klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT ???

Mau mengadakan polling? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

pilihan transmisi Matic anda klo beli mobil ?

Geared Automatic
92
69%
CVT
42
31%
 
Total votes: 134

User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: 25 Mar 2008, 02:52
Location: djakarta

Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT

Post by andy1800 »

Salken jg om. Sipp, gitu doong...nimbrung. :off_good_job:

GWK = garuda wisnu kencana ?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: 03 Jan 2009, 09:19

Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT

Post by asudarsono »

Gak usah takut ama CVT. Tuh ratusan ribu Mio pakai CVT gak masalah, ada yg boncengan berjamaah ada yg dipakai turing, dll. Yang pertama kalah biasanya bukan beltnya sih, tapi rollernya. Makanya sekarang banyak dijual roller aftermarket seperti Mallusi dan Panoli. Bobotnya juga macam2, ada yg mentingin akselerasi ada yg mendukung top speed. Kalau misalnya antara rpm dan akselerasinya gak match (ngeden), itu mungkin ECU girboxnya bisa diset ulang. Kalau mobil saya sih ada dua setting economy (jadinya ngeden tapi irit) dan sporty (akselerasi lebih cepat tapi boros).

Walau saya ilfil ama Nissan setelah peristiwa Jukenya Olivia, tapi mungkin saja belt itu putus bukan karena usia tapi mungkin karena ngejam. Nyatanya Vespa Corsa aja banyak yang masih gelinding dengan belt aslinya, gak ada masalah. Bukannya saya mengatakan XTrail kalah ama Mio lho ya. Bisa saja karena menerjang banjir lumpur, ketusuk ranting pohon, bengkelnya jail dll. Kalau kita perhatikan Belt putus ya putus aja, kenapa harus ganti segelondongan?

Teknologi CVT ini dibanned di dunia balap, dulu mobil Williamsnya David Coulthard dipasangi, tapi gak boleh tanding karena "unfair advantage".
Ready to Race
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: 08 Feb 2012, 18:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT

Post by Jambangan »

asudarsono wrote:Gak usah takut ama CVT. Tuh ratusan ribu Mio pakai CVT gak masalah, ada yg boncengan berjamaah ada yg dipakai turing, dll. Yang pertama kalah biasanya bukan beltnya sih, tapi rollernya. Makanya sekarang banyak dijual roller aftermarket seperti Mallusi dan Panoli. Bobotnya juga macam2, ada yg mentingin akselerasi ada yg mendukung top speed. Kalau misalnya antara rpm dan akselerasinya gak match (ngeden), itu mungkin ECU girboxnya bisa diset ulang. Kalau mobil saya sih ada dua setting economy (jadinya ngeden tapi irit) dan sporty (akselerasi lebih cepat tapi boros).

Walau saya ilfil ama Nissan setelah peristiwa Jukenya Olivia, tapi mungkin saja belt itu putus bukan karena usia tapi mungkin karena ngejam. Nyatanya Vespa Corsa aja banyak yang masih gelinding dengan belt aslinya, gak ada masalah. Bukannya saya mengatakan XTrail kalah ama Mio lho ya. Bisa saja karena menerjang banjir lumpur, ketusuk ranting pohon, bengkelnya jail dll. Kalau kita perhatikan Belt putus ya putus aja, kenapa harus ganti segelondongan?

Teknologi CVT ini dibanned di dunia balap, dulu mobil Williamsnya David Coulthard dipasangi, tapi gak boleh tanding karena "unfair advantage".
itu disuruh ganti segelondong di beres nissan om :upss:
tau sendiri kalo beres demennya ganti segelondong walaupun yg rusak cuma secuil :mky_03:
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: 13 Jun 2008, 02:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT

Post by AD74YA »

betul.. CVT sebenernya awet-awet saja bung asudarsono... cuman ada yang perlu diperhatikan sama pengguna CVT.. CVT yang untuk mobil konvensional, diperuntukkan agar ekonomis dan nyaman... Tentunya jauh kurang reliabel untuk mendapat beban besar karena pemakaian sembarangan/asal-asalan.. Contoh gampangnya di Jazz GD3 dan Xtrail sudah banyak sekali yang kena masalah... karena mereka nggak tau cara rawatnya/pakainya...

Untuk yang F1, sistemnya tentunya agak berbeda dengan yang konensional karena belt yang digunakan memang khusus didesain mampu menahan beban sangat tinggi.

Masalahnya CVT yang ada di Nissan dan Mitsu yang lagi ngetren sekarang ini beneran konvensional lah.. sistem jadul... yang emang bukan buat nerima beban gede, tapi lebih buat ekonomis.

Saya harap user CVT tidak berpatokan ke cerita F1 sehingga meyakini kalau transmisi mereka luar biasa capable.

Intinya, kalau pakainya bener, maka CVT nggak akan ada masalah kok...

CMIIW.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: 29 Nov 2012, 15:52
Location: Surabaya

Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT

Post by madcat015 »

GWK wrote:Setelah lama menjadi Guest..dan akirnya menjadi Real Nubie..
Saya saat ini lebih memilih Planettary Gear Type..5 tahun lagi mungkin yakin pada CVT.
Salam hangat dan salam kenal buat para SMers.
My Best Rgds...
Selamat datang di SM bos GWK... :mrgreen:
Hansen wrote:
madcat015 wrote:Apakah ada mesin2 di atas 250hp yang pake CVT? Mohon pencerahan master2 sekalian. :mky_01:
ada, Elgrand 3.5L
Busyet dah, ane lupa, Nissan masih setia sama CVT... :e-doh:
Honda secara resmi uda meninggalkan CVT waktu Jazz + City ganti model di taon 2008. Good moves :off_good_job:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: 14 Feb 2003, 16:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT

Post by y_anjasrana »

AD74YA wrote:betul.. CVT sebenernya awet-awet saja bung asudarsono... cuman ada yang perlu diperhatikan sama pengguna CVT.. CVT yang untuk mobil konvensional, diperuntukkan agar ekonomis dan nyaman... Tentunya jauh kurang reliabel untuk mendapat beban besar karena pemakaian sembarangan/asal-asalan.. Contoh gampangnya di Jazz GD3 dan Xtrail sudah banyak sekali yang kena masalah... karena mereka nggak tau cara rawatnya/pakainya...

Untuk yang F1, sistemnya tentunya agak berbeda dengan yang konensional karena belt yang digunakan memang khusus didesain mampu menahan beban sangat tinggi.

Masalahnya CVT yang ada di Nissan dan Mitsu yang lagi ngetren sekarang ini beneran konvensional lah.. sistem jadul... yang emang bukan buat nerima beban gede, tapi lebih buat ekonomis.

Saya harap user CVT tidak berpatokan ke cerita F1 sehingga meyakini kalau transmisi mereka luar biasa capable.

Intinya, kalau pakainya bener, maka CVT nggak akan ada masalah kok...

CMIIW.
emang pakai yg bener itu gmana om?
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Location: almost there...

Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT

Post by imsus2c »

madcat015 wrote:Ane masih lebih prefer ke geared A/T dibandingkan CVT. Asal nyetir nya oke (baca: halus), pergantian bakal ga kerasa.

Satu hal yang bikin ane (masih) belum pilih CVT:
- Di Honda S*ver Surabaya ane pernah nemu Jazz 2003 iDSI A/T. CVT nya jebol ga tau napa. Biaya perbaikan 70jt minim! :mky_06:
- Ane pernah nyetir Honda City iDSI A/T. Lemot dan begitu rpm di atas 4,000, kayaknya tuh CVT uda kewalahan. Bau kopling sangat menyengat.
- Ane familiar sama CRV Gen3, menurut ane, pergantian transmisinya masih lebih baik dari CVT Honda yang lain. Memang masih menghentak dikit, tapi respon transmisi jauh lebih baik.

Kalo manual ane masih suka, cuman semenjak pake transmisi ActiveMatic Mazda (geared A/T juga tuh), jadi lebih suka transmisi itu. Lebih lembut. :mky_01:
mungkin salah oli?

harusnya dikasi CVTF tapi dikasi ATF biasa? :ungg:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: 03 Jan 2009, 09:19

Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT

Post by asudarsono »

Saya pakai mobil dan motor berCVT sejak 2008, belum pernah tuh liat oli CVT di pasaran. Semua saya serahkan ke dealernya. Gimana sih cara kurasnya, saya kurang paham.

Apakah Honda dan Nissan itu ganti oli CVT di beres atau di tempat lain, yang jelas CVT rusak. Kalau gitu mungkin bener CVTnya gak bagus.
Ready to Race
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Location: almost there...

Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT

Post by imsus2c »

asudarsono wrote:Saya pakai mobil dan motor berCVT sejak 2008, belum pernah tuh liat oli CVT di pasaran. Semua saya serahkan ke dealernya. Gimana sih cara kurasnya, saya kurang paham.

Apakah Honda dan Nissan itu ganti oli CVT di beres atau di tempat lain, yang jelas CVT rusak. Kalau gitu mungkin bener CVTnya gak bagus.
oli untuk matic (mobil) konvensional dan CVT beda pak, dan untuk teknologi saat ini, rasanya ngga boleh salah pakai/kebalik
oli matic (baik konvensional maupun CVT) banyak kok dijual di pasaran

contoh kalau untuk Honda, bisa dilihat disini
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: 29 Nov 2012, 15:52
Location: Surabaya

Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT

Post by madcat015 »

@bos imsus2c: nah, ane iseng nanya sama temen ane yang kerja di sana. Dia ga tau pastinya. Tiba2 jebol. Ane juga baru tau sekarang kalo oli ATF biasa beda sama CVT...

Jujur aja, ane masih belum seberapa ngeh sama CVT karena kasus Jazz itu. Sampe skr masih teringat tuh mobil. Mesin nyala, tapi ga bs kemana2. Kesian kan...
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: 16 Jun 2009, 15:17

Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT

Post by jalu »

dulu saya pikir oli CVT dari honda itu sama saja dengan oli CVT dr merek lain
tapi setelah meliat beberapa kasus, banyak yg CVT jebol krn disinyalir memakai oli yang bukan dr honda, maka untuk honda city saya tetap strict dng oli Honda CVTF....alhamd sampe sekarang CVT nya gak ada masalah berarti, paling2 hanya butuh dikalibrasi saja
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: 25 Mar 2008, 02:52
Location: djakarta

Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT

Post by andy1800 »

y_anjasrana wrote:
AD74YA wrote:betul.. CVT sebenernya awet-awet saja bung asudarsono... cuman ada yang perlu diperhatikan sama pengguna CVT.. CVT yang untuk mobil konvensional, diperuntukkan agar ekonomis dan nyaman... Tentunya jauh kurang reliabel untuk mendapat beban besar karena pemakaian sembarangan/asal-asalan.. Contoh gampangnya di Jazz GD3 dan Xtrail sudah banyak sekali yang kena masalah... karena mereka nggak tau cara rawatnya/pakainya...

Untuk yang F1, sistemnya tentunya agak berbeda dengan yang konensional karena belt yang digunakan memang khusus didesain mampu menahan beban sangat tinggi.

Masalahnya CVT yang ada di Nissan dan Mitsu yang lagi ngetren sekarang ini beneran konvensional lah.. sistem jadul... yang emang bukan buat nerima beban gede, tapi lebih buat ekonomis.

Saya harap user CVT tidak berpatokan ke cerita F1 sehingga meyakini kalau transmisi mereka luar biasa capable.

Intinya, kalau pakainya bener, maka CVT nggak akan ada masalah kok...

CMIIW.
emang pakai yg bener itu gmana om?
buka dulu bungkusnya... trus pegang dengan dua tangan di kedua sisi....lalu....
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Location: almost there...

Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT

Post by imsus2c »

madcat015 wrote:@bos imsus2c: nah, ane iseng nanya sama temen ane yang kerja di sana. Dia ga tau pastinya. Tiba2 jebol. Ane juga baru tau sekarang kalo oli ATF biasa beda sama CVT...

Jujur aja, ane masih belum seberapa ngeh sama CVT karena kasus Jazz itu. Sampe skr masih teringat tuh mobil. Mesin nyala, tapi ga bs kemana2. Kesian kan...
ya karena cara kerjanya beda
yg matic biasa, pakai torque converter, oli/fluida-nya disini fungsinya mirip2 di sistem hidrolik

kalau yg cvt, pakai puli dan sabuk (baja buat mobil, kalo motor setau saya pakai karet jadi ngga perlu pelumas di CVT-nya, cmiiw yah)
fungsi fluida-nya disini ya bener-bener sebagai pelumas tapi ngga boleh bikin sabuk/belt-nya selip (seperti kasus di oli mesin motor manual)

penjelasan singkat atf vs. cvtf dari eneos

penjelasan cvt dari:
tante wiki
about cars
howstuffworks

ini yang konvensional (pakai torque converter)
tante wiki
howstuffworks

oya, yg pernah saya baca entah lupa kapan & dimana,
untuk teknologi saat ini, memang harus diakui CVT masih kalah reliable dan kuat terutama untuk handling torsi dibanding yg sistem torque converter
kalau ngga salah ingat, untuk yg model umum, cvt baru sanggup handling torsi di maksimum 300-400an Nm
jadi jika torsi mesin lebih dari itu atau deket deket situ, mendingan pakai yg torque converter



*sorry, artikel masih dari luar semua
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT

Post by Turboman »

AD74YA wrote: Saya harap user CVT tidak berpatokan ke cerita F1 sehingga meyakini kalau transmisi mereka luar biasa capable.

Intinya, kalau pakainya bener, maka CVT nggak akan ada masalah kok...

CMIIW.
Very agree dan kalo boleh ane tambahkan = ganti olinya jangan telat serta gunakan oli CVT yg sesuai dengan buku manual.

Dulu di Jazz gen.1 konon banyak CVT yg KO salah 1 nya akibat ganti oli CVT yg telat, hopeng ane pernah punya Jazz gen.1 CVT, pake mobil-nya Full ngebut tapi ganti oli CVT gak pernah telat, sampe mobil dijual Matic-nya fine2 aja. :mrgreen:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: 17 Mar 2007, 14:20

Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT

Post by ZombiEE »

Cmiiw, karakter pengendaraan antar merk dgn gir cvt juga berbeda,,,setidaknya itu yg nubie rasakan...dgn honda (jazz) lebih responsif drpd nissan xtronic cvt.
For sure, nissan dengung, gak segitu nya dgn girbox cvt honda....
Kenapa didiscontinue di line up skg nubie kurang tau...padahal karakter nya mantap.
Oiya, ane pakai jazz hampir 3 taun dulu nya, cvt nya works flawlessly...ganti atf setaun sekali dgn honda cvtf, pernah sekali di reboot TCU nya oleh BeRes, that'S it.
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: 25 Mar 2008, 02:52
Location: djakarta

Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT

Post by andy1800 »

ow CVT tu perlu ganti minyak secara berkala ya?
wahdowh, klo gitu, secara ekonomis dan kerepotan, jd kayak mobil yg perlu ganti kopling berkala dong ya...? boros jg deh :frm_bang_head:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: 03 Jan 2009, 09:19

Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT

Post by asudarsono »

imsus2c wrote: contoh kalau untuk Honda, bisa dilihat disini
Makasih bro. Ntar aku cari liat di Toda, buat referensi.

Mobil Honda CVT ringkih juga ya, gak kayak mobil jaman dulu. Citroen BX saya pernah kehabisan oli LHM hidrauliknya di pantura. Tanya sana telpon sini, disuruh ke warung. Akhirnya beli Bimoli seliter, tuang, jalan lagi. Banyak ternyata Citroen yang jalan pakai Bimoli di Indonesia. FYI, hidrauliknya juga berfungsi menggerakkan stir dan rem.

Banyak Vespa yang dipakai turing jarak jauh. Contohnya lomba Cannonball Run yang melintas AS pantai timur ke pantai barat. Banyak juga Mio yang dioprek spek drag. Juga ada turing yg namanya Ironbutt, yg intinya turing sampai pantat kaku. Gak ada cerita CVT rusak. Mungkin CVT sepeda motor beda ama CVT mobil ya. Sepeda motor paling kuat berCVT setahu saya Aprilia SRV 800 cc.

Ingat2, motor Honda CVT juga bermasalah, ngorok.
Ready to Race
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: 29 Nov 2012, 15:52
Location: Surabaya

Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT

Post by madcat015 »

imsus2c wrote: oya, yg pernah saya baca entah lupa kapan & dimana,
untuk teknologi saat ini, memang harus diakui CVT masih kalah reliable dan kuat terutama untuk handling torsi dibanding yg sistem torque converter
kalau ngga salah ingat, untuk yg model umum, cvt baru sanggup handling torsi di maksimum 300-400an Nm
jadi jika torsi mesin lebih dari itu atau deket deket situ, mendingan pakai yg torque converter



*sorry, artikel masih dari luar semua
Makasih informasi nya, bos Imsus.:thanks:

Ane iseng nyari line up Nissan yang ga pake CVT. Baru nemu: GT-R R35 (sport), 370Z series (coupe), Nissan Titan series (pickup), Nissan Armada (full size SUV), Nissan Frontier series (pick up), Nissan XTerra (SUV).

Nissan Altima series (sedan), Nissan Maxima (sedan), Nissan Ventra series (sedan), Nissan Quest (xover), Nissan Pathfinder (SUV) dan Nissan Rouge (xover) malah pake XTronic CVT. :e-doh: Padahal Maxima, Quest, dan Pathfinder output mesinnya gahar semua.
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
omDidit
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 77
Joined: 02 Nov 2012, 10:16

Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT

Post by omDidit »

Saya pakai GD3 CVT sejak release date sampai sekarang tidak pernah ada masalah, dan mudah2an seterusnya gak juga deh :)
Rute dalkot, AKAP bahkan antar pulau.
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: 13 Jun 2008, 02:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT

Post by AD74YA »

andy1800 wrote:
y_anjasrana wrote:
AD74YA wrote:betul.. CVT sebenernya awet-awet saja bung asudarsono... cuman ada yang perlu diperhatikan sama pengguna CVT.. CVT yang untuk mobil konvensional, diperuntukkan agar ekonomis dan nyaman... Tentunya jauh kurang reliabel untuk mendapat beban besar karena pemakaian sembarangan/asal-asalan.. Contoh gampangnya di Jazz GD3 dan Xtrail sudah banyak sekali yang kena masalah... karena mereka nggak tau cara rawatnya/pakainya...

Untuk yang F1, sistemnya tentunya agak berbeda dengan yang konensional karena belt yang digunakan memang khusus didesain mampu menahan beban sangat tinggi.

Masalahnya CVT yang ada di Nissan dan Mitsu yang lagi ngetren sekarang ini beneran konvensional lah.. sistem jadul... yang emang bukan buat nerima beban gede, tapi lebih buat ekonomis.

Saya harap user CVT tidak berpatokan ke cerita F1 sehingga meyakini kalau transmisi mereka luar biasa capable.

Intinya, kalau pakainya bener, maka CVT nggak akan ada masalah kok...

CMIIW.
emang pakai yg bener itu gmana om?
buka dulu bungkusnya... trus pegang dengan dua tangan di kedua sisi....lalu....
Jangan lupa megangnya juga jangan salah ya... Mesti cover semua sisinya...

