Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik

Mau mengadakan polling? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Interval ganti oli mesin mobil rekan rekan smers

1. 10.000 km tanpa lihat waktu
16
16%
2. 7.500 Km tanpa lihat waktu
10
10%
3. 5.000 Km tanpa lihat waktu
16
16%
4. 3.000 Km tanpa lihat waktu
3
3%
5. 10.000 Km atau 12 bulan yang mana tercapai duluan)
20
21%
6. 7.500 Km atau 9 bulan (yg mana duluan tercapai)
6
6%
7. 5.000 Km atau 6 bulan (yg mana duluan tercapai)
19
20%
8. 3.000 Km atau 3 bulan (yg mana duluan tercapai)
2
2%
9. setelah cek dipstick dan oli sudah hitam
1
1%
10. lain lain tolong sebutkan
4
4%
 
Total votes: 97

User avatar
romi10
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 379
Joined: Fri Oct 17, 2014 3:16
Location: Tebet

Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik

Post by romi10 »

Turboman wrote:
romi10 wrote: Cm knp ga d rekomendasiin sm beres ya waktu saya service km 1000?

Pdhal kan menguntungkan sekali utk mereka setiap mobil baru yg km 1000 ganti oli..
Benar, skg hampir semua mobil lgs saranin ganti di KM 5000 or 10.000 sejak dari baru

Kalo feeling saya pribadi sih melihat ini ada unsur "Business politic".....sama halnya dgn anjuran ATF ganti 80 rb / 100 rb Km or bahkan lifetime

Yah......kalo mobil pada awet2 hingga di atas 7 tahun......interval ganti mobil user jadi lebih panjang.........sedangkan pabrik target tiap tahun penjualan terus ditingkatkan........dan silakan tebak kelanjutannya

saya pribadi sih punya feeling bukan gak mungkin suatu hari nanti ada mobil yg dianjurkan tidak perlu ganti oli mesin.......pokoke rusak ya buang aja mobilnya..........
:big_grin:
Maaf ya om kalo ini saya kurang setuju.. :mky_01:

Selama ini saya liat realitanya orang jarang sekali ganti mobil karena ada masalah sama mesin karena telat ganti oli, apalagi dalam kurun waktu 7 taun ane yakin mobil2 skg mesinnya uda pada tahan banting, even merek korea sekalipun...Menurut saya yang membuat mesin jadi kurang tenaga dan penurunan performa adalah BBM bersubsidi (RON 88)...

Tp mostly emang orang ganti mobil karena bosan dengan mobil itu sendiri atau masalah bunyi2an yang ada di interior/kaki2 yang ga kunjung hilang meski uda di ganti..

Saya aja ganti mobil tiap 2 taun sekali cm karena memang bosan dengan mobil itu sendiri..

Maap ya nubie yang sotoy ini punya pendapat sendiri.. :big_peace:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik

Post by imsus2c »

romi10 wrote:
Turboman wrote:
romi10 wrote: Cm knp ga d rekomendasiin sm beres ya waktu saya service km 1000?

Pdhal kan menguntungkan sekali utk mereka setiap mobil baru yg km 1000 ganti oli..
Benar, skg hampir semua mobil lgs saranin ganti di KM 5000 or 10.000 sejak dari baru

Kalo feeling saya pribadi sih melihat ini ada unsur "Business politic".....sama halnya dgn anjuran ATF ganti 80 rb / 100 rb Km or bahkan lifetime

Yah......kalo mobil pada awet2 hingga di atas 7 tahun......interval ganti mobil user jadi lebih panjang.........sedangkan pabrik target tiap tahun penjualan terus ditingkatkan........dan silakan tebak kelanjutannya

saya pribadi sih punya feeling bukan gak mungkin suatu hari nanti ada mobil yg dianjurkan tidak perlu ganti oli mesin.......pokoke rusak ya buang aja mobilnya..........
:big_grin:
Maaf ya om kalo ini saya kurang setuju.. :mky_01:

Selama ini saya liat realitanya orang jarang sekali ganti mobil karena ada masalah sama mesin karena telat ganti oli, apalagi dalam kurun waktu 7 taun ane yakin mobil2 skg mesinnya uda pada tahan banting, even merek korea sekalipun...Menurut saya yang membuat mesin jadi kurang tenaga dan penurunan performa adalah BBM bersubsidi (RON 88)...

Tp mostly emang orang ganti mobil karena bosan dengan mobil itu sendiri atau masalah bunyi2an yang ada di interior/kaki2 yang ga kunjung hilang meski uda di ganti..

