Jika Seseorang Membeli Toyota C-HR, Apa Pertimbangan Orang Tersebut?

Mau mengadakan polling? Silakan post disini...

Moderators: F 272, y_anjasrana, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

Apa yg Ada Dipikiran Seorang Pembeli Toyota C-HR?

Poll ended at 09 May 2018, 12:49

Emosi (kata toyota)
20
11%
Gengsi
22
12%
Value for Money LOL πŸ’©
10
5%
Collector's item possibility/harga bekas malas turun
8
4%
Good Looking
25
14%
Pengin Beda Aja
86
47%
Fun to Drive
3
2%
Cheap to Run
4
2%
Reliability
6
3%
 
Total votes: 184

esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10971
Joined: 09 Jun 2008, 17:51
Location: Kelapa Gading
Daily Vehicle: Honda Mobilio
Contact:

Re: Jika Seseorang Membeli Toyota C-HR, Apa Pertimbangan Orang Tersebut?

Post by esh » 27 Jun 2018, 03:13

masih mending harga atpmnya daripada versi cbu harga 800 juta lebih, no sanrup, no pbd padahal kata penjualnya itu sudah yang tipe full option.

larakifulgura
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 224
Joined: 25 Mar 2018, 07:14
Location: semarang

Re: Jika Seseorang Membeli Toyota C-HR, Apa Pertimbangan Orang Tersebut?

Post by larakifulgura » 27 Jun 2018, 07:15

esh wrote: ↑
27 Jun 2018, 03:13
masih mending harga atpmnya daripada versi cbu harga 800 juta lebih, no sanrup, no pbd padahal kata penjualnya itu sudah yang tipe full option.
Asumsi aja, CR-Z blom discontinue. Trakir kan harganya 500 jutaan. Klo dibandingkan dengan C-HR yg hampir 500 juta, worth mana?
2017 Toyota Camry 2.5V

User avatar
sintoni
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2591
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: Yaris

Re: Jika Seseorang Membeli Toyota C-HR, Apa Pertimbangan Orang Tersebut?

Post by sintoni » 27 Jun 2018, 08:52

larakifulgura wrote: ↑
27 Jun 2018, 07:15
esh wrote: ↑
27 Jun 2018, 03:13
masih mending harga atpmnya daripada versi cbu harga 800 juta lebih, no sanrup, no pbd padahal kata penjualnya itu sudah yang tipe full option.
Asumsi aja, CR-Z blom discontinue. Trakir kan harganya 500 jutaan. Klo dibandingkan dengan C-HR yg hampir 500 juta, worth mana?
Masih CRZ.

Temnologi Hybrid, 3 pintu, terus pas jaman baru keluar interiornya mantep bener.

arinugroho14
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: 12 Feb 2017, 12:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda2

Re: Jika Seseorang Membeli Toyota C-HR, Apa Pertimbangan Orang Tersebut?

Post by arinugroho14 » 27 Jun 2018, 09:25

Pertimbangan org beli CHR :
Mau beli Altis baru, tp tdk suka dengan bantingan nya yg keras. Jadi beli CHR aja

lemonadelovers
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 841
Joined: 26 Apr 2014, 11:42

Re: Jika Seseorang Membeli Toyota C-HR, Apa Pertimbangan Orang Tersebut?

Post by lemonadelovers » 27 Jun 2018, 14:12

esh wrote: ↑
27 Jun 2018, 03:13
masih mending harga atpmnya daripada versi cbu harga 800 juta lebih, no sanrup, no pbd padahal kata penjualnya itu sudah yang tipe full option.
Klo harga segitu mending beli all new cx9 dah

User avatar
ChZ
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8597
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Jika Seseorang Membeli Toyota C-HR, Apa Pertimbangan Orang Tersebut?

