@ bro ilhami : mobil jadul accord 93.
@ bro Hansen : Thanks juga.
BADAK wrote:Trz kita tau nya merk radiator coolant bagus/tidak, cocok/tidak cocok dr mana pak? Karena rad coolant kan gak berhubungan dgn mesin kyk oli.
Emang orang2 liatnya dr mana bisa bilang prestone lbh bagus dr merk lain? Setauku merk coolant yg 20rb jg sanggup menangkal karat. Tolong pencerahannya pak..

MEMILIH COLANT
Untuk mengetahui coolant bagus atau tidak memang secara kasat mata sulit menentukannya. harus melalui test laboratorium Bro Badak. Kalo ane sih memakai
1. coolant yang sudah punya nama internasional. Misal prestone , stp , sikens , atau coolant bawaan pabrik. Semisal coolant orisinil honda kalau nggak salah memakai sikens .Sering sering browsing di internet untuk mengetahui karakteristik masing masing coolant. Ane sendiri tetap setia memakai prestone sejak belasan tahun yang lalu.
2. Mungkin secara laboratorium , ciri coolant yg baik adalah yang memiliki kandungan anti karat dan korosi yang lebih banyak. Sebab tiap coolant kandungannya bisa berbeda beda. Ada yang banyak ada pula yang sedikit.
3.Selanjutnya adalah harga. Ada harga ada rupa. Secara logika , bahan baku yang bagus memiliki harga yang lebih mahal daripada bahan baku yang berkualitas rendah. Walaupun tidak selalu begitu tetapi secara umum/ simplenya bisa disimpulkan seperti itu.
BEDA WARNA BEDA KANDUNGAN DALAM COOLANT
Cairan memang sengaja dikasih warna , karena bersifat racun.
Jangan remehkan warna coolant , karena menentukan kandungan didalamnya.
Kandungan penting dari coolant adalah:
anti boiling : biasanya dipakai etilin glycol plus water.
Rust inhibitor , anti karat : biasa dipakai silikat atau pospat , atau Organic Acid Long ( prestone orange)Lasting Inhibitor.
Menurut Pabrikan , prestone orange juga direkomendasikan sebagai pengganti Dexcool punya General Motor. Karena coolant di amerika dianjurkan tidak memakai rust inhibitor konvensional ( Non OAT ) , karena dikawatirkan akan bereaksi negatif apabila dicampur dengan air disana.
Prestone Orange coolant dengan OAT.

Green coolant , Silikat dan Pospat.
PENTINGNYA COOLANT
Sebenarnya Coolant langsung berhubungan dengan metal di water jacket engine. Jadi bisa dikatakan gunanya sangat penting. Ane pernah melihat beberapa mobil dimana head silindernya totol totol terkikis oleh air tanpa coolant , sehingga head silinder harus dipapas.
Saat ane bekerja di pertambangan batu bara , kebetulan ane memegang tanggung jawab mengawasi repair mesin kendaraan berat komatsu , hitachi dan caterpilar.
Rata rata kerusakan engine dan turbo adalah karena kesalahan pemakaian coolant. Dimana yang dipakai adalah coolant kelas rendah dengan kandungan rust inhibitor sedikit , hanya ber perwarna saja.
Dan kesalahan operator yang selalu menambah coolant dengan air sumur saat ada kebocoran coolant.
Bisa dibanyangkan , biaya overhaul 1 engine saja bisa memakai biaya sekitar 1 Milyar. Biasanya kerusakan engine akibat kesalahan pemakaian coolant adalah rata rata setelah memasuki usia 4000-an jam. Ditandai derngan korosi yang luar biasa , karat dan endapan di water jacket , mampatnya intercooler turbo. Over heat dan jebolnya engine.
Normalnya adalah 10.000 jam untuk overhaul.
Mesin unit berat bekerja hampir 24 jam sehari.
Ane bisa katakan bahwa nyawa dari engine adalah , oli , coolant , udara , dan fuel.
Jadi ane sangat concern dengan pemakaian coolant pada mobil ane.
Pemakaian coolant adalah
" WAJIB "..
USIA PAKAI COOLANT:
Untuk anti boiling etilin glycol. usia pakainya bisa dikatakan long life.
Tetapi silikat dan pospat memiliki usia pakai hanya 2 tahun. Makanya setelah 2 tahun maka sifat anti karat dan korosi coolant menurun drastis , walaupun secara kasat mata warnanya cairan masih cerah dan seperti baru.
Sedangkat untuk formula terbaru , organic acid technology , memiliki usia pakai 5 tahun atau 150.000 miles.
OAT / ORGANIC ACID
Pemakaian OAT sampai saat ini masih pro dan kontra. Sebab pengguna banyak yang mengatakan membuat karet seal menjadi lembek dan meninggalkan gum berwarna hijau.( Sesuai pengalaman ane juga memakai OAT , dalam 3 bulan seal banyak yang bocor , untuk mobil jadul ane accord maestro tahun 93 ). Saat memakai prestone green , selama 6 tahun sama sekali tidak ada kebocoran.
Sementara pihak pabrikan mengatakan sama sekali tidak ada problem dengan teknologi OAT tersebut dan telah lulus pengujian yang panjang.
KESIMPULAN.
Jangan coba coba asal asalan memilih coolant . karena ternyata kandungan didalamnya banyak dan rumit banget ya.... hehehe.
Kalau pengen simple pakai aja air sumur , dijamin dalam 4 sampai 5 tahun kedepan mesin pada jebol...hehehe...