Saya aja ganti mobil tiap 2 taun sekali cm karena memang bosan dengan mobil itu sendiri..

Maap ya nubie yang sotoy ini punya pendapat sendiri.. :big_peace:
Kalau performa memang benar sebagian besar dari BBM-nya.
Untuk durabilitas mesin, sepengalaman saya lebih banyak ditentukan kualitas pelumas-nya.

Kalau durasi pakai mobilnya 2 tahunan sih mungkin emang ngga gitu terasa.
Tapi yg pakai jangka panjang, anggap saja diatas 5thn, bisa lumayan bedanya.

Btw, kalau sering hobby diy otak-atik mesin mobil, apalagi kalau seneng dan punya kenalan/main ke bengkel mobil, bisa mengubah perspektif orang mengenai pelumas mesin.
Dalam beberapa kasus temen saya, malah ada yg jadi paranoid sama pelumas, misalnya hanya mau pakai pelumas high-end atau memperpendek durasi penggantiannya.
Sejauh saya sering nongkrong di bengkel, sebagian besar problem mekanikal di mesin banyak berawal dari masalah pelumas.

cmiiw yah...sesama nubie :ungg:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik

Post by artoodetoo »

Wah, nubi ganti oli setiap 10.000 km :ungg:
Soalnya di buku petunjuk bilang begitu.
Aman gak ya?
Baca komentar2 di atas kok jadi parno sendiri :big_childish:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik

Post by Turboman »

Ya.....yang saya tulis juga itu khan pendapat saya sendiri & sifatnya disclaimer

Kalo soal ganti ATF yang super panjang sampe 80 rb / 100 rb Km itu efeknya udah ada buktinya tuh mas........Ipah di manualnya suru ganti ATF 80 rb Km, pedagang mobil kalo ambil Ipah matic seken mrk hati2 dgn kondisi maticnya.......lalu anjuran ganti oli gardan baru ganti di 40 rb Km (Ipah) juga itu udah mayan banyak makan korban. Tapi kalo selama masih garansi diganti baru ama BeRes......yg cilaka kalo kejadian udah lewat masa garansi.

Utk mesin baru memang benar mesin skg gram-nya nggak spt mesin2 zaman dahulu, tapi saya pribadi sih percaya namanya mesin mass product tetap butuh break in, logika simple-nya :

- Pabrik menetapkan waktu baku produksi per mobil semakin lama semakin singkat, demi mengejar volume produksi per hari dan menurunkan biaya tenaga kerja scr relatif (krn dgn jumlah TK yg sama, output meningkat)

- Dengan sistem produksi cepat spt itu, tidak ada waktu utk proses pemolesan jeroan mesin & proses break in

Jadi user-lah yg harus lakukan break in, bbrp ribu Km pertama dgn oli mineral idealnya

Beda kasusnya dgn mobil2 kelas "Boutique" macam kuda jingkrak / Banteng nanduk / AMG & yg sekelasnya, produksi mereka enggak dikejar2......mrk ada prosedur utk machining jeroan mesin sampe alus & break in process......maka itu keluar dr showroom lgs dgn oli Full Synth

Kembali ke mobil mass product :
Memang sih antara proper break in vs lgs aja tancap ganti oli jarak jauh ya bedanya gak akan terlihat dalam waktu singkat & not properly break in juga gak akan bikin mesin jebol asal sesudahnya kita maintenance teratur

Tapi kalau saya pribadi sih krn ingin hasil sempurna ya biasanya mobil baru lgs saya ganti olinya paling lambat 1000 - 2000 KM

Prinsip saya = toh oli gak berapa duit......gak akan bikin kita TongPes........selama break in pakeknya juga oli mineral.......

Ya semua kembali ke masing2 user ya...........terserah mau perlakukan mobilnya spt apa...........kita di sini cuman sharing hal2 yg sifatnya baik & reasonable aja dari segi biaya & waktu


Di bawah ini ilustrasi mesin baru sebelum & sesudah break in :
Image

http://www.ntnoa.org/enginebreakin.htm
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik

Post by Turboman »

artoodetoo wrote:Wah, nubi ganti oli setiap 10.000 km :ungg:
Soalnya di buku petunjuk bilang begitu.
Aman gak ya?
Baca komentar2 di atas kok jadi parno sendiri :big_childish:
Kalo olinya Full Synth dan durasi gak lebih dr 12 bulan gpp

Saya terakhir pakai Mobil Delvac1 - 5W40 di D4 D malah ganti sampai hampir 16.000 Km.........YES.....almost 16.000 Km.......durasi 8 bulan

Hanya saja di 10.000 Km saya ganti filter oli dan ada Top Up............