BTW... Ini ngomongin apaan sih mbah?... :e-think:

:ngacir: :ngacir: :ngacir:

Cara pakai yang bener itu ya yang normal aja oom anjas.. contohnya kalau mau reverse dari D, harus sampai berhenti total dulu, baru masukin gear ke R.. Kalau jalan normal/turunan jangan masukin gear ke N.. tetepin aja di D.. Dan jangan sekali sekali kalau belum berhenti total langsung masukin ke P..

Hindari mainan geber-geber pakai pakai CVT... Salah memperlakukan CVT dengan semi automatik di gear rendah terus digeber ke rpm tinggi.. Karena CVT tidak didesain untuk bermain di rpm tinggi.. CVT didesain agar putarannya konstan rendah.

Banyak banget cewek temen ane pakai mobil CVT semena-mena pakainya seperti yang saya sebutkan diatas... Ada yang pakai Juke langsung berisik persnelingnya setelah dia setahun pakainya rada kasar.. (kalau gak salah ane pernah share juga).. Ada juga user new city lama yang kena...

Intinya ciri-ciri pertama CVT rusak itu persnelingnya jadi bunyi berisik seperti mendengung..
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: 14 Feb 2003, 16:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT

Post by y_anjasrana »

tuu.. dengerin mbah Andy... jgn maen buka bungkus aja ya... jd harus rpm rendah aja, abis itu baru buka bungkusnya... :upss: ................. :ngacir:

btt, ttg rpm tinggi, ada pengaruhnya dgn mesin2 yg tenaga optimalnya baru keluar di rpm tinggi ga? sejauh ini sih ane blum pernah punya cvt. masih seneng yg pedalnya banyakan... :big_peace:
terakhir nyetir mobil cvt pas test drive mirage. tenaganya rada2 ngeden di awal. tp klu udah kencang ya mirip2 yg m/t.
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: 17 Mar 2007, 14:20

Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT

Post by ZombiEE »

Menurut nubie, pilihan gir atau cvt,,, lebih menjurus ke jenis mobil, misalkan cvt vs cvt, honda vs nissan, mnrt nubie cvt honda jazz lebih paten...
Pun begitu dgn girbox a/t biasa, bisa saja sama2 spek 5 speed, pada pemakaiannya mungkin berbeda.
Ini emang agak susah dirasakan, kecuali memakai mobil nya dalam jangka waktu tertentu (at least bagi ane yg agak2 mati rasa).
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: 25 Mar 2008, 02:52
Location: djakarta

Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT

Post by andy1800 »

Pendapat yg mantaapp...jd bikin ane ingin buru2 naik kelas jd nubie jg nih


.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: 17 Mar 2007, 14:20

Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT

Post by ZombiEE »

andy1800 wrote:Pendapat yg mantaapp...jd bikin ane ingin buru2 naik kelas jd nubie jg nih


.
Ehehehee
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: 23 Dec 2012, 09:30

Re: klo anda beli mobil. pilih Matic yg pakai Gir, atau CVT

Post by g4ndalf »

nimbrung dikit.... teknologi di F1 racing, gak bisa disamain - karena sekali pakai buang, jadi mesin & transmisi itu dipake bbrp kali saja trus ganti yg baru. Kemungkinan mesin cuma di design utk 1000km aja, makanya motorsport F1 itu luar biasa mahalnya. Fokusnya udah lain sama mobil se hari2, utk F1 fokus mereka hanya ada di race saja, jadi nggak butuh mesin awet, yg penting bisa tahan selama balapan + power gede, handling bagus. Yg dilihat akhirnya kan juaranya siapa, timnya apa, bukan bagaimana nasib tuh mesin... :big_smoking:

Trus kalo dibandingkan sama cvt motor, agak lain juga, karena transmisi mobil menerima beban yang jauh lebih besar daripada transmisi motor (bisa dilihat dari cc mesin nya yg terpaut sangat jauh). Kalau boleh dianalogikan, spt rantai motor, utk kapasitas tertentu masih bisa pakai rantai, tapi utk mesin dgn torsi cukup tinggi diperlukan gardan krn rantai tidak akan kuat menahan beban demikian besar (misal honda goldwing).
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post