Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)

Mau mengadakan polling? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Merusak Komponen Power Steering dan Lainnya ?

Poll ended at Wed Feb 05, 2014 22:13

Merusak Power Steering / Komponen lainnya
5
36%
Tidak Merusak kok, gw sering begitu
9
64%
 
Total votes: 14

User avatar
an15wn
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 467
Joined: Fri Aug 15, 2008 23:31
Location: Jakarta Timur

Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)

Post by an15wn »

Ada yg rusak, ada yg awet...

Kalo gitu, kayaknya gak cuma puteran setir yg bikin rusak steering system... :e-think:
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)

Post by kompresorz »

ada lg teori lain..

teman saya klo naik turunkan kaca mobil harus 1 persatu...matikan mesin harus urut dulu matikan ac,kecilkan suara tape sampe 0..hidupkan ac gak boleh sampe titik dingin terendah..

punya saya sih gak begitu awet2 aja...klo rusak ya namanya barang udah waktunya emang mau rusak..jd santai aja...
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)

Post by Hansen »

kompresorz wrote:ada lg teori lain..

teman saya klo naik turunkan kaca mobil harus 1 persatu...matikan mesin harus urut dulu matikan ac,kecilkan suara tape sampe 0..hidupkan ac gak boleh sampe titik dingin terendah..

punya saya sih gak begitu awet2 aja...klo rusak ya namanya barang udah waktunya emang mau rusak..jd santai aja...
Kalo gak rusak nanti gak ada rejeki baru datang.. :wkkk:
Image
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)

Post by kompresorz »

Hansen wrote:
kompresorz wrote:ada lg teori lain..

teman saya klo naik turunkan kaca mobil harus 1 persatu...matikan mesin harus urut dulu matikan ac,kecilkan suara tape sampe 0..hidupkan ac gak boleh sampe titik dingin terendah..

punya saya sih gak begitu awet2 aja...klo rusak ya namanya barang udah waktunya emang mau rusak..jd santai aja...
Kalo gak rusak nanti gak ada rejeki baru datang.. :wkkk:
pintarrr... :big_comfort: :big_comfort: :big_comfort:

:wkkk:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)

Post by Hansen »

kompresorz wrote:
Hansen wrote:
kompresorz wrote:ada lg teori lain..

teman saya klo naik turunkan kaca mobil harus 1 persatu...matikan mesin harus urut dulu matikan ac,kecilkan suara tape sampe 0..hidupkan ac gak boleh sampe titik dingin terendah..

punya saya sih gak begitu awet2 aja...klo rusak ya namanya barang udah waktunya emang mau rusak..jd santai aja...
Kalo gak rusak nanti gak ada rejeki baru datang.. :wkkk:
pintarrr... :big_comfort: :big_comfort: :big_comfort:

:wkkk:
:wkkk: :mky_07: :wkkk:
Image
User avatar
an15wn
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 467
Joined: Fri Aug 15, 2008 23:31
Location: Jakarta Timur

Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)

Post by an15wn »

Lha tukang ingsinyurnya kan dah bikin perhitungan ama tuh barang. Kalo perlu arus gede paa nyala barengan, ya tinggal gedein aja arus master sekringnya.

Dan PS dan steering systemnya juga mustinya dah dihitung utk belok2 patah dan lain2. Kalo rusak, bisa jadi bukan karena desainnya atau pemakaiannya, tapi pada kualitas produksi komponennya. Walaupun ada juga yg emang desain fak bener. Makanya suka ada revisi desain.
User avatar
sepatupuma
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 198
Joined: Tue Oct 01, 2013 8:02
Location: DCI Djakarta

Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)

Post by sepatupuma »

Waktu jaman2 belajar nyetir, sy pernah diajari supaya kalo memutar setir itu dalam keadaan mobil menggelinding. Maksudnya supaya beban kerja tie-rod & long tie rod lebih ringan, jadi ga cepat rusak. Mitos?
Kalo cuma buat tampilan, berarti ga ada fungsinya. Kalo ga ada fungsinya, buat apa dipasang?
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11010
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)

Post by marmut »

sepatupuma wrote:Waktu jaman2 belajar nyetir, sy pernah diajari supaya kalo memutar setir itu dalam keadaan mobil menggelinding. Maksudnya supaya beban kerja tie-rod & long tie rod lebih ringan, jadi ga cepat rusak. Mitos?
mungkin lebih tepatnya "beban kerja otot tangan dan pundak lebih ringan". karena belum power steering.
hariy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT

Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)

Post by hariy »

saya sering mutar setir saat mesin nyala tapi mobil masih diem..pernah punya avz, xenia yg masih PS fluida, jes lawas yg udah EPS, skrg pake GE8 yg juga EPS. toh tidak pernah rusak (tapi ga ngarep rusak, jangan sampe dech..mahal). buat kia, dari jaman sephia (timor), carnival, carens yg masih pake PS fluida, emang haram kalo sering mentokin setir waktu manuver parkir (lhah, gimana ga mentok kalo parkir sempit??) karna selang minyak PS (piton-bhs bengkel jalanan) mutu bahan asal pabriknya kurang baik. jadi sering bocor/pecah ga kuat nahan tekanan minyak PS..driver harus mengenali karakter mobilnya, dg cari info sebanyak2nya saat maen ke bengkel. lebih baik mengetahui secara langsung/mengalami sendiri, bukan karena katanya...katanya...dan katanya...cmiiw. :big_peace:
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7363
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)

Post by newrubble »

Tdk apa apa...kalo sampai rusak pasti sy complaint ...kalo end up hassle ...sy perkarakan ...tdk perlu ribut fg mechanic atau foreman ...kasian mrk ...surati sy brand principal nya baik baik
aryaguna
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Sun May 11, 2014 12:16

Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)

Post by aryaguna »

soory klo udh ada yg nanya sebelumnya...
klo EPS sering diputar sampe patah abis/mentok gmana ?
hariy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT

Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)

Post by hariy »

aryaguna wrote:soory klo udh ada yg nanya sebelumnya...
klo EPS sering diputar sampe patah abis/mentok gmana ?
tidak apa2 om..EPS cuma bermasalah kalo aki sering soak dan grease (gemuk) kering.
User avatar
sirahngelu
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 336
Joined: Wed Mar 26, 2014 20:34
Location: Surabaya

Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)

Post by sirahngelu »

kompresorz wrote:ada lg teori lain..

teman saya klo naik turunkan kaca mobil harus 1 persatu...matikan mesin harus urut dulu matikan ac,kecilkan suara tape sampe 0..hidupkan ac gak boleh sampe titik dingin terendah..
Kalau aku, pas buka pintu jendela musti dalam keadaan tertutup semua.
Dan hanya ada 1 pintu yg boleh terbuka dalam 1 waktu. Sebelum buka pintu lain, pintu tadi ditutup dulu.
Jadi sewaktu pintu ditutup, udara di dalamnya akan menahan laju pintu supaya gak terbanting terlalu keras.
Maklum mobil bodi tipis, suaranya menyayat hati kalau pintu ditutup keras.

Prakteknya sih susah, apalagi kalau sedang muatan penuh. :frm_bang_head:

Code: Select all

opensource enthusiast.

walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3146
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)

Post by walid_007 »

Klo d setir keluar bunyi nguk nguk tu artinya knapa?

Apa memang eps gitu?
engine roaring!
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)

Post by nugroho bagor »

...................... :ngacir:
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)

Post by montirangin »

klaharnya harusnya ada masalah
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7363
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)

Post by newrubble »

Jatah parkir mobil sy uphill ...pastinya steer tdk bole arah lurus ...ada tuh di manual saat mau ambil sim ...


jaman dulu sekali di jkt ...thn 70-80ahir ...citroen DS brougham maupun CX pallas prestige ...tiap parkir, supir, ibu sy maupun alm ayah tdk pernah luruskan steer ...krn steer akan perlahan lurus sendiri ...meski ignition off ...hal yg tdk terjafi pd citroen CX avant punya professor musik harpa sini di tempat sy ajar...mungkin krn USDM ....steer nya bisa tetap belok saat engine off
User avatar
ibar78
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1292
Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
Location: mtg, jakarta
Daily Vehicle: toyota fans boys

Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)

Post by ibar78 »

kalo mobil dulu yg power stereg sih kayanyanya gpp muter duluan sebelum mesin hidup. nah kalo mobil sekarang yg pake ps atau eps atau lainnya mungkin sebaiknya pas mesin nyala baru muter. walopun canggih, mobil sekarang kan ringkih...lihat aja noh bmw atau merci. kalo ga drawat bener risko bakal kebakar....hehehehhe
:popcorn: