Advanced safety features, seberapa sering terpakai?

Mau mengadakan polling? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Harus ada safety features kekinian?

Harus ada dan sudah merasakan banget manfaatnya
13
20%
Kebiasaan beli mobil top trim jadi ya kebetulan ada aja fiturnya
8
12%
Hanya beberapa fitur yg wajib ada dan saya butuhkan macam cruise control
34
52%
Real man use steering and pedal only
11
17%
 
Total votes: 66

kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Advanced safety features, seberapa sering terpakai?

Post by kendibocor »

Hallo temen2, iseng2 saya mau buat polling karena penasaran. Nah Mobil2 jaman now terutama yg top trimnya kan kebanyakan uda dilengkapi sama fitur2 canggih dengan berbagai istilah kaya honda sensing, TSS, ADS, dll dll you name it lah. Nah yg saya penasaran, apakah fitur ini sekarang jd pertimbangan utama temen2 beli sebuah mbl dan apakah fitur ini bener2 penting untuk berkendara sehari-hari atau kebetulan beli mbl selalu yg top trim kayak kebiasaan masyarakat pada umumnya.

Jujur saya pribadi justru malah kadang ke distract kalo fitur2 keamanan macam lane keeping assist atau rear cross traffic alert menginterupsi. Pengalaman kemarin pake stargezer pas parkir dipinggir jalan malah cukup terganggu pas mau keluar karena berkali2 ngerem mendadak. Asal pake CX30 jg saya ga suka sama lane keeping assistnya karena malah mendistrupsi kalo mau pindah jalur saat kosong dan males nyalain sein. Tp kalo fitur CC atau ACC berasa banget dan saya sering pakai sih kalo jalanan lg agak lenggang

Oh iya Polling ini untuk fitur yg active ya macam LKS, bukan yg passive system kayak abs, airbag dll.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 782
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Advanced safety features, seberapa sering terpakai?

Post by rakyatwkwkland »

Ane sendiri belon pernah nyobain soalnya gerobak ane jangankan fitur safety sense, lha wong stability control aja diirit2 baru dikeluarin pas versi improvement :big_slap:

Tapi kalo dari bayangan ane ya, beberapa fitur akan berguna seperti lane keeping asist/lane departure warning, cruise control apalagi yg adaptif, auto high beam. Beberapa fitur mungkin bakalan gak kepake dan berpotensi ganggu kaya rem otomatis. Kalo blindspot warning sama rcta ane kurang paham soalnya 2 fitur ini sepengelihatan ane cukup banyak pro kontra ya, ada yg bilang kepake ada yg bilang gak terlalu guna amat.

Buat lane keeping assist dan lane departure warning ane demen fitur ini buat membiasakan kita untuk selalu ngidupin sein saat mau pindah jalur apapun kondisinya. Bahkan ane berharap ada mobil yang minimal suara warningnya gabisa dimatiin biar buat negor orang2 yang suka beralasan ga ngidupin sein saat pindah jalur karena jalanannya kosong. Yang begini ini bahayanya kalo jadi kebiasaan, terus pas pindah jalur saat ada kendaraan lain ehh kelupaan idupin sein. Bahkan untuk case ini agan TS juga ikut nge-state kan :
Asal pake CX30 jg saya ga suka sama lane keeping assistnya karena malah mendistrupsi kalo mau pindah jalur saat kosong dan males nyalain sein
:ngacir:

Sama juga buat auto high beam mungkin bakal berguna juga kali ya kalo lagi jalan keluar kota lewat lintas provinsi atau tol yang ga ada lampunya? Lumayan tinggal set lampu high beam terus aja, nanti ada mobil kedeteksi dia otomatis mati sementara kan high beam nya?

Kalo untuk beli mobil saat ini mungkin safety sense akan jadi poin plus, tapi ga wajib. Kalo ada cruise control adaptif akan cenderung lebih menarik bagi ane buat milih yg ada safety sense. Kalo ga ada mungkin jadi mikir 2 kali juga. Selisih harga juga jadi faktor sih. Kalo yang selisih harga ada safety sense vs non safety sense tipis macam xenia dan rocky mungkin mending sekalian yg ada safety assist nya aja.

Oh ya, sebelum ada incoming comments yang bakalan ngoceh "safety sense bikin drivernya jadi manja" "anak2 zaman sekarang dimanja sama robot2 komputer" "payah gak kaya anak2 zaman dulu nyetir aja ga pake power steering",
Mau berpendapat safety sense tidak penting sah2 aja, tapi gausalah sampe nganggep lemah orang yang menghargai safety sense sampe sok jadi si paling kuat, karena kalo mau adu kuat, nenek moyang kita dulu lebih kuat lagi keluar kota jalan kaki. Orang jaman sekarang ke warung 500 meter aja naik motor, disuruh jalan kaki alesannya berbakul2 yang katanya panas lah, trotoarnya sempit lah, inilah itulah :ngacir:

IMHO juga sebenernya safety sense ini buat membantu driver bukan? Terutama di saat yang tidak diinginkan pasti pernah lah di jalan di mana kita khilaf, lengah sepersekian detik, misalnya kalo tiba2 microsleep. Bukan buat driver bisa menurunkan fokusnya dalam mengemudi, atau malah biar driver bisa lepas tangan. Jadi jangan pernah bersandar 100% sama safety sense ini. Dia cuma buat back up di kondisi terburuk doang :big_smile]
black2345
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 337
Joined: 30 Sep 2015, 16:29

Re: Advanced safety features, seberapa sering terpakai?

Post by black2345 »

Sharing aja ya selama pake hrv se, mobil pertama dgn gimmick yg lengkap :big_peace:

- cruise control kepake banget waktu di tol, terutama tol yg datar. Entah knp kalo konturnya naik-turun (spt tol arah singosari/bawen) cc ini masih kasar bgt mainnya jadi malah bikin saya sering kaget2 sendiri.

- lkas, justru demen dipakai waktu macet2an di dalam kota. Aktifkan cc di speed 20, lkas aktif, atur jarak dgn mobil di depan yg paling deket, mobil bs jalan sendiri :big_grin: . Tp dgn catatan mobil kita harus berada di 3/4 badan belakang mobil depan ya, krn kalo mobil depan belok atau cm sisa 1/2 body aja sistem ini malah suka baca ga ada kendaraan di depan :ungg:
User avatar
marzoochi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 575
Joined: 20 Apr 2010, 07:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota MarkX

Re: Advanced safety features, seberapa sering terpakai?

Post by marzoochi »

Ioniq5 dengan Forward Collision Assist, meskipun kurang ideal untuk lalu lintas Jakarta, motor dan mobil sering “maksa masuk” ke jalur. Tapi memang membantu menghindari insiden. Ada 2 kali kejadian dimana mobil depan rem mendadak di jalan tol.

Rear cross traffic collision assist, terpakai saat keluar parkir mundur, ada motor lewat yg tidak disadari. Meskipun rem mendadak dan jadi kaget tapi membantu menhindari insiden tabrakan.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Advanced safety features, seberapa sering terpakai?

Post by kendibocor »

rakyatwkwkland wrote: 17 Jan 2023, 02:33

Buat lane keeping assist dan lane departure warning ane demen fitur ini buat membiasakan kita untuk selalu ngidupin sein saat mau pindah jalur apapun kondisinya. Bahkan ane berharap ada mobil yang minimal suara warningnya gabisa dimatiin biar buat negor orang2 yang suka beralasan ga ngidupin sein saat pindah jalur karena jalanannya kosong. Yang begini ini bahayanya kalo jadi kebiasaan, terus pas pindah jalur saat ada kendaraan lain ehh kelupaan idupin sein. Bahkan untuk case ini agan TS juga ikut nge-state kan :
Asal pake CX30 jg saya ga suka sama lane keeping assistnya karena malah mendistrupsi kalo mau pindah jalur saat kosong dan males nyalain sein
:ngacir:

Sama juga buat auto high beam mungkin bakal berguna juga kali ya kalo lagi jalan keluar kota lewat lintas provinsi atau tol yang ga ada lampunya? Lumayan tinggal set lampu high beam terus aja, nanti ada mobil kedeteksi dia otomatis mati sementara kan high beam nya?
:big_biglaugh: iya emang suka lupa pake sein om kalo jalanan kosong, bukan kebiasaan patut dicontoh sih memang. Tp kalo traffic padat selalu pakek sein kok :big_biglaugh:

Auto high beam malah kalo di perkotaan hampir ga pernah aktif, ane sendiri rasa2nya blm pernah aktif tuh. Maklum memang mbl buat muter2an dlm kota aja.
marzoochi wrote: 17 Jan 2023, 06:09 Ioniq5 dengan Forward Collision Assist, meskipun kurang ideal untuk lalu lintas Jakarta, motor dan mobil sering “maksa masuk” ke jalur. Tapi memang membantu menghindari insiden. Ada 2 kali kejadian dimana mobil depan rem mendadak di jalan tol.

Rear cross traffic collision assist, terpakai saat keluar parkir mundur, ada motor lewat yg tidak disadari. Meskipun rem mendadak dan jadi kaget tapi membantu menhindari insiden tabrakan.
Yg forward collision ipar ane (kebetulan mblnya sama CX30) pernah disundul motor gara2 didepannya jg ada motor nyelonong. Kalo di situasi yg lebih ideal macam di tol mungkin bakalan sangat membantu sih ya, tp kalo dlm kota yg musuhnya motor dan bajay agak2 mengerikan.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: 08 Mar 2022, 14:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Advanced safety features, seberapa sering terpakai?

Post by peterming77 »

IMHO sepertinya fitur2 keselamatan aktif begini kalau buat sebagian besar atau hampir semua pengemudi (terutama yg jam terbang tinggi) di Indonesia malah mengganggu, karena apa? Sopir di Indonesia rasanya jauh lebih lihai menghadapi situasi di jalanan :ungg: , beda dari pengemudi di negara barat (Eropa, Amerika) yg condong kayak robot nyetirnya. Lihat aja di YouTube video2 dashcam dng model kecelakaan yg aneh dan absurd. Mereka kayaknya nga biasa menghadapi situasi di jalan, nga alert krn anggap org lain juga akan nyetir sesuai aturan, ikut garissssss aja. Beda sama di sini yg dari kecil udah ditanamin mental alert di jalan krn belum tentu sopir lain ikut aturan :big_grin: jadi mata ini harus awas depan kanan kiri spion belakang, terutama kalo ketemu emak2 naik motor sein kanan tapi belok kiri :mky_04:

Buat saya yg paling guna dari sensing2an ini cuma 2: RCTA dan adaptive cruise control. Saya pernah coba TSS hasilnya lumayan kaget soalnya mobil belok dikittttt aja dari jalur setir udah goyang2 krn LKAS, trus coba Hyundai kaget nya lebih soalnya pas mundur pelan keluar dari parkir ngerem mendadak padahal nga ada apa2 di belakang cuma pak satpamnya kasih aba2. :big_bored:

RCTA berguna krn cukup kasih beep beep ke sopir buat awas dan sadar kalo mau belok ternyata ada mobil/motor di blindspot, ACC sangat berguna di jalan tol krn kebayang gimana kalo pake non adaptive CC kecepatan tinggi, mobil depan mendadak rem dan kita kurang cepat refleks rem atau off CC nya.

Tapi sekali lagi active safety sense itu nice to have tapi kalo nga ada seharusnya juga nga masalah. Paling minimal kasihlah cruise control meski nga adaptive, itu fitur yg berguna banget di jalan tol (nglirik sinis Zenix Hybrid V) :big_slap:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Advanced safety features, seberapa sering terpakai?

Post by b0ku »

sejauh ini safety yang paling kepake ya good handling good chasis good brake :big_bored:

intinya kalo punya chasis yang bisa handle power mobilnya = safety

kepakenya buat ngehindarin celaka emangnya punya mobil buat di tabrakin bela2xin fitur safety segambreng belom itu fitur sendiri bisa kadaluarsa dan kadang kerja kadang kagak, komputer sendiri cuma sebatas AI mereka bekerja berdasarkan kalkulasi kalo kita bekerja berdasarkan insting masalahnya AI gak punya insting jd ada beberapa cased butuh full kontrol manusia :mky_03:

yang lucu saya suka gatel banget kalo liat mobil orang spionnya ada merah2x jd gatel mepet2x dari samping biar dia budek sama suara alrmnya :wkkk:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Advanced safety features, seberapa sering terpakai?

Post by darrelund »

menurut oe ad 2 fitur yg kepake bgt utk segala situasi

BSM + RCTA

sisanya pemanis aja
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Advanced safety features, seberapa sering terpakai?

Post by darrelund »

peterming77 wrote: 17 Jan 2023, 08:49 IMHO sepertinya fitur2 keselamatan aktif begini kalau buat sebagian besar atau hampir semua pengemudi (terutama yg jam terbang tinggi) di Indonesia malah mengganggu, karena apa? Sopir di Indonesia rasanya jauh lebih lihai menghadapi situasi di jalanan :ungg:
justru menurut oe malah yg bisa pke ADAS dengan seharusnya..........

........driver dgn jam terbang tinggi

klo baru belajar nyetir sering ad intervensi ADAS bisa error & kagok nyetirnya. malah bahaya

apalagi modelan collision intervension, klo ndak paham yg ada bisa jd magnet insiden dijalan
Last edited by darrelund on 17 Jan 2023, 10:12, edited 1 time in total.
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: 08 Mar 2022, 14:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Advanced safety features, seberapa sering terpakai?

Post by peterming77 »

b0ku wrote: 17 Jan 2023, 09:33 sejauh ini safety yang paling kepake ya good handling good chasis good brake :big_bored:

intinya kalo punya chasis yang bisa handle power mobilnya = safety

kepakenya buat ngehindarin celaka emangnya punya mobil buat di tabrakin bela2xin fitur safety segambreng belom itu fitur sendiri bisa kadaluarsa dan kadang kerja kadang kagak, komputer sendiri cuma sebatas AI mereka bekerja berdasarkan kalkulasi kalo kita bekerja berdasarkan insting masalahnya AI gak punya insting jd ada beberapa cased butuh full kontrol manusia :mky_03:

yang lucu saya suka gatel banget kalo liat mobil orang spionnya ada merah2x jd gatel mepet2x dari samping biar dia budek sama suara alrmnya :wkkk:
insting sopir +62 mah jago2 lah dibanding eropa :big_grin:
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: 08 Mar 2022, 14:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Advanced safety features, seberapa sering terpakai?

Post by peterming77 »

darrelund wrote: 17 Jan 2023, 10:10
peterming77 wrote: 17 Jan 2023, 08:49 IMHO sepertinya fitur2 keselamatan aktif begini kalau buat sebagian besar atau hampir semua pengemudi (terutama yg jam terbang tinggi) di Indonesia malah mengganggu, karena apa? Sopir di Indonesia rasanya jauh lebih lihai menghadapi situasi di jalanan :ungg:
justru menurut oe malah yg bisa pke ADAS dengan seharusnya..........

........driver dgn jam terbang tinggi

malah klo baru belajar nyetir sering ad intervensi ADAS bisa error & kagok nyetirnya. malah bahaya
Sopir senior ADAS nya pasti banyak yg di off, paling yg guna cuma BSM, bahanya kalo sopir junior belajaran kebiasaan sama ADAS lain kali setir mobil polosan jadi kagok. Jaman skrg aja banyak sopir2 junior yg bingung kalo dikasih mobil manual :big_bored:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Advanced safety features, seberapa sering terpakai?

Post by darrelund »

peterming77 wrote: 17 Jan 2023, 10:13
darrelund wrote: 17 Jan 2023, 10:10
peterming77 wrote: 17 Jan 2023, 08:49 IMHO sepertinya fitur2 keselamatan aktif begini kalau buat sebagian besar atau hampir semua pengemudi (terutama yg jam terbang tinggi) di Indonesia malah mengganggu, karena apa? Sopir di Indonesia rasanya jauh lebih lihai menghadapi situasi di jalanan :ungg:
justru menurut oe malah yg bisa pke ADAS dengan seharusnya..........

........driver dgn jam terbang tinggi

malah klo baru belajar nyetir sering ad intervensi ADAS bisa error & kagok nyetirnya. malah bahaya
Sopir senior ADAS nya pasti banyak yg di off, paling yg guna cuma BSM, bahanya kalo sopir junior belajaran kebiasaan sama ADAS lain kali setir mobil polosan jadi kagok. Jaman skrg aja banyak sopir2 junior yg bingung kalo dikasih mobil manual :big_bored:
klo omongin senior jd inget bokap

belio pernah waktu ujan pke 2.8 jalan 90-100 di cipularang

sepanjang jalan pengen matiin VSC

katanya ganggu soalnya stir narik" dari brake interven VSC :big_biglaugh:

akhirnya ke rest area dlu buat matiin :big_biglaugh:
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: 08 Mar 2022, 14:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Advanced safety features, seberapa sering terpakai?

Post by peterming77 »

darrelund wrote: 17 Jan 2023, 10:15
peterming77 wrote: 17 Jan 2023, 10:13
darrelund wrote: 17 Jan 2023, 10:10

justru menurut oe malah yg bisa pke ADAS dengan seharusnya..........

........driver dgn jam terbang tinggi

malah klo baru belajar nyetir sering ad intervensi ADAS bisa error & kagok nyetirnya. malah bahaya
Sopir senior ADAS nya pasti banyak yg di off, paling yg guna cuma BSM, bahanya kalo sopir junior belajaran kebiasaan sama ADAS lain kali setir mobil polosan jadi kagok. Jaman skrg aja banyak sopir2 junior yg bingung kalo dikasih mobil manual :big_bored:
klo omongin senior jd inget bokap

belio pernah waktu ujan pke 2.8 jalan 90-100 di cipularang

sepanjang jalan pengen matiin VSC

katanya ganggu soalnya stir narik" dari brake interven VSC :big_biglaugh:

akhirnya ke rest area dlu buat matiin :big_biglaugh:
insting sopir senior > dari ADAS

rasanya ADAS ini diciptakan khusus buat tipikal sopir luar yg kalo bawa mobil angka accidentnya tinggi. Accident yg simple2 ya bukan accident yg parah.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Advanced safety features, seberapa sering terpakai?

Post by ChZ »

belum pernah ngalamin punya mobil dengan ADAS. tapi beberapa kali coba mobil baru ber ADAS (mazda, honda HRV/BRV/Accord sensing, toyota raize/veloz/zenix TSS, nissan kicks, hyundai new santafe, dll).

secara intuitive ane justru malah bingung dengan segala macam bunyi bunyian nya sih. kalau kata gen Z sekarang anxiety nya kumat. tiap ada bunyi jadi kayak nyetir sama nyokap yang tiap menit tiap detik selalu bilang "awas" tiap ada motor nyalip dari kiri which is a lot dan masalahnya kalo ane gak pindah jalur kan ngapain pusingin jg :mky_05:

terakhir bawa innova zenix Q itu sensor ada motor deket dikit langsung bunyi bunyi, gak nemu cara matiinnya, ya udah selama di lampu merah ane cm bisa pasrah diberisikin sama sensornya.

bawa mazda2 GT pernah dikasih jalan sama polisi cepek malah mobilnya ngerem. hampir nabrak polisi cepeknya.

sejak belajar nyetir sekitar 14 thn yang lalu udah intuitive dengan segala safety feature standar (seatbelts, spion, brakes, steering, throttle). jadi kalo ane dikasih mobil kayak gitu malah bingung cari cara matiinnya. makanya selama ada base trim yang tidak dikasih sensing sensingan ane akan selalu pilih itu.

imo electronics di mobil itu cuma necessary ABS dan turunannya macem stability/traction control dan ECM/TCM saja karena ngaruh ke refinement driving dan bekerja baik dengan senses kita. stability control kalo terlalu intrusive juga malah bikin celaka.

mobil yang punya electronics lebih dari itu jatohnya unnecessary dan prone to breakdowns. masalahnya chip elektronik / micro-controller itu naturnya disposable bukan wearable yang kalo belum rusak-rusak amat ya masih bisa dipake.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Advanced safety features, seberapa sering terpakai?

Post by kendibocor »

Bener sih supir2 di indo jauh lebih jago menghadapi momen2 ga terduga terutama dari motor, bajaj, angkot dan raja2 jalanan lainnya :big_biglaugh:

Mengenai interupsi dari sensing2an itu emang kalo ga bisa jatoh2nya sangat ganggu sih. Kalo ane bawa mbl bini berasa brisik bener padahal mobilnya senyap, bawa mobil sendiri yg road noisenya agak2 berisik gara2 velg gede semua malah tenang karena ga ada interupsi bunyi2an yg berbagai macam.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
lexnic
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: 30 Mar 2022, 19:00
Location: Jakarta

Re: Advanced safety features, seberapa sering terpakai?

Post by lexnic »

Utk dalam kota, gk perlu pake advanced safety features yg lengkap soalnya terlalu banyak gangguannya. Tau sndiri kan jalanan di indo kyk gmana.

Klo utk jarak jauh, beberapa akan kepake misal adaptive cruise control. Lmyn biar kaki kanan bisa rehat sejenak. Tapi itu jga tergantung dri orangnya, klo seneng nyetir kyknya jga gk bakal kepake.

IMO, seseorang boleh bawa kendaraan (apapun jenisnya) klo udh memenuhi kriteria ini:
1. Taat aturan lalu lintas --> demi keselamatan diri sndiri & pengguna jalan lain.
2. Mampu mengendalikan kendaraannya --> gk cuma asal ngegas, ngerem, belok2 doang.
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1987 - now]
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Advanced safety features, seberapa sering terpakai?

Post by ChZ »

lexnic wrote: 17 Jan 2023, 10:55 Utk dalam kota, gk perlu pake advanced safety features yg lengkap soalnya terlalu banyak gangguannya. Tau sndiri kan jalanan di indo kyk gmana.

Klo utk jarak jauh, beberapa akan kepake misal adaptive cruise control. Lmyn biar kaki kanan bisa rehat sejenak. Tapi itu jga tergantung dri orangnya, klo seneng nyetir kyknya jga gk bakal kepake.

IMO, seseorang boleh bawa kendaraan (apapun jenisnya) klo udh memenuhi kriteria ini:
1. Taat aturan lalu lintas --> demi keselamatan diri sndiri & pengguna jalan lain.
2. Mampu mengendalikan kendaraannya --> gk cuma asal ngegas, ngerem, belok2 doang.
ane kalo jalanan kosong baru berani nyalain ACC / CC :big_biglaugh: tetep ngga bisa percayain kontrol throttle ke mobil. ane liat CC bisa tiba tiba ngegas kalo ketemu tanjakan aja ngeri.

makanya yang pada pamer ACC buset pada yakin yakin yak itu sensor pedal gas gak tiba tiba ngaco terus gak bisa dimatiin.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: 08 Mar 2022, 14:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Advanced safety features, seberapa sering terpakai?

Post by peterming77 »

kendibocor wrote: 17 Jan 2023, 10:49 Bener sih supir2 di indo jauh lebih jago menghadapi momen2 ga terduga terutama dari motor, bajaj, angkot dan raja2 jalanan lainnya :big_biglaugh:

Mengenai interupsi dari sensing2an itu emang kalo ga bisa jatoh2nya sangat ganggu sih. Kalo ane bawa mbl bini berasa brisik bener padahal mobilnya senyap, bawa mobil sendiri yg road noisenya agak2 berisik gara2 velg gede semua malah tenang karena ga ada interupsi bunyi2an yg berbagai macam.
Radar corner CorCross saya matiin kok, berisik bunyi2 terus terutama kalo macet atau di TL. Pake feeling aja jatuhnya kalo mepet2 posisi maju, kalo mundur kan udah ada kamera jadi aman.

Tapi bener ya semua skrg yg serba dibantu itu lama2 bisa jadi bikin insting kita berubah, contohnya parkir mundur ada kamera. Otomatis kalo skrg mundur ga pake kamera feelingnya jadi kurang, padahal dulu ga ada kamera juga ga masalah.
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 346
Joined: 21 Dec 2021, 00:17

Re: Advanced safety features, seberapa sering terpakai?

Post by ExorT »

Mohon tanya,

Kalau sensornya di blok "permanen" misal ditempelin isolasi hitam di kaca depannya, apakah tidak merusak si sensornya setelah bertahun2 dibuka kembali?

Kalau sensornya ditutupin, dia hanya keluar warning saja kalau ada object yg menutupi. Lebih mempersingkat waktu ketika start tidak perlu ritual pencet2 ketika mobil start dan dalam keadaan berhenti.

Adakah yang tau?
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: 25 Jan 2016, 18:40
Location: Jakarta

Re: Advanced safety features, seberapa sering terpakai?

Post by arfs »

Kebetulan cobain CR-V Turbo Facelift.
Kalau di tol lebih suka pakai LKAS (Lane Keeping Assist System) nya aja, karena majoritas kondisi lalu lintas di indonesia traffic didepannya sering tidak bisa jaga speed yang konsisten.
ACC (Adaptive Cruise Control) nya sebenarnya halus, cuman tetap saja lebih irit kalau kasi throttle input sendiri.
Karena ACC harus jaga jarak interval yang telah diset default by factory, jadi misalkan butuh jaga jarak interval dengan kendaraan di depan pasti akan nge rem sedikit-sedikit .
Walau sesungguhnya lepas pedal gas saja sudah cukup masih ada space jarak dengan kendaraan depan.

LKAS HondaSensing, cuman baru bisa aktif diatas kecepaatan 72 km/h.
Jadi kalau lagi jalan di tol tapi kecepatan lalu lintas nya lagi dibawah itu, kgk bisa kepakai fitur LKAS nya.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 576
Joined: 18 Sep 2019, 23:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Advanced safety features, seberapa sering terpakai?

Post by timbermaniac123 »

Ada yang lebih penting dari safety feature canggih macam sensing. Percuma kalau lengkap fitur, tapi kelakuan penumpang ga pake seatbelt.

Saya sering marahin anak saya suka berdiri di dalam mobil, even untuk rute pendek anter jemput sekolah. Untuk rute tol, saya wajibkan anak pake carseat kalau lewat tol jalan jauh. Apalagi bini, duh susah banget diingetin pake seatbelt di belakang.

Tapi sesuai topik. Menurut saya, yang penting cukup abs, vsc, rcta, semua yang berbau basic. Kamera 360 is nice to have, tapi bukan yg wajib. Sisanya cruise control dari 10 tahun punya, bisa dibilang 5% kepake pas rute tol luar kota jarak jauh yang non macet. Kalau saya si paling penting pilih mobil wajib yg ada teleskopik steering (bukan safety feature), karena kalau nyetir ga nyaman, jarak jauh atau macet2an yang ada bikin cepet capek dan ga konsen. Ada lagi si, walaupun masalah nya sepele dan ga berhubungan langsung sama safety feature, headunit carplay / andtroid auto better posisi ada di paling atas dashboard / diatas ac (seperti raize, dll), jadi lebih gampang liat gmaps (tapi bisa diakalin si beli vent mount), tapi voxy yg saya pake posisi ac dan headunit terlalu kebawah, sedangkan monitor kecil di atas cuma mid.

Tapi kalau saya upgrade mobil ke depannya buat bini yang baru belajar mobil, kayanya si kudu wajib pasang kamera 360. Kaya sensing ga perlu lah, nanti yang ada kagok jadi panik.
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: 01 Jan 2016, 21:51

Re: Advanced safety features, seberapa sering terpakai?

Post by pendoli »

Yang kepake paling cruise control, itu juga jaraaang banget karena keseringan off gara2 rem mendadak dipotong orang hahaha lom punya ACC jadi lom coba

Blindspot monitoring berguna si

Camera 360 juga kalo sering lewat jalan sempit

Kalo lane keep assist atau autonomous driving masi takut euy
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Advanced safety features, seberapa sering terpakai?

Post by b0ku »

peterming77 wrote: 17 Jan 2023, 10:11 insting sopir +62 mah jago2 lah dibanding eropa :big_grin:
IYA liat aja motor kayak orang gila saya kalo jalanan sini kayak eropa mungkin saya masih bawa yaris bakpao kali :big_biglaugh:

disini meleng dikit naek bakpao ilang motor belakang kiri ketutup blind spot berapa kali tiba2x der jiaah nyundul motor lagi :big_dunno:

dulu disuruh coba bawa W212 aja puyeng oe banyak motor liat belakang kiri banyak blindspotnya :drinking:

makanya oe doyan mobil kayak aquarium salah satu safety fitur juga tuh jd bisa liat kemana2 :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Advanced safety features, seberapa sering terpakai?

Post by b0ku »

ChZ wrote: 17 Jan 2023, 11:03
ane kalo jalanan kosong baru berani nyalain ACC / CC :big_biglaugh: tetep ngga bisa percayain kontrol throttle ke mobil. ane liat CC bisa tiba tiba ngegas kalo ketemu tanjakan aja ngeri.

makanya yang pada pamer ACC buset pada yakin yakin yak itu sensor pedal gas gak tiba tiba ngaco terus gak bisa dimatiin.
cruise control salah satu biang kerok aquaplanning di jalan pas kena genangan di komputer mikir loh kok gini speednya turun, dia hajar gas lagi masih kena gengangan komputer mikir lagi eh kok speednya turun mulu dia tambah gas lagi akhirnya jumpalitan kena aquaplanning :big_biglaugh:
Devourer
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: 25 Jun 2018, 13:57

Re: Advanced safety features, seberapa sering terpakai?

Post by Devourer »

darrelund wrote: 17 Jan 2023, 10:08 menurut oe ad 2 fitur yg kepake bgt utk segala situasi

BSM + RCTA

sisanya pemanis aja
setuju ini om dua yang paling berguna, diluar yg lebih basic safety kyk parking sensor sm kamera mundur.

Soalnya pengalaman klo forward collision assist kyk SCBS di mazda, klo di kota2 besar (Jakarta) malah bbrp kali bikin kaget n hampir kesundul dr blkg.
Klo LKAS di mobil ada tp sejauh ini blm terlalu kepake. Mungkin klo pas ngantuk berguna

Klo cruise control, sy blm pernah ngerasain yg udah ACC, tapi dr dulu mobil ada fitur ini ga pernah kepake
masih lebih percaya sm kaki sendiri utk quick reflex.

Apalagi yg self driving (auto pilot), meskipun kt orang sama2 jg ada human error tapi sy blm berani lepas tangan ke machine.
Pengalaman pernah TD tesla pas di paman sam , begitu coba autopilot sy lgsg override pas belokan di tol, ngeri aja pas highway
speed, apalagi itu jaman2 versi awal autopilotnya udah bbrp thn lalu.
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post