Saya berani lakukan ini karena ada teman test lab Delvac1 jalan 11 rb Km, angka TBN masih cukup tinggi & visc kinematic masih normal........benar2 robust sekali
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik

Post by artoodetoo »

Turboman wrote: Kalo olinya Full Synth dan durasi gak lebih dr 12 bulan gpp
OK noted om Turbo.
Makasih banyak.
Besok kalo ke beres lagi harus memastikan olinya Full Synth
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik

Post by Turboman »

Oli TGMO 5W30 synthetic ane bareng teman pernah test sampe 10.500 Km di Ipah TR-FE teman, durasi 10 - 11 bulan

abis itu bawa ke Lab

hasilnya dinyatakan oli masih baik & layak pakai........data2 detailnya ada

*Bukan seles oli tgmo*
User avatar
romi10
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 379
Joined: Fri Oct 17, 2014 3:16
Location: Tebet

Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik

Post by romi10 »

Kalo prinsip ane jaga mesin itu adalah :
1. Pake oli mesin sesuai buku manual is a must (jangan gonta ganti merek oli keseringan, ibarat kita gonta ganti merek sampo rambut jadi rusak kan) :big_biglaugh:
2. Interval ganti oli di km 0-5000 mobil di bawa ngebut / di tarik2 gapapa sekalian buat bersihin mesin, tapi setelah 6000 - 10.000 bawa kalem aja soalnya oli uda ga fresh lagi alias uda banyak kotorannya tp masi layak pakai..
3. Ganti oli 12 bulan atau km 10.000 mana yang tercapai dlan..
4. Jangan di biasain parkir nyalain ac (pernah turun mesin gara2 ini true story, mobil KIA Carnival)
5. Jangan tune up mobil di sembarang bengkel (pernah turun mesin gara2 ini true story, mobil honda city Z)
6. Usahain banget2 sebulan sekali minimal isi bensin FULL RON 92 buat bersihin kerak2 di mesin, kalo bisa pas abis ganti oli sekalian italian tune up.. di zamin tu mesin jadi enak lagi..

Ini si menurut pengalaman nubie aja.. :big_blushing:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik

Post by Turboman »

romi10 wrote:Kalo prinsip ane jaga mesin itu adalah :
1. Pake oli mesin sesuai buku manual is a must (jangan gonta ganti merek oli keseringan, ibarat kita gonta ganti merek sampo rambut jadi rusak kan) :big_biglaugh:
2. Interval ganti oli di km 0-5000 mobil di bawa ngebut / di tarik2 gapapa sekalian buat bersihin mesin, tapi setelah 6000 - 10.000 bawa kalem aja soalnya oli uda ga fresh lagi alias uda banyak kotorannya tp masi layak pakai..
3. Ganti oli 12 bulan atau km 10.000 mana yang tercapai dlan..
4. Jangan di biasain parkir nyalain ac (pernah turun mesin gara2 ini true story, mobil KIA Carnival)
5. Jangan tune up mobil di sembarang bengkel (pernah turun mesin gara2 ini true story, mobil honda city Z)
6. Usahain banget2 sebulan sekali minimal isi bensin FULL RON 92 buat bersihin kerak2 di mesin, kalo bisa pas abis ganti oli sekalian italian tune up.. di zamin tu mesin jadi enak lagi..

Ini si menurut pengalaman nubie aja.. :big_blushing:
:big_exellent: :big_exellent: :big_exellent:

Nice sharing um
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik

Post by amfibi »

romi10 wrote:Kalo prinsip ane jaga mesin itu adalah :
1. Pake oli mesin sesuai buku manual is a must (jangan gonta ganti merek oli keseringan, ibarat kita gonta ganti merek sampo rambut jadi rusak kan) :big_biglaugh:
2. Interval ganti oli di km 0-5000 mobil di bawa ngebut / di tarik2 gapapa sekalian buat bersihin mesin, tapi setelah 6000 - 10.000 bawa kalem aja soalnya oli uda ga fresh lagi alias uda banyak kotorannya tp masi layak pakai..
3. Ganti oli 12 bulan atau km 10.000 mana yang tercapai dlan..
4. Jangan di biasain parkir nyalain ac (pernah turun mesin gara2 ini true story, mobil KIA Carnival)
5. Jangan tune up mobil di sembarang bengkel (pernah turun mesin gara2 ini true story, mobil honda city Z)
6. Usahain banget2 sebulan sekali minimal isi bensin FULL RON 92 buat bersihin kerak2 di mesin, kalo bisa pas abis ganti oli sekalian italian tune up.. di zamin tu mesin jadi enak lagi..

