emang mobilnya ditakdirkan buat ngebosenin.

masalahnya buat pabrikan emang lebih seneng bikin mobilnya membosankan supaya pembelinya cepet ganti mobil. pdhl kalo fanbase dirawat ya sebenernya bisa jadi sumber wang sendiri. ngandelin penjualan mobil baru terus lha iya kalo serapan pasar oke kalo udah winter gini kan susah.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2625
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: perkembangan jaman,ganti mobil atau modifikasi(apapun modifikasinya)?

Post by KielConstantine »

Yang jadi pertanyaan sesungguhnya adalah

Nih TS gw prhatiin dari kmaren keknya doyan bener bikin polling model gini tujuannya apa ?
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2625
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: perkembangan jaman,ganti mobil atau modifikasi(apapun modifikasinya)?

Post by KielConstantine »

newrubble wrote: 09 Jul 2024, 08:16 perkembangan jaman di indo = bertambah buruk
dlm arti ada gap yg makin lebar antara taste vs budget
Keknya ini the 100% truth answer :mky_03: :mky_03:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3602
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: perkembangan jaman,ganti mobil atau modifikasi(apapun modifikasinya)?

Post by kendibocor »

Kalo mulai bosen modif dikit2 aja tp jgn kebanyakan jg apalagi kalo mobilnya generik biar nanti dijual ga nyesel2 amat kalo tuh modifan ga diitung. Selama2nya orang megang mobil gw rasa 10 taon jg pasti uda mau ganti lah. Ya walopun pas nanti uda 10 taon harganya pasti uda hampir “ga ada” sih.

Paling bener kalo bosenan beli mbl 2nd diatas 3 taon. Mo tiba2 hari ini bosen jg bisa diiklanin langsung besokannya ga mikir rugi banyak. Abis itu beli lg deh mbl laen. Kalo belinya di tukang consignment atau pedagang ya itung2 ngasih makan mereka, nambah pahala. Tp kalo budget pas2an ya hunting sendiri. Seru jg kok hunting mbl kalo waktunya ada :upss:
Butuh dana buat beli M4 :big_weee:
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 687
Joined: 21 Feb 2014, 02:08

Re: perkembangan jaman,ganti mobil atau modifikasi(apapun modifikasinya)?

Post by zonepublic »

KielConstantine wrote: 09 Jul 2024, 21:04 Yang jadi pertanyaan sesungguhnya adalah

Nih TS gw prhatiin dari kmaren keknya doyan bener bikin polling model gini tujuannya apa ?
gabut,Biar topik2 otomotif lebih terfokus jadi klo reader mau cari pertimbangan by case lebih enak
Kalo ngga ntar forumnya mati kaya modcom
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3602
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: perkembangan jaman,ganti mobil atau modifikasi(apapun modifikasinya)?

Post by kendibocor »

zonepublic wrote: 09 Jul 2024, 22:33
gabut,Biar topik2 otomotif lebih terfokus jadi klo reader mau cari pertimbangan by case lebih enak
Kalo ngga ntar forumnya mati kaya modcom
Yg paling berasa thread teview uda makin jarang, padahal gw paling demen bacain thread review mbl
Butuh dana buat beli M4 :big_weee:
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7536
Joined: 07 Dec 2012, 10:22

Re: perkembangan jaman,ganti mobil atau modifikasi(apapun modifikasinya)?

Post by newrubble »

mobil yg di modif sendiri sangat jarang punya value yg baik di masa depan (kec mobil nya john lennon n andy warhol) ... tapi beda crita yg dikerjakan custom / coachbuilder spt (dulu) henri chapron dan lainnya
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4423
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: perkembangan jaman,ganti mobil atau modifikasi(apapun modifikasinya)?

Post by b0ku »

newrubble wrote: 10 Jul 2024, 01:47 mobil yg di modif sendiri sangat jarang punya value yg baik di masa depan (kec mobil nya john lennon n andy warhol) ... tapi beda crita yg dikerjakan custom / coachbuilder spt (dulu) henri chapron dan lainnya
kalo modifan custom kek gitu biasa valuenya turun karena orisinalitas mobilnya ilang kalo saya modif pake parts2x PNP makannya kenapa mobil sesuai selera saya jaman sekarang ud susah karena saya nyarinya yang parts PNPnya banyak kalo di indo paling gila ya gajah diesel apalagi anehnya DMAX itu paling lengkap

sejauh ini mau bodykitsnya sebagus apapun gak perna ada yang bisa ngalahin awetnya kondisi body OEM :mky_03:

salah satu alesan saya gak suka jazz rs juga karena bodykitsnya bakalan jd bikin mobil keliatan jelek kalo ud berumur karena nanti ada aja rusaknya dudukan kendor, kesenggol lah dll :big_bored:
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 687
Joined: 21 Feb 2014, 02:08

Re: perkembangan jaman,ganti mobil atau modifikasi(apapun modifikasinya)?