Post by ChZ » 27 Jun 2018, 14:21

Joehard30 wrote: ↑
05 May 2018, 06:45

Ini juga mungkin om, orang rumah pake hrv itu komplain pling utama bukan rattle d pintu belakang, bukan krn g nyaman ato apa, tp krn terlalu pasaran. Tiap tikungan ketemu katanya πŸ˜‚. Naah, tp g mau yg gedhe juga macem medium suv, apalagi ladder frame, ibu2 kn biasa g pedhe bawa yg gedhe2. Begitu liat chr cakep bisa2 khilaf deh g liat2 harga g masuk akal πŸ˜…

Ngomong2 g masuk akal, semua line up mobil mevvah indo jg g masuk akal sih, d negeri asalnya harganya pling cm terpaut 20-50% lbh tinggi dr mobil sekelas dr brand jelata, d sini minimal 2x lipat. N banyak yg beli. Jd fenomena chr yg positioningnya d set boyota k orang2 yg mau naik klas k premium wannabe kok jd masuk akal y d kepala oe πŸ˜†

Kemudian boyota d indo pun bukang brand yg purely jelata, mereka punya lc, perado, alfart yg cukup laris manis, dg harga yg >100% lbh mahal dr harga asli d negara asalnya. Oe cek d jepang, harga hailex sama alfart itu mirip2, jd bisa bayangin gengsi naik allfart bagi orang nihong setara apa 😈

Boyota terbukti sukses banget bikin allfart simbol mapan n walo ngeset harga hmpir 2x lbh mahal dr kompetitor sekelas macem h1 sama sedona, tetep aja laris, cuan numpuk2.
Karena nyaris semua mobil di rumah itu masuk kategori pasaran, i can relate... :big_biglaugh: avanza, HR-V, malah tadi pagi tetangga kedatangan tamu sodaranya T32 hitam dan T32 silver, trus di hadapannya T32 putih punya bokap... beda klo bawa santi / civic turbo rasanya di jalan ketemu kembaran 1 seneng banget...

Bener banget, Alfart di negara asalnya bukan mobil mewah... disini aja jadi mobil kelas atas... kijangnya orang kaya...
"Yang musuhmu nggak akan dengerin penjelasanmu, yang cinta sama kamu nggak butuh dijelasin" - Sujiwo Tejo

P47hos
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 126
Joined: 16 Feb 2018, 21:23
Location: Samarinda

Re: Jika Seseorang Membeli Toyota C-HR, Apa Pertimbangan Orang Tersebut?

Post by P47hos » 27 Jun 2018, 16:09

Baru aja sy ngeliat bentuk asli Toyota C-HR ini. Buntutnya mirip banget dengan Civic turbo Hatchback, sy Kira Dr jauh Civic turbo Hatch, tp kok tinggi. Dimensinya ga gitu besar, dan ya, memang mirip banget dengan Juke. Klo emblem merknya di ganti Nissan bakal byk yg percaya next gen Juke. Tp di jalan termasuk mobil yg turning head karena bentuknya yg unik. Sayang fitur yg dibawa ke sini tidak maksimal + harga yg cukup luar biasa, paling yang beli ya karena fanatik Toyota

User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1400
Joined: 18 Nov 2012, 17:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Jika Seseorang Membeli Toyota C-HR, Apa Pertimbangan Orang Tersebut?

Post by haristk7 » 27 Jun 2018, 18:17

ChZ wrote: ↑
27 Jun 2018, 14:21
Joehard30 wrote: ↑
05 May 2018, 06:45

Kemudian boyota d indo pun bukang brand yg purely jelata, mereka punya lc, perado, alfart yg cukup laris manis, dg harga yg >100% lbh mahal dr harga asli d negara asalnya. Oe cek d jepang, harga hailex sama alfart itu mirip2, jd bisa bayangin gengsi naik allfart bagi orang nihong setara apa 😈

Boyota terbukti sukses banget bikin allfart simbol mapan n walo ngeset harga hmpir 2x lbh mahal dr kompetitor sekelas macem h1 sama sedona, tetep aja laris, cuan numpuk2.
Bener banget, Alfart di negara asalnya bukan mobil mewah... disini aja jadi mobil kelas atas... kijangnya orang kaya...
kebetulan gw punya kenalan2 orang Jepang, ada yang tau pas tinggal disana..ada yang ketemu pas udah pulang kesini, semuanya car enthusiast untungnya..

