Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual

Mau mengadakan polling? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Bagaimana sebaiknya model transmisi manual di masa depan?

Tetap dengan tuas & pedal kopling
39
68%
Seperti pilihan 1, namun ditambah first start assist
6
11%
Kombinasi paddle shift & pedal kopling
3
5%
Paddle shift dengan torque converter (mirip shiftronic)
6
11%
Ide lain?
3
5%
 
Total votes: 57

KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual

Post by KodokPushUp »

egibaio wrote:Atau bisa juga atur dari dbw nya sedemikian rupa biar pas angkat kopling pelan2 ga mati.
Fitur ini ada di satu2nya mobil m/t di garasi ane.
Dan gara2 fitur itu, dan beberapa assist lain, bikin ini mobil jadi pilihan terakhir buat disopirin.
Mau banyak diinterupsi ecu sok kepinteran, ambil aja a/t
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual

Post by egibaio »

KodokPushUp wrote:
egibaio wrote:Atau bisa juga atur dari dbw nya sedemikian rupa biar pas angkat kopling pelan2 ga mati.
Fitur ini ada di satu2nya mobil m/t di garasi ane.
Dan gara2 fitur itu, dan beberapa assist lain, bikin ini mobil jadi pilihan terakhir buat disopirin.
Mau banyak diinterupsi ecu sok kepinteran, ambil aja a/t
oalah ecosport ya ini?
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual

Post by adityabp »

imingwahyudi wrote:
arfs wrote:
imingwahyudi wrote: terkadang suka annoying sama kopling mobil sekarang, ringannya keterlaluan, jaminan ngegerung mulu kalo lagi pake sepatu hak tinggi (pantofel :mky_03: :mky_04: ) macam Agya dkk...bedeuh ringannyaaa...

implementasi TC di MT kepikiran seperti ini, TC gak akan lockup saat diaktifkan, maka TC bertugas sebagai kopling fluida saat creeping macet...masukin gigi 1 tenang aja...begitu gak perlu kopling fluida, nonaktifkan, maka TC akan lockup...kopling yang berguna saat TC lockup kembali ke kopling normal MT

:big_grin:
Wah, bakalan enak tuh kalau beneran ada.
Jadi kalau lg creeping di kemacetan kyk mobil matic kan om?

terus kalo di non-aktifkan jd balik kyk mobil manual biasa?

as I thought, iya om

Geared automatics kan memang menggunakan selipnya TC untuk ultra smooth creeping ability nya. kalo TC nya locked bener bener tergantung sama kopling konvensional MT untuk melakukan selip/engage disengage gear :big_grin:
Ribet desain TC-nya om, krn oli TC harus terpisah dari oli transmisi. Kalaupun oli TC dan transmisi digabung, gearboxnya yg mesti diredesain krn harus sanggup menahan tekanan oli dari TC. CMIIW.
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual

Post by y_anjasrana »

jelas yg klasik aja, pedal kopling dan tongkat persneling aja. kalau mau tambahan mending alat pijat betis aja............... :ngacir:
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2968
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual

Post by imingwahyudi »

adityabp wrote:
imingwahyudi wrote:
arfs wrote:
Wah, bakalan enak tuh kalau beneran ada.
Jadi kalau lg creeping di kemacetan kyk mobil matic kan om?

terus kalo di non-aktifkan jd balik kyk mobil manual biasa?

as I thought, iya om

Geared automatics kan memang menggunakan selipnya TC untuk ultra smooth creeping ability nya. kalo TC nya locked bener bener tergantung sama kopling konvensional MT untuk melakukan selip/engage disengage gear :big_grin:
Ribet desain TC-nya om, krn oli TC harus terpisah dari oli transmisi. Kalaupun oli TC dan transmisi digabung, gearboxnya yg mesti diredesain krn harus sanggup menahan tekanan oli dari TC. CMIIW.

itu challenge nyah, karena untuk sekarang masih belum ada jenis oli yang bisa nahan senjang tekanan antara TC dan traditional MT. Mungkin in coming years ada engineer yang cukup nekat untuk mengembangkan TC yang kompak dengan pelumasan mandiri, seringkas motor listrik yang sandwiched between engine and trans kayak di mobil hybrid :big_grin:
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual

Post by daftar »

easy clutch lihat fiturnya juga bisa gigi di 1-2 tanpa tanpa injak gas & kopling mesin tdk mati, tidak perlu TC
:ngacir:
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual

Post by KodokPushUp »

egibaio wrote:
KodokPushUp wrote:
egibaio wrote:Atau bisa juga atur dari dbw nya sedemikian rupa biar pas angkat kopling pelan2 ga mati.
Fitur ini ada di satu2nya mobil m/t di garasi ane.
Dan gara2 fitur itu, dan beberapa assist lain, bikin ini mobil jadi pilihan terakhir buat disopirin.
Mau banyak diinterupsi ecu sok kepinteran, ambil aja a/t
oalah ecosport ya ini?
Iya om
Kalo lagi setengah kopling+gas terlalu kecil, kopling langsung engage+jarum rpm naik
Jadinya kayak belajaran nyetir manual
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2968
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual

Post by imingwahyudi »

daftar wrote:easy clutch lihat fiturnya juga bisa gigi di 1-2 tanpa tanpa injak gas & kopling mesin tdk mati, tidak perlu TC

tapi ngandelin selip kopling manual untuk creepingnya oom...bakal degradasi signifikan sesudah beberapa waktu. Karib ada yang pasang di Kuda dieselnya, sekarang kayak kuda lumping jatoh jatohnya :mky_01:
B1335AM
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: Wed Sep 04, 2013 22:34
Location: Jakarta

Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual

Post by B1335AM »

imingwahyudi wrote:
tapi ngandelin selip kopling manual untuk creepingnya oom...bakal degradasi signifikan sesudah beberapa waktu. Karib ada yang pasang di Kuda dieselnya, sekarang kayak kuda lumping jatoh jatohnya :mky_01:
Apa itu TC, macam traction control? :big_childish:
I'm interested in diesel. It's an unique thing.
pau
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Thu Sep 01, 2016 3:49

Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual

Post by pau »

Saya yakin di Indonesia transmisi manual g akan punah, terutama untuk mobil pasarnya sejuta umat. Lha wong sienta aja dibela-belain ada versi manual pas masuk indo.
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual

Post by coklatMetalik »

Thread beginian jd hot thread di kaakus

http://m.kaskus.co.id/thread/57f89bb898 ... hot_thread
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2968
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual

Post by imingwahyudi »

B1335AM wrote:
imingwahyudi wrote:
tapi ngandelin selip kopling manual untuk creepingnya oom...bakal degradasi signifikan sesudah beberapa waktu. Karib ada yang pasang di Kuda dieselnya, sekarang kayak kuda lumping jatoh jatohnya :mky_01:
Apa itu TC, macam traction control? :big_childish:

Torque converter...kopling fluida oom :big_smile]
B1335AM
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: Wed Sep 04, 2013 22:34
Location: Jakarta

Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual

Post by B1335AM »

OK. TC lain dong dengan kopling sentrifugal motor?
I'm interested in diesel. It's an unique thing.
Macanbesi
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Mon May 30, 2016 4:39

Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual

Post by Macanbesi »

PAda dasarnya manual lebih mengasikan dibandingkan auto.
Tapi kembali ke realita, waktu tempuh ke kantor 1.5 - 2 jam dan 80% dari waktu tersebut terjebak di keemacetan.
Sehingga solusi melestarikan transmisi manual adalah dengan membangun banyak jalan sehingga tidak macet... hehhee
User avatar
W124benz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 73
Joined: Wed Mar 30, 2016 6:25
Location: Everywhere

Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual

Post by W124benz »

dulu awal2 punya W124 M/T bingung setengah mati macet di tanjakan, harus ngopling, sesuaikan gas, plus lepas parking brake di tangan. alhasil selalu mundur dulu sblm jalan. tapi lama2 sudah tau sela nya ya enjoy aja, apalagi ketemu tol yg sepi macam jkt-merak...pedal to the floor wkwkwkwk

saya pilih manual konvensional aja plus RWD biar lbh greget hehe...
buat melestarikan tranny manual ini lbh baik segera dipercepat aja penyatuan tol dari jakarta-surabaya :mky_04:
pembangunan toll bakauheni-palembang.

dan yg terpenting jgn ada Rest Area dgn fasilitas foodcourt bikin macet... :big_bored:
"The important thing in Life is not the Triumph but the Struggle" :thanks:
User avatar
LTZ
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 113
Joined: Mon Feb 29, 2016 12:28

Re: Cara Melestarikan Sistem Transmisi Manual

Post by LTZ »

coklatMetalik wrote:
k0b0chan wrote:
coklatMetalik wrote:
Sy br tau msh ada mbl yg koplingnya pk kawat ...
Kabel baja mungkin mksdnya. :upss:
Iya om ane tau itu mksdnya. Ane kira mbl jaman skrg pk hydraulic semua kecuali L300. Lah kan Kijang super aja hydraulic. Ane kaget ada mobil baru yg pk kawat...
L300 hydraulic ko pake nya
LJ479QNE2