Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Araityo wrote: ↑Fri Jun 21, 2019 10:36
Jaman now lebih enak pakai gocar/grabcar aja.
Turun lobby, jemput lobby, gak mikir cari parkir.
Long weekend kalau pengen pergi, dan pengen nyetir tinggal kontak rental langganan. Tinggal milih mau bawa mobil apa:))
Kenadala NY Mobil ny g enak.. kadang bau.. sumpek lah pk ginian everyday
Belum lagi masih harus nunggu lama tiap pesen, tanya alamat tiap jemput/antar (gabisa baca peta), ga semua driver nyetirnya alus, belum tentu di-pick up di peak/rush hour, tarif kadang jadi petir, balik malam was-was, obrolan di mobil gabisa privat, gabisa bawa barang seenaknya (durian, makanan berbau menyengat dsb), gabisa ngupil di mobil orang.
Dulu waktu kuliah pake lcgc, dibeliin ortu. Skrg merantau ke provinsi tetangga, udh kerja di jasa keuangan. Mobil ditinggal di rumah, ga ane bawa. Gaji masih 1 digit, sehari2 pake ojol.
Ga kepikiran cicil mobil sendiri (toh gaji jg blm cukup). Skrg tiap bulan split uang ke saving sama reksadana. Kalo kata trainer ane 'the sooner we invest the better it is' hehe
Ikutan jawab ah, ini bukan saya, tapi teman saya yang uang jajan nya semasa kuliah Rp 200jt per bulan.. mobil di keluarganya Ferraris dan BMW Ms (Ada s dibelakang berarti lebih dari 1)..
Sayasukamomogi wrote: ↑Fri Jun 21, 2019 6:16
Ibu saya kemana2 jalan kaki / naik motor Honda Astrea 1997 kesayangannya... Pakaian kaus belel & celana pendek + sandal jepit... Tapi deposito MM an , kontrakan puluhan rumah, jongko di M***** *** 4 biji disewa2in, belum ruko2nya... Tapi beliau gak menikmati hidup sama sekali... Selalu hidup sederhana.. bahkan ke anak2nya juga gak pernah ngasih modal / beliin mobil dll.. suruh nyari duit sendiri.. kadang miris juga harta berlimpah ruah tapi gak dinikmati sama sekali
definisi menikmati hidup itu beda buat tiap2 orang,
mungkin dalam kesederhanaan itulah beliau merasa hidup..
ini mirip orang di kantor saya. Pendapatan sebulan 40 juta, mobilnya cuman corolla veteran sama DX dan itu juga butut, ga dirapihin sama dia sampai keropos di mana mana dan AC juga rusak. PP ke kantor naik bus umum
Tapi kerjaannya nyari tanah di tempat tempat baru, katanya mau investasi. Tapi ya tanahnya yang dari dulu juga ga dijual jual padahal beli dari jaman dahulu kala. Rumah yang dia tempatin juga ga begitu bagus. Sampe dikatain sama atasan saya, "kok mau ya istrinya sama dia padahal duit banyak tapi ga menikmati?"
Dijawabnya "saya nikmatin hidupnya seperti ini"
Bapaknya sih emang ga pernah nraktir selayaknya orang di usia dia (udah mid 50an), sampai beberapa orang di kantor punya analisis kalau bapaknya ini sebenernya takut duitnya abis makanya punya tipikal kayak gitu
Jadi definisi menikmati hidup orang emang beda-beda
Dat510 wrote: ↑Mon Jun 24, 2019 7:46
Ikutan jawab ah, ini bukan saya, tapi teman saya yang uang jajan nya semasa kuliah Rp 200jt per bulan.. mobil di keluarganya Ferraris dan BMW Ms (Ada s dibelakang berarti lebih dari 1)..
Sayasukamomogi wrote: ↑Fri Jun 21, 2019 6:16
Ibu saya kemana2 jalan kaki / naik motor Honda Astrea 1997 kesayangannya... Pakaian kaus belel & celana pendek + sandal jepit... Tapi deposito MM an , kontrakan puluhan rumah, jongko di M***** *** 4 biji disewa2in, belum ruko2nya... Tapi beliau gak menikmati hidup sama sekali... Selalu hidup sederhana.. bahkan ke anak2nya juga gak pernah ngasih modal / beliin mobil dll.. suruh nyari duit sendiri.. kadang miris juga harta berlimpah ruah tapi gak dinikmati sama sekali
Pernah dibilangi pelanggan saya bahwa orang seperti ini sangat menikmati hidup dengan banyaknya aset yang dia punya dan catatan rekening yang nilainya fantastis.
Cara tiap orang menikmati hidup itu beda2
Saya jadi orang tua juga ga kepingin ngasi modal/beliin mobil anak...biar usaha sendiri..dari situ anak bisa menghargai nilai uang, kerja keras & ulet.
mobil bagi sebagian besar org itu bukan asset tp liability meskipun sdh lunas. sebab ada cost of ownership dimana di dalamnya ada depresiasi, maintenance dll. sebaliknya (sebagian) mobil memberikan social status benefit bagi pemiliknya .... yg mana tidak semua org berduit membutuhkan benefit itu. contohnya bapak sy pas kerja dpt dr kantornya terakhir dpt lexus LS400 waktu itu thn 1998. pas pensiun thn 2002 beli mobil sendiri kijang kapsul padahal sanggup beli s class juga. dia bilang mobil itu menikmati tdk harus memiliki. kl memiliki yg make sense aja. hobinya beliin properti dan ga punya bini muda. alhasil skrg sy yg merasakan warisan dr dia lbh dr cukup utk sy dan anak2 sy. hidup frugal itu memang way of life bagi sebagian org dan ga semua org pengen terlihat kaya. tp hampir semua org pengen merasa dihargai.
Omnibus wrote:mobil bagi sebagian besar org itu bukan asset tp liability meskipun sdh lunas. sebab ada cost of ownership dimana di dalamnya ada depresiasi, maintenance dll. sebaliknya (sebagian) mobil memberikan social status benefit bagi pemiliknya .... yg mana tidak semua org berduit membutuhkan benefit itu. contohnya bapak sy pas kerja dpt dr kantornya terakhir dpt lexus LS400 waktu itu thn 1998. pas pensiun thn 2002 beli mobil sendiri kijang kapsul padahal sanggup beli s class juga. dia bilang mobil itu menikmati tdk harus memiliki. kl memiliki yg make sense aja. hobinya beliin properti dan ga punya bini muda. alhasil skrg sy yg merasakan warisan dr dia lbh dr cukup utk sy dan anak2 sy. hidup frugal itu memang way of life bagi sebagian org dan ga semua org pengen terlihat kaya. tp hampir semua org pengen merasa dihargai.
Bener om ada yg punya pemahaman, mobil cma buat transportasi dri titik A k B aman nyaman
temen saya mobilnya cm 2
Alphard tahun 2008 dari baru n bmw umur 5tahunan (lupa seri brp)
Padahal punya 1 spbe dan 10 spbu n mau tambah lagi
Omnibus wrote:mobil bagi sebagian besar org itu bukan asset tp liability meskipun sdh lunas. sebab ada cost of ownership dimana di dalamnya ada depresiasi, maintenance dll. sebaliknya (sebagian) mobil memberikan social status benefit bagi pemiliknya .... yg mana tidak semua org berduit membutuhkan benefit itu. contohnya bapak sy pas kerja dpt dr kantornya terakhir dpt lexus LS400 waktu itu thn 1998. pas pensiun thn 2002 beli mobil sendiri kijang kapsul padahal sanggup beli s class juga. dia bilang mobil itu menikmati tdk harus memiliki. kl memiliki yg make sense aja. hobinya beliin properti dan ga punya bini muda. alhasil skrg sy yg merasakan warisan dr dia lbh dr cukup utk sy dan anak2 sy. hidup frugal itu memang way of life bagi sebagian org dan ga semua org pengen terlihat kaya. tp hampir semua org pengen merasa dihargai.
Bener om ada yg punya pemahaman, mobil cma buat transportasi dri titik A k B aman nyaman
temen saya mobilnya cm 2
Alphard tahun 2008 dari baru n bmw umur 5tahunan (lupa seri brp)
Padahal punya 1 spbe dan 10 spbu n mau tambah lagi
Orang2 model begini yang saya salut...kaya tapi ttp down to earth...ya mungkin model2 orang yang kalo beli properti cuma pake kaos oblong haha..
Omnibus wrote:mobil bagi sebagian besar org itu bukan asset tp liability meskipun sdh lunas. sebab ada cost of ownership dimana di dalamnya ada depresiasi, maintenance dll. sebaliknya (sebagian) mobil memberikan social status benefit bagi pemiliknya .... yg mana tidak semua org berduit membutuhkan benefit itu. contohnya bapak sy pas kerja dpt dr kantornya terakhir dpt lexus LS400 waktu itu thn 1998. pas pensiun thn 2002 beli mobil sendiri kijang kapsul padahal sanggup beli s class juga. dia bilang mobil itu menikmati tdk harus memiliki. kl memiliki yg make sense aja. hobinya beliin properti dan ga punya bini muda. alhasil skrg sy yg merasakan warisan dr dia lbh dr cukup utk sy dan anak2 sy. hidup frugal itu memang way of life bagi sebagian org dan ga semua org pengen terlihat kaya. tp hampir semua org pengen merasa dihargai.
Bener om ada yg punya pemahaman, mobil cma buat transportasi dri titik A k B aman nyaman
temen saya mobilnya cm 2
Alphard tahun 2008 dari baru n bmw umur 5tahunan (lupa seri brp)
Padahal punya 1 spbe dan 10 spbu n mau tambah lagi
Orang2 model begini yang saya salut...kaya tapi ttp down to earth...ya mungkin model2 orang yang kalo beli properti cuma pake kaos oblong haha..
Orang kayak gini biasanya karena sudah selesai sama dirinya sendiri, sudah gak butuh pengakuan orang krn justru orang berlomba lomba deket sama dia ntah biar kecipratan proyek, bisnis, atau sekedar kecipratan ilmu nya.
Beli mobil bagus pun karena pengen dan hobi saja, bukan krn mau nampang atau status sosial. Dia suka, ada uangnya, beli. Sesimpel itu.
Maaf bkn bermaksud rasis, rata rata yang tampilannya begini pengusaha keturunan chinese yang memang udah sukses di sini.
Biasa tokonya pun masih ada dan tampilan tokonya jadul as heck, kadang gak nyangka punya toko kecil agak sedikit kumuh di kawasan pecinan, barang didesel deselin supaya muat, nulis nota saja masih serba manual, tapi asetnya miliaran wkwkwkwkw. Aneh bin ajaib.
Mari menikmati hidup. Kalau mampu beli yg kita suka, yg penting tidak mengganggu financial dan prioritas.
Bukankah hidup cuman sekali hehe... kecuali yg memang berpikiran mobil hanya utk transportasi dan secukupnya saja.
Tapi saya yakin um2 yg ada disini pasti lebih dari sekedar mubil, minimal partner
Sayasukamomogi wrote: ↑Fri Jun 21, 2019 6:16
Ibu saya kemana2 jalan kaki / naik motor Honda Astrea 1997 kesayangannya... Pakaian kaus belel & celana pendek + sandal jepit... Tapi deposito MM an , kontrakan puluhan rumah, jongko di M***** *** 4 biji disewa2in, belum ruko2nya... Tapi beliau gak menikmati hidup sama sekali... Selalu hidup sederhana.. bahkan ke anak2nya juga gak pernah ngasih modal / beliin mobil dll.. suruh nyari duit sendiri.. kadang miris juga harta berlimpah ruah tapi gak dinikmati sama sekali
almarhum kedua orang tua saya seperti ini juga, kemana2 malah naik becak. waktu meninggal, banyak banget tukang becak nganter ke makam sambil mewek2.
rupanya kebiasaan orangtua saya kalo mau naik becak pasti nawar tanpa perikemanusiaan, begitu sampe tujuan bayar 5x lipat.
Klo social climber, penghasilan dibawah 20jt aja bisa pake mobil mewah apalagi yurop...ini yg ujung2nya banyak bikin banyak mobil mewah ngjogrok ga keurus. Jangankan maintenance, bayar pajak aja mgkn ga
pradit_d wrote: ↑Wed Nov 06, 2019 1:01
Klo social climber, penghasilan dibawah 20jt aja bisa pake mobil mewah apalagi yurop...ini yg ujung2nya banyak bikin banyak mobil mewah ngjogrok ga keurus. Jangankan maintenance, bayar pajak aja mgkn ga
Nah, banyak yg gini, ujung2nya dijual dengan kondisi pajak mati berapa tahun, servis ngga teratur, overkredit, dll.
Kalo saya sih mungkin kedepannya bakal berpikir praktis&ekonomis nya aja lah. Selama ada yg lebih praktis&ekonomis ya go ahead aja.
Cuma emang ngga bisa dipungkiri semakin lama status sosial itu semakin berpengaruh terhadap perkembangan karir/finansial. Contoh simpelnya itu Youtuber
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Karena kebutuhan dan segala tentang hidup setiap orang berbeda-beda, dan juga saya yang masih belum bekerja. Maka di bawah ini saya tuliskan kendaraan pilihan saya jika nantinya saya berpendapatan dengan nominal sesuai dengan di bawah ini.
5-7 = Motor yang dulu dipakai kuliah+cicil rumah
10 = ANGL bekas
20 = Tetap + 2011 Teana bekas
30 = tetap
40 = tetap
Dan seterusnya.
Last edited by intrvrtlnr on Tue Aug 25, 2020 10:37, edited 1 time in total.
Kl saya masuk tipikal hidup nikmatin aja.... cmn jngn ngoyo(iri dg orng lain)
Mobil pasti lah dah jd kebutuhan apalgi di negeri kita bayangin musim kemarau naik motor atau musim ujan nungguin bus atau angkot ......cuapek deh...
Yg pasti sesuaikan aja dg kemampuan
Aamiin.. saya dari dulu gak pernah beli mobil baru, selalu second umur 1 tahunan.
Nabung jungkir balik, kalau dah kumpul beli sesuai kemampuan, penghasilan bertambah baru upgrade pelan2 beli mbl second lg. Lumayan mobil bekas 1 tahun setelah keluar dealer harga bisa turun puluhan.
Prinsip saya, saya selalu mencoba beli cash untuk barang yg nilainya turun seperti kendaraan. Kendaraan untuk mendukung usaha beda perlakuan ya, krn ini untuk cari uang.
iwidiyanto wrote:beli seken itu juga harus memperhitungkan bea balik nama dan mutasi jika beda daerah.
Betul banget om. Kalau beda harga 50jt dikurangi 10 juta untuk balik nama masih aman lah. Apalagi kalau pajak masih berlaku satu tahun ke depan, lbh lumayan lg.