klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT ???
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT
Salken jg om. Sipp, gitu doong...nimbrung.
GWK = garuda wisnu kencana ?
GWK = garuda wisnu kencana ?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT
Gak usah takut ama CVT. Tuh ratusan ribu Mio pakai CVT gak masalah, ada yg boncengan berjamaah ada yg dipakai turing, dll. Yang pertama kalah biasanya bukan beltnya sih, tapi rollernya. Makanya sekarang banyak dijual roller aftermarket seperti Mallusi dan Panoli. Bobotnya juga macam2, ada yg mentingin akselerasi ada yg mendukung top speed. Kalau misalnya antara rpm dan akselerasinya gak match (ngeden), itu mungkin ECU girboxnya bisa diset ulang. Kalau mobil saya sih ada dua setting economy (jadinya ngeden tapi irit) dan sporty (akselerasi lebih cepat tapi boros).
Walau saya ilfil ama Nissan setelah peristiwa Jukenya Olivia, tapi mungkin saja belt itu putus bukan karena usia tapi mungkin karena ngejam. Nyatanya Vespa Corsa aja banyak yang masih gelinding dengan belt aslinya, gak ada masalah. Bukannya saya mengatakan XTrail kalah ama Mio lho ya. Bisa saja karena menerjang banjir lumpur, ketusuk ranting pohon, bengkelnya jail dll. Kalau kita perhatikan Belt putus ya putus aja, kenapa harus ganti segelondongan?
Teknologi CVT ini dibanned di dunia balap, dulu mobil Williamsnya David Coulthard dipasangi, tapi gak boleh tanding karena "unfair advantage".
Walau saya ilfil ama Nissan setelah peristiwa Jukenya Olivia, tapi mungkin saja belt itu putus bukan karena usia tapi mungkin karena ngejam. Nyatanya Vespa Corsa aja banyak yang masih gelinding dengan belt aslinya, gak ada masalah. Bukannya saya mengatakan XTrail kalah ama Mio lho ya. Bisa saja karena menerjang banjir lumpur, ketusuk ranting pohon, bengkelnya jail dll. Kalau kita perhatikan Belt putus ya putus aja, kenapa harus ganti segelondongan?
Teknologi CVT ini dibanned di dunia balap, dulu mobil Williamsnya David Coulthard dipasangi, tapi gak boleh tanding karena "unfair advantage".
Ready to Race
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2726
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125
Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT
itu disuruh ganti segelondong di beres nissan omasudarsono wrote:Gak usah takut ama CVT. Tuh ratusan ribu Mio pakai CVT gak masalah, ada yg boncengan berjamaah ada yg dipakai turing, dll. Yang pertama kalah biasanya bukan beltnya sih, tapi rollernya. Makanya sekarang banyak dijual roller aftermarket seperti Mallusi dan Panoli. Bobotnya juga macam2, ada yg mentingin akselerasi ada yg mendukung top speed. Kalau misalnya antara rpm dan akselerasinya gak match (ngeden), itu mungkin ECU girboxnya bisa diset ulang. Kalau mobil saya sih ada dua setting economy (jadinya ngeden tapi irit) dan sporty (akselerasi lebih cepat tapi boros).
Walau saya ilfil ama Nissan setelah peristiwa Jukenya Olivia, tapi mungkin saja belt itu putus bukan karena usia tapi mungkin karena ngejam. Nyatanya Vespa Corsa aja banyak yang masih gelinding dengan belt aslinya, gak ada masalah. Bukannya saya mengatakan XTrail kalah ama Mio lho ya. Bisa saja karena menerjang banjir lumpur, ketusuk ranting pohon, bengkelnya jail dll. Kalau kita perhatikan Belt putus ya putus aja, kenapa harus ganti segelondongan?
Teknologi CVT ini dibanned di dunia balap, dulu mobil Williamsnya David Coulthard dipasangi, tapi gak boleh tanding karena "unfair advantage".
tau sendiri kalo beres demennya ganti segelondong walaupun yg rusak cuma secuil
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT
betul.. CVT sebenernya awet-awet saja bung asudarsono... cuman ada yang perlu diperhatikan sama pengguna CVT.. CVT yang untuk mobil konvensional, diperuntukkan agar ekonomis dan nyaman... Tentunya jauh kurang reliabel untuk mendapat beban besar karena pemakaian sembarangan/asal-asalan.. Contoh gampangnya di Jazz GD3 dan Xtrail sudah banyak sekali yang kena masalah... karena mereka nggak tau cara rawatnya/pakainya...
Untuk yang F1, sistemnya tentunya agak berbeda dengan yang konensional karena belt yang digunakan memang khusus didesain mampu menahan beban sangat tinggi.
Masalahnya CVT yang ada di Nissan dan Mitsu yang lagi ngetren sekarang ini beneran konvensional lah.. sistem jadul... yang emang bukan buat nerima beban gede, tapi lebih buat ekonomis.
Saya harap user CVT tidak berpatokan ke cerita F1 sehingga meyakini kalau transmisi mereka luar biasa capable.
Intinya, kalau pakainya bener, maka CVT nggak akan ada masalah kok...
CMIIW.
Untuk yang F1, sistemnya tentunya agak berbeda dengan yang konensional karena belt yang digunakan memang khusus didesain mampu menahan beban sangat tinggi.
Masalahnya CVT yang ada di Nissan dan Mitsu yang lagi ngetren sekarang ini beneran konvensional lah.. sistem jadul... yang emang bukan buat nerima beban gede, tapi lebih buat ekonomis.
Saya harap user CVT tidak berpatokan ke cerita F1 sehingga meyakini kalau transmisi mereka luar biasa capable.
Intinya, kalau pakainya bener, maka CVT nggak akan ada masalah kok...
CMIIW.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT
Selamat datang di SM bos GWK...GWK wrote:Setelah lama menjadi Guest..dan akirnya menjadi Real Nubie..
Saya saat ini lebih memilih Planettary Gear Type..5 tahun lagi mungkin yakin pada CVT.
Salam hangat dan salam kenal buat para SMers.
My Best Rgds...
Busyet dah, ane lupa, Nissan masih setia sama CVT...Hansen wrote:ada, Elgrand 3.5Lmadcat015 wrote:Apakah ada mesin2 di atas 250hp yang pake CVT? Mohon pencerahan master2 sekalian.
Honda secara resmi uda meninggalkan CVT waktu Jazz + City ganti model di taon 2008. Good moves
Obey the mahakitteh.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT
emang pakai yg bener itu gmana om?AD74YA wrote:betul.. CVT sebenernya awet-awet saja bung asudarsono... cuman ada yang perlu diperhatikan sama pengguna CVT.. CVT yang untuk mobil konvensional, diperuntukkan agar ekonomis dan nyaman... Tentunya jauh kurang reliabel untuk mendapat beban besar karena pemakaian sembarangan/asal-asalan.. Contoh gampangnya di Jazz GD3 dan Xtrail sudah banyak sekali yang kena masalah... karena mereka nggak tau cara rawatnya/pakainya...
Untuk yang F1, sistemnya tentunya agak berbeda dengan yang konensional karena belt yang digunakan memang khusus didesain mampu menahan beban sangat tinggi.
Masalahnya CVT yang ada di Nissan dan Mitsu yang lagi ngetren sekarang ini beneran konvensional lah.. sistem jadul... yang emang bukan buat nerima beban gede, tapi lebih buat ekonomis.
Saya harap user CVT tidak berpatokan ke cerita F1 sehingga meyakini kalau transmisi mereka luar biasa capable.
Intinya, kalau pakainya bener, maka CVT nggak akan ada masalah kok...
CMIIW.
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT
mungkin salah oli?madcat015 wrote:Ane masih lebih prefer ke geared A/T dibandingkan CVT. Asal nyetir nya oke (baca: halus), pergantian bakal ga kerasa.
Satu hal yang bikin ane (masih) belum pilih CVT:
- Di Honda S*ver Surabaya ane pernah nemu Jazz 2003 iDSI A/T. CVT nya jebol ga tau napa. Biaya perbaikan 70jt minim!
- Ane pernah nyetir Honda City iDSI A/T. Lemot dan begitu rpm di atas 4,000, kayaknya tuh CVT uda kewalahan. Bau kopling sangat menyengat.
- Ane familiar sama CRV Gen3, menurut ane, pergantian transmisinya masih lebih baik dari CVT Honda yang lain. Memang masih menghentak dikit, tapi respon transmisi jauh lebih baik.
Kalo manual ane masih suka, cuman semenjak pake transmisi ActiveMatic Mazda (geared A/T juga tuh), jadi lebih suka transmisi itu. Lebih lembut.
harusnya dikasi CVTF tapi dikasi ATF biasa?
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT
Saya pakai mobil dan motor berCVT sejak 2008, belum pernah tuh liat oli CVT di pasaran. Semua saya serahkan ke dealernya. Gimana sih cara kurasnya, saya kurang paham.
Apakah Honda dan Nissan itu ganti oli CVT di beres atau di tempat lain, yang jelas CVT rusak. Kalau gitu mungkin bener CVTnya gak bagus.
Apakah Honda dan Nissan itu ganti oli CVT di beres atau di tempat lain, yang jelas CVT rusak. Kalau gitu mungkin bener CVTnya gak bagus.
Ready to Race
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT
oli untuk matic (mobil) konvensional dan CVT beda pak, dan untuk teknologi saat ini, rasanya ngga boleh salah pakai/kebalikasudarsono wrote:Saya pakai mobil dan motor berCVT sejak 2008, belum pernah tuh liat oli CVT di pasaran. Semua saya serahkan ke dealernya. Gimana sih cara kurasnya, saya kurang paham.
Apakah Honda dan Nissan itu ganti oli CVT di beres atau di tempat lain, yang jelas CVT rusak. Kalau gitu mungkin bener CVTnya gak bagus.
oli matic (baik konvensional maupun CVT) banyak kok dijual di pasaran
contoh kalau untuk Honda, bisa dilihat disini
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT
@bos imsus2c: nah, ane iseng nanya sama temen ane yang kerja di sana. Dia ga tau pastinya. Tiba2 jebol. Ane juga baru tau sekarang kalo oli ATF biasa beda sama CVT...
Jujur aja, ane masih belum seberapa ngeh sama CVT karena kasus Jazz itu. Sampe skr masih teringat tuh mobil. Mesin nyala, tapi ga bs kemana2. Kesian kan...
Jujur aja, ane masih belum seberapa ngeh sama CVT karena kasus Jazz itu. Sampe skr masih teringat tuh mobil. Mesin nyala, tapi ga bs kemana2. Kesian kan...
Obey the mahakitteh.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT
dulu saya pikir oli CVT dari honda itu sama saja dengan oli CVT dr merek lain
tapi setelah meliat beberapa kasus, banyak yg CVT jebol krn disinyalir memakai oli yang bukan dr honda, maka untuk honda city saya tetap strict dng oli Honda CVTF....alhamd sampe sekarang CVT nya gak ada masalah berarti, paling2 hanya butuh dikalibrasi saja
tapi setelah meliat beberapa kasus, banyak yg CVT jebol krn disinyalir memakai oli yang bukan dr honda, maka untuk honda city saya tetap strict dng oli Honda CVTF....alhamd sampe sekarang CVT nya gak ada masalah berarti, paling2 hanya butuh dikalibrasi saja
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT
buka dulu bungkusnya... trus pegang dengan dua tangan di kedua sisi....lalu....y_anjasrana wrote:emang pakai yg bener itu gmana om?AD74YA wrote:betul.. CVT sebenernya awet-awet saja bung asudarsono... cuman ada yang perlu diperhatikan sama pengguna CVT.. CVT yang untuk mobil konvensional, diperuntukkan agar ekonomis dan nyaman... Tentunya jauh kurang reliabel untuk mendapat beban besar karena pemakaian sembarangan/asal-asalan.. Contoh gampangnya di Jazz GD3 dan Xtrail sudah banyak sekali yang kena masalah... karena mereka nggak tau cara rawatnya/pakainya...
Untuk yang F1, sistemnya tentunya agak berbeda dengan yang konensional karena belt yang digunakan memang khusus didesain mampu menahan beban sangat tinggi.
Masalahnya CVT yang ada di Nissan dan Mitsu yang lagi ngetren sekarang ini beneran konvensional lah.. sistem jadul... yang emang bukan buat nerima beban gede, tapi lebih buat ekonomis.
Saya harap user CVT tidak berpatokan ke cerita F1 sehingga meyakini kalau transmisi mereka luar biasa capable.
Intinya, kalau pakainya bener, maka CVT nggak akan ada masalah kok...
CMIIW.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT
ya karena cara kerjanya bedamadcat015 wrote:@bos imsus2c: nah, ane iseng nanya sama temen ane yang kerja di sana. Dia ga tau pastinya. Tiba2 jebol. Ane juga baru tau sekarang kalo oli ATF biasa beda sama CVT...
Jujur aja, ane masih belum seberapa ngeh sama CVT karena kasus Jazz itu. Sampe skr masih teringat tuh mobil. Mesin nyala, tapi ga bs kemana2. Kesian kan...
yg matic biasa, pakai torque converter, oli/fluida-nya disini fungsinya mirip2 di sistem hidrolik
kalau yg cvt, pakai puli dan sabuk (baja buat mobil, kalo motor setau saya pakai karet jadi ngga perlu pelumas di CVT-nya, cmiiw yah)
fungsi fluida-nya disini ya bener-bener sebagai pelumas tapi ngga boleh bikin sabuk/belt-nya selip (seperti kasus di oli mesin motor manual)
penjelasan singkat atf vs. cvtf dari eneos
penjelasan cvt dari:
tante wiki
about cars
howstuffworks
ini yang konvensional (pakai torque converter)
tante wiki
howstuffworks
oya, yg pernah saya baca entah lupa kapan & dimana,
untuk teknologi saat ini, memang harus diakui CVT masih kalah reliable dan kuat terutama untuk handling torsi dibanding yg sistem torque converter
kalau ngga salah ingat, untuk yg model umum, cvt baru sanggup handling torsi di maksimum 300-400an Nm
jadi jika torsi mesin lebih dari itu atau deket deket situ, mendingan pakai yg torque converter
*sorry, artikel masih dari luar semua
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- SM Specialist
- Posts: 21988
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT
Very agree dan kalo boleh ane tambahkan = ganti olinya jangan telat serta gunakan oli CVT yg sesuai dengan buku manual.AD74YA wrote: Saya harap user CVT tidak berpatokan ke cerita F1 sehingga meyakini kalau transmisi mereka luar biasa capable.
Intinya, kalau pakainya bener, maka CVT nggak akan ada masalah kok...
CMIIW.
Dulu di Jazz gen.1 konon banyak CVT yg KO salah 1 nya akibat ganti oli CVT yg telat, hopeng ane pernah punya Jazz gen.1 CVT, pake mobil-nya Full ngebut tapi ganti oli CVT gak pernah telat, sampe mobil dijual Matic-nya fine2 aja.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT
Cmiiw, karakter pengendaraan antar merk dgn gir cvt juga berbeda,,,setidaknya itu yg nubie rasakan...dgn honda (jazz) lebih responsif drpd nissan xtronic cvt.
For sure, nissan dengung, gak segitu nya dgn girbox cvt honda....
Kenapa didiscontinue di line up skg nubie kurang tau...padahal karakter nya mantap.
Oiya, ane pakai jazz hampir 3 taun dulu nya, cvt nya works flawlessly...ganti atf setaun sekali dgn honda cvtf, pernah sekali di reboot TCU nya oleh BeRes, that'S it.
For sure, nissan dengung, gak segitu nya dgn girbox cvt honda....
Kenapa didiscontinue di line up skg nubie kurang tau...padahal karakter nya mantap.
Oiya, ane pakai jazz hampir 3 taun dulu nya, cvt nya works flawlessly...ganti atf setaun sekali dgn honda cvtf, pernah sekali di reboot TCU nya oleh BeRes, that'S it.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT
ow CVT tu perlu ganti minyak secara berkala ya?
wahdowh, klo gitu, secara ekonomis dan kerepotan, jd kayak mobil yg perlu ganti kopling berkala dong ya...? boros jg deh
wahdowh, klo gitu, secara ekonomis dan kerepotan, jd kayak mobil yg perlu ganti kopling berkala dong ya...? boros jg deh
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT
Makasih bro. Ntar aku cari liat di Toda, buat referensi.imsus2c wrote: contoh kalau untuk Honda, bisa dilihat disini
Mobil Honda CVT ringkih juga ya, gak kayak mobil jaman dulu. Citroen BX saya pernah kehabisan oli LHM hidrauliknya di pantura. Tanya sana telpon sini, disuruh ke warung. Akhirnya beli Bimoli seliter, tuang, jalan lagi. Banyak ternyata Citroen yang jalan pakai Bimoli di Indonesia. FYI, hidrauliknya juga berfungsi menggerakkan stir dan rem.
Banyak Vespa yang dipakai turing jarak jauh. Contohnya lomba Cannonball Run yang melintas AS pantai timur ke pantai barat. Banyak juga Mio yang dioprek spek drag. Juga ada turing yg namanya Ironbutt, yg intinya turing sampai pantat kaku. Gak ada cerita CVT rusak. Mungkin CVT sepeda motor beda ama CVT mobil ya. Sepeda motor paling kuat berCVT setahu saya Aprilia SRV 800 cc.
Ingat2, motor Honda CVT juga bermasalah, ngorok.
Ready to Race
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT
Makasih informasi nya, bos Imsus.imsus2c wrote: oya, yg pernah saya baca entah lupa kapan & dimana,
untuk teknologi saat ini, memang harus diakui CVT masih kalah reliable dan kuat terutama untuk handling torsi dibanding yg sistem torque converter
kalau ngga salah ingat, untuk yg model umum, cvt baru sanggup handling torsi di maksimum 300-400an Nm
jadi jika torsi mesin lebih dari itu atau deket deket situ, mendingan pakai yg torque converter
*sorry, artikel masih dari luar semua
Ane iseng nyari line up Nissan yang ga pake CVT. Baru nemu: GT-R R35 (sport), 370Z series (coupe), Nissan Titan series (pickup), Nissan Armada (full size SUV), Nissan Frontier series (pick up), Nissan XTerra (SUV).
Nissan Altima series (sedan), Nissan Maxima (sedan), Nissan Ventra series (sedan), Nissan Quest (xover), Nissan Pathfinder (SUV) dan Nissan Rouge (xover) malah pake XTronic CVT. Padahal Maxima, Quest, dan Pathfinder output mesinnya gahar semua.
Obey the mahakitteh.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 77
- Joined: Fri Nov 02, 2012 3:16
Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT
Saya pakai GD3 CVT sejak release date sampai sekarang tidak pernah ada masalah, dan mudah2an seterusnya gak juga deh
Rute dalkot, AKAP bahkan antar pulau.
Rute dalkot, AKAP bahkan antar pulau.
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT
Jangan lupa megangnya juga jangan salah ya... Mesti cover semua sisinya...andy1800 wrote:buka dulu bungkusnya... trus pegang dengan dua tangan di kedua sisi....lalu....y_anjasrana wrote:emang pakai yg bener itu gmana om?AD74YA wrote:betul.. CVT sebenernya awet-awet saja bung asudarsono... cuman ada yang perlu diperhatikan sama pengguna CVT.. CVT yang untuk mobil konvensional, diperuntukkan agar ekonomis dan nyaman... Tentunya jauh kurang reliabel untuk mendapat beban besar karena pemakaian sembarangan/asal-asalan.. Contoh gampangnya di Jazz GD3 dan Xtrail sudah banyak sekali yang kena masalah... karena mereka nggak tau cara rawatnya/pakainya...
Untuk yang F1, sistemnya tentunya agak berbeda dengan yang konensional karena belt yang digunakan memang khusus didesain mampu menahan beban sangat tinggi.
Masalahnya CVT yang ada di Nissan dan Mitsu yang lagi ngetren sekarang ini beneran konvensional lah.. sistem jadul... yang emang bukan buat nerima beban gede, tapi lebih buat ekonomis.
Saya harap user CVT tidak berpatokan ke cerita F1 sehingga meyakini kalau transmisi mereka luar biasa capable.
Intinya, kalau pakainya bener, maka CVT nggak akan ada masalah kok...
CMIIW.
BTW... Ini ngomongin apaan sih mbah?...
Cara pakai yang bener itu ya yang normal aja oom anjas.. contohnya kalau mau reverse dari D, harus sampai berhenti total dulu, baru masukin gear ke R.. Kalau jalan normal/turunan jangan masukin gear ke N.. tetepin aja di D.. Dan jangan sekali sekali kalau belum berhenti total langsung masukin ke P..
