Cara Menjajal Performa Mobil CVT

Mau mengadakan polling? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Cara Menjajal Performa Mobil CVT

Driving mode terintegrasi di transmisi
14
54%
Mode manual
12
46%
 
Total votes: 26

JukeJoken
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Sat Jan 09, 2016 8:03
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander

Re: Cara Menjajal Performa Mobil CVT

Post by JukeJoken »

Kalau udah dapet feelingnya , CVT enak sih. Emang kalau narik pas kecepatan rendah atau dari berhenti agak lemot , tapi kalau udah diatas 60 tinggal bejek gas juga keluar tenaganya. Tapi emang kadang ada bunyi dengungan dari CVTnya kalau di Juke ane. Kalau di Juke mode Sportnya membantu banget buat penyaluran tenaga lebih instan. Kalau soal durabilitas sih pengalaman ane pake Juke ane yang lama sampe 150000km masih sehat , gak ada masalah.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15533
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: RE: Re: RE: Re: Cara Menjajal Performa Mobil CVT

Post by ChZ »

3mul wrote:
ChZ wrote:
Saya tes drive HR-V Prestige dulu nyoba di dalem kota aja gak berasa kenceng... malah berasa ini mobil kok biasa aja ya padahal 1800cc bodi sekecil ini.

Eee pas punya hari pertama saya bawa ke toll.... Wow... tau tau speedo udah 140. Ni mobil kalo dibejeg buas juga.

Fenomena lucu yang terjadi... yang bilang CVT jelek orang - orang yang bahkan gak pernah punya mobil ber-CVT... biasa pake AT biasa atau bahkan MT terus asal njeplak bilang CVT elek... hahaha. Lucunya ada media yang suka memojokkan transmisi CVT... Mungkin perlu edukasi lagi.
Kebanyakan orang ngetest pake butt-o-meter pdhl di mobil2 yg suspensi n peredamannya bagus, "sensasi" kencang kurang terasa. Makanya hrv kerasa lemot dibanding mobilio.
Supaya obyektif, tinggal donlot tools yg skrg banyak tersedia di App stores
Saya sih penasaran, gmn sbnrnya performance hrv dibanding dg Mobilio n brv diukur dgn tools ini. Masak lbh lemot?



Sent from my LG-D855 using Seraya Motor mobile app
HR-V claim 0-100 7detik... Eh salah. Itu versi lugintod.

10 detikan kalo HRV.... Which is very believable

Sent from my 2014817 using Seraya Motor mobile app
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Cara Menjajal Performa Mobil CVT

Post by kunaskun »

atau kadang ada yang ga bisa bedain: rubber band effect CVT dengan emang dari sononya lemot. seperti ada yang ga berasa lock up geared AT itu kaya apa si.
ransyah1234
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sun Nov 23, 2014 5:25

Re: RE: Re: Cara Menjajal Performa Mobil CVT

Post by ransyah1234 »

kunaskun wrote:atau kadang ada yang ga bisa bedain: rubber band effect CVT dengan emang dari sononya lemot. seperti ada yang ga berasa lock up geared AT itu kaya apa si.
Kaya apa si om lock up itu?
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Cara Menjajal Performa Mobil CVT

Post by billyd1773dz »

Kaya dri jalan setengah kopling/slip kopling terus di lepas koplingnya...

Torqueconverter Lockup ya saat kopling fully engage mesin ke drivetrain terhubung solid, cirinya rev dan speed naik turun bareng persis MT

Torqueconverter Unlock, seperti kopling slip... Mesin ke drivetrain hanya d hubungkan oleh fluid hydraulic.. makanya kaya karet gelang(rubberband) tdk terhubung solid

di CVT mesin(REV) tidak akan solid terhubung ke drivetrain.. Rev dan speed tidak akan gerak bareng.. rev bisa naik dulu dan diam baru speed naik... kec di mode manual

Meski jika susah biasa, pasti bisa bedain rubberband dari CVT dan dari Torqueconverter(TC).