Ini si menurut pengalaman nubie aja.. :big_blushing:
Carnival mah didiemin ato dipake santai juga pasti bakal turun mesin, om... :mky_03:
User avatar
romi10
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 379
Joined: Fri Oct 17, 2014 3:16
Location: Tebet

Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik

Post by romi10 »

amfibi wrote:
romi10 wrote:Kalo prinsip ane jaga mesin itu adalah :
1. Pake oli mesin sesuai buku manual is a must (jangan gonta ganti merek oli keseringan, ibarat kita gonta ganti merek sampo rambut jadi rusak kan) :big_biglaugh:
2. Interval ganti oli di km 0-5000 mobil di bawa ngebut / di tarik2 gapapa sekalian buat bersihin mesin, tapi setelah 6000 - 10.000 bawa kalem aja soalnya oli uda ga fresh lagi alias uda banyak kotorannya tp masi layak pakai..
3. Ganti oli 12 bulan atau km 10.000 mana yang tercapai dlan..
4. Jangan di biasain parkir nyalain ac (pernah turun mesin gara2 ini true story, mobil KIA Carnival)
5. Jangan tune up mobil di sembarang bengkel (pernah turun mesin gara2 ini true story, mobil honda city Z)
6. Usahain banget2 sebulan sekali minimal isi bensin FULL RON 92 buat bersihin kerak2 di mesin, kalo bisa pas abis ganti oli sekalian italian tune up.. di zamin tu mesin jadi enak lagi..

Ini si menurut pengalaman nubie aja.. :big_blushing:
Carnival mah didiemin ato dipake santai juga pasti bakal turun mesin, om... :mky_03:
iya juga si.. :mky_01:
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik

Post by ricz »

imingwahyudi wrote:Ada kolega saya yang rawat C230K nya dengan patokan seperti ini


Oli mesin per 3 bulan sekali, maksimal 6 bulan sekali tanpa patokan kilometer
Oli lain lainnya satu tahun sekali, ATF ganti total, ga cuma nadah tambah doang.
Oli supercharger ganti 2 tahun sekali, mulai rutin ganti 2010 karena ternyata bisa dan harus diganti.

Hasilnya? Going strong dari 1997-2015 tanpa kedengeran mencek mencek[emoji8]

Paling mencek mencek denger tagihannya doang[emoji85] [emoji92]
Kolega atau...... :mky_03: :mky_03:


Sent from Nokia 7650 using Tapatalk
2021 Fortuner VRZ
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik

Post by amfibi »

ricz wrote:
imingwahyudi wrote:Ada kolega saya yang rawat C230K nya dengan patokan seperti ini


Oli mesin per 3 bulan sekali, maksimal 6 bulan sekali tanpa patokan kilometer
Oli lain lainnya satu tahun sekali, ATF ganti total, ga cuma nadah tambah doang.
Oli supercharger ganti 2 tahun sekali, mulai rutin ganti 2010 karena ternyata bisa dan harus diganti.

Hasilnya? Going strong dari 1997-2015 tanpa kedengeran mencek mencek[emoji8]

Paling mencek mencek denger tagihannya doang[emoji85] [emoji92]
Kolega atau...... :mky_03: :mky_03:


Sent from Nokia 7650 using Tapatalk
Jahat amat ko dibilang kolega... :mky_03:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26921
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik

Post by DOHC »

cek garasi... buka kap mesin si ipah...

# oli masi level aman
# bahh odo baru 3200 km
# bah oli ud ampir 8 bulan pula umur nya

ganti ga yahh.... :big_think: :big_think: :big_think:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik

Post by POS VETT »

Kalau interval secara jarak masih terlalu rendah, pakai interval waktu setahun Tunggu sampai satu tahun umur olinya sebelum diganti.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26921
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik

Post by DOHC »

oli dgn embel2 full syn... tp kualitas nya kelas moderate... mungkin 2 bulan lagi ane ganti aj dehh... kl ini skalian pake yg kelas agak bagusan...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2968
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik

Post by imingwahyudi »

amfibi wrote:
ricz wrote:
imingwahyudi wrote:Ada kolega saya yang rawat C230K nya dengan patokan seperti ini


Oli mesin per 3 bulan sekali, maksimal 6 bulan sekali tanpa patokan kilometer
Oli lain lainnya satu tahun sekali, ATF ganti total, ga cuma nadah tambah doang.
Oli supercharger ganti 2 tahun sekali, mulai rutin ganti 2010 karena ternyata bisa dan harus diganti.

