Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik

Mau mengadakan polling? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Interval ganti oli mesin mobil rekan rekan smers

1. 10.000 km tanpa lihat waktu
16
16%
2. 7.500 Km tanpa lihat waktu
10
10%
3. 5.000 Km tanpa lihat waktu
16
16%
4. 3.000 Km tanpa lihat waktu
3
3%
5. 10.000 Km atau 12 bulan yang mana tercapai duluan)
20
21%
6. 7.500 Km atau 9 bulan (yg mana duluan tercapai)
6
6%
7. 5.000 Km atau 6 bulan (yg mana duluan tercapai)
19
20%
8. 3.000 Km atau 3 bulan (yg mana duluan tercapai)
2
2%
9. setelah cek dipstick dan oli sudah hitam
1
1%
10. lain lain tolong sebutkan
4
4%
 
Total votes: 97

andrijet
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 785
Joined: Sat May 17, 2014 23:11

Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik

Post by andrijet »

POS VETT wrote:Tidak ada istilahnya onboard self diagnostic kualitas dan timing penggantian oli. Adanya perhitungan umur oli melalui algorithm yang parameter2-nya diambil dari rpm, posisi pedal gas, gigi, temperatur oil, dan temperatur coolant. Mau dikasih oli bekas, minyak goreng, oli rem, minyak tanah, alkohol, atau diisi air, oil life meter tidak bakalan tau.
Itu istilah saya pribadi aja om untuk memudahkan pemahaman, hehehe...

Di mobil saya 'onboard self diagnostic' atau 'oil life meter' menurut om, menghasilkan hitungan yang variable soalnya.

Mulai dari 12.000km, turun ke 10.000km, naik ke 10.500km, dan naik lagi 10.700km seiring berjalannya waktu.

Oil life meter gak akan tau mesin diisi Bimoli atau Filma, hehehe..
Tugas sensor lain untuk teriak kalau mesin diisi Pocari Sweet.
:mky_03:
djia
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
Daily Vehicle: laptop_dan_hape

Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik

Post by djia »

Om-om,

Saya lagi nunggu ganti oli di auto2000 utk veloz saya di 5000 km.
Di new avanza saya sebelumnya biasanya pake castrol magnatec viskositas antara 5 atau 10. Pake castrol krn sejak ganti oli pertama (di auto2000 cabang ini juga) sama SA katanya pilihan yg paling bagus itu.
Kalo yg ini tadi beda SA. Awalnya mau dia pake oli Toyota. Trus saya tanya yg paling optimal biasanya apa? Dia kasih opsi Shell hx8. Dibanding castrol magnatec yg biasa saya pake juga katanya bagusan n mahalan shell hx8.

Estimasi harga oli Toyota 275rb, shell hx8 495rb :e-doh:
Akhirnya saya coba pilih shell hx8.
Kbtulan ada promo tune up gratis juga.

Rencana ganti oli bakal setiap 5rb km.

Menurut mastah2 di sini apa langkah saya sudah benar? Atau malah pemborosan?
Pemakaian mobil banyakan rute highway n agak jarang macet2an dalkot.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26921
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik

Post by DOHC »

imho dan cmiiw

kl sering berkendara highway sehh bahkan oli semi syn aj sayang om kl diganti per 5000 km... masi bagus itu oli nya... scara oli full syn kelas generik aj gapapa dihajar ampe 8000 km rute macet gila2an...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
djia
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
Daily Vehicle: laptop_dan_hape

Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik

Post by djia »

DOHC wrote:imho dan cmiiw

kl sering berkendara highway sehh bahkan oli semi syn aj sayang om kl diganti per 5000 km... masi bagus itu oli nya... scara oli full syn kelas generik aj gapapa dihajar ampe 8000 km rute macet gila2an...
saya rasa memang kemahalan seh saya pake shell hx8 ini. tapi sekalian pengen tau rasanya oli encer n agak mahal.

kalo sarannya gimana ya? kalo castrol magnatec interval 5rb km sekali apa bagus?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26921
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik

Post by DOHC »

spengalaman ane make ini HX8 dan scara butt o meter ane... malah ini HX8 bukan type oli encer2 amat loh om... malah ama idemitsu eco 5-30 atau oli honda 5-30 aj kayanya masi lebi encer neh 2 oli...

dan kl harganya agak mahal, somehow ane rasa ga worth it, krn yahh, scara butt, ear o meter dan feeling o meter ane jg ini oli ga stand out banget... malah cenderung bkin suara mesin agak kasar stelah beberapa rebu km dipake... penguapan jg ckup tinggi...

dgn budget yg sama hx8, ane pribadi lebi milih kendall gt-1

imho
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26921
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik

Post by DOHC »

sebenernya penggantian oli per 5000 km agak sayang sehh om... mendingan coba mundurin beberapa rebu km lg aj baru diganti... dan liat brapa bulan jg... di tret oli, ane ada post daleman jeroan mesin ipah ane yg setaonan trakir ini jd garage queen, oli diganti per 10 bulan sekali dgn oli 5-30 generik aj masi minim sludge... dulunya jg pake oli yg sama bsa ane pake ampe 8000 km baru diganti... pas dibongkar, nyaris ga ad sludge, dan camlobe jg masi alus mulus...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
hariy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT

Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik

Post by hariy »

saya vote nya yang lain2....

soale GE8 manula..eh manual saya keluaran 2008, dalam 2,5 taun terakhir (kira-kira 25rb++km) hanya 1x ganti oli. itupun merk 'biasa', fastron 10w40..


2 bulan kemaren sudah saya jual, belum sempat ganti oli lagi...
.
.
.
.
tapi dipstick waktu saya cek terakhir olinya sudah menghitam sih.... :mky_01:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik

Post by Turboman »

djia wrote:
Rencana ganti oli bakal setiap 5rb km.

Menurut mastah2 di sini apa langkah saya sudah benar? Atau malah pemborosan?
Pemakaian mobil banyakan rute highway n agak jarang macet2an dalkot.
Pemborosan banget

Kalau rute banyakkan highway malah ganti oli secara KM bisa jauh lebih panjang drpd yg mostly Dalkot

Kalau anda pakai oli semi synth dan 10.000 Km dicapai paling lama 6 bulan atau lebih cepat, ganti aja per 10 rb Km

Filter oli ganti setiap X ganti oli


FYI :
Ganti oli per 5000 Km adalah cerita 25 tahun yg lalu dimana :
- Kadar sulphur BBM masih tinggi
- Kadar wax pada oli masih agak tinggi
- Rata2 oli mineral based
- Additive pada oli belum se-advance skg

Perkecualian :
Jika mobil anda setahun cuman jalan 5000 KM yaaa oli apapun harus ganti dalam masa 12 bulan
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik

Post by Turboman »

hariy wrote:saya vote nya yang lain2....

soale GE8 manula..eh manual saya keluaran 2008, dalam 2,5 taun terakhir (kira-kira 25rb++km) hanya 1x ganti oli. itupun merk 'biasa', fastron 10w40..
Ini kelupaan ganti oli ceritanya ?
hariy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT

Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik

Post by hariy »

om turbo tau aja....

setahun pertama dari ganti oli cuma pengen ngetes berapa lama oli jadi item alias ngga laik pakai..eh, keterusan berbulan2 ngga ngecek oli mesin lagi. liat dipstick terakhir kali itu pun pas orang yg mo beli nelpon buat test drive, ya sekalian saya cek olinya..lhadalah, ternyata sudah blotong (item)..ya saya bilang saja sama calon pemiliknya buat secepatnya ganti oli. sama ganti oli transmisi yg entah brapa taun lupa saya cek..

:upss:
djia
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
Daily Vehicle: laptop_dan_hape

Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik

Post by djia »

Turboman wrote:
djia wrote:
Rencana ganti oli bakal setiap 5rb km.

Menurut mastah2 di sini apa langkah saya sudah benar? Atau malah pemborosan?
Pemakaian mobil banyakan rute highway n agak jarang macet2an dalkot.
Pemborosan banget

Kalau rute banyakkan highway malah ganti oli secara KM bisa jauh lebih panjang drpd yg mostly Dalkot

Kalau anda pakai oli semi synth dan 10.000 Km dicapai paling lama 6 bulan atau lebih cepat, ganti aja per 10 rb Km

Filter oli ganti setiap X ganti oli


FYI :
Ganti oli per 5000 Km adalah cerita 25 tahun yg lalu dimana :
- Kadar sulphur BBM masih tinggi
- Kadar wax pada oli masih agak tinggi
- Rata2 oli mineral based
- Additive pada oli belum se-advance skg

Perkecualian :
Jika mobil anda setahun cuman jalan 5000 KM yaaa oli apapun harus ganti dalam masa 12 bulan
Makasih om.
Kalo gitu ke depannya ganti oli semi synth tiap 10rb km aja.
User avatar
sukribo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 547
Joined: Fri Sep 06, 2013 3:44
Location: Surabaya

Re: RE: Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik

Post by sukribo »

hariy wrote: soale GE8 manula..eh manual saya keluaran 2008, dalam 2,5 taun terakhir (kira-kira 25rb++km) hanya 1x ganti oli. itupun merk 'biasa', fastron 10w40..
Lhaaaa.... Kok kasusnya sama kaya Jazz GD CVT 2008 ane dulu....
Ga ganti oli sampe 25k (2taun) dari baru... gegara mobil dipake nyonyah....
*dan nyonyah ga tau kalo mobil itu perlu ganti oli... :big_comfort:

Untungnya gapapa tuh... Sampe jalan 50k trus dijual... :D
**************
The only reason I'm giving it five stars is because I can't give it 14 - Clarkson
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26921
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik

Post by DOHC »

Jd inget mobil dinas ane dl.. kisup 7K lx karbu..... odo trakir mati di angka 300an rebu... pas d tangan ane ga jlas pake oli apa dan kapan d ganti.. mungkin ud taonan ga perna dganti kl.... skalinya ane pake kluar kota lgs overheat mulu pdahal radiator ga ad masalah... ngecek dipstik ud item banget dan ud d bawah level low.... pas ane mau ganti oli.. intip dr lubang pengisian ternyata ud lumpur smua....

Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik

Post by daftar »

nubi mau nimbrug nih,,
seandainya ada alat ukur RPM (bisa tau berapa juta/milyar RPM kendaraan kita berputar) mungkin itu yang paling cocok untuk patokan, argo taxi pake itu gak ya?. Karena tentunya ausnya oli sangat berhubungan dengan berapa kali mesin berputar :D
tapi sayangnya gak ada alat tsb

menurut saya ganti oli (mesin) yang paling bagus buat patokan adalah seperti mesin genset, yaitu melihat berapa JAM mesin menyala.
Mungkin timer seperti ini tidak ada pada mobil biasa, tapi pada kendaraan besar seperti BUS dan Truk ada beberapa yang dipasang Timer untuk menghitung berapa jam mesin menyala.

ini sangat logis sekali, karena sebenarnya Kilometer tidak ada korelasinya langsung dengan berapa kali silinder mesin berputar atau berapa jam mesin menyala atau gampangnya putaran roda tidak mencerminkan kinerja mesin. Tergantung cara mengendarai mobilnya (cepat atau lambat) dan kondisi traffic jalan yang dilalui macet atau lancar. Dan selama ini orang mungkin hanya menggunakan feeling, misal kalo sering kena macet akan mengganti oli dengan KM lebih pendek daripada biasanya.
Ini untuk oli mesin, sedangkan untuk oli lain yang berhubungan langsung dengan putaran roda seperti oli gardan, oli transmisi maka menggunakan kilometer sudah sangat tepat karena kinerja alat2 tersebut selaras dengan putaran roda.

sayangnya timer untuk menghitung waktu nyala mesin tersebut tidak diberikan oleh pabrik, mungkin bisa dipasang sendiri seperti pada beberapa armada bus :)
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik

Post by nugroho bagor »

marmut wrote:
ilhami wrote:mungkin sebaiknya ada produk semacam testpack, dicelup ke oli langsung ketahuan harus ganti atau tidak.
nggak di pap smear sekalian oom?
:mky_01:
:ungg: ................ :ngacir:
Michaelktp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00

Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik

Post by Michaelktp »

daftar wrote:nubi mau nimbrug nih,,
seandainya ada alat ukur RPM (bisa tau berapa juta/milyar RPM kendaraan kita berputar) mungkin itu yang paling cocok untuk patokan, argo taxi pake itu gak ya?. Karena tentunya ausnya oli sangat berhubungan dengan berapa kali mesin berputar :D
tapi sayangnya gak ada alat tsb

menurut saya ganti oli (mesin) yang paling bagus buat patokan adalah seperti mesin genset, yaitu melihat berapa JAM mesin menyala.
Mungkin timer seperti ini tidak ada pada mobil biasa, tapi pada kendaraan besar seperti BUS dan Truk ada beberapa yang dipasang Timer untuk menghitung berapa jam mesin menyala.

ini sangat logis sekali, karena sebenarnya Kilometer tidak ada korelasinya langsung dengan berapa kali silinder mesin berputar atau berapa jam mesin menyala atau gampangnya putaran roda tidak mencerminkan kinerja mesin. Tergantung cara mengendarai mobilnya (cepat atau lambat) dan kondisi traffic jalan yang dilalui macet atau lancar. Dan selama ini orang mungkin hanya menggunakan feeling, misal kalo sering kena macet akan mengganti oli dengan KM lebih pendek daripada biasanya.
Ini untuk oli mesin, sedangkan untuk oli lain yang berhubungan langsung dengan putaran roda seperti oli gardan, oli transmisi maka menggunakan kilometer sudah sangat tepat karena kinerja alat2 tersebut selaras dengan putaran roda.

sayangnya timer untuk menghitung waktu nyala mesin tersebut tidak diberikan oleh pabrik, mungkin bisa dipasang sendiri seperti pada beberapa armada bus :)
Ulasan yang bagus brow. Saya pernah membaca berita di tabloid Otomotif yang intinya memang lebih baik berpatokan pada JAM kerja mesin bukan kilometer melulu. Yup seperti pada mesin genset. Karena kondisi jalanan apalagi kota besar yang semakin padat dan macet, sebenarnya sudah tidak tepat jika hanya kilometer mobil yang dipakai sebagai acuan ganti oli mesin.
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik

Post by r1409 »

daftar wrote:nubi mau nimbrug nih,,
seandainya ada alat ukur RPM (bisa tau berapa juta/milyar RPM kendaraan kita berputar) mungkin itu yang paling cocok untuk patokan, argo taxi pake itu gak ya?. Karena tentunya ausnya oli sangat berhubungan dengan berapa kali mesin berputar :D
tapi sayangnya gak ada alat tsb

menurut saya ganti oli (mesin) yang paling bagus buat patokan adalah seperti mesin genset, yaitu melihat berapa JAM mesin menyala.
Mungkin timer seperti ini tidak ada pada mobil biasa, tapi pada kendaraan besar seperti BUS dan Truk ada beberapa yang dipasang Timer untuk menghitung berapa jam mesin menyala.

ini sangat logis sekali, karena sebenarnya Kilometer tidak ada korelasinya langsung dengan berapa kali silinder mesin berputar atau berapa jam mesin menyala atau gampangnya putaran roda tidak mencerminkan kinerja mesin. Tergantung cara mengendarai mobilnya (cepat atau lambat) dan kondisi traffic jalan yang dilalui macet atau lancar. Dan selama ini orang mungkin hanya menggunakan feeling, misal kalo sering kena macet akan mengganti oli dengan KM lebih pendek daripada biasanya.
Ini untuk oli mesin, sedangkan untuk oli lain yang berhubungan langsung dengan putaran roda seperti oli gardan, oli transmisi maka menggunakan kilometer sudah sangat tepat karena kinerja alat2 tersebut selaras dengan putaran roda.

sayangnya timer untuk menghitung waktu nyala mesin tersebut tidak diberikan oleh pabrik, mungkin bisa dipasang sendiri seperti pada beberapa armada bus :)
kurang tepat juga kalo cuma berdasarkan jam nyala mesin.

ada mesin yang nyalanya lama tapi rpmnya rendah, seperti mesin mobil di perkotaan macet. ada juga mesin yang nyalanya sebentar tapi rpmnya tinggi, biasanya untuk pemakaian racing atau medan berat. ada juga mesin yang jarang dinyalakan, yang berarti jam pakainya sedikit. semua tergantung cara pemakaian.

yang lebih bener sih, adalah dari total rpm yang dilakukan oleh mesin. tapi cara inipun kurang efektif, karena menghitung total rpm mesin itu jumlahnya sangat banyak dan cukup merepotkan membuat counter putaran mesin.
tapi biarpun lebih bener, cara ini bukan yang paling bener karena masih ada parameter lain yang menentukan umur oli, seperti tingkat oksidasi dan kekotoran oli dari ruang mesin...