Dan yes most CVT skrng pke torqueconverter...
So jgn seperti media sbelah, konve AT dibilang TC AT.. padahal cvt juga pke TC


:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
ransyah1234
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sun Nov 23, 2014 5:25

Re: RE: Re: Cara Menjajal Performa Mobil CVT

Post by ransyah1234 »

Wah terima kasih om Billy

Saya confirm understanding ya pake ilustrasi 4at yaris sama cvt os

TC lockup
- 4at dan cvt pas cruising
- 4at dan cvt pas cruising injek gas dikit kecepatan dan rpm naik dikit
- 4at pas cruising lalu kickdown...downshift dan mulai rpm dan speed naik cepat

TC unlock
- cvt pas cruising kemudian kickdown ya?
- kalau 4at waktu apa?

Kalau cvt ga pake TC seperti apa? Contoh mobilnya apa?

Nuhun om

billyd1773dz wrote:Kaya dri jalan setengah kopling/slip kopling terus di lepas koplingnya...

Torqueconverter Lockup ya saat kopling fully engage mesin ke drivetrain terhubung solid, cirinya rev dan speed naik turun bareng persis MT

Torqueconverter Unlock, seperti kopling slip... Mesin ke drivetrain hanya d hubungkan oleh fluid hydraulic.. makanya kaya karet gelang(rubberband) tdk terhubung solid

di CVT mesin(REV) tidak akan solid terhubung ke drivetrain.. Rev dan speed tidak akan gerak bareng.. rev bisa naik dulu dan diam baru speed naik... kec di mode manual

Meski jika susah biasa, pasti bisa bedain rubberband dari CVT dan dari Torqueconverter(TC).


Dan yes most CVT skrng pke torqueconverter...
So jgn seperti media sbelah, konve AT dibilang TC AT.. padahal cvt juga pke TC


:beer:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: RE: Re: Cara Menjajal Performa Mobil CVT

Post by billyd1773dz »

ransyah1234 wrote:Wah terima kasih om Billy

Saya confirm understanding ya pake ilustrasi 4at yaris sama cvt os

TC lockup
- 4at dan cvt pas cruising
- 4at dan cvt pas cruising injek gas dikit kecepatan dan rpm naik dikit
- 4at pas cruising lalu kickdown...downshift dan mulai rpm dan speed naik cepat

TC unlock
- cvt pas cruising kemudian kickdown ya?
- kalau 4at waktu apa?

Kalau cvt ga pake TC seperti apa? Contoh mobilnya apa?

Nuhun om

billyd1773dz wrote:Kaya dri jalan setengah kopling/slip kopling terus di lepas koplingnya...

Torqueconverter Lockup ya saat kopling fully engage mesin ke drivetrain terhubung solid, cirinya rev dan speed naik turun bareng persis MT

Torqueconverter Unlock, seperti kopling slip... Mesin ke drivetrain hanya d hubungkan oleh fluid hydraulic.. makanya kaya karet gelang(rubberband) tdk terhubung solid

di CVT mesin(REV) tidak akan solid terhubung ke drivetrain.. Rev dan speed tidak akan gerak bareng.. rev bisa naik dulu dan diam baru speed naik... kec di mode manual

Meski jika susah biasa, pasti bisa bedain rubberband dari CVT dan dari Torqueconverter(TC).


Dan yes most CVT skrng pke torqueconverter...
So jgn seperti media sbelah, konve AT dibilang TC AT.. padahal cvt juga pke TC


:beer:
Hmmm setiap mbl behavior lockupnya beda2 om... Umumnya bensin tdk terlalu kerasa kapan lock up dan tdk, berbeda dgn diesel.



Biasanya 4AT hanya lockup di highspeed gigi 4. Untuk ipah/forruner lama di atas 80kmh, rpm tiba2 turun seakan2 msk gigi5 padahl tc yg lockup. Dan kembali unlock saat kickdown.

Yg pasti saat berhenrti, awal jalan dan creeping pasti unlock.

TC unlock ada untungnya juga. Saat slip torque akan meningkat drastis.. bisa sampai 2x lipatnya. Itu sebabnya di 4AT ngandalin TC slip untuk ngatasin keterbatasan ratio, terutama saat nanjak atau awal jalan. Downsidenya, torque naik tapi putatan/rev turun.. beban fluid yg berat dan energi yg hilang untuk muterin fluid.


