Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual

Mau mengadakan polling? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Bagaimana sebaiknya model transmisi manual di masa depan?

Tetap dengan tuas & pedal kopling
39
68%
Seperti pilihan 1, namun ditambah first start assist
6
11%
Kombinasi paddle shift & pedal kopling
3
5%
Paddle shift dengan torque converter (mirip shiftronic)
6
11%
Ide lain?
3
5%
 
Total votes: 57

B1335AM
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: Wed Sep 04, 2013 22:34
Location: Jakarta

Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual

Post by B1335AM »

Assalaamu 'alaikum

Sebagai pecinta transmisi manual, saya memberikan beberapa opsi kepada anggota SM untuk memberikan jawaban mengenai bagaimana sebaiknya pabrikan melestarikan transmisi manual yang dikenal umumnya irit BBM, tarikan lebih natural, rem mesin yang lebih kuat ketimbang AT & biaya perawatan yang cenderung murah.

*1st start assist : fitur yang membantu mengatur kopling siap pada posisi 1/2 tersambung tanpa bantuan pijakan kopling untuk mulai meluncurkan mobil pada gigi pertama, terutama di daerah pegunungan atau saat-saat urgent.

:big_smile] :big_smile]

Thanks for your attention and polling
I'm interested in diesel. It's an unique thing.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual

Post by ChZ »

Saya tetep vote pakai konvensional saja....

Pada dasarnya yang diincar dari transmisi manual oleh beberapa penggila transmisi manual adalah feel "menyatu" dengan mobil dan "always in control". Untuk itu saya vote pakai konvensional.

Di luar itu, transmisi manual sudah kalah dengan kecanggihan transmisi matik zaman skrg... Dualclutch sudah bisa shifting lebih cepat dari Manual, konsumsi BBM irit, sekarang mobil transmisi auto konsumsi BBM nya sudah menyamai bahkan bisa lebih irit dari manual.

Perawatan transmisi matik mahal, paling cm mahal waktu atf flushing aja... matik malah g ada ritual ganti kampas kopling. In the end keduanya kembali ke pemakaian... Manual klw dipake nya kasar ya rawatnya lebih mahal dari matik... wkwkwkwkw.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual

Post by egibaio »

Tuas dan pedal kopling konvensional tetap the best. Tapi fitur yang saya ingin lihat di lebih banyak mobil manual adalah auto rev-matching. Simple yet very effective. Cocok untuk orang yang belum fasih atau ga tau apa itu heel n toe. Hill start assist juga lumayan buat jalanan indonesia yang beragam biar ga stress kalau macet di tanjakan.

Kalau macet pengen ga capek bawa manual saya rasa sih more torque is better ya. Angkat kopling jalan deh pelan2.
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual

Post by ricz »

Sistem konvensional + hill start assist.

Alasannya : agar lebih mudah utk maju stlh berhenti di tanjakan, trus banyak driver newbie ato krg terbiasa dgn karakter mbl suka ngegelosor mblnya klo mau maju stlh stop di tanjakan... Sangat berguna apalg di kota yg gw tinggali skrg, yg kontur jalannya banyak tanjakan...
2021 Fortuner VRZ
anrico17
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 620
Joined: Wed Dec 09, 2015 16:12
Location: Laptop dan Rumah
Daily Vehicle: Disetirin

Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual

Post by anrico17 »

It's sad too say... Tapi di masa depan transmisi manual punya kemungkinan tinggi extinct, sama kayak buku/koran/majalah, lama kelamaan orang udh gk ngangep buku itu praktis jadi pada baca ebook, beli gampang makenya juga gampang (meskipun gak ada feel nya juga kayak baca buku) in this case, transmisi manual itu buku...

jaman sekarang, hampir semua (gw jg sih) maunya serba gampang, simple, gak ribet, makanya ada transmisi matic yang bikin nyetir mobil gampang dan simpel (anak sd pun kayaknya bisa pake mobil matic)

Dulu orang takut ama matic, boros lah, mahal rawatnya, takut rusak... Skrng Toyota yang masih pake transmisi jaman batu gk ada yng komplen, CVT bisa lbh irit dari manual dan DCT lbh kenceng dibanding manual... Skrng manual cuma menang 'feel' doang, and jujur, berpa banyak sih orang beli mobil yang mau 'feel' doang, buat kebanyakan orang It's just a A To B transportation....

Sorry to say, manual will soon (masih agak lama sih) be only in the history books, even though I enjoy using it
Hanya sekedar netizen yang numpang lewat

L15Z6, 4N15
flamboyan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 229
Joined: Tue Nov 18, 2014 1:58

Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual

Post by flamboyan »

Masih lama laah hilangnya. Truk dan mobil angkutan (PU) susah u pakai auto krn biasa diisi jauh di atas standar.
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 750
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual

Post by doge »

paddleshift dg torq converter?? matic dong?
*bnernya torq converter itu pengganti flywheel di manual... kopling matic itu didlm gearboxnya... beda sm manual yg diluar gearbox...

klo first start assist... kok nurut aku di picanto 09 aja udh ada y? (aku prnh bw pny sepupu, wktu aku angkat trus tahan stenga kopling (tnp ngegas ofcourse; klo dilepas full ndadak ya mati mesinnya) rpmnya ya nahan di sekitar 1000an rpm; klo mbl m/t lawas rpmnya bakal drop smpe 450an rpm klo petrol engine)

*dlu bljr nyetir pke ves, jd aku tau rasanya mbl bner" manual
(true analog car; originally tnp audio, literally[head unit g ada, speaker g ada (bokap pasang sendiri.. headunit tape kenwood (yg ada puteran kecil sm gede (yg gede ada ringnya, bs bwt ngeset apa gitu...) sm 6speaker infinity (2 tweeter, 2 midrange kyknya (dlu g ngeh audio), 2 coax taro bagasi bikin box{tmpt speaker blkg aslinya ukuran 4", di dinding bagasi}, wktu kecil boxnya bwt aku sm adik duduk klo lg bw bnyk org{rear facing, wagon-esque}) all for 800k idr, 95 idr)
somehow ada rear wiper sm defoger, map light (kiri kanan, g kyk avxen), electric mirror, power window all side, driver side auto up down[tnp jam protection kyknya; lk kejepit salahmu], coin tray di bagian bwh shifter box (bneran coin tray, ukurannya pas bwt nahan koin), sunvisor penumpang ada cermin, ada tutup cerminnya (apa udh common feature di 90an?) center console, glovebox dg kunci]; knob ac geser komplit (bs ngademin kaki, bs ngabutin kaca, ada circulation switch, ada switch a/c on/off, ada heating modenya... syg g prnh cb pakai heaternya hahaha) platina; delco; karbu)
akhirnya dilepas krn fc (1:7), mesin makan oli (400km/l), pintu bagasi misaligned, ac siang sauna, malam sejuk, udh gitu hrs gnti total tiap 2th (jebol, pdhal udh pasang xtra fan),sm g ada yg pke d rmh... (bokap cape bw mt, nyokap g sebrp bs bw mt; sering mundur klo nanjak)
...digantikan ipah vvti at

btt..
klo aku ya.. manual dilestarikan ya biarin as it is.. (klo prlu, jadiin option kyk ceramic brakes wkwk)
namanya aja 'melestarikan' -> preserve ->to keep (something) in its original state or in good condition; selagi bs original state kan yaudah..
cth: soto madura -> gtw klo daerah lain, tp di sub aku blm prnh ktemu yg jualan manasi sotonya pke kompor gas
:ngacir:
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual

Post by daftar »

tetep pakai tuas tapi kasih easy clutch saja biar kaki bisa relax

viewtopic.php?t=6223
:ngacir:
User avatar
stevenanthony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 548
Joined: Sat Feb 01, 2014 15:04

Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual

Post by stevenanthony »

ricz wrote:Sistem konvensional + hill start assist.

Alasannya : agar lebih mudah utk maju stlh berhenti di tanjakan, trus banyak driver newbie ato krg terbiasa dgn karakter mbl suka ngegelosor mblnya klo mau maju stlh stop di tanjakan... Sangat berguna apalg di kota yg gw tinggali skrg, yg kontur jalannya banyak tanjakan...
ane setuju banget sama ini. tuas transmisi + kopling konvensional tapi ada hsa nya. jadi ga perlu repot2 kalo di tanjakan, atau jalanan yang ga rata, kadang driver pengalaman aja masih ada mundur dikit mobilnya baru lgsg maju. :big_smile]
2015 Honda HR-V E CVT
User avatar
iwidiyanto
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Sun Oct 30, 2011 11:48
Location: Antar Kota Antar Propinsi

Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual

Post by iwidiyanto »

ini kaya apakah kita harus hafal dan berkomunikasi dengan kode morse ketika komunikasi voice sudah ada dan handal, atau apakah harus pke tlp lwt operator atau pke voip ketika internet sudah kenceng.
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual

Post by arfs »

stevenanthony wrote:
ricz wrote:Sistem konvensional + hill start assist.

Alasannya : agar lebih mudah utk maju stlh berhenti di tanjakan, trus banyak driver newbie ato krg terbiasa dgn karakter mbl suka ngegelosor mblnya klo mau maju stlh stop di tanjakan... Sangat berguna apalg di kota yg gw tinggali skrg, yg kontur jalannya banyak tanjakan...
ane setuju banget sama ini. tuas transmisi + kopling konvensional tapi ada hsa nya. jadi ga perlu repot2 kalo di tanjakan, atau jalanan yang ga rata, kadang driver pengalaman aja masih ada mundur dikit mobilnya baru lgsg maju. :big_smile]
Setuju, tapi tambah rev-match downshift biar smooth waktu ganti gigi dan biar gk lock roda penggerak nya.
Udah gitu bikin awet gearbox juga pula sistem rev-match downshift.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual

Post by ChZ »

anrico17 wrote:It's sad too say... Tapi di masa depan transmisi manual punya kemungkinan tinggi extinct, sama kayak buku/koran/majalah, lama kelamaan orang udh gk ngangep buku itu praktis jadi pada baca ebook, beli gampang makenya juga gampang (meskipun gak ada feel nya juga kayak baca buku) in this case, transmisi manual itu buku...

jaman sekarang, hampir semua (gw jg sih) maunya serba gampang, simple, gak ribet, makanya ada transmisi matic yang bikin nyetir mobil gampang dan simpel (anak sd pun kayaknya bisa pake mobil matic)

Dulu orang takut ama matic, boros lah, mahal rawatnya, takut rusak... Skrng Toyota yang masih pake transmisi jaman batu gk ada yng komplen, CVT bisa lbh irit dari manual dan DCT lbh kenceng dibanding manual... Skrng manual cuma menang 'feel' doang, and jujur, berpa banyak sih orang beli mobil yang mau 'feel' doang, buat kebanyakan orang It's just a A To B transportation....

Sorry to say, manual will soon (masih agak lama sih) be only in the history books, even though I enjoy using it
Kurang setuju sama ini... Hehehe... Anak SD nyetir manual pun bisa... berapa banyak dr kita yang belajar nyetir dari SD? Kalau memang ini means of sarcasm gw agak kurang setuju hahahaha...

Soal A to B... Kebanyakan sekarang sportcar, supercar pun pake dual clutch atau manual dengan kopling otomatis (Automated Manual). Saya pernah baca artikel kenapa Porsche lebih fokus kembangin PDK dibanding MT, karena ingin meningkatkan fokus pengemudi. Biasa pengemudi fokusnya terbelah menjadi shifting dan steering, nah dengan adanya PDK pengemudi bisa 100% fokus ke steering. Ngincer fun to drive dengan automatic, ya Porsche ini salah satu mobil fun to drive tapi transmisi auto (PDK). Porsche sendiri tetap memasarkan transmisi Manual, untuk mengakomodir para pecinta transmisi Manual.

Cuma gak bisa dipungkiri sensasi dengan manual itu gak tergantikan. Saya ini orang yang sangat jarang pegang manual... Tapi begitu dikasih manual even cuma L300 atau Carry 1.0 punya gereja yang accidential gak ada yang bawa dan cuma gw yang bisa bawa... Feel nya memang nikmat walaupun mobilnya cuma bisa tereak tereak tanpa ada tenaga dibanding mobil pribadi saya yang AT dan jauh lebih bertenaga... :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
stevenanthony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 548
Joined: Sat Feb 01, 2014 15:04

Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual

Post by stevenanthony »

arfs wrote:
stevenanthony wrote:
ricz wrote:Sistem konvensional + hill start assist.

Alasannya : agar lebih mudah utk maju stlh berhenti di tanjakan, trus banyak driver newbie ato krg terbiasa dgn karakter mbl suka ngegelosor mblnya klo mau maju stlh stop di tanjakan... Sangat berguna apalg di kota yg gw tinggali skrg, yg kontur jalannya banyak tanjakan...
ane setuju banget sama ini. tuas transmisi + kopling konvensional tapi ada hsa nya. jadi ga perlu repot2 kalo di tanjakan, atau jalanan yang ga rata, kadang driver pengalaman aja masih ada mundur dikit mobilnya baru lgsg maju. :big_smile]
Setuju, tapi tambah rev-match downshift biar smooth waktu ganti gigi dan biar gk lock roda penggerak nya.
Udah gitu bikin awet gearbox juga pula sistem rev-match downshift.
iyah, kalo uda ada 2 tech itu apalagi harganya lebih murah manual, pasti peminatnya bertambah, yaitu orang2 yang pengen merasakan 'nikmat' manual tapi gak bisa/gak lancar bawa manual :big_smile]
2015 Honda HR-V E CVT
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual

Post by artoodetoo »

Saya pilih manual yg betul2 manual :upss:
Tapi saya prefer nyetir sedan kalo manual.
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual

Post by coklatMetalik »

Kyknya mending ttp kyk skrg aja. Tp mungkin ditambah bbrp teknologi untuk menghilangkan "masalah" di mbl manual; misalnya hill start assist. Supaya pas macet gk capek ya koplingnya dibuat ringan & torsi mesin di RPM bawah diperbesar, jd untuk stop & go cukup kaki kiri yg main...
Ohh iya, di trans manual jg supir hrs adaptasi kalo ganti mobil, krn tiap mobil beda. Ada yg angkat kupling dikit udh loncat, ada yg hrs diangkat jauh supaya bs maju. Entah gmn solusinya...



Sebetulnya dulu banget ane pernah mikir gmn kalo mobil manual gk usah pk kopling, cm ganti2 gigi doang, kyk motor bebek. Cm setelah pikir2, kyknya malah tambah repot...
Last edited by coklatMetalik on Fri Aug 05, 2016 17:47, edited 2 times in total.
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
Satya21
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 317
Joined: Tue Apr 07, 2015 10:34

Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual

Post by Satya21 »

Sy lebih menikmati bawa manual.
Rasanya bener2 bawa mobil dan kendali sesuai keinginan kita.
Walau macet jakarta ampun2an tapi sy gak tertarik pakai matic.
Pernah bawa mobil matic punya sodara, 15 menit kemudian sy suruh istri yg bawa karena sy gak nyaman bawa matic.


Sent from my ST26i using Seraya Motor mobile app
User avatar
aburaza
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 686
Joined: Fri Jan 01, 2010 4:04
Location: inside of a pretty black ST191

Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual

Post by aburaza »

artoodetoo wrote:Saya pilih manual yg betul2 manual :upss:
Tapi saya prefer nyetir sedan kalo manual.

Idem
Calon penghuni garasi:
MPV nyuaman utk bawa keluarga
Hatchback unyu2 buat istri
Sedan lawas mulus untuk mainan
User avatar
ripratama
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: Thu Dec 29, 2011 15:36

Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual

Post by ripratama »

Cara paling ampuh utk melestarikan transmisi manual (utk mobil pribadi) adalah dgn menghilangkan macet.
Tanggal genap - Mini Cooper S Clubman R55
Tanggal ganjil - Lexus RX 270
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual

Post by arfs »

Jadi penasaran sama 6-Speed Skyactiv manual nya Mazda 2... Sepertinya fun to drive...
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
QnetiC
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 456
Joined: Mon Apr 07, 2008 8:35

Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual

Post by QnetiC »

Pingin tetap manual, tapi ada posisi 'P' di transmisi.
Intinya, posisi mobil berhenti di tanjakan kemudian ditinggal sebentar dalam kondisi mesin tetap nyala (tidak mengandalkan handbrake saja).
Atau mungkin fitur ini sudah ada ya (atau ada tips buat kondisi di atas)?
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual

Post by billyd1773dz »

SEQUENTIAL GEARBOX!

nuff said










clutch tetep ada... hanya untuk first start atw jika perlu naikin rev....
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
piggypig77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 634
Joined: Tue Feb 11, 2014 13:33
Location: Jakarta

Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual

Post by piggypig77 »

Kalo ane prefer manual + hill start assist biar ga capek stop n go di tanjakan. Sensasi pindah gigi n ngekopling di manual itu tiada duanya,dan juga kita bebas nentuin mau di gigi berapa tanpa intervensi ECU/TCU.
Saya sndri kalo di jalan tol yg lancar lbh suka manual enak bisa nahan di gigi berapapun,selain karna mbl matic ane bego sih hehehe
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual

Post by dieselman228 »

Gw tetep konvensional the best..
Rev matrching + hill start assist ga perlu kalau kita paham bener mblnya...
Tp lama kelamaan sih bakal punah nih yg konvensional pasti ada pembaruan..
Gw vote sequential gearbox..ga capek" bener nginjek kopling tp feel yah bslah dapet rasa manual
gnki diesel kopling jadi kuda harian :mky_07:
User avatar
rajapb
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 430
Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27

Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual

Post by rajapb »

Sebenernya di negara2 eropa pun mobil manual masih populer kok. Karena emang jarang macet nya. *colek om rubble
User avatar
k0b0chan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Mon Feb 15, 2016 16:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Anki

Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual

Post by k0b0chan »

Manual konventional + rev match + throttle cable + big displacement v8. Entah mengapa lebih demen v8 drpd v6 ataupun v10. Berasa padat bgt. Imho.
Enaknya manual bener2 manual sih feelnya enak bgt. Kaki sebandel apa nurut aja rasanya itu
Last edited by k0b0chan on Sat Aug 06, 2016 6:53, edited 1 time in total.