Post by zonepublic »

kendibocor wrote: 10 Jul 2024, 00:29
zonepublic wrote: 09 Jul 2024, 22:33
gabut,Biar topik2 otomotif lebih terfokus jadi klo reader mau cari pertimbangan by case lebih enak
Kalo ngga ntar forumnya mati kaya modcom
Yg paling berasa thread teview uda makin jarang, padahal gw paling demen bacain thread review mbl
User2 disini udah jarang ganti mobil baru,sekalinya ganti yang mainstream juga kali jadi ga banyak yang bikin review,jadi kalo ada unit tidak umum yg direview ga da yg komen juga karena tidak punya /pernah pumya unitnya ga tahu juga mau komen apa
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15956
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: perkembangan jaman,ganti mobil atau modifikasi(apapun modifikasinya)?

Post by ChZ »

kendibocor wrote: 10 Jul 2024, 00:29
Yg paling berasa thread teview uda makin jarang, padahal gw paling demen bacain thread review mbl
maksudnya review mobil baru ya mbah.

krn kalo ane amati peminatan justru banyak ke mobil mobil lawas yang "hidden gem".

buat ane skrg kalo gak ada ketertarikan sih males test drive mobil krn bakal dicari-cari sales. apalagi merek kor atau negri naga. dan ga ada waktunya juga kalo dulu waktu luang mah banyak.

ya lagian emang otomotif wakanda surem sih. serapan pasar kecil pantesan mobil bagus yang masuk jarang.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7536
Joined: 07 Dec 2012, 10:22

Re: perkembangan jaman,ganti mobil atau modifikasi(apapun modifikasinya)?

Post by newrubble »

b0ku wrote: 10 Jul 2024, 09:23

kalo modifan custom kek gitu biasa valuenya turun karena orisinalitas mobilnya ilang kalo saya modif pake parts2x PNP makannya kenapa mobil sesuai selera saya jaman sekarang ud susah karena saya nyarinya yang parts PNPnya banyak kalo di indo paling gila ya gajah diesel apalagi anehnya DMAX itu paling lengkap

sejauh ini mau bodykitsnya sebagus apapun gak perna ada yang bisa ngalahin awetnya kondisi body OEM :mky_03:

salah satu alesan saya gak suka jazz rs juga karena bodykitsnya bakalan jd bikin mobil keliatan jelek kalo ud berumur karena nanti ada aja rusaknya dudukan kendor, kesenggol lah dll :big_bored:
cek aja harganya yg sy sebut ... biasanya (kalo di tempat sy) coachbuilders kluarkan certification u yg mrk kerjakan ... tapi kalo modif lokal indo ya sy ga bisa omong ya (kbtulan sy ga punya)... emang biaya beda antara pasang sendiri (modif oleh temen / kenalan) dgn pasang resmi ... mobil tampilan asli fabriek sy juga ada banyak n (krn udah pd tua) harga juga ga turun (naik byk malah)
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: perkembangan jaman,ganti mobil atau modifikasi(apapun modifikasinya)?

Post by rakyatwkwkland »

Tergantung mobil existingnya usia berapa tahun. Kalo masih baru beberapa tahun pakai ya ane prefer modif. Sayang aja kalo baru pake beberapa tahun udh dilepas. Rasanya masih blm puas make itu mobil.

Lain cerita kalo mobilnya emang udah lama banget dipegang, misal udah belasan atau bahkan puluhan tahun. Ane pilih ganti. Realistis aja, sesetia2nya ane make mobil pasti tetep akan sampai di suatu saat merasa bosan dan pengen coba lagi sesuatu yang benar2 baru.
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 687
Joined: 21 Feb 2014, 02:08

Re: perkembangan jaman,ganti mobil atau modifikasi(apapun modifikasinya)?

Post by zonepublic »

newrubble wrote: 10 Jul 2024, 01:47 mobil yg di modif sendiri sangat jarang punya value yg baik di masa depan (kec mobil nya john lennon n andy warhol) ... tapi beda crita yg dikerjakan custom / coachbuilder spt (dulu) henri chapron dan lainnya
Mungkin buyernya lihat modifikatornya sapa krn jualan prestisnya sama kaya tas kulit merk H,LV,G ,disini juga banyak yg bisa bikin tas dengan kualitas sama tp orang menghargainya beda jauh karena brandnya
Syauqi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 510
Joined: 09 May 2015, 15:55
Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
Daily Vehicle: Potato Car

Re: perkembangan jaman,ganti mobil atau modifikasi(apapun modifikasinya)?

Post by Syauqi »

Melihat kondisi ekonomi kita yang cukup mengkhawatirkan, seperti saya memutuskan utk keep mobil yg saya pake (Agya m/t 2014, dibeliin bokap dulu wkt sy SMA) entah sampai kapan.
Peremajaan slow moving part yg saya inget udah; Shock depan + supportnya, shock belakang, repair rack steer, press kaki2, engine mounting kanan, kopling satu set + mataharinya. Total dari part2 tsb sekitar 8,5jt.
Untuk modsnya yg paling 'pricey' ada ganti jok depan, ganti stir jdm, peredam suara (atap, 5 pintu, lantai bagasi), headlamp + foglamp LED, serta beberapa perintilan lainnya total ada hampir 15jt.