pertanyaan dari teman saya cukup unik

"Saya cukup kaget, Alphard kok bisa sih identik dengan kendaraan mewah di negara mu dan negara ASEAN lainnya ? di negara saya itu kendaraan biasa loh, kalau mau keliatan mewah mah naik mobil Jerman atau Inggris saja"

well...selama saya disana, image Alphard itu aslinya ya sami mawon lah ama image Innova di Indonesia..mewah juga kagak, cuma minivan biasa yang dalemnya kebetulan bisa dibuat mewah..sama kayak HiAce yang luxury lah..atau Innova dimodif jadi ala luxury dengan captain seat..

disana mulai dari orang kota ampe orang desa aja punya Alphard, mulai dari generasi 1 sampe 3 ada semua di jalanan Jepang sampai ke pelosok..

saya sih gak heran liat Alphard jadi mobil buat angkut barang kalo disana hahaha

___________________________________________________________________________

Toyota Group di Indonesia sukses punya line up lengkap mulai dari entry level LCGC sampai luxury level di Lexus..mulai dari city car sampe sport car ada semua mereka
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"

liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 921
Joined: 24 Jun 2017, 22:39

Re: Jika Seseorang Membeli Toyota C-HR, Apa Pertimbangan Orang Tersebut?

Post by liemivan86 » 27 Jun 2018, 20:33

haristk7 wrote:
ChZ wrote: ↑
27 Jun 2018, 14:21
Joehard30 wrote: ↑
05 May 2018, 06:45

Kemudian boyota d indo pun bukang brand yg purely jelata, mereka punya lc, perado, alfart yg cukup laris manis, dg harga yg >100% lbh mahal dr harga asli d negara asalnya. Oe cek d jepang, harga hailex sama alfart itu mirip2, jd bisa bayangin gengsi naik allfart bagi orang nihong setara apa Image

Boyota terbukti sukses banget bikin allfart simbol mapan n walo ngeset harga hmpir 2x lbh mahal dr kompetitor sekelas macem h1 sama sedona, tetep aja laris, cuan numpuk2.
Bener banget, Alfart di negara asalnya bukan mobil mewah... disini aja jadi mobil kelas atas... kijangnya orang kaya...
kebetulan gw punya kenalan2 orang Jepang, ada yang tau pas tinggal disana..ada yang ketemu pas udah pulang kesini, semuanya car enthusiast untungnya..

pertanyaan dari teman saya cukup unik

"Saya cukup kaget, Alphard kok bisa sih identik dengan kendaraan mewah di negara mu dan negara ASEAN lainnya ? di negara saya itu kendaraan biasa loh, kalau mau keliatan mewah mah naik mobil Jerman atau Inggris saja"

well...selama saya disana, image Alphard itu aslinya ya sami mawon lah ama image Innova di Indonesia..mewah juga kagak, cuma minivan biasa yang dalemnya kebetulan bisa dibuat mewah..sama kayak HiAce yang luxury lah..atau Innova dimodif jadi ala luxury dengan captain seat..

disana mulai dari orang kota ampe orang desa aja punya Alphard, mulai dari generasi 1 sampe 3 ada semua di jalanan Jepang sampai ke pelosok..

saya sih gak heran liat Alphard jadi mobil buat angkut barang kalo disana hahaha

___________________________________________________________________________

Toyota Group di Indonesia sukses punya line up lengkap mulai dari entry level LCGC sampai luxury level di Lexus..mulai dari city car sampe sport car ada semua mereka
Alphard memang jadi mobil "biasa" di Jepang sana. Cuma mobil MPV boxy yang besar, tidak mewah gimana, tapi ya tidak sampai untuk angkut barang sih. Kebanyakan alphard memang untuk angkut tamu atau mobil keluarga. Saya sering naik alphard yang baris keduanya bangku Full, bukan captain seat.