karena itulah, yang paling bener adalah rutin mengecek kondisi oli secara langsung di olinya. bisa pakai cara berikut:
1. cek dipstick, lihat fisik oli. kalau kondisinya masih bagus, ya oke. kalau sudah menunjukkan tanda2 penurunan kualitas (menghitam/kotor, mengental, dll) ya sebaiknya berarti timing penggantian sudah dekat. dan kualitas oli ini ga bisa bohong, biarpun oli ga dipakai kalau kondisinya udah jelek (misal gara2 oksidasi) ya harus diganti.
2. gunakan panca indera dan feeling. pakai butt-o-meter, kaki, telinga, dan perasaan. cara ini menuntut pemakainya peka terhadap perubahan kerja mesin, yaitu dari respon tarikan, getaran, bunyi, dll.
3. kalau mau lebih akurat lagi, ya test lab...
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik

Post by daftar »

memang sih, ya biarpun kurang tepat tapi pakai Jam masih lebih mending daripada pakai kilometer kan om,
cek dipstick memang bagus saya juga melakukan rutin hanya saja nggak semua orang awam atau pemakai corporate akan ngelakuin
:ngacir:
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3146
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik

Post by walid_007 »

ikut manual book aja, beres..

IMO, seperti mobil disel dan bensin yang ber CC besar harusnya interval olinya bisa sampe 15 k km krn putaran mesin nya cenderung di bwah terus,,

sedangkan yg mesin 3 cyl / 1k CC dan kawan sejenisnya bisa di 5 k km krn mereka berpitar nya cukup tinggi rpm nya,,
engine roaring!
dimsum87
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Sun Nov 08, 2015 3:50

Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik

Post by dimsum87 »

Klo ane setiap 10.000km, karna buku manual bilang gtu. Dan bengkel resmi juga, asal olinya bagus bsa sampai 10.000km ngga masalah. Toh mesin sekaranh ini dah canggih.
Toh mbl ane jg jarang keluar, keluar pasti hanya weekend. Hehehe...
ekiiii
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 72
Joined: Thu Apr 14, 2016 9:35

Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik

Post by ekiiii »

5000 km

Lebih yakin dengan interval ini. Mesin terjaga, tidak perlu khawatir, tiba" bemacet ria.
User avatar
backfire
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 72
Joined: Sun Feb 28, 2010 6:12

Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik

Post by backfire »

Untuk Tokisul LGX '00 jaman Gus Dur, tiap 3000 km sy anggap cukup, lagipula ini Kijang jalannya hanya di weekend/hari libur saja... :D
True Power, True Spirit
ransyah1234
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sun Nov 23, 2014 5:25

Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik

Post by ransyah1234 »

Manual book dan beres bilang 10 ribu
Saya ikut aja

Ada yg ga beres klaim garansi kan mereka yg kerjain selama ini..sebelum garansi abis..jual..hehe
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik

Post by Turboman »

Kalo mau bener2 tepat bawa uji ke lab

Misal anda yakin oli yg anda pakai bisa 10 rb km, nah bawalah sample oli bekasnya ke lab, nanti lihat berapa angka TBN akhir dan visc kinematic-nya

Jika TBN akhir masih di atas 4 mg KOH dan visc kinematic masih di range SAE buntut berarti lulus

TAPI jika TBN akhir sudah di bawah 3,5 mg KOH, dan anda ingin mesin awet lebih baik potong interval servis, misal potong 1000 Km

Juga kalo visc kinematic sudah jatuh di bawah range SAE buntut, terutama utk oli buntut 30 dan 20
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik

Post by nugroho bagor »

ransyah1234 wrote:Manual book dan beres bilang 10 ribu
Saya ikut aja

Ada yg ga beres klaim garansi kan mereka yg kerjain selama ini..sebelum garansi abis..jual..hehe
Begitu ya bisa om,kalau saya,mau lepas mobil kasih yang terbaik buat pembeli2 selanjutnya,saya omong apa adannya,malah sering saya ganti oli2 semua,dan pembeli mobil2 saya rata2 jadi kawan baik,jangan nyusahin pembeli selanjutnya,IMHO :frm_salut: