Tekanan Ban dan Jenis Udara Yang Digunakan

Mau mengadakan polling? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Tekanan dan Jenis Udara

< 25 [Oksigen] (4 BAN SAMA)
0
No votes
< 25 [Nitrogen] (4 BAN SAMA)
0
No votes
>= 25 [Oksigen] < 28 (4 BAN SAMA)
0
No votes
>= 25 [Nitrogen] < 28 (4 BAN SAMA)
0
No votes
>= 28 [Oksigen] < 31 (4 BAN SAMA)
4
4%
>= 28 [Nitrogen] < 31 (4 BAN SAMA)
1
1%
>= 31 [Oksigen] < 34 (4 BAN SAMA)
10
9%
>= 31 [Nitrogen] < 34 (4 BAN SAMA)
19
18%
>= 34 [Oksigen] < 37 (4 BAN SAMA)
19
18%
>= 34 [Nitrogen] < 37 (4 BAN SAMA)
21
19%
>= 37 [Oksigen] < 40 (4 BAN SAMA)
1
1%
>= 37 [Nitrogen] < 40 (4 BAN SAMA)
0
No votes
>= 40 [Oksigen] (4 BAN SAMA)
0
No votes
>= 40 [Nitrogen] (4 BAN SAMA)
0
No votes
< 25 [Oksigen] (2 BAN SAMA)
0
No votes
< 25 [Nitrogen] (2 BAN SAMA)
0
No votes
>= 25 [Oksigen] < 28 (2 BAN SAMA)
0
No votes
>= 25 [Nitrogen] < 28 (2 BAN SAMA)
0
No votes
>= 28 [Oksigen] < 31 (2 BAN SAMA)
0
No votes
>= 28 [Nitrogen] < 31 (2 BAN SAMA)
3
3%
>= 31 [Oksigen] < 34 (2 BAN SAMA)
6
6%
>= 31 [Nitrogen] < 34 (2 BAN SAMA)
10
9%
>= 34 [Oksigen] < 37 (2 BAN SAMA)
5
5%
>= 34 [Nitrogen] < 37 (2 BAN SAMA)
7
6%
>= 37 [Oksigen] < 40 (2 BAN SAMA)
1
1%
>= 37 [Nitrogen] < 40 (2 BAN SAMA)
1
1%
>= 40 [Oksigen] (2 BAN SAMA)
0
No votes
>= 40 [Nitrogen] (2 BAN SAMA)
0
No votes
 
Total votes: 108

anrico17
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 620
Joined: Wed Dec 09, 2015 16:12
Location: Laptop dan Rumah
Daily Vehicle: Disetirin

Re: Tekanan Ban dan Jenis Udara Yang Digunakan

Post by anrico17 »

HRV minta 32 depan 30 blakang.... tak ikutin aja.... trakhir ngisi pake nitrogen (krn di pertamina) pas bocor

meskipun gw gak tralu percaya pure nitrogen punya efek sedikitpun, kompresor aja udh 80% ...nitrogen 100% bedanya cuma dikit toh, lagian argumennya make nitrogen itu IMO spy udara di dalem ban gak expand kalo lagi ngebut (alias ban jdi panas) kt 5th gear ini.... Nitrogen itu menurut ane adalah se-marketing gimmick se TRD sportipu (yang skrng sticker/emblemnya nempel di mobil tak semerek bwt para 'ricer')
Hanya sekedar netizen yang numpang lewat

L15Z6, 4N15
User avatar
touchme
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: Thu Jun 11, 2015 13:50

Re: Tekanan Ban dan Jenis Udara Yang Digunakan

Post by touchme »

gimana kalo yang udah ganti ukuran ban lebih gede yah apa perlu penyesuaian tekanan angin dari yang dianjurin
User avatar
Nainggolan21
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 518
Joined: Fri Aug 12, 2016 6:31
Location: Bekasi, Jawa Barat
Daily Vehicle: Satria FU

Re: Tekanan Ban dan Jenis Udara Yang Digunakan

Post by Nainggolan21 »

VNT
36 Psi, depan belakang
pakai angin kompressor biasa
"Bukan yang paling baik, tapi satu diantara yang terbaik"
Kalo bisa no. 2 ngapain jadi no. 1 "Capek jadi no. 1, selalu jadi Bench mark buat yang lain"
Ekky
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 117
Joined: Fri Jul 19, 2013 0:24

Re: Tekanan Ban dan Jenis Udara Yang Digunakan

Post by Ekky »

Di ertiga dan T32, semua pake nitrogen dng tek 34 semua sama utk ke4 ban
User avatar
omenRoo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 762
Joined: Sun Apr 26, 2009 16:30

Re: Tekanan Ban dan Jenis Udara Yang Digunakan

Post by omenRoo »

pake angin biasa, sebulan sekali cek dan tambah angin.. biasa isi 31psi rata depan belakang, setelah sebulan jadi 29 psi. biasa ngisi angin di shell atau total, mesinnya udah pake ukuran otomatis
User avatar
agungkrist85
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Mon Apr 09, 2012 7:57

Re: Tekanan Ban dan Jenis Udara Yang Digunakan

Post by agungkrist85 »

kunaskun wrote: Sat Feb 04, 2017 7:03 Saya sih selalu ikutin petunjuk di pilar A, ngikutin yang bikin aja, biasanya malah selalu lebih tinggi dikit dari rekomendasinya biar ga usah sering2 isi nitrogen. mau pake ban apa juga saya samain jadi ketebak karakter ini ban kaya apa :mky_03:

saya si selalu pake nitrogen, kalau ada yg blg boros duit, udara biasa juga isinya nitrogen bla2 ya terserah yang ngomong. karena saya buktiin sendiri isi nitrogen sebulan aja paling banyak turun 1 Psi (ini kalau yang jualan nitrogen beneran dari tabung yang bagus ya bukan hasil mesin) = jadi ketahuan kalau ada ban yang bocor halus dsb juga lebih safety tentunya dibandingkan angin biasa yang seminggu aja udah berkurang, pernah juga test 200 km non stop toll cipali high speed 100 kph tekanan ban hanya naik 1 psi = anggap ini error dari tyre pressure gauge saya (saya pakenya digital).
Setuju ama yang ini, kalo pake nitro kadang ditambah dikit dari standar pabrik, Yasir bakpao depan 34 blkg 32, n nambah biasanya 2 or 3 bulan sekali, soalnya kurangnya cuman dikit, terakhir 3 bulan ga diisi cuman berkurang 2/3 psi aja, soalnya ngukurnya pake digital pressure, *diisi nitro yang pake tabung bukan yang mesin.
dipinjemin 1GD, 1NZ trus 4A91 yang dailynya pake pario pekgo, gak kuat ngempanin bengsinnya. :big_smoking:
alexdonovan
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 610
Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36

Re: Tekanan Ban dan Jenis Udara Yang Digunakan

Post by alexdonovan »

Ford Ecosport

Front 30 - 35 psi
Rear 35 - 40 psi

Selalu berada di rentang tersebut, isi menggunakan compressed air biasa
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
User avatar
haho
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 149
Joined: Tue Nov 04, 2014 9:40

Re: Tekanan Ban dan Jenis Udara Yang Digunakan

Post by haho »

Yaris & Freed, entah kenapa saya paling merasa nyaman di 33 psi (rata 4 ban) pake nitrogen. mayoritas tol ke luar kota dengan perminggu melahap sekitar 800km.

dah gitu aja :mky_01:
c4b13
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 382
Joined: Wed Feb 01, 2017 3:23

Re: Tekanan Ban dan Jenis Udara Yang Digunakan

Post by c4b13 »

tiguan - rata 35psi angin biasa, min sebulan sekali cek & tambah angin