Sya kurang familiar dgn yaris, Mungkin untuk yaris sesuai dgn yg om deskripsikan


CVT tampa tc.. yg populer di indo itu jazz GD.. populer dgn rewelnya. Tc diganti multiple magnetic clutch. Lebih efisien karna ringan dan bebas slip tc. Diluar audi juga g pke tc yg keluaran awal. Skrng rata2 balik pke tc


:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
ransyah1234
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sun Nov 23, 2014 5:25

Re: Cara Menjajal Performa Mobil CVT

Post by ransyah1234 »

Nanti saya pahami ulang tulisan om Bil sambil cari vid utube biar kebayang..hehe...makasi2
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 759
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: Cara Menjajal Performa Mobil CVT

Post by silentIm2 »

Blom pernah pake mobil CVT nih.. tapi saya bayangkan di vario ane.., kalo tarikan kurang mantap ato koreksi jalur, kadang gas ga usah full lepas, maen di rem saja (cukup tap rem trus lagsung lepas), rasio belt otomatis turun lebih cepat. Pengen deh dapet pinjeman mobil biar dapet ngerasain CVT mobil hehehe.

Mungkin kelemahan CVT cuma karena rasionya ga bisa setinggi gear planetary, apalgi girbox manual (keterbatasan teknis). Sehingga terasa lemot di putaran bawah. Kalo ga salah subaru ngakali pake planetary gear di output pulley.

Sent from my ASUS_Z00UD using Seraya Motor mobile app
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1207
Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
Location: Jakarta

Re: Cara Menjajal Performa Mobil CVT

Post by paidjho »

Cvt yg pakai chain, bulan rubber belt atau steel rubber belt, ada di mobil apa ya?
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 759
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: RE: Re: Cara Menjajal Performa Mobil CVT

Post by silentIm2 »

paidjho wrote:Cvt yg pakai chain, bulan rubber belt atau steel rubber belt, ada di mobil apa ya?
Spertinya ga ada om, soalnya CVT pake variable pulley buat jepit beltnya. Steel belt tuh sama sekali ga pake rubber, tapi berlapis lapis sabuk baja tipis, dilindungi keping gigi2 baja yg kontak langsung dgn pulley.

Dulu nissan bikin CVT dengan toroidal cvt http://auto.howstuffworks.com/cvt3.htm. Tapi sepertinya hanya untuk JDM.

Sent from my ASUS_Z00UD using Seraya Motor mobile app
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Cara Menjajal Performa Mobil CVT

Post by billyd1773dz »

paidjho wrote:Cvt yg pakai chain, bulan rubber belt atau steel rubber belt, ada di mobil apa ya?
yg pke chain.. subaru dan audi


yg source jatco pakai steel belt bukan rubber
silentIm2 wrote: Mungkin kelemahan CVT cuma karena rasionya ga bisa setinggi gear planetary, apalgi girbox manual (keterbatasan teknis). Sehingga terasa lemot di putaran bawah. Kalo ga salah subaru ngakali pake planetary gear di output pulley.

Sent from my ASUS_Z00UD using Seraya Motor mobile app
bukan ga bisa... tp g mau (most)... karna eco oriented... sehingga final gear dibikin halus/tinggi agar bisa cruise di rpm serendah mungkin, dan enginebrake as low as possible while maintain dfco


ganti aja finalgear.. seperti jeep patriot freedom drive II. efeknya lebih boros, tp crawlratio untuk offroad lumayan.


lainya ngakalin dgn ningkatin slip di torqueconverter seperti di subaru. cvt subaru tdk ada reduction gearnya. yg pke reduction gear/auxilary gear di jatco cvt 7 ada di mitsu mirage.





:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
Li0s
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Fri Oct 28, 2016 18:55

Re: Cara Menjajal Performa Mobil CVT

Post by Li0s »

Ikut nyimak sekalian share soal cvt
pertama kali ane cobain cvt nya ahond punya temen wew kayaknya memang cocok nih ama tipikal driving ane yg kearah eco drive tp ya tetep bisa ngimbangin sekeliling biar ga terkesan lemot. Penumpang juga jadi pules gara gara gag keganggu ama perpindahan gigi. Soal cara menjaga perfoma sih menurut ane waktu itu ya tinggal mainin torsi aja sih sesekali pindahin mode s cukuplah buat nanjak atau pengen tenaga lebih, nah baru kerasa peer pas mau nyalip luar kota lajur 2 arah.
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 759
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: RE: Re: Cara Menjajal Performa Mobil CVT

Post by silentIm2 »

billyd1773dz wrote:
paidjho wrote:Cvt yg pakai chain, bulan rubber belt atau steel rubber belt, ada di mobil apa ya?
yg pke chain.. subaru dan audi


yg source jatco pakai steel belt bukan rubber
silentIm2 wrote: Mungkin kelemahan CVT cuma karena rasionya ga bisa setinggi gear planetary, apalgi girbox manual (keterbatasan teknis). Sehingga terasa lemot di putaran bawah. Kalo ga salah subaru ngakali pake planetary gear di output pulley.

Sent from my ASUS_Z00UD using Seraya Motor mobile app
bukan ga bisa... tp g mau (most)... karna eco oriented... sehingga final gear dibikin halus/tinggi agar bisa cruise di rpm serendah mungkin, dan enginebrake as low as possible while maintain dfco


ganti aja finalgear.. seperti jeep patriot freedom drive II. efeknya lebih boros, tp crawlratio untuk offroad lumayan.


lainya ngakalin dgn ningkatin slip di torqueconverter seperti di subaru. cvt subaru tdk ada reduction gearnya. yg pke reduction gear/auxilary gear di jatco cvt 7 ada di mitsu mirage.





:beer:
Nah fwd final gearnya di mana om :D? Ditambah tight packaging tentu ukuran final gearnya terbatas.

Contoh honda jazz m/t vs cvt. Rasio gigi 1 3.461, final gear ratio 4.625. Mesin L15 torsi maxnya 14.8 kgM. Sehingga torsi di sumbu roda 236.9 kgM.

CVT rasio tertinggi 2.526, final gear ratio 4.992. Sehingga torsi di sumbu roda depan 186,62 kgM. Torsi roda depan lebih gede tentu membuat manual lebih enteng saat launch dan lebih irit saat stop n go.

Kalo mitsu mirage cvtnya pake reduction gear, tarikan bawah lebih enteng ya om.

Sent from my ASUS_Z00UD using Seraya Motor mobile app
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1207
Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
Location: Jakarta

Re: RE: Re: RE: Re: Cara Menjajal Performa Mobil CVT

Post by paidjho »

silentIm2 wrote:
paidjho wrote:Cvt yg pakai chain, bulan rubber belt atau steel rubber belt, ada di mobil apa ya?
Spertinya ga ada om, soalnya CVT pake variable pulley buat jepit beltnya. Steel belt tuh sama sekali ga pake rubber, tapi berlapis lapis sabuk baja tipis, dilindungi keping gigi2 baja yg kontak langsung dgn pulley.

Dulu nissan bikin CVT dengan toroidal cvt http://auto.howstuffworks.com/cvt3.htm. Tapi sepertinya hanya untuk JDM.

Sent from my ASUS_Z00UD using Seraya Motor mobile app

Toroidal dipakai untuk handle torsi besar, di nissan dipakai untuk cc biasanya 2.5 L keatas.

T32 pakai toroidal atau belt saya gak tahu. Di forum sebelah sudah nanya tp blm ada yg jawab.

Menarik jg kalau cvt chain, steel belt dan toroidal masuk.
Rubber belt, personally nggak dulu deh... Nunggu teknologi cvt buat mesin diesel improve.
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: RE: Re: Cara Menjajal Performa Mobil CVT

Post by billyd1773dz »

silentIm2 wrote:
billyd1773dz wrote:
paidjho wrote:Cvt yg pakai chain, bulan rubber belt atau steel rubber belt, ada di mobil apa ya?
yg pke chain.. subaru dan audi


yg source jatco pakai steel belt bukan rubber
silentIm2 wrote: Mungkin kelemahan CVT cuma karena rasionya ga bisa setinggi gear planetary, apalgi girbox manual (keterbatasan teknis). Sehingga terasa lemot di putaran bawah. Kalo ga salah subaru ngakali pake planetary gear di output pulley.

Sent from my ASUS_Z00UD using Seraya Motor mobile app
bukan ga bisa... tp g mau (most)... karna eco oriented... sehingga final gear dibikin halus/tinggi agar bisa cruise di rpm serendah mungkin, dan enginebrake as low as possible while maintain dfco


ganti aja finalgear.. seperti jeep patriot freedom drive II. efeknya lebih boros, tp crawlratio untuk offroad lumayan.


lainya ngakalin dgn ningkatin slip di torqueconverter seperti di subaru. cvt subaru tdk ada reduction gearnya. yg pke reduction gear/auxilary gear di jatco cvt 7 ada di mitsu mirage.





:beer:
Nah fwd final gearnya di mana om :D? Ditambah tight packaging tentu ukuran final gearnya terbatas.

Contoh honda jazz m/t vs cvt. Rasio gigi 1 3.461, final gear ratio 4.625. Mesin L15 torsi maxnya 14.8 kgM. Sehingga torsi di sumbu roda 236.9 kgM.

CVT rasio tertinggi 2.526, final gear ratio 4.992. Sehingga torsi di sumbu roda depan 186,62 kgM. Torsi roda depan lebih gede tentu membuat manual lebih enteng saat launch dan lebih irit saat stop n go.

Kalo mitsu mirage cvtnya pake reduction gear, tarikan bawah lebih enteng ya om.

Sent from my ASUS_Z00UD using Seraya Motor mobile app
Yup total torsi onwheel sekitar sgtu, untungny cvt kebantu torqueconverter for multiplying torque

Yep miras crawlrationy cukup baik 14.8 lebi baik dri jazz.

Rev sampai ke peak torsinya juga lebih ceoat dan butuh speed lebi rendah
paidjho wrote:
silentIm2 wrote:
paidjho wrote:Cvt yg pakai chain, bulan rubber belt atau steel rubber belt, ada di mobil apa ya?
Spertinya ga ada om, soalnya CVT pake variable pulley buat jepit beltnya. Steel belt tuh sama sekali ga pake rubber, tapi berlapis lapis sabuk baja tipis, dilindungi keping gigi2 baja yg kontak langsung dgn pulley.

Dulu nissan bikin CVT dengan toroidal cvt http://auto.howstuffworks.com/cvt3.htm. Tapi sepertinya hanya untuk JDM.

Sent from my ASUS_Z00UD using Seraya Motor mobile app

Toroidal dipakai untuk handle torsi besar, di nissan dipakai untuk cc biasanya 2.5 L keatas.

T32 pakai toroidal atau belt saya gak tahu. Di forum sebelah sudah nanya tp blm ada yg jawab.

Menarik jg kalau cvt chain, steel belt dan toroidal masuk.
Rubber belt, personally nggak dulu deh... Nunggu teknologi cvt buat mesin diesel improve.
T32 pakai belt cvt, nissan umumnya outsource dari Jatco

Chain , stee toroidall sama aja sie rubberban effect pasti ada, kec di mode manual


:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 759
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: Cara Menjajal Performa Mobil CVT

Post by silentIm2 »

Lupa faktorkan TC. TC bisa dobel torsi tapi cuma sebentar, mungkin di bawah 2500 rpm. Jadi torsi yg digandakan juga kecil sekali. Kecuali mungkin pake TC buat drag race kayak di USA sono, slip gede, ato mesin forced induction yg torsi maksnya didapat di rpm rendah.

Kalo nnti keluar CVT untuk diesel tentu menarik ini. Menurut ane ideal sih soalnya diesel napasnya cepet habis, peak torque juga di rpm rendah dan flat sampe 4000 rpm. Makanya akselerasi diesel lebih bagus kalo girboxnya punya banyak rasio.