Kalo hi ace memang untuk mobil barang. Umumnya hi ace yang standard. Sedangkan yang hi roof untuk shuttle bus atau mobil sewa an untuk angkut banyak orang.

User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1400
Joined: 18 Nov 2012, 17:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Jika Seseorang Membeli Toyota C-HR, Apa Pertimbangan Orang Tersebut?

Post by haristk7 » 27 Jun 2018, 21:20

liemivan86 wrote: ↑
27 Jun 2018, 20:33
Alphard memang jadi mobil "biasa" di Jepang sana. Cuma mobil MPV boxy yang besar, tidak mewah gimana, tapi ya tidak sampai untuk angkut barang sih. Kebanyakan alphard memang untuk angkut tamu atau mobil keluarga. Saya sering naik alphard yang baris keduanya bangku Full, bukan captain seat.

Kalo hi ace memang untuk mobil barang. Umumnya hi ace yang standard. Sedangkan yang hi roof untuk shuttle bus atau mobil sewa an untuk angkut banyak orang.
percaya gak percaya, deket tempat tinggal saya dulu di daerah Meguro, hal lumrah kadang liat Alphard jadi mobil angkut barang...sepertinya owner tokonya udah kepepet :mky_07:
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"

liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 921
Joined: 24 Jun 2017, 22:39

Re: Jika Seseorang Membeli Toyota C-HR, Apa Pertimbangan Orang Tersebut?

Post by liemivan86 » 27 Jun 2018, 22:30

haristk7 wrote:
liemivan86 wrote: ↑
27 Jun 2018, 20:33
Alphard memang jadi mobil "biasa" di Jepang sana. Cuma mobil MPV boxy yang besar, tidak mewah gimana, tapi ya tidak sampai untuk angkut barang sih. Kebanyakan alphard memang untuk angkut tamu atau mobil keluarga. Saya sering naik alphard yang baris keduanya bangku Full, bukan captain seat.

Kalo hi ace memang untuk mobil barang. Umumnya hi ace yang standard. Sedangkan yang hi roof untuk shuttle bus atau mobil sewa an untuk angkut banyak orang.
percaya gak percaya, deket tempat tinggal saya dulu di daerah Meguro, hal lumrah kadang liat Alphard jadi mobil angkut barang...sepertinya owner tokonya udah kepepet :mky_07:
Ha2... Percaya koq om. Memang di Jepang alphard itu kayak Innova gitu lah di sini. Just another big family car. Kayaknya sih karena punya nya itu, ya uda sikat aja isi barang. Ha2..

Di daerah kerjaan saya yang sering dipakai mobil barang ya hi ace standard roof, karena memang mobil operasional perusahaan yang memang khusus untuk mobil barang. Yang di bawa juga berat2 sih...

Pisang123
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: 01 Feb 2018, 10:27

Re: Jika Seseorang Membeli Toyota C-HR, Apa Pertimbangan Orang Tersebut?

Post by Pisang123 » 28 Oct 2018, 23:58



Karna aturan ganjil genap :3

Duvebriliant0
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 380
Joined: 07 Feb 2016, 16:03

Re: Jika Seseorang Membeli Toyota C-HR, Apa Pertimbangan Orang Tersebut?

Post by Duvebriliant0 » 29 Oct 2018, 07:51

Pisang123 wrote: ↑
28 Oct 2018, 23:58


Karna aturan ganjil genap :3
Waduu beli 3 chr tapi velgnya hsr...
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

kunaskun
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Jika Seseorang Membeli Toyota C-HR, Apa Pertimbangan Orang Tersebut?

Post by kunaskun » 29 Oct 2018, 21:08

haristk7 wrote: ↑
27 Jun 2018, 18:17
kebetulan gw punya kenalan2 orang Jepang, ada yang tau pas tinggal disana..ada yang ketemu pas udah pulang kesini, semuanya car enthusiast untungnya..

pertanyaan dari teman saya cukup unik

"Saya cukup kaget, Alphard kok bisa sih identik dengan kendaraan mewah di negara mu dan negara ASEAN lainnya ? di negara saya itu kendaraan biasa loh, kalau mau keliatan mewah mah naik mobil Jerman atau Inggris saja"

well...selama saya disana, image Alphard itu aslinya ya sami mawon lah ama image Innova di Indonesia..mewah juga kagak, cuma minivan biasa yang dalemnya kebetulan bisa dibuat mewah..sama kayak HiAce yang luxury lah..atau Innova dimodif jadi ala luxury dengan captain seat..

disana mulai dari orang kota ampe orang desa aja punya Alphard, mulai dari generasi 1 sampe 3 ada semua di jalanan Jepang sampai ke pelosok..

saya sih gak heran liat Alphard jadi mobil buat angkut barang kalo disana hahaha

___________________________________________________________________________

Toyota Group di Indonesia sukses punya line up lengkap mulai dari entry level LCGC sampai luxury level di Lexus..mulai dari city car sampe sport car ada semua mereka
macem di HK = taxi... :mky_08:

tapi ya emang beda negara, beda karakter, beda habit saja. kalau org mau tampil mevvah ya beli alphard karena mindset disini: beli mobil harus murah isi bensin + perawatan = big no no for european. ini mindset saja ya bukannya european seperti itu. nah kebetulan alphard ini, karena jaman mobil CBU gampang masuk dan banyak dipake pejabat/dsb = mevvah. apalagi emang toyota yang harganya premium, secara toyota itu kan tau sendiri, commoners people car, brand solid jual premium stuff = oke dong.

irdna
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 219
Joined: 14 Aug 2014, 16:54

Re: Jika Seseorang Membeli Toyota C-HR, Apa Pertimbangan Orang Tersebut?

Post by irdna » 01 Dec 2018, 13:00

haristk7 wrote: ↑
27 Jun 2018, 18:17
ChZ wrote: ↑
27 Jun 2018, 14:21
Joehard30 wrote: ↑
05 May 2018, 06:45

Kemudian boyota d indo pun bukang brand yg purely jelata, mereka punya lc, perado, alfart yg cukup laris manis, dg harga yg >100% lbh mahal dr harga asli d negara asalnya. Oe cek d jepang, harga hailex sama alfart itu mirip2, jd bisa bayangin gengsi naik allfart bagi orang nihong setara apa 😈

Boyota terbukti sukses banget bikin allfart simbol mapan n walo ngeset harga hmpir 2x lbh mahal dr kompetitor sekelas macem h1 sama sedona, tetep aja laris, cuan numpuk2.
Bener banget, Alfart di negara asalnya bukan mobil mewah... disini aja jadi mobil kelas atas... kijangnya orang kaya...
kebetulan gw punya kenalan2 orang Jepang, ada yang tau pas tinggal disana..ada yang ketemu pas udah pulang kesini, semuanya car enthusiast untungnya..

pertanyaan dari teman saya cukup unik

"Saya cukup kaget, Alphard kok bisa sih identik dengan kendaraan mewah di negara mu dan negara ASEAN lainnya ? di negara saya itu kendaraan biasa loh, kalau mau keliatan mewah mah naik mobil Jerman atau Inggris saja"

well...selama saya disana, image Alphard itu aslinya ya sami mawon lah ama image Innova di Indonesia..mewah juga kagak, cuma minivan biasa yang dalemnya kebetulan bisa dibuat mewah..sama kayak HiAce yang luxury lah..atau Innova dimodif jadi ala luxury dengan captain seat..

disana mulai dari orang kota ampe orang desa aja punya Alphard, mulai dari generasi 1 sampe 3 ada semua di jalanan Jepang sampai ke pelosok..

saya sih gak heran liat Alphard jadi mobil buat angkut barang kalo disana hahaha

___________________________________________________________________________

Toyota Group di Indonesia sukses punya line up lengkap mulai dari entry level LCGC sampai luxury level di Lexus..mulai dari city car sampe sport car ada semua mereka

sekarang patokan mobil mewah itu harga kan?
harga aplhard di jepang sama indo aja beda
ya wajar aja di indo jadi mobil mewah
kenapa? karena harganya mahal cmn org yg pnya uang yg bisa beli kan hahaha

org2 pekerja jepang pun yg tinggal dan kerja di indonesia (jabatannya bukan top level) di kasi fasilitas mobil dari kantor jg innova kan bukan alphard


haristk7 wrote: ↑
27 Jun 2018, 21:20

percaya gak percaya, deket tempat tinggal saya dulu di daerah Meguro, hal lumrah kadang liat Alphard jadi mobil angkut barang...sepertinya owner tokonya udah kepepet :mky_07:
saya rasa kalau purely mobilnya angkut barang ga. tp kalau sekali2 mgkn karena kebutuhan mgkn saja
sya pernah tinggal di desa kota yg lbi kecil dr meguro di furume cmn beberapa bln tp blm pernah liat si alphard buat angkut barang

martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2006
Joined: 17 Aug 2015, 13:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Jika Seseorang Membeli Toyota C-HR, Apa Pertimbangan Orang Tersebut?

Post by martinnn » 01 Dec 2018, 14:59

Yang pasti di pikirin mereka tidak akan Ada memikirkan nyinyiran netizen kere siriker
Devikom.co.id ( Full service Branding Agency )
Interior and Civil Contractor
Property Broker
Sangjit Box Rental and Event Decorator
Cold Chain Logistic to Horeca
Allianz Insurance Agent

maspay
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 21 Feb 2017, 22:04
Location: tangerang
Daily Vehicle: ertiga

Re: Jika Seseorang Membeli Toyota C-HR, Apa Pertimbangan Orang Tersebut?

Post by maspay » 01 Dec 2018, 19:06

kunaskun wrote: ↑
29 Oct 2018, 21:08
haristk7 wrote: ↑
27 Jun 2018, 18:17
kebetulan gw punya kenalan2 orang Jepang, ada yang tau pas tinggal disana..ada yang ketemu pas udah pulang kesini, semuanya car enthusiast untungnya..

pertanyaan dari teman saya cukup unik

"Saya cukup kaget, Alphard kok bisa sih identik dengan kendaraan mewah di negara mu dan negara ASEAN lainnya ? di negara saya itu kendaraan biasa loh, kalau mau keliatan mewah mah naik mobil Jerman atau Inggris saja"

well...selama saya disana, image Alphard itu aslinya ya sami mawon lah ama image Innova di Indonesia..mewah juga kagak, cuma minivan biasa yang dalemnya kebetulan bisa dibuat mewah..sama kayak HiAce yang luxury lah..atau Innova dimodif jadi ala luxury dengan captain seat..

disana mulai dari orang kota ampe orang desa aja punya Alphard, mulai dari generasi 1 sampe 3 ada semua di jalanan Jepang sampai ke pelosok..

saya sih gak heran liat Alphard jadi mobil buat angkut barang kalo disana hahaha

___________________________________________________________________________

Toyota Group di Indonesia sukses punya line up lengkap mulai dari entry level LCGC sampai luxury level di Lexus..mulai dari city car sampe sport car ada semua mereka
macem di HK = taxi... :mky_08:

tapi ya emang beda negara, beda karakter, beda habit saja. kalau org mau tampil mevvah ya beli alphard karena mindset disini: beli mobil harus murah isi bensin + perawatan = big no no for european. ini mindset saja ya bukannya european seperti itu. nah kebetulan alphard ini, karena jaman mobil CBU gampang masuk dan banyak dipake pejabat/dsb = mevvah. apalagi emang toyota yang harganya premium, secara toyota itu kan tau sendiri, commoners people car, brand solid jual premium stuff = oke dong.

Karena kemewahan itu soal relativitas. Mobil 500 jt up di negara dg pendapatan perkapita usd 3500 (indonesia) tentu menjadi lbh mewah dibanding di negara yg pendapatan per kapitanya USD 40.000 (jepang).

Post Reply