Hindari mainan geber-geber pakai pakai CVT... Salah memperlakukan CVT dengan semi automatik di gear rendah terus digeber ke rpm tinggi.. Karena CVT tidak didesain untuk bermain di rpm tinggi.. CVT didesain agar putarannya konstan rendah.
Banyak banget cewek temen ane pakai mobil CVT semena-mena pakainya seperti yang saya sebutkan diatas... Ada yang pakai Juke langsung berisik persnelingnya setelah dia setahun pakainya rada kasar.. (kalau gak salah ane pernah share juga).. Ada juga user new city lama yang kena...
Intinya ciri-ciri pertama CVT rusak itu persnelingnya jadi bunyi berisik seperti mendengung..
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT
tuu.. dengerin mbah Andy... jgn maen buka bungkus aja ya... jd harus rpm rendah aja, abis itu baru buka bungkusnya... .................
btt, ttg rpm tinggi, ada pengaruhnya dgn mesin2 yg tenaga optimalnya baru keluar di rpm tinggi ga? sejauh ini sih ane blum pernah punya cvt. masih seneng yg pedalnya banyakan...
terakhir nyetir mobil cvt pas test drive mirage. tenaganya rada2 ngeden di awal. tp klu udah kencang ya mirip2 yg m/t.
btt, ttg rpm tinggi, ada pengaruhnya dgn mesin2 yg tenaga optimalnya baru keluar di rpm tinggi ga? sejauh ini sih ane blum pernah punya cvt. masih seneng yg pedalnya banyakan...
terakhir nyetir mobil cvt pas test drive mirage. tenaganya rada2 ngeden di awal. tp klu udah kencang ya mirip2 yg m/t.
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT
Menurut nubie, pilihan gir atau cvt,,, lebih menjurus ke jenis mobil, misalkan cvt vs cvt, honda vs nissan, mnrt nubie cvt honda jazz lebih paten...
Pun begitu dgn girbox a/t biasa, bisa saja sama2 spek 5 speed, pada pemakaiannya mungkin berbeda.
Ini emang agak susah dirasakan, kecuali memakai mobil nya dalam jangka waktu tertentu (at least bagi ane yg agak2 mati rasa).
Pun begitu dgn girbox a/t biasa, bisa saja sama2 spek 5 speed, pada pemakaiannya mungkin berbeda.
Ini emang agak susah dirasakan, kecuali memakai mobil nya dalam jangka waktu tertentu (at least bagi ane yg agak2 mati rasa).
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT
Pendapat yg mantaapp...jd bikin ane ingin buru2 naik kelas jd nubie jg nih
.
.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT
Eheheheeandy1800 wrote:Pendapat yg mantaapp...jd bikin ane ingin buru2 naik kelas jd nubie jg nih
.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1109
- Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30
Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT
nimbrung dikit.... teknologi di F1 racing, gak bisa disamain - karena sekali pakai buang, jadi mesin & transmisi itu dipake bbrp kali saja trus ganti yg baru. Kemungkinan mesin cuma di design utk 1000km aja, makanya motorsport F1 itu luar biasa mahalnya. Fokusnya udah lain sama mobil se hari2, utk F1 fokus mereka hanya ada di race saja, jadi nggak butuh mesin awet, yg penting bisa tahan selama balapan + power gede, handling bagus. Yg dilihat akhirnya kan juaranya siapa, timnya apa, bukan bagaimana nasib tuh mesin...
Trus kalo dibandingkan sama cvt motor, agak lain juga, karena transmisi mobil menerima beban yang jauh lebih besar daripada transmisi motor (bisa dilihat dari cc mesin nya yg terpaut sangat jauh). Kalau boleh dianalogikan, spt rantai motor, utk kapasitas tertentu masih bisa pakai rantai, tapi utk mesin dgn torsi cukup tinggi diperlukan gardan krn rantai tidak akan kuat menahan beban demikian besar (misal honda goldwing).
Trus kalo dibandingkan sama cvt motor, agak lain juga, karena transmisi mobil menerima beban yang jauh lebih besar daripada transmisi motor (bisa dilihat dari cc mesin nya yg terpaut sangat jauh). Kalau boleh dianalogikan, spt rantai motor, utk kapasitas tertentu masih bisa pakai rantai, tapi utk mesin dgn torsi cukup tinggi diperlukan gardan krn rantai tidak akan kuat menahan beban demikian besar (misal honda goldwing).