Sent from my ASUS_Z00UD using Seraya Motor mobile app
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1207
Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
Location: Jakarta

Re: RE: Re: RE: Re: Cara Menjajal Performa Mobil CVT

Post by paidjho »

billyd1773dz wrote:
silentIm2 wrote:
billyd1773dz wrote: yg pke chain.. subaru dan audi


yg source jatco pakai steel belt bukan rubber



bukan ga bisa... tp g mau (most)... karna eco oriented... sehingga final gear dibikin halus/tinggi agar bisa cruise di rpm serendah mungkin, dan enginebrake as low as possible while maintain dfco


ganti aja finalgear.. seperti jeep patriot freedom drive II. efeknya lebih boros, tp crawlratio untuk offroad lumayan.


lainya ngakalin dgn ningkatin slip di torqueconverter seperti di subaru. cvt subaru tdk ada reduction gearnya. yg pke reduction gear/auxilary gear di jatco cvt 7 ada di mitsu mirage.





[emoji481]
Nah fwd final gearnya di mana om :D? Ditambah tight packaging tentu ukuran final gearnya terbatas.

Contoh honda jazz m/t vs cvt. Rasio gigi 1 3.461, final gear ratio 4.625. Mesin L15 torsi maxnya 14.8 kgM. Sehingga torsi di sumbu roda 236.9 kgM.

CVT rasio tertinggi 2.526, final gear ratio 4.992. Sehingga torsi di sumbu roda depan 186,62 kgM. Torsi roda depan lebih gede tentu membuat manual lebih enteng saat launch dan lebih irit saat stop n go.

Kalo mitsu mirage cvtnya pake reduction gear, tarikan bawah lebih enteng ya om.

Sent from my ASUS_Z00UD using Seraya Motor mobile app
Yup total torsi onwheel sekitar sgtu, untungny cvt kebantu torqueconverter for multiplying torque

Yep miras crawlrationy cukup baik 14.8 lebi baik dri jazz.

Rev sampai ke peak torsinya juga lebih ceoat dan butuh speed lebi rendah
paidjho wrote:
silentIm2 wrote: Spertinya ga ada om, soalnya CVT pake variable pulley buat jepit beltnya. Steel belt tuh sama sekali ga pake rubber, tapi berlapis lapis sabuk baja tipis, dilindungi keping gigi2 baja yg kontak langsung dgn pulley.

Dulu nissan bikin CVT dengan toroidal cvt http://auto.howstuffworks.com/cvt3.htm. Tapi sepertinya hanya untuk JDM.

Sent from my ASUS_Z00UD using Seraya Motor mobile app

Toroidal dipakai untuk handle torsi besar, di nissan dipakai untuk cc biasanya 2.5 L keatas.

T32 pakai toroidal atau belt saya gak tahu. Di forum sebelah sudah nanya tp blm ada yg jawab.

Menarik jg kalau cvt chain, steel belt dan toroidal masuk.
Rubber belt, personally nggak dulu deh... Nunggu teknologi cvt buat mesin diesel improve.
T32 pakai belt cvt, nissan umumnya outsource dari Jatco

Chain , stee toroidall sama aja sie rubberban effect pasti ada, kec di mode manual


[emoji481]
Hatur nuhun om Bil....

Abdi mah ngopi ajah... [emoji477]
jalananDOHC
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Sat Oct 26, 2013 2:48

Re: Cara Menjajal Performa Mobil CVT

Post by jalananDOHC »

klo sering kick down pada transmisi cvt, bakalan memperpendek usia sabuk cvt gak?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15533
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: RE: Re: Cara Menjajal Performa Mobil CVT

Post by ChZ »

jalananDOHC wrote:klo sering kick down pada transmisi cvt, bakalan memperpendek usia sabuk cvt gak?
Nama nya moving parts klw disiksa pasti jg memperpndek umur om hehe...

Manual sering disentak sentak pun bakal memperpendek umur koplingnya dan gearnya jg bisa rontok.

Cara biar awet di matic/cvt ya rutin ganti oli aja... Dan pake oli yang sesuai spek. Atf ya atf, cvtf ya cvtf. Krn oli fungsinya ngurangin wear and temperature dari gesekan

Sent from my 2014817 using Seraya Motor mobile app
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7