Hasilnya? Going strong dari 1997-2015 tanpa kedengeran mencek mencek[emoji8]

Paling mencek mencek denger tagihannya doang[emoji85] [emoji92]
Kolega atau...... :mky_03: :mky_03:


Sent from Nokia 7650 using Tapatalk
Jahat amat ko dibilang kolega... :mky_03:
Psssshtttt :mky_01: :upss:
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik

Post by Cloud »

Jadi penasaran, selama ini selalu mileage yang jadi patokan buat dites, kalo oli jarang pake, tapi kadaluarsa, misal baru 2000 km, tapi dh 4 tahun menghuni engine lalu ditest di corlab, hasilnya gimana y? masih layakkah?
User avatar
romi10
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 379
Joined: Fri Oct 17, 2014 3:16
Location: Tebet

Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik

Post by romi10 »

Just info kalo honda selalu ngasi oli 0-20w full syntetic buat mobil2 barunya setelah keluar dari pabrik sampe service rutin berikutnya.. Uda ane konfirmasi sm SAnya waktu ane service mobil 10k
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik

Post by edward »

Ikutan nimbrung,utk innova 2010 ane,selalu ganti oli di bulan ke 6,ga liat2 odo nya berapa....
makanya sekarang jadi kaget sendiri,km br 56rb tapi sudah service 80rb di beres....
(sepertinya sekarang saat yg tepat utk ninggalin beres)...service 80rb terakhir kena 3.5juta sendiri wkwkwkw

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik

Post by b8099ok »

edward wrote:Ikutan nimbrung,utk innova 2010 ane,selalu ganti oli di bulan ke 6,ga liat2 odo nya berapa....
makanya sekarang jadi kaget sendiri,km br 56rb tapi sudah service 80rb di beres....
(sepertinya sekarang saat yg tepat utk ninggalin beres)...service 80rb terakhir kena 3.5juta sendiri wkwkwkw
Anjir, 3,5jt tu apaan aja om? Termasuk jasa pake spg kah? :ngacir:
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik

Post by Turboman »

Cloud wrote:Jadi penasaran, selama ini selalu mileage yang jadi patokan buat dites, kalo oli jarang pake, tapi kadaluarsa, misal baru 2000 km, tapi dh 4 tahun menghuni engine lalu ditest di corlab, hasilnya gimana y? masih layakkah?
jangankan 4 tahun, wong dalam 18 bulan aja TBN bisa drop banget walau Km masih dikit jalannya

Makanya kalo beli mobil yg VIN lama maka oli sebaiknya segera diganti / minta dealernya ganti dulu olinya sebelum unit serah terima
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik

Post by edward »

b8099ok wrote:
edward wrote:Ikutan nimbrung,utk innova 2010 ane,selalu ganti oli di bulan ke 6,ga liat2 odo nya berapa....
makanya sekarang jadi kaget sendiri,km br 56rb tapi sudah service 80rb di beres....
(sepertinya sekarang saat yg tepat utk ninggalin beres)...service 80rb terakhir kena 3.5juta sendiri wkwkwkw
Anjir, 3,5jt tu apaan aja om? Termasuk jasa pake spg kah? :ngacir:
Ada bon nya tuh,tapi ga termasuk spg deh... :big_peace:

Semua point yg ada di buku manual di cek,spt nya krn termasuk ganti filter AC...(600rb an)

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
andrijet
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 785
Joined: Sat May 17, 2014 23:11

Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik

Post by andrijet »

Ganti oli sesuai Buku Panduan Servis aja.
Mobil zaman sekarang biasanya per 10.000km.
Lumayan buat menghijaukan bumi yang sudah tua ini.
Ganti oli sering-sering selain boros, juga amat menyiksa lingkungan (limbahnya).
Percuma kl mesin mobil sehat tapi lingkungan kita sakit.

Mobil eropa malah bs self diagnostic kualitas dan timing penggantian olinya.
Sering dipakai ngebut dan macet-macetan, mobil minta ganti oli lebih cepat.
Sering dipakai cruising santai di-TOL interval penggantian oli lebih panjang.
Mungkin beberapa tahun ke depan mobil Jepang akan punya fitur seperti ini.
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik

Post by POS VETT »

Tidak ada istilahnya onboard self diagnostic kualitas dan timing penggantian oli. Adanya perhitungan umur oli melalui algorithm yang parameter2-nya diambil dari rpm, posisi pedal gas, gigi, temperatur oil, dan temperatur coolant. Mau dikasih oli bekas, minyak goreng, oli rem, minyak tanah, alkohol, atau diisi air, oil life meter tidak bakalan tau.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"