Kalo kata orang" pada umumnya ga make sense rasanya ngeluarin 23jt++ buat LCGC yg kalo dijual cuma laku 80-85jt, tapi krn saya emang suka & hasilnya mobilnya jadi jauh lebih enak dipake & 'personalized', personally i see nothing worth it (menghibur diri) :upss: .

Jadi yes, saya masih prefer utk 'modifikasi' mobil yg sdh ada, walaupun kadang ngiler juga liar harga mid-size sedan 2010an yg udh terjangkau
dregon
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: 23 Feb 2019, 20:38
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner VRZ

Re: perkembangan jaman,ganti mobil atau modifikasi(apapun modifikasinya)?

Post by dregon »

Saya jauh lebih suka pelihara mobil lama terus modif. Fitur mobil baru yang menarik cuma semi autonomous driving. Harus diakui fitur ini kepake banget kalau macet2an.

Tapi saya masih gak rela bayar depresiasi mobil 10-20%/tahun. (kecuali kalau emang mobilnya dipake lebih dari 20,000km/tahun)

Yang bikin malesin UU DKJ yang nge batesin usia mobil 10 tahun aja... Masih bisa sih beli mobil usia 8tahun terus dijual lagi keluar Jakarta
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7536
Joined: 07 Dec 2012, 10:22

Re: perkembangan jaman,ganti mobil atau modifikasi(apapun modifikasinya)?

Post by newrubble »

zonepublic wrote: 10 Jul 2024, 12:58
Mungkin buyernya lihat modifikatornya sapa krn jualan prestisnya sama kaya tas kulit merk H,LV,G ,disini juga banyak yg bisa bikin tas dengan kualitas sama tp orang menghargainya beda jauh karena brandnya
ja , yg sy sebut bukan modifikator di haji nawi atau terogong tapi spt memminger, sgs (chris hahn), heritage customs, scs arrow, rinspeed, motorima, baur (ivm / semcom) hingga trasco
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4423
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: perkembangan jaman,ganti mobil atau modifikasi(apapun modifikasinya)?

Post by b0ku »

newrubble wrote: 10 Jul 2024, 17:01 ja , yg sy sebut bukan modifikator di haji nawi atau terogong tapi spt memminger, sgs (chris hahn), heritage customs, scs arrow, rinspeed, motorima, baur (ivm / semcom) hingga trasco
yang om maksud itu keliatannya yang ujung2xnya mobilnya custom tapi keliatan kek OEM om kebanyakan

coba saya kasih contohnya :mky_03:

Image

ini monaronya G speed

kalo rinspeed gak yakin harganya tinggi keliatan kek mobil bikinan om jacobson :big_biglaugh:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3602
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: perkembangan jaman,ganti mobil atau modifikasi(apapun modifikasinya)?

Post by kendibocor »

ChZ wrote: 10 Jul 2024, 10:08
kendibocor wrote: 10 Jul 2024, 00:29
Yg paling berasa thread teview uda makin jarang, padahal gw paling demen bacain thread review mbl
maksudnya review mobil baru ya mbah.

krn kalo ane amati peminatan justru banyak ke mobil mobil lawas yang "hidden gem".

buat ane skrg kalo gak ada ketertarikan sih males test drive mobil krn bakal dicari-cari sales. apalagi merek kor atau negri naga. dan ga ada waktunya juga kalo dulu waktu luang mah banyak.

ya lagian emang otomotif wakanda surem sih. serapan pasar kecil pantesan mobil bagus yang masuk jarang.
Typo mbah :big_biglaugh:
Harga mbl makin surem, daya beli turun. Orang2 pd nahan jajan mobil yg kelas2 menengah :big_biglaugh:
Butuh dana buat beli M4 :big_weee:
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1890
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: perkembangan jaman,ganti mobil atau modifikasi(apapun modifikasinya)?

Post by darrelund »

newrubble wrote: 10 Jul 2024, 17:01
zonepublic wrote: 10 Jul 2024, 12:58
Mungkin buyernya lihat modifikatornya sapa krn jualan prestisnya sama kaya tas kulit merk H,LV,G ,disini juga banyak yg bisa bikin tas dengan kualitas sama tp orang menghargainya beda jauh karena brandnya
ja , yg sy sebut bukan modifikator di haji nawi atau terogong tapi spt memminger, sgs (chris hahn), heritage customs, scs arrow, rinspeed, motorima, baur (ivm / semcom) hingga trasco
kykna klo oe lihat" di luar sana org lebi demen sama modip aliran restomod gtu, macem kimera, totem automobil, singer etc etc

beda ama dulu yg karoseri populer bgt

ga terlalu demen yg ekstrim" skrg mah, mungkin krn jaman now mobil ud pada aneh semua bentuknya :big_biglaugh:

model macem tuksedo bali cakep siy
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post